Jumat, 14 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


5 Kalimat Penolong si Pengidap Gangguan Kecemasan

Posted: 14 Nov 2014 04:53 AM PST

Untuk beberapa orang tidak mengidap gangguan kecemasan, mungkin akan sangat sulit untuk membayangkan dirinya jika berada di posisi si pengidap.Jadi, kalimat apa yang kalian ucapan bagi orang yang disayang ketika mereka mengalami stres luar biasa? Bagaimana cara Anda membantu mereka merasa lebih baik?

Seperti yang dilansir dari huffingtonpost.com, Jumat (14/11/2014), seorang psikolog, Tood Farchione, Ph.D mengatakan bahwa "seseorang dengan gangguan kecemasan lebih rapuh dibanding yang kita kira dan ada cara yang baik untuk mendukung mereka".

Kunci membaut hubungan dengan si pengidap adalah menawarkan dukungan bukan tanggapan atau pendapat. Namun kenyataannya, bukan mendukung tetapi justru memperburuk mental mereka.

Jadi inilah 5 kalimat yang bisa menolong Anda mendukung si pengidap gangguan kecemasan:

Kalimat 1

"Bisa ceritakan lagi pengalamanmu?"

Ini bisa menjadi langkah awal Anda mendukung si pengidap. "Jika ingin benar-benar membantu, sebelumnya tanyakan dulu pada diri sendiri apakah Anda dapat membantu jika mereka sudah menceritakan apa yang mereka alami. Kemudian, berpikir dari sisi yang berbeda dengan mereka seperti memberikan ide yang sedikit bertentangan dengan apa yang mereka pikiran. Beritahu dengan cara yang lembut," jelas Farchione.

Kalimat 2

"Turut sedih mendengar apa yang kamu alami."

Jika Anda belum pernah mengalami apa yang diceritakan oleh si pengidap, mungkin dengan memberikan simpati yang tulus bisa menjadi metode yang cukup efektif. "Ikut hanyut atau panik dalam masih yang mereka alami tidak akan membantu menenangkan," ucap Farchione.

Kalimat 3

"Ini bukan salahmu."

Farchione mengingatkan bahwa sangat penting mengenali dan memahami penderitaan yang dialami oleh si pengidap gangguan kecemasan sebelum memberikan tanggapan. Pikirkan baik-baik apakah itu kesalahan mereka atau bukan. Jangan sampai ketika Anda memberikan ide, justru malah memperburuk keadaannya.

Kalimat 4

"Pasti berat untukmu."

Kalimat seperti "pasti berat untukmu" atau "coba ceritakan padaku apa yang bisa aku lakukan" bisa menjadi salah satu hal tertulus ketika menyampaikan dukunganmu. Kitas pasti ingin melakukan suatu tindakan untuk mereka, tetapi belum tentu mereka menginginkan hal tersebut.

Kalimat 5

Diam

Ketika keadaan menjadi semakin buruk, Farchione mengatakan bahwa tidak begitu penting mengutarakan apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan, tetapi bagaimana cara Anda emmberikan dukungan. Kadang, menjadi pendengar yang baik sudah cukup bagi mereka. (Jazaul Aufa/Igw).

Elfin Pertiwi Percaya Diri Pamer Bikini `Two Pieces`

Posted: 14 Nov 2014 04:45 AM PST

Elfin Pertiwi berhasil menunjukkan kemampuan terbaiknya di ajang Miss International 2014 di Grand New Price Takanawa Hotel, Jepang, Selasa (11/11/2014) lalu. Putri Indonesia Pariwisata 2014 itu mampu menggondol gelar Top 10 dan Best National Costume untuk pertama kalinya bagi Indonesia.

Elfin Pertiwi juga mampu memikat perhatian dewan juri lewat performanya di segmen Forum. Kala itu, Elfin diharuskan membahas sebuah tema tertentu menggunakan bahasa Inggris. Dan yang paling ditunggu, tentunya sesi pamer keindahan bentuk tubuh alias sesi berbikini.

Menggunakan bikini two pieces, dara asal Lampung itu penuh percaya diri berlenggak-lenggok di atas panggung. Sesekali ia melempar senyumannya sambil berpose. Dari wajah Elfin Pertiwi, tak terlihat sama sekali jika dirinya merasa tegang.

"Nggak tegang kok, soalnya di sana juga pada pakai (bikini) kan. Coba kalau aku yang pakai sendiri baru aku tegang, hehehe," ujar Elfin Pertiwi kepada Liputan6.com di Graha Mustika Ratu, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (14/11/2014).

Diakui Elfin Pertiwi, dirinya sudah membuat beragam persiapan termasuk menghadapi sesi bikini. Makanya cewek 19 tahun ini merasa percaya diri ketika diharuskan tampil di pentas.

