Minggu, 20 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Gantikan Christina Aguilera, Gwen Stefani Jadi Juri The Voice

Posted: 20 Apr 2014 05:00 AM PDT

Sebelumnya pada Februari lalu, Christina Aguilera dikabarkan ingin cuti menjadi juri The Voice. Aguilera memutuskan berhenti sementara karena lebih memilih untuk fokus dengan kehamilan anak pertamanya.

Bayi Aguilera dan tunangannya, Matt Ruttler, memang diprediksi akan lahir pada The Voice musim ke-7.

Dilansir dari Contactmusic, Minggu (20/4/2014), Gwen Stefani didaulat untuk menggantikan Aguilera. Penyanyi berusia 44 tahun tersebut akan bergabung dengan Adam Levine dan Pharrell Williams pada The Voice musim ke-7.

Pelantun lagu The Sweet Escape itu memiliki karir musik yang sama menakjubkan dengan Aguilera. Kabarnya Stefani akan dikontrak selama satu musim. Jadi untuk para fansnya tidak perlu khawatir.

The Voice musim ke-7 sendiri akan dimulai pada Juni mendatang. Pada musim ini, juri The Voice mengalami beberapa perubahan.

Vokalis Maroon 5 Adam Levine dan penyanyi country Blake Shelton akan tetap berada dimusim ketujuh. Sementara itu, Pharrell Williams masih menjadi juri setelah menggantikan CeeLo Green.

Maskapai Penerbangan Murah Kembali Tawarkan Kursi Gratis

Posted: 20 Apr 2014 05:00 AM PDT

AirAsia Indonesia kembali menghadirkan promo kursi penerbangan terbesarnya yaitu Karnaval AirAsia. Dengan promo ini para  pelanggan akan dapat terbang menuju berbagai destinasi internasional dengan harga kursi penerbangan mulai dari Rp 0,-.

Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Andry Adrian Febryanto menuturkan, pihaknya senang karena Karnaval AirAsia merupakan promo kursi penerbangan terbesarnya mendapat tanggapan positif dari para pelanggan pada 2013. Oleh karena itu, AirAsia memutuskan untuk menghadirkan kembali Karnaval AirAsia pada 2014.

"Salah satu kelebihan dari promo ini adalah fleksibilitas bagi penumpang karena menawarkan periode perjalanan dalam waktu dekat di masa karnaval hingga satu tahun ke depan," ujar Andry dalam keterangan yang diterbitkan, Minggu (20/4/2014).

Dengan promo itu akan sangat berguna untuk para pelanggan yang ingin melakukan perjalanan bisnis dalam waktu dekat atau mereka yang telah memiliki rencana untuk berwisata namun belum membeli kursi penerbangan.

Para pelanggan dapat memanfaatkan promo ini untuk bertamasya menuju berbagai kota di Malaysia seperti Kuala Lumpur, Johor Baru, dan Penang. Selain itu, para pelanggan juga dapat terbang menuju kota lainnya di Australia, Singapura, China, Korea dan Jepang.

Promo Karnaval AirAsia tersedia mulai dari 21-27 April 2014 dengan periode penerbangan mulai dari 21 April 2014 hingga 30 April 2015.

[Half Time] Liverpool Sementara Unggul Dua Gol Atas Norwich

Posted: 20 Apr 2014 04:50 AM PDT

Liverpool untuk sementara unggul dua gol atas Norwich City dalam 45 menit pertama lanjutan Liga Premier Inggris di  Carrow Road, Minggu  (20/4/2014) malam. Dua gol Liverpool masing-masing dicetak Raheem Sterling dan Luis Suarez.

Meski bermain tandang, Liverpool berinisiatif bermain lebih menyerang. Absennya striker Daniel Sturridge membuat manajer Brendan Rodgers memainkan Philippe Coutinho di lini serang menemani Suarez dan Sterling.

