Kamis, 17 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Pengecilan Mulut Tangki Bikin Biaya Produksi Mobil Murah Naik

Posted: 17 Apr 2014 04:22 AM PDT

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia  (GAIKINDO) mengakui pengecilan mulut tangki bahan bakar pada mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) bakal mendongkrak biaya produksi.

Namun, Ketua Umum GAIKINDO, Sudirman MR berjanji produsen tidak akan menaikkan harga jual mobil murah karena kecilnya kenaikan biaya produksi.

"Biaya produksi naik, tapi kecillah," kata Sudirman usai menghadiri pertemuan yang membahas program pengecilan mulut tangki LCGC di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Sudirman menuturkan pengecilan mulut tangki hanya akan dilakukan pada produksi mobil murah terbaru, sedangkan untuk mobil murah yang berlanjur beredar akan disesuaikan jika payung hukummnya sudah ada.

"Nanti kementerian perindustrian mengeluarkannya kami ikut. Itu harus sesuai dengan nozzle yang dikeluarkan Pertamina. Nanti kalau Surat Keputusan sudah keluar semua merek kan harus mengikuti," ungkap Sudirman.

Pengecilan mulu tangki pada LCGC merupakan siasat agar pengguna LCGC tidak menggunakan BBM bersubsidi. Pasalnya, mulut tangki LCGC akan lebih kecil dari nozzle pengisian BBM bersubsidi sehingga menyulitkan untuk mengisi BBM bersubsdi.

"Yang lebih banyak kita bicarakan barusan adalah bahan bakar subsidi untuk LCGC, LCGC in line pipe-nya sudah kecil. Bu Karen (Direktur Utama Pertamina) juga bilang pertamina nozzle nya juga kecil," pungkasnya.

Menkokesra Minta Pemerintah Audit Sistem Keamanan JIS

Posted: 17 Apr 2014 04:21 AM PDT

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono menilai pemerintah perlu mengaudit sistem keamanan Jakarta International School (JIS) menyusul kasus kekerasan seksual terhadap salah seorang murid berinisial AK (6).

"Kami sudah meminta Menteri Pendidikan Muhammad Nuh agar menetapkan standar yang jelas dalam mengamankan anak didik," kata Agung Laksono di Jakarta, seperti dikutip dari Antara Kamis (17/4/2014).

Dia menyesalkan sekolah dengan level seperti JIS tidak memberikan pendampingan anak TK ke toilet atau kamar kecil.

"Dengan adanya standar yang jelas, murid yang terlalu lama izin keluar untuk ke toilet dapat dipantau," katanya.

Standar tersebut juga berlaku untuk seluruh sekolah lainnya guna menghindari aksi kekerasan pelecehan seksual.

Agung Laksono mengharapkan peristiwa ini tidak terulang lagi dan mengimbau masyarakat, orang tua murid bersama jajaran pengajar agar mencegah tindak kekerasan di lingkungan sekolah.

"Bila melihat atau menemukan kecurigaan terjadi kekerasan seksual pada anak untuk tidak takut melapor ke aparat keamanan," katanya.

Dia meminta aparat kepolisian segera memproses pelaku yang sudah tertangkap sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Pelaku harus dihukum berat agar menimbulkan efek jera," katanya.

Agung Laksono mengaku sangat prihatin dan mengutuk keras kasus tersebut. "Kekerasan seksual terhadap anak ternyata sudah berulang kali terjadi di sekolah," katanya.

Hatsune Miku Siap Buka Aksi Lady Gaga

Posted: 17 Apr 2014 04:20 AM PDT

Sosok Hatsune Miku yang menjadi salah satu perangkat lunak sekaligus ikon karakter program suara vocaloid, belakangan ini menarik minat Lady Gaga dengan memasukkan bintang pop virtual itu ke dalam konsernya.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Gaga melalui akun Twitter resminya. Ia mengetik dengan bersemangat, "Bintang pop digital kesukaan saya Hatsune Miku menjadi pembuka Artpop Ball dari 6 Mei hingga 3 Juni 2014! Lihatlah bagaimana imutnya dia!"

