Sabtu, 05 April 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Harga Cabai Rawit Tembus Rp 80 Ribu per Kg di Palu

Posted: 05 Apr 2014 05:18 AM PDT

Harga cabai rawit di sejumlah pasar di Palu, Sulawesi Tengah, terus merangkak naik. Jika sebelumnya harga komoditas pertanian ini hanya Rp 50 ribu per kilo gram (kg), kini sudah mencapai Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu per kg.

Endro salah satu pengecer cabai rawit di Pasar Sentral Inpres Manonda (PSIM) Palu menuturkan, terus menaiknya harga jual cabai rawit di pasaran, karena ketersediaan stok cabai rawit di pengecer, pengepul, dan petani kian menipis.
 
"Konsumen banyak yang butuh sementara stok menipis, sudah pasti akan mahal dijualkannya," ungkap dia kepada Liputan6.com di Palu, Sabtu (5/4/2014).
 
Menurut Iksan, pengecer cabai rawit lainnya, beberapa rekannya yang juga pengecer sudah pasti akan menjual dengan harga yang tinggi di pasaran, itu dikarenakan harga beli mereka di tingkat pengepul cukup tinggi.
 
"Modal per kg kami beli di pengepul Rp 65 ribu itu pun sangat susah dapatnya. Nah,  jika kami menjual dengan harga modal itu, pasti kami tidak ada untung yang ada malah rugi," akunya.
 
Sementara itu, Robi seorang pengepul cabai rawit di sentra pengepul sayur-mayur Palu mengatakan, tingginya harga jual cabai rawit itu tidak akan bertahan lama lagi.
 
Itu, lanjut dia, karena masa panen 2 daerah penghasil sayur-mayur termasuk cabai rawit di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Poso tidak akan lama lagi panen.
 
"Kurang lebih 2 pekan lagi sejumlah petani di Sigi dan Poso panen. Dan kalau mereka panen stok pasti akan melimpah dan harganya juga akan turun. Namun, mungkin harganya tidak turun drastis, melainkan turun secara bertahap sesuai ketersediaan stok," tandas dia.
 
Harga jual dan beli cabai rawit di Palu, beberapa hari terakhir memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan dikarenakan stok yang menepis, tidak tanggung-tanggung harganya mulai dari Rp 15 ribu ke Rp 50 ribu per kg, hingga dari Rp 50 ribu ke Rp 75 ribu dan Rp 80 ribu per kgnya.

Banyak Artis Berhijab, Ini Tanggapan April Jasmine

Posted: 05 Apr 2014 05:15 AM PDT

Hijab saat ini mulai trend dikalangan artis. Tak sedikit selebriti wanita Tanah Air akhirnya memutuskan untuk berhijab. Sebagai istri seorang ustad, April Jasmine punya tanggapan sendiri untuk mereka yang sudah mau menutupi auratnya.

"Bagus banget. Aku bersyukur berarti Allah SWT memberikan hidayah kepada mereka," ujar April saat ditemui di sela-sela pembukaan butiknya yang ke dua di Mal CBD di Ciledug, Tanggerang, Sabtu (5/4/2014).

Menurut April, seorang wanita muslimah sudah seharusnya menutupi auratnya dengan menggunakan hijab. Untuk itu, bila ada seorang wanita yang terketuk hatinya untuk menutup aurat, selayaknya harus diberikan penghormatan terbaik. "Mereka patut diacungi jempol," kata wanita yang dinikahi Usatd Solmed pada 11 November 2011.

Untuk itu, dengan membuat butik busana muslim, April berharap bisa membantu mensyiarkan Islam. "Sekalian syiar, sekalian mengajak wanita untuk menggunakan pakaian muslimah," katanya.

Butik April di kawasan Ciledug merupakan butiknya yang ke dua, setelah sebelumnya membuka butik di Thamrin City. Untuk pakaian di butiknya ini, April memilih langsung bahan dan membuat sendiri desainnya. Meski sibuk dengan bisnis butik, April mengaku selalu menyempatkan waktu untuk suami dan istri.

Duo Bintang Liverpool Masuk Daftar Belanja Madrid

Posted: 05 Apr 2014 05:12 AM PDT

Klub raksasa asal Spanyol, Real Madrid menyiapkan anggaran besar untuk bisa memboyong duo bintang Liverpool yang saat ini sedang bersinar yaitu Luis Suarez and Philippe Coutinho musim depan. Hal itu bermula dari pernyataan salah satu agen pemain yang cukup terkenal di Spanyol, Francois Gallardo.

Seperti yang dikutip dari harian Spanyol, Le 10Sports, Gallardo mengklaim kalau Madrid berniat mendatangkan duo bintang Liverpool itu musim depan.

Los Blancos dikabarkan menyiapkan dana senilai 80 juta pound untuk mendapatkan jasa keduanya musim depan. Gallardo juga menambahkan kalau petinggi Madrid dan The Reds telah duduk bersama untuk membahas transfer ini.

"Dua bintang Liverpool, Luis Suarez dan Philippe Coutinho menjadi incaran Real Madrid musim depan. Mereka sudah menyiapkan dana sebesar 80 juta pounds untuk mendatangkan kedua pemain tersebut," ujar Gallardo kepada La Sexta seperti yang dikutip dari dari Le 10Sports, Sabtu (5/4/2014).

