Minggu, 04 Januari 2015

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Habibie vs. Sukarno di Film, Siapa Lebih Hebat?

Posted: 04 Jan 2015 05:00 AM PST

Jika pertanyaannya adalah siapa yang lebih hebat di antara Presiden Sukarno dengan Presiden Habibie, mungkin jawabannya mudah saja.

Sukarno, kita semua tahu, membawa Indonesia merdeka setelah dijajah Belanda dan Jepang. Sedangkan, di masa pemerintahan Presiden Habibie, Timor Timur lepas dari Indonesia.

Namun, bukan berarti Habibie tak berprestasi. Di masanya, tahun 1999, kita menyelenggarakan pemilu pertama pasca Reformasi yang relatif demokratis. Habibie berhasil mencegah Indonesia menjadi negara yang terpecah belah seperti Yugoslavia.

Sementara itu, bukan berarti pula Sukarno tak punya cacat. Di ujung pemerintahannya, Sukarno memusatkan kekuasaan ke tangannya sendiri. Ia menahbiskan dirinya sebagai presiden seumur hidup. Sementara itu, di ujung masa kekuasaannya, di awal 1960-an, ekonomi Indonesia terperosok ke jurang yang dalam. Inflasi sampai melambung hingga 600 persen.

Maka, bisa disimpulkan, kedua presiden tersebut punya sisi baik dan buruk masing-masing.

Fakta lain, baik Sukarno dan Habibie sudah dibuat versi filmnya. Yang paling diingat, tentu saja, Habibe & Ainun (2012) yang mengangkat kisah Presiden Habibie dan Soekarno: Indonesia Merdeka (2013) tentang Sukarno.

Nah, kalau urusannya film, kita boleh membandingkan, mana yang lebih hebat: Habibie di film atau Sukarno di film?

Kami menelaah dua film di atas dari beragam aspek. Berikut hasil telaahan kami. Yuk, disimak.

Baca juga:

[[INFOGRAFIS] Siapa Presiden Indonesia Terbaik di Film Nasional?](2054697 "")

Sukarno di Film

Sukarno di `Soekarno: Indonesia Merdeka` (sutr. Hanung Bramantyo, 2013)

Film ini merupakan karya monumental dari Hanung Bramantyo. Filmnya mengangkat kisah Sukarno dari kecil dan terutama saat menginjak tahun 1920-an hingga Indonesia merdeka di tahun 1945.

Ario Bayu dipilih Hanung menjadi Sukarno. Ario terbilang berhasil menghidupkan sosok Sukarno yang flamboyan, yang mampu memikat para gadis. Bagian yang ini tak luput dari sorotan Hanung. Di film kita melihat Sukarno yang berhasil memikat Inggit Garnasih (Maudy Koesnaedy) yang lebih dewasa darinya dan juga Fatmawati (Tika Bravani) yang usinya lebih muda.

Kalau dilihat dari jumlah penonton, Soekarno: Indonesia Merdeka mampu menyedot penonton sejumlah 960.071. Kenapa tak sampai satu juta? Hm, mungkin karena filmnya lebuh banyak berfokus pada kisah perjuangan Sukarno, bukan pada kisah cintanya. Menengok film yang mampu meraih di atas 1 juta penonton tahun itu, 2013, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck adalah kisah cinta yang mengingatkan kita pada cerita Titanic.

Habibie di Film

Habibie di `Habibie & Ainun`(sutr. Faozan Rizal, 2012)

Hanung Bramantyo juga ikut membidani kelahiran film ini. Namun, ia tak duduk di kursi sutradara. Kursi itu diserahkan pada rekannya, Faozan Rizal.

Faozan dan Hanung kemudian memilih Reza Rahadian sebagai pemeran Habibie. Dilihat dari sudut manapun tentu tak ada kemiripan antara Reza dengan Habibie. Namun, rasanya bukan faktor kemiripan yang ingin dicari sineasnya. Tapi aktor yang mampu berakting sebagai Habibie.

Dan rasanya tak ada yang lebih baik memerankannya selain Reza Rahadian. Saat Reza berakting, yang kita lihat bukan lagi Reza, melaimkan BJ Habibie. Bahasa tubuh, intonasi bicara, sampai ekspresi wajahnya, semuanya persis Habibie. Reza telah menunaikan tugasnya dengan baik lantaran kita mampu melupakan sosoknya yang sama sekali tak mirip Habibie.

Di bioskop, saat edar dulu, Habibie & Ainun berhasil mendatangkan 4.488.889 penonton. Angka ini berjumlah empat kali lipat lebih banyak dari penonton Soekarno: Indonesia Merdeka. Lantas, kenapa jumlah penonton Habibie & Ainun lebih banyak dari Soekarno: Indonesia Merdeka?

