Selasa, 15 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


OJK Gaet KPPU Awasi Jasa Keuangan dari Praktik Monopoli

Posted: 15 Jul 2014 04:50 AM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melakukan kerjasama dalam rangka pengaturan dan pengawasan praktik monopoli serta persaingan usaha tidak sehat di sektor jasa keuangan. Pasalnya sektor ini tengah mendapat perhatian khusus seiring dengan pertumbuhannya yang cukup pesat.

Kerjasama ini ditunjukkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad dan Ketua KPPU M. Nawir Messi di Hotel Borobudur, Jakarta.

Nota kesepahaman ini mengatur pokok-pokok kerjasama yang salah satunya kedua lembaga ini dapat melakukan pertukaran data perusahaan dalam rangka praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat di sektor jasa keuangan.

Muliaman mengatakan, sektor jasa keuangan sangat penting diatur dan diawasi dari praktik monopoli dan persaingan tidak sehat karena merupakan jatung ekonomi Indonesia.

"Sebab di dalamnya tidak hanya ada arus dana yang mengalir deras tapi juga penyelenggaraannya. Sektor jasa keuangan yang berfungsi baik akan menjadi kontribusi ke sektor riil dan pertumbuhan ekonomi. Jika tak berjalan dengan baik, ya semua akan terganggu," ucapnya usai Penandatanganan Nota Kesepahaman, Selasa (15/7/2014).

Dia menjelaskan, sektor ini harus terbebas dari sikap kolusif karena ada kebutuhan serta kompetisi yang sehat. Diharapkan sektor ini dapat lebih efisien, inovatif yang tentunya akan menguntungkan masyarakat dan konsumen.

"Singapura punya empat bank besar saja sangat mendominasi. Sedangkan di Indonesia ada 16 bank besar yang sudah menguasai 70-75 persen pangsa pasar. Sektor jasa keuangan di Tanah Air mampu melewati krisis karena adanya karakteristik yang berbeda dengan negara lain," papar dia.

Sementara menurut Nawir, sektor jasa keuangan menjadi salah satu dari lima sektor yang menjadi prioritas KPPU dalam lima tahun ke depan. Empat lainnya adalah, sektor makanan, energi, kesehatan dan pendidikan, serta infrastruktur.

"Ini bukan sebuah kebetulan, tapi karena sektor jasa keuangan yang perlu diseriusi. Sektor tersebut menjadi prioritas tertinggi yang harus diberikan pengawasan secara intensif," kata dia.

Nawir menjelaskan, kerjasama antara KPPU dan OJK perlu dibangun sebuah komunitas paling mahal di negeri ini, seperti menggelar koordinasi bersama karena ada tujuan yang hendak dicapai untuk kedua lembaga," sambungnya.

KPPU, tambah dia, mempunyai empat tujuan, yakni melindungi kepentingan publik, terus menerus mendorong efisiensi perekonomian nasional, memberikan kesempatan usaha yang sama kepada siapapun, dan mendorong keefektifan usaha bisnis.

"Kalau bisa dorong sektor ini lebih sehat, maka pelaku jasa keuangan tak perlu khawatir untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Ini bukan pekerjaan ringan, tapi menjadi titik awal bagi KPPU dan OJK untuk memulai proyek ini," cetus Nawir.

Tujuan kerjasama ini antara lain, pertama melakukan kerjasama dan koordinasi secara proporsional sesuai tugas dan kewenangan masing-masing.

Kedua, agar keseluruhan kegiatan di sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan dan akuntabel serta mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. (Fik/Ndw)

Airbus A380-800 Jajal Terbang di Inggris

Posted: 15 Jul 2014 04:47 AM PDT

Sebuah Airbus A380-800 bersiap untuk mendarat di Farnborough Airshow di Hampshire, Inggris, (14/7/2014). (AFP PHOTO/Carl Court)

Istri John Legend Dipecat Gara-gara Dinilai Terlalu Gendut

Posted: 15 Jul 2014 04:45 AM PDT

Chrissy Teigen, istri penyanyi terkenal John Legend baru-baru ini menceritakan pengalaman menyedihkan dalam hidupnya.

Wanita ini adalah seorang model terkenal majalah Sports Illustrated yang memiliki wajah cantik, tubuh seksi, dan kepribadian yang jujur. Seperti dikutip Eonline, Selasa (15/7/2014) Chrissy tidak bisa menerima perlakuan sebuah perusahaan retail yang dianggapnya semena-mena.