Namun sayangnya Liverpool kemungkinan besar tidak akan melepas Suárez dengan harga sebesar itu. Manajemen Liverpool mematok Suarez dengan mahar 100 juta pounds, atau sekitar Rp 1,99 triliun bagi klub di luar Liga Inggris.

Sementara untuk klub sesama Inggris yang berniat gaet Suarez harus sediakan uang senilai 130 juta pond atau setara dengan Rp 2,5 trilun.

Penyebabnya adalah, Suarez telah memperpanjang kontrak bersama The Kop sampai musim panas 2018 pada Desember 2013.

Madrid bukan pertama kali mengincar jasa Suarez. Pada bursa transfer musim panas dan dingin, Madrid juga `ngebet` mendapatkan jasa pemain asal Uruguay itu, tapi sayang gagal.

 

BI Musnahkan Rp 105,3 Triliun Uang Lusuh Sepanjang 2013

Posted: 05 Apr 2014 05:01 AM PDT

Bank Indonesia (BI) sepanjang 2013 berhasil menarik dan menghancurkan Rp 105,3 triliun uang lusuh atau uang tidak layak edar (UTLE).

Jumlah tersebut meningkat 121,4% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya Rp 47,6 triliun.

Dikutip dari Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) 2013, Sabtu (5/4/2014), melaporkan kegiatan pemusnahan uang rupiah dilakukan dalam rangka meningkatkan standar kualitas uang yang diedarkan ke masyarakat.

Rasio pemusnahan UTLE terhadap inflow rupiah yang masuk ke Bank Indonesia pada tahun 2013 sebesar 24,1%, meningkat dibandingkan tahun 2012 sebesar 13%.

Sementara untuk jenis pecahan yang dimusnahkan terdiri dari uang kertas senilai Rp 105,28 triliun dan uang logam senilai Rp 18 miliar.

Berdasarkan lembaran yang dimusnahkan, pangsa pemusnahan uang kecil yaitu pecahan Rp10 ribu dan yang lebih kecil mencapai 66,2% dari total pemusnahan UTLE. Untuk pecahan uang Rp20 ribu sebanyak 7%, pecahan Rp50 ribu sebanyak 21% dan pecahan Rp100 ribu sebanyak 6%.

Tingginya pangsa uang pecahan kecil yang dimusnahkan mencerminkan bahwa perputaran uang pecahan kecil di masyarakat frekuensinya lebih tinggi dibandingkan uang pecahan besar.

Selain itu frekuensi yang lebih tinggi pada uang pecahan kecil juga mempengaruhi kondisi uang tersewut sehingga lebih cepat dimusnahkan.

Berdasarkan wilayah, selama tahun 2013 jumlah pemusnahan uang rupiah tertinggi terdapat di wilayah Pulau Jawa (di luar DKI Jakarta).

Jumlah UTLE yang dimusnahkan di Pulau Jawa adalah sebesar Rp50,1 triliun atau sebesar 47,6% dari jumlah UTLE yang dimusnahkan.

Pemusnahan uang rupiah tersebut dilakukan terhadap uang yang kondisinya sudah lusuh, cacat dan yang sudah dicabut dan ditarik dari peredaran yang berasal dari penyetoran perbankan dan masyarakat.

Uang yang sudha dimusnahkan tersebut akan digantikan dengan uang rupiah baru dan uang layak edar yang berasal dari setoran perbankan dan masyarakat.

Pernikahan Dini Sedang Ngetren di Sulteng

Posted: 05 Apr 2014 05:00 AM PDT

Masa remaja adalah saat pencarian jati diri dan transisi menuju usia dewasa. Tak heran bila di masa ini, para remaja sangat rentan dengan pengaruh dari lingkungannya, utamanya yang bersifat negatif.

"Fakta menunjukan bahwa sebagian remaja kini dihadapkan pada situasi yang sangat memprihatikan, seperti pergaulan bebas yang berujung ke seks bebas dan narkoba. Masalah lain, adalah tingginya pernikahan dini di antara remaja itu," ujar Kepala Bidang Keluarga Sejahterah dan Pemberdayaan Keluarga, Irmawati kepada Liputan6.com, di Palu, Sabtu (5/4/2014).

Menurut Irmawati, anak-anak muda ini merupakan sumber daya potensial terbesar dalam memajukan bangsa di masa depan. Karena itu, semua pihak, orangtua, pemerintah, sekolah, harus memberi perhatian lebih agar anak-anak muda ini tumbuh menjadi dewasa secara sehat jasmani, rohani, mental dan spiritual.

Survei demografi dan kesehatan Indonesia 2012 lalu bahkan membuktikan usia nikah pertama di Sulteng rata-rata 20,8 tahun. Padahal harapan pernikahan yang dianjurkan adalah 21 tahun.

"Itu sangat jelas menggambarkan, bahwa masih tinggi usia nikah dini di Sulteng," ungkap Irmawati.

Untuk itu, tambah Irmawati, BKKBN Sulteng, sebagai institusi yang banyak bersentuhan dengan keluarga berusaha menanggulangi berbagai permasalahan yang dihadapi remaja.

"Di antaranya, melalui program genre khususnya pendewasaan usia pernikahan, peran mahasiswa dalam perspektif menurunan angka ASFR menurut usia 15-19 tahun, serta mengikutsertakan peran mahasiswa dalam menyiapkan generasi emas sebagai penerus pemimpin bangsa ke depan," ujarnya.

