Rabu, 07 Januari 2015

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Cuplikan Pilgrimage, Pameran Fesyen 25 Tahun Karir Didi Budiardjo

Posted: 07 Jan 2015 04:35 AM PST

“Fashion untuk saya adalah a constant beating heart, degup nadi jantung yang berkesinambungan, bahwa fashion itu hidup”. Kalimat yang terlontar dari desainer Didi Budiardjo saat Liputan6.com mewawancaranya pada bulan Oktober 2014 lalu terngiang kembali saat menghadiri konferensi pers pameran fesyen dari Didi Budiardjo bertema `Pilgrimage`pada Rabu (7/1/2015) di Musem Tekstil, Jakarta.

Usai menggelar fashion show 25 tahun berkarya Didi Budiardjo bertajuk Curiosity Cabinet pada Oktober 2014, jantung fesyen Didi yang berdegub secara konstan mengejawantah kembali dalam sebuah pameran fesyen yang akan diselenggarakan pada 16-25 Januari 2015 betempat di Museum Tekstil. Sebanyak 300 items yang terdiri dari aksesori, 70 set busana, dan benda-benda lain, akan dipamerkan dalam 14 kategori di 14 ruang dari museum tersebut.

Menyusuri tiap-tiap ruang di pameran tersebut dikonsepkan sebagai sebuah tur tentang pengembaraan Didi Budiardjo sebagai insan fesyen yang telah menghasilkan karya-karya selama 25 tahun sejak tahun 1989. Karya-karya awal Didi disebutnya sebagai saudari tua dan karya-karya terkini dipanggilnya saudari muda. “Busana-busana yang saya buat adalah anak-anak saya,” ucap Didi di konferensi pers tentang bagaimana ia berelasi dengan karya-karya ciptaannya, yakni seperti seorang ibu yang mencintai buah hatinya.

Bagaimana anak-anak Didi Budiardjo tersebut bermula dalam kandungan pikiran sebagai embrio ide hingga dilahirkan sebagai karya jahitan dapat dilihat di rangkaian 14 ruang pameran itu. Sketsa-sketsa fesyen, mood board, buku-buku, dan hal-hal lain yang menjadi ide rancang busana di kepala Didi dapat ditemukan di ruang bernama `The Atelier`.

Ruang-ruang selanjutnya akan diisi oleh koleksi-koleksi rancangan Didi yang diatur berdasarkan jenis busana, seperti busana warna putih, hitam, busana nuansa oriental (Tiongkok dan Jepang), busana bermaterial mengkilat, busana berbahan sulam (buatan peserta pelatihan Didi Budiardjo melalui Yayasan Sulam Indonesia atas sponsor Perusahaan Gas Negara), busana berdetil bulu-bulu, dan lain sebagainya.

“Inspirasi dari busana-busana tersebut adalah wanita-wanita di kehidupan saya, baik yang saya kenal atau yang saya tahu lewat buku atau sumber lain,” Didi menjelaskan. Selain menampilkan rancangan-rancangannya – yang sebagiannya dipinjam kembali dari klien dan private collector yang telah membeli karya-karya Didi itu – desainer yang saat konferensi pers mengenakan kain batik dan kemeja putih beraksen menarik di bagian kerah itu juga akan memamerkan kain-kain tradisional Indonesia dan kebaya koleksi pribadinya dan koleksi kain Museum Tekstil.

Nama-nama yang Disebut Didi Budiardjo di Pamerannya

Nama-nama yang Disebut Didi Budiardjo di Pamerannya

Bukan hanya koleksi Didi yang dapat ditemukan di pameran Pilgrimage yang akan dibuka oleh istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Tan Basuki Tjahaja Purnama dan dapat dikunjungi secara gratis itu. Memberi penghormatan pada orang-orang berjasa untuk dunia mode Indonesia, Didi akan menampilkan koleksi batik Iwan Tirta, karya kolase Peter Sie (yang didapat Didi dari sebuah balai lelang), dan salah satu busana rancangannya yang mengingatkan Didi pada jurnalis fesyen Muara Bagdja.

