Kamis, 03 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Manga Kimi ni Todoke dan Space Brothers Kuasai Tangga Oricon

Posted: 03 Apr 2014 05:10 AM PDT

Manga favorit para pembaca Jepang kembali dicantumkan melalui daftar penjualan di tangga Oricon edisi 24-30 Maret 2014. Hasilnya, Kimi ni Todoke jilid ke-21 merajai pasar manga di Negeri Sakura itu.

Manga shojo/serial cantik bernuansa drama percintaan itu, sukses menahan laju penjualan Space Brothers volume ke-23 yang pekan lalu juga masih bertahan di peringkat runner-up.

Di bawahnya, terdapat judul-judul yang tergolong baru seperti Jojolion, Yokai Watch, Kobayashi ga Kawai Sugite Tsurai!!, dan Kagero Daze. Beberapa judul lama lainnya pun turut masuk ke dalamnya.

Berikut daftar 10 besar penjualan manga terlaris di Jepang versi Oricon pada 24 hingga 30 Maret 2014 lalu, seperti dikutip dari Anime News Network:

1. Kimi ni Todoke 21 (555.076) - Karuho Shiina
2. Space Brothers 23 (114.690) - Chuya Koyama
3. JoJolion 6 (100.733) - Hirohiko Araki
4. Yokai Watch 3 (98.349) - Ilustrasi: Noriyuki Konishi/Pencipta Asli, Pengawas: Level 5
5. Kobayashi ga Kawai Sugite Tsurai!! 6 (96.350) - Go Ikeyamada
6. Kagero Daze 4 (83.184) - Ilustrasi: Mahiro Sato / Karya Asli: Jin (Shizen no Teki-P) / Karakter Asli: Shidu, Wannyanpuu
7. One Piece 73 (81.597) - Eiichiro Oda
8. Fairy Tail 42 (81.085) - Hiro Mashima
9. Skip Beat! 34 (80.417) - Yoshiki Nakamura
10. Moyashimon 13 (79.617) - Masayuki Ishikawa

Selain itu, manga One Piece yang sudah mencapai jilid ke-73, terus merosot hingga posisi ke-7 dan Fairy Tail volume 42 berada di bawahnya.

Kena Sanksi, Barca Batal Beli Kiper Ter Stegen?

Posted: 03 Apr 2014 05:07 AM PDT

Barcelona baru saja mendapat hukuman larangan mendatangkan pemain pada dua bursa transfer mendatang. FIFA menjatuhkan hukuman tersebut karena Barca dianggap bersalah melanggar peraturaan saat mendatangkan dan mendaftarkan pemain asing berusia dibawah 18 tahun.

Dijatuhkannya hukuman ini membuat kiper muda Jerman Marc Andre ter Stegen terancam batal pindah ke Nou Camp musim panas nanti. Pemain Borussia Moenchengladbach itu merupakan pilihan utama Barca untuk menggantikan Victor Valdes yang akan pergi saat kontraknya habis akhir musim nanti.

Namun agen Ter Stegen, Gerd Von Bruch, cukup yakin kliennya akan tetap pindah ke Nou Camp karena proses negosiasi sudah berlangsung sebelum FIFA menjatuhkan hukuman.

"Saya tidak tahu apakah keputusan ini berlaku untuk transfer di masa yang akan datang atau untuk transfer yang sudah rampung. Pertama-tama kami harus melihat apakah Barca akan mengajukan banding atas keputusan ini," ucap Von Bruch.

"Kami akan tetap tenang dan melihat apa yang terjadi dalam beberapa pekan mendatang. Dalam kasus apapun, Marc akan meninggalkan Gladbach musim panas ini," tegas Von Bruch.

Peluncuran Beasiswa SBY Dinilai Mengincar Pemilih Pemula

Posted: 03 Apr 2014 05:03 AM PDT

Presiden SBY meluncurkan Presidential Scholarship, program beasiswa prestisius atas inisiatif yang diberikan pemerintah Indonesia. Hanya saja, peluncuran beasiswa jelang Pemilu 2014 itu dinilai bermuatan politis.

Pakar komunikasi politik Universitas Mercubuana Heri Budianto menilai, momentum peluncuran beasiswa SBY tersebut tidak akan melepaskan stigma lawan politik Demokrat jika apa yang diluncurkan pemerintah untuk mendulang suara pada Pemilu Legislatif 9 April mendatang.

"Jadi peluncuran beasiswa ini jelas bernuansa politis karena menjelang pemilu. Ini masalahnya momentum, kenapa tidak tahun lalu atau tahun-tahun sebelum menjelang pemilu ini," kata Heri kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Bahkan, menurut Heri, tujuan diturunkannya Beasiswa SBY tersebut untuk menyasar pemilih pemula yang jumlahnya sangat besar. Dia menambahkan, jika generasi-generasi muda atau pemilih pemula bisa empati terhadap beasiswa tersebut, maka itu efek dari program Presiden SBY yang juga menjadi Ketua Umum Demokrat.