Dikenal Dunia, Rio Sidik Coba Keberuntungan di Indonesia

Posted: 05 Apr 2014 05:00 AM PDT

Nama Rio Sidik mungkin masih asing di teling pecinta musik di Indonesia. Namun di luar negeri dan panggung musik jazz, Rio cukup dikenal. Bahkan bersama band Quintet, Rio sukses melalang buana dari Australia, Afrika, Finlandia, Rusia, Korea Selatan hingga Amerika Serikat.

Untuk lebih dikenal di negeri sendiri, Rio bersama Quinet merilis album keduanya berjudul Sound of the Mystical Vibe. Uniknya, album ini dikemas dengan cara yang unik danga sangat berbeda. Album tersebut dibuat secara Audio & Video Live Recording agar bisa menangkap energi saat manggung.

"Dengan konsep begini energinya lebih spontan ke aundience. Mudah-mudahan yang ada semau bisa ter-capture," ujar Rio saat ditemui di kawasan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Diakui Rio, konsep itu lahir dari idenya sendiri. Karena album direkam dengan konsep live recording, Rio dan Quintet pun melalukan latihan yang cukup lama untuk album tersebut. "Ini konsep yang sudah sering kami mainkan," sambung pria kelahiran Surabaya, 13 Juli 1978 ini.

Rio yang saat ini tinggal di Bali memang merasa perlu untuk memperkenalkan karya-karyanya kepada pecinta musik dalam negeri. Meski pun, Rio sendiri cukup sering tampil dalam event jazz di Indonesia. Rio misalnya, sempat berkolaborasi dengan Maurice Brown dan Incognito dalam Bali Live International Jazz Festival 2014.

"Saya mengakui kalau saya kurang dikenal di sini, saya memang jarang ke Jakarta. Tapi dulu saya pernah main sama Chrisye (almarhum), Indra Lesmana dll. Saya main sebagai solois. Dengan ini saya memang harus bolak-balik Jakarta-Bali," sambung Rio, yang merupakan kakak kandung dari aktor Dian Sidik.

Ada 10 lagu yang disuguhkan Rio dan Quintet dalam album Sound of the Mystical Vibe. Selain menyanyi, Rio juga tampil menunjukkan bakat lainnya memainkan alat musik terompet. "Terompet itu alat musik yang sudah saya pelajari sejak usia delapan tahun. Kakek saya dulu pemain terompet dan Nenek menyanyi. Turun ke ibu, tante dan saya generasi ke tiga," tutur Rio.

Lagu-lagu di album Sound of Mystical Vibe Rio Sidik Quintet: Barceloneta, Too Much to Forget, Whisper from God, Kesari, Autumn in Moscow, Tak Bisa Mendua, Andai, On My Scooter, Hope and Love dan Make Somebody Happy.

 

Target Persib Selama TC di Pangandaran Tercapai

Posted: 05 Apr 2014 04:59 AM PDT

Memasuki hari ketiga pemusatan latihan di kawasan Pangandaran, Jawa Barat, Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman mengaku Training Center (TC) kali ini sudah memenuhi target yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain melakukan penyegaran, tujuan utama Djajang menyelenggarakan pemusatan latihan di daerah pantai Pangandaran, tidak lain adalah untuk membuat anak asuhnya semakin kompak, baik itu di luar dan didalam lapangan.

"Udah dapat, karena jujur saya datang ke sini paling utama adalah memupuk kebersamaan dan mencari suasana baru supaya tidak boring di sana," kata Djadjang kepada wartawan, Sabtu (5/4/2014).

Salah satu indikatornya, selama pelasanaan pemusatan latihan, Djadjang melihat seluruh pasukan tim berjuluk Maung Bandung ini terpantau sangat antusias mengikuti setiap program yang dia berikan.

"Dan ternyata itu dapat karena pemain fun sekali di sini keliatan sekali ceria dan penuh semangat itu yang di cari dan keliatan dapat," ujar eks pemain Persib era perserikatan ini.

Selama berada di Pangandaran, Djadjang memanfaatkan kawasan pantai sebagai tempat berlatih. Disamping itu, dia juga berkolaborasi dengan pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya untuk menyesuaikan menu latihan.

 

[VIDEO] Berakhirnya Penggalangan Masa Parpol

Posted: 05 Apr 2014 04:49 AM PDT

Hiruk pikuk kampanye partai politik (parpol) akan berakhir hari ini. Mulai besok, Minggu 5 April 2014 tak akan ada lagi terdengar hingar-bingar penggalangan massa oleh parpol. Karena masa tenang akan berlangsung sejak Selasa 8 April 2014 sebelum tiba hari pencoblosan pada Rabu 9 april 2014.

Dalam tayangan Barometer pekan ini di Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (5/4/2014), menentukan pilihan terbaik sepertinya bisa jadi hal yang sulit dilakukan. Apalagi selama masa kampanye partai yang seharusnya mencitrakan partai yang bersih dan tertib justru melakukan pelanggaran aturan kampanye.

