Senin, 07 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


[OTO-News] Ribuan Sedan Mazda6 Kena Recall

Posted: 07 Apr 2014 05:45 AM PDT

Bukan hanya General Motor (GM) yang sibuk menarik jutaan unit mobil keluarannya, kini manufaktur asal Jepang, Mazda, juga kesandung masalah serupa.

Dilansir Inautonews, Senin (7/4/2014), National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) membeberkan lebih dari 42.000 unit Mazda6 akan ditarik.

Ditariknya puluhan ribu Mazda6 ini karena temua masalah pada tangki bahan bakar. NHTSA melaporkan, apabila masalah tidak segera ditangani akan berakibat pada pecah dan bocornya tangki bahan bakar sehingga meningkatkan risiko kebakaran.

Lantas model Mazda6 mana yang terimbas kebijakan recall ini? Perusahaan menjelaskan, model yang memboyong mesin berkapasitas 2,5 liter keluaran tahun 2010-2012 dan diproduksi antara 14 September 2009 hingga 2 Mei 2011 harus ditarik.

Adapun, pemilik akan dihubungi oleh pihak Mazda terkait masalah ini. Mazda beserta bengkel yang ditunjuk akan melakukan pemerograman ulang modul control penggerak dari Mazda6 yang bermasalah. Selain itu, mereka juga akan memeriksa serta membersihkan tabung ventilasi.

Hadiah Manis 4Minutes untuk Penggemar

Posted: 07 Apr 2014 05:40 AM PDT

4Minutes tengah merasakan sensasi dengan lagu barunya bertajuk Whatcha Doin Today?. Di lagu ini, 4Minutes memberikan sentuhan yang berbeda dan unik, baik di videoklip maupun di lagunya.

Salah satu adegannya, Ji Yoon--salah seorang personel 4Minutes--berada di toilet pria, berdiri di antara penari pria. Anehnya, Ji Yoon juga tengah menggunakan toilet pria. Meski bagian bawah tak diperlihatkan, pemikiran orang yang melihat adegan ini juga akan dipenuhi dengan pemikiran negatif.

Meski begitu, lagu milik 4Minutes ini meraih kesuksesan. Selain merajai deretan tangga lagu, Whatcha Doin Today? berhasil meraih penghargaan dari acara musik bergengsi di Korea Selatan. HyunA dan kawan-kawan meraih kemenangan manis ketika ikut memeriahkan acara musik ternama Korea Selatan M!Countdown yang diselenggarakan di Jepang, baru-baru ini [baca juga: 4Minutes Kecup Manis Penghargaan di M!Countdown].

4Minutes pun sangat berterima kasih kepada penggemar atas semua dukungannya. Untuk mengungkapkan perasaan tersebut, 4Minutes memberikan pelayanan khusus dengan memberikan minuman bubble tea yang disertai dengan tulisan tangan mereka, dilansir dari MNet, Senin (7/4/2014).

Dalam acara music Core yang berlangsung baru-baru ini, 4Minutes membagikan minuman tersebut untuk penggemarnya yang menyempatkan diri datang ke acara tersebut. Penggemar pun ramai membicarakan hadiah manis dari 4Minutes ini di media sosialnya. bahkan, beberapa foto tentang bubble tea ini pun juga dipamerkan.

4minute treat fans with bubble tea

Fenomena Cahaya Biru di pantai Qingdao Jadi Daya Tarik Turis

Posted: 07 Apr 2014 05:40 AM PDT

Belum lama ini, sebuah kota kecil di Tiongkok mendadak dikunjungi ribuan turis. Para wisatawan berbondong-bondong berharap ingin dapat melihat fenomena cahaya biru yang terjadi di pesisir pantai kota tersebut.

Seperti yang dilansir dari Uknewsday.com, Selasa (8/4/2014), kota Qingdao di Provinsi Shandong, Tiongkok memang dikunjungi banyak wisatawan. Ini karena di pesisir pantai kota tersebut terjadi fenomena unik, yaitu adanya garis biru menyala, yang akhirnya menarik perhatian wisatawan.



Awalnya, masyarakat setempat khawatir cahaya biru tersebut adalah radiasi kimia di pantai. Namun ternyata setelah diteliti, garis cahaya biru tersebut datang dari hewan laut kecil yang hidup di air laut dan hanya menyala di malam hari.

"Hewan ini akan menyala bila ada reaksi kimia yang terkena di tubuhnya, dan cahaya nyala tubuhnya pun bisa berbeda-beda, kadang kuning, hijau, atau biru," kata Meng Chiu, salah seorang warga Qingdao.

Mereka tidak mengetahui kenapa hewan tersebut bisa bereaksi terhadap zat kimia air laut, dan apa kegunaannya bagi ekologi pantai. Namun yang pasti, keberadaan hewan yang menyala ini menjadi daya tarik baru kota Qingdao.

Lebih lanjut, nyala hewan ini terutama jelas terlihat sangat malam hari. Di saat tersebutlah, wisatawan berkumpul kemudian duduk di tepi pantai Kota Qingdao dan mengabadikan fenomena unik ini.

Para Atlet SEA Games dan Para Games Gembira Bonus Cair

Posted: 07 Apr 2014 05:36 AM PDT

Kementerian Pemuda dan Olahraga akhirnya menyerahkan bonus bagi para atlet yang berprestasi di ajang SEA Games  dan Paragames 2013. Di dampingi Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Ketua KOI Rita Subowo, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyerahkan bonus kepada atlet secara simbolis di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (7/4/2014).