"Tujuannya menyasar ke insan pendidikan dan generasi-generasi muda. Pesannya ini Presiden peduli peningkatan kualitas SDM, dan studi lanjut. Kedua menyasar pemilih muda yang jumlahnya banyak, ini diharapkan pemilih muda mengetahui Presidential Scholarship adalah program bagi mereka generasi muda yang sangat besar," ucapnya.

"Jika itu ada mengarah ke agenda Demokrat wajar, karena SBY Ketua Umum Demokrat. Agak sulit Demokrat mengatakan ini program pemerintah. Kalau publik mengatakan program presiden ini menimbulkan simpati ke Demokrat, itu konsekuensi politik karena presiden kita Ketua Umum Demokrat," sambung dia.

Heri sangat menyayangkan, program yang sebenarnya sangat baik ini tidak tepat diluncurkan oleh pemerintah. Dia berujar, jangan heran jika banyak kalangan nanti menyebut progran Beasiswa SBY ini upaya pencitraan untuk Demokrat.

"Ya karena mau pemilu itu jadi momentum politis, ini kan soal momentum saja waktu. Kenapa nggak diluncurkan jauh sebelum menjelang pemilu. Saya kira itu perlu digarisbawahi, sangat sulit program ini disebut program pemerintah, karena momentum tahun politik," pungkas Heri. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

SBY Klaim Partai Demokrat Sudah Penuhi Janji Kampanye
Demokrat: Beasiswa SBY Tak Bermuatan Politis
SBY Luncurkan Beasiswa, Politik Sinterklas Jelang Pemilu?

Pemerintah Kukuh Godok Aturan Pajak Ponsel Mewah

Posted: 03 Apr 2014 05:01 AM PDT

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan bakal melanjutkan rencana pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) produk ponsel setelah sempat ditangguhkan. Upaya ini bertujuan menekan tingginya impor ponsel serta mengurangi penyelundupan. 

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro mengaku baru mendengar kabar usulan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait kebijakan PPnBM ponsel.
 
Ide tersebut kembali muncul dalam pembahasan antara Kemenperin dan Kemenkeu soal Pengendalian Impor dan Peningkatan Ekspor belum lama ini. "Pada prinsipnya setuju (PPnBM ponsel)," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (3/4/2014).
 
Bambang menyarankan, kebijakan ini harus diiringi dengan pembenahan sistem telekomunikasi demi menghindari tindakan penyelundupan dari impor ponsel ilegal. Pasalnya banyak ponsel ilegal membanjiri pasar Tanah Air. 
 
"Caranya dengan IMEI. Itu harus dicek ke Kementerian Komunikasi dan Informatika supaya ponsel impor ilegal tidak bisa dipakai di Indonesia. Dengan begitu, penyelundupan bisa berkurang," tutur dia.     
 
Saat ini, Bambang mengaku, pihaknya akan mulai menggodok Peraturan Pemerintah (PP) untuk pelaksanaan PPnBM ponsel. "Kemenkeu akan mulai proses PP PPnBM ponsel," lanjut dia. 
 
Namun ketika ditanya lebih jauh mengenai kategori ponsel yang bakal kena PPnBM apakah di atas Rp 5 juta atau lebih, Bambang belum bersedia memberikan jawaban pasti. "Kami akan analisa dulu," tandasnya.

Seungri Minta Saran yang Membangun dari T.O.P `Big Bang`

Posted: 03 Apr 2014 05:00 AM PDT

Seungri `Big Bang` didaulat untuk bermain drama Korea bertajuk Angel Eyes. Magnae--sebutan untuk personel paling muda di group idol--Big Bang  itu mengaku gugup dengan peran yang akan ia lakoni.

Ia pun meminta saran dari rekannya di Big Bang yaitu T.O.P. menurut Seungri, T.O.P hyung telah lebih berpengalaman di dunia akting dibandingkan dirinya.

"T.O.P telah berhasil menunjukkan kemampuannya di dunia akting dengan gayanya sendiri. Dia sangat keren. Dia memberikan saran agar saya selalu optimis ketika melakukan syuting," ujar Seungri, dilansir dari MNet, Kamis (3/4/2014).

T.O.P memang pernah beberapa kali membintangi drama dan film, drama Iris, serta film ternama Commitment dan Tazza 2. T.O.P pun pernah meraih penghargaan sebagai aktor pendatang baru terbaik BIFF Asia Star Awards (2013).

Selain T.O.P, Seungri mendapatkan dukungan dari personel Big Bang lainnya. G-Dragon, Taeyang dan  Daesung memiliki cara unik dalam memberikan semnagat untuk Seungri, yaitu dengan ledekan dan senyuman.

Sementara itu, Seungri sudha mulai melakukan proses syuting Angeles Eyes bersama pemain lainnya yaitu Ku Hye Sun, Lee Sang Yoon, Kim Ji Suk, Jung Jin Young, dan Gong Hyung Jin. Menurut rencana, drama ini akan mulai tayang 5 April mendatang.

