Rabu, 12 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Obat Batuk Tak Efektif Redakan Batuk?

Posted: 12 Nov 2014 05:02 AM PST

Dilanda batuk memang menyebalkan. Tak cuma membuat tubuh tak terasa fit suara saat batuk bisa menganggu orang di sekitar. Sehingga masyarakat kerap membeli obat batuk yang berharap agar batuk segera teratasi.

Padahal, jika batuk disebabkan karena infeksi virus (penyebab batuk paling banyak terjadi) tak ada cara untuk menyingkirkan batuk. Satu-satunya cara adalah meningkatkan kekebalan tubuh untuk membantu tubuh membersihkan virus.

Sayangnya, fakta ilmiah tak mengungkapkan hal sesuai keinginan penderita batuk. "Bukti-bukti medis tentang khasiat obat batuk sangat lemah bahkan tidak ada bukti obat batuk bisa mengurangi batuk reda," terang wakil ketua Royal College Of General Practitioners, dr. Tim Ballard seperti dilansir Daily Mail pada Rabu (12/11/2014).

Apa yang diungkapkan Ballard mengacu terhadap tinjauan terhadap 17 penelitian yang melibatkan 2.876 orang dewasa dan delapan studi yang melibatkan 616 anak-anak pada tahun 2008. Tidak ditemukan bahwa dua bahan dalam obat batuk yaitu dextromethorphan dan diphenhydramine bisa membantu meredakan batuk.

Namun, juru bicara dari Proprietary Association of Great Britain mengungkapkan bahwa obat batuk tidak bisa menyembuhkan batuk namun bisa membantu mengurangi gejala batuk.

Untuk bisa meredakan batuk, bisa dicoba dengan meracik obat batuk buatan sendiri yaitu campuran madu dan lemon seperti direkomenasikan NHS Choices. Dimana madu  berperan sebagai pelindung tenggorokan sehingga mengurangi iritasi yang terjadi karena batuk. Lemon berfungsi untuk ketajanman rasa.

 

Baca Juga

[Madu dan Lemon Lebih Manjur Sembuhkan Batuk daripada Obat?](2120403 "")

[Cara Widi B3 Atasi Batuk dan Suara Serak](2121448 "")

Harga Minyak Turun, BBM Subsidi Tetap Naik

Posted: 12 Nov 2014 05:01 AM PST

Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia meminta supaya rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak terpengaruh dengan penurunan harga minyak dunia. Pihaknya beralasan pelemahan harga tersebut karena faktor kebetulan.

"Ini kebetulan saja harga minyak turun, bagaimana kalau naik tiba-tiba?" kata Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto di US-Indonesia Investment Summit, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Lebih jauh dijelaskan dia, harga minyak dunia dapat sewaktu-waktu mengalami peningkatan sehingga akan kembali membengkakkan anggaran subsidi Indonesia. Dengan begitu, akan lebih banyak program pemerintah yang harus dikorbankan akibat faktor kenaikan harga minyak dunia.

"Nantinya kita nggak mampu lagi meningkatkan kemampuan pendidikan, kesehatan dan membangun infrastruktur, membantu perbankan, dan mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Suryo menyarankan pemerintah segera merealisasikan kebijakan kenaikan harga BBM subsidi supaya mengurangi penyelewengan dan penyelundupan BBM subsidi.

"Sekarang memang sakit tapi itu akan terkoreksi dengan sendirinya karena akan meningkatkan lapangan kerja," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia, Sofjan Wanandi memaklumi molornya pengumuman kenaikan harga BBM subsidi yang diperkirakan bakal dilakukan pada awal November 2014.

Apalagi, Jokowi dan beberapa menteri bertolak ke tiga negara, yakni Tiongkok menghadiri APEC 2014, Myanmar KTT ASEAN dan Australia di event internasional G20.

"Baru juga dua minggu (kerja), terus langsung jalan ke APEC, G20. Tapi pulang dari itu, pastilah Jokowi naikkan (harga BBM)," kata dia.

Sofyan mengaku, kenaikan harga BBM subsidi bakal menyakiti masyarakat Indonesia hanya bersifat sementara.

