Sabtu, 19 Juli 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


JK: Pengurus Golkar Harus Segera Rehabilitasi Partai

Posted: 19 Jul 2014 04:41 AM PDT

Cawapres Jusuf Kalla baru saja menggelar pertemuan dengan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Agung Laksono di kediaman JK di Jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Pertemuan itu disinyalir sebagai tindak lanjut aksi walk out yang dilakukan Agung saat Rapat Pleno DPP Partai Golkar.

Menanggapi hal itu, JK mengaku pertemuan itu hanya pertemuan biasa antara senior dengan junior. JK menampik ada perbincangan terkait aksi walk out Agung yang dilakukan pada Jumat 18 Juli malam.

"Ya tentu juga disinggung dibicarakan bagaimana solusinya," kata JK saat menghadiri buka bersama dengan KAHMI di Jalan Jenggala, Jakarta, Sabtu (19/7/2014).

JK mengatakan, kondisi politik saat ini sudah cukup kondusif untuk melakukan serangkaian perbaikan di tubuh partai berlambang pohon beringin itu. Terlebih, Pemilu Presiden 2014 telah selesai dilaksanakan.

"Bagaimana pengurus sekarang segera merehabilitasi, toh sudah selesai Pilpres 9 Juli," ujar mantan Ketua Umum Partai Golkar ini.

Meski pertemuan itu sempat menyinggung masalah nasib partai, Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini membantah adanya pembicaraan terkait koalisi ke depan. "Koalisi, belum, nggak ada," tandas JK. (Sss)

Separatis Hadang Penyelidikan MH17, Kotak Hitam Entah di Mana

Posted: 19 Jul 2014 04:37 AM PDT

Tim penyelidik beranggotakan 30 orang yang kebanyakan dari organisasi untuk kerja sama dan keamanan di Eropa, tiba di lokasi jatuhnya pesawat MH17, Jumat 18 Juli waktu setempat.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (19/7/2014), akses menuju lokasi hingga hari Jumat masih sulit dan berbahaya. Di Desa Hrabove, Ukraina, milisi pemberontak dari separatis pro-Rusia hanya memperbolehkan tim penyelidik melakukan pemeriksaan parsial dan superfisial, yakni hanya sebagian dan tidak mendalam di lokasi jatuhnya pesawat MH17.

Jasad para korban terlihat masih berserakan. Begitu pula sebagian barang-barang milik para korban. Belum sempat meneliti lebih jauh, para pasukan pemberontak mengusir tim penyelidik dari lokasi. Mereka menganggap tim penyelidik berada di wilayah Republik Rakyat Donetsk, hingga tak perlu tunduk pada izin dari Pemerintah Ukraina.

Hingga kini keberadaan kotak hitam pesawat dan rekaman percakapan di kokpit juga belum diketahui. Entah di mana. Pihak pemberontak Ukraina memberikan keterangan bertolak belakang mengenai apakah mereka telah menemukan kedua bagian pesawat berisi data penting tersebut.

Selain tim dari Osce, tim lain dari organisasi penerbangan sipil internasional juga akan datang ke lokasi atas permintaan Pemerintah Ukraina, guna mendukung penyelidikan di lokasi.

Namun tugas mereka akan menghadapi beberapa tantangan. Selain karena lokasi jatuhnya puing pesawat yang mencapai wilayah seluas 20 kilometer persegi, juga harus waspada dengan konflik di wilayah Ukraina.

Baca juga:

Protes Berita MH17, Jurnalis Cantik Rusia Angkat Kaki

Separatis Jaga Lokasi MH17 Jatuh dan Jarah Barang Penumpang

Bantah Tembak MH17, Rusia: Pesawat AU Kami Tak di Daerah itu

(Sss)

Jelang Lebaran, Masyarakat Lebih Antusias Belanja di Mal

Posted: 19 Jul 2014 04:33 AM PDT

Bukan rahasia lagi, program Midnight Sale memang sengaja digelar para pengusaha mal demi meningkatkan jumlah pengunjung dan konsumen. Di waktu-waktu tertentu seperti menjelang Lebaran, program Midnight Sale cenderung semakin dinikmati masyarakat.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat menuturkan, menjelang Lebaran, animo pengunjung untuk berbelanja semakin meningkat. Tak heran, sejumlah mal di Ibu Kota menggelar Midnight Sale dalam kurun waktu tiga hari sejak Jumat hingga Minggu, 18-20 Juli 2014.

"Ini puncaknya, hampir semua masyarakat kan sudah menerima THR (Tunjangan Hari Raya), masyarakat semakin antusias untuk berbelanja di mal, apalagi yang menggelar program Sale," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan APPBI, masyarakat sangat antusias membeli baju dan perlengkapan lebaran. Selain itu sejumlah perlengkapan rumah tangga seperti vas bunga, meja dan sofa juga ikut menjadi incaran masyarakat menjelang lebaran.