"Kami mohon maaf jika bonus yang dijanjikan tak diserahkan sesuai waktunya. Hal ini dikarenakan ada proses mekanisme yang panjang dari Kementerian Keuangan. Mudah-mudahan dalam waktu tiga hingga satu minggu ke depan bonus sudah dapat dinikmati para atlet," tutur Roy dalam sambutannya.

Salah satu atlet yang menerima bonus adalah Rini Budiarti. "Saya bersyukur karena bonus akhirnya sudah cair," kata peraih medali emas nomor halang rintang di SEA Games 2013 Myanmar itu. Saya juga senang karena sudah lama bonus ini ditunggu dan akhirnya bisa dinikmati walau masih menunggu waktu dalam proses pengurusannya."

Senada dengan Rini, Setyo Budi juga mengatakan hal serupa. "Saya sangat senang akhirnya ada titik terang tentang pencairan bonus ini. Saya akan mempergunakan bonus ini untuk keperluan keluarga dan sebagian ditabung," ucap atlet Asian Paragames yang meraih tiga medali emas di cabang atletik.

Sebanyak 821 atlet berhak menerima bonus SEA Games 2013 dari total 30 cabang olahraga. Berikut besaran bonus atlet SEA Games 2013 sesuai dengan medali yang didapatkan:

Perorangan:

Emas: Rp 200 juta
Perak: Rp 50 juta
Perunggu: Rp 30 juta

Beregu:

Emas: Rp 100 juta
Perak: Rp 25 juta
Perunggu: Rp 15 juta

Pelatih:

Emas: Rp 60 juta
Perak: Rp 40 juta
Perunggu: Rp 25 juta

Asisten Pelatih:

Emas: Rp 30 juta
Perak: Rp 20 juta
Perunggu: Rp 12,5 juta

Bagikan Baju Batik, Calon DPD dan Caleg Golkar Dipolisikan

Posted: 07 Apr 2014 05:32 AM PDT

Diduga melakukan politik uang, calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Riau Maimanah Umar dan Calon Legislatif dari Golkar Maryenik Yandra dilaporkan Bawaslu Riau ke polisi. Kasusnya kini tengah disidik dan sudah 4 orang saksi diperiksa.

"Berdasarkan laporan harian yang saya terima, ada calon DPD dan Caleg Golkar untuk DPRD Riau dilaporkan," kata Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo SIK di Pekanbaru, Senin (7/4/2014).

Dijelaskan Guntur, penyidik berjanji menyelesaikan kasus tersebut minimal 7 hari dan maksimalnya selama 14 hari. "Setelah berkasnya siap, jaksa diupayakan meneliti selama 3 hari," ucapnya.

Sejauh ini, penyidik Polda Riau belum memanggil terlapor untuk diperiksa. Penyidik masih memeriksa saksi-saksi yang mengetahui terjadinya tindak pidana politik uang untuk melengkapi bukti.

Kalau penyidik menemukan 2 alat bukti, jelas Guntur, baru 2 terlapor bisa ditetapkan jadi tersangka. Jika tidak ada bukti, penyelidikannya bisa dihentikan.

"Semuanya sudah diatur undang-undang," ucapnya.

Dalam penyelidikan yang dilakukan, penyidik memakai Undang-Undang Nomor 8 tahun 2014 tentang Pemilu Legislatif. Ada beberapa pasal yang diterapkan.

"Informasi dari penyidik, pasal yang digunakan adalah 301 ayat, Pasal 89 huruf d dan e juncto Pasal 81 dan atau Pasal 86. Pasal yang digunakan memang berlapis. Itu kata penyidiknya," terang Guntur.

Kalau ditetapkan tersangka, 2 terlapor diancam hukuman maksimal penjara selama 2 tahun. "Kalau minimalnya, hakim yang menentukan. Hakim juga yang akan memastikan keduanya bersalah. Polisi hanya menyidik saja," tukas Guntur.

Ketua Bawaslu Riau Edy Syafaruddin dikonfirmasi membenarkan laporannya ke Polda Riau. "Pelanggaran Pemilu ini merupakan temuan Fitra. Setelah dikroscek, kasus ini kami laporkan ke Polda," ucap Edi singkat.

Kejadian bermula saat Maimanah Umar dan Maryenik melakukan kampanye di Jalan Rambah Raya, Kabupaten Kampar, pada akhir Maret 2014 lalu. Sekitar pukul 21.30 WIB, kedua terlapor membagikan baju batik ke peserta kampanye. Sewaktu memberikan, kedua terlapor mengimbau warga untuk memilihnya pada 9 April 2014.

Pembagian tersebut diketahui Forum Indonesia untuk Transparansi Anggara (Fitra) Wilayah Riau. Setelah mengumpulkan bukti, Fitra melaporkan ke Bawaslu.

Setelah mengonfirmasi dan memanggil 2 terlapor, Bawaslu menemukan bukti politik uang. Seanjutnya, kasus ini diteruskan ke Sentra Gakumdu Polda Riau.

Pertamina akan Luncurkan Elpiji Premium 12 Kg

Posted: 07 Apr 2014 05:30 AM PDT

Ada cara unik dilakukan Pertamina untuk meningkatkan penjualan produknya. Dalam waktu dekat, PT Pertamina sedang bersiap-siap untuk menghadirkan elpiji khusus lifestyle 12 kilogram (kg).

Senior Supervisor Eksternal Relation Pertamina Sumatera Selatan (Sumsel), Alicia Irzanova menuturkan, gas elpiji  lifestyle ini memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat kelas menengah ke atas.

