Senin, 14 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Penderita Stroke di Indonesia Diprediksi Terus Bertambah

Posted: 14 Jul 2014 05:00 AM PDT

Stroke adalah penyakit tidak menular yang jumlah penderitanya terus bertambah di Indonesia. Menteri Kesehatan RI dr Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, menyebutkan bahwa penyakit ini jadi penyebab kematian utama di hampir seluruh rumah sakit di Indonesia.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2007 jumlah penderita stroke 8,3 per 1000 penduduk. Kemudian di tahun 2013 melonjak menjadi 12,1 per 1000 penduduk seperti dikutip berita pers peresmian RS Pusat Otak Nasional yang diterima liputan6.com.

"Prevalensi penderita stroke cenderung lebih tinggi pada masyarakan berpendidikan rendah dan masyarakat yang tinggal di perkotaan," jelas Mboi.

Diprediksi prevalensi penderita stroke akan meningkat di tahun-tahun mendatang jadi 25-30 per 1000 penduduk.

Oleh karena itu untuk menjaga kesehatan Menteri Kesehatan RI berpesan agar masyarakat menjaga gaya hidup sehat. Melalui CERDIK, Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok, Rajin berolahraga, Diet sehat, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Salah satu bentuk langkah pemerintah menghadapi meningkatnya penderita stroke dengan mendirikan rumah sakit khusus otak dan saraf yang sekaligus sebagai pusat neurosains di Indonesia. "RS Pusat Otak Nasional sebagai langkah menjawab tantangan meningkatnya penyakit stroke di Indonesia dengan pelayanan prima dan paripurna," tandas Mboi dalam sambutan peresmian RS PON pada Senin (14/7/2014).

Cerita Bella Saphira Pertama Kali Puasa Ramadan

Posted: 14 Jul 2014 05:00 AM PDT

Ramadan tahun ini merupakan kali pertama bagi Bella Saphira menjalankan ibadah puasa. Bella menjadi seorang muslim sejak menikah dengan Mayjen TNI H. Agus Surya Bakti pada Juli 2013 silam. Bella mengaku sempat merasa tak kuat saat harus menahan lapar dan haus selama seharian.

"Jujurnya awalnya berat sih hari pertama kita langsung nonton bola dan hari kedua dan ketiga baru berasa, setelah seminggu baru enakan. Lumayan ke asam lambung tinggi sampai ke rumah sakit. Tapi nggak sampai diopname," Kata Bella saat dihubungu melalui telpon genggamnya, Senin (13/7/2014).

Sebagai seorang istri, Bella tak kerepotan untuk menyiapkan makan saat berbuka mau pun sahur untuk suaminya. Beruntungnya masalah makan, sang suami tak pernah minta yang macam-macam.

"Biasanya harus ada kurma, paling tiga atau empat lah harus ada. Kalau buah paling pepaya, semangka, melon dan buah naga. setelah makan beliau makan pisang dan kelapa," sambung Bella.

Untuk Bella sendiri, saat berbuka ia selalu menyediakan bukaan yang benar-benar bisa melepas dahaganya. Ia pun punya menu khusus yang harus ada setiap berbuka puasa.

"Kalau saya paling senang makanan yang segar. Kalau bisa makan yang segar-segar kayak lidah buaya, cincau dan sari kelapa. Kalau misalnya lauk pauk itu tauge, brokoli dan jamur goreng," ujarnya.

Bella berharap, puasa kali ini ia bisa menyempurnakan islamnya, yang baru satu tahun belakangan ia jalani. "Semoga menambah keislamanku ya, amin," tutur Bella.

Produksi Emas G Resources Martabe Capai 134 Ribu Ounce

Posted: 14 Jul 2014 04:58 AM PDT

G Resources Martabe mencatat produksi emas mencapai 70.135 ounce emas selama kuartal II 2014. Dengan jumlah itu, perseroan telah memproduksi emas mencapai 134.937 ounce emas.

Presiden Direktur G-Resource Tambang emas Martabe, Peter Albert menuturkan, jumlah ini telah melebihi target panduan produksi emas berkisar di angka 230 ribu-250 ribu ounce pada 2014.

Meski demikian, produksi emas mencapai 70.135 ounce pada kuartal II 2014 ini lebih rendah dari hasil produksi pada periode sama tahun sebelumnya yang berada di angka 70.212 ounce.

