Kamis, 24 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Astra International Kantongi Pendapatan Rp 101 Triliun

Posted: 24 Jul 2014 04:50 AM PDT

PT Astra International Tbk (ASII) mencatatkan pendapatan naik 8 persen menjadi Rp 101,5 triliun sepanjang enam bulan pertama 2014 dari periode sama sebelumnya Rp 94,3 triliun.

Pendapatan itu didukung dari kenaikan laba bersih. Perseroan mencatatkan laba bersih naik 11 persen dari Rp 8,8 triliun pada semester I 2013 menjadi Rp 9,8 triliun pada semester I 2014. Dengan melihat kinerja itu, laba bersih per saham mengalami kenaikan sebesar 11 persen menjadi Rp 242 per saham.

"Bisnis grup Astra mencatat hasil yang beragam pada semester I 2014. Meski pun volume operasional masih tinggi. Kinerja keuangan hingga akhir tahun diperkirakan masih baik, walau pun kompetisi pada pasar mobil dan harga batu bara diperkirakan masih rendah," ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto, seperti dikutip dari keterangan yang diterbitkan, Kamis (24/7/2014).

Kontribusi kinerja perseroan terbesar dari divisi sektor perkebunan. Laba bersih perseroan naik 91 persen menjadi Rp 1,1 triliun. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang 79,7 persen sahamnya dimiliki oleh Perseroan melaporkan peningkatan  laba bersih sebesar 91 persen menjadi Rp 1,4 triliun.

Kemudian laba bersih divisi teknologi dan informasi sebesar 53 persen menjadi Rp 84 miliar. PT Astra Graphia Tbk sebagai perusahaan yang bergerak di teknologi informasi dan agen tunggal Fuji Xerox di Indonesia, yang 76,9 persen sahamnya dimiliki oleh Perseroan mencatat laba bersih sebesar Rp 110 miliar.

Lalu kontribusi ketiga terbesar lainnya dari divisi alat berat dan pertambangan. Laba bersih divisi alat berat dan pertambangan naik 41 persen menjadi Rp 2 triliun. PT United Tractors Tbk yang 59,5 persen sahamnya dimiliki oleh Perseroan melaporkan kenaikan pendapatan bersih sebesar 11 persen. Peningkatan laba bersih sebesar 42 persen menjadi Rp 3,3 triliun.

Pada urutan keempat, kontribusi laba bersih disumbangkan dari divisi jasa keuangan naik 15 persen menjadi Rp 2,5 triliun. Namun bila tidak memperhitungkan keuntungan dari akuisisi 50 persen saham Astra Aviva Life maka laba bersih divisi jasa keuangan turun sebesar lima persen menjadi Rp 2 triliun.

Pertumbuhan kuat terutama dari Federal International Finance, tertekan oleh penurunan kontribusi dari Asuransi Astra Buana. Adapun laba bersih divisi otomotif turun sebesar 9 persen menjadi Rp 4 triliun. Meski permintaan kendaraan bermotor tetap baik di semester I 2014, perang diskon yang masih berlanjut di pasar mobil memberikan dampak pada turunnya laba bersih.

"Kontribusi laba bersih dari bisnis grup komponen juga mengalami penurunan, menyusul turunnya kepemilikan saham Perseroan di Astra Otoparts dari 95,7 persen menjadi 80 persen pada kuartal II 2013," ujar Prijono.

Pada perdagangan saham Kamis pekan ini, saham ASII melemah 0,32 persen ke level Rp 7.675 per saham. Total frekuensi perdagangan sekitar 3.134 kali dengan nilai transaksi saham Rp 199,4 miliar. (Ahm/)

 

Anthrax Bangga Jokowi Jadi Presiden Metal Pertama

Posted: 24 Jul 2014 04:45 AM PDT

Terpilihnya Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sebagai presiden ketujuh Indonesia pada 22 Juli 2014 lalu, membuat banyak musisi metal di seluruh dunia bersemangat. Salah satunya adalah Anthrax yang mengetahui bahwa Jokowi merupakan seorang metalhead Indonesia.

Melalui akun Twitter resmi @Anthrax pada Selasa (22/7/2014) lalu, band asal New York itu pun berkicau, "Sekarang kalau saja semua negara lain mengikuti hal ini."