"Namanya Bright Gas 12 Kg. Tabung gas ini memang lebih premium dan beda dibandingkan gas 12kg sebelumnya. Selain warnanya yang bisa disesuaikan dengan lifestyle rumah, pengamanannya juga ekstra," kata Alicia kepada Liputan6.com, Senin (7/4/2014).

Elpiji lifestyle ala Pertamina ini akan diluncurkan pada awal Mei mendatang dihadirkan dengan empat varian warna yaitu warna merah, biru, hijau dan ungu.

Untuk pengamanannya sendiri, Bright Gas ini memiliki Seal Cap dan dilengkapi double spindel sehingga lebih aman pada saat pemasangan regulator dan menahan gas tidak keluar.

"Gas 12 kg biasa juga aman, tapi ini lebih kepada pengamanan ekstra dan mewah. Ada juga karet pelindung benturan, jadi cat tabung tidak mudah terkelupas saat terjadi benturan," tutur Alicia.

Untuk harga pengisian ulang (refill) elpiji Bright Gas 12 kg sendiri memang lebih tinggi dibandingkan gas 12 kg biasa. Pertamina mematok harga pengisian Bright Gas sebesar Rp 115 ribu, sedangkan tabung gas 12kg biasa dihargai sekisar Rp 91 ribu.

"Mahalnya cuma beda Rp 20 ribu saja, tapi lebih kepada harga servisnya, karena berbeda dari gas biasa," lanjutnya.

Pada peluncuran bulan depan, masyarakat bisa menukar gas 12 kg lama dengan Bright Gas 12 kg baru, namun pengisian gas tetap dihargai sesuai tabung gas yang dibutuhkan.

Untuk stok sendiri sudah siap dari sekarang sebanyak 15 ribu tabung. Pengenalan ke masyarakat akan produk baru ini dengan membidik agen-agen berpotensi dan beberapa even besar lainnya.

"Ini baru akan dipromosikan, namun stoknya tidak sekadar promosi, akan terus berlanjut untuk memenuhi kebutuhan konsumen," lanjutnya.

Di Palembang sendiri, sekitar 3 ribu konsumen mengisi elpiji 12 kg per hari. Pihaknya pun optimistis bahwa produk ini bisa dengan cepat diminati masyarakat Palembang.

"Potensi Palembang sangat besar untuk produk ini. Namun, kami baru akan memasarkan di Palembang dulu, belum ke kabupaten/kota di daerah lain se-Sumsel," ucapnya.

Star Wars Episode VII Sudah Simpan Daftar Pemain

Posted: 07 Apr 2014 05:30 AM PDT

Star Wars Episode VII yang sangat dinanti oleh para fansnya, dikabarkan sedang memulai proses pembuatan filmnya pada saat ini. Sejumlah nama pun dinyatakan sudah ditentukan walaupun belum bisa diumumkan.

Dilansir dari Ace Showbiz, perwakilan Disney, Alan Horn menyatakan bahwa pihaknya kini sedang melakukan syuting untuk beberapa adegan. Selain menyebut sudah menyimpan daftar nama pemain, ia juga meminta fans dan media untuk bersabar menanti pengumuman selanjutnya.

Alan juga turut mengungkapkan bahwa tantangan terbesar film ketujuh ada di dalam naskahnya. Ketika ditanya mengenai alur ceritanya, ia menyebut bahwa kisahnya akan berjalan 35 tahun setelah Star Wars Episode VI.

Beberapa nama bintang sempat dirumorkan bakal terlibat dalam Star Wars: Episode VII. Mereka adalah Ed Speleers (Downton Abbey), John Boyega (Attack the Block), serta dua aktor teater, Matthew James Thomas dan Ray Fisher.

Harrison Ford, Mark Hamill, dan Carrie Fisher resmi kembali sebagai versi tua dari Han Solo, Luke Skywalker, dan Princess Leia. Sementara itu, aktor Adam Driver diperkirakan tampil menjadi penjahat utamanya bersama dengan rumor kehadiran bintang-bintang lain seperti Jesse Plemons, Benedict Cumberbatch, dan Gary Oldman.

Star Wars: Episode VII direncanakan tayang perdana pada 18 Desember 2015 mendatang. Fans pun dituntut bersabar dalam menunggu tayangnya petualangan seru kaum Jedi versi muda itu.

Keanggunan Kate Middleton dalam Kunjungannya ke Selandia Baru

Posted: 07 Apr 2014 05:20 AM PDT

'The Duchess of Cambridge' Kate Middleton tampil anggun dalam kunjungan ke Selandia Baru. Kunjungan tersebut merupakan lawatan resmi pertamanya dengan sang suami Pangeran William dan anaknya Pangeran George hari ini, Senin (7/3/14). Pangeran George yang kelak akan melanjutkan tampuk kepemimpinan raja Inggris tersebut tampak dibopong ibunya saat turun dari pesawat.

Kate tampak anggun dengan topi merahnya dari Gina Foster. Dipadukan dengan mantel yang berwarna merah juga dari Catherine Walker.

Penampilan anggunnya didukung oleh aksesoris yang ia kenakan dengan bros perak berbentuk pakis yang mewakili dari simbol nasionalisme Selandia Baru. Kabarnya bros yang ia kenakan tersebut merupakan pinjaman dari ibu mertua sang Ratu Elizabeth.

Perpaduan tersebut jadi tampak harmonis ketika Pangeran William yang turun bersanding dengan Kate mengenakan jas biru tua. Sedangkan si mungil Pangeran George tampak menggemaskan dengan 'jumper' bayi berwarna krem dan celana pendeknya yang berwarna putih.

