Rabu, 16 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Harga Biji Kakao di Palu Tembus Rekor Tertinggi

Posted: 16 Jul 2014 04:52 AM PDT

Harga biji kakao di Palu, Sulawesi Tengah, mencapai Rp 36 ribu per kilogram (kg) pada Rabu (16/7/2014). Harga tersebut merupakan harga tertinggi jika dibanding dengan hari-hari sebelumnya.

Salah satu pengepul biji kakao di Palu, Ahmadi mengatakan, harga biji kakao terus mengalami kenaikan dalam dua bulan ini. "Bulan lalu, dari Rp 30 ribu ke Rp 34 ribu per kg. Sekarang naik lagi, dari Rp 34 ke Rp 36 ribu per kg," jelas Ahmadi kepada Liputan6.com.

Kenaikan harga biji kakao kali ini diketahui memang sangat tinggi dari kenaikan harga biji kakao sebelum-sebelumnya terjadi di Palu.

"Sebelum naik Rp 34 ribu dan sekarang Rp 36 ribu, harga biji kakao bertahan lama di harga Rp 30 ribu per kg. Tapi sekarang, kenaikannya sudah sangat tinggi," imbuhnya.



Salah satu pemilik agen pembelian biji kakao, Marten menerangkan, kenaikan harga salah satu komoditas ekspor ini di pasaran lokal, tidak terlepas dari pengaruh harga di pasar internasional.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, harga biji kakao di pasar internasional terus membaik dengan permintaan yang terus meningkat, sementara produksi biji kakao di sejumlah negara penghasil biji kakao terbesar menurun akibat cuaca yang tidak menentu ditambah adanya serangan hama.

"Termasuk di Palu produksi juga menurun. Dan kalau tinggi permintaan sementara produksi menurun secara otomatis hal itu akan memicu harga biji kakao di pasar luar dan dalam negeri termasuk harga di Palu naik," tandas Marten. (M Taufan SP Bustan/Gdn)

Ini Dia Jersey Tandang Barcelona Musim 2014/15

Posted: 16 Jul 2014 04:51 AM PDT

Oleh: Adam Faisal

Barcelona telah meluncurkan seragam tandang baru mereka untuk musim 2014/15. Warna merah gagah dipilih sebagai warna jersey untuk pertandingan tandang.

Pada tahun sebelum-sebelumnya mereka selalu mendapat respon yang kurang baik atas jersey tandang yang mereka luncurkan. Namun sepertinya kali ini mereka meluncurkan jersey tandang yang cukup bagus dan mendapat tanggapan positif dari para penggemarnya.

Pada website resmi Barcelona, dijelaskan teknologi yang dipakai untuk jersey terbaru ini. "Sementara jersey kit baru ini memiliki fitur Nike dengan ditail yang lebih rinci, juga menawarkan pemain sangat nyaman dalam berinovasi kinerja, teknologi jersey kit ini juga sangat ramah lingkungan karena dibuat dengan bahan-bahan daur ulang."

Nike Dri-Fit adalah teknologi menyerap keringat dari badan ke luar dari seragam dan celana pendek di mana ia akan cepat menguap. Ini membantu pemain untuk melakukan yang terbaik dalam pergerakan mereka dengan tetap sejuk, kering dan lebih nyaman.

Jersey Kit terbuat dari botol air plastik daur ulang. Celana pendek 100 persen polyester daur ulang; kaos yang 96 persen polyester daur ulang, sementara kaus kaki 78 persen juga daur ulang.

Setiap bahan dibuat dengan menggunakan rata-rata dari 18 botol plastik daur ulang, dan selama empat tahun terakhir Nike telah menggunakan hampir dua miliar botol tersebut dari tempat pembuangan sampah untuk menghasilkan jersey kit mereka..

