Senin, 07 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


KPU Pasang Spanduk Tolak Golput

Posted: 07 Jul 2014 05:03 AM PDT

Kendaraan melintasi spanduk di Jalan Raya Cawang, Jakarta, Senin, (7/7/14). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Merasakan Sistem Jaminan Kesehatan di Korea Selatan

Posted: 07 Jul 2014 05:00 AM PDT

Berbeda dengan jaminan kesehatan di sejumlah negara yang memiliki nama khusus. Di Korea Selatan, jaminan kesehatan yang wajib dimiliki warga atau pendatang yang menetap disebut juga The National Health Insurance Corporation (NHIC). Sistem jaminan kesehatan ini dioperasikan langsung dibawah kendali Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan di Korea Selatan.

Menurut salah seorang warga Indonesia yang menetap di Korean Selatan selama 2 tahun dan sedang menempuh studi sekaligus penelitian, Ardiansyah Musa, jaminan kesehatan khususnya orang Indonesia di Korea, secara garis besar dapat diklasifikasikan menjadi 3 kelompok besar, yakni

1. Pelajar/Mahasiswa asal Indonesia
2. Pekerja Profesional asal Indonesia
3. Pekerja non-Profesional asal Indonesia

Secara garis besar untuk ketiganya, asuransi kesehatan adalah suatu hal yang mandatory atau wajib dimiliki oleh seluruh orang (termasuk orang asing) yang tinggal di Korea. Baik asuransi yang dimiliki dengan membayar sendiri ataupun dibayarkan oleh organisasi/perusahaan tempat bernaung. Hampir seluruh permasalahan kesehatan dapat diklaim, kecuali biaya perawatan dan pengobatan gigi.

Untuk lebih detailnya, Ardiansyah menjelaskan sebagai berikut:

Pelajar atau mahasiswa



1. Pelajar atau mahasiswa asal Indonesia

Untuk mahasiswa, ini sangat bergantung dari beasiswa yang didapatkan, jika beasiswa yang didapatkan dari universitas maka uang untuk bayar asuransi sudah termasuk di dalam beasiswa tersebut, sedangkan jika beasiswa yang didapatkan dari seorang professor atau yang dikenal sebagai Research Scholarship, maka mahasiswa tersebut harus menyisihkan uang yang didapat dari profesor untuk membayar asuransi. Besar biaya asuransi pertahunnya variatif, mulai dari 150 ribu KRW per tahun.

"Saya pribadi belum pernah melakukan klaim asuransi. Alhamdulilah belum pernah sakit parah, namun menurut penuturan beberapa teman-teman mahasiswa yang pernah patah tulang dan sebagainya, untuk biaya pengobatan rawat inap dan operasi yang memakan biaya 2 juta KRW (Korea Won), kita hanya membayar sebesar 10 persennya saja. Untuk kasus biaya rawat jalan, maksimal yang dikaver hingga 200 ribu KRW," katanya.

2. Pekerja Profesional asal Indonesia

Untuk pekerja profesional atau dapat disebut skilled worker, biaya asuransi ditanggung oleh perusahaan tempat bekerja.

Pekerja non-profesional



3. Pekerja non-Profesional asal Indonesia

Untuk pekerja non-profesional atau buruh ini bergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing, ada yang asuransi dibayarkan oleh perusahaan ada yang bayar sendiri.

Untuk pekerja non-profesional, nilai premi asuransinya relatif cukup besar karena potensi kecelakaan kerjanya juga sangat besar seperti anggota tubuh yang hilang. "Pernah ada satu kasus, salah satu pekerja mengalami kecelakaan hingga jarinya putus, dapat klaim asuransi hingga 5 juta KRW," ungkapnya.

Dengan NHIC, warga asing yang tinggal di Korea Selatan menerima manfaat medis dan jasa yang sama sebagai warga negara Korea. Hanya kontribusi tergantung pada pendapatan dan kekuatan ekonomi. Orang yang terdaftar sebagai orang yang difabel atau berusia lebih dari 65 tahun, membayar lebih sedikit.

Di Indonesia, dengan sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Warga Negara Asing (WNA) yang tinggal di Indonesia juga dijamin kesehatannya oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Namun ada syaratnya. Pertama, paling singkat tinggal di Indonesia selama enam bulan dan bayar iuran.

Kabar Nikah Terungkap, Olivia Jensen Masih Sibuk Syuting

Posted: 07 Jul 2014 05:00 AM PDT

Pernikahan Olivia Lubis Jensen dengan pengusaha batubara bernama Arief terbilang mengejutkan. Tak pernah terlihat jalan bersama, keduanya justru sudah mengikat janji sehidup semati di Yunani, Mei lalu.