Beberapa pelanggaran yang dilakukan antara lain, money politics atau bagi-bagi uang demi mendapatkan suara terbanyak ditemukan saat kampanye sejumlah calon legislatif. Selain itu, membawa atau melibatkan anak-anak untuk berkampanye juga masih banyak dilakukan oleh sejumlah partai. Padahal untuk melibatkan anak dalam berkampanye tidak dibenarkan.

Terkait pelanggaran ini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah melayangkan teguran bagi 12 parpol peserta pemilu.

Selain itu, black campaign atau kampanye hitam untuk menjatuhkan pesaing juga masih ditemukan terjadi. Sekitar 189 juta warga negara Indonesia tercatat memiliki hak pilih dalam pemilihan umum (Pemilu) di 2014 ini.

Kini, di saat hari pencoblosan sudah di depan mata dengan sosialisasi yang sudah digelar dan kampanye yang marak di mana-mana, apakah pemilih sudah tahu mengenai apa yang akan dipilih? Partai apa? Siapa calon legislatif yang terbaik? Serta bagaimana cara menggunakan hak pilih?

Meski kampanye gencar dilakukan partai politik dan caleg-calegnya serta sosialisasi sudah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU), namun ternyata masih banyak pemilih yang belum mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Terhitung, lebih dari 90 persen anggota DPR periode 2009-2014 kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR pada pemilu 9 April 2014 mendatang. Padahal kinerja mereka selama 5 tahun berkiprah di Senayan, dinilai buruk dan menjadi sorotan banyak publik. Antara lain kerap bolos hingga tertidur saat sidang, atau bahkan membuka situs porno di tengah sidang DPR.

Terkait hal ini, Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mencatat hanya 4 anggota DPR yang kinerjanya sangat bagus. Dan sebagian lagi dinilai kinerjanya sangat buruk. Sedangkan untuk kinerja fraksi yang dinilai cukup hanya Partai Golkar saja.

Ada sejumlah indikator yang digunakan Formappi untuk menilai kinerja anggota DPR, di antaranya kunjungan ke daerah pemilihan menghadiri rapat-rapat komisi, melaporkan harta kekayaan, dan menyampaikan gagasan serta aspirasi dalam rapat komisi.

Selain 90 persen caleg lama ini, masyarakat juga perlu mencari tahu rekam jejak para caleg baru sebelum menentukan pilihan supaya tidak salah pilih.

Pemilu 2014 secara nasional diikuti oleh 12 partai politik, dimana masing-masing partai mengajukan calon-calon legislatifnya untuk dipilih. Para pemilih nantinya akan mendapatkan 4 surat suara untuk memilih calon legislatif untuk duduk di DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota. Nantinya, dengan mencoblos calon legislatif yang akan dipilih, suara akan langsung terhitung untuk caleg dan partai yang bersangkutan.

Berkurangnya kepercayaan masyarakat pada partai politik dan para caleg menjadi salah satu alasan mengapa  masyarakat memilih untuk tidak memilih alias golput atau golongan putih.

Dalam Pemilu 2014 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan 75 persen dari jumlah pemilih datang ke tempat pemungutan suara. Target yang cukup tinggi memang, mengingat pada 2009 angka golput sangat fantastis, yakni mencapai 47, 5 persen pemilih. Akankah nantinya target KPU akan tercapai? (Tanti Yulianingsih)

Baca juga:

Taruh Bayi Nangis di Freezer, Ayah Dibui 16 Tahun

[VIDEO] Bayi 8 Bulan Diceburkan Paman ke Sumur

Penderita Penyakit Asap Riau Tersisa 663 Jiwa

Rumah Sakit Apung Sambangi Riau, Beri Layanan Kesehatan Gratis

Posted: 05 Apr 2014 04:44 AM PDT

Rumah Sakit Apung dr. Lie Dharmawan yang dikelola doctorSHARE atau Yayasan Dokter Peduli kembali melangsungkan pelayanan medis di Sungai Guntung dan Kuala Enok, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau dengan tema “Menjalin Kasih dengan Semangat Persaudaraan“ pada 24-25 Maret 2014.

Dalam pelayanan medis ini, tim doctorSHARE terdiri dari 1 dokter spesialis bedah, 12 dokter umum, 1 dokter muda, dan 1 relawan non medis. Layanan yang dilakukan meliputi pengobatan umum, bedah minor, bedah mayor, serta pendampingan kesehatan.

Sekitar 426 orang memeriksakan diri dengan penyakit terbanyak gastritis (nyeri lambung), hipertensi (darah tinggi), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), rheumatik, dan cephalgia (nyeri kepala).

Sementara itu layanan medis di Kuala Enok atau Tanah Merah berlangsung pada 26-28 Maret 2014. Total pasien pengobatan umum di lokasi ini mencapai 631 orang dengan penyakit terbanyak hipertensi (darah tinggi), gastritis (nyeri lambung), rheumatik, cephalgia (nyeri kepala), dan katarak.

Total operasi minor di Sungai Guntung dan Kuala Enok mencapai 23 pasien dengan kasus antara lain lipoma (jaringan lemak yang tumbuh), kista ateroma, abses, ganglion. Bedah mayor mencapai 15 pasien dengan kasus terbanyak hernia, fibroadenoma mammae (benjolan di payudara), dan hemoroid (wasir).