Windows Phone 8.1 Resmi Meluncur, Apa Fitur Barunya?

Posted: 03 Apr 2014 05:00 AM PDT

Microsoft akhirnya secara resmi memperkenalkan versi platform mobile terbaru buatannya, Windows Phone 8.1. Beberapa peningkatan fitur disediakan di dalam seri Windows Phone terbaru itu.

'Platform mobile dengan personalisasi paling detil' menjadi klaim yang baru diperkenalkan Microsoft untuk menjual sistem operasi versi terbaru miliknya.

Perusahaan yang berpusat di Redmon, Washington tersebut juga menyediakan tiga pilihan perangkat terbaru yang sudah menggunakan Windows Phone 8.1. Seperti apa kekuatan baru di versi baru Windows Phone?

Cortana

Dibuat Microsoft sebagai asisten pribadi yang terhubung dengan mesin pencari Bing miliknya. Fitur ini akan mendeteksi lokasi dan email bila penggunanya menginginkan asistensi yang lebih mendetil.

Kecerdasan lain yang disediakan oleh fitur baru tersebut adalah mempelajari perilaku dan kebiasaan penggunanya sehari-hari. Informasi yang disajikan Cortana bagi penggunanya diklaim sangat relevan dan menarik.

Cortana nantinya akan bersaing dengan Google Now di Android dan Siri di iOS. Google Now dan Siri sudah lebih dulu dibekali fitur deteksi lokasi, kebiasaan dan terintegrasi dengan mesin pencarian dan browser agar menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Action Center

Fitur anyar ini akan memberikan semua notifikasi yang perlu diketahui pengguna dari ponselnya dalam satu tempat. Kemudahan mengakses pemberitahuan dari semua akun menjadi hal yang ditawarkan dari fitur baru di Windows Phon 8.1 itu.

Sebenarnya fitur ini sudah lebih dulu hadir di platform mobile lain seperti iOS dan Android. Meski begitu, Microsoft mengklaim fitur barunya ini lebih baik karena bisa diatur secara detil hingga bagian yang terkecil.


Bisa Dikustomisasi

Metro UI jadi tampilan normal yang ada di handset berbasis Windows Phone. Pengguna bisa melakukan kustomisasi di layar utama handset dengan wallpaper yang disesuaikan dengan selera pemiliknya.

Tak hanya itu, kotak-kotak yang ada di layar utama juga bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna. Pilihan baru Live Tiles pun menambah nilai perusahaan untuk mengklaim platform dengan personalisasi terbaik.

Saat Hamil, Ibu Stres Anak pun Stres

Posted: 03 Apr 2014 05:00 AM PDT

Beragam faktor risiko dapat memengaruhi saluran cerna kita. Namun, stres menjadi faktor utama yang menyebabkan pencernaan sering terganggu.

Tahukah Anda, kalau stres ternyata tidak hanya didera orang dewasa dan anak sekolah melainkan juga seorang bayi.

Psikolog Anak dan Dosen di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Rini Hildayani, M.Si. Psychologist mengatakan, stres merupakan reaksi tubuh terhadap stimulus yang datang dari lingkungan yang sangat berat. Pada bayi, stres terjadi pertama kali sejak ia dilahirkan ke dunia.

"Karena begitu bayi lahir, ia mengalami transisi dari rahim ibu (uterus) ke dunia luar. Saat di dalam rahim ibu, bayi mendapatkan apa yang dia mau. Sedangkan saat dia di dunia, bayi hanya dapat mengandalkan refleks untuk survive (bertahan)," kata Rini menjelaskan dalam acara 'Happy Tummy Council Gut-Brain Axis: Pencernaan Sehat Awal si Kecil Cerdas' di Gran Melia Hotel, Jakarta, Kamis (3/4/2014)

Parahnya, bayi juga dapat mengalami stres saat berada di kandungan. Stres yang dialami seorang bayi, tidak lepas dari stres yang dialami ibu saat mengandung.

Menurut sebuah penelitian, kata Rini, semakin bertambah usia kandungan seorang ibu, hormon stres turut mengalami peningkatan. Ketika hormon stres meningkat, kemudian melewati dinding plasenta dan masuk ke aliran darah bayi, maka bayi ikut mengalami stres.

Lebih lanjut Rini menjelaskan, stres pada bayi berdampak buruk terhadap kehidupannya kelak. Seperti tingkah lakunya yang tidak baik, mengalami tempramen yang sulit, frustasi yang cukup tinggi, sering menangis, dan marah yang meledak-ledak.

Kata Rini, bayi itu nantinya akan mengalami frustasi yang cukup tinggi ketika ia mengalami sebuah situasi di mana tidak mendapatkan apa diinginkannya. Hal seperti inilah yang harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya oleh para wanita yang memutuskan untuk hamil.

"Ini lebih berisiko pada bayi yang mengalami stres saat berada di dalam janin," kata dia menekankan.