"Susahnya cuma enam bulan hingga satu tahun, karena masyarakat kita sudah dimanjakan dengan subsidi. Kalau ditarik, marah-marah terutama orang politik," jelas Sofyan. (Fik/Ndw)

Rihanna Ucapkan Terimakasih Kepada Para Veteran

Posted: 12 Nov 2014 05:00 AM PST

Hari Veteran yang jatuh 11 November di Amerika tak dilewatkan begitu saja oleh para selebritis.

Seperti dilansir Aceshowbiz, Rabu, 12/11/2014), Sejumlah nama ternama melalui akun media sosial pribadinya mengucapkan penghargaannya pada para veteran yang telah berperang untuk negaranya.

Salah satu selebriti tersebut adalah Rihanna. Riri melakukannya melalui akun Instagram pribadinya @badgalriri.

"Kami salut padamu hari ini dan setiap hari, berterimakasih padamu #happyveteransday," tulis Rihanna yang pernah berkolaborasi dengan Eminem di lagu The Way You Lie itu di Instagram sambil mengunggah fotonya.

Sementara itu Justin Timberlake pun tak mau ketinggalan. Justin yang mengaku banyak terinspirasi oleh Michael Jackson ini mentweet, "Hari ini kita mengingat mereka yang berjuang dengan berani untuk kemerdekaan kita.. Tanah kebebasan karena mereka yang berani. #veteransday,".

Jordin Sparks pun tak mau kalah dengan Justin timberlake dan Rihanna. Ia mengunggah foto bendera Amerika Serikat ke Instagram sebagai bentuk penghormatannya pada para veteran.(Gul/Feb)



Tolak Kenaikan Harga BBM, Mahasiswa UKI Sandera Truk Tangki

Posted: 12 Nov 2014 04:53 AM PST

Mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) berunjuk rasa menolak rencana kenaikan [BBM](2132440 "") di depan kampus di Jalan Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur. Aksi sempat berujung ricuh. Para mahasiswa sempat menyandera sebuah truk tangki.

Puluhan [mahasiswa](2132440 "") memulai aksi dengan membentangkan spanduk bernada penolakan terhadap rencana kenaikan harga BBM. Mereka mengibarkan spanduk dan bendera di tengah jalan.

Aksi dilanjutkan dengan membakar ban di tengah jalan. Aksi ini langsung membuat lalu lintas di Jalan Mayjen Sutoyo macet parah. Terlebih, mereka membakar ban hingga memakan 2 lajur jalan dan bertepatan dengan jam pulang kantor.

Para mahasiswa mulai tidak terkendali. Melihat ada satu [truk tangki](2132440 "") yang melintas, mereka langsung menghampiri dan memaksa berhenti.

Mahasiswa lalu menaiki bagian atas truk tangki bernopol T 9083 DI itu. Semula mereka ingin memarkir truk tepat di kampus mereka. Tapi aksi itu ditahan sopir truk karena tangki terisi penuh sementara ada api yang masih berkobar.

"Jangan bang, ini masih penuh. Kalau meledak kita semua mati bang," kata sang sopir, Rabu (12/11/2014).

Mahasiswa sempat menyandera truk selama 15 menit. Sampai akhirnya petugas kepolisian yang berjaga di lokasi berhasil membujuk para mahasiswa untuk melepas truk.

Aksi dilanjutkan dengan menutup sebagian badan Jalan Mayjen Sutoyo. Jalan yang semula 4 lajur hanya disisakan 2 lajur. Kendaraan dari arah Cililitan menuju Cawang kesulitan untuk melintas. Sedangkan kendaraan yang menuju Kebon Nanas bisa melintasi underpass. (Ans)

Masih Dirawat, Polisi Minta Keterangan Ringan ke Tessy

Posted: 12 Nov 2014 04:51 AM PST

Pelawak senior Kabul Basuki alias[ Tessy](2127241 "") masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur karena menenggak cairan pembersih lantai setelah ketahuan memakai narkoba. Kerusakan pada tenggorokan membuat Tessy harus menjalani perawatan lebih lama.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri Brigjen Pol Anjan Pramuka menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum bisa melakukan pemeriksaan mendalam. Kondisi yang belum sembuh benar yang menyulitkan polisi melakukan pendalaman.