Tentang tokoh yang terakhir disebut, Didi punya cerita sendiri. Setahun setelah Didi memenangkan Lomba Perancang Mode di masa silam di mana Muara Bagdja menjadi salah satu juri, jurnalis fesyen terkemuka itu memberinya kesempatan untuk membuat koleksi yang akan ditampilkan pada fashion spread majalah Sarinah. Diakui Didi bahwa 8 halaman fashion spread di majalah tersebut merupakan bentuk dukungan seorang Muara Bagdja yang membuat dirinya menjadi bagian dari dunia fesyen Indonesia.

Dalam menjalani karir di dunia fesyen Indonesia, nama Susan Budihardjo, Adrian Gan, Eddy Betty, dan Sebastian Gunawan merupakan nama-nama yang punya tempat tersendiri bagi dirinya sebagai desainer fesyen. Seperti diketahui, sebelum menempuh pendidikan desain fesyen di Atelier Fleuri Delaporte, Paris, Didi bersekolah di Lembaga Pengajaran Tata Busana Susan Budihardjo di mana rekan sesam desainer Adrian Gan, Eddy Betty, dan Sebastian Gunawan juga menempuh pendidikan di sana.

Memberi porsi tersendiri untuk orang-orang tersebut dalam pameran ini, Didi mengajak nama-nama itu untuk turut serta memamerkan koleksi karya mereka di pameran Pilgrimage ini. Demikianlah cuplikan dari pameran Pilgrimage yang dijelaskan Didi di konferensi pers. Didi berharap agar pameran ini bisa membuat pecinta fesyen dan masyarakat luas dapat lebih memberi apresiasi pada dunia fesyen Indonesia, dan terkhusus untuk para desainer agar peduli akan pentingnya pengarsipan karya-karya rancang busana yang sudah dibuat yang akan berguna bagi dunia fesyen Indonesia.

Waktu 25 tahun jelas tidak singkat untuk sebuah Career Pilgrimage. Ini pun dirasa oleh desainer yang punya hajat pameran itu meski juga dikatakannya bahwa rentang waktu tersebut belum cukup untuk disebut lama. Lalu, bertanya tentang apa yang sudah didapatnya dari dunia fesyen yang diarungi selama 25 tahun, begini jawaban Didi di Museum Tekstil tempatnya menggelar fashion show di tahun 1997: `Disiplin. Displin tinggi akan menghasilkan karya yang baik. Lebih dari itu, kedisiplinan adalah hal yang bisa merubah dunia jadi lebih baik. Kedisiplinan harus dipertahankan.`

Rute Penerbangan Bandung-Solo Dibekukan Hingga 9 Januari

Posted: 07 Jan 2015 04:34 AM PST

Dampak pelarangan 16 rute penerbangan dari Bandara Surabaya berimbas pada penundaan penerbangan rute Bandung-Solo dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Penundaan penerbangan sendiri terjadi pada maskapai penerbangan Wings Air sejak Selasa (6/1/2015) hingga Jumat (9/1/2015) nanti.

General Manager PT Angkasa Pura II, Yayan Hendrayani mengatakan penundaan terkait izin penerbangan dari Bandara Juanda Surabaya.

"Bukan pembatalan penerbangan tapi penundaan izin penerbangan di Surabaya salah satunya penerbangan dari Husein (Sastranegara) yang terganggu," katanya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (7/1/2015).

Yayan menuturkan, sebetulnya jalur penerbangan sendiri tidak menuju langsung ke Surabaya namun merupakan penerbangan connecting Surabaya-Solo-Bandung.

"Mau tidak mau penerbangan Bandung-Solo pun jadi terbawa. Penerbangan yang siang hanya satu rute saja," bebernya.

Saat pembatalan pada hari pertama, yaitu Selasa (6/1/2015), para penumpang belum mengetahui informasi tersebut dan memadati area bandara.

