Jumat, 21 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Menteri Susi Tak Sabar Aturan Larangan Transhipment Diberlakukan

Posted: 21 Nov 2014 05:08 AM PST

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan pihaknya tak sabar menunggu ada payung hukum larangan bongkar muat kapal di tengah laut atau transhipment. Saat ini penggodogan aturan tersebut masih di tangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

"Transhipment di tengah laut masih belum diundangkan. Masih nunggu di Kemenkum HAM," ujar Susi saat konferensi pers di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Jumat (21/11/2014).

Dia menjelaskan, banyak hal merugikan yang dihasilkan oleh kapal-kapal yang melakukan transhipment ini. Sebab, bukan hanya hasil tangkapan saja yang dipindahkan antar kapal di tengah laut, melainkan juga bahan bakar minyak bersubsidi.

"Bukan hanya ikan, BBM dan juga logistik. Ini yang mensupport kapal-kapal ilegal itu. Kalau ini di-stop semua, maka mereka harus ke pelabuhan. Itu memang banyak yang protes," kata Susi.

Susi mencontohkan kasus transhipment yang banyak terjadi yaitu di wilayah perairan Natuna. Banyak kapal berbendera Hongkong yang melakukan kegiatan tersebut.

Biasanya, jenis ikan yang ditangkap kemudian dipindahkan antara kapal penangkap dan kapal pengepul yaitu  ikan kerapu dan ikan Napoleo. Kedua ikan ini sulit ditangkap dan biasanya harus menggunakan alat tangkap yang merusakKan lingkungan.

"Biasanya harus ditangkap pakai portas dan dinamit, tidak bisa pakai jaring," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Untuk itu, Susi berharap kegiatan suplai logistik untuk kapal-kapal yang melakukan kegiatan transhipment ini bisa berhenti. Dengan demikian, kegiatan transhipment bisa berhenti dengan sendirinya.

"Selama suplai logistik masih berlangsung, ilegal fishing dan transhipment ini akan tetap berlangsng," tandasnya. (Dny/Ahm)

Baru Tiba di Jakarta, Jupe Terbang Lagi ke Singapura

Posted: 21 Nov 2014 05:00 AM PST

Julia Perez alias Jupe tiba di Jakarta pada Kamis (20/11/2014) setelah menjalani pengobatan kanker serviks di Singapura. Baru sehari di Jakarta, pelantun Jupe harus kembali ke Singapura untuk melanjutan pengobatan.

"Saya ada jadwal radioterapi jam 5 sore nanti di sana (Singapura)," kata Jupe saat dihubungi via telepon, Jumat (21/11/2014).

Diakui Jupe, bolak-balik Jakarta-Singapura akan dilakoninya hingga akhir Desember 2014. Pelantun Belah Duren ini pun tak mau mengeluh karena apa yang dilakukannya demi untuk kesembuhan penyakit.

"Memang kerjaan setiap weekend. Sudah ada jadwal, jadi nggak bisa dibatalkan," jelas mantan kekasih Gaston Castano tersebut.

Kepulangannya ke Jakarta kemarin lantaran ia harus mengurus pekerjaannya yang memang sudah terlanjur ia tanda tangani. "Balik ke Jakarta juga karena kan ngurus kontrak sama pekerjaan juga," katanya.

Sexpedia: Posisi Seks Apa Saja yang Harus Dikuasai?

Posted: 21 Nov 2014 05:00 AM PST

Coba diingat-ingat lagi setiap Anda bercinta dengan pasangan, apakah posisinya itu-itu saja. Biar kehidupan seks makin bergairah, setiap pasangan diharapkan tak hanya bisa satu poisis saja.

Jadi minimal berapa posisi seks yang perlu dikuasai agar kehidupan seks selalu bergairah? Psikolog Seksual Zoya Amirin M.Psi menjawabnya dalam Sexpedia edisi Jumat (21/11/2014).