"Kalau diperiksa di kantor belum karena kondisinya masih lemah. Sementara dimintai keterangan di rumah sakit itu pun yang ringan-ringan," lanjut Anjan.

Meski personel grup lawak Srimulat itu belum bisa dimintai keterangan secara maksimal, polisi tetap melanjutkan kasus ini.

Anjan menuturkan, pihaknya sudah melakukan pendalaman terhadap bandar yang memasok narkoba ke Tessy. "Sudah ada DPO tapi kita belum ungkap lah, nanti," ungkap Anjan.

Pelawak yang dikenal kerap menggunakan batu cincin berukuran besar itu harus mendapat perawatan karena mencoba bunuh diri dengan meminum pembersih lantai, sesaat digerebek polisi karena penyalahgunaan narkoba.

"Sekarang sudah membaik kok. Kemarin saya jenguk dan sudah mulai bisa bicara. Kalau kapan keluar dari rumah sakit itu bukan wilayah saya," tandas Anjan.

Komedian senior [Tessy](2133082 "") alias Kabul Basuki ditangkap Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri pada Kamis 23 Oktober 2014 di Kampung Rawa Bugel RT 02/RW 03, Kelurahan Margamulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Tessy ditangkap karena tersangkut kasus [narkoba](2133029 ""). Selain Tessy, ada 2 orang lagi yang ditangkap, yaitu Pudji dan Ahmad. (Ans)

Ahok: Tak Punya AKD DPRD, Jakarta Memalukan

Posted: 12 Nov 2014 04:46 AM PST

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau [Ahok](2133057 "") menyayangkan kisruh yang terjadi di DPR RI antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berlanjut hingga ke parlemen pada tingkat daerah. Hal itu ditandai dengan pembentukan KMP di tingkat DKI Jakarta.

"Soal urusan DPRD ini, masalahnya ribut urusan DPR pusat mau dibawa ke Jakarta, akhirnya dibikin [KMP](2132585 "") (di tingkatan DKI Jakarta)," ujar Ahok saat memberikan sambutan Rakerda MUI DKI Jakarta di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, (12/11/2014).

Kekisruhan tersebut menurut Ahok, justru membuat warga [DKI Jakarta](2132585 "") merugi. Sebab, hingga kini DPRD DKI belum mempunyai Alat Kelengkapan Dewan (AKD) sehingga menyebabkan kinerja Dewan terhambat dalam memutuskan suatu kebijakan yang terkait dengan program-program pemerintahan.

"Konsekuensinya apa sekarang. Kita nggak punya Alat Kelengkapan DPRD sampai hari ini. Jakarta memalukan tidak punya Alat Kelengkapan DPRD, nggak punya komisi, tapi bahasnya gimana, semua dirapimkan, ini lucu nih Jakarta ini," ucap Ahok.

Ahok pun menganggap, tindakan para politisi 'Kebon Sirih' itu bukan saja merugikan masyarakat dan menghambat program-program pemerintah, namun juga mengabaikan amanah rakyat yang telah diberikan.

"Kalau kita bicara orang beragama, orang ber-Tuhan nggak ada yang mau menyusahkan rakyat sebetulnya, tapi ini terjadi di DPRD. Sampai hari ini tapi tidak semua hanya sekelompok tertentu saja yang mengatasnamakan KMP mau dibawa ke Jakarta, nah kami sih tidak peduli sebetulnya," tegas Ahok.

"Kami hanya peduli gimana kerja. Anggaran mendahului, tahun depan sama saja, kerja biasa. Nah jadi mohon maaf kepada bapak ibu kalau saya berbicara seperti ini dianggap tidak santun," kata Ahok.