Bersama Tweet tersebut, terdapat sebuah link menuju laman berita Metalhammer yang berjudul Metalhead Wins Indonesian Presidential Election. Terlampir juga foto Jokowi sedang membawa gitar.

Selain mengumumkan hasil suara Pemilu yang dilansir dari BBC, situs berbahasa Inggris tersebut juga menjelaskan juga bahwa Jokowi pernah menerima bass dari personel Metallica, Rob Trujillo serta merupakan pecinta berat band seperti Napalm Death dan Led Zeppelin.

Anthrax sendiri bukan satu-satunya band metal yang memberikan ucapan selamat kepada Jokowi. Band Lamb of God pun sempat mengungkapkan kekagumannya terhadap selera musik Jokowi. Sang vokalis, Randy Blythe bahkan meminta Jokowi untuk mengundangnya ke Bali.

Ucapan selamat juga sempat dilontarkan oleh Ron Thal alias Bumblefoot, salah satu gitaris band rock legendaris Guns N' Roses. "Selamat, @jokowi_do2!! #Indonesia," kicau sang gitaris.

Anthrax merupakan band metal yang terbentuk sejak 1981 dan kini terdiri dari Scott Ian (gitar, vokal), Charlie Benante (drum), Frank Bello (bass, vokal), Joey Belladonna (vokal), dan Jonathan Donais (gitar). Album seperti Among the Living (1987) dan Sound of White Noise (1993) membawa mereka ke puncak popularitas.(Rul/Feb)

Eksportir Buah Australia Sebut Bisnis di Indonesia Menyakitkan

Posted: 24 Jul 2014 04:35 AM PDT

Para eksportir hortikultura Australia mengatakan, penjualan buah-buahan ke Indonesia merupakan kegiatan bisnis yang sangat sulit.

Terpilihnya presiden baru di Indonesia diharapkan dapat membawa perubahan positif pada aktivitas ekspor hortikultura dari Australia.

Mengutip laman Abc.net.au, Kamis (24/7/2014), mengekspor buah dan sayur ke Indonesia merupakan proses yang panjang dan didorong dengan adanya perpanjangan kuota. Tak hanya itu, sistem birokrasi yang rumit juga melibatkan terlalu banyak dokumen dan restu dari pemerintah.

Meski tercatat mengalami banyak hambatan, tapi ekspor buah segar ke Indonesia sebenarnya tumbuh sebesar 40 persen dalam setahun hingga 2013.

Dalam kurun waktu tersebut, Indonesia tercatat mengimpor 24.400 ton buah seharga 46 juta dolar Australia.

CEO BGP Internataional Neil Baker merupakan salah satu eksportir buah yang telah menjual produknya selama lebih dari 20 tahun ke Indonesia. Perusahaannya mengekspor anggur dari Australia, Pakistan, Mesir dan AS ke Indonesia.

"Berbisnis di Indonesia tidak mudah, tapi sekali Anda memahami seluruh peraturannya, semua akan berjalan lebih mudah," jelas dia.

Untuk buah-buah segar yang masuk ke Indonesia, para importir harus mendaftarkan kuota dari pemerintah yaitu 80 persen jika tidak ingin dijatuhi denda. Setiap tahun, para importir harus mendaftarkan kuotanya kembali.

"Memperhatikan seluruh prosedur pemenuhan kuota, melakukan verifikasi pesanan, dan mengecek kesalahan pengisian dokumen merupakan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan setiap kali mengekspor buah," kata dia.

Direktur Eksekutif Australian Horticultural Exporters Association, Michelle Christoe mengatakan, sejumlah permasalahan birokrasi tersebut yang harus segera diatasi agar para produsen Australia dapat memanfaatkan pasar Indonesia yang sangat besar.

"Agak menyakitkan berbisnis di Indonesia. Seorang eksportir harus mendapatkan verifikasi pesanan, melakukan inspeksi dan juga mengawasi pembongkaran kapal. Ini benar-benar membutuhkan kordinasi yang baik," tandasnya. (Sis/Nrm)

Label Kate Spade Berdayakan Wanita-wanita Rwanda

Posted: 24 Jul 2014 04:35 AM PDT

Kate Spade adalah label asal New York, Amerika, yang didirikan oleh orang bernama sama. Pada awal dibentuk, yakni tahun 1993, Kate Spade fokus pada produk tas. Kini label tersebut telah merambah berbagai item fesyen lain, seperti aksesoris.