Selengkapnya simak video berikut ini:

Jadi Penguasa Blok Mahakam, Pertamina Senang

Posted: 21 Nov 2014 04:54 AM PST

PT Pertamina (Persero) menyambut baik keputusan pemerintah memberikan hak mayoritas pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina Muhammad Husen mengatakan, Pertamian berusaha maksimal agar produksi migas tidak terganggu.

 ''Ya tentu kami menyambut baik penyerahan Blok Mahakam kepada Pertamina,'' kata Husen, di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Pemerintah menegaskan Pertamina akan mendapat hak mayoritas dalam mengelola Blok Mahakam. Meski disarankan tetap menggandeng Kontraktor Kontrak Kerjasama sebelumnya yaitu PT Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation Ltd.

Pelaksana Tugas Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Naryanto Wagimin, pemberian pengelolaan Blok Mahakam tersebut tidak begitu saja.

"Bisa 100 persen, bisa juga di atas 51 persen. Kami mau lihat penawaran dari Pertamina dulu," ungap Naryanto.

Namun menurut Naryanto, Pertamina tidak bisa menjadi operator tunggal dalam mengelola blok yang terletak di kalimantan Timur tersebut. Pertamina harus menggandeng operator sebelumnya.


" Tapi yang pasti mereka harus menggandeng kontraktor sebelumnya," tutupnya. (Pew/Ndw)

Balotelli: Gol Itu Akan Datang

Posted: 21 Nov 2014 04:54 AM PST

Striker Liverpool Mario Balotelli mengatakan dirinya tak peduli pada kritik yang ditujukan padanya karena belum mencetak gol di Liga Premier. Ia menegaskan akan kembali produktif untuk membantu mengangkat performa tim.

Balotelli pindah ke Liverpool dari Milan pada Agustus dengan biaya transfer sekitar 16 juta poundsterling. Pemain internasional Italia tersebut digadang-gadang menjadi pengganti striker subur Luis Suarez yang hengkang ke Barcelona.

Namun, pada sembilan penampilannya di Liga Premier, ia belum juga mencetak satu golpun. Jauh dari harapan banyak orang yang melihat sang pemain membukukan 26 gol dari 43 kali tampil bersama Milan.

Balotelli mengatakan dirinya pantas mendapatkan 7 dari 10 untuk penampilannya musim ini bersama The Reds. "Tujuh karena saya berlari lebih banyak dari biasanya," kata pemain berusia 24 tahun ini kepada Fox Sports Australia.

"Karena gol-gol itu akan segera datang. Ini bukan sesuatu yang datang pada saat ini. Tapi juga bukan sesuatu yang baru saja pergi," sambung Balotelli. Ia juga mengaku tak akan mendengarkan keluhan orang terhadapnya.

"Saya tak butuh orang yang percaya pada saya, selama masih mempercayai diri sendiri. Orang -orang penting menurut saya hanya keluarga dan teman-teman dekat, selama mereka percaya pada saya," kata pemain yang terkenal dengan jargon 'Why always me' itu.

"Beberapa orang berpikir karena saya tidak mencetak gol lalu saya dikatakan mengawali musim dengan buruk dan tidak bisa menjadi salah satu pemain top, pemain yang sangat bagus untuk tim ini. Itu urusan mereka," curhat Balotelli.

"Saya tidak peduli apa yang orang katakan tentang saya karena saya tahu mereka berbohong," tutup Mario Balotelli.


Sampah Menggunung di Ciliwung Usai Banjir, Warga Sibuk Mancing

Posted: 21 Nov 2014 04:52 AM PST

Sehari setelah [banjir](2137660 "") melanda beberapa wilayah Jakarta, sampah-sampah terlihat menggunung di pinggir Sungai [Ciliwung](2137522 ""). Salah satunya di bantaran kali tepatnya di bawah jembatan di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (21/11/2014), sejumlah petugas kebersihan dan relawan sibuk membersihkan gunungan [sampah](2137535 "") dan lumpur di pinggir Sungai Ciliwung di kawasan Kalibata ini.