Hm, bisa jadi lantaran film Habibie & Ainun lebih mengharu biru ketimbang Soekarno. Film tentang Habibie bukan berfokus pada langkah politik sang presiden, melainkan pada kisah cinta antara Habibie dan istrinya, Ainun (diperankan Bunga Citra Lestari). Penonton terharu saat melihat hanya maut yang memisahkan mereka.

Hal itu tak kita dapat pada sosok Sukarno di film Soekarno: Indonesia Merdeka. Di film, sang proklamator malah menunjukkan sikap yang tak mengundang simpati penonton.(Ade/Feb)

Foto 'Kakek' Neymar Asyik Dugem

Posted: 04 Jan 2015 05:00 AM PST

Neymar tampaknya menikmati betul libur Natal dan tahun baru. Sang wonderkid asal Brasil itu bergaya ala kakek-kakek dengan mengecat janggutnya berwarna putih.

La Liga Spanyol diliburkan sementara karena Natal dan Tahun Baru. Kompetisi kasta tertinggi di tanah Spanyol itu kembali bergulir kemarin, Sabtu (3/1/2015) WIB.

Semua pemain memiliki cara tersendiri dalam menikmati liburan tersebut, salah satunya Neymar. Sang penyerang Barcelona memutuskan pulang kampung ke Brasil untuk menghabiskan Natal dan Tahun Baru.

Bukan Neymar namanya jika tak membuat sensasi. Guna menyemarakkan Natal, Neymar mengecat janggutnya dengan warna putih, yang membuatnya sepintas terlihat mirip seperti kakek-kakek.

Saat malam Natal, Neymar menghabiskannya dengan cara pergi dugem di Florianopolis, yang berjarak 700 kilometer dari Sao Paulo. Neymar bergaya santai dengan mengenakan kaus buntung berwarna hitam dan topi berwarna biru.

Kini liburan Neymar telah usai. Dia akan membela Barcelona saat bertandang ke markas Real Sociedad, Stadion Anoeta, Senin (5/1/2015) dini hari WIB.

Baca Juga:

[3 Alasan Mengapa MU Harus Pulangkan Pogba](2155765 "")

[Sensual, Foto Bikini Pacar Goetze di Atas Moge](2155766 "")

[Mourinho Waspadai Potensi Kejutan Tim Gurem](2155847 "")

Podolski Picu Pemain Muenchen Perkuat Inter

Posted: 04 Jan 2015 04:44 AM PST

Bintang Arsenal Lukas Podolski baru saja mendarat di klub raksasa Italia, Inter Milan. Hal ini memicu spekulasi yang beredar di media Italia kalau bakal ada pemain top Eropa yang hijrah ke Serie A dalam bursa transfer musim dingin.

La Gazzetta dello Sport, Corriere dello Sport dan Tuttosport, hari ini (1/4) menulis kalau Inter berada di posisi terdepan mendapatkan gelandang Bayern Muenchen Xherdan Shaqiri.

Padahal, beberapa hari sebelumnya, rival utama Inter, Juventus, yang paling berpeluang mendapatkan tanda tangan pemain 23 tahun itu. Banyak hal yang mendasari Inter menyalip pergerakan Juve.

Pertama, tawaran Inter terbilang menarik karena La Beneamata berniat meminjam Shaqiri selama enam bulan, dengan klausul buy-out di akhir musim.

Kedua, kehadiran Podolski ke Inter membuat sudut pandang Shaqiri menilai klub tersebut menjadi berubah. Inter tampak serius membangun skuatnya kembali menjadi yang disegani di Italia, maupun Eropa.

Muenchen Tolak Liverpool?

Liverpool sempat dikaitkan dengan Xherdan Shaqiri pada bursa transfer Januari ini. Dikutip dari Football-italia, The Reds menyiapkan 14 juta euro untuk memboyong pemain Swiss tersebut.

Sayang, tampaknya Bayern tak berminat pada tawaran Liverpool. Selain karena tidak kekuarangan dana dalam belanja peain, Shaqiri lebih condong ke Inter Milan.

Pelatih Inter Roberto Mancini tengah berupaya menarik pemain berkualitas ke dalam skuatnya, usai menggantikan Walter Mazzarri yang dipecat November lalu.

Di Tengah Perlambatan Ekonomi, Perbankan akan Tetap Tumbuh

Posted: 04 Jan 2015 04:41 AM PST

Prospek industri perbankan masih akan positif tahun ini, meski dibayangi oleh perlambatan ekonomi dalam negeri. Untuk bisa tetap tumbuh positif perbankan meminta dukungan pemerintah dan regulator.

"Tahun 2015 memang ekonomi Indonesia penuh dengan tantangan, tetapi perbankan akan tetap tumbuh jika didukung oleh regulator dalam mendukung program pemerintah. Untuk itu baik pemerintah maupun regulator perlu mendukung perbankan. Demikian ujar Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Maryono saat dihubungi, Minggu (4/1).