Kate Spade akan meluncurkan koleksi aksesoris bernama `On Purpose`. Koleksi ini akan diluncurkan pada bulan Agustus 2014. Salah satu hal spesial dari koleksi ini ialah bahwa Kate Spade melakukan aksi sosial dalam proses produksinya.

Dilansir dari ABC News, Kamis (24/7/2014), Kate Spade memberdayakan wanita-wanita Rwanda untuk memproduksi aksesoris tersebut. Kate Spade melibatkan sebanyak 150 orang wanita dalam proyek ini.

Wanita-wanita tersebut mendapat upah bulanan yang lebih besar 40% dibanding upah rata-rata di Rwanda. Hal ini membantu wanita-wanita yang 20 tahun lalu hidup di periode genosida itu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Bekerja dengan wanita-wanita ini merupakan hal yang luar biasa, yakni memberdayakan mereka untuk bisa berdiri dengan kaki sendiri melalui pembuatan aksesoris kami,” ucap Deborah Llyod, Chief Creative Officer Kate Spade.

5 Fakta Menarik Soal Wonderkid MU Reece James

Posted: 24 Jul 2014 04:32 AM PDT

Reece James tampil mengejutkan saat Manchester United mengalahkan LA Galaxy dengan skor telak 7-0 di Rose Bowl, Pasadena, California, Amerika Serikat, Kamis (24/7/2014) siang WIB. Dia mencetak dua gol.

Pemain berusia 20 tahun itu turun sebagai pemain cadangan. James masuk ke lapangan pada menit ke-46 menggantikan Luke Shaw. Dia mencetak dua gol pada menit ke-62 dan 84. Dia membuat debutnya bersama pelatih Louis van Gaal dengan sempurna.



Berikut lima fakta menarik tentang James seperti dilansir HITC Sport:

1. James masih berusia 20 tahun. Dia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Dia merupakan kapten MU U-21.

2. Dia merupakan salah satu pemain yang dinominasikan meraih penghargaan United 2014 Reservasi Player of the Year Award.

3. James pernah mengatakan kalau dirinya meniru permainan Jordi Alba dan Patrice Evra.

4. Saudaranya, Matty James merupakan mantan kapten Inggris usia muda yang kini bermain untuk Leicester City.

5. Musim lalu, James menghabiskan waktunya di klub Legaue One, Carlisle United. Namun, cedera menghambatnya bermain secara teratur.

Air Algerie Hilang Kontak di Atas Mali, Gara-gara Putar Arah?

Posted: 24 Jul 2014 04:32 AM PDT

Maskapai milik negara Aljazair, Air Algerie melaporkan telah kehilangan kontak dengan salah satu pesawatnya yang terbang dari Burkina Faso melintasi Gurun Sahara.

Hilang kontak terjadi 50 menit setelah lepas landas dari Ouagadougou. Pesawat penumpang tersebut kali terakhir terlihat pada pukul 01.55 GMT atau 08.00 WIB. Seperti Liputan6.com kutip dari Reuters, saat itu pesawat berada di Gao, Mali.

Seharusnya kapal terbang tersebut dijadwalkan mendarat pada pukul 05.10 waktu setempat.

Penerbangan AH 5017 membawa 110 penumpang dan 6 awak pesawat. "Sesuai dengan prosedur, Air Algerie telah meluncurkan rencana darurat," kata pejabat Air Algerie, seperti Liputan6.com kutip dari BBC, Kamis (24/7/2014)

Meski dioperasikan oleh Air Algerie, pesawat tersebut dicarter dari perusahaan Spanyol, Swiftair.

Dalam keterangannya, Swiftair mengatakan pesawat tersebut adalah MD83, bukan Airbus A320 -- seperti yang diungkap salah satu pejabat Aljazair. Perusahaan tersebut mengaku belum bisa menjalin kontak dengan pesawat.

