Jumat, 09 Januari 2015

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Pesona Alis Cara Delevigne Ternyata Menurun dari Sang Nenek

Posted: 09 Jan 2015 04:35 AM PST

Darah memang tak bisa dibohongi. Hal ini terbukti dari seorang model cantik Victoria Secret yang tengah tenar, siapa lagi kalau bukan Cara Delevigne (22 tahun). Ternyata alis tebal yang menjadi ikon dirinya ini serupa dengan yang dimiliki oleh sang nenek.

Kenyataan ini diketahui dari foto yang diunggah Cara ke akun instagram pribadinya (instagram.com/caradelevigne).

Dalam foto jadul (zaman dahulu) tersebut, tampak terlihat seorang wanita berwajah sungguh mirip dengan Cara, khususnya pada bagian Alis.Pantas saja, karena ternyata foto wanita bernama bernama Angela Margo Delevingne tersebut merupakan foto nenek dari Cara Delevigne.

Bukan tanpa alasan Cara mengunggah foto tersebut. Hal tersebut merupakan wujud unggapan perasaan terhadap sang nenek yang meninggal pada usia 102 seperti yang dilansir dari DailyMailUk, Jumat (9/1/2015).

"Beristirahatlah dengan tenang Angela Delevingne. Wanita yang paling baik, cerdas, licik, dan menggemaskan yang dengan senang pernah saya temui dan berhubungan keluarga," Tulis Cara sebagai komentar untuk foto wanita yang melahirkan ayahnya tersebut.

Sementara sang kakak, Poppy, menuliskan "Bintang-bintang akan lebih bersinar sekarang. GAGA, aku tak akan pernah berhenti merindukanmu 1912-2014".

Jadi, para pencinta model cantik ini, bagaimana menurut Anda? Bukankah sungguh terlihat jelas kemiripan antara Cara Delevigne dan sang nenek? Diketahui sudah dari mana asal kecantikan model kelas dunia satu ini.

Waspada, Bayi Gemuk Rentan Derita Asma

Posted: 09 Jan 2015 04:30 AM PST

Tak hanya berisiko terkena penyakit kronis ketika dewasa, bayi gemuk juga ternyata rentan menderita asma, berdasarkan penelitian terbaru.

Seperti dikutip Mirror, Kamis (8/1/2015) Tim Bristol University mengatakan dalam Journal of Allergy and Clinical Immunology bahwa bayi yang dalam tiga bulan pertama cepat gemuk, dia cenderung dapat menderita asma.

Peneliti utama Dr Agnes Sonnenschein-van der Voort mengatakan, kenaikan berat badan yang cepat dapat mempengaruhi perkembangan abnormal dari paru-paru atau sistem kekebalan tubuh.

"Menggunakan data dari Children studi pada 90-an di University of Bristol, kami menganalisis catatan medis 10.000 orang," tulis peneliti.

Direktur penelitian Asma di Inggris, Dr Samantha Walker menambahkan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hubungan antara berat badan bayi dan kemungkinan mereka terserang asma di kemudian hari.

4 Drama Korea Bertema Sejarah yang Diangkat dari Kisah Nyata

Posted: 09 Jan 2015 04:30 AM PST

Drama Korea rupanya tak hanya menceritakan mengenai kisah cinta , keluarga, atau perebutan harta dan kekuasaan, tapi ada juga yang bertema sejarah. Rata-rata, drama tersebut mengambil setting waktu di era Joseon.

Drama bertema sejajarah biasanya disebut Saeguk. Menariknya dari saeguk, tema drama juga mengenai kekuasaan atau legenda yang banyak diminati penonton. Apa saja drama Korea bertema Saeguk yang diangkat dari kisah nyata?

Baca juga:

6 Kebodohan Konyol dalam Drama Korea

Dae Jang Geum (Jewel In The Palace)

Drama ini diperankan oleh Lee Young-ae dan Ji Jin-hee 2003 silam. Drama yang juga dikenal sebagai Jewel in the Palace itu menceritakan mengenai seorang koki wanita istana yang sebatang kara bernama Seo Jang-geum (diperankan Lee young Ae).