"Perlengkapan lebaran apalagi yang dipakai mulai dari baju, sepatu sampai sandal itu pasti diserbu saat Midnight Sale. Apalagi para wanita ya yang selalu ingin terlihat cantik," jelasnya.

Sementara itu, melalui program Midnight Sale yang digelar pekan ini, Ellen berharap dapat menambah jumlah pengunjung mal hingga 20 persen.

Menurutnya menggelar Midnight Sale itu bukan persoalan mudah apalagi di tengah bulan Ramadan seperti sekarang. Pasalnya, para pemilik tenant juga harus memikirkan jam kerja pegawai yang tengah menjalani ibadah puasa.

"Midnight Sale itu kan nggak mudah, semua tenant atau mayoritasnya harus bersedia ikut. Belum lagi, para pegawai harus menambah jam kerja. Kasihan kalau jam 12 malam baru selesai, bisa sampai pagi hari di rumah karena harus beres-beres dulu. Pasti cape sekali," tandasnya. (Sis/Nrm)

 

Menunggu Kedamaian di Jalur Gaza

Posted: 19 Jul 2014 04:32 AM PDT

Kematian seolah begitu dekat pada setiap warga di Jalur Gaza. Sejak awal Juli lalu, Israel tidak henti melakukan serangan udara dan meluncurkan ribuan roket tanpa pandang bulu. Israel beralasan serangan itu untuk melumpuhkan kekuatan Hamas.

Hingga saat ini serangan yang diberi nama operasi protective edge telah menewaskan lebih dari 200 warga Palestina. Sebagian besar korban adalah warga sipil, anak-anak dan perempuan. 4 Anak termasuk seorang balita perempuan turut menjadi korban serangan udara di Khan Younis.

Seperti jenazah balita bernama Sara Sheik Eid saat itu terbaring disamping korban lainnya yang tak lain ayah dan pamannya di sebuah masjid di Khan Younis, selatan Jalur Gaza. Isak tangis sang ibu dan anggota keluarga pun tak terbendung mengiringi kepergian Sara untuk selama-lamanya.

Serangan tentara Israel juga menyebabkan hampir 1.000 rumah hancur. Salah satu gedung yang menjadi sasaran keganasan roket Israel adalah Graha Tahfidz Daarul Quran, sumbangan dari warga Indonesia.

Tak ada lagi anak-anak belajar menghafal Alquran sejak gedung tersebut luluh lantak dihantam serangan jet tempur F16 milik Israel. Padahal tidak ada kegiatan militer apapun di sini.

Hamas membalas serangan Israel dengan meluncurkan ratusan roket ke wilayah Israel. Namun hampir seluruh serangan Hamas dapat dipatahkan penangkal serangan milik Israel yakni dengan iron dome. Sejauh ini hanya beberapa serangan roket Hamas yang mampu menembus wilayah Israel.

Konflik di Jalur Gaza kembali memanas, berawal dari penculikan dan pembunuhan 3 remaja Israel yang dituding Israel dilakukan oleh Hamas. Penculikan tesebut dibalas oleh ekstremis Yahudi dengan menculik dan membakar hidup-hidup remaja Palestina Mohammed Abu Khdeir.

Jasad khdeir ditemukan terbakar di sebuah hutan. Ribuan orang pun turun ke jalan saat jenazah abu Khdeir dibawa dari masjid menuju pemakaman.

Saksikan selangkapnya pada tautan video dalam Barometer Pekan Ini yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (19/7/2014), di bawah ini.

Baca juga:

Hari ke-12 Israel-Hamas Saling Serang, 314 Orang Meregang Nyawa

Kedubes Dilempari Batu, Israel Kurangi Stafnya di Turki

Serangan Darat Terbesar Israel ke Gaza

(Sss)

Wenger Yakin Rodriguez akan Pindah ke Klub Besar

Posted: 19 Jul 2014 04:31 AM PDT

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, percaya bahwa James Rodriguez akan meninggalkan Monaco di musim panas ini. Pemain Timnas Kolombia itu akan pindah ke klub yang lebih besar.

Pelatih Prancis ini, mengatakan bahwa kemungkinan besar Rodriguez akan dijual ke Real Madrid. "Saya percaya itu benar," kata Wenger kepada Bein Sport, Sabtu (19/7/2014).

"Kenapa? Karena pemain seperti itu sulit untuk tetap di klub ketika Anda memiliki Real Madrid dan Barcelona di sekeliling, dan tanpa diragukan lagi akan ada orang yang akan berpikir tentang membeli dia."

