Minggu, 18 Januari 2015

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Babak I: Gol Pedro Javier Kejutkan Persipura

Posted: 18 Jan 2015 04:50 AM PST

Persela Lamongan sementara berada di atas angin ketika menghadapi finalis ISL musim lalu, Persipura Jayapura di Stadion Kanjuruhan di babak penyisihan grup B, turnamen pra musim SCM Cup 2015.

Laskar Joko Tingkir memang menjadi momok buat tim berjuluk Mutiara Hitam. Di pentas ISL musim lalu, Persela memberikan Persipura kekalahan perdana. Dan musim ini, tampaknya hal itu masih bisa terulang.

Pemain baru Persela, Pedro Javier membuat Persipura harus tertinggal lebih dulu. Striker asal Paraguay itu mencetak gol di menit 19. Berlari sendiri melewati pemain belakanga Persipura, Pendro melepaskan bola dari tendangan keras yang gagal diselamatkan kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Persela hampir menggandakan keunggulan lewat Bijahil Chalwa andai bola menemui sasaran. Bola memantul mengenai mistar. Sepanjang babak pertama, pressing ketat diperagakan tim asuhan Didik Ludiyanto

Persipura sendiri bukan tanpa tekanan. Boaz Salossa melepaskan bola dengan kaki kiri. Tapi pemain Timnas Indonesia itu harus gigit jari karena bola terbang di atas kepala kiper Persela, Choirul Huda.

Dan tidak ada gol tambahan tercipta di babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggalan Persela.

Susunan Pemain

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman, Tinus Pae, Ruben Sanadi (Ian Louis Kabes 42'), Dominggus Fakdawer, Yohanis Tjoe, Robertino Pugliara, Lim Jun Sik, Immanuel Wanggai, Boaz Solossa, Lancine Kone, Zulham Zamrun

Persela Lamongan: Choirul Huda, David Pagbe, Taufik Kasrun, Rizky Mirzamah, Mahyadi Pangabean, Jusmadi, Balsa Bozovic, Zainal Arifin, Yogi Novrian, Bijahil Calwa, Pedro Javier

 

Cukur Getafe, Madrid Kian Jauh Tinggalkan Barcelona

Posted: 18 Jan 2015 04:50 AM PST

Real Madrid tampil trengginas saat menghadapi Getafe di partai lanjutan La Liga Spanyol. Los Blancos menutup laga dengan keunggulan tiga gol tanpa balas.

Ronaldo mencetak sepasang gol bagi Madrid. Satu gol lainnya hadir melalui aksi Gareth Bale. Kemenangan ini membuat Madrid kian kokoh di puncak klasemen La Liga, unggul empat poin dari Barcelona yang berada di posisi kedua.

Real Madrid bertandang ke markas Getafe, Stadion Coliseum Alfonso Perez, pada partai lanjutan La Liga musim 2014/2015, Minggu (18/1/2015) sore WIB.

Formasi 4-3-3 tetap menjadi andalan pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, di pertandingan ini. Trio BBC, Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema menjadi tumpuan Los Blancos di lini serang. Adapun, Getafe mengandalkan Alvaro Vasquez sendiri di lini serang dalam balutan sekma 4-5-1.

Real Madrid tampil menyerang sejak awal pertandingan. Pergerakan Gareth Bale dan Ronaldo dari sisi sayap menjadi andalan Los Blancos dalam membongkar pertahanan Getafe.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/797047/original/072598900_1421581657-madrid.JPG

Madrid mendapatkan dua peluang pada menit kesepuluh melalui Karim Benzema dan Marcelo. Namun, keduanya mampu digagalkan kiper Jordi Codina.

Codina kembali melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-30. Kali ini, giliran teembakan Karim Benzema dari sudut sempit di sisi kanna berhasil ia blok.

Isco dan Marcelo mencoba peruntungannya dengan melepas tembakan jarak jauh di menit ke-36 dan 38. Namun, bola kembali mampu dihalau Codina. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.


Real Madrid bermain lebih aktif dalam menyerang di babak kedua. Pelatih Carlo Ancelotti menginstruksikan kedua bek sayap untuk aktif membantu serangan.

Hasilnya pun Madrid petik di menit ke-63. Tembakan Karim Benzema mengenai tiang. Namun, bola muntah dikonversi Ronaldo menjadi gol. 1-0 Madrid memimpin.

