Senin, 21 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Gagal ke Planet Mars, Perjalanan Gadis Ini Berakhir di MH17

Posted: 21 Jul 2014 04:46 AM PDT

Nasib pilu dialami gadis cantik bernama Fatima Dyczynski. Impiannya untuk menjadi seorang astronot dan menginjakkan kaki di Planet Mars pupus. Sebab ia mengalami kecelakaan tragis dalam perjalanan menggunakan pesawat MH17.

Gadis asal Jerman yang menjabat sebagai CEO sekaligus pendiri Xoterra Space --perusahaan high tech berbasis di Belanda-- itu terbang menuju Kuala Lumpur, Malaysia, dan tidak pernah sampai ke tujuan.

Mendengar tragedi nahas itu, perusahaan tempat wanita berusia 25 tahun tersebut bekerja pun menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam.

"Fatima wanita yang energik, mempunyai banyak cita-cita, termasuk pergi ke angkasa. Banyak orang yang terinspirasi darinya," demikian pernyataan Xoterra di situs resmi perusahaannya, seperti Liputan6.com kutip dari The Australian, Senin (21/7/2014)

Menurut media Australia tersebut, Fatima pernah kuliah di John XXIII di Perth, kemudian melanjutkan studinya untuk mengambil master teknik penerbangan di Delft University of Technology di Belanda. Saat kuliah, ia juga praktik kerja di IBM sebelum akhirnya memiliki perusahaan sendiri.

Orangtua Fatima sangat terpukul atas kejadian yang menimpa putrinya, yang ingin sekali menjadi astronot dan pergi ke Planet Mars.

"Dan dia akan segera melakukannya, tentu saja dia mampu melakukannya," ujar sang ibunda, Angela Rudhart Dyczynski sambil memegang erat foto anak terkasihnya yang sedang memakai baju astronot.

Mitra bisnisnya, Norman Noordervliet juga tak kalah terpukul saat mendengar musibah yang menimpa Fatima. Tidak jauh dari tempat Fatima belajar untuk mewujudkan mimpinya, Norman berkata, ia butuh waktu untuk menerima semuanya. (Safira Badri)

Baca Juga:

8 Teori Konspirasi Aneh Malaysia Airlines MH17

Dua Bocah Ini Belum Tahu Ibunya si Pramugari MH17 Meninggal

Jasad Korban MH17 Disandera Separatis, Menlu Australia: Lepaskan!

(Sss)

Mantan Personel Destiny`s Child Ditangkap Polisi

Posted: 21 Jul 2014 04:45 AM PDT

Bukan, yang dimaksud mantan personel Destinys Child di sini bukan Beyonce Knowles, bukan pula Kelly Rowland, ataupun Michelle Williams. Lalu, siapa?

Diwartakan TMZ, Minggu (20/7/2014), Farrah Franklin, yang terhitung juga mantan personel Destiny’s Child, ditangkap polisi di negara bagian South Carolina pada Minggu pagi kemarin. Farrah ditangkap karena dianggap melanggar ketertiban. Menurut TMZ, berdasar sumber-sumber mereka, Farrah dalam keadaan mabuk saat kejadian.

Farrah Franklin kemudian harus digiring ke rumah tahanan Horry County Detention Center di wilayah Conway pada pukul 5 pagi. Pada siang harinya, Farrah dibolehkan pulang. TMZ melansir foto mug-shot saat Farrah ditahan polisi. Di foto itu, Farrah yang tampaknya mengenakan baju tahanan warna oranye, terlihat hendak tersenyum.

Keterangan foto: Farrah Franklin saat ditahan polisi. (dok. TMZ)

Menurut TMZ, ini bukan kali pertama Farrah Franklin berurusan dengan polisi. Pada 2011 silam, Farrah ditangkap polisi di Los Angeles, juga karena dianggap mengganggu ketertiban. Farrah kemudian memprotes penangkapannya dan mengatakan telah menjadi korban perilaku rasis polisi.