Maryono menjelaskan, dukungan regulator dan pemerintah dibutuhkan bank dalam bentuk kemudahan perizinan, akses likuiditas dan aturan yang bisa membuat bank bisa berkembang. Dia mencontohkan, untuk masalah perizinan dalam pembangunan perumahan misalnya, ada setidaknya 28 perizinan yang harus dipenuhi. "Kalau perizinan itu bisa dipangkas menjadi katakanlah setengahnya tentu akan sangat membantu," jelasnya.

Menurut Maryono, peran perbankan sangat strategis dalam mendukung program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, penciptaan swasembada pangan dan pembangunan satu juta rumah. Jika pemerintah dan regulator mau mendukung perbankan maka program pemerintah tersebut bisa berjalan maksimal.

Tahun ini, lanjut Maryono, meski industri perbankan diprediksi hanya tumbuh sekitar15 persen hingga 16 persen, namun Bank BTN optimistis bisa melampaui kinerja industri perbankan. Hal ini dikarenakan BTN fokus pada pembiayaan perumahan yang saat ini masih menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia.

Mengenai program pembangunan satu juta rumah, Maryono mengaku BTN siap melaksanakan program tersebut berapapun yang dipercayakan oleh pemerintah. "Terpenting dalam pembangunan rumah adalah ketersediaan rumah itu sendiri. Artinya bagaimana kemampuan pengembang dalam menyediakan rumah tersebut. Kalau peran BTN adalah mendukung pembiayaan perumahan yang sudah tersedia dan dibangun oleh pengembang. Jadi bisa saja untuk stimulus pemerintah memberikan insentif bagi pengembang yang turut melakukan pembangunan satu juta rumah," tegasnya.

Tahun 2015, BTN ingin berperan lebih besar bagaimana dapat mendukung program perumahan nasional. Dengan core business di bidang pembiayaan perumahan, Maryono optimis Bank BTN akan berperan secara optimal dalam pengembangan infrastruktur melalui bidang pembangunan perumahan. (Yas/Gdn)

Harga Elpiji 12 Kilogram Naik Menjadi Rp140.000

Posted: 04 Jan 2015 04:37 AM PST

Elpiji 12 kilogram naik, sebagian konsumen beralih ke elpiji 3 kilogram.

Cara Mudah Mencerahkan Lutut Hitam Secara Alami

Posted: 04 Jan 2015 04:35 AM PST

Lutut yang hitam cukup mengganggu, terutama bagi Anda yang gemar mengenakan celana di atas lutut atau hot pants. Oleh karena inilah [cara mencerahkan lulut hitam](2148558 "") menjadi satu hal yang sangat dicari banyak orang.

Lutut hitam disebabkan oleh kulit kering yang kerap kali bergesekan dengan pakaian. Karena itu pelembab sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit lutut. Hal lain yang bisa menjadi penyebab lutut hitam adalah karena konsumsi gula yang berlebihan.

Bagaimana cara untuk mencerahkan lutut yang hitam? Ternyata erdapat bahan-bahan di rumah yang bisa digunakan sebagai [cara mencerahkan lutut hitam](2148558 ""). Apa sajakah itu? Berikut ulasannya sepertti dilansir dari laman Boldsky, Minggu (4/1/2015).

Bawang

Bawang

Ya, bawang bisa menjadi bahan alami untuk mencerahkan lutut hitam. Siapkan satu siung bawang merah dan bawang putih. Hancurkan hingga halus, kemudian campurkan. Oleskan ke kulit lutut dan pijat, lalu diamkan selama 10-15 menit.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun berguna untuk menjaga kulit yang rusak. Panaskan satu sendok teh minyak zaitun, kemudian pijat-pijat kulit lutut. Lakukan cara ini tiga kali seminggu dan sebelum tidur malam.

Scrub Oatmeal

Scrub Oatmeal

Oatmeal memang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Scrub oatmeal pun cukup ampuh untuk mencerahkan lutut hitam. Campurkan dua sendok teh oatmeal dengan krim. Jika tidak ada krim, Anda bisa menggunakan madu sebagai gantinya. Aduk rata adonan hingga berbentuk seperti pasta, lalu oleskan pada lutut dan diamkan selama 2 menit. Setelah cukup meresap, gosok scrub dengan perlahan hingga hilang dan bersihkan dengan air bersih.