Apakah tahun ini dia akan pindah? Tentu saja tidak karena dia bersama Monaco dan mereka akan bermain di Liga Champions pada musim depan, dan mereka adalah klub besar di Perancis."
"Namun, tentu saja pada musim depan atau dua musim lagi dia akan ingin pindah ke tempat lain."

Nama Rodriguez menjadi bahan pembicaraan ketika tampil impresif bersama timnas Kolombia pada putaran final Piala Dunia 2014.  Gelandang berusia 23 tahun ini, mengemas enam gol dan meraih sepatu emas di event tersebut karena menjadi top scorer.

Madrid sampai saat ini masih terus melancarkan usahanya memboyong Rodriguez dari Monaco. Menurut laporan AS, Madrid bakal mengabulkan keinginan Monaco yang meminta 80 juta euro atau setara Rp 1,2 triliun.

Cari Modal Nikah, Pipik Sempat Buka Jilbab

Posted: 19 Jul 2014 04:30 AM PDT

Hanung Bramantyo, supervisi film Hijrah Cinta menuturkan bahwa film tersebut akan mengungkap hal-hal seputar kisah hidup Uje dan Pipik yang belum diketahui publik selama ini. Ucapan Hanung ada benarnya.

`Hijrah Cinta` yang diputar premiere di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (19/7/2014), membuat penonton terhenyak dengan adegan-adegan di film itu. Termasuk ketika Pipik terpaksa copot jilbab demi membiayai pernikahannya dengan Uje.

"Semua cerita di film itu sama dengan kenyataannya. Saya memang waktu itu jadi model iklan. Lalu juga sempat ke Bandung untuk cari pinjaman buat biaya nikah," tutur Pipik usai pemutaran film.

Selain adegan copot jilbab, scene lain yang membuat pilu ialah ketika Pipik dan Uje cekcok di jembatan di atas perkampungan. Kala itu, Pipik kesal karena Uje yang baru menikahinya ternyata seorang pemakai narkoba.

"Beliau dulu orangnya tempramental apalagi ketika jadi pecandu narkoba. Seseorang yang kecanduan narkoba, apalagi sudah over sekali, pasti paranoid, temperamen, halusinasi," imbuh Pipik.

"Beliau Itu sudah sangat luar biasa memakainya. Sempat mau overdosis juga. Bawaanya marah, emosi," pungkas Pipik. (Jul/Mer)

Mudik ke Yogya, Nenek Tiri PM Malaysia Juga Korban MH17

Posted: 19 Jul 2014 04:29 AM PDT

Kerabat Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak ternyata juga menjadi korban pesawat MH17, yang jatuh ditembak rudal di Ukraina. Kesedihan tak terperi pun mau tak mau dirasakan pemimpin negeri jiran itu.

"Nenek tiri PM Najib Razak berada di pesawat Malaysia Airlines yang jatuh di kawasan konflik Ukraina," demikian konfirmasi dari Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein seperti dimuat Telegraph, Sabtu (19/7/2014).

"Sri Siti Amirah, 83 tahun, ada di penerbangan itu," ucap sepupu PM Najib itu.

Siti Amirah juga nenek tiri Hishammuddin.

"Pls pray 4 nya (Mohon doa untuknya)," tulis Hishammuddin melalui akun Twitter miliknya disertai foto sang nenek.

Hishammuddin juga menegaskan lewat tweet, terkait laporan dari The Star, yang menuliskan Siti Amirah terbang sendiri dari Amsterdam, Belanda di pesawat MH17 dalam perjalanan ke Yogyakarta. Dan akan transit di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

"Siti Amirah, yang berasal dari Indonesia, akan ke Yogya untuk merayakan Idul Fitri pada akhir bulan suci Ramadan," kutip The Star dari juru bicara keluarga.

"Dia adalah seorang wanita yang sangat-sangat baik. Wanita yang cantik dan baik hati. Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang merawat kakekku dengan sangat baik. Kami memanggilnya ibu," kata juru bicara keluarga.

Menurut pemberitaan tersebut, Siti Amirah menikah dengan Mohammad Nuh Omar, kakek dari pihak ibu Najib, sebagai istri keduanya.

Najib adalah putra dari perdana menteri kedua di Malaysia Abdul Razak. Sedangkan Hishammuddin adalah putra pertama dari PM ketiga Malaysia Hussein Onn.

Ibu dari Hishammuddin dan Najib adalah saudara kandung.

Pesawat jet Boeing 777 yang membawa 298 orang terbakar pada Kamis 17 Juli malam, di sebuah ladang jagung yang dikuasai separatis Pro-Rusia di timur Ukraina. Para pejabat AS mengatakan, burung besi itu ditembak jatuh oleh rudal. Tercatat ada 13 WNI yang menjadi korban insiden tersebut. (Sss)

Banyak Pemilu Ulang, JK Yakin Tetap Menang

Posted: 19 Jul 2014 04:25 AM PDT

Calon wakil presiden Jusuf Kalla menyatakan tak khawatir dengan pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di 16 tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta. Pria yang kerap disapa JK ini yakin, bersama dengan Jokowi tetap memenangi Pilpres 2014.