Chelsea Siap Lepas Lukaku ke Spurs, Asalkan...

Posted: 03 Apr 2014 04:58 AM PDT

Chelsea dilaporkan telah memutuskan memperbolehkan penyerang Romelu Lukaku pindah ke Tottenham Hotspur pada bursa transfer musim panas nanti. Lukaku tidak masuk perencanaan manajer Jose Mourinho.

Lukaku saat ini dipinjamkan Mourinho ke Everton. Selama masa peminjaman, Lukaku tampil cemerlang. Perolehan gol Lukaku di Liga Premier musim ini bahkan jauh mengungguli para penyerang yang dimiliki Chelsea.

Meski tampil bagus bersama Everton, Mourinho nampaknya tidak akan memulangkan pemain asal Belgia itu. Mourinho diketahui kurang menyukai Lukaku. The Daily Mail meyakini Mourinho akan mengizinkan Lukaku pergi ke Tottenham asalnya mereka bisa mendapatkan Diego Costa dari Atletico Madrid.

Mourinho sangat menginginkan Costa untuk mengatasi masalah kurang tajamnya lini depan mereka. Dua penyerang yang dimiliki Chelsea yakni Fernando Torres dan Demba Ba hampir pasti dilepas akhir musim nanti.

Spurs sendiri harus terlibat persaingan dengan Everton yang juga ingin mempermanenkan eks pemain West Bromwich Albion itu.

Apa Kata Desainer Dolce & Gabbana Tentang Victoria Beckham?

Posted: 03 Apr 2014 04:54 AM PDT

Victoria Beckham jelas telah menjejakkan kakinya di dunia mode sebagai disainer. Rancangan-rancangannya disukai oleh bukan hanya publik , namun juga sosialita dan selebriti.

Menikmati kesuksesannya sebagai fashion desainer, terutama setelah pembukaan butik pertamanya di London, Victoria tampaknya tidak boleh terlalu terlena. Pasalnya, posisinya sebagai fashion desainer tampaknya belum terlalu diakui oleh para perancang mode senior.

Dikutip dari HollywoodLife, Kamis (3/4), Domenico Dolce dan Stefano Gabbana, desainer label pakaian Dolce&Gabanna mengatakan bahwa Victoria memang melakukan pekerjaannya dengan baik, namun tetap tidak sama dengan yang telah dilakukan oleh perancang busana pada umumnya.

“Ya, memang dia (Victoria Beckham) adalah perancang busana, tetapi dalam konteks yang berbeda. John Galliano, Alexander McQueen itu adalah perancang busana.

Duo perancang tersebut bahkan menyatakan bahwa ibu empat anak itu adalah model perancang seperti Zara atau H&M ketimbang mode Italia atau Inggris.

Komentar dua perancang legendaris ini muncul lantaran baru-baru ini, Victoria mengumumkan bahwa ia ingin membangun bisnis mode yang ‘bertahan oleh waktu’.

Pemilu 9 April, JPPR Terjunkan 2011 Pemantau

Posted: 03 Apr 2014 04:52 AM PDT

Puncak Pemilu Legislatif 2014 tinggal menghitung hari. Kesiapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat TPS pun semakin banyak tantangan.

Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) sebagai lembaga pemantau pemilu resmi akan menggerakkan seluruh jaringan pemantaunya terjun ke TPS-TPS. Mereka akan memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara berjalan jujur, adil, dan berintegritas.

"Pada hari H nanti, JPPR akan menurunkan 2011 relawan di 25 provinsi yang akan melakukan pemantauan secara mandiri di TPS-TPS. Fokus pemantauan kepada proses pelaksanaan pemungutan suara dan tindakan petugas TPS dalam kepastian menjaga independensi," kata Deputi Koordinator JPPR Masykurudin Hafidz, di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2014).

Seluruh sistem pemantauan, ungkapnya, akan menggunakan basis laman pemantauan JPPR yaitu www.pantaupemilu.org. Dengan website itu, relawan JPPR akan dengan mudah, murah dan cepat mendapatkan informasi tentang Pemilu, melatih tatacara pemantauan dan melakukan pemantauan lapangan.

"Data-data hasil pemantauan dengan cepat dapat disampaikan ke JPPR pusat untuk direkapitulasi dan dianalisis lebih lanjut dan dikirimkan ke lembaga pengawas sebagai laporan," ujarnya.

Menurut Masykurudin, pentingnya pemantauan hari H karena melihat beberapa temuan tahapan menunjukkan potensial kerawanan di TPS. "Dari temuan JPPR sebulan terakhir ini semakin dibutuhkan model-model pemantauan yang cepat," tandas Masykurudin.

Dicekal di Negeri Sendiri, Ini Jawaban Pemain Film The Raid 2

Posted: 03 Apr 2014 04:50 AM PDT

Sejak dirilis 28 Maret lalu, film The Raid 2: Berandal tak hanya mendulang banyak pujian, tetapi juga pencekalan. Mulai dari Malaysia hingga negeri sendiri. Di Indonesia kritikan juga dilayangkan terhadap film besutan Gareth Evans tersebut.