"Hari ini tidak ada karena penumpang sudah tahu. Kalau kemarin karena penumpang tidak tahu. Untuk penggantian airline yang mengatur," pungkasnya. (Okan Firdaus/ Gdn)

News Hilite 7 Januari 2015

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Pemerintah memastikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar akan kembali diturunkan pada 1 Februari 2015

Layanan 4G LTE 1800 Mhz Bakal Dikomersialkan Pertengahan 2015

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) rencananya akan menggenjot penggunaan frekuensi 1800 Mhz untuk layanan komunikasi 4G LTE (long term evolution) secara komersial.

Menteri Kominfo, Rudiantara, mengklaim pihaknya sedang mengejar target agar aturan soal penggunaan frekuensi 1800 Mhz untuk 4G terealisasi. Ia pun mengaku proses penataan ulang alokasi pita frekuensi yang dimiliki operator (realokasi) sedang dilakukan secara bersamaan.

"Aturannya kita akan selesaikan pada kuartal pertama tahun ini. Sambil jalan kita akan ajak operator juga untuk ketemu dan bahas realokasi supaya bisa selesai lebih cepat," ungkap Rudiantara saat ditemui tim Tekno Liputan6.com di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Lebih lanjut, Rudiantara memastikan layanan 4G LTE akan bisa tersedia di frekuensi 1800 Mhz secara komersial pada semester kedua tahun 2015.

"Kita sedang garap aturannya. Nanti kan kita harus ngobrol dengan operator juga soal kesiapan mereka. Tapi kalau pertengahan tahun pastilah 4G sudah ada di 1800 Mhz," tambahnya.

Pria yang akrab disapa Chief RA itu pun menjelaskan alasannya mengejar target penyediaan layanan 4G LTE di frekuensi 1800 Mhz.

"Secara ekosistem 4G LTE paling banyak digunakan di dunia, jadi lebih aman soal handset dan kebutuhan pendukung lain," ujarnya.

Saat ini, Indonesia telah memiliki layanan 4G LTE di frekuensi 900 Mhz dan 2300 Mhz. Dibukanya frekuensi 1800 Mhz diharapkan akan membuat industri komunikasi Tanah Air akan semakin sehat.

(den/isk)

Terobsesi Peri, Wanita Ini Rela Ubah Bentuk Telinga

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Seorang model asal kanada terobsesi dengan peri pada film The Lord of The Rings, Elf.

Lalu pada bulan Agustus 2011 silam, Melynda Moon pun memutuskan untuk melakukan pembedahan pada telinganya agar menyerupai karakter dari serial kesukaannya.

"Keanggunan telinga Elf adalah sesuatu yang saya suka," tutur Melynda pada saat melakukan operasi seperti dilansir dari Huffington Post.



Operasi tersebut menelan biaya US$ 408 atau sekitar Rp 5,1 juta.
(Sha/Tnt)

7 Fakta dari Tesla Motors, Pakem Otomotif 'Anti BBM'

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Nama Tesla Motors mungkin masih asing bagi sebagian besar konsumen Indonesia. Pasalnya, produk roda empat asal AS (Amerika Serikat) yang kelewat futuristik ini memang bak angan-angan untuk segera hadir di Indonesia.

Mengusung mobil listrik, tak hanya ramah lingkungan, para pemiliknya pun dituntut melek teknologi alias anti gaptek. Di dalamnya, berbagai fitur masa depan ditampilkan lewat layar komputer 'raksasa' yang berukuran hingga 10-inci.

Sang nama besar di belakang Tesla Motors, Elon Musk, pun tak kalah kontroversial. Teknokrat ini pernah menyatakan jika siapapun dipersilahkan untuk menduplikasi karya Tesla Motors, sepanjang hal tersebut ditujukan untuk kemaslahatan umat.

Lantas, apa saja 7 fakta menarik lain seputar mencuatnya Tesla Motors? Berikut dirangkum oleh otomotif.liputan6.com dari berbagai sumber:

1. Tesla Kini Pabrikan 'Tertua' Kedua di AS 

Pernyataan ini mungkin cukup kontroversial. Namun, fakta di atas kertas berbicara demikian. Saat ini Tesla menjadi pabrikan otomotif tertua kedua di AS. Bagaimana Bisa?

