Selasa, 29 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Pazzini Ingin Akhiri "Kutukan" di Derby Milan

Posted: 29 Apr 2014 05:03 AM PDT

Striker AC Milan Giampaolo Pazzini sudah tak sabar melakoni derby Milan akhir pekan ini. Pemain 29 tahun itu ingin mengakhiri kutukan ia tak pernah mencetak gol pada laga tersebut.

Milan akan menjamu Inter Milan pada lanjutan pertandingan Liga Serie A Italia di San Siro, akhir pekan ini. Laga ini selalu berlangsung sengit.

"Kami ingin memenangkan derby bagi kami dan fans," kata Pazzini kepada Milan Channel. "Ini adalah pekan yang penting, karena kami baru kalah di Roma. Jadi, kami harus mempersiapkan diri sebaik mungkin."

"Derby pertandingan spesial dan saya ingin tampil bagus sebagai mantan pemain Inter. Saya tidak pernah mencetak gol di derby, jadi bagus jika saya bisa mengakhiri paceklik tersebut."

Selain gengsi, kedua tim juga wajib menang untuk memperbesar peluang meraih tiket Liga Europa. Inter saat ini berada di posisi lima dengan 57 poin. Sementara Milan di posisi 10 dengan 51 angka.

"Kami juga ingin memberikan sukacita kemenangan untuk fans dengan hasil yang bagus dalam derby, terutama setelah tahun yang sulit ini. Derby ini bisa menjadi kesempatan untuk memberi kepuasan kepada kami, fans dan klub," ucap Pazzini.

Modisnya Gaya Busana Amal Alamuddin, Tunangan George Clooney

Posted: 29 Apr 2014 05:02 AM PDT

Nama Amal Alamuddin tiba-tiba merebak di kalangan media hiburan, pecinta mode, selebriti, dan oh tentu saja masyarakat dunia sejak munculnya berita pertunangannya dengan aktor lajang terfavorit, George Clooney.

Akhir pekan lalu, nama Amal Alamuddin tiba-tiba menjadi bahan bacaan bagi para pembaca berita hiburan ketika media santer memberitakan pertunangannya. Clooney yang beberapa kali tertangkap kamera tengah bersama Alamuddin masih belum mengonfirmasikan apapun.

Meski demikian, tiga narasumber sudah memastikan kebenaran pertunangan ini: kedua orang tua Clooney serta kantor tempat Alamuddin bekerja: Doughty Street Chambers.

Alamuddin, diketahui berprofesi sebagai pengacara khusus Hak Asasi Manusia terutama untuk masyarakat Syria. Keduanya diketahui pertama kali bertemu saat Clooney melakukan riset untuk filmnya yang berjudul Syria.

Hollywoodlife memaparkan bahwa pertemuan Clooney dengan Alamuddin baru kembali terjalin saat pemutaran film The Monument Men di Gedung Putih. Keduanya merupakan undangan khusus acara tersebut, ditambah dengan kedua orang tua Clooney; Nina dan Nick Clooney.

Bukan hanya kecantikan alaminya yang memesona Clooney. Para kritikus mode pun beraksi memberikan pendapatnya mengenai tunangan aktor ini, terutama mengenai gaya busananya yang dianggap bukan hanya modis namun juga mencerminkan gayanya tersendiri. 

Media-media di Amrik bahkan dengan kritis menuliskan bahwa pacar Clooney kali ini bukan hanya cantik dan modis tetapi juga jauh lebih cerdas!

Dalam sejumlah kesempatan dimana Alamuddin tertangkap kamera paparazi, ia selalu terlihat tampil anggun denngan gaya busana yang tidak berlebihan.

Dalam beberapa acara makan malam, Alamuddin lebih suka mengenakan gaun berwarna cerah ketimbang warna klasik seperti hitam atau putih. Pilihannya seringkali jatuh pada warna pink atau peach tanpa aksen.

Foto terbarunya setelah makan malam dengan Clooney bahkan menampilkan ia mengenakan gaun berwarna merah yang dilapisi dengan mantel flanel berwarna abu-abu.

Bahkan dalam keadaan santai pun, pengacara ini tetap terlihat modis. Seperti saat ia mengenakan terusan hitam dengan legging berpola yang dipadu dengan sepatu knee boots dan tas Balenciaga Le Dix. Gayanya menegaskan kenyamanannya dalam berbusana.

Dalam liburannya ke Afrika bersama Clooney bulan Maret lalu, lulusan Oxford University dan New York University School of Law ini terlihat santai mengenakan terusan katun berpola yang dipadu dengan kalung sederhana ala remaja.

