Jumat, 04 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Dian Sidik Perankan Tokoh Wiranto

Posted: 04 Apr 2014 05:40 AM PDT

Dian Sidik selama ini dikenal sebagai aktor yang kerap memerankan tokoh konyol di sinetron dan FTV. Tapi kali ini, aktor kelahiran Surabaya 11 Oktober 1979 itu akan memerankan salah seorang tokoh nasional Tanah Air, Jendral TNI (Pur) Wiranto.

Dian akan memerankan tokoh Wiranto untuk film berjudul Di Balik Pintu Istana besutan Lukman Sardi. Banyak cerita menarik yang didapat Dian ketika ia mangang langsung dengan sang tokoh.

"Dua hari saya jadi ajudan beliau (Wiranto). Meski cuma dua hari, tapi rasanya luar biasa. Banyak yang kaget melihat saya menjaga beliau. Saya juga sempat merasa seperti orang penting ketika satu mobil dengan beliau," kata Dian, saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Tidak saja pengalaman seru dengan Wiranto yang didapat bintang sinetron Calon Bini tersebut. Selama syuting film Di Balik Pintu Istana, adik kandung musisi Rio Sidik ini juga menjadi lebih sadar akan politik. "Kalau dulu kan cuek sama politik, sekarang saya lebih peduli," kata Dian.

Dian pun mengaku cukup kesulitan memerankan tokoh Wiranto. "Kalau soal bahasa mungkin nggak masalah, karena bahasa kami sama, sama-sama orang Jawa. Tapi kharisma beliau, itu yang sangat sulit," sambung Dian, yang merupakan duda dari presenter gosip Mila Rahmawati.

Film Di Balik Pintu Istana berkisah pada tragedi berdarah Mei 1998, ketika rezim Soeharto dilengserkan oleh rakyat. Di situ, Wiranto mempunyai posisi strategis sebagai Pangab atau sekarang menjadi Panglima TNI. Meski film berbau politik, Dian tak takut filmnya akan ditentang. "Pro dan kontra sudah biasa," kata Dian santai.

Untuk mendapatkan peran tersebut, Dian mengaku tak mendapatkannya dengan mudah. Bintang sinetron Garuda Impian ini pun harus melakukan casting.

"Ya saya harus ikut casting. Otomatis ada yang minta, ya saya bisa. Mungkin orang nggak percaya saya bisa main serius. Begitu pun dulu, awalnya saya nggak dipercaya main komedi karena sebelumnya main sinetron laga Joko Tingkir. Ketika dikenal main komedi dan kemudian bermain serius, banyak yang ragu. Tapi buktinya saya bisa," kata Dian yakin.

Selain Dian Sidik, film yang rencananya diputar pada 14 Mei 2014 itu juga dibintangi oleh Boy William, Donny Alamsyah dan Fauzi Baadilah.

Wenger: Sanksi Larangan Transfer Barca Bisa Diperdebatkan

Posted: 04 Apr 2014 05:39 AM PDT

Manajer Arsenal, Arsene Wenger menyebut peraturan FIFA yang memberi sanksi kepada Barcelona terkait pelanggaran transfer pada pemain di bawah usia 18 tahun dapat diperdebatkan.

Seperti dilansir SportBT (4/4), Barca diberi sanksi oleh FIFA karena telah melanggar aturan dengan mendatangkan 10 pemain di bawah usia 18 tahun. Blaugrana pun dilarang melakukan aktivitas transfer pada dua bursa transfer dan didenda sebesar 305.000 poundsterling.

"Pelanggarannya sudah jelas, tidak boleh mendatangkan pemain di bawah usia 16 tahun kecuali orang tua mereka membawa pindah ke suatu tempat untuk sebuah alasan yang profesional bukan alasan sepak bola. Yang menjadi perdebatan, apakah orang tua mereka pindah dengan alasan yang profesional?"

Manajer asal Prancis ini sungguh menyayangkan peraturan FIFA yang menyebutkan orang tua tidak boleh pindah ke suatu tempat hanya karena alasan sepak bola.

"Saya rasa peraturannya harus diganti, karena banyak kompetisi yang membutuhkan pemain muda. Dan kalian akan selalu bertanya, apa alasan orang tua membawa anaknya pindah?"

Wenger pun berpikir, pindah dengan alasan sepak bola maupun profesional sebenarnya sama saja, karena saat ini dunia sepak bola juga mampu menghasilkan pundi-pundi keuangan.

"Saya pikir mereka harus mengganti peraturan untuk mengizinkan pindah bersama orang tuanya jika klub mau menjamin kebutuhan mereka. Saat ini banyak orang tua yang tertarik dengan karir sepak bola anaknya untuk dapat menghasilkan uang."

FIFA memberi sanksi kepada Barcelona karena telah mendatangkan banyak pemain muda di bawah usia 18 tahun. Alasan utama FIFA memberi sanksi adalah, orang tua mereka mengajak anaknya pindah hanya untuk sebuah alasan sepak bola, bukan alasan profesional.

 

3 Capres Ini Paling Unggul di Hati Buruh

Posted: 04 Apr 2014 05:30 AM PDT

Meskipun sering mendapatkan protes dari kalangan buruh terkait penetapan besaran Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta yang saat ini dinilai belum layak, nama Gubernur DKI Jakarta sekaligus capres dari PDI Perjuangan Joko Widodo tetap menjadi unggulan dari kaum buruh untuk menjadi presiden mendatang.