Keterangan foto: Farrah Franklin (paling kiri) saat bersama Destiny's Child tahun 2000. (dok. TMZ)

Farrah hanya sebentar menjadi anggota Destiny’s Child. Selama lima bulan pada 2000, ia bergabung bersama Beyonce Knowles, Kelly Rowland, dan Michelle Williams. Sampai kemudian, ia ditendang karena dianggap tidak kuat menerima tekanan. (Ade)

Prabowo-Hatta Minta Doa Anak Yatim Jelang Pengumuman Pilpres

Posted: 21 Jul 2014 04:39 AM PDT

Tim Kampanye Nasional (Timkamnas) pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menggelar acara khataman Alquran dan doa bersama dengan puluhan anak yatim piatu, di posko pemenangan di Rumah Polonia, Jakarta Timur. Anggota Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Ali Mochtar Ngabalin mengatakan, acara ini sebagai bentuk dukungan moral untuk pasangan nomor urut 1 tersebut.

"Anak-anak ini (yatim piatu) memang lewat ibu-ibu pengajian dalam beberapa hari ini tetap selain siapkan tim dari data yang ada dan saksi lain. Kita juga minta dukungan doa dan zikir baca Alquran, itu sebabnya mereka ada disini mereka hadir sehari sebelum pengumuman (KPU)," kata Ali di Rumah Polonia, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Menurutnya, doa anak yatim ini bisa menambah kekuatan moral bagi pasangan calon presiden Prabowo-Hatta, sehingga dalam setiap proses pemilu ini diberikan perlindungan Allah SWT.

"Mudah-mudahan ini 1 kekuatan moral bagi Prabowo-Hatta, mudah-mudahan orang yang berniat jahat mencelakaan kita di jalan, di data, dan lainnya mendapat pertolongan dari Allah SWT," tandas Ali.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2014 pada Selasa 22 Juli besok. Salah satu pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla meminta pendukung dan relawannya tidak mengerahkan massa ke KPU.

Jokowi juga meminta mereka supaya memantau berita dari televisi dan berdoa selama pengumuman. Selain itu, jangan ada perayaan berlebihan seandainya dia terpilih menjadi presiden. (Mut)

Pembangkit Listrik Biomassa Pertama Beroperasi di Gorontalo

Posted: 21 Jul 2014 04:37 AM PDT

PT PLN (Persero) telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB) pertama di Indonesia yang memanfaatkan tongkol jagung sebagai sumber energi utama untuk menggerakkan generator dan menghasilkan listrik. PLTB tersebut berada di Gorontalo dan diberi nama PLTB Pulubala.

General Manager PLN Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo (Sulut Tenggo), Santoso Januwarsono menjelaskan, ide awal pembangunan PLTB tersebut adalah atas tantangan yang diberikan oleh Direktur Operasi Indonesia Timur PLN, Vickner Sinaga sekitar dua tahun lalu.

Vickner menantang para pejabat PLN Gorontalo untuk memikirkan bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan listrik dengan melihat potensi lokal yang banyak tersedia di Gorontalo.

"PLTB Pulubala ini, menjadi salah satu upaya nyata PLN untuk menggunakan kearifan lokal berupa pemanfaatan potensi tongkol jagung yang banyak tersedia di propinsi Gorontalo menjadi salah satu sumber energi listrik," jelasnya seperti ditulis dalam keterangan tertulis, Senin (21/7/2014).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menyatakan bahwa PLTB Pulubala merupakan awal dari hadirnya pembangkit-pembangkit biomassa di Indonesia.

"PLTB Pulubala ini masih sangat kecil jika dibandingkan dengan tingkat kebutuhan listrik masyarakat. Tapi tidak masalah, karena nantinya akan dibangun lebih banyak lagi. Tidak itu saja, bahan bakarnya pun bisa dari apa saja, tidak terbatas tongkol jagung, tapi dari cangkang sawit, pelepah kayu dan sebagainya" papar Dahlan.

Dahlan pun mengapresiasi kepada tujuh anggota Tim dari PLN Area Gorontalo yang berhasil membangun PLTB yang memanfaatkan tongkol jagung ini.  "Saya bangga, ternyata putra-putra terbaik di PLN sudah mampu membuat mesin pembangkit listrik tenaga biomassa" tutur Dahlan.