Rupanya Seo Jang-geum memiliki keuletan dalam belajar. Ia berusaha keras mempelajari rahasia memasak dan meramu obat-obatan dari Korea untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakit. Usaha Seo Jang Gaeum membuahkan hasil.



a berhasil menjadi dokter kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat menajkubkan di zaman tersebut. Drama ini diambil dari kisah nyata tabib wanita di zamannya dengan gelar Dae atau yang terhebat. I

Jang Ok Jung

Jang Ok Jung diperankan Kim Tae Hee mengisahkan tentang simpanan Raja Sukjong. Cerita dalam drama ini cukup unik karena mengisahkan wanita ambisius yang menjadi duri bagi masyarakat di zamannya, Jang Ok Jung yang juga memiliki sisi positif.



Di sini, Jang Ok Jung diceritakan mengenai kehidupannya yang juga sebagai desainer berbakat dan pembuat kosmetika. Jang Ok Jung yang merebut titel wanita tercantik itu juga disebut sangat modis saat itu.

Padahal, di pikiran masyarakan Jang Ok Jung dikenal sebagai wanita yang haus kekuasaan yang ingin mendapatkan titel Ratu. Ia juga dikabarkan sempat menganiaya putranya--menjadi raja Gyeongjong--hingga tak memiliki keturunan.

Queen Seondeok

Queen Seondek diperankan oleh Lee Yo-won dan Kim Nam Gil. Cerita tentang perjalanan Ratu Seondeok sepanjang hidupnya yang menyentuh hati mulai dari awal hidupnya hingga akhir hayatnya. Queen Seondeok sebagai penguasa Kerajaan Silla harus menghadapi kenyataan hidup yang pahit.



Queen Seondeok yang di masa remaja bernama Deokman harus berjuang menjalani hidup yang keras. Tiba-tiba, ia mengetahui identitas rahasianya yang ternyata seorang putri yang terbuang.



Lebih mengejutkan lagi, ia harus menghadapi orang yang ingin membunuhnya. Ia pun harus kembali menyembunyikan identitasnya dengan menjadi seorang ksatria.



The Moon That Embraces the Sun

The Moon That Embraces the Sun diperankan Kim Soo-hyun dan Han Ga-in. Cerita dalam drama ini mengenai seorang putri yang hilang. Heo Yeon Woo--diperankan Han ga In--jatuh cinta pada pangeran pada usia 13 tahun. Akhirnya, mereka menikah dengan pesta pernikahan meriah. Sayangnya, itu semua tak bertahan lama.



Heo Yeon Woo akhirnya dipilih menjadi Puteri Mahkota Joseon sampai Ibu Suri membuat rencana keji melawannya. Dengan diam-diam memerintahkan untuk membunuh Heo Yeon Woo. Dengan bantuan dari sihir shaman yang sangat kuat, Yeon Woo berhasil meloloskan diri tapi kehilangan ingatannya. Semua orang percaya kalau dia sudah meninggal, termasuk Pangeran Mahkota Hwon yang sangat kehilangan istrinya.



Delapan tahun kemudian, Yeon Woo kembali ke kerajaannya. Yeon Woo memiliki tujuan untuk mendapatkan kembali apa yang telah dirampas dari dirinya. Takdir rupanya masih menyatukan Yeon Woo dengan Pangeran Hwon.

PLN Beli Listrik dari PLTS LEN, Industri Hemat Biaya

Posted: 09 Jan 2015 04:27 AM PST

PT PLN (Persero) dan PT Len Industri (Persero) menandatangani perjanjian jual beli tenaga listrik (Power Purchase Agreement/PPA) Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kupang dengan kapasitas 5 Mega Watt peak (MWp). Langkah itu dapat menghemat Rp 1,3 miliar dari bahan bakar.

General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Richard Safkaur mengatakan, PT Len Industri akan membangun dengan biaya investasi sekitar Rp 120 miliar untuk merealisasikan proyek PLTS Kupang. PLTS Kupang berlokasi di Desa Oelpuah, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"Pengadaan proyek ini dilakukan melalui proses pelelangan umum yang diadakan oleh Pemerintah dan dimenangkan oleh LEN," kata Richard, dalam keterangan tertulis yang diterbitkan PLN, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No. 17 Tahun 2013, maka PLN ditugaskan oleh Pemerintah untuk membeli listrik dari PLTS tersebut.
Hal ini sangat signifikan untuk menghemat biaya pokok penyediaan (BPP) listrik di daerah tersebut dibandingkan menggunakan pembangkit bermesin diesel (PLTD) yang berbahan bakar minyak.