Direktur Eksekutif Sabang Merauke Institute Perdana Wahyu Santosa menilai media yang sering memunculkan sosok Gubernur DKI Jakarta ini menjadi faktor penting mengapa Jokowi menjadi sosok yang terkenal di kalangan masyakarat termasuk buruh.

"Awal dia menjabat memang dinilai positif, tapi semakin ke sini respon buruh berubah sedikit negatif. Statement Jokowi tidak ada yang membicarakan soal jaminan kesejahteraan bagi kaum buruh. Tetapi popularitasnya dimedia berperan penting, karena media terus mem-blow up apa yang dilakukan Jokowi," ujar dia di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Meski demikian, majunya Jokowi sebagai capres bukan tanpa pesaing. Ada kandidat lain yang juga dijagokan kalangan buruh seperti Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dan Wiranto dari Hanura.

"Pilihan buruh saat ini lebih pada sosok yang nasionalis, itu mengapa Jokowi, Prabowo dan Wiranto menempati posisi 1, 2, dan 3. Kami juga melihat kalangan buruh lebih suka dengan partai yang berorientasi nasionalis daripada agamis," jelas dia.

Meski demikian, Perdana mengatakan, peluang untuk dapat meraih dukungan dari kalangan buruh masih besar bagi semua kandidat asalkan mampu mengusung isu soal kesejahteraan buruh.

"Mereka rata-rata mementingkan kesejahterakan. Bukan yang cenderung memilih calon yang mengusung tema hukum seperti pemberantasan korupsi misalnya. Tetapi yang namanya Politik selalu yang dijual itu adalah harapan, seperti Obama, buktinya kita tidak melihat New America sampai saat ini seperti yang diusung Obama saat mencalonkan diri," tandasnya.

Channing Tatum Bakal Jadi Wolverine?

Posted: 04 Apr 2014 05:30 AM PDT

Niat Hugh Jackman untuk melepas peran Wolverine kemungkinan bukan sebatas gurauan semata. Dikutip dari harian online Digital Spy, Jumat (4/4/2014), pria yang sudah bolak-balik mencicipi panggung broadway itu bahkan sudah memiliki calon penggantinya.

Hal tersebut diucapkan Jackman ketika diwawancarai oleh Press Asociation. "Aku tak tahu siapa yang bisa memainkan Wolverine. Tapi kurasa Channing Tatum adalah orangnya." jawab Jackman.

Sayangnya, yang tidak diketahui Jackman, Tatum justru pernah mengungkapkan kalau dirinya sangat ingin berperan sebagai Gambit, salah satu mutant di X-Men yang kerap memakai kartu sebagai senjata andalannya.

"Gambit adalah favoritku. Aku berasal dari New Orleans, dan aku juga bisa beraksen Cajun." tutur Tatum.

Namun demikian, terlepas siapa yang nantinya akan mengambil alih peran Wolverine, sosok Jackman dipastikan akan tetap menyelesaikan perannya sebagai Wolverine di X-Men: Days of Future Past. Peran itu juga bisa saja masih berlanjut dua film lain yakni X-Men: Apocalypse dan The Wolverine III.

"Saya merasa luar bisa bisa menjadi bagian dari X-Men. Dan sampai saat ini, saya juga masih tidak percaya kalau akan mendapatkan kesempatan itu sampai tujuh kali." pungkas Jackman.

Rencananya, X-Men: Days of Future Past akan tayang pada 21 Mei 2014 di Indonesia.

PDIP: Efek Jokowi Sulit Bendung Anak-anak Ikut Kampanye

Posted: 04 Apr 2014 05:23 AM PDT

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tercatat sebagai partai politik peserta pemilu yang melanggar kampanye terbanyak dengan melibatkan anak-anak. Ada 33 kasus pelibatan anak-anak dalam kampanye PDIP berdasarkan catatan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Adanya hal itu ternyata tak dipungkiri oleh PDIP. Ketua Departemen Anak DPP PDIP Yulistini mengatakan, banyaknya anak-anak yang ikut serta dalam kampanye PDIP tak luput dari efek Jokowi.

"Efek Jokowi sulit untuk membendung anak ikut kampanye," kata Yulistini di Kantor KPAI, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Tak hanya itu, Yulistini menyebutkan para orangtua yang membawa anak-anak pada saat kampanye PDIP juga menjadi faktor adanya hal tersebut.

"Anak-anak ikut kampanye itu tidak bisa dilarang. Orangtua meninggalkan rumah tidak mungkin anaknya tidak diajak," jelasnya.

Yulistini menjelaskan pihaknya mengaku kesulitan mengontrol massa yang hadir dalam kampanye, terutama anak-anak. Lantaran kampanye yang hanya berlangsung 5 tahun sekali ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

"Mungkin antisipasinya bisa dengan kita harus menyediakan tempat-tempat penitipan anak saat kampanye," ucap Yulistini.

Komisioner KPAI Rita Pranawati sebelumnya menyebutkan dari hari pertama hingga hari ini, yang paling banyak melibatkan anak-anak dalam berkampanye ialah PDIP dengan jumlah 33 pelanggaran. Pelanggaran itu didapat dari pemantauan media, pengaduan masyarakat via hotline dan investigasi di lapangan.