Empat menit berselang, Madrid menggandakan keunggulannya. James Rodriguez menyisir sisi kanan pertahanan Getafe dan kemudian melepaskan umpan silang. Bola disambut sontekan Gareth Bale dari jarak dekat. Kedudukan berubah menjadi 2-0 bagi keunggulan Madrid.

Sepasang gol tersebut membuat Madrid kian bersemangat dalam menyerang. Alhasil, gol ketiga Los Blancos hadir di menit ke-79. Ronaldo mencetak gol keduanya di pertandingan ini.

James Rodriguez kembali menjadi aktor gol Madrid. Ia kembali menyisir dari sisi kanan pertahanan Getafe dan melepaskan umpan silang matang. Ronaldo yang tak terkawal menanduknya ke pojok kanan gawang. Keunggulan 3-0 Madrid bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Casillas; Carvajal, Varane, Ramos, Marcelo (Nacho 82'); Kroos (Illaramendi 82'), Isco (Khedira 78'), James; Bale, Cristiano, Benzema.

Getafe (4-2-3-1): Codina; Alexis, Naldo, Velazquez, Roberto Lago; Castro, Juan Rodriguez; Pedro Leon (Yoda 74'), Sarabia, Sammir (Selma 83'); Alvaro Vazquez.

Jangan Panggil Aku Piyu Padi

Posted: 18 Jan 2015 04:40 AM PST

Tim liputan6.com secara ekslusif mengunjungi kediaman Piyu, seniman yang awalnya dikenal sebagai gitaris dari band Padi. Namun kini, Piyu menolak untuk menggunakan kata Padi yang sudah terlanjur identik dengan dirinya.

Simak cerita lengkapnya, dalam wawancara eksklusif Jangan Panggil Aku Piyu Padi, segera di liputan6.com

Rohaniwan: Insya Allah Rani Khusnul Khotimah

Posted: 18 Jan 2015 04:36 AM PST

Jenazah salah satu terpidana mati kasus narkoba, Rani Andriani (38) telah dimakamkan di Cianjur, Jawa Barat. Sesuai permintaan, dia dikebumikan di samping pusara sang ibunda.

Dari Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, doa mengudara untuk Rani. Rohaniwan yang mendampingi Rani di detik-detik terakhir hidupnya, Hasan Makarim yakin, hidup perempuan tersebut berakhir mulia.

Ini karena hingga hari eksekusinya, Rani tak pernah ketinggalan melaksanakan salat taubat. Lafal doa-doa juga selalu diucapnya. Hasan menilai, di detik-detik jelang eksekusi mati, Rani terlihat ikhlas dan pasrah.

Hasan mengaku bangga melihat ketegaran Rani. Dia pun berdoa agar segala tobat dan amal ibadah Rani diterima Allah SWT.

"Insya Allah Rani khusnul khotimah. Ya saya banyak berdoa khusus buatnya," kata Hasan di gerbang depan Dermaga Wijaya Pura, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (18/1/2015).

"Berjalan lancar, eksekusinya cepat. Saya langsung keluar saat itu," imbuh dia.

Eksekusi mati di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, dini hari tadi mengakhiri hidup Rani Andriani, terpidana kasus narkoba yang grasinya ditolak Presiden Jokowi. Sekitar 2 ribu orang hadir dalam pemakamannya yang diiringi rintik gerimis. (Ndy/Ado)

5 Perpustakaan Keliling Paling Unik, Salah Satunya Berbentuk Tank

Posted: 18 Jan 2015 04:35 AM PST

Selama lebih dari 1 abad, perpustakaan keliling telah menjadi sarana penting untuk melayani kebutuhan masyarakat terhadap bacaan. Selain itu, perpustakaan keliling awalnya dibuat untuk meningkatkan peminjaman buku untuk pemustaka lokal.

Tercatat, perpustakaan keliling pertama di dunia adalah seekor kuda yang dioperasikan pada tahun 1857 di North West England, Inggris. Antusiasme yang muncul cukup tinggi dengan meningkatnya peminjaman buku.

Meskipun saat ini informasi apapun dapat diperoleh lebih mudah, tetapi hal tersebut bukan berarti menghilangkan gairah saat ada setumpuk buku datang ke lingkungan rumah Anda. Hal ini terutama berlaku bagi anak-anak.