Chrissy dipecat dari pekerjaannya untuk Forever 21 karena badannya yang dianggap sudah terlalu gemuk. Posturnya dirasa sudah tak memenuhi kriteria Forever 21.

"Sebenarnya aku baru saja dipecat dari pekerjaanku. Forever 21, mereka merekrutku ketika aku masih jauh lebih muda dari sekarang. Aku sedang dalam acara dan mereka menanyakan ijin untuk mengambil fotoku," ceritanya.

Kisah itu berlanjut ketika agensi foto itu memanggil Chrissy untuk duduk dan berbincang, "Anda harus meninggalkan tempat ini. Mereka bilang aku terlalu gendut dan mereka menyarankan pengukuran badan. Aku sangat benci Forever 21, aku sangat membencinya. Percayalah, mereka itu yang terburuk," lanjut Chrissy masih kesal.



Wanita cantik yang menjadi model klip video John Legend bertajuk All of Me tersebut juga menuliskan lewat akun jejaring Twitter setelah sebelumnya seorang fans menanyakan bahwa model favoritnya harus dipecat gara-gara bentuk tubuh yang dinilai terlalu tambun. "Ya mereka menyebalkan dan aku membenci mereka (Forever 21)," katanya. (Ppt/Ade)  

Tak Ingin Belas Kasihan, Pasangan Lansia Hidup Nomaden di Jalan

Posted: 15 Jul 2014 04:37 AM PDT

Masa tua adalah masa di mana para orang tua ingin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah mereka, menunggu anak dan cucu datang untuk menengok dan bercerita.

Tetapi tidak demikian yang dialami sepasang kakek-nenek ini. Pasangan berusia 84 dan 75 tahun di Inggris ini, malah harus merasakan hidup di jalanan, setelah diusir dari rumah sewaannya karena tak mampu lagi membayar usai pensiun kerja.

Mereka tak lagi punya uang untuk membayar sewa, setelah terjadi perubahan pembayaran pensiun. Dari pembayaran secara langsung, kini menjadi elektronik menggunakan rekening bank. Usia lanjut membuat mereka buta dengan teknologi, mereka tak menggunakan debit atau kartu kredit dan tidak akrab dengan internet banking, sehingga belum dapat mengakses dana pensiun mereka.

Tetapi hal itu tak membuat keduanya lantas menyerah, dan mengandalkan bantuan dari orang lain. Dilansir dari Daily Mail, Selasa (15/7/2014), mereka pun terpaksa merasakan getirnya hidup di masa tua. Dengan tidur berpindah-berpindah alias nomaden dari satu tempat ke tempat lain.

Keduanya pernah menempati penampungan pinggir laut Bournenmouth, Inggris, sejak pindah dari rumah sewa di Charminster pada April lalu. Kini, mereka menjadikan halte bus sebagai pelindung dari hujan dan panas matahari. Mereka juga selalu makan di rumah makan pinggiran seadanya.

Melihat sulitnya kehidupan pasangan lanjut usia itu, membuat sejumlah orang iba. Namun 2 sejoli itu selalu menolak jika diberi bantuan. Mereka mengatakan ingin berjuang bersama untuk tetap bertahan hidup.

Bahkan saat diberikan bantuan akomodasi oleh Dewan kota di Bournemouth, Dorset, keduanya juga menolak. Penolakan itu dibenarkan oleh Manajer perumahan strategis di Bournemouth Borough Concil, Kelly Ansell. Ia sempat mendesak para pensiunan itu agar langsung melakukan kontak dengan tim dewan perumahan.

Menurut Sarah Carroll selaku kepala layanan masyarakat di Age UK Bournemouth, tidak seharusnya mereka sampai diusir seperti itu. "Tindakan ini sudah keterlaluan," kata dia.

"Saya mengerti bahwa banyak orang yang mencoba untuk membatu mereka, jelas bahwasanya mereka tidak dapat menyelesaikan masalah ini sendiri," jelas Sarah.