Meski kabar pernikahannya terungkap, Olivia belum juga angkat bicara soal pernikahannya yang sudah diketahui oleh masyarakat luas.

"Olive lagi syuting film barunya di Starvision," ucap Imel, manajer Olivia Jensen, saat dihubungi lewat telpon, Senin (7/7/2014).

Bintang film Bukan Cinta Biasa itu juga berencana untuk menggelar jumpa pers untuk membahas pernikahannya dengan Arief yang terbilang diam-diam. "Nanti ada konfirmasi langsung kok dari Olivia Jensen. Secepatnya," tambah Imel.

Seperti diberitakan sebelumnya, prosesi pernikahan Olivia dan Arief digelar pada Mei lalu. Keduanya memilih untuk melangsungkan hari bahagia di kota Santorini, Yunani. Sementara itu, Olivia dan Arief juga sempat melakukan pengambilan foto pre wedding di Phuket, Thailand.

Beberapa foto pre wedding artis yang sebelumnya santer digosipkan berpacaran dengan penyanyi Afgan itu bisa dilihat di laman Lighthouse Photography. Dalam foto itu, baik Olivia dan Arief tampak serasi dan terlihat mesra. GIE

Generasi Muda di Indonesia Cari Kerja Pakai Internet

Posted: 07 Jul 2014 05:00 AM PDT

Cakupan layanan telekomunikasi di Indonesia sudah semakin luas. Bahkan, internet sudah semakin banyak dimanfaatkan pelanggan telekomunikasi sehingga bukan lagi menjadi barang mewah di Tanah Air.

Induk perusahaan dari PT Indosat Tbk, Ooredoo, melakukan penelitian tentang penggunaan layanan telekomunikasi di Indonesia. Dari riset ini terungkap bahwa kalangan anak muda sudah sangat familiar dengan internet.

Penelitian ini menyebutkan bahwa generasi muda pengguna internet di Indonesia ternyata terbiasa menggunakan internet untuk meningkatkan taraf hidupnya. Sebagian besar generasi muda di Tanah Air berharap jangkauan internet semakin luas agar membuat mereka bisa lebih mudah mencari pekerjaan dan memulai peluang usahanya.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa generasi muda di Indonesia memahami dahsyatnya kekuatan transformatif yang tersedia melalui teknologi informasi. Perusahaan, pemerintah dan organisasi perlu menyadari dan menangkap sinyal kreatif ini," papar H.E. Sheikh Abdullah Bin Mohammed Bin Saud Al Thani, Chairman Ooredoo dalam keterangannya, Senin (7/7/2014).

Penelitian ini melibatkan lebih dari 1.400 orang responden pria maupun wanita yang berusia antara 18 dan 30 tahun dari Indonesia melalui survei online. Riset bertajuk `New Horizons: Generasi Digital Indonesia` ini diakui sebagai salah satu proyek penelitian paling mendalam yang pernah dilakukan terhadap responden.

Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat dalam keterangan resminya mengatakan bahwa Indosat beserta induk perusahaannya berusaha untuk memahami kebutuhan pasar telekomunikasi di Indonesia maupun wilayah bisnis lainnya.

"Kami berkomitmen meningkatkan kehidupan masyarakat dan mendorong pertumbuhan masyarakat di wilayah bisnis perusahaan dan kami berharap temuan studi `New Horizons` ini akan membantu kita semua untuk memahami generasi muda Indonesia dengan lebih baik," ungkap Alexander.


Sheva Beri Wejangan kepada Diego Costa

Posted: 07 Jul 2014 04:59 AM PDT

Mantan penyerang Chelsea Andriy Shevchenko memberikan masukkan kepada striker anyar The Blues Diego Costa agar bisa merebut hati fans. Sheva mendesak Costa untuk bisa mencetak gol demi gol untuk The Blues sesegera mungkin.

Chelsea sudah mencapai kesepakatan dengan Atletico Madrid untuk merekrut Costa. Klub milik Roman Abramovich itu akan membayar 32 juta pound untuk mendapatkan pemain nasional Spanyol itu.

Sheva, demikian sapaan akrab Shevchenko, memperingatkan Costa agar tidak mengulangi kesalahan yang dibuat dirinya sewaktu bergabung ke Chelsea tahun 2006. Ketika itu Sheva dicap sebagai pembelian gagal karena tidak kunjung mencetak gol meski Chelsea harus mengeluarkan dana mahal untuk membelinya dari AC Milan.

Eks pemain Dinamo Kiev itu tidak mau kejadian serupa menimpa Costa. Karenanya, Sheva meminta Costa untuk rajin-rajin mencetak gol di awal kariernya bersama Chelsea.