Selain emas, perseroan mencatatkan produksi perak mencapai 530.918 ounce pada kuartal II 2014. "Jadi total 1.046.535 ounce hingga pertengahan tahun, setara dengan target produksi tahunan lebih dari 2 juta ounce. Memenuhi panduan produksi tahun ini," ujar Albert, Senin (14/7/2014).

Selain itu, harga rata-rata emas mencapai US$ 1.286 per ounce pada. Harga emas ini lebih rendah dibandingkan harga emas rata-rata pada kuartal kedua tahun lalu di kisaran US$ 1.431 per ounce. Harga rata-rata perak US$ 19 per ounce pada kuartal II.

"Lebih rendah dibandingkan harga perak US$ 23 per ounce pada kuartal kedua tahun lalu," tutur Albert.

Penerimaan dari penjualan bullion sebesar US$ 102 juta pada kuartal II, lebih tinggi  dibandingkan hasil penjualan bullion pada kuartal sama tahun lalu sebesar US$ 98,55 juta. Kegiatan penambangan dan pabrik pengolahan bijih berjalan sesuai rencana dan biaya bisa terus ditekan. AISC berada di angka US$ 709/ounce, lebih rendah dari panduan dalam kuartal kedua  2014.

“Pencapaian  produksi sejak kuartal pertama hingga kedua ini membuat kami yakin mampu mencapai target yang sudah kami tetapkan. Juga demikian dengan biaya produksi yang  kita upayakan selalu berada di bawah patokan WGC,” pungkasnya.

G-Resources Group Limited salah perusahaan emas di Asia, perusahaan ini tercatat di bursa saham Hong Kong. Aset utama perseroan yaitu tambang emas dan perak Martabe yang berlokasi di Sumatra Utama, Indonesia. (Pew/Ahm)

Tak Hanya Jakarta, Taipei Juga Menjadi Lautan Skuter

Posted: 14 Jul 2014 04:45 AM PDT

Tak semua kota besar di dunia dirasa masyarakatnya telah mengakomodir kebutuhan transportasi mereka. Alhasil, sepeda motor atau skuter masih menjadi pilihan utama. Dimensi yang kecil plus bahan bakar irit membuat kendaraan roda dua menjadi primadona di negara berkembang.

Sayangnya, luas jalan yang ada cenderung tak sebanding dengan pertumbuhan angka pengguna sepeda motor. Untuk mencari nafkah, penduduk dari kota satelit terus mengalir menuju kota-kota besar sehingga memacetkan jalan-jalan protokol.

Selain Jakarta, salah satu kota dengan populasi roda dua yang cukup padat adalah Taipei. Pada jam-jam sibuk, ibukota negara Taiwan ini terus dipadati oleh para komuter yang berkendara skuter, seperti dilansir dari Autoevolution, Senin (14/7/2014).

Tak ayal, situasi tersebut membuat jalan protokol di kota Taipei bak aliran sungai yang dipenuhi oleh skuter. Video berikut turut memperlihatkan sebuah jembatan yang penuh oleh pengendara skuter saat jam pulang kantor.

Meskipun kondisi ini dirasa menguras tenaga, namun para pemotor tersebut tampak pasrah menjadikannya sebagai rutinitas sehari-hari.

Uniknya, sikap para pemotor di Taipei ini dapat menjadi contoh positif bagi pemotor di Jakarta. Mereka tetap tertib meskipun terjebak di tengah kondisi lalu lintas yang macet. (Ysp/Des)

Kompilasi Album `Cipta Lagu Anak` Segera Dirilis

Posted: 14 Jul 2014 04:45 AM PDT

Album kompilasi lagu anak-anak yang diambil dari hasil ajang Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak 2014 yang bertema `Irama Negeriku` akan segera diluncurkan.

Direktur Pengembangan Seni Pertunjukan dan Industri Musik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Juju Masunah mengatakan kalau album tersebut diisi oleh para pemenang ajang Lomba Cipta Lagu Anak tahun 2013 dan 2014.