Salah satu sumber dari Air Algerie mengatakan," Pesawat itu tidak jauh dari perbatasan Aljazair ketika pilot diminta untuk berputar karena visibilitas yang buruk dan untuk mencegah risiko tabrakan dengan pesawat lain rute Aljir-Bamako," kata dia. "Kontak terputus setelah perubahan arah itu."

Penerbangan AH 5017 menempuh rute Ouagadougou-Aljir 4 kali dalam seminggu.

Februari lalu, sebuah pesawat militer celaka di Aljazair, menewaskan 77 orang di dalamnya. Hercules C-130 menabrak gunung di Provinsi Oum al-Bouaghi, saat menempuh rute ke Constantine di tengah cuaca buruk. Hanya 1 orang yang selamat. (Tnt)

Baca Juga:

Kisah WNI Ditabrak Taksi Sampai Kaki Diamputasi

WNI Turut Jadi Korban Saat Apartemen Ditabrak Pesawat TransAsia

Malaysia Airlines Diguncang Pembatalan Tiket Penerbangan

Kubu Prabowo-Hatta: Gugatan ke MK Terhambat Hasil Rekap KPU

Posted: 24 Jul 2014 04:31 AM PDT

Tim advokasi pasangan Prabowo-Hatta sudah bulat mengajukan gugatan terkait hasil Pilpres 2014 ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tapi langkah itu terhambat lantaran KPU belum juga mengirimkan hasil rekapitulasi suara nasional yang telah disahkan kepada kubu Prabowo-Hatta.

"KPU sampai saat ini belum menyerahkan hasil rekapitulasi pemilu kepada kami," kata anggota tim advokasi Prabowo-Hatta, Firman Wijaya di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (24/7/2014).

Firman mengatakan, berdasarkan undang-undang, KPU wajib menyerahkan hasil rekapitulasi sesaat setelah pemenang pemilu diputuskan. Sekalipun tidak ada yang hadir dalam pleno, KPU wajib mengirimkan rekapitulasi itu melalui pos atau cara lainnya.

"Saya sudah cek ke sekretariat di Rumah Polonia tidak ada kiriman rekapitulasi dari KPU. Artinya KPU sudah melanggar undang-undang dan tidak melaksanakan kewajiban," tutur dia.

Firman mengatakan, tidak adanya rekapitulasi dari KPU membuat langkah gugatan ke MK terhambat. Sebab dalam peraturan MK, gugatan yang dilayangkan harus disertakan dengan hasil rekapitulasi resmi dari KPU.

"Berdasarkan peraturan MK Nomor 4 Tahun 2004 tentang Tata Cara Mengajukan Gugatan ke MK tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, diwajibkan melampirkan bukti rekap itu (KPU). Dan rekap dari pemohon. Karena itu, KPU dalam konteks ini harus segera mengirimkan lampiran," tukas Firman. (Sss)

Kemenkes Akui RS di Indonesia Kurang Komunikatif pada Pasien

Posted: 24 Jul 2014 04:30 AM PDT

Adanya anggapan bahwa pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) selalu dinomorduakan di Rumah Sakit dibantah Kementerian Kesehatan. Sekjen Kemenkes Supriyantoro mengatakan, masalah ini hanyalah ketidaksepahaman pihak Rumah Sakit dan pasien saja.

"Agak susah memang. Tapi kadang komunikasi tidak berjalan baik saat kasus emergency. Mungkin sebenarnya bukan dinomorduakan melainkan pasien lain kebetulan lebih parah dan butuh perawatan segera. Lagipula dokter melakukan tindakan itu pasti melihat dari kasus. Masalahnya, hal seperti itu tidak dikomunikasikan," kata Supriyantoro saat diwawancarai wartawan, ditulis Kamis (24/7/2014).

Supriyantoro menerangkan, dokter di Indonesia hingga saat ini masih kurang komunikasi dengan pasien. Mungkin karena tingginya pelayanan pasien yang harus diberikan. Meski begitu, dia menghimbau jika ada keluhan, bisa langsung menghubungi hotline Kemenkes di nomor telepon (kode lokal) 500567.

"Kita terbuka. Kalau ada masalah akan kita akan klarifikasi melalui dinas kesehatan. Kalau itu kasusnya melanggar kita akan melakukan pembinaan dan teguran," jelasnya.