Di Indonesia, produser film Firman Bintang menyebut Iko Uwais cs terlalu vulgar menunjukkan aksi kekerasan. Lantas, apa kata pemain The Raid 2: Berandal?

"Kebanyakan orang selalu menanyakan pesan moral atau mendidiknya di mana. Padahal kan ada film yang khusus untuk menghibur saja, jadi film The Raid 2: Berandal ini orang akan dihibur selama 2,5 jam di bioskop," kata salah seorang bintang film The Raid 2: Berandal, Arifin Putra kepada Liputan6.com, di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2014).

Sementara mengenai pencekalan di Malaysia, Arifin mencoba lebih bijak. Ia menuturkan bahwa kritikan itu sebagai pujian terselubung.

"Buat saya pribadi santai saja, kami anggap itu sebagai pujian terselubung. Kalau warga Malaysia santai saja, tetap bisa menonton di negara lain, karena hampir semua negara di dunia menayangkan film The Raid 2: Berandal ini," sambung Arifin yang memerankan tokoh Ucok di The Raid 2: Berandal.

Namun, aktor kelahiran Meinz, Jerman, 1 Mei 1987 ini mengaku sedikit kecewa dengan dilarangnya penayangan film nominator Sundance Festival 2014 itu. Apalagi, The Raid sudah memiliki penggemar masing-masing di tiap negara.

"Ada sedikit kecewa, karena di Malaysia sudah ada fanbase. Hampir di setiap negara ada penggemarnya, makanya cukup disayangkan," kata Arifin.

[OTO-News] Corvette Stingray Bertampang Skuad Polisi Dilego

Posted: 03 Apr 2014 04:45 AM PDT

Banyak cara untuk memuaskan hobi otomotif. Sebuah mobil Corvette Stingray satu ini nampaknya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan tunggangan bertampang mobil polisi.

Dilansir Carbuzz, Kamis (3/4/2014), Corvette Stingray yang dilego ini bukanlah resmi dari skuad patroli kepolisian. Hanya saja, mobil pabrikan Amerika Serikat (AS) ini dimodifikasi tamplikan bodi berkarakter armada kepolisian.

Bukan hanya mulus dari sisi tampilan, mobil juga belum dipakai untuk perjalanan jauh. Tercatat, Corvette Stingray ini mencatatkan 370 km di odometer. Mobil juga hadir dengan paket 3LT.

Penjual mobil tersebut membuka harga untuk Corvette Stingray bertampang mobil patrol polisi itu sekira US$ 120.000 atau setara Rp 1,3 miliar (kurs Rp 11.298 per dolar AS).

Sementara itu, Corvette Stingray merupakan model yang diminati konsumen dan belum lama ini, Chevrolet menaikkan harga mobil dua pintu tersebut. Mobil dikemas dengan spek mesin yang mampu menyemburkan tenaga 450 horse power (HP) dan mampu menghasilkan akselerasi kecepatan 0-96 km per jam hanya dalam 3,8 detik.

Sayangnya, sejumlah pemilik mobil melaporkan tunggangannya tiba-tiba mati saat dikendarai. Para ahli mekanik perusahaan masih menyelidiki penyebab dari masalah itu.

Mantan Wagub Papua Akui Akil Minta `Pulsa` Rp 125 Juta

Posted: 03 Apr 2014 04:45 AM PDT

Mantan Wakil Gubernur Papua Alex Hesegem menjadi saksi sidang kasus dugaan suap pengurusan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) dengan terdakwa Akil Mochtar. Dalam kesaksiannya, Alex mengakui berteman dekat dengan Akil karena pernah sama-sama menjadi anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar.

Alex juga menjelaskan, karena kedekatan itu dirinya kemudian berkomunikasi dengan Akil ketika menjadi Ketua MK. Dalam komunikasi itu, Alex menanyakan perihal pilkada-pilkada di Provinsi Papua yang digugat ke MK.

"Ada 29 kota, begitu selesai (pilkada) semua berujung di MK. Karena Pak Akil teman dekat, saya cek penyelesaiannya. Sebagai Wakil Gubernur, saya cek pilkada yang berujung di MK supaya tidak terjadi kekosongan kepemimpinan," kata Alex di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Akil, kata Alex, kemudian meminta dirinya bersabar. Sebab, sengketa-sengketa pilkada itu memang tengah berperkara di MK. Namun, di akhir komunikasi itu Akil mengeluh kepada Alex kalau ponselnya kehabisan pulsa. Kemudian, Alex meminta nomor rekening Akil.

"Kata Akil, 'Wagub, pulsa habis nih'. Lalu saya jawab, sudah kasih rekening, nanti saya kirim," cerita Alex.