Nike mengambil scan tubuh 3D dari banyak pemain terkemuka di dunia untuk menciptakan sebuah jersey kit dengan fitur diperbarui dan sempurna. Bahan Nike terbaru memungkinkan tubuh untuk bergerak lebih alami dalam balutan jersey, dan begitu mudah meningkatkan kenyamanan dan performa pemain.

Baca Juga:
3 Calon Kuat Pengganti Conte di Juventus
Conte Pergi Karena Vidal Akan Dijual ke MU?
Ini Penyebab Kegagalan Argentina Menurut Rihanna

Dul Bebas, Ahmad Dhani Bantah Ada Rekayasa Hukum

Posted: 16 Jul 2014 04:50 AM PDT

Tersangka kecelakaan maut AQJ alias Dul Ahmad Dhani akhirnya diputus bebas oleh Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Hal ini tentu menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat mengingat kecelakaan itu telah menewaskan tujuh orang.

Ada dugaan, pihak Dul bermain mata dengan pengadilan sehingga akhirnya bocah 13 tahun itu bebas. Namun, hal itu langsung dibantah oleh Ahmad Dhani.

"Kami senang kebetulan sudah sesuai dengan Undang-Undang Peradilan Anak. Artinya tidak boleh ada pemikiran hasil putusan ini adalah akal-akalan atau setting-settingan," kata Ahmad Dhani usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (16/7/2014).

Selain itu, pentolan Dewa 19 ini menilai kecelakaan Dul justru membuat berbagai hal positif. Dikatakan Dhani, pihak kepolisian jadi lebih sering melakukan razia untuk menertibkan pengemudi di bawah umur.

"Semenjak Dul kecelakaan, polisi langsung ajukan razia. Peristiwa Dul sempat membuat pemerintah kerja, semoga ini nggak hangat-hangat tahi ayam. Harus terus ada razia," jelasnya.

Sekedar mengingatkan, Dul menjadi tersangka kasus kecelakaan maut di Tol Jagorawi Km 8+200 September 2013 lalu. Kejadian itu menewaskan tujuh orang. Akibatnya, Dul dijerat dengan pasal 310 ayat (2), (3), dan (4) UU Lalu Lintas dengan ancaman pidana maksimal 6 tahun penjara.

Dalam pembacaan tuntutannya, JPU menuntut Dul kurungan penjara satu tahun dengan dua tahun masa percobaan. Namun pada akhirnya, pengadilan mengambil keputusan untuk mengembalikan Dul kepada orangtuanya.

Rina Gunawan Bantah Urus Pernikahan Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Posted: 16 Jul 2014 04:45 AM PDT

Kabar pernikahan Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina kian santer terdengar. Banyak yang menyebut, Raffi akan mempersunting Nagita pada 5 Oktober mendatang. Disebutkan pula, Raffi menunjuk Rina Gunawan sebagai Wedding Organizer (WO) di acara sakral tersebut.

Rina, yang ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (15/7/2014), membantah kabar tersebut. Diakui istri Teddy Syach itu, hingga kini Raffi dan Nagita belum memintanya mengurusi pernikahan.

"Sampai detik ini saya belum ditunjuk sebagai WO-nya. Tapi kalau ditunjuk saya amat sangat senang hati," ungkap Rina.

Rina sangat berharap, kalau Raffi mau memakai jasanya. Pasalnya, wanita yang kini berhijab punya konsep menarik untuk pesta pernikahan Raffi-Nagita.

"Kalau saya ditunjuk, aduh saya pasti senang banget, karena dari dulu sudah geregetan sama dia. Aku sudah kepikiran pengin kasih konsep ke dia, tapi sampai sekarang belum ya," pungkasnya. (Jul/Mer)

Ini Daerah yang Rawan Lokasi Peredaran Uang Palsu

Posted: 16 Jul 2014 04:38 AM PDT

Bank Indonesia (BI) menyebutkan ada sejumlah daerah yang favorit menjadi lokasi peredaran uang palsu. Hal itu karena kegiatan ekonomi dan jumlah penduduk yang padat.