"Nanti albumnya berisi 20 lagu anak dari berbagai daerah. Album ini album kompilasi, dari lagu anak yang berhasil menjadi pemenang dalam Lomba Cipta Lagu Anak di tahun 2013 dan 2014," ucap Juju disela-sela jumpa pers Lomba Cipta dan Festival Lagu Anak-Anak 2014 di Puri Denpasar Hotel, Kuningan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Menurut dia, 20 lagu yang ada di album tersebut diaransemen kembali oleh komposer Purwacaraka. Untuk selanjutnya, materi yang sudah diaransemen ulang itu akan direkam dan disebarkan ke sekolah-sekolah, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Kita nanti akan sebar albumnya ke seluruh Indonesia termasuk sosialisasi ke radio-radio. Kami juga akan roadshow untuk sosialisasi dan promosi langsung dari daerah ke daerah," papar dia.

Proses penjurian lomba sudah dilakukan sejak 10-12 Juli 2014 oleh tim penilai atau juri yang terdiri dari para pemerhati musik anak-anak seperti Purwacaraka, Bens Leo, Dina Mariana, Tika Bisono, Leli Kurniawati, Pono Banoe, Adib Hidayat dan Julianus Limbeng.(Gie/Mer)

Demografi RI Bisa Jadi Andalan Keluar dari Jerat Kelas Menengah

Posted: 14 Jul 2014 04:43 AM PDT

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro menyatakan bonus demografi yang dimiliki seharusnya mampu membawa Indonesia keluar dari jeratan kaum menengah (middle income trap).

"Kita punya modal bonus demografi untuk bisa keluar dari middle income trap. Kalau untuk menjadi higher income mungkin butuh waktu yang panjang," ujarnya saat seminar Hari Kependudukan Sedunia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (14/7/2014).

Dia menjelaskan, middle income trap merupakan sebuah kondisi dimana suatu negara yang GDP-nya berada pada level menengah dalam jangka waktu yang lama.

"Pada tahun 1990-an, Indonesia sebenarnya sudah naik kelas middle income country. Tapi gara-gara krisis yang melanda, kita yang sudah naik itu kemudian turun ke lower middle income class," lanjutnya.

Pada era tersebut, lanjut Bambang, sebenarnya pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah mencapai 7 persen. Namun pada masa sekarang kembali mengalami penurunan dimana pada tahun lalu hanya mampu tumbuh sekitar 5,8 persen.

"Pertumbuhan itu (5,8 persen) pun sebenarnya cukup tinggi tetapi kita khawatir terjadi lower middle income trap. Karena pada 2015-2016 harusnya kita sudah naik ke upper middle income trap. Maka tantangannya, bisakah kita middle ke upper," katanya.

Menurut dia, jika berbicara daya saing, selama ini Indonesia yang kaya akan sumber daya alam hanya fokus kepada ekspor komoditi melainkan beralih pada ekspor prosesing produk.

"Indonesia pernah mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen pada tahun 1990-an karena komoditi tetapi saat ini tidak bisa lagi. Saat ini teori itu tidak relevan lagi. Saat ini daya saing Indonesia hanya bisa mengandalkan SDM-nya. Ekspor komoditi tidak bisa diandalkan karena harganya sangat fluktuatif," jelas dia.

Meski demikian, untuk dapat bersaing dalam bidang SDM pun terbilang sulit. Dalam industri padat karya, Indonesia harus bersaing dengan Kamboja dan Myanmar yang dimana SDM dikedua negara tersebut jauh lebih murah. Sedangkan jika ingin bersaing dalam bidang industri, Indonesia harus bersaing dengan Jepang dan Korea Selatan. Ini jelas akan lebih sulit.

"Kita jelas kalah (dalam bidang industri) karena kita belum sampai situ. Makanya mulai dari sekarang kita harus merubah dari komoditi base ke processing base. Serta bagaimana generasi unggul kita dalam pengolahan SDA. Karena SDA kita bukan hanya tambang, tetapi perkebunan seperti CPO yang punya turunan luar biasa banyak untuk komoditi. Belum lagi karet," tandas dia. (Dny/Nrm)

Darah The Chosen One Antar Jerman Juara

Posted: 14 Jul 2014 04:41 AM PDT

Oleh: Adam Faisal

Gelandang Jerman Bastian Schweinsteiger mengenakan sepatu khusus saat partai final melawan Argentina. Sepatu khusus itu dipakai guna menambah kepercayaan dirinya menghadapi partai puncak Piala Dunia 2014.

