Rabu, 23 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Balita Berpenyakit Jantung Bawaan akan Dioperasi di Korsel

Posted: 23 Apr 2014 05:00 AM PDT

Balita Indonesia yang memiliki penyakit jantung bawaan tak sedikit jumlahnya. Kondisi tersebut tentu membuat balita tersebut harus menjalani operasi. Salah satu organisasi Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan tergerak hatinya untuk membantu anak-anak Indonesia untuk menjalani operasi gratis di rumah sakit rujukan Banten.

Tahun ini Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan membantu 18 negara. Seperti Fillipina, Thailand, Kamboja, Mongolia, dan Indonesia. Khusus Indonesia, mereka memilih Banten.
 
"Dari 2009 kami sudah kerjasama untuk balita penyandang penyakit jantung bawaan", kata Kim Dong Kee ketua tim Incheon Metropolitan City Advisor for Internattional Affairs Korea Selatan dalam Bahasa Indonesia yang terbata-bata, Rabu (23/4/2014)

Sebanyak 40 balita penderita penyakit jantung bawaan yang berasal dari lima Kabupaten dan Kota di Banten selain Tangerang yang telah terdaftar di masing-masing Dinas Kesahatan (Dinkes) akan mendapatkan perawatan dan pemeriksaan di Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan dengan didampingi dokter jantung RSUD Banten.

"Ke depan, Dinas Kesehatan Provinsi Banten akan bentuk tim ke daerah-daerah untuk mendata balita yang memiliki penyakit jantung bawaan," kata Dokter Drajat yang juga Bertugas di Dinas Kesehatan Banten tersebut.

Dokter Drajat menambahkan, setiap tahunnya Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan hanya sanggup melakukan Operasi kepada enam balita dengan penyakit jantung bawaan.

LG Tertarik Terjun ke Pasar Tablet Dunia

Posted: 23 Apr 2014 05:00 AM PDT

Pasar komputer tablet masih menjadi salah satu primadona di industri gadget dunia. Di Indonesia, perangkat tablet masih menjadi incaran kalangan profesional ataupun orang yang memiliki mobilitas tinggi.

LG Electronics mengaku tertarik untuk masuk ke pasar tablet dunia. Di kantor pusatnya yang berada di Korea Selatan perusahaan pembuat elektronik itu mengklaim sedang mengembangkan produk yang akan meramaikan pasar tablet.

"Kita tertarik untuk ikut masuk ke pasar komputer tablet. Saat ini LG di kantor pusat sedang mengembangkan perangkat tablet," ungkap Adinda Nesvia, Head of Product Marketing LG Electronics Indonesia.

Adinda sendiri mengaku masih belum bisa memastikan waktu pasti produk tablet pertama LG itu akan meluncur secara resmi. Meski begitu, dirinya berharap agar Indonesia bisa kebagian tablet LG tak lama setelah produk itu diluncurkan resmi oleh kantor pusatnya.

"Kami harapkan produk tablet LG bisa segera diluncurkan secara resmi. Mudah-mudahan Indonesia bisa segera kebagian tablet itu tak lama setelah diluncurkan secara resmi," tandas Adinda di Blitzmegaplex Grand Indonesia, Jakarta.

Sementara ini, LG baru menjadi salah satu pemain besar di pasar smartphone dunia. Perusahaan berjargon itu 'Life Good' itu baru menjajaki masuk ke pasar wearable device dengan meluncurkan LG G Watch yang ditenagai Android Wear.

Bareng Anak Band, Donita Deg-degan

Posted: 23 Apr 2014 05:00 AM PDT

Donita mencoba mengepakan kembali sayapnya di dunia tarik suara. Setelah sebelumnya pernah menorehkan beberapa single seperti, Bukan Cinta Sempurna dan Bukan Seperti Dirimu, kini kekasih presenter Adi Nugroho itu keluarkan single terbarunya berjudul Hilang. Dalam single ini, Donita duet dengan band garapan Maia Estianty, Eden.

"Pengalaman baru buat aku nyanyi dengan konsep band. Ini lebih deg-degan, karena harus kerjasama," kata Donita bersama Band Eden di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/4/2014).