Rita menjelaskan, jenis pelanggaran yang dilakukan parpol peserta pemilu adalah dengan memobilisasi massa anak ke area kampanye. Berikut jumlah kasus pelanggaran partai politik yang melibatkan anak-anak dalam kampanye:

1. PDIP: 33 kasus
2. Partai Gerindra: 31 kasus
3. Partai Golkar: 30 kasus
4. Partai Hanura: 25 kasus
5. Partai Demokrat: 24 kasus
6. Partai Nasdem: 23 kasus
7. PKS: 22 kasus
8. PKB: 16 kasus
9. PAN: 16 kasus
10. PKPI: 11 kasus
11. PPP: 10 kasus
12. PBB: 7 kasus

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Anak-anak Ikut Kampanye, Jokowi: Mereka Dibawa Orangtuanya

Kampanye Pemilu 2014 Dinilai Minim Transaksi Gagasan

Kapok Langgar Aturan Kampanye, PKS Riau Sediakan Penitipan Anak

KPAI: PDIP Terbanyak Libatkan Anak-anak dalam Kampanye

Sisca Dewi Ingatkan Pemilih untuk Tidak Golput

Posted: 04 Apr 2014 05:20 AM PDT

Sisca Dewi maju sebagai calon legislatif dari Partai Hanura untuk Pemilu 2014. Sisca Dewi pun mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik.

"Saya selalu sampaikan jika ingin perubahan untuk negeri ini, mari kita gunakan hak suara kita. Jangan golput," pesan Sisca saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/4/2014).

"Suara kita ikut menentukan nasib bangsa selama lima tahun ke depan. Jangan sia-siakan kesempatan itu dalam pemilu nanti," tambah dia.

Sisca juga mengajak masyarakat untuk cerdas dalam memilih calon wakil rakyat. Ia menyarankan untuk tak memilih caleg yang menawarkan iming-iming uang kepada masyarakat agar mau mencoblos dirinya.

"Jangan lagi kita mau suara kita hanya dibeli dengan nilai uang yang tidak seberapa dan menggadaikan nasib kita selama lima tahun ke depan," harap dia.

RI Masih Butuh Ribuan Pelaut

Posted: 04 Apr 2014 05:19 AM PDT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) menuturkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM) untuk transportasi masih belum tercukupi. Hal ini disebabkan pengelolaan SDM perhubungan yang belum terarah.

Pihaknya menuturkan kebutuhan SDM strategis semakin meningkat. Namun begitu tidak diimbangi ketersediaan untuk memenuhi kebetuhan tersebut.

"Di tahun 2020 Indonesia kekurangan sebanyak 43.806 pelaut. Untuk 18.744 perwira dan 25.032 rating," kata Kepala BPSDM Santoso Eddy Wibowo Jakarta, Jumat (4/4/2013).

Di tahun 2012 saja Indonesia kekurangan pelaut sebesar 83.900. Di tahun 2015 sampai 2019 Indonesia diperkirakan kekurangan 700 pilot per tahun, 800 sampai 900 (TPU) teknik pesawat udara  per tahun, dan 200 hingga 300 ATC (air traffic controler).

Sedangkan untuk saat ini  BPSDM mencetak lulusan sebanyak 1.600 hingga 1.700 perwira laut per tahun. Untuk penerbang 70 sampai 90 penerbang per tahun.

Tambah dia lulusan BPSDM  untuk TPU hanya 60 sampai 90 per tahun. Juga ATC  120 hingga 130 per tahun.

Sementara untuk lulusan swasta per tahun yakni 850 pelaut, 180 penerbang dan 120 dan 120 hingga 150 TPU.

Mengatasi hal tersebut, ia mengatakan akan melakukan pengembangan kelembagaan diklat transportasi. Pengembangan ini antara lain dengan pembangunan dan pengembangan kampus baru.

Dia menargetkan peningkatan kelulusan dalam lima tahun (2015-2019) meningkat jadi 15 ribu untuk perwira angkatan laut. "Kami juga menargetkan 3000 penerbang, 4000 TPU, 945 ATC," kata dia.

Survei Poltracking: Elektabilitas Jokowi Tinggalkan Prabowo

Posted: 04 Apr 2014 05:19 AM PDT

Gubernur DKI Jakarta Jokowi masih menjadi kandidat calon presiden terkuat dalam bursa capres 2014. Dalam sejumlah survei, elektabilitas politisi PDIP itu selalu teratas.

Seperti hasil survei Poltracking Institute yang dilaksanakan dari Aceh sampai Pappua, menghasilkan poin elektabilitas Jokowi tetap tertinggi sebesar 34,2%. Posisi Jokowi dibuntuti capres Partai Gerindra, Prabowo 12,4% dan disusul Aburizal Bakrie (ARB) 10,4%.

"Hasil ini hampir sama dengan hasil survei pertama kita. Dan hampir sama posisinya, hanya ada penurunan dari poin Wiranto menjadi 6,2%," ujar peneliti Poltracking Institute Arya di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Namun, sambung Arya, hasil tersebut masih dapat terjadi perubahan. Mengingat kemungkinan adanya 46% pilihan publik bisa berubah-ubah.

Arya menambahkan, bila nantinya ada 4 capres yakni, Jokowi, Prabowo, Aburizal Bakrie, dan Wiranto, berdasarkan hasil polling yang didapat, tetap nama Jokowi yang dominan. Suaranya 41,2% jauh meninggalkan elektabilitas Prabowo 15,2%, ARB 12,2%, dan Wiranto 8,1%.