Baru empat menit berjalan, Sterling sudah membuka keunggulan Liverpool. Diawali pergerakan Coutinho di sisi kanan pertahanan tuan rumah, pemain asal Brasil itu menyodorkan umpan kepada Sterling yang berdiri di luar kotak penalti. Dengan sekali dorong, Sterling melepaskan tembakan keras ke pojok kanan gawang yang tak bisa dijangkau kiper John Ruddy. Skor 1-0.

Tujuh menit kemudian, Suarez menggandakan keunggulan Liverpool. Umpan Jon Allen kepada Sterling dilanjutkan dengan masuk ke sisi kanan pertahanan Norwich. Sterling lalu melepaskan mendatar ke mulut gawang yang dengan mudah disepak Suarez untuk menaklukkan kiper Ruddy. 2-0 untuk The Reds.

Tertinggal dua gol, Norwich mulai mencoba bermain lebih menyerang. Namun, serangan yang dibangun Robert Snodgras, Jonny Howson, dan Gary Hooper masih mampu dihalau lini belakang Liverpool yang dikomandoi Martin Skrtel. Hingga turun minum, skor tetap 2-0.

Tambang Bijih Mineral Bumi Resources Mineral Beroperasi 2017

Posted: 20 Apr 2014 04:45 AM PDT

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) melalui anak usahanya PT Dairi Prima Mineral telah menandatangani kontrak Engineering, Procurement and Construction (EPC) dengan China Nonferrous Metal Industry's Foreign Engineering & Construction Co, Ltd (NFC) pada 17 April 2014.

Penandatangan kontrak ini untuk membangun cadangan seng dan timah hitam yang dioperasikan oleh Dairi di Sumatera Utara. Kontrak EPC itu merupakan kelanjutan dari perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh kedua belah pihak pada Oktober 2013.

NFC berencana untuk membangun infrastruktur dan fasilitas yang dapat memproses 1 juta ton bijih per tahunnya di lokasi tambang yang dioperasikan Dairi.

Pembangunan fasilitas itu diharapkan dapat diselesaikan dalam 42 bulan pada akhir 2017. NFC akan membantu untuk mendapatkan 85% dari pendanaan yang diperlukan untuk membangun lokasi tambang seng dan timah hitam yang dioperasikan Dairi itu.

Perseroan belum dapat menjelaskan lebih detil mengenai pendanaan fasilitas dan infrastruktur tersebut.  Menurut Direktur Utama, PT Bumi Resources Minerals Tbk, Suseno Kramadibrata, penandatanganan kontrak itu merupakan pencapaian berarti oleh perseroan.

"Kami berharap untuk dapat memproduksikan cadangan seng dan timah hitam yang dioperasikan oleh Dairi pada akhir 2017 sehingga dapat menambah nilai bagi para pemegang saham," ujar Suseno dalam keterangan yang diterbitkan, Minggu (20/4/2014).

Acara penandatanganan kontrak EPC itu dihadiri oleh Ari Hudaya, Komisaris Utama PT Bumi Resources Mineral Tbk, dan beberapa perusahaan konstruksi lokal di Indonesia. Lalu beberapa perwakilan dari Bank of China, ICBC, dan Sinosure (China Export and Credit Insurance Corporation).

Dairi dimiliki oleh PT Bumi Resources Mineral Tbk sebesar 80% dan sisanya dimiliki oleh PT Aneka Tambang Tbk. Saat ini, Dairi mengoperasikan tambang seng dan timah hitam di Sumatera Utara dengan jumlah cadangan sebesar 11 juta ton bijih dan jumlah sumberdaya sebesar 25 juta ton bijih. Cadangan mineral itu juga memiliki kadar cukup tinggi yaitu 11,5% seng dan 6,8% timah hitam.

Status Capres Terancam, Ical Gandeng 2 Nama Cawapres?