"Hal terbaik bagi Costa adalah mencetak gol demi gol sesegera mungkin. Itu akan penting baginya. Ekspektasi dari fans dan klub sangat besar jadi dia harus mencetak gol," kata Sheva seperti dilansir Tribalfootball.

Sheva yakin Costa tidak akan gagal seperti dirinya atau Mateja Kezman. Bagi Sheva, Costa merupakan pemain depan hebat yang tidak akan kesulitan mencetak gol di Liga Premier.

"Saya yakin dia akan mampu tampil baik. Saya pikir Costa merupakan penyerang yang bagus. Saya menyukainya," pungkas Sheva.

Pemerintah Bakal Beri Insentif untuk Produsen Ponsel 4G Lokal

Posted: 07 Jul 2014 04:54 AM PDT

Hadirnya produsen ponsel pintar atau smartphone generasi keempat (4G) di Indonesia untuk pertama kalinya mendapat sambutan baik dari pemerintah. Bahkan demi menyokong industri ponsel dalam negeri, pemerintah akan memberikan insentif.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, pemerintah optimistis produsen ponsel lokal bisa menciptakan seluruh komponen ponsel 4G sendiri. "Bisa dibangun di dalam negeri tapi secara bertahap misalnya dalam lima tahun. Sekarang kan komponennya baru 30 persen yang bisa diproduksi di sini," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Lebih jauh kata Hidayat, pemerintah sedang menggenjot produksi komponen ponsel lokal sampai 50 persen.

Syaratnya supaya bertumbuh tentu harus ada beberapa insentif. "Kami sudah target ke mereka karena kami akan memberikan beberapa insentif dalam hal produksi dan impornya seperti tax holiday, PPh, dan sebagainya. kami dorong habis industri ini jika mereka menjalankan program lokalisasi atau pembuatan komponen di dalam negeri," terangnya.

Dia mengaku, insentif mampu merangsang industri ponsel dalam negeri agar semakin menggeliat mengingat dari sisi aspek teknologi sangat dinamis atau berubah sangat cepat.

Hidayat berjanji akan memperjuangkan kebijakan insentif tersebut. Sebab dengan kebijakan ini akan memberikan keleluasaan pada industri tanah air agar impor menyusut. Sekadar catatan, impor ponsel saat ini mencapai lebih dari 60 juta unit per tahun.

"Saya akan perjuangkan segala ketentuan yang masih memungkinkan agar mereka memperoleh kemudahan. Begitu nanti industrinya mulai kuat baru kita akan proteksi, karena ini akan memberikan previllage kepada kita sehingga impor ponsel akan berkurang," tandasnya. (Fik/Gdn)

Jun.K Mengarang Lagu dengan Hati

Posted: 07 Jul 2014 04:45 AM PDT

Jun.K belum lama ini menelurkan album Nihongo atau bahasa Jepang bertajuk Love & Hate pada Mei 2014. Album ini menunjukkan sisi Jun.K yang dituangkan melalui lagu. Jun.K berharap penggemarnya akan menyukai album solonya ini.

Album milik Jun.K itu disebut-sebut spesial karena secara langsung dibuat dan dikarang oleh Jun.K. Personel 2PM itu menceritakan pengalamannya saat menggarap album solonya tersebut.

Menurut Jun.K, lagu di albumya itu ia buat dengan hati. Ia menatakan, selama pembuatan album tersebut, ia harus fokus dengan membuat lagu-lagu tersebut agar menjadi karya yang enak didengar.

"Saya harus mengunci diri di studio rekaman. Bahkan, saya juga tak tidur selama beberapa hari demi menyelesaikan album ini," ujar Jun.K sambil tertawa saat diwawancarai majalah Barfout.

Setelah bekerja keras, Jun.K mengaku puas dengan karyanya tersebut. Ia pun kini tinggal menikmati hasilnya berupa pendengar yang jatuh hati dengan karyanya sehingga masuk dalam deretan tangga lagu musik Jepang Oricon. (Des/Adt)

Kemenhub Siapkan Kereta Tambahan Buatan INKA untuk Hadapi Mudik

Posted: 07 Jul 2014 04:40 AM PDT

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah berusaha menyiapkan kereta tambahan kereta dari PT Inka. Hal itu mengingat masih banyaknya permintaan  tiket pada moda transportasi kereta api untuk keperluan mudik pada 2014.

Menteri Perhubungan, AA Mangindaan mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT Inka terkait pengadaan kereta tersebut.