Sejauh ini, pilihan busana Alamuddin hampir sama seperti kate Middleton yang lebih senang mengenakan label street ketimbang perancang terkenal ataupun adibusana. Namun meski Alamuddin bukanlah anggota keluarga kerajaan seperti Kate Middleton, tampaknya ia akan segera menjadi trendsetter baru bagi para pecinta mode.

El-Nino dan Kenaikan Tarif Listrik Pengaruhi Inflasi Jatim

Posted: 29 Apr 2014 05:01 AM PDT

Perkiraan musim kemarau yang lebih panjang dari biasanya (El Nino) diprediksi melanda Jawa Timur pada kuartal III-IV tahun ini.

Namun, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jatim mengatakan hal itu tidak akan mempengaruhi kelancaran produksi khususnya tanaman pertanian padi.

Rendahnya dampak El Nino tersebut karena manajemen pengelolaan air yang sudah relatif baik di Jatim. TPID Jatim memperkirakan kenaikan inflasi dampak El-Nino sangat rendah.

"Hanya berkisar antara 0,03% hingga 0,06%," tutur Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IV, Dwi Pranoto, Selasa (29/04/2014).

Dampak kenaikan Tarif Tenaga Listrik (TTL) industri diperkirakan juga tidak berpengaruh signifikan menekan inflasi Jatim hanya 0,08% sampai 0,14%.

Kondisi ini tercermin dari klasifikasi Industri Menengah khususnya pada Perusahaan Terbuka berkapasitas lebih dari 200 kVA dan Industri Besar berkapasitas lebih dari 30.000 kVA yang hanya mencapai sekitar 14,33% dari total penggunaan tenaga listrik di Jatim.

"Sementara juga ada tantangan yang patut diwaspadai dalam dua hingga tiga bulan ke depan adanya potensi kenaikan inflasi faktor musiman yaitu Bulan Ramadhan dan Lebaran," ujarnya.

TPID Jatim menghimbau para pelaku usaha agar mengantisipasi peningkatan permintaan dengan menyediakan pasokan yang cukup. Apabila kondisi ini dapat dicapai, target inflasi sekitar 5% pada tahun 2014 ini dapat dicapai.

Dwi menuturkan, Rapat Koordinasi Wilayah TPID juga melakukan evaluasi terhadap perkembangan inflasi di Jatim sampai dengan Maret 2014, yang secara tahunan mencapai 6,59%, lebih rendah dibandingkan nasional 7,32%.

Tekanan inflasi di Jatim lebih didorong kenaikan harga beberapa komoditas pangan seperti cabai rawit, beras dan bawang putih serta kenaikan transportasi angkutan udara.

Namun kenaikan tersebut dapat ditahan dengan menurunnya harga komoditas volatile foods lainnya seperti telur, daging ayam ras, cabai merah dan tomat sayur.

Pertama Kali Donor Darah, Dion Wiyoko: Ngilu

Posted: 29 Apr 2014 05:00 AM PDT

Dion Wiyoko membagikan pengalamannya ketika pertama kali mengikuti donor darah di Senayan City, Jakarta. Dion memang sebelumnya tidak pernah melakukan aksi donor darah. Namun karena dorongan dalam dirinya yang kuat untuk ikut membantu menyelamatkan nyawa orang, Dion pun bersemangat.

"Ini pertama kali (aksi donor darah) tanpa paksaan. Banyak yang deg-degan. Pas jarumnya masuk agak ngilu sedikit tapi setelah itu biasa saja. Katanya darah saya bagus," kata Dion tersenyum ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Dion mengaku kalau kepeduliannya selama ini masih sangat kurang. Apalagi jika banyak kegiatan dan pekerjaan yang harus dilakukan artis kelahiran Surabaya, 3 Mei 1985 ini.

"Kalau kemarin kayak dicuekin saja (ajakannya) dan kepeduliannya masih kurang. Tapi sekarang karena di Indonesia sedang banyak bencana jadi pasti banyak yang butuh (bantuan)," ujar Dion lagi.

Bagi pemain FTV dan sinetron ini, donor darah adalah sesuatu hal yang sangat berarti dan secara tidak langsung akan menyelamatkan nyawa satu orang.

"Kalau ada acara kaya begini lagi, saya pasti mau. Acara donor darah penting, dan pastinya saya juga sedang sehat," urainya senang.




Donor Organ dari Hewan untuk Manusia Bakal Terjadi

Posted: 29 Apr 2014 05:00 AM PDT

Tranplantasi ke anyakan diambil dari organ manusia untuk manusia lain. Namun, dengan majunya teknologi suatu hari nanti organ hewan bisa ditransplantasi ke manusia sebagai cara untuk memecahkan masalah kurangnya pendonor organ.

Pada penelitian terbaru, ilmuwan mencangkok jantung dari babi rekayasa genetik ke baboon yang sistem kekebalan tubuhnya telah ditekan, untuk mencegah resistensi saat cangkok berlangsung.