Menurut Donita, tak mudah bernyanyi dengan konsep sebuah band. Bintang sinetron Cinta Fitri itu harus menyesuaikan diri dengan bandnya, agar tak ada perbedaan antara mereka.

"Kalau nyanyi sendiri itu bagus dan jelek beban sendiri. Kalau band, harus bagus rame-rame, nggak sendiri-sendiri," ujarnya.

Kerja sama dengan sebuah band, membuat Donita merasa tertantang. Untuk itu dirinya lebih senang bernyanyi bersama sebuah band ketimbang, benyanyi sendiri di atas panggung.

"Enak band, karena rame. Deg-degannya rame-rame, karena ada temannya. Butuh jam terbang," katanya.

Perawatan Kulit Pria Masih Didominasi Kalangan Atas

Posted: 23 Apr 2014 05:00 AM PDT

Dari kurun waktu 2012-2013 Nielsen telah melakukan survei terhadap 7.300 sampel rumah tangga di Indonesia dengan komposisi 98 persen di perkotaan dan 40 persen di pedesaan.

Survei yang bertajuk 'Mengamati Pertumbuhan Pasar Produk Perawatan Pria' tersebut berhasil mengungkapkan bahwa pria dari kalangan atas lebih peduli dengan perawatan diri. 

Hal tersebut terbukti lewat semakin meningkatnya pembelian produk perawatan pria yang dibeli oleh konsumen dari kalangan atas. Menurut data tercatat sebanyak 49 persen pembeli berasal dari konsumen kelas atas, 36,9 persen dari konsumen kelas atas menengah dan 14,1 persen dari kelas bawah, seperti yang dipaparkan Nielsen kepada media, Rabu (23/4/2014), di Mayapada Tower lantai 17, Sudirman, Jakarta.

Pertumbuhan produk perawatan pria tersebut terutama datang dari kota-kota besar, dimana Semarang mencatat pertumbuhan tertinggi dengan lebih dari 48 persen, disusul oleh Surabaya dengan lebih dari 44 persen, Makassar dengan lebih dari 27 persen dan Yogyakarta dengan lebih dari 22 persen.

Sedangkan dua kota besar lainnya yaitu Jakarta dan Bandung sendiri sama-sama mencatat pertumbuhan lebih dari 20 persen, sementara Medan tercatat sebagai kota dengan pertumbuhan pangsa produk perawatan pria terendah dengan lebih dari 7 persen.

Lebih lanjut, pangsa pasar produk perawatan pria (male grooming) telah bertumbuh dengan signifikan selama kurun waktu satu tahun terakhir. Dengan tingkat pertumbuhan mencapai 23 persen dan bernilai sebesar Rp 3 Triliun. Hal tersebut menjadikan pangsa pasar produk perawatan pria ini setara dengan 20 persen dari total pangsa pasar produk perawatan diri seperti data yang diperoleh Nielsen ketika melakukan survei konsumen di perkotaan Indonesia selama tahun 2013.

Elnusa Kantongi Untung Rp 54 Miliar

Posted: 23 Apr 2014 04:53 AM PDT

PT Elnusa Tbk (ELSA) membukukan laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 56,05% menjadi Rp 54,16 miliar hingga kuartal I 2014 dari periode sama tahun lalu Rp 34,70 miliar.

Kenaikan laba itu sayang tidak didukung dari pendapatan. Perseroan mencatatkan penurunan pendapatan menjadi Rp 918,29 miliar pada kuartal I 2014. Pendapatan perseroan turun 12,24% dari realisasi kuartal I 2013 sebesar Rp 1,04 triliun.

Mengutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/4/2014), beban pokok pendapatan naik menjadi Rp 770,51 miliar pada kuartal I 2014. Sehingga laba kotor perseroan naik 9% menjadi Rp 147,78 miliar.

Laba usaha perseroan naik 41% menjadi Rp 101,40 miliar hingga kuartal I 2014 dari periode sama tahun lalu sebesar Rp 71,66 miliar. Hal itu karena penurunan persentase beban pokok pendapatan sebesar 15%.