Potensi penghematan dengan asumsi PLTS beroperasi optimal sebesar 663.275 kWh atau sebanding dengan 145.920 liter solar. Dengan harga bahan bakar minyak Rp 8.876 maka dalam satu bulan akan terdapat penghematan sekitar Rp 1,3 miliar. Listrik yang dihasilkan PLTS Kupang akan disalurkan melalui jaringan transmisi 20 kilo Volt (kV) ke sistem kelistrikan Kupang.

"Beban puncak sistem kelistrikan Kupang saat ini sekitar 56 MW dan beban ini terus tumbuh berkembang," tutur Richard.

PLTS Kupang adalah PLTS pertama yang dibangun oleh Independen Power Producer/IPP. Pekerjaan pembangunan PLTS Kupang hingga mampu beroperasi secara komersial (Commercial Operating Date/COD) ditargetkan maksimal 18 bulan sejak pendatanganan PPA. (Pew/Ahm)

8 Transfer Kontroversial Sepanjang Masa

Posted: 09 Jan 2015 04:22 AM PST

Bursa transfer di benua Eropa kerap mengejutkan dan tidak jarang kontroversial. Dari sekian banyak transfer kontroversial, hengkangnya Roberto Baggio dari Fiorentina ke Juventus dan Luis Figo dari Barcelona ke rival abadi Real Madrid paling menjadi sorotan.

Maklum, kedua pemain ini sama-sama merupakan ikon klub kala itu. Baggio jadi idola publik Artemio Franchi sedangkan Figo merupakan sosok sentral di skuat Barcelona.

Maka wajar, jika fans tidak rela kedua pemain ini memilih pergi ke klub lain, apalagi, klub yang dituju adalah "musuh besar" mereka.

Selain kontroversi yang melibatkan dua pemain ini, ada enam cerita di bursa transfer yang bikin banyak pihak geleng-geleng kepala. Lantas, transfer apa saja yang memicu kontroversi ? Berikut daftarnya :

Baca halaman berikutnya -->

Sol Campbell (Tottenham Hotspur ke Arsenal, 2001)

Saat masih memperkuat Tottenham Hotspur, Campbell pernah berujar tidak akan pernah memperkuat tim rival sekota.

Namun, mantan bek timnas Inggris ini bak menjilat ludahnya sendiri saat menolak tawaran klub-klub besar Eropa untuk bergabung dengan Arsenal tahun 2001 lalu.

Menariknya, Campbell pergi dengan status gratis dari Spurs karena menolak perpanjangan kontrak yang akan membuatnya sebagai pemain dengan gaji termahal. Hingga kini, fans Spurs masih memanggilnya Yudas.

Baca halaman berikutnya -->

Ashley Cole (Arsenal ke Chelsea, 2006)

Kepindahannya ke Chelsea tahun 2006 lalu sempat bikin geger bursa transfer. Maklum, Cole pindah dari Arsenal ke Chelsea yang notabene rival sekota.

Sebelum proses kepindahan ini rampung, skandal juga sempat terkuak. Tepatnya, saat Cole dan agennya Jonathan Barnett kedapatan bertemu pelatih Chelsea kala itu Jose Mourinho dan CEO Peter Kenyon di sebuah hotel di London.

Gara-gara pertemuan ilegal itu, Cole didenda 100 ribu poundsterling oleh FA. Chelsea sendiri harus merogoh kocek 5 juta pounds plus melepas William Gallas untuk mendapatkan tanda tangan mantan suami Cheryl Tweedy ini.

Baca halaman berikutnya -->

Luis Figo (Barcelona ke Real Madrid, 2000)

Tahun 2000 silam, Figo bikin kontroversi saat hengkang dari Barcelona ke rival abadi mereka, Madrid dengan transfer 60,1 juta euro, rekor transfer termahal dunia saat itu.

Momen paling menyeramkan saat Figo kembali ke Nou Camp dengan kostum Madrid untuk pertama kalinya. Fans Barca meneror Figo sepanjang pertandingan, membakar poster bintang asal Portugal itu hingga yang paling parah melemparkan kepala babi ke lapangan dari tribun.