"Temuan-temuan dalam survei ini cenderung tetap. Asalkan dalam waktu  ke depan tidak ada isu politik atau gempa politik dalam skala besar yang dapat mengubah secara ekstrem peta raihan elektabilitas partai maupun capres secara keseluruhan," pungkas Arya.

Responden dalam survei ini berjumlah 1.200 dengan rusia minimal 17 tahun atau sudah menikah serta bukan anggota TNI/Polri. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error 2,83%.

Cech Tidak Khawatir Kehadiran Courtois

Posted: 04 Apr 2014 05:18 AM PDT

Penjaga gawang Chelsea, Petr Cech menyebutkan tidak khawatir dengan posisinya di klub apabila ada seorang penjaga gawang baru yang akan hadir di Stamford Bridge.

The Blues saat ini masih memiliki penjaga gawang muda yang sedang dipinjamkan ke Atletico Madrid, Thibaut Courtois. Berkat penampilan apiknya bersama Atletico, pihak Chelsea pun berniat menggunakan jasanya kembali.

Seperti dilansir Dailymail (4/4), Cech menyebutkan, "Jika Courtois kembali ke sini, dan ia lebih hebat dari saya, itu sebuah penghargaan untuknya. Tapi siapa yang bisa mengira? Saya tidak khawatir akan hal itu."

Penjaga gawang asal Ceko ini sudah membela Chelsea sejak 2004 lalu. Selama dirinya membela Chelsea, ia juga sempat bersaing dengan beberapa kiper The Blues saat itu seperti, Carlo Cudicini, Ross Turnbull dan Hillario.

"Saya berhasil mengalahkan kiper terbaik Liga Premier saat itu, Carlo Cudicini," ujarnya.

"Hillario selalu siap tampil setiap saat, selain itu Schwarzer juga sempat menampilkan performa terbaiknya saat ia membela Fulham dan Middlesbrough. Tapi nyatanya saya tetap bermain hingga saat ini."

Courtois saat ini baru berusia 21 tahun, ia kini sedang menjalani masa pinjamannya sejak 2011 lalu selama 2,5 musim. Pada musim panas ini, ia akan kembali ke Stamford Bridge karena masih berstatus pemain The Blues.

Bersama Los Colchoneros, kiper asal Belgia ini telah menyumbangkan Copa del Rey pada 2012/2013 dan Puala UEFA 2011/2012 lalu.

 

SBY Klaim Tak Ada Pelanggaran HAM, Pengamat: Ada Pengelabuan

Posted: 04 Apr 2014 05:11 AM PDT

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengklaim tak ada pelanggaran HAM selama dirinya menjabat Presiden RI 2 periode. Pakar komunikasi dan aktivis HAM Puspitasari menilai SBY telah melakukan pembohongan publik.

"Ini melanggar etika, ada pembohongan publik. Artinya ada pengelabuan, ada data yang ditutupi, ada data yang tak transparan," jelas Puspitasari kepada Liputan6.com di Wisma Kodel, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Menurut Puspitasari, data menunjukkan pelanggaran HAM banyak terjadi pada era SBY, terutama kekerasan dan pembiaran. Ia mencontohkan kasus Ahmadiyah yang dilarang Jawa Barat masuk ke teritorinya.

Larangan itu didasarkan pada Undang-Undang PNPS Nomor 11 Tahun 1965 yang menyatakan pemerintah mempunyai kewenangan melarang atau membubarkan organisasi yang meresahkan masyarakat apalagi menistakan suatu agama.

"Klaim-klaim itu yang dibuat untuk membangun opini publik yang tujuannya mendulang suara," jelas wanita yang menjadi pengamat dan pemerhati HAM itu.

Tak hanya itu, wanita yang juga pakar komunikasi UI ini juga mencontohkan pembiaran dilakukan SBY terkait kasus FPI. Sudah sering kelompok ormas itu berulah, tapi tak pernah mendapat teguran keras. "Itu pembiaran saat kasus FPI menyerang kelompok lain," ucap Puspitasari.

SBY sebelumnya mengatakan, keamanan nasional tetap terjaga selama ia menjabat sebagai Presiden sejak 2004 lalu. Bahkan SBY mengklaim selama pemerintahannya, pelanggaran HAM berat yang pernah terjadi pada era sebelumnya sudah tidak ada.

Sejumlah persoalan keamanan seperti konflik separatisme bersenjata, konflik komunal, termasuk terorisme juga dinyatakan SBY telah berangsur hilang dalam kurun waktu hampir 10 tahun.

"Guna mencapai Indonesia aman dan damai, sasaran yang saya tetapkan adalah NKRI tetap tegak utuh, integrasi nasional utuh, keamanan dalam negeri terpelihara, separatisme bersenjata dihentikan. Tolerensi kehidupan beragama diperkuat," papar SBY dalam orasi kampanye Partai Demokrat di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 3 April kemarin. "Tidak terjadi pelanggaran HAM berat selama 10 tahun," demikian SBY.

(Shinta Sinaga)

 

Mucc Siapkan 'Ender Ender' Sebelum Album Baru

Posted: 04 Apr 2014 05:10 AM PDT

Band visual kei Mucc belakangan menginformasikan bakal merilis album baru bertajuk The End of the World. Namun, belum dilempar ke pasaran Jepang hingga kini, mereka sudah bersiap merilis single Ender Ender.

Uniknya, walaupun jadwal rilis The End of the World diumumkan beberapa minggu lalu, namun Ender Ender bakal diluncurkan terlebih dahulu sebelum album ke-12 itu beredar di pasaran.