Jantung tersebut berhasil dicangkok ke penerima donor selama lebih dari 500 hari. Temuan ini dilaporkan dalam pertemuan di American Association for Thoracic Surgery di Toronto dan dipublikasikan dalam jurnal medis.

Menurut Kepala Transplantasi di National Institutes of Health's National Heart, Lung and Blood Institute, Dr Muhammad Mohiuddin, di Amerika Serikat sekitar 120 ribu pasien menunggu transplantasi organ. Jumlah yang antre lebih banyak dibanding yang mendonor.

"Jika kita transplantasi menggunakan donor bukan manusia, kita bisa menghemat sebagian besar kehidupan yang berharga," kata Dr Mohiuddin kepada LiveScience, Selasa (29/4/2014).

Transplantasi organ dari hewan itu dikenal dengan xenotransplantation, yang bisa menggantikan organ tubuh manusia sepenuhnya atau menyediakan pengganti sementara sampai organ manusia tersedia. Tapi, penolakan jaringan oleh sistem kekebalan tubuh penerima tetap menjadi rintangan utama suksesnya transplantasi.

Untuk mengatasinya, Dr Mohiuddin dan rekan-rekan menggunakan jantung dari babi yang sudah direkayasa secara genetik dengan menghapus gen yang bisa menyebabkan penolakan jaringan pada manusia, serta menggantinya dengan gen manusia yang tak akan menyebabkan reaksi. Babi dipilih karena anatominya mirip dengan manusia.

Para peneliti menanamkan jantung dari babi ke dalam perut baboon tanpa mengganti jantung aslinya tapi bisa menghubungkan jantung babi ke baboon.

Jantung yang dicangkokkan itu bisa bertahan di baboon selama lebih dari 500 hari dan si baboon minum obat imunosupresif.

"Sekarang kita berada pada tahap ketika kita bisa mengontrol penolakan, bagian yang paling sulit," kata Mohiuddin.

Langkah selanjutnya adalah melakukan transplantasi jantung dengan mengganti jantung baboon dengan jantung dari babi yang sudah direkayasa secara genetik agar bisa sesuai dengan tubuh baboon. Peneliti tak bisa mengatakan kapan transplantasi hewan ini bisa dilakukan uji klinis pada manusia. Tapi peneliti hanya bisa melakukan ke manusia jika proses tersebut bekerja di baboon.

Selain jantung, jaringan lain juga bisa dipindahkan dari hewan ke manusia, termasuk hati, ginjal, pankreas, dan paru-paru.

Waskita Bangun Super Blok di Surabaya

Posted: 29 Apr 2014 04:50 AM PDT

PT Waskita Karya Tbk melakukan ekspansi bisnis properti dengan mengembangkan proyek super blok di Surabaya. Dalam proyek ini Waskita menggandeng PT Darmo Permai.

Kepala Divisi Realty Waskita Didit Oemar Prihadi mengatakan, perusahaan telah penyiapkan lahan seluas 34 ribu meter persegi di kawasan Segi 8 Darmo, di sebelah barat Kota Surabaya.

kawasan tersebut nantinya akan dibangun super blok yang mengusung konsep lifestyle. Dalam super blok tersebut akan terdapat apartemen, pusat perbelanjaan, perkantoran, food and baverage beserta kelengkapannya.

"Hari ini merupakan momen final dimana Waskita dan Darmo Permai mengikat kontrak untuk mewujudkan impian dalam bangun satu proyek mix use building," kata dia, Jakarta, Selasa (29/4/2014).

Ia menerangkan untuk proyek ini, modal awalnya berupa lahan dengan nilai investasi sebesar Rp 526 miliar. Komposisi penyertaan modal Waskita sebanyak 51% dan Darmo Permai sebesar 49%.

Direktur Bisnis Development Darmo Permai Kevin Sanjoto menambahkan, perseroan memperkirakan pembangunan ini bakal menghabiskan dana sebesar Rp 5 triliun lebih.

menurut Kevin, dana tersebut diperoleh dari modal intern sebesar Rp 1 trilun. Kemudian sisanya berasal dari pinjaman bank dan hasil penjualan ke beberapa investor.

"Sisanya direct selling menjual beberapa investor. Tapi untuk yang beli 2 lantai 3 lantai," pungkas dia.

Slank Kampanye Cegah Ketulian Pada Musisi

Posted: 29 Apr 2014 04:50 AM PDT

Slank ditunjuk oleh Komite Nasional Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (Komnas PGPKT), sebagai duta International Noise Awareness Day (INAD), untuk mencegah ketulian pada musisi. Komnas PGPKT menganggap musisi dianggap sebagai orang yang rentan akan ketulian, akibat bising musik yang memiliki intensitas tinggi dan berkelanjutan.