Lady Gaga juga memasang salah satu video konser Hatsune Miku bertajuk '[Hatsune Miku] World is Mine / ryo (supercell)' yang diambil langsung dari situs YouTube dengan durasi kurang dari tiga menit.

Dilansir dari Anime News Network, Hatsune Miku bakal mengelilingi Amerika Serikat demi menemani aksi Lady Gaga sebanyak 16 kali sesuai jadwal yang telah diinformasikan.

Pada Maret 2014 lalu, Lady Gaga juga sempat mengejutkan fans musik K-Pop dengan mengajak grup Crayon Pop untuk bergabung dalam Artpop Tour sejak 26 Juni hingga 22 Juli 2014.

Dalam waktu dekat, para pecinta Vocaloid dan Hatsune Miku di Indonesia bakal dimanjakan dengan hadirnya pameran Hatsune Miku yang akan digelar pada 28-29 Mei 2014 di Jakarta Convention Center Cendrawasih Room.

Sedikit penjelasan, Vocaloid merupakan sebuah program synthesizer untuk bernyanyi yang rancangannya digarap dengan teknologi komputer. Program tersebut sempat menjadi tren di Jepang beberapa waktu lalu.

Hatsune Miku sendiri adalah salah satu perangkat lunak untuk program Vocaloid suara wanita yang dibuat oleh Crypton Future Media pada 31 Agustus 2007. Hatsune Miku memiliki makna dalam bahasa Jepang yang berarti pertama (hatsu), suara (ne), dan masa depan (miku/mirai). Sehingga jika diterjemahkan bisa berarti 'suara pertama dari masa depan'.

Revisi Aturan Uang Elektronik, BI Dorong Kirim Uang via Ponsel

Posted: 17 Apr 2014 04:19 AM PDT

Perkembangan teknologi seluler di Indonesia kini memungkinkan untuk berkirim uang dari ponsel. Era uang elektronik (e-money) akan menggantikan uang tunai yang bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat sampai ke pelosok daerah. 
 
Kepala Departemen Kebijakan dan Pengawsan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi mengumumkan bahwa Bank Sentral telah merevisi aturan baru No 16/8/PBI/2014 tentang Perubahan Uang Elektronik dari PBI No 11/12/PBI/2009. Aturan ini mulai berlaku sejak 8 April 2014. 
 
"Uang elektronik ini digunakan untuk variasi pembayaran, seperti tol, busway, dan lainnya. Juga melalui berbagai media, ada yang pakai kartu, ponsel dan gelang e-money," ujar dia saat diskusi Bincang-bincang Media (BBM) Uang Elektronik di kantornya, Jakarta, Kamis (17/4/2014). 
 
Rosmaya mengaku, BI menggenjot penggunaan uang elektronik melalu ponsel. Pasalnya, penetrasi ponsel telah menjangkau seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari kalangan atas sampai ke bawah.    
 
"Kan banyak orang sudah punya ponsel. Jadi uang elektronik bisa mendorong program less cash society dan financial inclusion, sebab kalau bank mau bangun ATM juga nggak efisien makanya sangat didorong uang elektronik ini, jelasnya. 
 
Dari catatannya, beberapa perusahaan telekomunikasi telah menawarkan layanan e-money yang menggunakan nomor ponsel seperti nomor rekening.
 
Sebagai contoh PT Telekomunikasi Seluler Tbk dengan layanan T-Cash, PT XL Axiata dengan XL Tunai, dan sebagainya. 
 
Menurut dia, uang elektronik terdiri dari dua macam, yakni un register (tidak terdaftar) dan register. Uang elektronik untuk register tak perlu mendaftarkan identitas pengguna. 
 