Ender Ender direncanakan untuk meluncur pada 28 Mei 2014 dalam dua tipe seperti single sebelum-sebelumnya, yaitu edisi terbatas yang berisi bonus DVD dan edisi regular yang hanya terdiri dari satu keping CD.

Di dalam single tersebut, terdapat tembang-tembang baru seperti Monopoly, Mae e-In its true light-, dan Demo of The World yang turut mengisi daftar lagu dalam CD.

Album The End of the World dijadwalkan untuk dilempar ke pasaran pada 25 Juni 2014 mendatang. Beberapa single seperti Halo dan World's End yang rilis 2013, akan dimasukkan ke dalamnya.

Direncanakan, album tersebut juga akan dirilis dalam edisi terbatas yang terkandung sebuah DVD khusus berisi dokumentasi konser 'Bureru!? Mucchi Project' dengan bassis Yukke sebagai produser.

The End of the World rencananya bakal menjadi bagian kelima dari proyek konser bertema 'Six Nine Wars -Seven Months Wars-'. Album tersebut hendak dipromosikan selama tur yang dijadwalkan pada Juli 2014 mendatang.

Mucc sendiri adalah band beraliran metal alternatif asal Ibaraki, Jepang yang dibentuk sejak 1997 dan terdiri dari Tatsurou (vokal), Miya (gitar), Satochi (drum), dan Yukke (bass). Hingga kini, mereka telah merilis sebanyak 11 album, termasuk Shangri-La yang dijual di Indonesia.

Pembangunan MRT Terpaksa Korbankan Jalur Busway

Posted: 04 Apr 2014 05:10 AM PDT

Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) rute Lebak Bulus - Bundaran Hotel Indonesia (HI) harus mengorbankan jalur busway.

Ini menyebabkan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya terpaksa membuat rekayasa lalu lintas untuk kendaraan TransJakarta.

Wakil Dirlantas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo mengungkapkan, lebar jalan bakal menyempit dari 3 meter menjadi 2,7 meter karena digunakan untuk menggarap konstruksi skala besar proyek MRT.

"Jalur busway Bundaran HI-Sarinah akan jadi mixed line sehingga apabila terdesak jalur ini akan menjadi karpet merah yang bisa digunakan untuk kendaraan lain di jam-jam sibuk, terutama dari arah Utara menuju Selatan," ungkap dia di Kantor PT MRT Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Dalam pengalihan rute dan rekayasa lalu lintas tersebut, Sambodo mengaku, pihaknya akan menambah personil untuk berjaga-jaga dan mengatasi kemacetan secara bergilir.

"Di area pekerjaan proyek MRT dari Bundaran HI-Sarinah, kami akan menambah 30 personil dari pukul 06.00-22.00 WIB. Biasanya dari Bundaran Senayan-Harmoni, kami terjunkan 70 personil, sekarang akan ditambah menjadi 100 orang. Sedangkan malam hari pukul 22.00-06.00 WIB, kami gerakkan 10-15 personil," jelasnya.

Sementara Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami mengaku, selama masa konstruksi skala besar di Bundaran HI, perubahan lajur akan cukup sering termasuk pemindahan lajur busway dari sisi Timur ke Barat ataupun sebaliknya.

"Jadi ada perubahan marka jalan dan pemasangan rambu lalu lintas yang akan terus disesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Kami akan memastikan agar hak pengguna jalan tetap diperhatikan," tegas dia.

Mundur Dari Industri CDMA, Telkom Putuskan 'Bunuh' Flexi

Posted: 04 Apr 2014 05:08 AM PDT

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) secara resmi mengumumkan rencananya untuk melepas bisnis di sektor Code Division Multiple Access (CDMA). Perusahaan plat merah itu mengaku akan menghapus jaringan yang selama ini dioperasikan oleh Telkom Flexi.

Pernyataan itu diungkap Indra Utoyo selaku Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom. Dalam pernyataannya, Indra mengatakan kemungkinan Telkom Flexi akan dikonsolidasikan dengan anak usaha Telkom lain yang menjalankan layanan komunikasi berbasis Global System for Mobile (GSM).

"Kita akan konsolidasi, bisa dengan Telkomsel. Kita juga tidak akan melakukan pengembangan Flexi lagi, tapi pindahkan ke seluler bisnis Telkomsel," kata Indra, usai menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2014 di Hotel Mulia Jakarta, Jumat sore (4/4/2014).

Telkom memandang Telkom Flexi sebagai anak usaha yang berjalan di industri CDMA sudah tidak menarik lagi jika dilihat dari sisi teknologi dan bisnis. Revitalisasi dan teknologi CDMA yang dianggap sudah mentok menjadi salah satu pertimbangan Telkom mundur dari industri CDMA.

Di kesempatan yang sana, Direktur Utama Telkomel, Alex J. Sinaga mengatakan, konsolidasi antara Telkom Flexi dengan Telkomsel juga dilakukan karena Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan agar perusahaan operator yang bergerak di jaringan CDMA bergeser ke jaringan GSM.

Menurutnya cara tersebut bisa dilakukan Flexi karena Telkom memiliki beberapa pilihan jaringan GSM, yang di antaranya adalah 900 Mhz, 1800 Mhz, dan 2100 Mhz. Namun, keputusan konsolidasi yang melibatkan pita spektrum seluas 5 Mhz di jaringan 850 Mhz tersebut masih bergantung pada keputusan regulator.