Pembentukan pengurus KMP DKI Jakarta digelar di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan pada Selasa, 11 November 2014 kemarin. Dalam kesempatan itu, KMP DKI yang diketuai Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra Mohammad Taufik langsung dilantik Ketum Partai Golkar Aburizal Bakrie atau Ical dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Usai dilantik, Taufik mengatakan koalisinya sudah lama bersatu. Tepatnya seusai Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014. "Dan baru hari ini dideklarasikan dalam rangka memperkuat silaturahmi, pemikiran," ujar Taufik di tempat yang sama. (Ans)

China Nafsu Bangun Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Posted: 12 Nov 2014 04:45 AM PST

Perusahaan konstruksi kereta api asal China sangat tertarik untuk membangun jalur kereta cepat Jakarta-Surabaya. Hal ini ditunjukan dengan adanya MoU antara PT Resteel Industry dengan China Railway Construction pada forum bisnis Indonesia-China yang bertepatan dengan penyelengaraan APEC di China.

Ketua Penyelenggaran Indonesia-China Trade and Invesment Forum, Didie Suwondo mengatakan, China sangat antusias dengan proyek tersebut lantaran dianggap sangat menguntungkan.

"Tiongkok sangat antusias dalam pekerjaan ini, karena dianggap high profit project. Ini diperebutkan oleh banyak negara," ujarnya di Menara Kadin, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014).

Menurutnya, saat ini China sudah bisa membangun kereta dengan kecepatan 380 kilo meter per jam. Bahkan negara tersebut tengah membangun teknologi kereta dengan kecepatan hingga mencapai 480 km per jam.

"Tekno barunya malah 480 km per jam. Itu berarti Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam 3 jam saja. Dan kereta cepat di China yang jarak tempuhnya 1.000 km sudah banyak sekali, sedangkan Jakarta-Surabaya hanya 800 km. Jadi menurut mereka kereta cepat itu bukan hal yang aneh," lanjutnya.

Meski dengan adanya MoU ini belum menjadi jaminan bahwa proyek kereta cepat akan dikerjakan China, namun diharapkan dengan MoU ini ada pengkajian yang lebih mendalam sehingga pembangunan kereta cepat bisa terwujud.

"Mereka mempersiapkan data dan informasinya. Kalau ini pembangunannya bisa cepat. Mungkin butuh waktu 5 tahun programya sudah terwujud, paling tidak akhir periodenya sudah bisa jalan," tandasnya. (Dny/Gdn)

Ditanya soal Ariel NOAH, Sophia Latjuba Mendadak Centil

Posted: 12 Nov 2014 04:45 AM PST

Kisah cinta Ariel NOAH dan Sophia Latjuba masih saja menarik untuk dibahas. Keduanya hingga kini memang belum mengakui status hubungan asmaranya secara gamblang. Namun, secara tersirat Ariel dan Sophia sering menunjukkan tanda-tanda kemesraannya.

Mulai dari gaya rambut yang sama-sama dicat putih, hingga hobi baru Sophia yang gemar naik motor. Seperti diketahui, sejak lama Ariel sudah memiliki kesukaan terhadap kendaraan roda dua tersebut.

Dan kali ini, artis 44 tahun itu kembali membuat awak media geregetan. Ditemui dalam syuting sekuel film Comic 8, di Durentiga, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014), Sophie mendadak berubah centil saat ditanya soal Ariel.

Sembari mengubah gaya bicaranya seperti anak muda, ibunda Eva Celia ini sesekali meledek balik dengan kata aww aww awww.

"Aww...aww...tuh kan tanya-tanya soal Ariel, aw...aww...," ceplos Sophia.

Melihat tingkah Sophia yang centil, awak media pun kembali menggoda dengan bertanya apakah dirinya sedang kejar target menikah dengan Ariel. Namun, lagi-lagi hal itu tak berhasil membuat mantan istri Indra Lesmana ini mau bicara banyak.

"Aww...aww...no comment-lah. Cie, ciee.. Terus terus pertanyaannya... Aww," goda Sophia sembari mengakhiri wawancara.

Kecentilan Sophia kali ini tak hanya terjadi dalam sesi wawancara. Saat difoto pun Sophia tampak lebih santai. Bahkan ia sesekali menampilkan gaya berfoto dengan dua jari seperti anak muda zaman sekarang. Waduh, puber kedua, Sophia?