William dan Kate tiba di Wellington dengan disambut oleh prajurit tradisional ala Selandia Baru 'Maori' dan Perdana Menteri John Key.

Kabarnya lawatan mereka akan memakan waktu selama tiga minggu dengan tujuan Selandia Baru dan Australia. Pasangan kerajaan Inggris tersebut harus melalui upacara adat ala tradisi Selandia Baru salah satunya adalah saling menggesekkan hidung mereka dengan seorang pemangku adat Maori saat upacara penyambutan di Government House Wellington.

Tradisi tersebut biasa dinamakan 'Hongi'. Bukan hanya itu, Pangeran William juga diminta untuk mengambil anak panah yang ditempatkan di kaki prajurit Maori sebagai simbol bahwa mereka telah tiba dengan selamat dan damai.

Seperti yang dilansir DigitalSpy.com, kabarnya mereka akan mengunjungi 12 kota di kedua negara, Selandia Baru dan Australia. Dalam kunjungan tersebut, mereka akan dilibatkan diberbagai acara seperti perlombaan Yacht di Auckland Harbour.

Selain itu mereka akan diagendakan untuk mengunjungi Ayres Rock untuk memberikan penghormatan untuk korban bencana gemba bumi di Christchurch 2011 silam.

TKI Wilfrida Bebas, Puluhan Warga Sambut Prabowo di Halim

Posted: 07 Apr 2014 05:18 AM PDT

Kabar baik datang dari persidangan tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nusa Tenggara Timur, Wilfrida Soik yang terancam hukuman mati di negeri jiran. Sidang Pengadilan Kota Bahru, Kelantan, Malaysia akhirnya menyatakan Wilfrida tidak bersalah dan bebas.

Dampak dari keputusan pengadilan negara serumpun tersebut ini membuat puluhan warga Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur rela menunggu kedatangan Prabowo Subianto, orang yang menemani dan membantu Wilfrida dalam persidangan.

Menurut Lina Wijaya (30) warga Kepon Pala, dirinya sangat terharu dan ingin mengucapkan terimakasih langsung kepada Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut. Karena menurutnya sudah menyelematkan Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dari ancaman hukuman mati.

"Saya tuh denger dari berita dan orang-orang, itu Wilfrida nggak jadi dihukum mati. Bangga dan seneng banget, pengen ngucapin terimakasih sama Pak Prabowo. Ada ya orang baik banget mau bantu buat orang lain, padahal saudara bukan," ucap Linda di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (7/5/2014).

Meski hujan terus mengguyur, serta kedatangan Prabowo dari Malaysia telat dari yang diagendakan yakni sekitar pukul 17.00 WIB menjadi pukul 19.30 WIB, para warga itu rela menunggu. Tak hanya itu, 2 spanduk bertuliskan 'Terimakasih Pak Prabowo' pun dibawa mereka.

"Biarin mau hujan juga, yang penting bisa ketemu langsung sama Pak Prabowo."

Hal senada dikatakan warga Kebon Pala lainnya, Purwanto (50), setelah mengetahui kabar Wilfrida bebas, dia ingin sekali bersalaman dengan mantan Danjen Kopassus tersebut.

"Saya dengar warga di kampung saya mau ke Bandara Halim mau ketemu Pak Prabowo, saya langsung ikut aja. Denger bebas dari orang-orang tadi siang," ujar Purwanto yang diamini warga lainnya.

Pada Minggu 6 April 2014 sekitar pukul 14.00 WIB, Prabowo terbang ke negeri jiran untuk mendampingi sidang vonis terhadap Wilfrida Soik. Sebelumnya Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Belu, Nusa Tenggara Timur itu terancam hukuman mati lantaran dituduh membunuh majikannya.

Baca juga:

TKI Wilfrida Bebas, Hashim Gerindra: Tugas Belum Selesai

Gangguan Jiwa, TKI Wilfrida Bebas dari Hukuman Mati di Malaysia

Prabowo: Alhamdulillah TKI Wilfrida Bebas dari Hukuman Mati

Kemenkeu Ragukan Profesionalitas AP I

Posted: 07 Apr 2014 05:15 AM PDT

Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mempertanyakan profesionalitas PT Angkasa Pura I (Persero)/AP I terkait rencana pengembangan terminal bandara di atas air (rawa) di lingkungan bandara Ahmad Yani Semarang.

Hal ini menyusul keluhan BUMN tersebut atas patokan harga lahan yang diusulkan pemerintah. Direktur Jenderal DJKN Kemenkeu, Hadiyanto memberikan pembelaannya atas kekecewaan AP I dalam kerja sama pemanfaatan lahan barang milik negara (BMN) dengan pemerintah.

Menurut Hadiyanto, pemanfaatan aset atau BMN lahan oleh AP I di bandara Ahmad Yani harus diusulkan dari pengguna barang Kementerian Pertahanan dan dilaporkan ke pengelola barang yakni Kemenkeu.

"AP I telah mengajukan proposal dan membuat angka atau asumsinya, seperti pertumbuhan penumpang, nilai investasi, aset dan lainnya. Nah atas dasar proposal itu, kami lakukan perhitungan," terang dia saat ditemui di kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (7/4/2014).

Sayangnya, Hadiyanto mempertanyakan kredibilitas dari asumsi yang diproyeksikan perusahaan pelat merah itu. Dia menggambarkan soal pertumbuhan penumpang yang diperkirakan mencapai 10%. Padahal dalam lima tahun terakhir, menurut Hadiyanto, jumlah penumpang transportasi udara meningkat 16%-18%.