"Karena Telkom punya Telkomsel jadi bisa ke arah sana (konsolidasi) sehingga Telkom punya banyak pilihan. Tapi syaratnya harus menunggu keputusan regulator. Bisa ke Telkomsel maupun ke operator lain," pungkasnya.

Pemanfaatan pita spektrum di jaringan 850 Mhz juga akan dilakukan Indosat yang memiliki anak usaha CDMA bernama StarOne. Frekuensi 850 Mhz StarOne rencananya akan menjalankan layanan komunikasi berteknologi e-GSM (extended-GSM) yang dianggap efektif bila dipakai di wilayah Timur Indonesia.

Isu Rano Karno Terima Cek Rp 1,2 M Pengaruhi Suara PDIP?

Posted: 04 Apr 2014 05:07 AM PDT

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai pengakuan bendahara Tubagus Chaery Wardana (Wawan), Yayah Rodiah, bahwa dirinya pernah menandatangani cek senilai Rp 1,2 miliar untuk Wakil Gubernur Banten Rano Karno dapat berpengaruh terhadap PDIP pada Pemilu 2014.

"Kasus Rano yang menerima dana keluarga Atut (Gubernur Ratu Atut Chosiyah) kalau diketahui secara luas, efeknya akan terjadi pada PDIP," kata Burhanudin di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Jumat (4/4/2014).

Burhanudin menyebutkan, isu korupsi jelang pemilihan umum terlebih dalam tahun politik saat ini cukup populer. Sehingga isu Rano yang diduga terlibat kasus korupsi memiliki efek elektoral yang cukup kuat kepada PDIP.

Namun, besarnya efek tersebut dengan syarat tertentu. Apabila hanya diketahui sedikit orang, maka efek elektoralnya juga tidak akan besar. Namun jika sebaliknya atau isu tersebut meluas dan intens beredar, akan sangat berpengaruh terhadap partai berlambang banteng moncong putih itu.

"Tapi kalau beritanya hanya sesekali tidak akan terlalu berpengaruh," ucap Burhanuddin.

Staf Keuangan PT Bali Pacific Pragama (BPP) atau yang lebih dikenal sebagai bendahara pribadi Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, Yayah Rodiah, pada Kamis 3 April 2014 kemarin hadir sebagai saksi dalam sidang suap Pilkada Kabupaten Lebak 2013 untuk terdakwa Wawan. Dia menyebut Wakil Gubernur Banten Rano Karno pernah menerima uang melalui cek senilai Rp 1,2 miliar dari perusahaan milik Wawan tersebut. Tetapi hal ini disanggah oleh Rano Karno.

"Tidak pernah ada transfer itu. Era seperti ini, seluruh lalu lintas keuangan bisa dicek melalui PPATK. Silakan dicek benarkah transfer itu ada?" ujar Rano melalui pesan singkatnya.

Hal senada disampaikan Wasekjen PDIP Hasto Kristianto. Menurutnya, agar isu itu tak liar, semua pihak agar meminta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) segera turun tangan. Itu untuk mengetahui ada tidaknya transfer.

Menurut Hasto, dana Rano Karno saat mengikuti Pilkada Banten salah satunya berasal dari bantuan gotong royong dari internal partai. Selain dana pribadi dari Rano.

"Hanya semangat gotong royonglah yang membuat calon yang kami usung tidak terjebak pada penggunaan sumber daya berlebihan. Jadi demi fair-nya, sebaiknya KPK bisa minta keterangan ke PPATK," ucap Hasto.

(Shinta Sinaga)

Baca juga:

Rano Terima Uang dari Wawan, Wasekjen PDIP: Cek Saja Ke Ppatk

KPK Segera Tindak Lanjuti Dugaan Rano Karno Terima Cek Rp 125 M

Soal Cek Rp 125 M dari Wawan, Rano Karno Bakal Dipanggil KPK

 

Kualitas Wakil Rakyat Tak Ditentukan Jumlah Suara

Posted: 04 Apr 2014 05:06 AM PDT

Banyak yang beranggapan anggota dewan terbaik berasal dari pribadi yang memiliki kualitas. Tapi, hal itu tidak semuanya tepat.

Sebab, pada dasarnya rakyat jugalah yang memilih. Jika pemilih juga berkualitas, pilihannya pada pemilu pun akan berjalan lurus dengan kualitasnya.

"Kualitasnya bukan diukur dari jumlah (suara), tapi kualitas orang yang memilih," kata pengamat pemerintahan daerah, Muhammad Nur Sadik pada diskusi 'Warna-warni Kampanye Pemilu' di gedung DPD RI, Jakarta, Jumat (4/4/2014).

Menurut Sadik, pemilih yang memiliki kualitas dengan sendirinya mempunyai pertimbangan khusus dalam memutuskan pilihannya. Sehingga pada waktunya nanti, rakyat memilih orang yang tepat.

"Sayangnya sekarang rakyat masih perlu ditingkatkan dia punya kualitas. Kalau tidak, memilih yang tidak berkualitas dan yang terpilih juga di bawah standar," lanjutnya.

Celakanya, lanjut Sadik, baik caleg maupun partai politik lebih sibuk menyuguhi warga dengan hiburan-hiburan yang sesungguhnya jauh dari esensi yang seharusnya diterima masyarakat. Program yang seharusnya disampaikan tidak bisa ditangkap dengan baik oleh warga dan akhirnya kualitas yang diharapkan tidak terwujud.