Dipuncaki oleh Ford Motor, Tesla menjadi perusahaan tertua kedua setelah General Motors (GM) mengalami kebangkrutan dan harus tutup buku. Kini, setelah mengalami restrukturisasi, GM baru pun berumur 4 bulan lebih muda dari Tesla Motors.

Chrysler memang menjadi salah satu pabrikan tertua lain secara usia. Namun, hingga kini Chrysler tak pernah tercatat di lantai bursa sehingga digolongkan sebagai perusahaan pribadi.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya 

Tesla Pabrikan Kendaraan Paling Mandiri

2. Tesla Pabrikan Kendaraan Paling Mandiri

Walau baru seumur jagung, Tesla Motors membuktikan diri sebagai pabrikan mandiri.

Kala nama-nama besar industri otomotif AS terpusat di Detroit, Michigan. Tesla Motors justru berdiri di Silicon Valley, lokasi yang termahsyur sebagai kiblatnya inventor teknologi TI dunia.

Untuk mencukupi proses produksi kendaraan mereka, Tesla rela mengeluarkan dana hingga US$ 5 miliar. Paling hangat, termasuk untuk mendirikan pabrik baterai raksasa kendaraan mereka secara mandiri.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya

Sabet Penghargaan Bergengsi

3. Kendaraan Tesla Langsung Sabet Penghargaan Bergengsi

Dilansir dari Yahoo! Autos, Tesla Model S, yang merupakan kendaraan produksi pertama mereka memulai debutnya dengan apik.

Walaupun menyandang predikat sebagai mobil listrik, tak lantas membuat performa sedan Model-S kehilangan taji. Mesin masa depan tanpa konsumsi BBM tersebut sanggup melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,4 detik.

Tesla mematahkan anggapan jika sedan listrik tak sebanding dengan performa tinggi. Untuk segudang review positif tersebut, Tesla Motors lewat Model-S pun diganjar berbagai penghargaan, mulai dari media besar seperti Motortrend, Autocar hingga Yahoo! Auto.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

Indeks Kepuasan Positif

4. Tesla Motors Sukses Raih Indeks Kepuasan Tertinggi Konsumen

Selain penghargaan dari media dan institusi, Model S nyatanya turut mendapat kesan positif dari konsumen.

Bahkan, dalam sejarah otomotif Negeri Paman Sam, Model S tergolong kendaraan yang sukses mendapat indeks apresiasi positif tertinggi dari konsumen.

Dilansir dari consumerreports.org, dari 100 rating yang ada, Tesla Model S meraih 99 apresiasi positif.


5. Tesla Bawa Teknologi Masa Depan ke Kendaraan Saat Ini


Mengendarai Tesla Model S jelas bukan perkara main-main. Di dalamnya, seluruh fitur kendaraan anti-gaptek ini dilakukan ala touchscreen khas teknologi masa depan.

Kabar terakhir, Tesla bahkan berniat untuk menghilangkan bentuk fisik kaca spion karena dituding menghambat koefisitas dan aerodinamis kendaraan kala berjalan.

Hal unik lainnya terjadi kala Model S diuji coba keselamatan oleh NHTSA. Alih-alih bikin berantakan wujud si sedan listrik, alat yang digunakan otoritas keselamatan AS untuk menguji resistensi tersebut justru rusak kala dijatuhkan ke atas kanopi sang sedan Model S.

Silahkan Klik Halaman Selanjutnya.

Prestasi Cemerlang

6. Prestasi Cemerlang Tesla di Bursa Saham AS

Pada 2013 lalu, Tesla mencatat perkembangan fantastis di bursa saham AS. Melantai dengan kode TSLA, Tesla Motors mengalami kenaikan indeks hingga 350 persen di 2014.

Dari opini mistik hingga bukti otentik, banyak pihak percaya, hal ini adalah pertanda pasti dari ramalan kebangkitan mobil listrik yang bakal menjadi pakem kendaraan di masa depan.