Lemon dan Madu

Lemon dan Madu

Perasan lemon yang dicampurkan dengan satu sendok teh madu bisa menjadi cara mencerahkan lutut hitam. Oleskan campuran ke lutut, lalu diamkan selama 15-29 menit. Kemudian, bersihkan dengan air. Untuk hasil maksimal, ulangi cara ini minimal 1-3 minggu sekali. (jaz/Liz)

Terkena Hujan, Lampu Runway Bandara Halim Padam

Posted: 04 Jan 2015 04:34 AM PST

Penumpang pesawat di bandara Halim Perdanakusuma kebingungan karena adanya perbedaan antara jadwal keberangkatan yang tertera dalam tiket.

Duka Putri Pilot AirAsia QZ8501

Posted: 04 Jan 2015 04:31 AM PST

Angela berharap proses pencarian pesawat dan korban segera membuahkan hasil, agar penyebab kecelakaan bisa terungkap.

Persib Andalkan Striker Lokal di Kualifikasi LCA

Posted: 04 Jan 2015 04:30 AM PST

Juara bertahan ISL, Persib Bandung dipastikan bakal mengandalkan pemain lokal di lini depan untuk menghadapi babak Kualifikasi Liga Champions Asia (LCA). Kesulitan mencari bomber asing menjadi alasan utama Persib.

Menghadapi musim kompetisi baru, tim berjuluk Maung Bandung itu kekurangan stok striker. Tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu kehilangan Ferdinand Sinaga; yang hengkang ke Sriwijaya FC. Persib juga membuang striker asal Mali, Coulibaly Djibril.

Praktis, lini depan menjadi pekerjaan rumah pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman untuk memperkuat daya gedor menghadapi ISL dan Kualifikasi Liga Champions Asia. Khusus Kualifikasi LCA, Umuh menyadari, tim tanpa striker asing karena telah mencapai batas waktu pendaftaran pemain, Minggu 4 Januari 2014. 

Persib akan menghadapi wakil Vietnam, Hanoi T&T di babak Kualifikasi. Pertandingan itu digelar 10 Februari 2015."Sulit bagi pemain asing bermain di Kualifikasi LCA. Jadi, kami akan memaksimalkan striker lokal yang ada untuk mengikuti kompetisi tersebut," kata Umuh setelah Kongres PSSI di Hotel Borobudur, Jakarta, Minggu (4/1/2014).

Meski belum menemukan striker ideal untuk mengisi barisan depan, Umuh masih berusaha mendatangkan pemain asing guna mengisi pos di sektor depan. Sampai saat ini, Persib masih melakukan trial terhadap dua pemain asing, Maycon Calijuri dari Brasil dan Koh Traore asal Burkina Faso. Namun nama terakhir belum datang ke Bandung untuk trial.

Hanya Calijuri yang telah bergabung dan menjalai trial. Sejauh ini, Persib baru mendatangkan striker lokal Yandi Sofyan dari Arema Cronus.

"Mengenai komposisi pemain, Persib hanya membutuhkan satu pemain asing dan satu lokal. Itu saya rasa sudah cukup," ucap pria paruh baya yang akrab disapa pak Haji.

Dua Pesawat Jet Pribadi Elvis Presley akan Dilelang

Posted: 04 Jan 2015 04:30 AM PST

Semasa hidupnya, [Elvis Presley](2149297 "") memiliki segalanya, termasuk dua buah pesawat jet pribadi dimana salah satunya dinamakan sama dengan sang putri, Lisa Marie. Kini, dua jet yang hanya teronggok sebagai hiasan di pekarangan rumah mewah milik Elvis, 'Graceland' selama 30 tahun tersebut akan segera dilelang.

Seperti dilansir Aceshowbiz, belum lama ini, salah satu pesawat yang dinamakan 'Lisa Marie' tersebut dibeli Elvis pada tahun 1975. Ia menghabiskan USD 300.000 atau sekitar Rp 3,7 milyar untuk berbagai aksesoris tambahan seperti kamar mandi berlapis emas, stereo system dengan 50 speaker, serta kamar tidur mewah dan sebuah ruang konfrensi.

Sedangkan sebuah pesawat lainnya diberi nama Hound Dog II, dibeli Elvis ketika 'Lisa Marie' sedang dibenahi.



Belum diketahui kisaran harga lelang tersebut, namun kedua pesawat jet pribadi tersebut akan dijual dalam satu paket, dalam pelelangan yang akan berlangsung di Memphis dalam waktu dekat ini.

Selain jet pribadi, belum lama ini rekaman pertama Elvis Presley juga dilelang. Rekaman pertama Elvis yang telah tiada lebih dari 40 tahun yang lalu tersebut akan masuk rumah lelang pada 8 Januari 2015 mendatang, bertepatan dengan perayaan ulang tahunnya yang kedelapan puluh.

Rekaman lagu My Happiness dan That's When Your Heartaches Begins diperkirakan akan laku terjual sekitar US$ 75.000 - US$ 100.000 atau sekitar Rp 700.000 - Rp 1 milyar.