Karena sasarannya biasanya adalah anak-anak, maka bentuk fisik perpustakaan keliling harus dibuat sekreatif mungkin. Jika di Indonesia perpustakaan keliling cenderung membosankan, maka tidak demikian dengan 5 perpustakaan keliling ini.

5 perpustakaan keliling ini bisa dibilang unik dalam hal bentuk fisiknya. Misalnya, ada perpustakaan keliling yang berbentuk tank dengan moncong meriam mengarah ke depan.

Penasaran dengan perpustakaan unik ini? Berikut ulasannya seperti yang lansir Ebook Friendly, Jumat (16/1/2015).

1. Weapons of Mass Instruction

Bentuk Weapons of Mass Instruction (WMI) sangat unik. Lihat saja, perpustakaan keliling ini berbentuk seperti tank di masa perang. Anda bisa menemukan perpusatakaan unik ini di jalanan Buenos Aires, Argentina.

Adalah Ford Falcon yang menciptakan WMI. Konsep perpustakaan keliling ini cukup sederhana, kerangka kendaraaan dijadikan rak buku sehingga buku-buku yang dimasukkan membentuk body mobil.

2. Donkey Mobile Libraries

Keledai selalu diasosiasikan dengan kebodohan. Tetapi di Ethopia, keledai justru dekat dengan pengetahuan. Sebab, salah satu perpustakaan keliling menjadikan keledai sebagai penariknya.

Terletak di Ethopia, perpustakaan yang diberi nama Donkey Mobile Libraries ini mulai beroperasi tahun 2006. Saat ini, perpustakaan keledai telah memiliki 6 cabang dan mengantarkan buku dari sekolah ke sekolah, desa ke desa.

3. Bibioburro

Mirip dengan Donkey Mobile Libraries di Ethopia, perpustakaan keliling ini juga dibawa oleh keledai untuk mendistribusikan buku-buku ke desa-desa terpencil di Magdalena, Kolombia. Orang yang berada di balik ide perpustakaan keliling yang sangat sederhana ini bernama Luis Soriano, pustakawan sekaligus guru.

Saat sampai di sebuah desa, Luis akan menggelar seluruh barang bawaannya dan mendirikan semacam perpustakaan outdoor. Anak-anak yang memang haus akan pengetahuan selalu ramai mengunjungi perpustakaan Luis ini.

4. Tram Library

Sebuah tram tua di Brno, Republik Ceko, dimodifikasi menjadi sebuah perpustakaan keliling yang mengasyikkan. Perpustakaan tram menempuh perjalanan setiap hari sepanjang 70 km.

Selain buku cetak, perpustakaan ini juga menyediakan buku elektronik. Dengan keunikannya, perpustakaan ini diberi anugrah oleh IFLA (International Federation of Library Associations) sebagai perpustakaan yang paling inovatif dalam marketing tahun 2014.

5. Il Bibliomotocarro

Antonio La Cava, seorang pensiunan guru dari Ferrandina, Italia, memutuskan untuk mendirikan perpustakaan keliling setelah dirinya pensiun. Perpustakaan keliling ini dibuat dengan memodifikasi Piaggio Ape miliknya.

Perpustakaan keliling yang diberi nama Il Bibliomotocarro ini pertama kali beroperasi tahun 2003 dan membawa sekitar 700 buku ke pedesaaan Italia di wilayah Basilicata. Saat datang ke sebuah tempat, Il Bibliomotocarro akan mengeluarkan suara mirip organ.

The Dance Icon SCTV di Yogyakarta Banyak Diminati

Posted: 18 Jan 2015 04:30 AM PST

Puluhan grup peserta sangat antusias mengikuti `The Dance Icon Indonesia` Yogyakarta yang digelar di halaman Radio Starjogja FM di Jalan AM Sangaji 41 Yogyakarta.

Tercatat ada 24 grup yang menarik minat juri, baik dari pelajar SMP maupun umum. Yogyakarta adalah kota kedua kota yang dikunjungi ajang audisi The Dance Icon Indonesia. Audisi pertama bertempat di Bandung. Menurut Bowo, salah satu juri di ajang itu, event ini bertujuan untuk menjaring bakat-bakat terpendam yang ada di daerah melalui dunia tari.

"Tujuannya untuk menjaring bakat yang ada di daerah. Mereka nggak kalah bagus dengan bakat-bakat di Ibu Kota," ujar Bowo Minggu (18/1/2015).