Dilansir dari visualcapitalist.com, saat ini, secara nilai investasi, Tesla bahkan telah sejajar dengan Fiat, Suzuki, Isuzu atau Mitsubishi.

7. Hanya 6 Komponen Mobil Tesla yang Butuh Perawatan

Dilansir dari visualcapitalist.com, sedan Tesla Model S hanya membutuhkan pergantian 6 jenis komponen kendaraan selama digunakan.

Tak lain, komponen tersebut hanyalah 4 buah roda kendaraan dan 2 karet wiper pada kaca.

Ijonk Berharap Cita Citata Tak Mangkir Sidang Cerai

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Galih Purnama alias Ijok sudah menggugat cerai Cita Citata pada Pada 24 Desember 2014 di Pengadilan Agama Bandung, Jawa Barat. Hingga saat ini, Ijonk sudah mempersiapkan semua bukti untuk diajukan ke pengadilan.

Mengenai sidang perdana sendiri, Ijonk dan kuasa hukum, Rahman Hidayat belum tahu pasti. "Yang jelas sidang perdana tanggal 20-an Januari 2015," kata Rahman, di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (7/1/2015).

Baik Ijonk mau pun kuasa hukum berharap agar pada sidang perdana nanti, Cita Rahayu atau Cita Citata bisa hadir agar kasus ini tidak terlalu berbelit-belit.

"Kami sudah siapkan gugatan bukti pernikahan. Untuk kami jadikan bukti di Pengadilan Agama nanti," lanjut Rahman.

"Cita harus datang, jika berlama-lama menghindar itu namanya dia (Cita) berbohong. Kalau dia benar ngapain nggak datang ke sidang," tandas Rahman. (fei)

Cara Mudah Selalu Awet Muda

Posted: 07 Jan 2015 04:30 AM PST

Sejumlah keuntungan akan didapat oleh mereka yang gemar bersepeda. Bukan hanya fisik yang sehat, bersepeda mampu membuat jiwa dan raga pelakukannya lebih muda dari usia sebenarnya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 81 orang pria dan 41 orang wanita yang mencakup kesehatan hati, paru-paru, refleks, otot, dan tulang mereka, diketahui bahwa mereka yang berusia 55 sampai 79 yang bersepeda secara rutin memiliki fisik jauh lebih muda daripada orang-orang seusia mereka.

Profesor Norman Lazarus, mengatakan, tetap aktif di usia tua sama saja dengan `membeli` tambahan fungsi dari organ tubuh yang membuat mereka dapat bertahan hidup lebih lama. Tentunya, tetap aktif dan produktif di usia yang tak lagi muda.

"Bersepeda tidak hanya membuat mereka lebih waspada secara mental, tetapi membuat otot, jantung, dan paru-paru mereka lebih kuat dan sehat, yang mana itu semua mereka butuhkan untuk menjaga kesehatannya," kata Norman seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (7/1/2015)

Namun, satu hal yang sangat disayangkan oleh para peneliti adalah masih sedikitnya orang yang mau tetap aktif di usia tua. Padahal, bersepeda merupakan aktivitas yang menyenangkan, dan dapat dilakukan secara bersama-sama.

10 Statistik Vital Atletico Madrid vs Real Madrid

Posted: 07 Jan 2015 04:29 AM PST

Bentrok penuh gengsi akan tersaji pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Tepatnya, saat Atletico Madrid menjamu rival sekota Real Madrid di Vicente Calderon, Kamis (8/1/2015) dinihari WIB.

Bicara dua bentrok terakhir, "Los Rojiblancos"-julukan Atletico-unggul dari Real Madrid. Selain keunggulan itu, banyak fakta menarik yang akan mendukung duel sengit ini. Berikut fakta menariknya :


10. Atletico dan Real Madrid akan bertemu untuk keempat kalinya musim ini. Sejauh ini, Atletico lebih unggul dengan dua kemenangan dan satu imbang melawan rival sekota mereka.