Beban listrik di Gorontalo saat ini mencapai 78 MW untuk melayani 187 ribu pelanggan, di antaranya 70 ribu pelanggan di seluruh propinsi Gorontalo telah menggunakan layanan listrik prabayar.

Saat ini listrik di Gorontalo telah terhubung dalam sistem interkoneksi 150 kV Sulutgo (Sulawesi Utara - Gorontalo). (Pew/Gdn)

Sulit Temukan Jodoh,Model Seksi Asal Birmingham Buat Situs Kencan

Posted: 21 Jul 2014 04:35 AM PDT

Menemukan pasangan jiwa memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi jika hanya sekadar teman kencan, apakah model seksi berikut ini juga tak bisa menemukannya?

Lucy Harrold, wanita usia 25 tahun asal Birmingham, Inggris, adalah model lingerie yang mengaku kesulitan dalam mendapat teman kencan. Karena sulitnya mencari teman kencan, Lucy memutuskan untuk membuat website kencan.

Dibantu oleh temannya, Jack Knowles, Lucy meluncurkan website BirmunghamLove.co.uk. “Saya tak mujur dalam hal percintaan dan sangat sulit bagi saya untuk menemukan teman kencan. Tak ada orang yang memberi tawaran minum saat saya sedang diluar,” ucap Lucy.

Karena terlalu sulit mencari teman kencan, suatu ketika Lucy ikut proram TV Take Me Out. Program TV itu pun gagal menghantarkan Lucy untuk mendapat teman kencan. Situs kencan yang dikelola Lucy memang ditujukan untuk masyarakat Birmingham.

“Saya cinta Birmingham. Di sini ada kehidupan yang multikultural. Aksen orang-orangnya pun sangat menarik,” jelas Lucy.

Beda Tablet Tambah Darah dari Pemerintah & Komersial

Posted: 21 Jul 2014 04:30 AM PDT

Mungkin para ibu hamil setuju jika obat tambah darah yang diberikan pemerintah secara gratis memiliki efek yang berbeda dengan yang dijual bebas di pasaran. Tak heran jadinya bila banyak ibu hamil banyak yang memilih obat tambah darah sesuai kemampuannya.

Tapi perlu Anda ketahui, meskipun sama-sama bermanfaat meningkatkan jumlah darah tapi obat tambah darah yang diberikan pemerintah jauh lebih baik karena cepat menyerap ke tubuh. Lebih jelasnya berikut penjelasan Koordinator Sistem Kesehatan untuk program pemberian tablet tambah darah pada wanita hamil dari Micronutrient Initiative, dr Adhi Sanjaya., MSc-IH pada Liputan6.com, ditulis Senin (21/7/2014):

Tablet tambah darah gratis

Tablet tambah darah gratis

Keuntungan

1. Tablet tambah darah buatan Kimia Farma ini merupakan jenis Fero Sulfat yang sangat efektif untuk diminum ibu hamil karena satu-satunya obat tambah darah yang cepat larut dalam air.

2. Membantu risiko kematian ibu saat melahirkan akibat pendarahan

Keburukan

1. Bau amis

Menurut Adhi, sejak tahun 1975 tablet tambah darah ini diterapkan dan masuk program untuk kesehatan ibu hamil. Sayangnya, baunya yang amis seringkali dienggani para wanita hamil. "Kalau kemasannya dibuka, seluruh puskesmas tahu. Tapi bau ini sekarang telah diminimalisir karena kemasannya kini berupa sachet.

2. Cepat teroksidasi

Karena kemasannya yang berbentuk sachet, obat tambah darah cenderung tak bisa bertahan lama setelah dibuka. Seperti sifat besi yang kian lama berkarat, begitu juga pada tablet ini. Semakin lama disimpan maka obat akan berubah bentuk, bau, berubah warna dan lengket. Padahal, setiap datang ke puskesmas, biasanya tenaga kesehatan memberikan satu paket obat untuk sebulan atau 30 tablet.