Baca halaman berikutnya -->

Johan Cruyff (Ajax Amsterdam ke Feyenoord, 1983)

Di akhir musim 1982/83, Ajax tidak memberikan kontrak baru kepada Cruyff. Ia pun merespon hal tersebut dengan bergabung ke Feyenoord Rotterdam, klub rival Ajax.

Bersama Feyenoord, Cruyff berperan penting dalam keberhasilan meraih dobel gelar, juara Eredivisie dan Piala Belanda, di akhir musim. Gelar Eredivisie itu merupakan yang pertama kali dalam satu dekade.

Baca halaman berikutnya -->

William Gallas (Chelsea ke Arsenal, 2006)

Bek tangguh asal Prancis ini ditransfer ke Arsenal sebagai bagian dari pembelian Ashley Cole ke Chelsea tahun 2006 lalu. Setelah proses transfer itu rampung, pihak "The Blues" melempar isu Gallas mengancam bakal mencetak gol bunuh diri jika tidak dibiarkan hengkang.

Namun, pernyataan Chelsea itu dibantah dengan tegas oleh Gallas. Sebelum pergi ke Arsenal, Gallas sempat mengungkapkan ingin bermain di Serie A. Kala itu, Juventus dan AC Milan menyatakan minat untuk memboyong bek serbabisa itu.

Baca halaman berikutnya -->

John Obi Mikel (Lyn Oslo-Chelsea, 2006)

Bergabungnya Obi Mikel ke Chelsea sempat memicu kontroversi. Masalah muncul karena Manchester United lebih dulu mengumumkan telah resmi memboyong pemain asal Nigeria itu setahun sebelumnya.

Lucunya, Obi Mikel pun sempat menghilang dan saat kembali ia langsung sepakat bergabung dengan tim London Barat. Meski sukses merebut Mikel dari MU, Chelsea harus membayar kompensasi 12 juta pounds ke MU dan 4 juta pounds ke Lyn Oslo.

Baca halaman berikutnya -->

Roberto Baggio (Fiorentina ke Juventus, 1980)

Keributan terjadi di Florence begitu pemain dengan kuncir kuda itu dijual oleh Fiorentina ke Juventus. Akibatnya, banyak orang yang mengalami cedera akibat keributan tersebut. Baggio sendiri dibeli Juventus dengan mahar 13,6 juta euro, rekor transfer saat itu.

Saat Juventus bertemu Fiorentina, Baggio menolak untuk menendang penalti. Tidak cuma itu, ia pun mencium syal berwarna ungu, warna kebesaran Fiorentina sebagai bukti cintanya. Baggio juga mengklaim dia dipaksa untuk menerima proses kepindahannya ke Turin.

Baca halaman berikutnya -->

Carlos Tevez-Javier Mascherano (Corinthians, 2006)

Kejutan besar terjadi saat dua Tevez dan Mascherano malah bergabung dengan West Ham United. Padahal, banyak klub besar yang mengincar tanda tangan kedua pemain ini.

Kepindahan keduanya mencurigakan karena kualitas Tevez dan Mascherano terlalu bagus untuk tim penghuni zona degradasi macam West Ham.

Spekulasi yang beredar ada klub Liga Premier yang enggan merekrut kedua pemain ini karena adanya ketentuan yang ditetapkan pihak ketiga, dalam hal ini MSI dan Global Soccer Agencies.

Nikmati Beragam Sajian Khas Jepang di sini

Posted: 09 Jan 2015 04:21 AM PST

Tahun baru, resolusi baru. Jika salah satu resolusi tahun ini ingin menikmati lezatnya kuliner Jepang, kini tak perlu jauh-jauh bepergian ke negara yang dimaksud. Negeri ini memang sangat terkenal dengan berbagai makanan khas yang menarik dan unik.

Salah satu tempat yang menyajikan menu-menu khas Jepang itu adalah Yoshi Izakaya  restoran yang ada di Hotel Gran Melia Jakarta. Yoshi Izakaya merupakan restoran Jepang bernuansa Robatayaki dengan konsep bernuansa suasana tradisional Jepang. 

Memasuki tahun baru 2015 restoran ini mempersembahkan Robatayaki “Kushiyaki” Skewers dari tanggal 12 Januari hingga 8 Febuari 2015.