"Menang lagi. Ini semua menang. Ndak ada soal," kata JK saat menghadiri buka puasa bersama dengan KAHMI di posko pemenangan Jalan Jenggala, Jakarta Selatan, Sabtu (19/7/2014).

JK yang ditemani sang istri Mufidah Kalla juga tak khawatir dengan desakan dari berbagai pihak, terutama kubu Prabowo-Hatta untuk menunda pengumuman Pilpres oleh KPU. Kubu Prabowo-Hatta beralasan, banyak kejanggalan yang ditemukan Panwaslu maupun Bawaslu.

"Memang tim Prabowo ingin semua, tapi yang diulang (pemungutan suara) kan hanya yang dianggap ada masalah saja," lanjut JK.

Belakangan Bawaslu DKI Jakarta malah ingin adanya pemungutan suara ulang di 5.802 TPS di seluruh Jakarta. Tapi menurut JK itu tidak mungkin dilakukan. "Nggak mungkin, kan sudah lewat (batas waktunya), terakhir kan hari ini," tandas JK.

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti mengatakan, pihaknya telah memberikan surat rekomendasi terhadap KPU untuk menyelenggarakan pemungutan suara ulang di 5.802 TPS di Jakarta. Hal itu dilakukan karena ditemukan beberapa kejanggalan.

Salah satunya ada pemilih yang mencoblos menggunakan KTP atau kartu identitas tidak sesuai dengan alamat TPS. Terlebih, pemilih tidak menyertakan formulir A5 sebelum mencoblos.

Baca juga:

Kubu Prabowo-Hatta Desak KPU Tunda Umumkan Hasil Pilpres 2014

Ada Kejanggalan, Bawaslu Minta Coblos Ulang 5.802 TPS di Jakarta

KPU Diharap Berlaku Netral, Relawan Bentuk #DukungKPU

(Sss)

QPR Incar Eto'o

Posted: 19 Jul 2014 04:15 AM PDT

Penyerang veteran Samuel Eto'o kemungkinan akan tetap bermain di Inggris musim depan. Pemain asal Kamerun itu sedang diincar oleh Queens Park Rangers.

Eks pemain Barcelona itu saat ini tengah berstatu bebas transfer setelah kontraknya bersama Chelsea habis 31 Juni lalu. Hingga kini Eto'o belum memutuskan akan main dimana musim depan meski cukup banyak klub meliriknya.

The Daily Mail mengklaim QPR siap menampung Eto'o, yang juga dibidik AS Roma. Manajer Harry Redknapp sangat ingin memiliki mantan pemain Real Mallorca itu di lini depan timnya.

Namun QPR menemui kendala untuk mendapatkan pemain yang musim lalu mencetak 12 gol itu. Gaji Eto'o sangat tinggi sehingga bisa membuat manajemen QPR kemungkinan tidak mengabulkan keinginan Redknapp.

Baca Juga:

Van Persie Rayu Vermaelen ke MU

Alvaro Morata Jalani Tes Medis Bersama Juventus

10 Hal Menarik Soal Van Gaal

TNI Simulasi Tembak Teroris Demi Amankan Pengumuman Hasil Pilpres

Posted: 19 Jul 2014 04:07 AM PDT

Saling tembak antara teroris yang menculik ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) begitu mencekam. Aksi tersebut mewarnai simulasi pengamanan pengumuman hasil Pemilu Presiden 2014 pada Selasa 22 Juli mendatang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (19/7/2014), dalam simulasi yang digelar Kodim 0607, Sukabumi, Jawa Barat, para teroris mencoba memanfaatkan situasi politik yang tengah menghangat.

Di Tasikmalaya, Jawa Barat, Pangkostrad Letjen Gatot Nurmantyo memeriksa kesiapan pasukannya di Mako Brigif 13, Galuh, Tasikmalaya.

Pangkostrad mengingatkan pasukannya untuk tidak berpihak pada salah satu calon dan menerima siapapun presidennya sesuai dengan keputusan KPU.

Sementara itu untuk meningkatkan kesiapsiagaan, Polda Metro Jaya juga melakukan simulasi pengamanan di Gedung KPU pusat pada sore hari.

Polisi sudah menempatkan kendaraan barracuda dan akan menurunkan 3.000 personel hingga Selasa 22 Juli mendatang, saat KPU mengumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014. Hari ini penghitungan suara sudah memasuki tingkat provinsi. (Sss)