"Masalah packaging ini memang masih menjadi perdebatan. Sempat mau dibungkus seperti blister tapi ternyata biayanya mahal. 1 tblister bisa Rp 600. Sedangkan sekarang dengan tablet hanya Rp 40 rupiah dikalikan jumlah ibu hamil yang mencapai 5 juta. 

Bagusnya, kata Adhi, obat tambah darah disimpan di plastik obat agar awet. Tapi karena butuh biaya, bidan di daerah mengakalinya dengan membuka semua kemasan obat dan menggantinya dengan plastik obat dan ditulis 1x1. Tapi akibatnya, ada beberapa bidan yang memberikan obat tambah darah tidak sesuai dengan semestinya.

Misalnya, seharusnya ibu diberikan obat untuk 30 hari. Tapi karena malas minum, jadi hanya diberikan 10 atau 20 tablet sesuai kebutuhannya. Akhirnya, pelaporan dan pencatatan stok jadi begitu rumit.

3. Bikin mual dan muntah

Meski wajar, tapi alasan mual dan muntah memang banyak dikeluhkan wanita hamil sehingga malas minum obat tambah darah.

 

Tablet tambah darah komersial

Tablet tambah darah komersial

Keuntungan

1. Mudah didapatkan

Di toko obat atau apotek biasanya obat tambah darah telah mudah didapat.

2. Tak banyak membuat mual dan muntah

Berbeda dengan milik pemerintah, yang dibuat perusahaan swasta termasuk golongan besi glukonat yang bisa mengurangi kecendrungan mual dan muntah berlebih karena setiap tabletnya dilapisi sehingga tidak bau.

Kerugian

1. Harganya lebih mahal

Jika dibandingkan dengan obat tambah darah yang diberikan pemerintah, obat tambah darah komersial harganya lebih mahal. Coba saja hitung, berapa yang harus dibayar ibu hamil karena kebutuhan obat tambah darah itu minimal 90 tablet sejak dikatakan hamil oleh dokter ditambah 42 hari setelah persalinan. Sementara obat dari pemerintah diberikan cuma-cuma.

Ahmad Dhani: Berita Potong Alat Kelamin Ingin Jatuhkan Nama Saya

Posted: 21 Jul 2014 04:30 AM PDT

Ahmad Dhani menyayangkan pemberitaan palsu mengenai dirinya yang siap memotong alat kelamin jika Jokowi jadi Presiden RI. Menurut Dhani, berita tersebut sengaja ingin menjatuhkan namanya.

"Mereka sengaja ingin menjatuhkan nama saya. Saya melapor ke Dewan Pers karena ada modus operandi baru. Laporan ini buat merka-mereka yang nggak bermoral. Cerdik sih, sampai membuat akun palsu," kata Dhani, saat melapor dengan Dewan Pers di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (21/7/2014).

Dhani sendiri ingin melaporkan si pembuat akun palsu ke polisi. Namun Dhani sadar, pembuat akun palsu sulit terdeteksi, ia pun tak bisa berbuat apa-apa.

"Kalau tahu tempatnya (yang membuat akun palsu) bisa juga di laporkan. Tapi kan kebanyakan situs fiktif, jadi nggak bisa ngapa-ngapain," sambung Dhani.

Diakui suami Mulan Jameela ini, kalau tweet dirinya siap potong alat kelamin telah mengganggu dirinya. Apalagi, banyak sahabatnya yang percaya kalau tweet tersebut benar-benar Dhani yang membuat.

"Sahabat saya saja percaya itu saya yang menulis. Hampir setiap bertemu omongannya itu melulu (soal Twitter)," lanjut Dhani.

Seperti diketahui, baru-baru ini sebuah akun Twitter yang mengatasnamakan diri sebagai Ahmad Dhani mengaku siap memotong alat kelaminnya jika Jokowi jadi Presiden RI. Namun belakangan, putra Ahmad Dhani, Dul mengatakan kalau tweet tersebut hanya rekayasa.

BMW Seri 2 Active Tourer Bakal Jadi MPV Murah?