"Kami juga sudah ada persiapan. Lalu, orang yang di sana kan cewek semua rata-rata, jadi aku biasa saja, nggak tegang. Malah pede kok," terangnya.

Sebagai hadiah dari Yayasan Putri Indonesia (YPI), Elfin Pertiwi berhak mendapatkan dua tiket berlibur ke Bali selama tiga hari dua malam, ditambah layanan SPA gratis. Kemudian, kostum juara yang dipakai Elfin rencananya akan dibuat sebuah replika untuk dimuseumkan.(Ras/Mer)

News Hilite 14 November 2014

Posted: 14 Nov 2014 04:42 AM PST

Kapolrestabes Makassar Kombes Ferry Abraham berjanji akan mengusut tuntas kasus penganiayaan sejumlah wartawan oleh polisi di UNM

Perkiraan Susunan Pemain Portugal vs Armenia

Posted: 14 Nov 2014 04:40 AM PST

Cristiano Ronaldo akan memimpin Timnas Portugal saat menjamu Armenia dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup I, Sabtu (15/11/2014) dini hari WIB, di Estadio Algarve. Dengan formasi 4-3-3, pelatih Fernando Santos menempatkan Ronaldo bersama Danny dan Nani di lini depan.

Menariknya, dalam laga ini Santos memanggil lagi pemain senior untuk memperkuat Seleccao di ajang kualifikasi ini. Gelandang Atletico Madrid, Tiago Mendes, yang membatalkan pensiun dari sepakbola internasional bulan lalu, kembali ke skuat timnas. Bersama Ricardo Carvalho, dan Pepe, akan menjadi tembok Portugal dalam menahan gempuran lawan, dan mengatur tempo permainan.

Sebaliknya Armenia akan sepenuhnya mengandalkan Henrikh Mkhitaryan. Pelatih Bernard Challandes masih memiliki pemain andalan di lini depan, seperti  E. Manucharyan, Miranyan, dan  A. Sarkisov

Sama ketika menahan imbang Serbia, Challandes kemungkinan akan menempatkan lagi 5 pemain di lini belakang. Hovhannisyan dan Arzumanian menjadi andalan di daerah pertahanan bersama Voskanyan dan Hayrapetyan.

Perkiraan susunan pemain:

Portugal (4-3-3)

(1) Rui Patricio,  (21) C Soares, (6) Carvalho, (3) Pepe, (5) Eliseu, (8) Moutinho, (16) Carvalho, (19) Tiago Mendes, (7) Ronaldo, (10) Danny, (17) Nani

Cadangan: 23 Joao Mario, 9 Eder, 20 Ricardo Quaresma, 11 Vieirinha, 15 Andre Gomes, 13 Antunes, 18 Adrien Silva, 12 Anthony Lopes, 22 Beto, 2 Bruno Alves, 14 Ivo Pinto, 4 Jose Fonte

Armenia (5-2-3)

(1) Berezovsky, (13) K Hovhannisyan, (3) V Haroyan, (5) Arzumanian, (4) T Voskanyan, (20) Hayrapetyan, (6) Mkrtchyan, (7) Yedigarian, (11) A Sarkisov, (8) Pizzelli, (23) A Simonyan

Cadangan: 9 R. Hovsepyan, 21 A. Dashyan, 15 A. Karapetyan, 18 A. Miranyan, 12 G. Kasparov, 14 A. Beglaryan, 16 N. Aslanyan-Mamedov, 17 Z. Badoyan, 19 H. Hambardzumyan, 2 Alex Henrique, 23 A. Simonyan, 10 M. Voskanyan.

Kartu Sakti Jokowi Dinilai Tergesa-Gesa

Posted: 14 Nov 2014 04:39 AM PST

Peluncuran program kartu sakti oleh Presiden Joko Widodo dinilai sebagai kebijakan yang terburu-buru (Awn)

Beda Film 'Jokowi Adalah Kita' dan 'Jokowi'

Posted: 14 Nov 2014 04:35 AM PST

Keromantisan antara Jokowi dan juga istrinya bisa dilihat dalam film 'Jokowi Adalah Kita' yang akan beredar serentak pada 20 November ini. Menurut sang produser, KK Dheeraj, film ini merupakan film pertama yang menggambarkan kehidupan pribadi Jokowi sebagai Gubernur DKI.
 
"Menarik melihat kisah nyata cinta Presiden Indonesia Jokowi bersama Iriana di dalam film‎nya," kata Dheraaj di Jakarta Selatan, Jumat, (14/11/2014).