Lebih jauh, Bowo menjelaskan potensi penari di Yogyakarta sangat variatif namun `panggung` atau wadahnya dirasa minim  sehingga potensi itu sulit berkembang dan kurang terekspos.

Para penari memadukan hiphop dengan Jaipong di Bandung, sementara di Yogyakarta Bowomenemukan tari Jawa yang dicampur dengan tari modern. "Di Bandung kita juga menemukan hal menarik. Di Yogya kita juga kembali menemukan," ujarnya.

Para peserta yg lolos audisi akan bertarung lagi dengan pemenang daerah lain yang akan ditayangkan live di Inbox SCTV. "Pengumuman pemenang minggu depan langsung ditelpon oleh tim Inbox," ujarnya. (Fathi Mahmud/Put).

Hanya RI & Bangladesh yang Masih Pakai Minyak Goreng Curah

Posted: 18 Jan 2015 04:23 AM PST

Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menghapuskan minyak goreng curah dan menggantinya dengan minyak goreng dalam kemasan. Hal tersebut akan dilakukan secara bertahap pada tahun ini.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Negeri Srie Agustina mengatakan, penghapusan minyak goreng curah ini dilakukan lantaran jenis minyak tersebut dinilai kurang sehat dan higienis.

"Minyak goreng yang sehat dan higienis itu minyak gorang kemasan. Kalau curah, pas distribusi ada saja kontaminasi. Karena itu kami sudah mewajibkan minyak goreng dalam kemasan, tidak lagi minyak gorang curah," ujarnya di BSD, Tangerang Selatan, Minggu (18/1/2015).

Selain itu, menurut Srie, saat ini hanya Indonesia dan Bangladesh yang masih memperjualbelikan minyak goreng dalam bentuk curah. Sedangkan negara lain telah menggunakan kemasan.

"Satu-satunya yang masih menjual minyak goreng curah itu Indonesia dan Bangladesh, dari seluruh dunia, yang lain sudah pakai kemasan. Artinya apa? Indonesia disamakan dengan Bangladesh," lanjut dia.

Bagi perusahaan yang belum memiliki merk dagang sendiri, nantinya bisa menggunakan merk dagang MinyaKita yang merupakan merk dagang yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. Hingga saat ini sudah ada 30 perusahaan akan memakai merk tersebut.

"Minyak goreng kemasan dilakukan bertahap juga memperkenalkan merk MinyaKita. Sudah ada 30 perusahan yang pakai kemasan merk MinyaKita dalam rangka melindungi konsumen," katanya.

Aturan mengenai minyak goreng wajib kemasan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 80/M-DAG/PER/10/2014 tentang minyak goreng wajib kemasan yang ditandatangani pada 17 Oktober 2014.

Aturan ini berlaku efektif pada 27 Maret 2015 bagi minyak goreng yang berbahan baku sawit. Sedangkan minyak goreng dari minyak nabati akan berlaku wajib pada 1 Januari 2016.

"Itu akan diberlakukan 2016 minyak gorang curah untuk usaha kecil menengah (UKM) yang bukan sumbernya bahan baku sawit. Supaya mereka lebih siap-siap seperti minyak kelapa lainnya terutama skala UKM," tandasnya. (Dny/Gdn)

Polisi Gerebeg Pabrik Pupuk Ilegal di Karawang

Posted: 18 Jan 2015 04:22 AM PST

Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menggerebeg sebuah bangunan yang diduga sebagai pabrik pupuk ilegal di Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Dari operasi tersebut, polisi berhasil mengamankan 2 orang yang diduga sebagai pemilik pabrik berinisial AM dan NS serta menyita beberapa ton pupuk siap edar dari rumah tinggal yang diubah jadi pabrik ini.

Menurut Kasubdit I Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, AKBP Eko Sulistyo, pengungkapan kasus berawal dari laporan masyarakat terutama petani yang curiga dengan pupuk bermerek  Phoska itu.

"Begitu kita gerebeg dan dilakukan pemeriksaan kepada komposisi bahan baku ternyata tidak sesuai dengan yang tertera seperti misalkan nutrisi harusnya 5 mg ini malah 2 mg," ujar AKBP Eko Sulistyo di Mapolda Jabar, Minggu (18/1/2015).

Selain spesifikasi volume pupuk kata Eko, pihaknya juga menemukan kandungan zat pewarna kimia yang tidak disarankan untuk dijadikan bahan baku pupuk.