Beberapa alat berat seperti eskavator dan truk-truk pengangkut sampah juga dikerahkan. Tak hanya sampah-sampah biasa, sejumlah ranting bahkan beberapa batang pohon dengan ukuran besar juga menumpuk akibat terbawa arus Sungai Ciliwung saat [banjir](2136927 ""), Kamis 20 November kemarin.

Akibatnya, air di Sungai [Ciliwung](2137687 "") tidak bisa mengalir dengan lancar karena terhambat sampah yang tersangkut jembatan. Namun kondisi ini justru dimanfaatkan sejumlah warga untuk mencari ikan.

Banyaknya [sampah](2137304 "") dan ranting pohon yang tersangkut di bawah jembatan membuat ikan-ikan ikut terjebak di sekitar lokasi. Salah satu warga berhasil mendapatkan ikan lele dengan ukuran sebesar lengan orang dewasa. (Ado)

Agnes Mamamia Dapat Dua Jempol dari Vina Panduwinata

Posted: 21 Nov 2014 04:50 AM PST

Agnes Mamamia malam ini kembali bernyanyi lagu dangdut. Padahal minggu lalu, Agnes ditantang bernyanyi lagu pop dan memberikan hasil cukup baik dan dipuji para juri.

Sama halnya dengan malam ini, Agnes kembali mendapatkan pujian dari dewan juri dengan mendendangkan lagu berjudul Rindu milik Iis Dahlia. Bahkan Vina Panduwinata memberikan dua jempol untuk Agnes.

"Agnes bagus banget bernyanyinya, kamu penambahan berlian untuk penyanyi dangdut. Cengkok kamu luar biasa," kata Vina dari meja juri di Studio 5 Indosiar, di kawasan Daanmogot, Jakarta Barat, Jumat (21/11/2014) malam.

Begitupula dengan Armand Maulana, vokalis band Gigi ini mengatakan bahwa dirinya memang menunggu Agnes kembali bernyanyi lagu dangdut. Akhirnya keinginan Armand terpenuhi dan terpuaskan.

"Gue nunggu banget Agnes nyangi lagu dangdut. Akhirnya sekarang saya dengar. Menurut saya Agnes penyanyi dangdut yang tulen. Gue senang banget," puji Arman.

Namun demikian, Armand sempat mengatakan jika aransemen lagu yang mengiringi Agnes pure dangdut, maka akan terdengar lebih enak. Hal itu pun disampaikan oleh Ferry Salim.

"Ada sesuatu yang kurang sreg buat saya. Karena aransemennya. Kalau makan kayak belum kenyang banget. Lebih enak kalau kamu nyanyikan dangdut pure," tandas Ferry.

Cha Cha Run, Berlari Sambil Bantu Perempuan Korban Kekerasan

Posted: 21 Nov 2014 04:47 AM PST

Olahraga lari semakin hari semakin populer. Selain menyehatkan, lari adalah olahraga yang bisa diikuti banyak orang dari berbagai kelas sosial dan profesi.  Agar lebih menarik, beberapa event olahraga lari dikombinasikan dengan musik dan chariti.

Salah satunya adalah Cha Cha Run.  Cha Cha Run adalah kependekan dari Charity Challenge Run. Acara ini merupakan salah satu acara eksternal dari rangkaian Krimfest 2014. Acara lari ini merupakan bentuk pengumpulan dana yang akan didonasikan bagi perempuan korban kekerasan melalui YLBH Apik Jakarta.

Peserta akan berlari sejauh 5 km di sekitaran wilayah Universitas Indonesia. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000 termasuk race pack, sertifikat, dan medali untuk 50 finisher pertama. Hadiah utama untum 10 finisher pertama merupakan sepatu gratis dari Nineten.

Hari/tanggal    : Minggu, 16 November 2014
Waktu        : pk 06.30 – 09.30 WIB
Tempat        : Universitas Indonesia, Depok
Route        : Rotunda UI (start) – Boulevard UI (finish)

Challenge untuk peserta ialah peserta harus berlari sambil membawa balon yang didapat di beberapa stage. Peserta harus sampai di beberapa stage yang ada dengan tepat waktu. Bila tidak, peserta tidak akan mendapat balon.