"Harusnya bisa lebih tinggi, jadi kami koreksi lagi. Selain itu, nilai investasinya Rp 1,156 triliun lalu kami cek ada investasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan sekitar Rp 200 miliar, kami kurangi menjadi Rp 957 miliar. Artinya perubahan ini berpengaruh terhadap semua hasil analisis," jelasnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga memperhitungkan imbal hasil dari proyek tersebut untuk perseroan. "Kami keluarkan keputusan berdasarkan proposal yang disampaikan Kemenhan dan AP I. Tapi sekarang ada perubahan lagi katanya investasi diklaim Rp 1,5 triliun. Itu pengaruh lagi," ujar Hadiyanto.

Lebih jauh dikatakannya, DJKN telah membahas kembali proposal kedua AP I. Namun lagi-lagi mereka membuat asumsi pertumbuhan penumpang dengan data 1998.

"Nih AP I profesional nggak sih. Saya saja yang birokrasi ngerti. Dari situ banyak angka atau asumsi di proposal yang nggak kredibel. Akibatnya harus dibahas ulang dan sekarang masih dalam pembahasan. Jangan gegabah main teken aja," terang dia.

Saat ini, Hadiyanto menyebut, pihaknya tengah bekerja keras untuk mengecek kebenaran asumsi yang dipasang perseroan dalam proposalnya. Dia menargetkan bisa melahirkan keputusan segera mungkin.

"Target kami secepatnya setelah perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 6/2006 di tandatangani, dan perbaikan proposal sekaligus kredibiltas dari angka itu supaya nggak berubah-ubah. Kami selesaikan sesuai jangka waktu yang menuru saya pantas diselesaikan," tandas dia.

Tommy Sugiarto Optimistis Bisa Tampil di Piala Thomas

Posted: 07 Apr 2014 05:13 AM PDT

Awal Maret lalu, Tommy Sugiarto harus tersingkir di babak pertama All England 2014 setelah kalah dari pemain dari China Gao Huan. Ketika itu, pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Indonesia tersebut mengaku kondisinya tidak prima saat bertanding lantaran tulang telapak kaki kanannya retak sejak dua minggu lalu.

Tommy mengatakan, dokter sebenarnya sudah melarangnya untuk turun di All England. Namun, dia masih ingin mencoba. Setelah absen satu bulan, Tommy mengaku kini cederanya mulai membaik setelah menjalani terapi dan perawatan di Jakarta.

"Setelah mengikuti terapi setiap dua hari sekali, cedera kaki saya sudah tidak terasa lagi. Sekarang tinggal proses pemulihan," kata Tommy saat ditemui di Kantor KONI DKI Jakarta, Senin (7/4/2014).

Pebulu tangkis berusia 25 tahun itu juga optimistis bisa tampil di ajang  Piala Thomas pada Mei mendatang. Tommy yakin proses pemulihan cedera berjalan lancar walau absen cukup lama dari bulutangkis. Dia menambahkan bakal segera mengikuti pemusatan latihan dengan PBSI di Jakarta.

"Sekarang sedang ada pemusatan latihan di Kudus, tapi saya sepertinya akan mengikuti saat sudah di Jakarta. Saya juga sudah minta izin untuk menjalani terapi. Mudah-mudahan saya dapat tampil di Thomas Cup," ucap Tommy.

Icuk Sugiarto, ayah dari Tommy, mengamini pernyataan putranya. "Saat ini fokus dari pemulihan cedera adalah menghilangkan trauma yang didapat Tommy. Saya kira minimal satu minggu ke depan dia sudah dapat berlatih penuh," ujar Icuk. "Saya optimistis Tommy dapat tampil di Thomas Cup karena sang dokter juga mengatakan hal itu kepada saya."

Lucunya Sushi Ini Ketika Jadi Media Lukis

Posted: 07 Apr 2014 05:12 AM PDT

Siapa yang mengira, Sushi, salah satu makanan khas dari negeri Sakura yang dibuat dari nasi dengan bentuk bulat atau lonjong yang dibungkus dengan nori atau rumput kering dengan berbagai makanan laut lainnya dapat digunakan sebagai media lukis.

Seperti yang dilansir dari Odditycentral, Senin (7/4/2014), ilustrator chef asal Jepang bernama Takayo Chiyota atau lebih dikenal dengan nama Tama Chan menggunakan sushi sebagai kanvas untuk menghasilkan sebuah seni yang indah. Ia membuat jenis sushi makizushi yang tidak hanya lezat untuk dikonsumsi tapi juga indah dan menarik.

Ia membuat sushi roll dengan gambar mobil, kartun, dan juga sushi dengan lukisan firaun. Selain itu masih banyak lagi sushi lukis yang terinspirasi dari pemandangan alam, seperti sushi lukis bunga dan pegunungan.

Anda jangan takut untuk memakan sushi penuh warna ini karena chef ini menggunakan bahan-bahan yang aman dikonsumsi. Ia menggunkan pewarna makanan alami untuk membuat makizushi lukis ini.

Kunci dari membuat sushi ini adalah nasi untuk membuat sushi yang diberi pewarna makanan alami, serta nori, telur dan sayuran lainnya. Dan yang paling penting bagaimana mengeksekusikan imajinasi ke dalam sushi dalam menggulung dan memotong sushi. Dan kini teknik art sushi pun berkembang pesat di Jepang.