"Pencapaian kuartal pertama 2014 ini menunjukkan Elnusa masih on track dalam menjaga performa bisnisnya terutama bisnis inti di jasa hulu migas. Drilling and Oilfield Services yang merupakan salah satu tulang punggung Elnusa tetap mendominasi kontribusi pendapatan usaha dan laba," ujar Fajriyah Usman, Sekretaris Perusahaan PT Elnusa Tbk.

Sementara itu, perseroan dapat mengurangi beban umum dan administrasi menjadi Rp 45,87 miliar hingga kuartal I 2014. Beban keuangan turun menjadi Rp 12,26 miliar pada kuartal I 2014. Lalu penghasilan bunga perseroan naik menjadi Rp 7,99 miliar hingga kuartal I 2014.

Dengan melihat kinerja itu, laba bersih per saham naik menjadi 7,4 pada kuartal I 2014 dari posisi sama tahun sebelumnya 4,8. Total liabilitas perseroan turun menjadi Rp 1,93 triliun pada 31 Maret 2014 dari posisi 31 Maret 2013 senilai Rp 2,08 triliun.

Perseroan mengantongi kas sekitar Rp 1,24 triliun pada 31 Maret 2014. Fajriyah mengatakan, hutang modal kerja telah dilunasi seluruhnya pada 2013 sehingga hutang bank saat ini tercatat sebesar Rp 540 miliar. Angka ini turun 37% dari periode sama tahun lalu.

Fida D Academy Adu Panco di Hari Kartini

Posted: 23 Apr 2014 04:50 AM PDT

Alfinatul Mufidah atau Fida D'Academy bercerita kepada wartawan perihal dirinya yang ikut adu panco. Adu panco dilakukan dalam rangka perayaan hari Kartini, dua hari yang lalu di kampusnya, Surabaya, Jawa Timur.

Dihubungi via BlackBerry Messenger, Rabu (23/4/2014), Fida menceritakan adu panco tersebut mengingatkan tentang emansipasi wanita. "Perempuan juga kan kuat," terang dara asal Gresik, Jawa Timur.

Adu kekuatan tangan tersebut memang menjadi salah satu bagian dari kegiatan yang diadakan di salah satu universitas Surabaya. "Acaranya sih adu panco sesama dosen perempuan. Dan Fida dua kali adu panco sama istri bapak rektor, karena nggak ada yang menang dan kalah," sambung finalis D'Academy yang telah sepuluh kali menjuarai ratu sehari pada acara D'Terong Show Indosiar.

Karena sudah sepuluh kali memenangi ajang raja dan ratu sehari D'Terong, mengharuskan Fida terganti oleh ratu yang baru. Hal itu membuat Fida harus kembali menjalani kegiatan sebagai mahasiswi. "Fida terasa asing mas, kaya mahasiswa baru," ungkap Fida yang memang kurang lebih tiga bulan mengambil cuti demi ajang pencarian bakat Dangdut Indonesia, Indosiar.

Pada kesempatan kali ini, Fida mengajak para wanita Indonesia agar tetap ingat akan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang telah mengangkat derajat para wanita. "Dengan adanya hari Kartini, kita mampu memotivasi para wanita zaman sekarang mas. Agar emansipaai wanita tidak menyimpang menjadi penindasan terhadap perempuan," harap Fida.

[FOTO] KPUD Jakarta Gelar Rapat Pleno Penghitungan Suara

Posted: 23 Apr 2014 04:45 AM PDT

KPUD Provinsi DKI Jakarta menggelar rapat pleno penghitungan suara tingkat provinsi, Rabu (23/4/14). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Ini Spesifikasi Kapal Elpiji Terbesar di Dunia Milik Pertamina

Posted: 23 Apr 2014 04:42 AM PDT

PT Pertamina (Persero) telah memiliki dua kapal pengangkut bahan baku elpiji terbesar di dunia dengan kapasitas angkut 84 meter kubik, bagaimana spesifikasi kapal terbesar di dunia tersebut?