Direktur Departemen Pengelolaan Uang BI, Lambok A.Siahaan mengatakan, daerah-daerah yang menjadi lokasi peredaran uang palsu antara lain Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Batam dan Bali. Hal itu karena kegiatan ekonomi dan jumlah penduduk yang padat.

"Paling banyak pecahan besar yang mau dipalsukan," tutur Lambok, saat meninjau lokasi penukaran uang di lapangan IRTI Monas, Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Untuk itu, Lambok mengimbau kepada seluruh masyarakat agar menukarkan uang di tempat-tempat resmi seperti BI dan perbankan.

"Jangan beli di pinggir jalan. Karena kita harus bayar, nggak akurat dan bisa saja disisipin (uang palsu) di tengahnya. Kita kan nggak tahu. Makanya kita buka kesempatan tukar di Monas atau tempat lainnya, cuma duduk sebentar ngantre kok," saran Lambok.

Selain itu, kata Lambok, masyarakat harus mengecek setiap uang yang diperoleh dengan 3D, yakni Dilihat, Diraba, Diterawang.

"Uang asli, ada gradasi warnanya, benang pengaman, kalau diraba terasa kasar kasar, ada tanda air. Ini yang harus disosialisasikan ke masyarakat karena mesti dilihat secara satu kesatuan," cetus Lambok.

Lambok mengatakan, pihaknya telah menemukan uang palsu dalam sebanyak lima lembar dari seluruh uang yang beredar.

"Dari perbankan dan kepolisian bekerjasama dengan kami mengumpulkan data, dipelajari modus dan teknik pencetakannya. Lalu disosialisasikan ke masyarakat," ungkap dia.

Jika masyarakat menemukan uang palsu, Lambok mengimbau agar segera melaporkan kepada BI, Kepolisian, atau pihak perbankan. "Masyarakat tidak perlu takut untuk melapor. Karena uang palsu itu tidak ada nilainya, cuma sampah kertas," tandasnya. (Fik/Ahm)

JSI dan Puskaptis Dikeluarkan dari Keanggotaan Persepi

Posted: 16 Jul 2014 04:37 AM PDT

Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) menggelar sidang audit para lembaga survei yang tergabung dalam Persepi. Khususnya, terkait quick count dalam pemilihan presiden 9 Juli lalu.

Ketua Dewan Etik Persepsi, Hari Wijayanto, mengatakan 4 anggota persepi yang juga melakukan hitung cepat yaitu CSIS, Cyrus Network, SMRC, Indikator Politik, dan Populi Center telah mengikuti sidang etik.

"Dalam melakukan audit kita memeriksa proses penetapan sampel, pengambilan data, proses perhitungan quick count, dan manajemen quick count," kata Hari saat memberikan keterangan pers di Hotel Sari Pan Pacific, Rabu (16/7/2014).

Setelah melakukan sidang etik selama 2 hari, kata Hari, Dewan Etik Persepi menghasilkan beberapa kesimpulan.

Di antaranya, lembaga survei yang diaudit telah memenuhi kaidah ilmiah untuk melakukan hitung cepat.

"Lembaga survei yang diaudit juga telah menjelaskan proses penghitungan hasil quick count dengan software yang digunakan, data-data mengenai sampel juga sudah jelas, dan tahapan persiapan hingga pelaksanaan survei juga telah dijelaskan," tambah Hari.

Namun, ada dua lembaga survei yang tidak memenuhi panggikan dari dewan etik Persepi diantaranya lembaga survei yang memenangkan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yaitu Jaringan Suara Indonesia (JSI) dan Pusat Studi Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis).

Dengan adanya hal itu, dewan etik akhirnya mengambil keputusan terhadap dua lembaga survei tersebut."Dewan etik Persepsi memutuskan JSI dan Puskaptis melanggar kode etik dan dikeluarkan dari anggota Persepi," ucap Hari.