Lebih lanjut, terang Eko, pelaku memberi merek Phoska pada industri ilegalnya guna mengelabui konsumen. Dalam 1 hari, pabrik ini dapat memproduksi 10 ton pupuk yang diedarkan di kawasan Pantura. "Ini agar mirip dengan pabrik yang di Gresik namanya Phonska. CV juga namanya Gresik," tutur dia.

Lantaran tidak memiliki izin usaha dan merugikan konsumen, kedua tersangka itu kini dijerat Pasal 60 ayat 1 huruf f junto Pasal 37 ayat 1 Undang-undang No 12 tahun 1992 tentang Sistem Budidaya Tanaman dengan ancaman 5 tahun dan denda paling banyak Rp 250 juta. (Gen/Sun)

Pemprov DKI Tidak Akan Menambah Trayek Bus APTB

Posted: 18 Jan 2015 04:12 AM PST

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menegaskan pihaknya tidak akan menambah trayek untuk Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta (APTB).

"Ke depannya, tidak akan ada lagi penambahan rute atau tayek APTB. Dengan demikian, tidak ada juga penambahan armada-armada bus," kata Kepala Dishub DKI Benjamin Bukit di Jakarta, Minggu (18/1/2015).

Menurut dia, sampai saat ini terdapat 6 operator APTB dengan 17 trayek yang menghubungkan Jakarta dengan kota-kota di sekitarnya. 6 operator itu yakni PT Anugerah Mas, PT Bianglala Metropolitan, PT Sinar Jaya Megah Langgeng, PT Mayasari Bhakti, PT Hiba Utama, dan Perum PPD.

"Selain itu, kami memberikan kesempatan selama 3 bulan kepada operator APTB untuk bergabung dengan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta)," ujar Benjamin.

Ia menuturkan, setelah resmi bergabung, maka para operator APTB harus tunduk sepenuhnya terhadap Standar Pelayanan Minimum (SPM) PT TransJakarta.

"PT TransJakarta akan membuat kontrak kerja sama dengan para operator APTB. Segala aturan akan diperketat dan pengawasannya ditingkatkan. Jadi, APTB bukannya dihapus atau dihilangkan, tetapi digabung dengan PT TransJakarta," ungkap Benjamin.

17 Trayek APTB saat ini:

Bekasi--Pulogadung
Poris Plawad--Tomang
Ciputat--Kota
Cibinong--Grogol
Bogor--Rawangun
Bekasi--Tanah Abang
Bekasi--Bundaran HI
Bogor--Blok M
Cileungsi--Blok M
Bogor--Tanah Abang
Bogor--Tanjung Priok
Pulogadung--Tangerang
Cikarang--Kalideres
Bogor/Ciawi--Grogol
Bogor/Bubulak--Grogol
Bogor--Senen
Bogor--Cililitan.

(Ado)

Metode Unik Jilat Mata Ala Nenek Hava

Posted: 18 Jan 2015 04:08 AM PST

Namanya nenek ini Hava Cebic. Ia mengklaim bisa menyembuhkan segala macam masalah mata dengan metode unik. Hanya dengan jilatan lidahnya. Bagaimana bisa?

Laman Daily Mail menuliskan, nenek 77 tahun itu bisa menyapu apa pun dari mata pasiennya. Mulai dari potongan kayu, hingga infeksi mata (mata lengket) atau konjungtivitis.

Ia pun mengaku telah membantu tetangga dan teman-temannya yang mengalami masalah mata selama 40 tahun.

Tapi sekarang dia mengklaim orang-orang dari kota dan desa di dekatnya berbondong-bondong mendatanginya, berharap lidahnya dapat membantu menyembuhkan penyakit mata mereka.

Hava juga mengklaim air liur dari jilatannya dapat menyembuhkan alergi, mata kering dan konjungtivitis -- bahkan mengurangi gejala yang lebih serius seperti katarak.

Sementara akasi jilat mata yang sedang populer di Jepang baru-baru ini justru menuai kritik, karena diyakini menyebabkan wabah chlamydia dan konjungtivitis.

Namun Nenek Hava meyakinkan orang-orang dengan menyatakan ia selalu mensterilkan lidahnya dengan alkohol sebelum dan setelah mengobati. Agar mencegah infeksi. (Tnt)