Pendeta Terry Ian, juga menyampaikan rasa kecewanya atas apa yang terjadi  kepada dua pasang lansia tersebut. "Ini adalah contoh sedih dari kedua pasangan yang memperlihatkan bahwa walaupun sesuatu sudah berakhir, mereka tidak akan menyerah begitu saja, dan harus bertindak lebih lanjut untuk memenuhi kebutuhan," urai Terry. (Safira Badri/Mvi)

Mencicipi Makanan Serba Hitam di Rest Area Jepang

Posted: 15 Jul 2014 04:35 AM PDT

Saat menempuh perjalan jauh, rest area menjadi salah satu fasilitas fital yang sangat diperlukan bagi para pengendara. Umumnya pada sebuah rest area menyediakan berbagai macam fasilitas seperti halnya salah satu rest area yang ada di Jepang berikut ini.

Seperti yang dilansir dari En.rocketnews24.com, Selasa (15/7/2014), Ranzan Parking Area (RPA) sebuah rest area di jalur Expressway Kanetsu, Saitama, Jepang menjual menu makanan yang terbilang unik dan aneh.

Semua makanan yang dijual di rest area tersebut serba berwarna hitam mulai makanan berat sampai dengan cemilan ringan dan es krim pun serba berwarna hitam.

Seperti halnya salah satu menu yaitu kari hitam ini. Umumnya kari berwarna kuning atau oranye namun di rest area tersebut Anda dapat mencicipi kari dengan warna hitam pekat.

Warna hitam pada kari datang dari serbuk arang bambu. Serbuk arang bambu sendiri sebelumnya telah disaring sehingga tidak meninggalkan bau arang sama sekali.

Penjualnya mengklaim bahwa biar pun terlihat hitam, namun kari ini tetap menonjolkan rasa kari murni dengan rasa bawang yang tajam dan menonjol.

Sepiring kari hitam disajikan bersama nasi dan daging babi crispy. Untuk mencicipinya pengunjung cukup merogoh kocek sebesar 580 yen atau sekitar $7,3 atau setara lebih dari Rp 80.000-an.

Selain kare berwarna hitam, Anda dapat menikmati menu unik lainnya yang tentunya berwarna hitam yaitu es krim cone hitam. Jika biasanya es krim berwarna terang, namun es krim satu ini berwarna hitam gelap dengan rasa espresso yang sangat pahit.

Es krim ini memang tidak diperuntukkan untuk anak-anak, karena rasanya yang sangat pahit. Menu ini menjadi pilihan para pengemudi yang dilanda rasa kantuk. Satu buah es krim hitam dibanderol dengan harga 350 yen atau sekitar $ 4,40 setara dengan Rp 49.000-an.

Lebih lanjut, RPA sendiri akan terus menciptakan menu-menu makanan hitam lainnya yang terbaru seperti cemilan-cemilan ringan berupa donat hitam dan dorayaki hitam dengan kemasan menyeramkan berupa tanda bahaya.

Din Syamsuddin: Ini Demokrasi, Bukan Perang Badar dan Perang Uhud

Posted: 15 Jul 2014 04:35 AM PDT

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin prihatin melihat kondisi Pemilu 2014. Sebab, banyak potensi kericuhan yang justru dimunculkan, bukan kondisi damai dan menerima keputusan. Seharusnya, pemilu dapat membuat pergantian pemimpin di sebuah negara menjadi aman. Bukan, sebaliknya menimbulkan potensi kericuhan.

"Pemilu cara beradab untuk mencapai keberadaban politik, maka jangan menjadi kebiadaban politik," kata Din saat bertemu calon presiden Prabowo Subianto di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Din yang kini menjabat pula sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu merasa proses Pilpres 2014 sudah menunjukkan perpecahan bangsa. Menurut Din, polarisasi sangat terlihat. Dan penyebabnya mungkin lantaran calonnya hanya 2.

"Saya pribadi, ini bukan Perang Badar, bukan Perang Uhud tapi proses demokrasi," imbuh Din.

Din mengapresiasi, pernyataan Prabowo yang tidak ingin adanya perang usai pemilu digelar. Hal itu merupakan bentuk jiwa kenegarawanan dan sikap itu yang dibutuhkan Indonesia saat ini.

"Mencerahkan, ibarat tausyiah Ramadan. Ini menunjukkan kenegarawanan dari Pak Prabowo karena bangsa ini membutuhkan negarawan. Mudah-mudahan 22 Juli. Kalau terjadi sesuatu konflik frontal ini malapetaka. Harganya terlalu mahal. Kita perlukan kenegarawanan. Saya kira statement ini sangat diperlukan," tandas Din.

Perang Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya. Perang ini terjadi pada 17 Maret 624 Masehi atau 17 Ramadan 2 Hijriah.