Posted: 20 Apr 2014 04:37 AM PDT

Ada 3 nama yang disebut Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie untuk menjadi cawapres partai lain. Ketiga nama itu Jusuf Kalla, Akbar Tandjung, dan Luhut Panjaitan. Belakangan muncul nama Priyo Budi Santoso sebagai cawapres dari kalangan muda.

Direktur PolcoMM Institute Heri Budianto menilai, Ical memang merestui kadernya dipinang partai lain. Tapi, Ical juga tak tinggal diam dan melepas kontrol terhadap cawapres itu. Ical diperkirakan akan merestui calon yang cukup dekat dengannya.

"Kader yang akan dipilih adalah kader yang dipercaya Ical, tidak memutus komunikasi, dan orang kepercayaan. Dan nama yang paling dekat yakni Pak Luhut dan Priyo," kata Heri, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/4/2014).

Menurut Heri, keduanya punya posisi yang cukup penting dalam partai. Satu di antaranya bahkan memiliki suara dari akar rumput yang potensial. Sementara JK dan Akbar Tanjung cukup sulit disandingkan dengan Ical lantaran lebih senior.

"Seperti kita tahu, JK dan Akbar merupakan senior. Mereka juga pernah menjabat sebagai ketua umum partai. Tentu kontrol tidak akan bisa dilakukan Ical dalam hal ini," kata Heri.

Ical juga diperkirakan tetap ingin berperan dalam penempatan menteri di kabinet. Tapi, hal itu sulit lantaran Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) diperkirakan dipercepat.

"Tentu Pak Ical akan sulit. Bagaimana masing-masing pihak melakukan strategi dan menjaga ritme sampai Munaslub nanti," tandas Heri.

Belakangan, posisi Aburizal Bakrie sebagai capres Partai Golkar semakin terusik. Kegagalan Partai Golkar meraih target 26% suara Pileg semakin menguatkan wacana evaluasi status capresnya. Cara terbaik agar Golkar tetap berada di pucuk pimpinan partai yakni mengajukan cawapres.

Sementara evaluasi status capres Ical justru muncul dari Akbar Tandjung. Ia bahkan mendesak Ical untuk mempertanggungjawabkan perolehan suara yang tidak mencapai target. Menurut hasil penghitungan quick count atau hitung cepat sementara, Golkar hanya mampu mendulang suara 15%.

 

Kartini, Berawal dari Iklan Mencari Sahabat Pena

Posted: 20 Apr 2014 04:33 AM PDT

1899 menjadi tahun penting buat Raden Ajeng Kartini. Ia genap 20 tahun. Setahun sebelumnya, Kartini lepas dari masa pingitan yang menyebalkan.

Kartini getol membaca sejak kecil. Ia rutin menyimak koran Semarang, De Locomotief. Ia juga menerima paket majalah yang diedarkan toko buku kepada para  pelanggan. Di antaranya majalah wanita Belanda, De Hollandsche Lelie. Dari hanya sebagai pembaca, Kartini kemudian beberapa kali mengirim tulisan ke majalah tersebut. Dan, dimuat.

De Hollandsche Lelie pula yang memuat iklan yang dipasangnya. Iklan kecil itu, dimuat pada edisi 15 Maret 1899, bertuliskan: "Raden Ajeng Kartini, putri Bupati Jepara, umur sekian dan seterusnya, ingin berkenalan dengan seorang 'teman pena wanita' untuk saling surat-menyurat. Yang dicari ialah seorang gadis dari Belanda yang umurnya sebaya dengan dia dan mempunyai banyak perhatian terhadap zaman modern serta perubahan-perubahan demokrasi yang sedang berkembang di seluruh Eropa.”
 
Menurut Sitisoemandari Soeroto dalam Kartini: Sebuah Biografi, kepala perempuan ningrat itu penuh dengan rasa penasaran. Ia sangat ingin tahu tentang "pergerakan perempuan" di Eropa. "Apakah benar seperti yang digambarkan dalam buku-buku atau majalah-majalah?" tulis Sitisoemandari.