Pendampingan kesehatan dengan topik “Pola Hidup Bersih dan Sehat“ juga dilakukan di Sungai Guntung diikuti 150 siswa kelas 5 SD sementara di Kuala Enok diikuti oleh 100 siswa kelas 1 SMP (kelas 7).

“Kami sangat mengapresiasi sambutan masyarakat Riau yang luar biasa. Senyum mereka adalah penyemangat kami untuk tetap melayani. doctorSHARE bangga menjadi kepanjangan tangan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Sehat,“ papar koordinator lapangan doctorSHARE untuk pelayanan medis RSA dr. Lie Dharmawan di Riau, Stephanie, S.Ked kepada Liputan6.com, Sabtu (5/4/2014).

Kampanye Hitam Hingga Politik Uang Mewarnai Kampanye Pemilu 2014

Posted: 05 Apr 2014 04:43 AM PDT

Hari ini adalah hari terakhir kampanye terakhir sejumlah Parpol di berbagai Daerah.

 

Ancelotti Waspadai Ancaman Sociedad

Posted: 05 Apr 2014 04:40 AM PDT

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti tak ingin menganggap remeh Real Sociedad yang akan jadi lawan tim asuhannya di pekan ke-31 La Liga, Minggu (6/4/2014). Di mata Ancelotti, Sociedad merupakan lawan yang berbahaya terlebih ketika mereka bermain di markasnya sendiri.

"Kita semua tahu La Real adalah lawan yang tangguh dan bermain baik saat berada di rumah. Kami perlu tampil optimal karena ini adalah laga yang penting," kata Ancelotti yang dikutip dari Football Espana.

"Kami harus menang karena saya pikir dengan mengalahkan tim ini (Sociedad) kami akan terus memiliki kemungkinan untuk menjuarai La Liga. Mereka sangat kuat di kandang dan kami harus lebih baik dari beberapa laga terakhir yang telah dijalani," lanjutnya.

Madrid saat ini berada di posisi tiga klasemen. Los Blancos telah mengantongi raihan 73 poin, tertinggal tiga angka dari Atletico Madrid yang kokoh di posisi teratas. Jika sampai kalah, kans Madrid untuk juara bakal kian tertutup. Sebab di laga berbeda, Atletico akan bermain di rumahnya sendiri melawan Villarreal. Sementara Barcelona yang duduk di posisi dua akan berhadapan dengan Real Betis, tim penghuni dasar klasemen.

"Saya yakin gelar juara liga akan sangat sulit didapatkan bila kita tidak menang. Itu sebabnya kami bertujuan untuk menang dan melakukan yang terbaik demi mendapatkan gelar. Ini akan menjadi laga yang sulit. La Real lawan yang berbahaya dan kami harus berhati-hati," ucap pelatih yang kerap disapa Don Carlo tersebut.

Dalam laga nanti, Madrid tidak akan diperkuat sejumlah pemain andalannya termasuk Cristiano Ronaldo yang tengah dibekap cedera. Kendati demikian, Ancelotti tetap yakin pemainnya yang tersisa bisa memberikan penampilan memuaskan di pekan ini.

"Kami memiliki pilihan. Saya akan memutuskannya besok. Alvaro Morata bisa bermain. Kami juga bisa mengubah posisi Isco. Gareth Bale bahkan telah bermain dengan baik secara konsisten. Dia juga bisa mengubah posisinya ke tempat yang ditinggalkan Ronaldo," ucap Ancelotti menenangkan diri. (Van)

 

Newcastle vs MU: Harus Konsisten!

Posted: 05 Apr 2014 04:36 AM PDT

Manchester United (MU) sedang dalam trek bagus usai menang 4-1 atas Aston Villa di liga primer Inggris dan menahan Bayern Muenchen 1-1 di Old Trafford. Memang hasil 1-1 melawan Muenchen tentu tidak maksimal. Itu karena MU main di kandang sendiri pada leg pertama perempat final Liga Champions tersebut.

Namun manajer MU, David Moyes setidaknya punya rencana apa yang harus dilakukan di setiap pertandingan. Seperti di Liga Champions, dia berhasil membuat Muenchen kesulitan kembangkan permainan berkat permainan defensif. Apapun itu, MU setidaknya sedikit menjungkalkan prediksi publik yang menyebut Muenchen akan menang mudah.

Nah, konsistensi Moyes harus dibuktikan kembali ketika main tandang ke kandang Newcastle malam ini. Soalnya, di laga-laga sebelumnya, MU kerap menunjukkan permainan naik turun. Contohnya usai menang 3-0 atas Olimpiakos Piraeus dan West Ham 2-0, MU malah terjungkal di laga bergengsi kontra Manchester City.

Skor pun tak tanggung-tanggung yaitu 0-3 untuk City. Padahal itu terjadi di Old Trafford. Hal seperti ini tak boleh terjadi lagi. Ini pula yang disuarakan oleh Ashley Young, winger MU.

"Kami harus menjaga momentum ini," katanya. "Kami ingin mengambil tiga poin di laga akhir pekan ini menjelang pertandingan lawan Muenchen. Setelah itu kita lihat apa yang terjadi."

Sementara itu, Newcastle United yang akan tampil tanpa manajer Alan Pardew (sanksi) bertekad untuk menorehkan rekor di laga nanti. Setelah mengakhiri penantian tak pernah menang di Old Trafford lewat kemenangan 1-0 Desember lalu, Newcastle berhasrat menggandakan kemenangan alias dobel menang yang tak pernah terjadi sejak 1931.