Lebih lanjut, Takayo pun membuka kelas untuk membuat sushi art ini yang diadakan dikawasan Omotesando Tokyo. Kelas membuat sushi art ini juga dibuka untuk para turis asing.

Saksi: Saya Disuruh Muhtar Antar 'Paket Ikan Asin' ke Rumah Akil

Posted: 07 Apr 2014 05:08 AM PDT

Keponakan Muhtar Ependy, Miko Panji Tirtayasa hadir menjadi saksi terdakwa Akil Mochtar dalam sidang kasus dugaan suap pengurusan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Muhtar disebut-sebut sebagai orang kepercayaan Akil saat masih menjabat Ketua MK.

Dalam kesaksiannya, Miko yang juga asisten pribadi Muhtar mengaku pernah disuruh pamannya itu mengantarkan 2 kardus 'paket ikan asin' ke rumah Akil di Rumah Dinas Ketua MK, Jalan Widya Candra III, Jakarta.

"Saya disuruh antar paket ikan asin (ke rumah Akil). Waktu itu bulan puasa. Saya antar berdua dengan Pak Muhtar," kata Miko di muka sidang Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta, Senin (7/4/2014).

Awalnya, Miko tak curiga dan tak mengetahui apa isi kardus tersebut. Setelah memasukkan mobil ke halaman rumah Akil, dia disuruh menurunkan 2 kardus tersebut dari mobil. Usai menurunkan kardus itu, Miko kaget saat melihat isi kardus.

Ternyata kedua kardus tersebut bukan berisi ikan asin, seperti yang dikatakan Muhtar, melainkan berisi tumpukan uang. "Pas lihat itu isinya uang. Rupiah pecahan seratus ribu," ujar Miko.

Saat itu, lanjut Miko, yang menerima 2 kardus itu adalah Daryono, sopir pribadi Akil. Daryono membawa masuk kedua kardus itu melalui pintu garasi. Sementara Akil tidak terlihat saat itu.

Paket 'Ikan Asin' Empat Lawang

Tak berhenti di situ. Miko terus mendapat cecaran pertanyaan dari Majelis Hakim yang dipimpin Suwidya itu. Miko pun kembali mengaku, Muhtar sempat bertemu 2 kali dengan seseorang. Orang itu belakangan diketahuinya sebagai Bupati Empat Lawang, Sumatera Selatan, Budi Antoni Aljufri.

Pertemuan itu dilakukan sebelum 'paket ikan asin' dikirim ke rumah Akil. "Ketemu pertama di Soto Senayan, MOI (Mall of Indonesia) Kelapa Gading saat bulan puasa. Saya baru tahu sekarang orangnya. Itu Budi Antoni," kata Miko.

Menurut Miko, pertemuan Muhtar dan Budi Antoni dilakukan satu pekan kemudian yang juga dilakukan di kawasan Kepala Gading, yakni Restoran Pisang Ijo, Jalan Boulevard Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Di tempat itu, Miko yang ikut masuk ke dalam restoran itu mengaku tak sengaja mendengar isi obrolan Muhtar dengan Budi Antoni. "Saya mengetahui Pak Budi minta tolong sama Pak Muhtar masalah penghitungan suara. Beliau (Budi) bilang dizalimi suaranya kalah, minta tolong ke Pak Muhtar," ungkap Miko.

Setelah pertemuan itu, Muhtar meminta Miko mengantarnya ke Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalimantan Barat cabang Jakarta yang berada di kawasan Kota, Jakarta Utara. Saat itu, Muhtar keluar ditemani seseorang yang memakai peci hitam.

"Kemudian saya diminta naikin 2 dus (ke dalam mobil)," ujar Miko.

Kedua dus itu yang kemudian oleh Muhtar diantarkan ke rumah Akil dengan sebutan paket 'ikan asin'. "Karena kalau ikan asin kan ngambilnya tidak di bank," kata Miko.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Jadi Saksi Akil, Ponakan Muhtar Minta Paman Keluar Ruang Sidang

Anak Buah Muhtar Ependy Sebut Bosnya Makelar Kasus di MK

Anak Buah Sebut Muhtar Ependy `Palak` Calon Bupati Empat Lawang

Disebut Terima Rp 1,2 M, Rano Karno: Saya Tak Kenal Yayah

Posted: 07 Apr 2014 05:06 AM PDT

Staf Keuangan PT Bali Pacific Pragama (BPP) atau yang lebih dikenal sebagai bendahara pribadi Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, Yayah Rodiah menyebut Wakil Gubernur Banten Rano Karno pernah menerima uang melalui cek senilai 1,2 miliar dari perusahaan milik Wawan. Namun Rano Karno mengaku tidak mengenal sosok Yayah.

"Saya nggak kenal. Dia kan bukan PNS," kata Rano usai menghadiri pelantikan pejabat baru Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Banten di Pendopo Gubenur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, Senin (7/4/2014).

Rano juga menegaskan dirinya ragu jika pernah bertemu Yayah, apalagi sampai menerima transfer dari yang bersangkutan. Sementara, ketika ditanya soal pernyataan DPP PDIP yang menyatakan kebenaran pernyataan Yayah, Rano mengklarifikasinya.

"Itu kan dari Pak Trimet (Trimedya Panjaitan). Saya tanya ke Pak Trimet dan dia sudah membantah itu. Ini saya rasa karena tanggal 9 April. Gitu aja ya," tegas Rano

Pria yang berperan sebagai si 'Doel' dalam sebuah sinetron itu sebelumnya jaga membantah pernah menerima transfer dari perusahaan Wawan. Untuk membuktikannya, ia mempersilakan mengecek melalui PPTAK.