Sebelumnya, rumah produksi K2K juga sudah pernah memproduksi film 'Jokowi' pada 2013 lalu dengan mengangkat sosok Presiden sedari kecil hingga jadi Gubernur. Film itu dibintangi Teuku R Wikana dan Prisia Nasution.

Dalam film Jokowi terbaru ini, sang produser mengatakan memang lebih 'ngepop' dari film terdahulunya. Karena itu pemilihan casting pun sedikit lebih komersil --seperti yang dibilang sang sutradara, Ronny Mepet--.

Dalam 'Jokowi Adalah Kita', Ben Joshua dan Silvya Fully memerankan Jokowi dan Iriana. "Saya sendiri puas dengan hasilnya," kata Ben pada press screening film itu baru-baru ini.

Tips Tetap Enerjik dan Sehat Saat Liburan

Posted: 14 Nov 2014 04:35 AM PST

Akhir tahun biasanya identik dengan [liburan](2128511 "") dan jalan-jalan. Anda juga mungkin sudah memiliki rencana untuk merayakan akhir tahun dengan sahabat, keluarga, ataupun dengan pacar. Tetapi, bisakah Anda bayangkan jika liburan Anda gagal total karena saat di tengah perjalanan ternyata Anda tumbang? 

Untuk itu, meskipun sedang liburan, terlebih berlibur ke tempat yang jauh, menjaga kesehatan tetap harus dilakukan. Berikut beberapa tips agar Anda tetap sehat sekaligus enerjik saat liburan seperti dilansir oleh National Geographic, Kamis (13/11/2014).

Minum Jus Hijau

1. Minum jus hijau sebelum pergi dari rumah

Cobalah untuk mengonsumsi jus hijau sebelum berpergian. Jus hijau saat ini bisa dengan mudah ditemui di banyak tempat. Anda juga bisa membuatnya sendiri sebagaimana membuat jus pada umumnya. 

2. Kunjungi pasar lokal

Jika berpergian ke suatu tempat, pastikan untuk mengunjungi pasar lokalnya. Bahkan kalau bisa, tempat pertama yang dikunjungi adalah pasarnya. Hal ini penting sebab pasar lokal dapat mengenalkan Anda dengan tempat yang baru pertama kali dikunjungi.

3. Minum kopi di pagi hari

Minum kopi di pagi hari dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Dengan begitu, meminum kopi di pagi hari dapat memicu semangat Anda. Dengan semangat, artinya Anda telah siap untuk berpetualang di hari tersebut.

4. Sempatkan olahraga

Meskipun sedang liburan, pastikan selalu jaga kesehatan tubuh dengan berolahraga, meskipun hanya beberapa menit tiap hari. Anda bisa melakukan beberapa peregangan sehabis bangun pagi dan sebelum memulai aktivitas.

5. Bawa selalu minyak kayu putih

Bawalah selalu minyak kayu putih saat[ liburan](2124126 ""). Jika merasa pusing saat perjalanan, sebaiknya langsung oleskan minyak kayu putih pada bagian belakang dan samping leher. Selain untuk pusing, minyak kayu putih juga baik untuk hangatkan tubuh.

(Rio Apinino/Ars)

Kepala Bappenas: Mau Kaya Jangan Jadi PNS

Posted: 14 Nov 2014 04:32 AM PST

Mengawali pertemuan dengan media, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Kepala Bappenas Andrinof A Chaniago memberikan perhatian khusus pada profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Para abdi negara seharusnya bisa melayani masyarakat di hari libur tanpa memikirkan materi.

"PNS memilih untuk tidak menjadi orang kaya karena setiap profesi ada konsekuensinya. Kita harus bekerja di saat yang lain libur karena tuntutan melayani masyarakat," kata dia kepada wartawan saat acara Media Gathering dengan tema Menuju Orientasi Baru Pembangunan Nasional Kabinet Kerja 2014-2019 di Bandung, Jumat (14/11/2014).

Kata Andrinof, profesi paling tepat untuk meraup pendapatan lebih tinggi adalah pengusaha atau pemilik hak paten. "Kalau mau kaya jadi pengusaha, ilmuwan seperti Pak Habibie, Bill Gates yang menciptakan temuan baru dan punya hak paten sehingga setiap tahun dapat royalti," tegasnya.

Sebelum menduduki posisi Menteri, Andrinof sudah terbiasa untuk melayani masyarakat. Dirinya pernah terjun sebagai penulis editorial, Kepala Litbang di sebuah Harian Ekonomi, dosen peneliti, pengamat.

"Saya sangat memahami profesi wartawan dan PNS yang harus melayani masyarakat, meski tujuannya berbeda," paparnya.