Lagipula, Newcastle ingin bangkit setelah kekalahan 0-4 dari Southampton akhir pekan lalu. Hanya saja misi ini tergolong berat untuk dilakukan.

Soalnya, Newcastle tak diperkuat beberapa pilar seperti Moussa Sissoko, Loic Remy, Mathieu Debuchy dan kiper Tim Krul. Sedangkan bek Davide Santon siap kembali memperkuat Newcastle.

"Kami kecewa dengan penampilan buruk lawan Southampton. Kami sangat ingin memberi penampilan ciamik dan pantas bagi fans. Masalah terbesar adalah pemain cedera, lima dari pemain yang ikut kalahkan MU Desember lalu absen," ujar Pardew yang terkena sanksi karena menanduk bek Hull, David Meyler bulan lalu.

Prediksi Susunan Pemain


Newcastle (4-2-3-1): Elliot; Santon, Coloccini, Williamson, Dummett; Ben Arfa, Tiote, Anita, Gouffran; De Jong, Cisse

Manchester United ( 4-2-3-1): De Gea; Smalling, Jones, Vidic, Buttner; Valencia, Carrick; Mata, Welbeck; Fellaini; Chicarito

Rekor Pertemuan

07/12/13 PRL Manchester United 0 - 1 Newcastle United
26/12/12 PRL Manchester United 4 - 3 Newcastle United
07/10/12 PRL Newcastle United 0 - 3 Manchester United
27/09/12 LEC Manchester United 2 - 1 Newcastle United
05/01/12 PRL Newcastle United 3 - 0 Manchester United
26/11/11 PRL Manchester United 1 - 1 Newcastle United
20/04/11 PRL Newcastle United 0 - 0 Manchester United

ManCity Andalkan Dzeko Gedor Pertahanan Southampton

Posted: 05 Apr 2014 04:33 AM PDT

Manchester City akan meladeni perlawanan Southampton dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris, Sabtu (5/4/2014). Dalam pertandingan ini, City masih belum diperkuat penyerangnya, Sergio Aguero.

Bermain di Etihad Stadium, Manajer Maniel Pellegrini menurunkan skuat terbaiknya. Dengan menggunakan skema 4-2-3-1, Pellegrini mengandalkan Edin Dzeko sebagai penyerang tunggal.

Di kubu Southampton, Manajer Mauricio Pochettino juga menerapkan taktik yang sama. Bermodalkan pemain muda, Pochettino menempatkan Rickie Lambert sebagai strikernya.

Susunan pemain
Manchester City: Hart; Zabaleta, Kompany, Demichelis, Kolarov; Fernandinho, Toure; Navas, Nasri, Silva; Dzeko
Cadangan: Pantilimon, Lescott, Richards, Garcia, Milner, Jovetic, Negredo

Southampton: Gazzaniga; Chambers, Fonte, Lovren, Shaw; Cork, Schneiderlin; Davis, Lallana, Rodriguez; Lambert.
Cadangan: Cropper, Clyne, Wanyama, Ward-Prowse, Guly, Hooiveld, Gallagher

 

Lupita Nyong'o Didaulat Sebagai Brand Ambassador Lancome

Posted: 05 Apr 2014 04:30 AM PDT

- Lupita Nyong'o, aktris asal Kenya telah resmi menjadi brand ambassador sebuah produk kecantikan berkelas asal Prancis, Lancome. Dirinya mengaku bangga bisa bergabung dengan merek kesayangannya tersebut.

"Saya benar-benar merasa terhormat bisa bergabung dengan Maison Lancome, merek bergengsi favorit saya. Saya juga bangga bisa merepresentasikan visi unik untuk wanita dan kecantikan bukan karena wajah saja tapi juga kebebasan berekspresi seorang wanita," ungkap Lupita, dikutip dari Aceshowbiz, Sabtu (5/4/2014).

Aktris berusia 31 tahun tersebut akan bergabung dengan ambassador lainnya, seperti Kate Winslet, Julia Roberts, dan Penelope Cruz. Seperti diketahui dari beberapa wanita yang juga menjadi brand ambassador hanya Lupita yang berkulit hitam.

Lupita berharap dalam peran barunya sebagai duta produk kecantikan memberikan manfaat baik untuk dirinya maupun untuk Lancome sendiri.

"Yang menarik bagi saya tentang Lancome adalah mereka tidak mendikte apa yang dimaksud tentang kecantikan. Apa yang mereka lakukan sudah ada. Ini suatu hal yang menarik saya untuk mereka. Saya berharap bisa memberikan hubungan yang saling menguntungkan dan bermanfaat baik untuk mereka (Lancome) dan juga saya," kata Lupita.

Bintang dalam film 12 Years A Slave tersebut akan mulai menghiasi iklan Lancome pada September mendatang. Lupita akan bekerja sama dengan dua fotografer handal, Mert Alas dan Marcus Piggott.

Sepertinya tahun ini menjadi tahun kesuksesan Lupita Nyong'o setelah dirinya meraih piala Oscar sebagai Best Supporting Actress.