Apalagi, suara bising diatas 85 desibel berbahaya bagi pendengaran dan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, gangguan tidur serta keluhan lain yang berhubungan dengan stress.

"Musisi harus tahu betul soal pendengaran mereka sendiri. Berapa persen suara yang masuk ketelinga mereka. Kalau bisa dibawah 85 desibel agar tidak mengganggu telinga," ujar Dr Brasto Bramantyo, dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di markas Slank, di Potlot, kawasan Durentiga, Jakarta Selatan, Selasa (29/4/2014).

"Mereka harus tahu juga alat apa yang sesuai dengan kebutuhan musisi itu sendiri. Kayak soundnya, mereka harus tahu kapasitasnya volumenya berapa persen agar tidak terlalu bising," tambah Dr Brasto.

Karen hal itu, Bimbim Slank mulai membuka mata untuk menjaga pentingnya kesehatan telinga. Apalagi, selama ini Bimbim tak pernah menghiraukan telinganya dan sering berlebihan dalam mendengarkan musik.

"Sedikit nggak peduli sih sebelumnya. Karena gue lebih peduli musiknya, daripada telinga sendiri. Gue juga termasuk yang sering minta naikin volume lebih keras, biar suaranya enak didengar," jelasnya.

Penggebuk drum Slank itu mencoba berbagi dengan sesama musisi dan mengkampanyekan pentingnya pendengaran bagi seorang musisi, dengan mengurangi volume yang berlebih saat bermusik.

"Selama ini hampir semua musisi nggak tahu bahayanya. Hal yang paling ditakutkan sama musisi kan itu, nggak bisa mendengar. Itu harta yang paling berharga," ujarnya.

"Wasit Bantu Juventus Juara Serie A"

Posted: 29 Apr 2014 04:45 AM PDT

Presiden Federasi Sepakbola Montenegro, Dejan Savicevic, membuat pernyataan kontroversial. Ia mengatakan, Juventus dibantu wasit untuk menjuarai Liga Italia Serie A musim ini.

"Juventus telah menjadi tim kuat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi musim ini mereka dibantu wasit. Anda sudah bisa melihat dalam 10 laga pembuka bagaimana kompetisi ini akan berakhir," kata Savicevic seperti dilansir Football Italia.

Sebelum Savicevic, Pelatih AS Roma Rudi Garcia juga mengatakan hal yang sama. "Saya setuju dengan Rudi Garcia saat ia mengatakan wasit-wasit membantu Juve. Menurut saya, Juventus sebenarnya juga akan juara, tapi 'bantuan' itu tetap ada."

"Namun, saya tidak setuju dengan klaim bahwa tim kecil sengaja menyerah melawan Juventus," ucap Savicevic yang merupakan legenda AC Milan tersebut.

Juve sendiri membutuhkan dua poin lagi untuk juara. Bianconeri masih menyisakan tiga laga di sisa kompetisi.

Perangkat Berbasis Tizen Meluncur Bulan Depan di Rusia

Posted: 29 Apr 2014 04:45 AM PDT

Sistem operasi Tizen sudah lama digembar-gemborkan sedang dikembangkan Samsung. Sampai saat ini perangkat yang memakai sistem operasi mobile besutan Samsung itu masih belum muncul di pasaran.

Prediksi soal rencana peluncuran perangkat itu telah tak terhitung jumlahnya. Pihak Samsung sendiri mengakui waktu peluncuran Tizen OS molor dikarenakan penyempurnaan di platform tersebut.

Sebuah laporan terbaru dari sumber di Korea Selatan menyebutkan Samsung berencana meluncurkan perangkat pertama berbasis Tizen di Rusia pada bulan depan.

Berdasarkan informasi yang dilansir laman Phone Arena, spesifikasi perangkat pertama yang memakai Tizen diklaim tak akan jauh berbeda dengan yang dipakai pada smartphone andalan terbaru Samsung, Galaxy S4.

Sumber yang sama mengungkap bahwa setidaknya ada dua smartphone Samsung yang memakai Tizen OS. Kedua produk itu bakalan menyasar pasar yang berbeda, satu di kelas atas dan satunya di kelas menengah.

Sebelumnya, Samsung sudah memamerkan dua buah jam tangan pintar buatannya yang memakai Tizen di ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar Februari lalu di Barcelona. Sayangnya, dua smartwatch anyar Samsung yang baru diluncurkan tetap memakai platform Android.

Ini Temuan Bea dan Cukai Sepanjang 2012-2013

Posted: 29 Apr 2014 04:40 AM PDT

Pihak Bea dan Cukai merilis temuan mereka sepanjang tahun 2012-2013, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (29/4/2014) (Liputan6.com/Faizal Fanani).