"Jangan sampai kita pilih lagi yang tidak berkualitas. Semoga tahun ini lebih baik kalau masih jalan di tempat kita rugi," tandas Sadik.

[FOTO] Lionel Richie Manjakan Penggemarnya di Jakarta

Posted: 04 Apr 2014 05:03 AM PDT

Lionel Richie beraksi menghibur penggemarnya di konser  "All the Hits - All Night Long" di Jakarta Convention Centre, Kamis (03/04) (Liputan6.com /Andrian M Tunay).

Sekolah Sihir Hogwarts Buka Cabang di Jepang

Posted: 04 Apr 2014 05:00 AM PDT

Bagi Anda yang penasaran ingin merasakan bagaimana serunya menjelajahi sekolah sihir seperti yang terlihat pada film Harry Potter, sekarang Anda tak perlu jauh-jauh lagi pergi ke Inggris.

Seperti yang dilansir dari Rickey.org, Jumat (4/4/2014), Universal Studio Jepang (USJ) akan segera membuka atraksi terbaru taman bermain besarnya yaitu 'The Wizarding World of Harry Potter' di Osaka pada musim panas tahun ini.

Dunia Harry potter yang akan dibuka di Osaka, akan memiliki konsep yang sama dengan yang sebelumnya sudah dibuat terlebih dahulu di Universal Studio Florida.

Bangunan replika kota sihir yang kemudian akan terdapat di negeri Sakura ini akan menghadirkan kastil Hogwarts, desa Hogsmeade, tempat berbelanja peralatan sihir Diagon Alley dan juga berbagai kuliner khas film Harry Potter seperti Butterbeer, akan dapat ditemukan di Jepang.

Alasan USJ memilih membuka taman bermain yang telah menghabiskan dana sebanyak Rp 514 triliun ini adalah karena delapan film Harry Potter yang dirilis sangat laku di negeri Sakura tersebut. Hal ini terbukti lewat pemasukan total dari keseluruhan film Harry Potter yang lebih tinggi dibanding dari negara ‘asal’ nya sendiri yaitu Inggris.

Semoga dengan dibukanya The Wizarding World of Harry Potter tahun ini di Universal Studio Jepang, dapat mengobati rasa penasaran para penggemar dunia khayal karya JK Rowling di kawasan Asia akan sekolah sihir tempat dimana Harry Potter menempa ilmu sihirnya.

4 Pernikahan Artis Hollywood yang Kandas Setelah Bertahun-tahun

Posted: 04 Apr 2014 05:00 AM PDT

Waktu pernikahan yang lama bukanlah sebuah jaminan bagi terciptanya kelanggengan dalam sebuah rumahtangga. Tak jarang banyak orang yang berpisah meski telah menjalani biduk rumahtangga yang sangat lama, bahkan bertahun-tahun. Kira-kira, siapa saja artis Hollywood yang pernikahannya gagal dan berpisah meski sudah sangat lama?

Demi Moore dan Bruce Willis

Demi Moore dan Bruce Willis menikah pada 21 November 1987 dan dikaruniai tiga orang anak; Rumer Willis, Scout LaRue, dan Tallulah Belle Willis. Namun setelah menjalani 13 tahun pernikahan, keduanya berpisah pada 18 Oktober 2000. Entah apa alasan Bruce dan Demi bercerai, mereka tidak membuat pernyataan resmi tentang hal itu. Bintang Die Hard tersebut merasa telah gagal menjadi ayah dan suami.

Sempat terdengar kabar Bruce akan rujuk, namun sampai pada Demi menikah lagi dengan Ashton Kutcher, hal itu tidak pernah terjadi. Tetapi, Bruce dekat dengan Demi dan Ashton, bahkan ia juga hadir dalam upacara pernikahan mereka. Hubungan Bruce dengan seorang aktris setelah itu juga kabarnya kandas. Ia pun lalu menikah dengan seorang model bernama Emma Heming pada 2009 dan dikaruniai seorang anak.

Tom Cruise dan Nicole Kidman

Pasangan bercerai yang kedua adalah Tom Cruise dan Nicole Kidman. Mereka menikah pada 24 Desember 1990. Setelah mengadopsi dua orang anak pada Desember dan Januari 1992, Bintang Oblivion tersebut bercerai pada 2001. Pernikahan selama 11 tahun itu kandas begitu saja. Kabarnya, Tom menceraikannya karena Nicole diduga hamil dengan pria lain. Namun, Nicole kemudian mengonfirmasikan bahwa kabar itu adalah kesalahpahaman.

Setelah itu, Tom Cruise menikah dengan Penelope Cruz, kemudian Katie Holmes. Sampai saat ini, Tom dan Katie memiliki seorang anak, Suri Cruise. Sedang Nicole telah menikah dengan Keith Urban.

Miranda Kerr dan Orlando Bloom


Pasangan romantis ini mengejutkan banyak fansnya ketika mengumumkan perceraian rumahtangga mereka pada 25 Oktober 2013. Padahal, mereka sudah menikah sejak Juli 2010. Walau begitu, keduanya sudah menjalin hubungan asmara sejak akhir 2007. Tidak ada desas-desus atau rumor apapun sebelum itu. Hal inilah yang membuat banyak orang menyayangkan keputusan mereka.

Orlando dan Miranda sampai saat ini masih berstatus single meski keduanya sudah seringkali digosipkan berkencan dengan beberapa orang. Namun, bintang Lord of The Rings dan model Wonderbra tersebut masih sering bertemu demi memberikan kasih sayang bagi putra mereka, Flynn.