Kushiyaki merupakan daging panggang atau sate panggang khas Jepang dengan berbagai macam varian. Disajikan dengan cara Robatayaki dimana proses pemanggangan dilakukan langsung dan dikelilingi oleh para pelanggan. Disini, anda dapat memilih 7 jenis daging dari 20 varian Yoshi Robatayaki yang disajikan.

Terdapat 14 pilihan signature kushiyaki Yoshi Izakaya yang dapat dipilih, antara lain yakitori, yaitu ayam dengan daun bawang, tori kanawa, kulit ayam, gyu-fillet, daging khas dalam dengan potongan sayuran, atsuage dengaku, yaitu tahu goreng dengan miso, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, terdpat juga 6 varian special Kushiyaki. Anda dapat menikmati sajian ini hanya dengan Rp. 188,000++ per porsi yang terdiri dari 7 jenis varian kushiyaki.

Yoshi Izakaya merupakan restoran yang memiliki 2 teppanyaki counter, satu semi-private room dengan teppanyaki counter, serta dua semi-private room dengan tempat duduk tatami serta tersedia satu private room berkapasitas 12 orang. Area makan Yoshi mampu menampung 100 orang tamu, buka setiap hari pada jam makan siang pukul 11.30 sampai 15.00 dan jam makan malam pukul 18.00 hingga 23.00. 

Selain itu,  Yoshi menawarkan Saturday All You Can Eat pada jam makan siang dan malam serta Sunday Buffet pada jam makan siang. Setiap Sabtu, tamu dapat memilih hidangan utama dari menu sembari menikmati hidangan pembuka dan penutup yang tersedia secara prasmanan.

Mengasyikan bukan?

***Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Mengenal Lanud Iskandar, Posko Utama SAR AirAsia QZ8501

Posted: 09 Jan 2015 04:19 AM PST

Seminggu terakhir nama Pangkalan Udara (Lanud) Iskandar ramai diperbincangkan. Jumat (9/1/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ini Harapan Menkeu Terhadap Bos Baru Direktorat Pajak

Posted: 09 Jan 2015 04:15 AM PST

Kementerian Keuangan telah menyerahkan empat nama calon Direktorat Jendral Pajak ke Tim Penilai Akhir (TPA) yang langsung diketuai oleh Presiden RI Joko Widodo.

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengaku, pemilihan empat nama dari sebelumnya tujuh nama tersebut adalah yang terbaik dan sesuai dengan kompetensi yang dipenuhi untuk menjadi Dirjen Pajak. Namun begitu, Bambang mengaku memiliki harapan tersendiri bagi siapapun nantinya yang menjadi Dirjen Pajak.

"Dirjen Pajak yang saya harapkan itu pertama yang bisa bekerja sama dengan saya, jadi chemistry itu harus ada," kata Bambang di Gedung Dirjen Pajak, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Hal itu dinilai penting mengingat sektor pajak tahun 2015 akan lebih digenjot dengan ditargetkan penerimaan pajak di APBNP 2015 sekitar Rp 1.300 triliun dari sebelumnya di APBN 2015‎ hanya sekitar Rp 900 triliun.

Peningkatan penerimaan pajak tersebut diakui Bambang menjadi tantangan tersendiri yang harus ditepati pemerintahan Jokowi untuk meningkatkan pembiayaan negara dalam setiap tahunnya.

‎"Karena masalah besar mengejar itu tadi (target penerimaan), dan harus ada terobosan-terobosan luar biasa‎, kalau tidak itu akan sulit tercapai," tegasnya.

Meski yang bertanggung jawab langsung atas penerimaan pajak adalah Dirjen Pajak, namun dikatakan Bambang, Menteri Keuangan juga harus mengikuti dan memberikan berbagai masukan. (Yas/Gdn)

Masih Kurus, Fariz RM Kini Lebih Segar

Posted: 09 Jan 2015 04:15 AM PST

Baru dua hari dirawat di klinik rehabilitasi narkoba, kesehatan Fariz RM mulai menunjukkan tanda-tanda positif. Metode detoksivikasi terhadap musisi 56 tahun ini sepertinya berjalan baik. Wajah Fariz yang tadinya lesu, mulai tampak kembali segar.

"Kalau dilihat dari berat badan, beliau tipikal kurus tidak banyak perubahan bobot. Tapi dilihat dari wajah lebih segar," ujar kuasa hukum Fariz, Hendra Heriansyah di Panti Rehabilitasi Natura, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (9/1/2015).