Schweinsteiger memilih memakai sebuah sepatu dengan tulisan 'The Chosen One' di pinggirnya. Pesan ini sebagai simbol untuk menambah percaya diri ketika bertanding di final piala dunia. Tampaknya tulisan itu berpengaruh untuk Bastian Schweinsteiger.
 
Gelandang Jerman tersebut tampil sangat heroik selama pertandingan. Bahkan, pelipis mata Schweinsteiger sampai sobek akibat berbenturan dengan Sergio Aguero.

Schweinsteiger bahkan sempat ditandu ke luar lapangan akibat darah yang mengucur dari pelipisnya itu. Dia butuh perawatan dari tim medis Jerman agar dapat kembali melanjutkan pertandingan.

Aksi Schweinsteiger itu pun makin membawa semangat bagi rekan-rekannya. Jerman akhirnya memetik kemenangan dari Argentina dan meraih gelar juara dunia yang keempat.

Masih ingatkah anda sebuah banner bertuliskan tulisan yang sama yaitu "The Chosen One" ? Sebuah spanduk yang banyak menuai fitnah yang dipajang di Old Trafford sepanjang tahun lalu, menandakan keputusan Sir Alex Ferguson untuk memilih David Moyes menggantikannya di Manchester United.

Schweinsteiger senang hal itu tidak datang menghantuinya dalam partai final di Maracana. Pilihannya itu pun membuatnya tampil pede selama pertandingan dengan menjaga wilayahnya agar tak mudah ditembus pemain Argentina.

Baca Juga:
Kemenangan Jerman Sudah Diatur FIFA?
3 Faktor Keberhasilan Jerman Juara Piala Dunia 2014
4 Penyebab Kegagalan Argentina di Final

Lukis Cermin, Remaja Norwegia Hasilkan Foto Selfie Kreatif

Posted: 14 Jul 2014 04:35 AM PDT

Gaya dan ekspresi wajah apa saja yang Anda tampilkan saat ber-selfie? Apa Anda menampilkan gaya dan mimik wajah yang hampir selalu sama saat ber-selfie? Anda mungkin pernah mati gaya saat ber-selfie atau merasa bosan dengan hasil foto selfie yang tak variatif.

 

Foto selfie remaja putri ini lebih kreatif. Cermin yang digunakannya untuk ber-selfie tidak dibiarkannya polos. Seperti dilansir dari The Huffington Post, Senin (14/7/2014), seorang remaja Norwegia yang tinggal di Amerika mengunggah foto-foto selfie yang lucu karena gambar-gambar di cerminnya.

 

Foto-foto tersebut diunggah di akun Instagram #Mirrorsme sejak bulan Agustus 2013. “Saya mulai menciptakan karya-karya ini setelah menulis pesan pada teman sekamar dengan menggambar sesuatu di cermin menggunakan lipstick,” tulisnya di situs Boredpanda.

 

Sang seniman menjelaskan bahwa ia tak butuh waktu lama untuk membuat gambar-gambar tersebut. Dirinya hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk menggambar di cermin.

Pasok Listrik Pulau Bawean dengan CNG, PLN Hemat Rp 1,4 Miliar

Posted: 14 Jul 2014 04:33 AM PDT

PT PLN (Persero) terus memanfaatkan teknologi Compressed Natural Gas (CNG) untuk menerangi Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Caranya dengan membangun pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) berkapasitas 3x1 Megawatt (MW).

Manager Senior Komunikasi  Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, CNG bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan energi primer pembangkit listrik yang tidak terjangkau fasilitas pipa gas dan masih menggunakan mesin diesel berbahan bakar minyak solar.

"Seperti yang terjadi di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur," kata Bambang, di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Bambang mengungkapkan PLN Distribusi Jawa Timur bekerja sama dengan PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB), anak perusahaan PLN, telah membangun pusat listrik tenaga mesin gas (PLTMG) berkapasitas 3x1 Megawatt (MW) di lokasi tersebut.

Dikatakan sebanyak dua unit mesin gas telah beroperasi dengan kapasitas 2 MW. Sedangkan satu unit lainnya akan segera menyusul.
 