Riedl Coret 3 Pemain, Skuat Piala AFF 2014 Tersisa 26 Pemain

Posted: 12 Nov 2014 04:44 AM PST

Pelatih Timnas Indonesia, Alferd Riedl kembali mencoret pemain setelah pertandingan uji coba melawan Timor Leste. Dua kiper plus satu gelandang dipastikan tidak diikutsertakan Riedl ke Piala AFF 2014.

Tiga pemain yang dicoret itu adalah: kiper Andritany Ardhiyasa dan Teguh Amiruddin serta pemain tengah Dedi Hartono tidak ditinggal Riedl. Menurut pelatih asal Austria itu, keputusan itu tidak sulit diambil.

"Pencoretan posisi kiper cukup mudah. Andritany mengalami cedera dan Teguh berada di peringkat kelima posisi penjaga gawang," kata Riedl seusai berlatih di SUGBK, Selasa Sore (12/10/2014).

Praktis, pencoretan ini membuat skuat Timnas Indonesia tersisa 26 orang dari 35 orang yang dipanggil. Nantinya, hanya 22 pemain + 1 pemain cadangan di luar tim. "Untuk Dedi, saya harus mengambil keputusan sulit, namun tetap harus saya buat," kata bekas pelatih Vietnam itu.

Sejauh ini, Riedl memberikan kepastian 22 nama yang diterbangkan ke Vietnam.  Meski demikian, Riedl melihat itu keputusan yang wajar mengingat sejumlah nama baru bisa  bergabung ke timnas setelah kompetisi selesai.

"Kami belum mengumumkan 22 pemain inti sampai seminggu sebelum turnamen, hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Karena sekarang masih ada beberapa pemain yang baru kembali ke tim setelah liburan."


Baca Juga:
[4 Faktor Utama Evan Dimas Perlu Dibawa ke AFF 2014](2132859 "")
[Bintang AFF 2010 yang 'Hilang' di AFF 2014](2132178 "")
[Ronaldo Sering Hina Messi?](2132672 "")

ICW Janji Perjuangkan Tunjangan Polisi dan Jaksa

Posted: 12 Nov 2014 04:40 AM PST

Jelang tahun anggaran baru, Indonesia Corruption watch ([ICW](2127936 "")) mendukung Kepolisian dan Kejaksaan untuk mendapatkan tunjangan lebih dari pagu anggaran Rp 80 miliar dari pemerintah. Hal ini untuk menghindari adanya 'main mata' antara penyidik dan pelaku.

Namun demikian, pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla harus lebih dulu membuat payung hukum, terkait kucuran dana tunjangan dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tersebut.

"Ini untuk menghindari adanya 'main mata' penyidik dan pelaku narkoba karena memang rentan, bandar dan penyidiknya. Diakui Kapolri, tidak 1 atau 2 penyidik yang ketika ditangkap dekat dengan bandarnya," kata peneliti ICW Emerson Yuntho di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (12/11/2014).

Karena itu, ICW berjanji akan memperjuangkan soal perbaikan tunjangan profesi polisi. Hal itu berlaku juga buat jaksa. "Namun, tunjangan fungsional ini tidak hanya berbicara soal narkoba," beber dia.

Dia mengatakan bahwa tunjangan fungsional itu sebagai hak yang dimaksudkan untuk menyetarakan gaji dan tunjangan yang diterima penyidik Polri di KPK dan kepolisian dan penyidik di Kejaksaan.

"Itu anggarannya untuk Kejaksaan, Kepolisian. Kejaksaan Pidana Khusus," ungkap dia.

Emerson menyakini uang tunjangan tersebut telah disiapkan pemerintah. Namun, tak ada payung hukum yang melindungi. "Alasan kementerian bilang tidak ada payung hukum. Padahal kasus Tipikkor harus jadi prioritas, jadi tunjangan-tunjangan itu suatu kewajiban untuk direalisasi," jelas dia.

Karenanya hal ini harus jadi fokus untuk pemerintah sekarang. Kalau tidak, kata Emerson sama saja dengan meminta [polisi](2132454 "") kerja optimal, cepat bersih tapi tidak didukung dengan kelengkapan. (Ans)