Selama beberapa waktu ke depan, Fariz akan terus menjalani proses penyembuhan tubuh. Setelah itu, baru dokter akan memeriksa kondisi psikologis pelantun lagu Barcelona ini.

"Perkembangannya, kesehatan beliau masih dalam proses evaluasi dokter yang memeriksa. Dalam 1-2 hari ini tetap detoksivikasi. Diperiksa kesehatan urine yang dalam tahap pembersihan. Prosesnya relatif lebih baik," ungkapnya.

"Setelah itu psikologis diperiksa oleh psikolog. Ada tahapannya pertama fisik, kemudian medis lalu psikologis. Itu yang harus dilewati Fariz," jelas Hendra Heriansyah.

Fariz RM ditangkap Tim Satuan Narkoba Polres Jakarta Selatan di kediamannya di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Selasa (6/1/2015) pukul 02.00 WIB dini hari. Polisi mengamankan barang bukti berupa satu paket heroin, alat hisap sabu (bong), alumunium foil, dan korek api. Dari hasil pemeriksaan tes urine, Fariz RM terbukti positif ganja, sabu dan heroin.

Sebelumnya, Fariz RM pernah tertangkap narkoba pada 28 Oktober 2007 dengan barang bukti 1,5 linting ganja seberat 5. Fariz pun divonis delapan bulan penjara. (fei)

3 Poin Pengajuan PK Disepakati Pemerintah dan Lembaga Hukum

Posted: 09 Jan 2015 04:04 AM PST

Pemerintah dan Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, serta Komisi Pemberantasan Korupsi menyepakati 3 poin tentang tafsiran pengajuan permohonan Peninjauan Kembali (PK) sesuai putusan MK Nomor 34/PUU-XI/2013.

"Untuk menindaklanjuti perintah Presiden soal Grasi, PK, dan sebagainya. Kami rumuskan 3 poin. Hal ini dirumuskan karena Indonesia sudah darurat narkoba," ujar Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdijatno di Kantor Kemenkumham, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Menkumham Yassona H Laoly menyebutkan 3 poin yang disepakati tersebut. Pertama, bagi terpidana mati yang ditolak permohonan grasinya oleh presiden, eksekusi tetap dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kedua, menindaklanjuti putusan MK Nomor 34/PUU-XI/2013 tertanggal 6 Maret 2014, masih diperlukan peraturan pelaksanaan secepatnya tentang pengajuan permohonan PK, menyangkut pengertian novum, pembatasan waktu, dan tata cara pengajuan PK," jelas dia.

Ketiga, terpidana belum dapat mengajukan PK berikutnya sesuai dengan Undang-Undang sesuai ketentuan pelaksanaan pada poin 2.

"Sebelum ada ketentuan pelaksanaan pada poin 2, terpidana belum dapat mengajukan PK berikutnya sesuai dengan UU sebagaimana telah berubah dengan putusan MK Nomor 34/PUU-XI/2013 tertanggal 6 Maret 2014," kata Yasonna.

3 Poin yang sudah disahkan itu menegaskan, sudah tidak ada lagi perbedaan tafsir terkait PK. Artinya, para terpidana mati bisa mengajukan PK sepanjang mereka belum mengajukan grasi. Tapi, jika sudah mengajukan grasi dan ditolak, tidak bisa lagi mengajukan PK dan akan langsung dieksekusi mati.

Pada putusan MK Nomor 34/PUU-XI/2013 tertanggal 6 Maret 2014, mengabulkan permohonan mantan ketua KPK Antasari Azhar beserta istri dan anaknya, yang membatasi pengajuan PK hanya satu kali pada Pasal 268 ayat (3) UU No 8 tahun 1981 tentang hukum acara pidana (KUHAP).

Dengan putusan ini maka terpidana berhak mengajukan PK berkali-kali sepanjang memenuhi syarat yang ditentukan Pasal 268 ayat 2.

Ada 6 nama yang dijadwalkan dieksekusi mati hingga akhir Desember 2014. Namun, beberapa terpidana mati harus dipenuhi hak hukumnya karena kembali mengajukan PK dan masih ada beberapa berkas yang belum terpenuhi. (Mvi/Yus)