Gayung pun bersambut. Estelle Zeehandellar merespons. Ia lahir dari keluarga Yahudi di Amsterdam, 5 tahun lebih tua dari Kartini, dan seorang aktivis femini.  Kartini memanggilnya Stella.

Sosok Stella yang idealis niscaya klop dengan perempuan kelahiran 21 April 1879 tersebut. Mereka pun segera saling berkirim surat. Pertemanan pena ini membuka jalan Kartini untuk "berkenalan" dengan sejumlah tokoh lain di Belanda.

Dalam surat pertamanya untuk Stella, Kartini bercerita tentang berakhirnya masa pingitannya. Ia menulis,"Aku mau maju, maju terus! Bukan pesta-pesta atau memburu kesenangan yang kuinginkan, tetapi tujuanku adalah adalah kemerdekaan. Aku mau merdeka, mau berdiri sendiri, agar tidak perlu tergantung pada orang lain, agar tidak terpaksa harus kawin..."

Kartini juga kerap membicarakan buku-buku yang dibacanya kepada Stella. Misalnya, Max Havelaar karya Multatuli (Eduard Douwes Dekker). Ia terpukau dengan riwayat penulisnya yang pernah menjadi Asisten Residen di Lebak tapi gelisah dengan penderitaan rakyat pribumi.

 

Dibukukan dan Menarik Perhatian

Buku lain yang diperbincangkan dengan Stella adalah Hilda van Suylenburg karya Goekoop-de Jong van Beek en Donk. "Roman feminis, yang di kala terbit menggoncangkan masyarakat Belanda ini, menceritakan tentang kepahitan dan penderitaan hidup seorang wanita yang menentang kekolotan..." tulis Sitisoemandari.

Konon, Kartini membaca buku tersebut sampai 3 kali. Sekali, ia pernah mengunci diri dalam kamar agar bisa menyelesaikan buku itu dalam satu kesempatan. Kisah di sana memang sangat cocok dengan keprihatinan putri Bupati Jepara tersebut.

Kartini banyak menulis tentang dirinya. Namun, ia juga banyak mengutarakan pandangan sosial-politisnya. Dalam sepucuk surat kepada istri Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda, JH Abendanon, ia menulis, "Tetapi dapatkah Bunda menyangkal bahwa di samping hal-hal yang indah dan mulia dalam masyarakat Bunda terdapat banyak juga hal-hal yang sama sekali tidak patut dinamakan 'peradaban'?

Setelah Kartini wafat, JH Abendanon menghimpun dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan Kartini pada teman-temannya, bukan hanya Stella, di Eropa. Buku itu diberi judul Door Duisternis tot Licht yang secara harafiah bermakna "Dari Kegelapan Menuju Cahaya." Terbit pertama kali pada 1911.

Terbitnya surat-surat Kartini sangat membetot perhatian masyarakat Belanda. Pikiran-pikiran Kartini mulai menggeser pandangan masyarakat Belanda terhadap perempuan pribumi di Hindia Belanda, terutama di Jawa.

Basis Band Zigas Pukul Wanita Usai Mabuk?

Posted: 20 Apr 2014 04:30 AM PDT

Ebby Fahmi, bassis band Zigas diduga melakukan pemukulan terhadap seorang wanita bernama Nathalie dan asistenya Denny. Kini, Ebby pun dilaporkan ke Polsek Pancoran, Jakarta Selatan.  

Korban sendiri, Nathalie mengatakan, kalau kejadian tersebut terjadi di apartemen miliknya di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Menurutnya, saat itu Ebby sedang dalam pengaruh minuman keras, karena baru saja pulang dari klub malam.

"Ada barangnya dia di apartemen aku yang ketinggalan. Dia baru pulang dari Exodus jam 04:30 WIB pagi dalam keadaan mabuk, ngomong ngelantur, dia mau ambil barangnya. Aku minta asisten aku yang bawain barangnya," kata Nathalie saat ditemui di Polsek Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (20/4/2014).