"Tidak pernah ada transfer itu. Di era seperti ini, seluruh lalu lintas keuangan bisa dicek melalui PPATK. Silakan dicek benarkah transfer itu ada?" ujar Rano melalui pesan singkatnya, Kamis 3 April 2014.

Meski demikian, KPK tak tinggal diam terkait pemberian cek tersebut. Menurut Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, pihaknya pasti akan menindaklanjuti hal itu.

Tindak lanjut itu akan dilakukan setelah persidangan Wawan selesai. Terutama pertimbangan majelis hukum sebelum memutuskan apakah Rano Karno terlibat atau tidak.

Baca juga:

Disebut Terima Cek dari Wawan, Rano Karno: Tidak Pernah Ada

KPK Segera Tindak Lanjuti Dugaan Rano Karno Terima Cek Rp 1,2 M

Isu Rano Karno Terima Cek Rp 1,2 M Pengaruhi Suara PDIP?

Quick Count Lembaga Survei Bakal Awasi Hasil Pemilu

Posted: 07 Apr 2014 05:04 AM PDT

Menjelang pemilihan umum, kata quick count semakin banyak diucapkan. Bahkan quick count inilah yang ditunggu-tunggu setiap penyelenggaraan pemilu.

Umumnya kata quick count diartikan sebagai penghitungan cepat untuk memprediksi hasil pemilu. Namun, kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi, quick count juga bertujuan untuk mengawasi jalannya pemilu.

"Kalau prediksi kemenangan itu hanya bonus," kata Burhanudin dalam diskusi di Graha Mandiri, Jakarta, Senin (7/4/2014).

Burhanudin menjelaskan, quick count biasa digunakan di negara-negara dengan sistem pemilu proporsional. "Sebagai alat kontrol untuk menghadirkan pemilu yang fair," lanjutnya.

Biasanya setelah dihitung di Tempat Pemungutan Suara (TPS), kertas suara dibawa ke kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan terakhir ke pusat. Jenjang yang panjang ini, ujar Burhanudin, berpotensi menimbulkan kecurangan. Bahkan semakin panjang jenjangnya, semakin besar potensi kecurangannya.

Disinilah pentingnya quick count. Proses penghitungan suara dilakukan di TPS sebelum suara dibawa ke tingkat atas. "Hal ini yang sering dilupakan masyarakat."

Dalam menyelenggarakan quick count, lembaga survei bisa menggunakan 2 metode agar proses perhitungan berjalan benar. Metode pertama dengan sampling dan kedua mengambil seluruh populasi TPS.

"Kalau kita ambil dari seluruh TPS, biayanya mahal. Kita seperti mengerjakan pekerjaan KPU. Selain itu hasilnya pasti lama," tukas Burhanuddin. (Sunariyah)







[FOTO] Keseruan Nonton Bareng Premier Film Captain America

Posted: 07 Apr 2014 05:04 AM PDT

Para penonton terlihat mengantri untuk menonton Film Captain Amerika (Liputan6.com /Andrian Martinus Tunay)

Tak Liburkan Karyawan Saat Pemilu, Perusahaan Terancam Pidana

Posted: 07 Apr 2014 05:03 AM PDT

Pemilihan legislatif akan digelar pada 9 April 2014. Semua warga akan memberikan hak suaranya untuk memilih pemimpin Indonesia selama 5 tahun mendatang. Ketua KPU Kabupaten Tangerang Akhmad Jamuludin mengatakan, semua instansi maupun sejumlah perusahaan wajib meliburkan atau memberikan kesempatan kepada pegawainya untuk menggunakan hak pilihnya.

"Sesuai UU Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, Pemilu dilaksanakan hari libur atau hari yang diliburkan. Dan itu harus dijalankan," kata Akhmad di Kantor KPU Tangerang, Senin (7/4/2014).

Dia menambahkan, tak ada alasan bagi perusahaan untuk tidak meliburkan operasionalnya. Sebab bila tidak libur, perusahaan itu bakal dikenakan sanksi.

"Jika nanti ada perusahaan yang tidak meliburkan karyawan atau memberikan kesempatan pegawainya untuk mencoblos, dapat dikenakan sanksi karena termasuk pelanggaran pidana Pemilu," jelasnya.

Kabupaten Tangerang dikenal sebagai wilayah dengan kawasan industri. Tak ayal, masyarakat sekitarnya pun lebih banyak bekerja sebagai buruh pabrik di wilayah tersebut.

"Karena itu, kami berharap Disnaker Kabupaten Tangerang ikut andil menyampaikan informasi kepada sejumlah perusahaan," pungkas Akhmad. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Jokowi Bertemu Mega Usai Nyoblos, Tapi Ahok Tak Temui Prabowo

H-2 Pileg Masyarakat Diimbau Waspadai Fenomena Wani Piro

H-2 Nyoblos, KPU Kota Bandung Kekurangan 1.000 Surat Suara

 

Kalangan Pengusaha Deklarasikan Dukungan ke Jokowi

Posted: 07 Apr 2014 05:00 AM PDT

Kalangan enterpreneur dan profesional muda yang tergabung dalam EP for Jokowi mendeklarasikan dukungannya untuk Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan umum 2014.

Koordinator EP for Jokowi, Hasnil Fajri mengatakan gerakan moralitas kalangan enterpreneur dan profesional ini melihat gaya kepemimpinan Jokowi sebagai gubernur selama ini dinilai dekat dengan rakyat melalui caranya yang suka blusukan.