[OTO-News] "Baju Spesial" pada Suzuki Hayabusha dan GSX-R750

Posted: 05 Apr 2014 04:26 AM PDT

Suzuki Inggris meluncurkan edisi terbatas GSX-R750 dan Hayabusa. Edisi spesial tersebut akan mulai dijual bulan ini.

"Setelah GSX-R750 dan Hayabusha mendapat respon positif sejak diperkenalkan pertama kali pada Motorcycle Live tahun lalu, kami dengan bangga mempersembahkan edisi terbatas dari GSX-R750 dan Hayabusha," kata Manajer Pemasaran Suzuki Inggris George Cheeseman, Melansir visordown, Sabtu (5/4/2014).
 
Edisi spesial GSX-R750 dibanderol 9.899 poundsterling atau sekitar Rp 185 juta (kurs Rp 18.759 per Poundsterling). Sedangkan Hayabusa dijual 11.499 poundsterling atau sekitar Rp 215 juta.
 
Hayabusa mendapat desain headlamp baru yang membuatnya lebih futuristik. Pada edisi spesial kali ini, Suzuki memberi Warna kombinasi merah dan hitam, termasuk jok untuk Hayabusha.
 
Nuansa emas dipasang pada garpu depan, baut-baut pada setang, dan panel setelan rantai. Kaliper Brembo dengan warna silver berpadu dengan tulisan berwarna merah melengkapi nuansa warna mencolok.
 
Sementara itu, GSX-R750 juga mendapat sentuhan hampir sama. Kelir kombinasi merah dan hitam ada pada bodi dan jok. Kaliper Brembo dengan tulisan merah juga menjadi peranti standar. Selebihnya, diberi sentuhan emas pada beberapa bagian kecil dan baut-baut.
 
”Keduanya menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan model standar. Dengan jumlah yang terbatas, konsumen dihadapkan pada kesempatan memiliki sepeda motor yang unik dan spesial,” tutup Cheeseman.
 

Warga Papua: Jokowi Itu Presiden Jakarta Tho?

Posted: 05 Apr 2014 04:21 AM PDT

Nama bakal calon presiden dari PDIP Joko Widodo telah menggaung hingga wilayah Indonesia paling timur, Papua. Bahkan bagi warga Papua yang tidak mempunyai televisi sekalipun, pria yang karib disapa Jokowi itu ternyata sudah menjadi idola.

Salah satunya adalah Joseph, 53 tahun. Pria asal Wamena yang berprofesi sebagai pedagang sayur di pasar Youtefa, Abepura, Jayapura, itu mengaku mengenal Jokowi meski tak mengenal wajahnya sekalipun.

"Kita kenal Jokowi, lho bukan dia sekarang sudah jadi presiden toh, Jokowi presiden Jakarta?" tanya Joseph dengan polosnya, Sabtu (5/4/2014).

Jokowi yang dia dengar dari kerabatnya adalah sosok orang yang mau turun langsung melihat permasalahan yang terjadi di lapangan. Sebagai 'president' Jakarta, Jokowi menurutnya berbeda dengan pemimpin lainnya. Mau turun langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk mengatasi problem yang terjadi.

"Kalau seperti itu kan, masalah pasti selesai. Jokowi mau turun, salaman dengan rakyat kecil. Buktinya, dia mau ke Pasar Youtefa, pemimpin lain belum pernah ke pasar kecil seperti ini," tutur dia.

"Kalau dia hanya di Jakarta, yang baik hanya Jakarta. Dia harus jadi presiden Indonesia, supaya Papua juga ikut hebat, benar tho," ujar lelaki yang mengaku hanya lulus SD itu.

Inter Ingin Datangkan Gelandang Man City

Posted: 05 Apr 2014 04:13 AM PDT

Inter Milan kembali meramaikan berita transfer pemain. Kali ini, klub milik Erick Thohir tersebut dilaporkan mengincar Javi Garcia yang mulai jarang dimainkan di skuat Manchester City.

Garcia mendarat di markas City pada Agustus 2012 lalu. Pada musim pertamanya, ia langsung mendapat kepercayaan tampil di tim inti. Namun musim ini, ia lebih sering berperan sebagai pemain pengganti. Garcia yang direkrut dari Benfica dengan harga 16 juta pound dianggap kalah kualitas dari Fernandinho, gelandang asal Brazil yang sempat bermain bersama Shaktar Donetsk.

Dengan memanfaatkan kondisi sang pemain, Inter berharap bisa menampungnya di bursa transfer musim panas mendatang. Menurut Sky Sport Italia, City telah membanderol Garcia dengan harga 14  juta pound. Namun Inter harus bergerak cepat jika ingin merealisasikan transfer ini. Sebab, Napoli kabarnya juga ikut membidik pemain kebangsaan Spanyol tersebut.

Apabila gagal merekrut Garcia, Inter bakal mengalihkan bidikannya pada Nilton Ferreira Junior. Pemain Cruzeiro itu dibanderol 5,5 juta euro dan sejauh ini ia ditaksir oleh tim-tim raksasa Eropa seperti Valencia, Lille, AS Roma, dan sang rival abadi AC Milan.

"Nilton masuk ke dalam radar klub-klub besar Eropa. Dia memenangkan Liga Brasil dan terpilih sebagai salah satu pemain terbaik. Jadi wajar rasanya bila dia mendapatkan hal itu," ucap agen sang pemain, Wagner Ribeiro. (Van)

Dituding Pilih Rute Tak Rasional Soal Merpati, Ini Dalih BUMN

Posted: 05 Apr 2014 04:06 AM PDT

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sampai saat ini terus menunggu keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai izin terbang kembali PT Merpati Nusantara Airlines (Persero).