Saat Danny mengantarkan Ebby ke apartemen Nathalie, tiba-tiba tanpa alasan, dirinya mendapatkam bogem mentah dari Ebby.

"Gue kaget, dia dorong gue sampe jatuh, abis dorong,dia mukul gue. Ada empat kali mukul, sama nendang juga," cerita Denny.

Tak Hanya Denny saja yang mendapatkan tindakan kekerasan dari Ebby, Nathalie pun ikut terkena kekerasan yang dilakukan Ebby, sehingga menyebabkan bagian bibirnya terluka.

"Aku didorong juga (sama Ebby) sampai kena kulkas," ujar Nathalie.

Atas tindakannya tersebut, Nathalie melaporkan Ebby  ke Polres Pancoran, Jakarta Selatan, dengan nomor laporan pengaduan LP/233/K/IV/2014/PMJ/ResJaksel/Sek Pancoran, atas tindakan penganiayaan.

Konflik Internal PPP Dinilai Rugikan Prabowo

Posted: 20 Apr 2014 04:27 AM PDT

Sikap Suryadharma Ali mendukung secara terang-terangan pencapresan Prabowo Subianto dinilai telah memicu konflik di tubuh PPP meruncing.

Suryadharma dijatuhi sanksi pemberhentian sementara dari Ketua Umum PPP berdasarkan hasil Rapimnas yang dipimpin Sekjen PPP Romahurmuziy.

Sanksi yang diputuskan melalui Rapimnas pada Sabtu, 19 Maret 2014 malam itu dinilai berefek pada Partai Gerindra dan Prabowo sebagai pihak yang didukung PPP. Konflik ini jelas merugikan Prabowo terlebih Pilpres semakin dekat.

"Dalam konflik itu yang dirugikan bukanhanya SDA, tapi Partai Gerindra. Karena figur sangat menentukan dalam pilpres," kata Direktur PolcoMM, Heri Budianto di kawasan Teuku Cik Ditiro, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/4/2014).

Menurut dia, SDA seharusnya melakukan komunikasi dengan internal partai sebelum menentukan keputusan mendukung Prabowo pada Pilpres 2014. Alhasil, perpecahan di tubuh partai tak terelakan. "Akhirnya malah jadi tabrak sana tabrak sini, pecat sana pecat sini," imbuh dia.

Lebih lanjut, Heri menilai konflik tersebut juga tak bisa lepas dari sikap Dewan Pengurus Daerah yang menentang dukungan terhadap Prabowo. Tapi, hal itu tidak dicermati oleh SDA. "Akhirnya dinamika internal PPP di daerah tidak mendukung Prabowo," tandas Heri.

Konflik di tubuh PPP mulai memanas ketika 26 Ketua DPW PPP berkumpul di Sentul, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Mereka membuat mosi tidak percaya untuk Suryadharma lantaran dianggap menyalahi aturan partai, terkait kehadiran dan orasinya pada kampanye Partai Gerindra 23 Maret 2014.

Mereka menuntut pengurus DPP segera menggelar rapat pleno guna membahas manuver Suryadharma. Namun, kubu Suryadharma, malah menanggapi tuntutan itu dengan memecat sejumlah pengurus partai karena dianggap berusaha memakzulkan atau melengserkan ketua umum partai.

Melalui SK yang ditandatangani Suryadharma dan Wasekjen Syaifullah Tamliha tertanggal 16 April 2014, DPP PPP memberhentikan Wakil Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan 4 Ketua DPW PPP, yakni Ketua DPW PPP Jawa Barat Rahmat Yasin, Ketua DPW PPP Sumatera Utara Fadli Nursal, Ketua DPW Jawa Timur Musyafa Noer, dan Ketua DPW PPP Sulawesi Selatan Amir Uskara.