"Tapi risikonya kalau kartunya hilang ya sudah, nggak bisa diblokir. Beda sama yang register lebih ribet tapi aman karena kalau hilang, bisa diblokir. Jika pakai ponsel sudah pasti teregister," papar Rosmaya. 
 
Dia menyebut, saldo pengisian uang elektronik baik menggunakan kartu, ponsel, maupun gelang e-money dari minimum Rp 1 juta sampai maksimum Rp 5 juta. Sementara yang un register paling banyak Rp 1 juta.

[FOTO] Tak Kunjung Menyerahkan Data Kampanye Anas Dipanggil KPK

Posted: 17 Apr 2014 04:19 AM PDT

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum kembali diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (Liputan6.com/Faisal R. Syam)

Chelsea Dikabarkan Gaet Bintang Muda Kroasia

Posted: 17 Apr 2014 04:17 AM PDT

Chelsea dikabarkan telah mendapatkan bintang muda Kroasia, Mario Pasalic. Menurut perwakilan resmi dari pemain berusia 19 tahun tersebut, The Blues telah menyepakati perjanjian dengan klub pemilik Pasalic, Hajduk Split.

Ivica Loncar selaku agen Pasalic mengatakan, kliennya juga telah sepakat dengan Chelsea. "Mario ingin tinggal di Hajduk untuk selama mungkin, tetapi kontrak telah ditandatangani dan kita harus menghormati keinginan klub," kata Loncar kepada majalah 24sata.

"Mario akan berada di London sekitar akhir Mei mendatang untuk melakukan tes medis dan kemudian kita akan tahu lebih lanjut mengenai masa depannya," sambungnya.

Pasalic merupakan salah satu pemain berbakat yang kini banyak diincar klub besar Eropa, khususnya musim ini. Meski beroperasi sebagai gelandang tengah, namun Pasalic telah membuat 11 gol dan 5 assist dari 25 penampilannya di semua kompetisi.

Oleh karena itu tidak heran jika ia tertangkap radar klub-klub besar Eropa seperti dari Italia, Spanyol dan Jerman. Kendati demikian, Pasalic sepertinya menjatuhkan pilihannya kepada Chelsea agar dapat dilatih Jose Mourinho.

[FOTO] Joe 'P Project' Makin Eksis di Film Komedi

Posted: 17 Apr 2014 04:12 AM PDT

Ditemui di Ex Plaza, Jakarta, Rabu (16/4/14), Joe 'P Project' berbagi cerita tentang film terbarunya. (Liputan6.com/Panji Diksana)

[VIDEO] Jokowi Lihat Bandros Saat Temui Walikota Bandung

Posted: 17 Apr 2014 04:11 AM PDT

Kedatangan Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi di Kota Bandung, Jawa Barat, langsung disambut oleh Walikota Ridwan Kamil.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Kamis (17/4/2014), Jokowi sempat diajak oleh Ridwan Kamil untuk melihat Bandung Tour on The Bus (Bandros).

Bandros adalah bus wisata milik kota Bandung yang akan segera dioperasionalkan secara gratis. Keduanya kemudian terlibat perbincangan di ruang kerja walikota.

Usai pertemuan, Jokowi menyatakan, pertemuan hanya sebatas silaturahmi saja tidak membicarakan soal politik. Jokowi dan Ridwan mewacanakan kerjasama tentang Bandung Teknopolis, salah satu program pemerintah kota Bandung yang melibatkan DKI Jakarta dalam pelaksanaannya.

Setelah menyambangi Ridwan Kamil, Jokowi langsung bertolak ke Institut Tekhnologi Bandung (ITB) untuk menghadiri penandatanganan kesepakatan mengenai Smart City.

2 Film Penguras Air Mata Ini Siap Tayang di 2014

Posted: 17 Apr 2014 04:10 AM PDT

Aktris remaja Chloe Moretz kembali menyapa penggemarnya melalui drama remaja berjudul 'If I Stay'. Diadaptasi dari novel garapan Shauna Cross, film karya sutradara  R.J. Cutler ini akan menyoroti kisah cinta antara pemain cello Mia Hall (Chloe Moretz) dengan seorang anak punk bernama Adam (Jamie Blackley).