Sedangkan Perang Uhud adalah pertempuran yang pecah antara kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy pada 22 Maret 625 M (7 Syawal 3 H). Pertempuran ini terjadi Perang Badar. (Mvi)

Baca juga:

Prabowo: Tahu Artinya Perang, Makanya Saya Ingin Damai
Prabowo Tunggu Pernyataan Siap Kalah dari Jokowi
Giliran Prabowo Datangi Kantor PP Muhammadiyah
Amien Rais: Prabowo-Hatta Pakai Strategi Perang Badar

Manchester United dan Chelsea Bertarung Dapatkan Cavani

Posted: 15 Jul 2014 04:33 AM PDT

Oleh: Diaz Abraham

Kabar Cavani tak betah di klubnya, Paris Saint-Germain langsung mendapat respons dari sejumlah klub besar. Manchester United dan Chelsea pun langsung gencar untuk mendatangkan striker asal Uruguay itu.

Pemain yang menyisakan kontrak selama empat musim bersama PSG ini telah mempersembahkan satu gelar Ligue 1 dan satu piala Coupe de la Ligue yang didapatkan pada musim perdananya.

Cavani geram dengan perlakuan yang diberikan manajeman kepada dirinya. Sebab, pemain berusia 27 tahun ini kurang mendapat jam bermain. Dia selalu kalah bersaing dengan Zlatan Ibrahimovic.

Ketika ia bermain di Piala Dunia Brasil, Cavani tidak mengesampingkan kemungkinan transfernya ke United. Ketika ditanya apakah dirinya akan pindah ke Old Trafford musim depan, ia berkata, "Dalam sepakbola, anda tidak akan tahu. Apapun bisa terjadi. Suatu hari anda berada dalam satu tim dam hari berikutnya anda bisa berada di tim yang lain."

Karir profesionalnya dimulai ketika dirinya bergabung dengan klub asal Uruguay, Danubio Montevideo kemudian dia bergabung dengan Palermo pada 22 Juli 2010. Pada 2011 ia bergabung dengan Napoli dan langsung menjadi pencetak gol terbanyak di Serie A.

Aksi Cavani di Napoli membuat PSG terpikat. Klub kaya Prancis itu pun langsung membeli Cavani dengan nilai 55 juta poundsterling pada 2013.

Baca Juga:
10 Momen Penting di Piala Dunia 2014
5 Gol Terbaik Selama Piala Dunia 2014
[INFOGRAFIS] Akhir Pesta Bola 2014 Brasil

Intiland Bukukan Penjualan Rp 1,18 Triliun

Posted: 15 Jul 2014 04:32 AM PDT

PT Intiland Development Tbk, salah satu perusahaan properti di Indonesia, membukukan penjualan (markerting sales) sebesar Rp 1,18 triliun pada semester I tahun ini. Nilai tersebut hampir mencapai separuh dari yang ditargetkan perusahaan untuk tahun ini.

Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi Intiland Archied Noto Pradono mengatakan, nilai penjualan yang dibukukan pada semester pertama tersebut mencapai 43 persen dari target sampai akhir tahun yang sebesar Rp 2,8 triliun.

"Pencapaian marketing sales ini merupakan hasil dari penerapan rencana strategi perseroan dalam menjaga pertumbuhan di tengah tekanan yang dialami industri properti nasional," kata dia dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (15/7/2014).

Archied menerangkan kontribusi tertinggi dari segmentasi produknya berasal dari super blok (mixed use) yang mencapai Rp 593 miliar setara 50,2 persen. Lalu pengembangan hunian sebesar Rp 380 miliar atau 32,2 persen.

Kawasan industri memberikan kontribusi sebesar Rp 111 miliar atau 9,4 persen dan lain-lain sebesar Rp 97 miliar atau 8,2 persen.

"Perusahaan membuat strategi dengan fokus pengembangan super blok. Model pengembangan skala besar dan jangka panjang akan memberikan kontribusi positif di masa mendatang pada perusahaan," lanjut dia.

Sementara, untuk saat ini perseroan tengah berencana melakukan pengembangan wilayah baru di Pantai Utara Jakarta tepatnya di kawasan Pantai Mutiara.

Lebih lanjut, perseroan sudah mendapat izin prinsip untuk melakukan reklamasi. Jika berjalan dengan lancar, maka pengembangan reklamasi, baru bisa dilaksanakan pada tahun 2015.