Honda Lepas HR-V di IIMS 2014

Posted: 16 Jul 2014 04:35 AM PDT

PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya menjawab rumor seputar debut HR-V ke Indonesia. Rencananya, mobil dipamerkan perusahaan dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, September ini.

"Kami akan meluncurkan model baru yang akan masuk ke segmen HR-V," ungkap Marketing and After Sales Service Director PT HPM, Jonfis Fandy, di Jakarta, Rabu (16/7/2014). 

Rencananya, kata Jonfis, HPM akan mengumumkan mobil yang dibangun berbasis Honda Jazz itu akan diperkenalkan pada 18 September pada pukul 12.30. 

Dia menjelaskan, mobil yang mengombinasikan pengalaman mobil sedan dan Sport Utility Vehicle (SUV) itu akan dilepas dalam dua tipe, 1,5 liter i-VTEC ‎ dan 1,5 liter i-VTEC. 
 
"Kedua tipe itu akan hadir dengan fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap, termasuk Electric Parking Brake," papar Jonfis. 
 
Di luar itu, Honda HR-V akan dibekali fitur Auto Brake Hold, VSA dan Dual SRS Airbag. ‎Selain diperkenalkan dalam IIMS 2014, Jonfis menuturkan, para konsumen sudah bisa memesan mobil tersebut.‎ (Gst/Ahm)

Bunga Lupin Maksimalkan Pemandangan di Danau Takepo

Posted: 16 Jul 2014 04:35 AM PDT

Banyak cara yang dilakukan untuk memanjakan mata. Bagi Anda yang sedang mencari cara untuk memanjakan mata, tempat berikut ini bisa menjadi solusinya.

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet.com, Rabu (16/7/2014), di Selandia Baru terdapat sebuah danau bernama danau Tekapo yang siap menyajikan hamparan pemandangan indah kepada Anda.

Danau Tekapo, Selandia Baru

Danau Tekapo adalah danau terbesar kedua dari tiga danau yang berjajar dan membentang utara-selatan sepanjang tepi utara dari Mackenzie Basin di South Island, Selandia Baru.

Danau ini bagaikan mimpi para fotografer yang menjadi kenyataan karena menghadirkan pemandangan gunung yang diselimuti salju dan danau berwarna biru pirus yang indah menawan. Setiap tahun dari pertengahan November hingga Desember, keindahannya ditingkatkan oleh tampilan warna-warni bunga Lupins.

Tanaman Eksotis

Russell Lupins (Lupinus polyphyllus) merupakan tanaman eksotis yang dapat tumbuh hingga 1,5 meter. Ini adalah spesies abadi (perennial ) yaitu mereka berbunga dan menetapkan benih di musim panas, lalu mati kembali ke dasar batang selama musim dingin dan muncul kembali di musim panas berikutnya.

Russell Lupins menghasilkan kepala bunga berwarna-warni dan panjang. Bunganya datang dalam berbagai warna - biru, ungu, oranye, kuning, merah muda, putih atau campuran dari dua warna. Daun, dibagi menjadi leaflet hijau, yang terhampar seperti jari di tangan. Kantong benihnya meledak di musim panas, melepaskan banyak benih berwarna cokelat gelap.

Tersebar Disepanjang Sisi Jalan

Lupins Russel diperkenalkan di tahun 1950 oleh Connie Scott dari stasiun desa terdekat Peaks Godley, ketika benih itu tersebar di sepanjang sisi terbuka dari jalan raya utama.

Lebih lanjut, tumbuhan penuh warna ini sekarang tumbuh dalam jumlah yang melimpah di pinggir-pinggir jalan, daerah terbuka di sekitar desa dan seluruh wilayah Mackenzie yang indah. (Ars)

Ini Dampak Piala Dunia Terhadap Ekonomi Brasil

Posted: 16 Jul 2014 04:32 AM PDT

Oleh - Diaz Abraham

Perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil, berakhir sudah. Banyak suka cita yang terjadi, namun tidak sedikit juga duka tercipta di atas lapangan dari tim yang menderita kekalahan.