Dia menuturkan, PLTMG Bawean merupakan hasil rehab dari PLTD lama yang kemudian disesuaikan dengan desain PLTMG. Sebelum menggunakan PLTMG PLN pun harus mengeluarkan ongkos produksi yang tidak murah untuk membeli BBM.

Sebanyak 503.096 liter BBM digunakan mesin-mesin diesel di Bawean per bulan. Bila ditambah dengan biaya transportasi BBM dan sewa mesin maka biaya produksi sekitar Rp 2.800 per kWh.
 
Dengan pengoperasian tiga unit mesin gas di Bawean, maka sebagian besar listrik di pulau Bawean akan dihasilkan dari PLTMG. Potensi penghematan yang akan diperoleh akibat pengurangan pemakaian BBM yakni sekitar Rp 1,49 miliar per bulan. "Disamping itu hal ini akan sangat signifikan dalam menumbuhkan iklim investasi di pulau Bawean," tuturnya.
 
Nantinya, PLTMG Bawean akan mendapat pasokan gas dari terminal CNG Gresik. CNG tersebut disimpan dalam tabung-tabung dan diangkut dengan kapal laut dari Gresik melintasi laut Jawa sejauh 80 mil laut atau 120 kilometer ke pulau Bawean.
 
Sebelum beroperasinya PLTMG Bawean, pasokan listrik pulau ini berasal dari pembangkit listrik tenaga diesel yang menghasilkan 4,7 MW.

Dengan beban puncak tertinggi mencapai 4,047 MW pada bulan Ramadhan. Sedangkan beban puncak rata-rata sebesar 3,8 MW. Jumlah pelanggan yang dilayani di pulau ini 17.252 pelanggan.
 
CNG plant merupakan usaha PLN untuk melakukan efisiensi pemakaian gas dengan cara pemampatan atau kompresi gas pada saat kebutuhan pembangkitan rendah.

Proyek ini akan terus dikembangkan untuk memenuhi energi primer pembangkit listrik ke pulau-pulau kecil yang tidak terjangkau fasilitas pipa gas dan untuk menekan pemakaian BBM.
 
Bawean adalah sebuah pulau yang terletak di laut Jawa, sekitar 80 Mil atau 120 kilometer sebelah utara Gresik. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam kabupaten Gresik, propinsi Jawa Timur.

Untuk mencapai Pulau Bawean, perjalanan darat dilakukan dari bandar udara Djuanda, Surabaya, menuju pelabuhan Gresik dengan waktu tempuh dua jam. Perjalanan dilanjutkan lagi dengan kapal laut selama tiga jam ke pelabuhan Sangkapura di pulau Bawean. (Pew/Nrm)

K.Will Pucat Pasi Lihat Foto Jadulnya Beredar

Posted: 14 Jul 2014 04:30 AM PDT

K.Will merupakan salah satu sosok idola yang dikenal dengan karisma yang terpancar di setiap aksinya. Tiba-tiba, K.Will dikejutkan dengan munculnya foto jadul (zaman dulu) yang beredar saat ia menjadi tamu spesial dalam acara Section TV Entertainment News yang ditayangkan stasiun televisi Korea MBC.

K.Will pucat pasi hingga mengeluarkan keringat dingin saat pembawa acara mengumumkan gambar spesial yang tayang. Penonton pun penasaran untuk segera melihat foto tersebut. Pasalnya, mereka ingin melihat "wajah asli" K.Will.

Selama ini beredar kabar jika K.Will melakukan operasi plastik untuk membuat hidungnya mancung. Foto saat K.Will berada di bangku sekolah menengah atas akhirnya muncul.

"Orang-orang di sekitar saya terus bertanya, apakah saya melakukan oplas di hidung saya atau tidak. Lihat saja foto saya waktu sekolah, hidung saya terlihat sama saja kan?!" ujar K.Will sambil tertawa.

K.Will old photo

"Bagaimana mungkin saya oplas di daerah hidung, tapi hidung saya tetap saja tak berubah. Bagaimana kau menemukan foto ini?" tambah K.Will bertanya kepada pembawa acara Park Seul Ki.

Kontan saja, mendengar pertanyaan K.Will, pnonton yang ada di studio tertawa. Bekat foto itu, K.Will juga bisa menunjukkan kepada publik jika dirinya sama sekali tak melakukan operasi plastik.

(Des/Adt)