Gwyneth Paltrow dan Chris Martin


Dunia aktris Hollywood kembali didera kabar perceraian aktris, Gwyneth Paltrow dan dan pentolan Coldplay Chris Martin. Keduanya mengumumkan perpisahannya pada Maret 2014 lalu. Menikah sejak 5 Desember 2003 dan dikaruniai dua orang anak tak membuat mereka mengurungkan keputusan itu.

Keduanya menyerah dan membiarkan 13 tahun pernikahan mereka kandas begitu saja. Kabarnya Chris Martin dan Gwyneth Paltrow sering bertengkar tentang banyak hal. Ada juga yang menyebutkan bahwa Gwyneth sering terlalu banyak mencampuri urusan band Chris. Namun begitu, belum lama ini keduanya bertemu kembali untuk reunian anak-anak dan keluarga.

Mau Anak Pintar, Jaga Asupan Makan ya Bunda!

Posted: 04 Apr 2014 05:00 AM PDT

Calon ibu dianjurkan memperhatikan asupan makanan dan gizinya bila ingin anak yang dilahirkannya tumbuh menjadi anak pintar. Karena, saat janin berusia lima bulan, otak anak mengalami perkembangan luar biasa.

Demikian disampaikan  Pakar Gizi Medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc dalam acara `Happy Tummy Council Gut-Brain Axis: Pencernaan Sehat Awal si Kecil Cerdas` ditulis Jumat (4/4/2014)

"Ibu mana sih yang tidak ingin anaknya terlahir pintar? Ibu harus tahu bahwa kepintaran otak seorang anak dibentuk saat sejak di kandungan. Janin usia lima bulan, perkembangan otaknya luar biasa," kata dia menjelaskan.

Maka itu, saat mengandung ibu dianjurkan mengonsumsi vitamin B kompleks, vitamin C dan vitamin E. Vitamin B begitu penting karena berguna memberi makan saraf pada otak. Sedangkan vitamin C dan E, memiliki kandungan antioksidan yang berguna menghilangkan radikal bebas dan polusi dari lingkungan sekitar.

Rini menambahkan, ibu juga harus mengonsumsi gandum utuh dan kacang-kacangan yang juga baik untuk tumbuh kembang otak seorang anak. Karena, di dalam kacang-kacangan terkandung resitin yang menjadi bahan utama pembuat zat yang akan memproses transimi saraf supaya anak tidak `telat mikir` (telmi) alias bodoh.

Terpenting, ibu juga tidak boleh lupa mengonsumsi segala jenis makanan yang mengandung zat besi, seperti daging. Pilihlah daging yang rendah lemak.

"Jika ibu memperhatikan asupan makannya, anak pun kelak akan menjadi anak yang pintar, memiliki otak yang encer untuk berpikir," kata dia.

Survei: Buruh Lebih Suka Capres yang Merakyat

Posted: 04 Apr 2014 04:53 AM PDT

Hasil survei Lembaga Sabang Merauke Institute menunjukkan kaum buruh saat ini lebih memilih calon presiden yang dekat dengan rakyat. Berbeda dengan dulu yang lebih menyukai presiden dari kalangan militer.

"Kami melihat calon pemilih dari kalangan buruh ini memunculkan gaya baru, dimana jika kalau masyarakat ingin pemimpin yang gagah, sekarang lebih cenderung yang merakyat," ujar Direktur Eksekutif Sabang Merauke Institute Perdana Wahyu Santosa saat konferensi pers di Restoran Mbok Berek, Jakarta Selatan, Jumat (4/4/2014).

Dari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga ini, capres yang merakyat menjadi pilihan utama kalangan buruh dengan persentase sebesar 29%. Diikuti dengan capres yang tegas sebesar 24%, memiliki kinerja yang baik 11%, jujur 8% dan punya kepemimpinan yang kuat sebesar 4%.

"Bila pada rezim yang terdahulu masyarakat lebih cenderung memilih capres yang 'terzalimi', sekarang mereka lebih suka dengan yang suka blusuk. Masyarakat pada negara demokrasi seperti kita ini memang mudah mengalami transisi, sehingga pilihannya juga mudah berubah," lanjutnya.

Sementara itu, dari hasil riset yang dilakukan lembaga ini juga menunjukan bahwa dukungan yang diberikan oleh sebuah serikat buruh tidak mempengaruhi masa buruh yang ada didalamnya. Hal ini karena buruh lebih cenderung mempunyai kriteria masing-masing dalam menentukan pilihannya.

"Dukungan serikat buruh ini cenderung tidak diperdulikan oleh buruh. Ini karena buruh tidak merasa happy dengan serikat buruhnya sendiri. Kalau dari pihak serikat buruh memberikan dukungan pada seorang capres, dijamin hal itu tidak terlalu memberikan pengaruh signifikan. Yang mendukung mungkin hanya dari pengurusnya saja. Serikat buruh tidak menjadi representasi dari buruhnya," tandas Perdana.

Sebagai informasi, survei yang dilakukan lembaga ini dilakukan pada responden buruh diwilayah Jabodetabek, dengan jenis industri manufaktur berskala besar, menengah dan kecil. Jumlah responden mencapai 358 orang, margin error sebesar 5%, level kepercayaan mencapai 95% dengan menggunakan teknis cluster random sampling dan survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.