Saat ini, tambah Andrinof, pihaknya bertanggung jawab untuk mengawasi, menjaga dan menjalankan visi misi Presiden Jokowi. Termasuk terlibat dalam proses pembuatan kebijakan dan aturan.

"Setiap rencana kebijakan harus diimplementasikan secara efektif untuk mencapai sasaran. Dalam perencanaan, perlu persiapan untuk akuntabilitas, didukung argumentasi yang kuat, bukan subjektif tapi berdasarkan fakta, data dan threatment logis yang kuat," tandas dia. (Fik/Gdn)

Disdik DKI Bakal Larang Remaja Jakarta Bikin Geng

Posted: 14 Nov 2014 04:31 AM PST

Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan melarang kelompok-kelompok remaja di dalam maupun di luar [sekolah](2134228 "") yang berpotensi memicu aksi kekerasan. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Lasro Marbun usai menemukan sejumlah kelompok berisiko tinggi terhadap kasus kekerasan.

"Gangster. Kita temukan kemarin. Sekarang saya lagi menelusuri sejauh mana. Setelah itu saya akan bikin peraturan bahwa tidak boleh ada organisasi (sejenis itu) di luar atau dalam sekolah yang diikuti oleh siswa," tegas Lasro di Balaikota Jakarta, Jumat (14/11/2014).

Dia mengatakan, bila setelah kebijakan ditetapkan, masih ditemukan geng sejenis di sekolah, maka siswa yang tergabung dalam geng itu akan dirumahkan.

Menurut informasi yang Lasro dapatkan, ada oknum di luar peserta didik yang juga berperan dalam geng itu. Hal ini dianggap cukup berbahaya.

"Ini problem besar bagi kita. Karena peserta didik ini kan dengan labil, meluap-luap, dan mencari jati diri, kalau diselewengkan energinya kan jadi salah," kata Lasro.

Dia mencontohkan, baru-baru ini ada 1 geng di SMA 81 yang sudah dinonaktifkan karena terbukti memicu kekerasan remaja. Dirinya pun hadir dan para siswa yang menjadi anggota diminta melakukan deklarasi untuk berjanji tak bergabung dalam geng sejenis. Nantinya seluruh geng yang ditemukan juga akan ditindak.

"Akan segera keluar peraturan mengenai manajemen sekolah. Kepala sekolah tidak bisa seperti dulu. Harus memastikan seluruh siswa tidak ikut dalam organisasi seperti itu. Pengawasannya kita semua. Saya, orangtua, peserta didik, masyarakat," tutur Lasro.

Belasan geng anak muda di Jakarta dilarang beraktivitas oleh Pemprov DKI Jakarta. Kebijakan itu merupakan instruksi dari Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyusul maraknya tawuran dan bullying di sekolah-sekolah.

"Kita sudah bubarin gangster-gangster. Kita sudah tahu sekolah ini nama gangsternya apa," tegas Ahok.

Berikut 15 [geng](2134228 "") yang dilarang oleh Pemprov DKI:

1. SMA 3: r3sidivis
2. SMK 29 penerbarangan: reduskra29
3. SMA 46: texas46
4. SMaa 63: pulverize 63
5. SMA 60: psycho60
6. SMA 86: grunge86
7. SMA 87: rasta87
8. SMK 32: spt32
9. SMA 90: neunzig90
10. SMA 82: patra82
11. SMA 70: vallenty70
12. SMA 6: gorasix6
13. SMA 74: artileri74
14. SMA/SMA 1 budi utomo: Boedoet
15. SMA 81: (belum ketahui)

(Ans)

Dokter Ini Kena Serangan Jantung Saat Talkshow di TV

Posted: 14 Nov 2014 04:30 AM PST

Seorang dokter terserang penyakit jantung saat sedang melakukan talkshow di sebuah acara televisi populer di Turki, Saglikli Yasam.

Mengutip laman News, Jumat (14/11/2014), Dr Ugur Yansel yang saat itu sedang memberikan pesan hidup sehat menjelaskan bahaya kaki datar pada anak-anak. Namun selang beberapa saat, itu menunjukkan gejala nyeri dada sebelum seluruh tubuhnya seperti tersetrum di sofa.

Setelah bersandar untuk beberapa saat, Pria berusia 50-an itu dipersilahkan minum air. Namun, serangan jantung lainnya justru muncul dalam beberapa detik kemudian. Hal ini membuat Presenter Arzu Kilic panik dan menjeda acara tersebut.

"Sudah waktunya untuk mengurus dokter kami sekarang, dan iklan," kata Kilic.

Laman berita Inggris, The Mirror melaporkan bahwa Dr Ugur menderita serangan jantung lebih lanjut dan dibawa ke rumah sakit saat itu.