Alex mengaku akhirnya mengirim 'uang pulsa' sebesar Rp 25 juta sebanyak 2 kali melalui transfer. Dia mengatakan, tak mungkin seorang Wakil Gubernur seperti dirinya mengirim uang pulsa beneran.

"Masa sekelas wagub kirim pulsa, jadi saya kirim uang karena hubungan persahabatan. Lucu toh kalau wagub ngirim pulsa," katanya.

Tak cuma itu, Alex juga kembali mengirim uang ke Akil masing-masing sebesar Rp 25 juta dan Rp 50 juta. Uang itu dikirim juga melalui transfer.

Namun, Alex membantah pengirim uang itu terkait dengan pilkada-pilkada di Papua yang tengah bersengketa di MK. Meskipun dia tidak membantah pernah bertanya ke Akil soal sengketa-sengketa pilkada itu.

"(Tanya sengketa) secara menyeluruh, tidak untuk perorangan. Harapan kita kalau bisa diputuskan segera semuanya," ucapnya.

Akil sendiri didakwa menerima hadiah atau janji terkait belasan pengurusan sengketa pilkada di MK. Di antaranya pengurusan sejumlah sengketa pilkada di Provinsi Papua.

Dalam dakwaan, Akil disebut menerima uang sebanyak Rp 125 juta dari Wakil Gubernur Papua periode 2006-2011, Alex Hesegem. Uang itu merupakan kompensasi karena Alex berkonsultasi kepada Akil soal Pilkada Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Boven Digoel yang bersengketa di MK. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Bersaksi, Eks Cawabup Lebak Ngaku Dibujuk Wawan Maju Pilkada

Saksi: Calon Bupati Lebak Yakin Bisa Menang di MK

Calon Bupati Lebak Mengaku Minta Uang ke Wawan untuk Akil Mochtar

Terdakwa Penyuap Akil Mochtar Hadapi Vonis Hakim Tipikor

KPK: Orang Dekat Akil Cabut BAP Bisa Kena Pasal Keterangan Palsu

Gempa dan Tsunami Chile Buat Pesepakbola Asing Cemas

Posted: 03 Apr 2014 04:40 AM PDT

Bencana Tsunami yang melanda Chile, (2/4/2014) malam waktu setempat membuat pesepakbola asing asal Chile di Indonesia, Patricio Jimenez dilanda kecemasan. Keluarga Jimenez kini tengah mengungsi di tempat yang lebih tinggi.

Gempa berkekuatan 8,2 skala ritcher memporak-porandakan Chile bagian utara. Pemain yang kini memperkuat tim Divisi Utama, Persikad Depok itu langsung menghubungi keluarga untuk mengetahui kondisi terakhir mereka.

Keluarga Jimenez sempat trauma karena bencana serupa pernah terjadi empat tahun silam. Meski keluarga Jimenez tinggal di Chile bagian selatan, mereka tetap menyelematkan diri ke daerah yang lebih tinggi untuk mengantisipasi gempa susulan, berkaca dari pengalaman tsunami yang menerjang Chile pada 2010.

"Kabar terakhir dari Ibu saya, keluarga sedang mengungsi di wisma di tempat yang lebih tinggi. Karena takut terjadi gempa susulan bisa menyebabkan tsunami seperti tahun 2010 lalu," ucar Jimenez saat dihubungi Liputan6.com.

Menurut Jimenez, lokasi tsunami terparah terjadi di Chile bagian utara. "Air laut naik hingga 1 meter dan masuk ke rumah penduduk," katanya.

Bahkan, sampai saat ini, dia belum mengetahui nasib sejumlah kerabatnya karena masih belum bisa dihubungi."Paman dan bibi belum bisa dihubungi, saya juga coba hubungi teman, keponakan, masih belum ada jawaban. Semoga tidak terjadi apa-apa dengan mereka," harap Jimenez.

Pusat gempa Chile berada di sekitar 100 km di lepas pantai barat laut Chile. Terjangan Tsunami di Chile memicu peringatan tsunami akan sampai ke Jepang. Namun beberapa jam kemudian, peringatan tsunami itu dibatalkan. Kawasan Iquique paling parah diterjang Tsunami.

Sementara itu, bomber Persita Tangerang, Cristian Carrasco bisa bernapas lega karena keluarganya dari tsunami karena terletak di pusat kota dan jauh dari bibir pantai.

"Tidak kena bencana. Jauh dari pusat gempa. Di negara saya selalu terkena gempa tapi selama ini tidak sampai terjadi kerusakan fatal. Kalau di lokasi lain, terutama dekat pantai sering terjadi tsunami."

Luka-luka, Rio Dewanto Ketagihan Olahraga Ekstrem

Posted: 03 Apr 2014 04:40 AM PDT

Ada kejadian menarik saat Rio Dewanto syuting film Me and You vs The World. Suami Atiqah Hasiholan itu diharuskan melakoni beberapa olahraga ekstrem seperti panjat tebing, off road, go car, dan rafting.