9. Kedua tim sudah bertemu 11 kali selama tiga musim terakhir. Dari 11 pertemuan itu hanya ada dua hasil imbang.

8. Real Madrid mengalahkan Atletico dengan agregat 5-0 pada Copa Del Rey musim lalu.

7. Atletico menang 2-1 atas Real Madrid pada pertemuan terakhir kedua tim di La Liga, September 2014 lalu.

6. Atletico meraih kemenangan pada dua laga terakhir mereka setelah sebelumnya gagal menang di tiga laga beruntun untuk pertama kalinya musim ini.

5.Real takluk 1-2 dari Valencia pekan lalu sekaligus mengakhiri rekor 22 kemenangan beruntun.

4. Cristiano Ronaldo mencetak gol penggembira saat Madrid takluk 1-2 dari Valencia di Mestalla. Itu merupakan gol ke-35 dirinya untuk klub dan timnas.

3. Top skor Atletico di La Liga Antoine Griezmann mengepak 11 gol musim ini, termasuk dua gol di Liga Champions dan satu gol di Copa del Rey.

2. Mario Mandzukic sudah mencetak 14 gol musim ini. Namun, hanya enam gol yang dijaringkan striker jangkung asal Kroasia di La Liga.

1. Bintang timnas Wales Gareth Bale telah mencetak tiga gol di empat laga tandang terakhir Real Madrid di semua kompetisi.

Baca juga :

[Gerrard Tak Sabar Bermain di Amerika](2157341 "")

[Gelandang Liverpool Sepakat Hijrah ke Milan](2157332 "")

[Hasil dan Klasemen Lengkap Serie A Usai Juventus-Inter Imbang](2157274 "")

Penuhi Kebutuhan Garam, Pemerintah Harus Siapkan Dana Rp 3 T

Posted: 07 Jan 2015 04:21 AM PST

Komoditas garam tampaknya selalu menjadi masalah tiap tahunnya. Hal ini karena meskipun 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan, namun ternyata masih saja harus menjalankan impor garam untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Direktur Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pengembangan Usaha Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Riyanto Basuki mengatakan, sebenarnya untuk memenuhi kebutuhan garam di dalam negeri sangat mudah.

Menurut dia, pemerintah cukup mengalokasikan anggaran sekitar Rp 3 triliun untuk melakukan impor garam. Namun persoalan garam tersebut tidak sampai di situ saja. Jika garam ini terus diimpor, ada sekitar 30 ribu hingga 50 ribu tenaga kerja di sektor garam yang berpotensi kehilangan mata pencarian.

"Sebenarnya cukup Rp 2 triliun hingga Rp 3 triliun uuntuk impor garam, semuanya  beres. Tapi kan tidak bisa begitu, ada 30 ribu hingga 50 ribu pekerja yang menggantungkan hidupnya di garam ini," ujarnya di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Rabu (7/1/2015).

Sementara itu, Direktur Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) KKP Sudirman Saad mencatatkan sepanjang 2014 Indonesia melakukan impor garam lebih dari 2 juta ton. Dari jumlah tersebut 75 persennya untuk kebutuhan industri kertas, kaca dan industri kimia.

"Jadi 1,5 juta tonnya itu untuk industi kertas, kaca dan industri kimia lain. Berarti itu 75 persen dari total impor garam nasional. Kemudian disusul 450 ribu ton garam impor untuk industri aneka pangan," kata dia.

Jika hal tersebut tidak segera diatas dan pemerintah tidak melakukan perbaikan untuk meningkatkan produksi dan kualitas garam nasional, maka tiap tahun Indonesia harus selalu bergantung pada garam impor.

"Ini juga butuh impor garam, beri tekanan pd garam produksi rakyat. Untuk industi ada tambah 100 ribu ton dan 500 ribu ton untuk garam farmasi. Tahun lalu untuk farmasi impor hanya 50 ribu ton, itu untuk obat-obatan harus ada kandunga NaCl 99 persen," tandasnya. (Dny/Gdn)