Diceritakan, belum lama memadu kasih, Mia dan keluarga mengalami kecelakaan mobil yang membuatnya koma. Ajaibnya, hampir mirip dengan film 'Ghost' atau 'The Lovely Bones' (tanpa kematian), arwah Mia gentayangan dan menyaksikan kerabat serta sang kekasih, Adam yang begitu terpukul serta mengharapkan dia untuk kembali. Dari sana, Mia akan dihadapkan pada dua pilihan, pulang, atau kembali ke pelukan Adam.

http://1.cdn.production.liputan6.com/medias/665308/big/fault-in-our-stars.jpg

Kalau menyimak trailer yang baru saja dirilis pada 16 April 2014 kemarin, suasana sendu yang dihadirkan 'If I Stay' boleh dibilang sedikit mirip dengan film 'The Fault in Our Stars' yang dibintangi oleh Shailene Woodley.

Apalagi dengan jadwal rilis yang hanya terpaut dua bulan yakni If I Stay pada 22 Agustus 2014 dan The Fault in Our Stars pada 6 Juni 2014, dua adaptasi novel itu banyak dijadikan kompetisi tersendiri di kalangan penggemar novel remaja. Bak 'The Twilight Saga', keduanya juga sama-sama memiliki basis fans yang sangat besar.

The Fault in Our Stars bercerita tentang Hazel Grace Lancaster (Shailene Woodley), remaja wanita penderita kanker yang jatuh cinta pada seorang lelaki muda bernama Augustus Waters (Ansel Elgort). Diangkat dari novel karya John Green, film yang disutradarai oleh Josh Boone itu pun digadang-gadang menjadi film remaja yang paling ditunggu di tahun 2014.

Trailer pertamanya, yang dirilis di YouTube sejak 29 Januari 2014, bahkan sudah disaksikan 15,4 juta penonton.

Pertamina Gelar Roadshow Promosikan Pertamax ke 5 Kota

Posted: 17 Apr 2014 04:09 AM PDT

Dalam rangka mempromosikan penggunaan pertamax sebagai bahan bakar kendaraan bermotor, PT Pertamina (Persero) meluncurkan program Jalan Pertamaxku Bersama Carnavaro. Program ini dilaksanakan pada 19 April sampai 19 Juni 2014.

Perseroan mengungkapkan, Jalan Pertamaxku Bersama Cannavaro sejalan dengan akan datangnya perhelatan akbar piala dunia yang akan berlangsung  di Brazil.

Commercial Retail Fuel Marketing Manager Waljiyanto, mengatakan pemilihan Fabio Cannavaro sebagai maskot dikarenakan posisinya yang berpengaruh sebagai legenda sepak bola Italia. Juga sebagai duta piala dunia brazil 2014.

"Canavaro menginspirasi kami, kegiatan kami. Sementara kami rencanakan roadshow di lima kota seperti Jakarta, Bandung, Makassar, dan Medan," ujar dia di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Ia menjelaskan  program tersebut disusun sejak akhir tahun 2013. Terangnya, program ini diadakan sebagai apreasi perseroan terhadap para pengguna pertamax yang terus meningkat.

Terang dia penggunaan pertamax meningkat sebanyak 30 persen dibanding  triwulan pertama tahun  2013.

Sebagai informasi, program ini  berupa undian terbuka terhadap pembeli pertamax dengan hadiah nonton piala dunia bersama Cannavaro.

Di sisi lain, Waljiyanto mengaku tak khawatir pertamax tidak laku karena kalah bersaing dengan produk lain. "Persaingan nggak. Lebih pede lebih siap. Yang penting layananan dan kualitas produk," pungkasnya.