Setiap balon yang didapat di beberapa stage bernilai uang yang akan didonasikan bagi perempuan korban kekerasan. Sehingga, bila peserta dapat mengumpulkan semua balon dari semua stage, maka total donasi akan semakin besar.

Punya Wajah Imut, Dara 2NE1 Tak Dipercaya Publik

Posted: 21 Nov 2014 04:45 AM PST

Dara merupakan personel 2NE1 dikenal dengan wajah cantik sekaligus imutnya. Akibat pesonannya, idola bernama asli Sandara Park itu disebut sebagai vampire cantik.

Alasannya, kecantikan Dara tak lekang oleh waktu. Tentu saja, Dara kini berusia 30 tahun. Namun wajahnya yang menggemaskan membuat dirinya tak dipercaya telah mulai memasuki usia kepala tiga. Bahkan, banyak yang menyebut jika Dara adalah magnae--sebutan personel paling muda--di 2NE1.


Dalam jajak pendapat yang dilakukan sebuah situs K-Pop ternama Koreaboo mengungkapkan, publik tak percaya jika Dara sudah berusia 30 tahun. Sebanyak 55 persen suara menyebutkan jika usia Dara yang sesungguhnya membuat mereka terkejut.

 



Wajah Dara yang imut memang membuat dirinya seperti wanita yang baru menginjak 20 tahun. Selain itu, wanita kelahiran 1984 silam itu bertubuh mungil dan perangainya yang kerap kali lucu membuat banyak orang tak menyangka usia Dara sesungguhnya.



Pesona Dara akhirnya membuat seleb pria Korea Selatan bertekuk lutut, mulai dari Kevin `UKISS`, Donghae `Super Junior`, dan Chanyeol `EXO`. Bahkan, mereka mengaku jika hatinya telah terenggut oleh kecantikan Dara.

Susi Pudjiastuti Ancam Tenggelamkan Kapal Asing yang Curi Ikan RI

Posted: 21 Nov 2014 04:39 AM PST

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas terhadap kapal asing yang mencuri ikan secara ilegal di wilayah perairan Indonesia.

Dia pun mengingatkan kepada kapal asing untuk tidak lagi berani memasuki perairan Indonesia tanpa izin. Meski belum bisa berbuat banyak untuk menindaknya, namun menurut dia pemerintah sebenarnya sudah tahu keberadaan kapal-kapal tersebut.

"Kita tuh tahu. Pemain-pemain ini pikir kita tidak tahu. Dikiranya kita hanya tahu dari VMS (Vessel Monitoring System) saja. Padahal kita bisa lihat, kapalnya dan ukurannya kita tahu. Hanya tidak ada kemampuan untuk menangkapnya. Kalau perintahnya seperti itu (perintah Presiden Joko Widodo) kita lakukan, efek jeranya memang kapal itu harus ditenggelamkan," ujarnya di Kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (21/11/2014).

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim Indriyono Soesilo mengatakan, pemerintah bisa menenggelamkan kapal asing yang ketahuan mengeruk hasil laut Indonesia secara ilegal. Hal ini untuk memberikan efek jera bagi para pencuri tersebut.

"Kalau kapal itu kalau sudah memenuhi syarat kalau itu sudah ilegal itu bisa ditenggelamkan. Dasar hukumnya ada (menenggelamkan kapal). Jadi mereka memang harus diberikan contoh, supaya ada efek jera," kata dia

Indroyono menjelaskan, dasar hukum penenggelaman kapal ilegal fishing tertuang dalam Pasal 69 UU No. 45/2009 tentang Perikanan ayat 1 yang berbunyi bahwa Kapal pengawas perikanan berfungsi melaksanakan pengawasan dan penegakkan hukum di bidang perikanan dalam wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia.

Serta ayat 4, yang berbunyi, Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud ayat (1) penyidik dan atau pengawas perikanan dapat melakukan tindakan khusus berupa pembakaran dan atau penenggelaman kapal perikanan yang berbendera asing berdasarkan bukti permulaan yang cukup. (Dny/Ndw)