Pencatut Nama Hanung Bramantyo Ditangkap di Senayan City

Posted: 24 Jul 2014 04:30 AM PDT

Hanung Bramantyo melaporkan adanya penipuan yang dilakukan seseorang dengan mencatut namanya. Polisi pun bergerak dan menangkap pelaku saat melakukan praktek kejahatannya di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (23/7/2014) malam.

Kronologinya, pelaku membuat akun palsu di Facebook mengatasnamakan Hanung Bramantyo. Lewat akun palsu itu, pelaku mencari orang-orang yang ingin jadi artis sebagai korbannya. Ujung-ujungnya, si pelaku meminta korban menyerahkan sejumlah uang dan bersedia di foto seksi.

Syahdan, salah satu calon korban merupakan teman dari istri Hanung, Zaskia Adya Mecca. Si calon korban sempat memastikan apakah oknum tersebut memang benar Hanung atau bukan.

"Korban ini telepon Zaskia, apa benar suami kamu ajak casting di kamar hotel?," ujar Hanung menirukan percakapan calon korban kepada istrinya, usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (24/7/2014).

Dari perbincangan itu, Zaskia dan calon korban berusaha menjebak pelaku. "Istri saya bilang, 'ya sudah, kamu pura-pura saja mau casting di hotel'. Tapi akhirnya jadinya di tempat karaoke di Senayan City," tutur Hanung.

Pelaku dan korban setuju. Saat keduanya berada di ruang karaoke, polisi beserta Zaskia pun melakukan penggerebekan dan menciduk pelaku.

Belakangan, pelaku diketahui bernama Didik Nur Budiaji. Ia dituduh atas Pasal 310 KUHP dan 311 KUHP dan Pasal 27 dan 49 UU ITE.

Paling Ringan, Ini Dia Ducati 1199 Superleggera

Posted: 24 Jul 2014 04:29 AM PDT

Produsen sepeda motor kenamaan asal Italia, Ducati, baru saja meluncurkan 1199 Superleggera. Sangat spesial, Superbike ini hanya diproduksi dengan jumlah yang amat terbatas, yaitu 500 unit saja di seluruh dunia.

Melansir laman Autoevolution, Kamis (24/7/2014), CEO Ducati, Claudio Domencali berujar jika 1199 Superleggera umumnya akan dibanderol dengan harga mulai dari US$ 65 ribu atau sekitar Rp 747,5 jutaan (kurs Rp 11.500 per US$).

Namun, harga tersebut dipastikan meroket untuk beberapa motor yang memiliki ciri khas unik. Contohnya, Superleggera dengan nomor urut produksi 'cantik', 123, yang dijual di diler Ducati di Arlington, Texas.

Bahkan, untuk Ducati dengan nomor urut produksi awal, yaitu 1 sampai 20, para konsumen harus merogoh kocek hingga US$ 85 ribu atau sekitar Rp 977,5 jutaan. Untuk produksi pertama dari superbike ini, diler Ducati di Dallas mendapat kehormatan untuk memasarkannya di Amerika.

Ducati mengklaim, walau berbanderol mahal, para konsumen tidak akan rugi untuk membeli edisi terbatas 1199 Superleggera ini. Pasalnya, nilai motor sport itu akan meningkat hingga 30 persen seiring waktu.

Apa yang membuat 1199 Superleggera begitu spesial? Ternyata, Ducati mendesain superbike ini sebagai motor berbobot paling ringan di kelasnya. Rahasianya terletak pada penggunaan material bahan magnesium dan serat karbon untuk bodi dan rangka sepeda motor.

Tak hanya itu saja, 1199 Superleggera turut dibekali dengan suspensi premium dari Ohlins serta komponen rem performa tinggi dari Brembo. Sementara, untuk saluran pembuangannya menggunakan knalpot buatan Akrapovic.

Makin istimewa, pihak Ducati menjelaskan jika untuk 1199 Superleggera ini, konsumen dapat memesan secara khusus sepeda motor dengan tambahan komponen balap ataupun penyesuaian bobot sepeda motor sesuai keinginan. (Ysp/Des)