Karena bukan profesional di bidang tersebut, Rio pun mendapat beberapa hadiah berupa luka-luka di tubuhnya. Namun, bukannya kapok, pemain film Java Heat itu malah mengaku ketagihan.

"Susah banget itu panjat tebingnya, karena memang levelnya untuk yang berpengalaman. Saya coba berkali-kali malah nggak naik-naik, ternyata susah," ungkap Rio Dewanto kepada Liputan6.com, di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (3/4/2014).

"Ya, lumayan, tangan pada baret-baret, terus kita hujan-hujanan pada sakit. Tapi seru sih, pengin lagi," sambungnya.

Walau mengaku ingin kembali melakukan panjat tebing dan rafting, hal itu sulit dilakukan Rio. Pasalnya, pesinetron Love In Paris ini memiliki jadwal syuting yang sangat padat.

"Pengin sih sebenarnya, cuma waktunya padat banget sekarang ini jadi agak susah untuk ikut yang seperti itu lagi. Paling tiap hari lari sore, kalau akhir pekan main basket," ucapnya.

Sampai Maret, Rp 64 Triliun Dana Asing Banjiri Indonesia

Posted: 03 Apr 2014 04:39 AM PDT

Bank Indonesia melaporkan hingga bulan Maret 2014 total dana asing yang masuk ke Indonesia mencapai US$5,7 miliar atau sekitar Rp 64,4 triliun (Kurs Rupiah 11.310 per dolar AS)

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Juda Agung mengaku hal itu jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2013.

"Inflow Januari sampai Maret USD$5,7 miliar, untuk bulan Maret sendiri itu ada US$2,7 miliar," ungkapnya saat berdiskusi dengan wartawan di Gedung Bank Indoensia, Kamis (3/4/2014).

Dia menjelaskan pada bulan Maret, sebanyak USD$1,2 miliar masuk ke pasar saham, sementara yang masuk ke Surat Berharga Negara (SBN) sebesar US$1,4 miliar dan US$1 miliar ke Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Seperti diinformasikan sebelumnya, sampai akhir Februari lalu, arus modal asing yang masuk ke Indonesia mencapai total bersih sebesar Rp36 triliun. Aliran dana asing dalam dua bulan pertama 2014 ini sudah melebihi capaian sepanjang tahun 2013, yaitu sebesar Rp28 trilliun.

"Capital inflow kami selama 2 bulan ini besar dan ini yang berpengaruh pada cadangan devisa kami. Tapi angkanya lupa," ujar Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Dia mengatakan, hal tersebut menunjukan kepercayaan investor terhadap Indonesia masih tinggi saat ini karena fundamental ekonomi Indonesia tetap kuat dibandingkan negara-negara lain di kawasan, meskipun terhantam krisis ekonomi global.

One Direction Jual Parfum Beragam Aroma

Posted: 03 Apr 2014 04:30 AM PDT

One Direction adalah boyband asal Inggris yang muncul dari ajang pencarian bakat bertajuk X-Factor Inggris. Setelah mencoba bidang di luar musik seperti pembuatan film dokumenter This Is Us dan juga penjualan buku, One Direction kini berjualan parfum.

Jangan dibayangkan jika lima orang personel One Direction itu menawarkan botol parfum dan menjualnya langsung pada pembeli. Dituliskan laman Dailymail baru-baru ini, para pelantun What Makes You Beautiful tersebut membuat film pendek untuk mempromosikan parfum baru mereka, That Moment. Tak sembarangan, kelimanya juga dibimbing oleh seorang sutradara bergaya eksentrik, Girolle.

"Aku menggeluti bidang khusus seperti fotografi untuk iklan parfum. Aku akan mengambil foto dan dari sana Anda dapat menggambarkan aroma parfumnya," ujar Girolle.

"Apa yang kalian pikirkan jika aku menyebut `That Moment`?" tanya Girolle lagi, pria-pria tampan itu lalu menjawab, "Love." Pertanyaan selanjutnya adalah, "Bagaimana rasanya?" Lalu mereka menjawab, `Manis`.

Aroma That Moment mengandung ekstrak apel, mentimun, jeruk, juga wewangian seperti creamy musk dan cedar wood.



Botol parfum itu berwarna merah muda atau pink. Setiap botol kaca diberi hiasan mahkota perak pada tutupnya. Hal itu dirancang untuk menambahkan sentuhan anggun dan elegan.

Tak hanya parfum, aroma ini juga dapat dirasakan dalam body lotion, shower gel, dan juga kemasan produk lain untuk bepergian. Parfum ini dirilis pada 2 April lalu dengan harga 21 poundsterling atau setara dengan Rp 237 ribu.

`Masjidku Merdu`, YMN Bagi-bagi Sound System

Posted: 03 Apr 2014 04:30 AM PDT

Sepanjang Maret, YMN (Yayasan Masjid Nusantara) salurkan 10 sound system ke beberapa masjid di Kota dan Kabupaten Bandung, serta Kabupaten Garut Selatan. Melalui Program Masjidku Merdu, penyaluran sound system tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas syiar Islam.