"Kami dan PT KAI sedang berusaha untuk mengadakan kereta yang ada di PT Inka, ada 2 rangkaian," ujar Mangindaan dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Dia menjelaskan, untuk membayar pengadaan kereta tersebut akan dilakukan belakangan mengingat kereta ini sangat dibutuhkan untuk memenuhi permintaan kereta arus mudik.

"Kereta itu sudah siap, tapi belum bayar. Kami akan pakai dulu, yang penting keselamatan dan keamanananya bisa dijamin, itu menjadi cadangan terakhir," lanjutnya.

Menurut Mangindaan, kebutuhan akan kereta tambahan ini akan sejalan dengan mulai beroperasinya double track Jakarta-Surabaya sepanjang 727 km sehingga akan mampu melayani penambahan frekuensi keberangkatan kereta.

"Ini karena double track sudah jalan sehingga bolak-baliknya semakin cepat. Selain itu sudah menjadi kebutuhan masyarakat di mana kereta api sangat disukai, nyaman, murah dan ontime. Banyak sekali yang minta untuk tiket KA," tandasnya. (Dny/Ahm)

Jet Tempur F-16 Melintasi Senayan Gara-gara Ini

Posted: 07 Jul 2014 04:38 AM PDT

Siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB, 2 jet tempur F-16 melintasi langit kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Suaranya begitu bergemuruh. Para pekerja di dalam gedung-gedung yang terkena terpaan dan hembusan jet tempur pun penasaran melihat ke udara melalui dinding kaca.

TNI Angkatan Udara menjelaskan pihaknya menyiapkan jet tempur untuk mengamankan Ibukota saat Pemilihan Presiden (Pilpres) yang jatuh pada 9 Juli 2014. 3 Jet tempur ini didatangkan dari Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun, Jawa Timur.
 
"1 Flight atau 3 pesawat tempur TNI AU jenis F-16 Fighting Falcon dari Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Madiun mendarat dengan selamat di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma Jakarta siang tadi," ucap Kepala Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma Mayor (Sus) Gerardus Maliti kepada Liputan6.com di Jakarta (7/7/2014).
 
Menurut Maliti, 1 flight bantuan dari Skuadron Udara 3 Lanud Iswahjudi ini akan bertugas hingga selesainya Pilpres. Flight ini dipimpin Mayor Pnb Alimin beserta 54 kru.
 
"Terdapat 54 kru sebagai pendukung, 7 di antaranya merupakan penerbang dan 8 Perwira Teknik (Patek) dipimpin oleh Mayor Pnb Alimin. Keberadaan pesawat tempur tersebut guna melaksanakan tugas Pengamanan Ibukota (Pam Ibukota) hingga 14 Juli 2014 mendatang," tutur Maliti. (Sss)

Hatta Rajasa Nyoblos di Kampung Halaman

Posted: 07 Jul 2014 04:34 AM PDT

Memasuki masa tenang kampanye dimanfaatkan oleh calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1, Hatta Rajasa, untuk berkumpul bersama keluarga besar.

Mantan Menko Perekonomian ini memilih mudik ke kampung halamannya di Desa Jejawi, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Selain ingin berkumpul, kepulangan Hatta Rajasa karena hendak menyalurkan hak suara di kampung halamannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang.

Hatta tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang pada Senin (7/7/2014) pukul 16.00 WIB. Jadwal kedatangan Hatta Rajasa menggunakan pesawat komersial ini yang memang sedikit terlambat sekitar satu jam dari jadwal semula, yaitu sekitar pukul 15.00 WIB.

Kedatangan pasangan Prabowo Subianto ini langsung disambut Kapolda Sumsel, Irjen Pol Saud Nasution, dan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin, dan langsung memasuki Ruang tunggu VIP Bandara SMB II Palembang. Tak lebih dari 30 menit, ketiganya berada di dalam dan berbicara secara tertutup.

Sebelum meninggalkan Bandara SMB II, Hatta keluar bersama Alex Noerdin. Hatta mengatakan kedatangannya di Sumsel untuk menyalurkan hak suara di kampung halaman, usai mencoblos Hatta akan kembali meninggalkan Desa Jejawi untuk selanjutnya terbang ke Jakarta.

"Nyoblos di Jejawi, pukul 09.00 WIB mau ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) disana, siangnyo berangkat ke Jakarta," katanya kepada Liputan6.com di Bandara SMB II Palembang, Senin (7/7/2014).

Hatta mengimbau kepada masyarakat Sumsel untuk tidak golput serta menjaga suasana kondusif. "Pertama, jangan golput. Kedua, jaga keamanan, masyarakat Sumsel taat aturan," lanjutnya.

Dia juga mengaku tak menyiapkan ritual khusus sebelum melakukan pencoblosan. "Optimis saja bakal terpilih," ucapnya.