"Total pengembangan reklamasi Intiland adalah 163 hektar, 100 hektar telah selesai dikembangkan melalui kawasan perumahan Pantai Mutiara, sementara 63 hektar adalah pengembangan pulau baru," tukas dia. (Amd/Gdn)

Cium Taylor Kinney, Sophia Bush Merasa Bersalah Pada Lady Gaga

Posted: 15 Jul 2014 04:30 AM PDT

Sophia Bush merasa canggung saat bertemu dengan Lady Gaga. Bagaimana tidak, Sophia baru saja melakukan adegan ciuman dengan aktor Taylor Kinney yang tak lain adalah pacar pelantun hits Just Dance tersebut.

Sophia Bush melakukan adegan romantis bersama Taylor Kinney untuk serial televisi Chicago PD. Wanita berusia 32 tahun tersebut merasa sangat aneh dan tidak tahu ingin berbuat apa saat bertemu Lady Gaga usai melakukan adegan ciuman tersebut.

"Hal itu (ciuman) selalu membuat saya agak sedikit aneh saat bertemu Lady Gaga. Bagaimana tidak?! Saya telah bertukar ludah dengan pasangannya," ungkap Sophia Bush sedikit histeris, seperti dilansir dari Digital Spy, Selasa (15/7/2014).

http://images.fashionnstyle.com/data/images/full/28334/chicago-pd.png?w=600

(Sophia Bush bersama Taylor Kinney dalam serial Chicago PD yang mereka bintangi bersama)

Rupanya, Lady Gaga tidak mempermasalahkan adegan ciuman tersebut. Penyanyi kontroversial ini nampaknya mengerti dengan segala hal yang bisa terjadi di dunia hiburan, termasuk berciuman dengan lawan main dalam sebuah film atau serial televisi.

"Dia (Lady Gaga) salah satu wanita terindah yang ada. Dia begitu hangat dan ramah padaku. Saya merasa sudah seperti begitu lama menjadi penggemarnya," tutur Sophia.

"Saya tidak ingin bertemu Lady Gaga sampai saya dan Taylor selesai melakukan adegan itu. Saya benar-benar senang saat pertama kali bertemu Lady Gaga di Chicago. Saya mungkin ingin menangis dan itu akan menjadi sangat canggung untuk semua orang yang mengalami hal ini," tambahnya.

Chicago PD merupakan serial televisi yang ditayangkan stasiun televisi NBC yang menceritakan tentang kepolisian di Chicago. Serial ini pertama kali tayang pada 8 Januari 2014. Selain Sophia Bush, Chicago PD juga turur dibintangi Jason Beghe, Jon Seda, dan Jesse Lee Soffer.

(Fir/Des)

Sambut Lebaran, Smartfren Potong Harga Smartphone Andromax

Posted: 15 Jul 2014 04:22 AM PDT

Menyambut Hari Raya Lebaran 2014, Smartfren menggelontorkan sejumlah promo bagi para pelanggan. Yang paling menarik adalah program promo potongan harga jajaran smartphone seri Andromax.

"Bulan Ramadhan merupakan momentum yang tepat untuk berbagi dengan sesama, tidak terkecuali bagi kami. Karena itulah kami mengadakan beragam promo menarik seperti ini bagi para pelanggan. Sangat tepat dengan momentum Ramadan," ungkap Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.

Untuk program potongan harga, seri smartphone Smartfren Andromax G, G2, C, dan C2 akan diberikan potongan harga mencapai Rp 300 ribu.

Sementara untuk pembeli seri Andromax Z, V, U3, U2, Tab 8.0 dan USB Modem Rev.A CE 682, akan diberikan bonus kuota sebesar 24 GB. Bonus ini akan diberikan secara bertahap perbulannya 2 GB selama setahun.

"Promo ini untuk sementara untuk menyambut Ramadhan dan Lebaran. Tapi kalau masih ada stok tersisa akan kita perpanjang, sambil menunggu seri-seri terbaru hadir," papar Djoko.

Tak hanya itu, Smartfren juga menawarkan program trade-in, program pembelian dengan sistem paket. Dengan program ini, pengguna dapat menukarkan segala macam ponsel dan langsung mendapatkan potongan harga sebesar Rp 300 ribu untuk seri Andromax U2, U3, V dan New V, serta potongan sebear Rp 400 ribu untuk seri Andromax Z.