Menurut data Pertamina, kapal yang dibangun di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. Ltd, Ulsan, Korea Selatan, ini memiliki panjang atau Length Over All (LOA) tercatat 226 meter dan kedalaman (depth) mencapai 22,30 meter.

Lebar (Breadth) kapal yang dibangun selama dua tahun ini mencapai 36,60 meter dengan draught 11,40 meter.

Kapal yang rencananya akan berangkat ke Indonesia pada 14 Mei 2014 ini bermesin Hyundai–B&W 6S60MC-C8.2, 13,800 KW x 105 Rpm dan memiliki kecepatan 16.75 Knots.

Owner Representative SSPC (PCI) Pertamina's Newbuilding Projects LPG Tangker Projects I Gusti Ngurah H. mengatakan kapal ini bisa mengangkut bahan baku elpiji yaitu propan dan butan secara terpisah.

Di kapal ini, bahan baku tersebut juga bisa disatukan dan disalurkan ke kapal-kapal tanker yang lebih kecil. "Ini tergantung dari kondisinya jadi kalau mau diolah di atas kapal bisa, ini masih dipisah propan dan butan," jelasnya.

Kosim, Kapten Kapal Pertamina Gas 2, mengatakan kapal ini sudah dilengkapi dengan perangkat canggih. Kapal ini memiliki kemudi otomatis (autopilot) seperti yang digunakan oleh pesawat dan masih jarang digunakan kapal lain. "Navigasi terintegrated, bisa autopilot. Kita swich jalan sendiri, jarang bisa seperti itu," tutur Kosim.

Kapal ini juga dilengkapi dengan perangkat keamanan dan Black Box perekam keadaan kapal selama 12 jam. "Kalau di pesawat black box kalau di kapal data recording 12 jam ke belakang ter-record semua data," pungkasnya.

Bos Perusahaan Jajal Sekolah Kejuruan di Kabukicho High School

Posted: 23 Apr 2014 04:40 AM PDT

Ide para sineas Jepang untuk membuat film spektakuler tak hanya menuangkannya sebatas ke dalam adegan baku hantam maupun baku tembak. Namun, ada juga yang mampu mencampuradukkan antara ketegangan, humor, drama, asmara, kekerasan, seksual, hingga baku hantam, sekaligus baku tembak dalam Kabukicho High School.

Melihat dari trailer yang sudah diunggah, film Kabukicho High School memiliki nuansa menggelegar dalam hal ekspresi para pemainnya. Kekerasan, humor, serta seksualitas yang disajikan pun bisa dibuat beriringan meski pada akhirnya ketahuan bahwa film ini memiliki drama yang cukup serius.

Kisah film ini mengangkat karakter bernama Ken Haine (Shun Shioya), presiden perusahaan properti yang dikenal sebagai "Raja Kabukicho". Ia lalu merasa sakit dan lelah dalam menghasilkan uang hingga membuatnya ingin ke sekolah untuk mencari hal-hal yang bisa menggairahkannya lagi.

Manager Umum di perusahaannya yang bernama Masamune Kiku mencari sekolah kejuruan yang berlokasi di pusat area Kabukicho. Ken secara ilegal mendaftarkan diri di tempat itu. Sekolah barunya itu ternyata memiliki banyak sekali orang yang tidak biasa, termasuk pegulat profesional dan siswa berorientasi gay.

Diketahui, film arahan sutradara Shinichi Karube ini merupakan adaptasi manga bertajuk Teijisei Kabukicho Koukou karya Masahide Motohashi yang pertama kali dimunculkan pada Juli 1996 melalui penerbit Bunkasha.

Selain Shun Shioya, terdapat juga beberapa bintang ternama lain seperti Ainosuke Kataoka, Taro Kawano, Nagisa Oshima, Asami Kumakiri, Yasuko Tsuji, dan Shinichi Chiba. Kabukicho High School direncanakan tayang perdana di Jepang pada 3 Mei 2014.

Berikut Sejumlah Artis Menuju Senayan

Posted: 23 Apr 2014 04:35 AM PDT

dipastikan ada sejumlah artis tenar kembali akan mengisi bangku DPR RI selama 5 tahun ke depan.