Di samping itu, ada catatan sejarah tertoreh di Brasil. Seperti Jerman yang menjadi negara pertama asal Eropa yang juara di Benua Amerika Latin. Selain itu, ada kekalahan telak yang diderita Brasil yang digebuk Jerman 1-7 di babak semifinal dan menjadi kekalahan terburuk tuan rumah Piala Dunia.

Namun, pesta akbar sepakbola empat tahunan tersebut tidak hanya menyisakan itu saja. Tetapi yang paling menguntungkan adalah menjanjikan dampak positif bagi perekonomian setiap negara yang menjadi tuan rumah.

Piala Dunia di Brasil membuat peningkatan hingga US$ 30 miliar atau sekitar Rp 352 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Brasil antara tahun 2010 dan 2014. Selain itu, banyak juga lapangan pekerjaan per tahun yang dibuka dan meningkatkan pendapatan dari pajak hingga US$ 8 miliar.

Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) juga memberitahu bahwa Brasil bisa mendapatkan US$ 2.488 dari turis asing yang datang untuk menonton pertandingan.

Walaupun sebelum penyelenggaraan banyak yang menentang, namun Piala Dunia Brasil terbilang sukses. Oleh karenanya Presiden FIFA, Sepp Blatter, menyatakan nilai yang diberikan FIFA untuk Brasil adalah 9,25 dari total 10.

Angka ini didapat dari perhitungan melalui facebook dan komputer. Piala Dunia Brasil lebih sukses dari Afrika Selatan 2010, dilihat dari tensi tinggi yang dihadirkan dalam setiap laga dan menghasilkan 171 gol dari seluruh pertandingan.

Waspadai 3 Jenis Penyakit Saat Mudik

Posted: 16 Jul 2014 04:30 AM PDT

Mudik menjelang Lebaran sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia. Perjalanan panjang nan melelahkan tetap dilakukan demi bersilahturahmi dengan keluarga di kampung halaman

Sayang, antusiasme mudik tidak diikuti persiapan matang. Akibatnya kesehatan pemudik  jadi korbannya. Beberapa penyakit khas mudik pun muncul mendera pemudik.

Berikut 3 jenis penyakit yang seringkali dialami pemudik seperti dituturkan Dr. H. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, MMB dokter penyakit dalam dan staf pengajar Ilmu Penyakit Dalam di FKUI/RSCM kepada liputan6.com Rabu (16/7/2014):

1. Penyakit kronik kambuh
Penyakit kronik seperti hipertensi, maag, asma, kencing manis, asam urat kambuh dalam perjalanan ke kampung halaman.
"Hal ini disebabkan oleh banyak faktor misalnya pemudik ini harusnya rutin makan obat tapi karena di kendaraan lupa makan obat, bisa juga karena tidak mempersiapkan dengan baik sehingga obat habis saat masih di perjalanan sehingga penyakit kroniknya kambuh. Atau maag kambuh karena tidak teratur makan" tutur Dr Ari.

2. Penyakit dalam perjalanan
Beberapa penyakit dengan mudahnya mendera pemudik dalam perjalanan diantaranya batuk, pilek, sakit perut, sakit kepala.
"Saat cuaca panas pemudik kepanasan, saat hujan juga terkena hujan hal ini membuat tubuh lebih renta terkena beberapa penyakit. Selain itu, berdesak-desakan menaiki kereta atau bus membuat seseorang lebih mudah tertular flu. Makan makanan sembarangan bisa diare," jelasnya.

3. Kecelakaan atau trauma
Saat dalam perjalanan beragam kecelakaan lalu lintas bisa saja terjadi. Misalnya tabrakan antar pengendara motor yang membuat terjatuh dan luka. Biasanya saat mudik barang yang dibawa banyak, terlalu berat mengangkat barang mengakibatkan cedera maupun nyeri pada punggung atau pinggang.