Posted: 21 Jul 2014 04:29 AM PDT

Ikon otomotif Bavaria, BMW, baru saja melepas kendaraan MPV lima penumpang mereka, yaitu Seri 2 Active Tourer. Rencananya, kendaraan ini diharapkan mampu menarik perhatian para calon konsumen baru, yang merupakan pembeli pertama BMW.

Diperkirakan, sekitar 75 persen pembeli Seri 2 Active Tourer adalah para pemilik baru kendaraan BMW, ujar Frank Niederlaender, Kepala Manajemen dan Produksi Kendaraan BMW, seperti dilansir dari Worldcarfans, Senin (21/7/2014).

Tak hanya ditujukan sebagai MPV entry-level, BMW Seri 2 Active Tourer juga didaulat BMW untuk menghadang laju Mercedes Benz B-Class dan Volkswagen Touran.

Wajar saja, VW pun kini dikabarkan tengah mempersiapkan generasi terbaru Touran. Kendaraan ini akan diperkenalkan pada Paris Motor Show bulan Oktober mendatang.

BMW Seri 2 Active Tourer dibekali dua jenis mesin, yaitu tiga silnder dan empat silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 228 horse power (HP).

BMW mengklaim jika MPV ini sanggup berakselerasi dari kecepatan 0 sampai 100 km/jam dalam waktu sembilan detik. Pabrikan mengatakan, Seri 2 Active Tourer ditujukan untuk konsumen yang menggemari sebuah MPV dengan penggerak roda depan.

Kedepannya, BMW bekerja sama dengan divisi M juga menyiapkan paket performa untuk 'MPV murah' ini. Selain itu, BMW juga tengah mempersiapkan Seri 2 Active Tourer berkapasitas lebih, yaitu tujuh penumpang dan rencananya mulai dijual pada akhir tahun 2014 ini.

Kisah Pria Beruntung yang Lolos dari Tragedi MH17 dan MH370

Posted: 21 Jul 2014 04:29 AM PDT

Dewi Fortuna sepertinya sedang menaungi pesepeda asal Belanda, Maarten de Jonge (29). Ia benar-benar beruntung, dan selamat dari jemputan malaikat maut.

Betapa tidak, pria ini dua kali lolos dari tragedi yang menimpa maskapai Malaysia Airlines.

de Jonge awalnya dijadwalkan naik pesawat MH370 pada 8 Maret lalu yang hingga kini masih belum ditemukan. Ia akan mengikuti lomba balap sepeda di Taiwan. Namun akhirnya ia batal menggunakan maskapai Malaysia Airlines, karena ingin menghindari transit.

Ia pun boleh bernapas lega, keputusannya pada detik-detik terakhir berbuah manis. Nyawanya selamat.

Keberuntungannya tak berhenti sampai di situ. Saat akan menumpang pesawat maskapai negeri jiran itu, ia kembali lolos dari maut.

Lagi-lagi keputusan de Jonge untuk mengubah penerbangan yang menyelamatkannya.

"Saya beruntung untuk kedua kalinya, saya bisa saja menaiki pesawat (MH17) itu. Ini sungguh tak terbayangkan. Saya turut berdukacita bagi para penumpang dan keluarga mereka. Namun saya juga lega terhindar dari tragedi itu," ucap de Jonge kepada RTV Oost, seperti dilansir dari smh.com.au, Senin (21/7/2014).

de Jong yang merupakan tim Pesepeda Terengganu Malaysia ini sebelumnya berencana kembali ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk mengikuti kejuaraan nasional. Namun pada akhirnya ia memutuskan untuk mengambil penerbangan yang lebih murah dengan singgah di Frankfurt, Jerman pada Minggu 20 Juli. (Imelia Pebreyanti)

Baca Juga:

Dua Bocah Ini Belum Tahu Ibunya si Pramugari MH17 Meninggal

Jasad Korban MH17 Disandera Separatis, Menlu Australia: Lepaskan!

8 Teori Konspirasi Aneh Malaysia Airlines MH17

(Sss)

Mabes Polri Gelar Apel Pengamanan Lebaran

Posted: 21 Jul 2014 04:26 AM PDT

Kapolri Jendral Sutarman memimpin apel pengamanan lebaran operasi ketupat 2014.