Melalui Rapimnas, PPP mengeluarkan keputusan pemberhentian sementara Suryadharma dari posisinya. Keputusan itu dibacakan Sekjen PPP Romahurmuziy.

The Sathorn Unique, Gedung 'Berhantu' untuk Uji Nyali di Bangkok

Posted: 20 Apr 2014 04:10 AM PDT

Bangkok selain terkenal sebagai negari seribu pagoda, ternyata juga memiliki daya tarik lain yang berasal dari bangunan-bangunan pencakar langit yang berdiri megah dan kokoh. Namun di balik kemegahan gedung pencakar langit tersebut, ada satu gedung yang dipercaya mempunyai cerita mistis.

Seperti yang dilansir dari Huffingtonpost, Minggu (20/4/2014), gedung yang dipercaya berhantu oleh penduduk lokal setempat tersebut bernama The Sathorn Unique.

Gedung ini dibangun pada tahun 1990-an. Gedung ini awalnya didesain untuk perkantoran dan juga tempat tinggal. Laman Atlas Obscura pun menjelaskan bahwa The Sathorn Unique direncanakan mempunyai 659 unit tempat tinggal dan 54 toko retail untuk disewakan. Namun ketika krisis moneter melanda pada tahun 1997, pembangunan gedung ini pun terhenti.

Sebenarnya, beberapa proyek gedung pencakar langit yang lain berhasil dilanjutkan dan terselesaikan. Namun gedung berlantai 49 ini tidak dilanjutkan lagi pembangunannya. Gedung ini dibiarkan terbengkalai begitu saja oleh pengelolanya.

Cerita seram pun datang dari seorang blogger yang pernah mengunjungi gedung ini dan membagikan pengalamannya tersebut. Menurutnya, ruangan-ruangan di gedung ini sangat terbengkalai dan menyeramkan.

Beberapa ruangan bahkan dipenuhi barang-barang aneh seperti manekin dan juga poster Raja Thailand. Atmosfer gedung ini tidak mengenakkan. Tidak heran kalau warga lokal percaya bahwa The Sathorn Unique berhantu.

Bagi Anda yang ingin menguji nyali, Anda boleh mencoba datang dan berkunjung sendiri ke gedung ini. Namun Anda harus berhati-hati jika sudah mencapai lantai-lantai teratas karena pondasinya tidak kokoh dan juga banyak lubang di lantainya.

Lebih lanjut, jika Anda tak ingin membahayakan nyawa Anda sendiri, Anda dapat naik ke gedung parkiran 10 lantai yang berada tepat di seberang The Sathorn Unique. Di tempat tersebut Anda dapat melihat gedung berhantu ini dengan jelas.

Karena Terlalu Gemuk, Wanita Ini Batal Menikah

Posted: 20 Apr 2014 04:05 AM PDT

Menjelang hari pernikahannya seorang wanita di Machavaram, India mengalami hal yang tidak diinginkan. Wanita yang tidak disebutkan namanya ini terancam batal menikah karena masalah berat badan.

"Wanita ini diminta mahar lebih besar oleh calon pengantinnya awalnya sekitar Rp 190 juta. Namun saat mendekati hari pernikahan, sang calon pengantin merasa tidak menyukai karena wanita itu tubuhnya terlalu gemuk sehingga meminta tambahan mahar sebesar Rp 94 juta," kata seorang polisi di India yang dikutip Thehansindia, Minggu (20/4/2014).

Merasa jengkel dipermainkan seperti itu, pihak keluarga wanita pun melaporkan ke pihak kepolisian. Pernikahan pun dibatalkan dan pria tersebut dituntut dengan dalih penghinaan.

"Pria itu bernama Vikram Naidu, dia memberikan pilihan kepada calon wanita. Wanita boleh tidak membayar mahar tetapi harus menurunkan berat badan sebanyak 20 kilogram," kata polisi di kantor polisi sektor Machavaram.