“Hasil survei kami di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak masjid yang sound system-nya kurang baik. Suara yang dihasilkan tidak kencang, pecah atau suara tidak terdengar jelas di beberapa titik masjid,” papar Muhammad Sobirin, Direktur YMN, Kamis (03/04).

Dituturkan oleh Uyu, pengurus DKM Intisarul Hasanah bahwa dengan adanya program ini, sound system di masjid tidak lagi bermasalah dan beribadah di masjid jadi lebih nyaman. “Alhamdulillah, terima kasih untuk para donatur dan YMN yang telah memberikan bantuan sound system. Semoga Allah membalas kebaikannya dan melancarkan rejekinya. Aamiin,” tuturnya.

YMN terus berupaya untuk menghadirkan masjid yang kokoh, makmur dan nyaman di tengah-tengah masyarakat. Masjid kokoh dapat diraih melalui program Bangun Masjid Nusantara, Pugar Masjid Nusantara, dan Masjid Mobile. Masjid makmur melalui program Pelatihan Pengelolaan Masjid, Pelatihan Pengurusan Jenasah, Buletin Masjid Nusantara, THR untuk Marbot dan Imam Masjid. Serta masjid nyaman dapat dirasakan jika program Internet Masjid, Toilet Sehat Masjidku, Shalat Khusyu, Sujudku Syahdu, Masjidku Merdu, Masjidku Sejuk dan Masjidku Siaga (Keranda) dapat terlaksana dengan baik.

Program-program tersebut hanya dapat berjalan jika mendapat ridho Allah dan sinergi bersama pihak-pihak terkait berjalan lancar. “Tidak ada manusia yang dapat menyelesaikan semua permasalahannya seorang diri. Itulah pentingnya membangun sinergi, agar yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin,” ujar Sobirin. 

Penulis:

Sari Asih Rahmawati

Baca Juga:

Kampanye Perubahan Iklim Lewat Komik Noru

Arti Tatto Terakhir Rio Dewanto

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com. 

[VIDEO] Gergaji Nyaris Menyambar Leher Pria Pennsylvania

Posted: 03 Apr 2014 04:30 AM PDT

Seorang pria di Pennsylvania, Amerika Serikat, lolos dari maut setelah gergaji mesin secara tidak sengaja nyaris mengenai lehernya.

James Valentine, penebang kayu yang selamat dari maut tersebut, segera dilarikan ke rumah sakit terdekat oleh rekan-rekannya.

Tim instalasi gawat darurat segera melakukan tindakan dengan melepaskan mesin gergaji dari tubuh James.

Beruntung, gergaji hanya mengenai otot bahunya dan tidak mengenai pembuluh nadi di leher James. Atas kondisinya ini, tim dokter menyatakan, pemulihan Valentine bisa berlangsung selama beberapa pekan. (Yus Ariyanto)

Baca juga:

Jembatan Kapuas I Ditabrak Kapal Ponton Pengangkut CPO
3 PNS Kemenhut Tewas Kecelakaan di Tol Jagorawi
Selidiki Penyebab Ledakan Gudang Amunisi, TNI AL Gandeng Polri

[VIDEO] Batu Ginjal Seberat 2 Kg-Korban Lapindo Gelar Syukuran

Posted: 03 Apr 2014 04:28 AM PDT

Batu ginjal seberat 2 kilogram diserahkan pada tim dokter Rumah Sakit PMI Bogor, Jawa Barat. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (2/4/2014).

Pasca-menjalani operasi pengangkatan batu ginjal di Rumah Sakit PMI Bogor, Jawa Barat, Odih menyerahkan batu ginjal seberat 2 kilogram yang dikeluarkan dari tubuhnya pada pihak rumah sakit. Batu ginjal tersebut rencananya akan menjadi bahan penelitian tim dokter.

Sementara itu, di Sidoarjo, Jawa Timur, ratusan korban lumpur lapindo dari 4 desa yang rumahnya berada di peta area terdampak menggelar syukuran di tanggul lapindo, Desa Renokenongo. Syukuran tersebut dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan PT Lapindo Brantas harus membayar ganti rugi pada warga yang rumahnya terendam lumpur.

Sedangkan di Desa Sumberagung, Banyuwangi, Jawa Timur, ribuan warga Dusun Pancer kembali pulang ke rumahnya masing-masing setelah sempat mengungsi akibat ancaman tsunami kiriman dari Chile. Ini menyusul telah terlewatinya batas waktu prediksi tsunami oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sebelumnya warga Dusun Pancer pernah diterjang tsunami pada 1994 lalu yang menewaskan ratusan orang.  (Yus Ariyanto)

Baca juga:

[VIDEO] Odih, si Pasien Dengan Batu Kandung Kemih 2 Kg
[VIDEO] Gugatan Dikabulkan, Korban Lumpur Lapindo Sujud Syukur