Dia menilai, Indonesia bisa keluar dari keterpurukan baik di bidang ekonomi, pangan maupun energi serta perbaikan di bidang hukum dan politik serta keamanan secara umum.

"Bisa dilihat bagaimana ketergantungan kita dari produk-produk impor, apalagi di sektor pangan. Ini kan karena adanya kesalahan dalam pengelolaan negara," ujar Hasnil saat konferensi pers di Country Style Donuts, Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (7/4/2014).

Hasnil menegaskan, EP for Jokowi ini ditargetkan mampu menghimpun dukungan 1 juta enterpreneur baru di seluruh Indonesia. "Ini murni dari hati para enterpreneur dan profesional muda bukan hanya di Jakarta tetapi di seluruh Indonesia," ujar Hasnil.

Sebagai informasi, EP for Jokowi terbentuk pada 25 Maret 2014. Relawan yang tergabung dalam gerakan ini terdiri dari berbagai macam profesi di antaranya pengacara, dokter, banker dan lain-lain.

"Gerakan ini sudah sampai ke pelosok, tidak hanya di Jakarta, jaringannya akan nasional. Kami hanya punya satu visi, bagaimana nasib bangsa ke depan perlu perbaikan," tandasnya.

Cara Cakra Khan Jaga Kualitas Suara

Posted: 07 Apr 2014 05:00 AM PDT

Wajib hukumnya bagi penyanyi profesional untuk menjaga kualitas pita suara. Namun bagi penyanyi Cakra Khan (22), agar pita suara tetap terjaga baik, tidak perlu banyak pantangan.

Makanan gorengan, es, dan minuman adalah musuh bagi kebanyakan penyanyi. Karena, jenis makanan dan minuman itu bisa memperburuk kualitas pita suara, yang membuat suara menjadi tidak enak untuk didengar.

"Saya tidak pernah ribet dengan makanan dan minuman. Gorengan, hajar. Pun dengan es, saya hajar juga," kata Cakra kepada Health Liputan6.com di Panasonic Gobel Awards 2014, ditulis Senin (7/4/2014).

Bagi pemilik tembang `Harus Terpisah`, pantangan justru membuat dia tersiksa. Menurut Cakra, dirinya bukanlah tipikal orang yang dapat menahan godaan makanan, terlebih bila rasa lapar menyerang. "Kalau lapar, saya makan. Tidak pernah ditahan-tahan. Maka itu, saya tidak ada pantangan," kata Cakra menambahkan.

Pria kelahiran 27 Februari 1992 menjelaskan, selagi semua makanan itu dikonsumsi dengan batasan yang wajar, penyakit yang ditakuti tidak akan pernah dialaminya. Kecuali, bila semua itu dikonsumsi dalam porsi yang tidak wajar.

"Toh, kalau makanan itu sedikit tidak akan menjadi masalah. Yang menjadi masalah, bila kebanyakan atau berlebihan," kata Cakra menekankan.

Di tengah kesibukannya, Cakra Khan juga berusaha mengatur pola isitirahat dan makannya. Semua dilakukan, agar terhindar dari penyakit yang membuatnya sulit untuk beraktivitas.

"Kalau saya yang pasti istirahat yang cukup, suplemen jalan terus, dan pastinya minum air putih," kata Cakra Khan.

Tak hanya itu, penyanyi yang berhasil menyabet tiga piala dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013, juga tidak lupa untuk melakukan aktivitas fisik. Bulu tangkis dan jogging, menjadi pilihannya.

"Olahraga penting, saya sendiri terkadang bulutangkis dan joging pasti tiap pagi. Dan tidak ada diet-dietan," kata dia menerangkan.

Lady Gaga Beri Penampilan Spesial Hanya untuk Sang Kekasih

Posted: 07 Apr 2014 05:00 AM PDT

Lady Gaga memang dikenal sebagai sosok penuh kontroversi. Lady Gaga akan sangat berbeda di atas panggung. Ia menjadi penyanyi yang tak mau mengikuti aturan dan terkesan kontroversial. Namun penyanyi yang disebut sebagai Mother Monster itu pun bisa tunduk juga di hadapan kekasihnya, Taylor Kinney [baca juga: Lady Gaga Jadi Gadis Penurut di Depan Sang Kekasih].

Hal itu ditunjukan berupa perlakukan spesial Lady Gaga terhadap Taylor Kinney. Setelah menggelar konser spektakulernya di Roseland Ballroom di New York, Amerika Serikat, Lady Gaga membuat pertunjukan khusus hanya untuk sang kekasih.

Penampilan Lady Gaga itu sangat seksi karena ia sengaja melukannya di hadapan Taylor Kinney. Lady Gaga melakukan streptease di klub malam BPM yang terletak tak jauh dari tempat konsernya, dilansir dari Contactmusic, Senin (7/4/2014).

Penjagaaan ketat pun dilakukan agar kegiatan Lady Gaga ini tak tercium publik. Agar privacy terjaga, sebuah hordeng besar menutupi arena yang menjadi sangkar sementara bagi Lady Gaga dan Taylor Kinney.

Pesta yang digelar Lady Gaga bersama sang kekasih ini dilakukan atas keberhasilan konsernya di hadapan 1.200 penonton. Seorang sumber menyebutkan jika Taylor Kinney sangat menikmati penampilan yang disajikan secara pribadi oleh wanita yang dicintainya itu. Taylor Kinney terus memberikan pujian untuk Lady Gaga, menyebutkan jika ia tak bisa berkedip saat kekasihnya itu melakukan tarian seksi untuk dirinya.