Merpati telah berhasil melakukan kerjasama operasional (KSO) dengan dua perusahaan swasta dan telah memutuskan untuk mengawali penerbangan dari hasil KSO untuk rute Indonesia-Jeddah.

Namun Kemenhub beralasan tak kunjung memberikan izin terbang untuk rute tersebut karena lebih meminta Merpati untuk menerbangi rute domestik terlebih dahulu.

Bahkan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa turut menanggapi rute Indonesia-Jeddah tersebut dinilainya kurang efisien mengingat sudah banyak maskapai penerbangan yang menerbangi rute itu.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN, Wahyu Hidayat menjelaskan rute Indonesia-Jeddah adalah sebuah rute yang menurutnya berpotensi.

"Di Hongkong itu saya pernah lihat, di sana orang Indonesia antri ke Jeddah pakai Catay Pasific, dari Indonesia ke Hongkong dulu, itu kan bagus sebenarnya," jelas dia seperti ditulis Sabtu (5/4/2014).

Untuk itu, demi segera mendapatkan izin terbang, Wahyu mengaku terus melakukan pembicaraan dengan jajaran pejabat di Kemenhub.

"Saya juga sudah telepon Pak Bambang (Wamenhub), telepon Pak Herri (Dirjen Perhubungan Udara), tapi belum keluar juga, tapi kan karena mungkin belum dikasih, ya mau bagaimana lagi," tegasnya.

Pulang dari Spanyol, Bintang Persib Pilih Beristirahat

Posted: 05 Apr 2014 04:05 AM PDT

Penyerang Persib Bandung, Tantan mengaku akan memanfaatkan waktu libur dengan beristirahat beberapa hari setelah melakoni pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia di Spanyol. Anak asuh Alfred Riedl ini memulai latihan sejak 24 Maret dan berakhir 3 April lalu.

Tantan mengatakan, dia baru sampai Indonesia bersama tim pukul 00:00 WIB dan tiba di rumahnya yang berada di Lembang sekitar pukul 04:00 WIB.

"Perjalanan cukup lama dari Spanyol ke Indonesia. Sepertinya tidak gabung tim ke Pangandaran. Beberapa hari ke depan akan istirahat di rumah," kata Tantan seperti yang dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (5/4/2014).

Tantan bersama enam penggawa Maung Bandung dan pemain lainnya selama di Spanyol tidak hanya menjalani pemusatan latihan saja. Skuat Garuda juga menjalani tiga laga uji coba, bersama Andorra, Kuba dan Villarreal B.

Timnas Senior ini akan kembali melakoni pertandingan persahabatan kembali melawan tim asal Amerika zona Concacaf, Panama yang direncanakan berlangsung 15 Mei mendatang.

"Saya kurang pasti juga. Tapi katanya Mei dengan Panama dan ada juga uji coba dengan Asean All Star. Kalau dengan Panama sepertinya pertandingannya di Indonesia," jelas Tantan.

 

Ini Alasan Bill Gates Mau Menyumbang buat Indonesia

Posted: 05 Apr 2014 04:02 AM PDT

Orang terkaya di dunia, Bill Gates hari ini meresmikan The Indonesia Health Fund di mana itu adalah lembaga sosial yang menampung dana-dana para pengusaha untuk tujuan sosial.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, dihadapan para pengusaha Indonesia, Gates menceritakan alasan dirinya peduli terhadap kesehatan masyarakat-masyarakat kurang mampu di dunia melalui Bill & Melinda Gates Foundation.

"Ketika muda, saya tidak tahu soal masalah kesehatan, saya tahunya cuma software karena saya tidak pernah merasakan kemiskinan dan saya lahir di tempat yang serba mapan," cerita Gates di Hotel Sangrila, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).

Kepedulian Gates tergugah saat membaca dan menggali informasi baik dari buku dan internet dimana di dunia masih banyak anak-anak yang meninggal disebabkan berbagai penyakit seperti diare.

"Kenapa hal itu masih bisa terjadi ditengah sudah tingginya ilmu pengetahuan dan semua serba ada di dunia ini untuk menyembuhkan itu," terang dia.

Dia mengungkapkan di tempat tinggalnya, tidak pernah menemui penyakit-penyakit layaknya diare yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

"Saya mendapat informasi bahwa di dunia itu sebanyak 5% anak-anak dibawah usia 5 tahun meninggal karena penyakit-penyakit itu, itu saya prihatin," kata Gates.

Bill menganggap, penyakit TBC masih banyak terjadi di Indonesia, hal itulah yang menggugah dirinya untuk turut berpartisipasi dalam Indonesia Health Fund yang dananya akan digunakan untuk menuntaskan masalah penyakit seperti TBC, HIV-AIDS, Diare, Malaria dan Keluarga Berencana (KB).

Bill Gates sendiri menyumbang dana US$ 40 juta dan, selain 8 pengusaha di Indonesia yang juga ikut menyumbang US$ 40 juta, maka total dana yang terkumpul sebesar US$ 80 juta atau sekitar Rp 800 miliar.