Selasa, 04 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Di Era Jokowi, RI Butuh Pasokan Listrik 35 Ribu MW

Posted: 04 Nov 2014 04:50 AM PST

Pemerintah menargetkan penambahan pasokan listrik baru sebesar 35 ribu MegaWatt (MW) dalam kurun waktu lima tahun ke depan.

Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jarman mengatakan, kebutuhan listrik sebesar 35 ribu MW atas perhitungan pertubuhan ekonomi yang semakin meningkat.

"Untuk mengatasi pertumbuhan ekonomi yang sekarang, 50 ribu GW nasional. Untuk pertumbuhan sekarang perlu tambah 35 Ribu selama 5 tahun," kata Jarman, di kantor  Direktorat Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Untuk memenuhi kebutuhan tambahan pasokan listrik tersebut, harus ada pembangunan pembakit listrik baru dengan total kapasitas yang sama dengan jumlah kebutuhan.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Nur Pamudji menuturkan, kebutuhan listrik lima tahun ke depan bisa dipasok dari pembangkit PLN sebesar 15 ribu MW dan Swasta (Independent Power Producer/IPP) sebesar 20 ribu MW, namun angka tersebut bisa berubah menyesuaikan kondisi.

"Belum diputuskan. tapi angka bisa berubah, 15 ribu MW PLN, 20 ribu MW IPP. Tapi itu bukan angka mati sekali lagi," paparnya.

Selain itu, untuk mempercepat pembangunan infrastruktur listrik, perlua adanya penguraian sumbatan, seperti pembebasan lahan dan menyederhanakan proses perizinan.

"Ya ada berbagai sektor upaya yang lagi kami diskusikan. Bottleneck yang sudah kami ketahui harus dihilangkan misalkan soal tanah. Dan ini ada beberapa solusi soal tanah," pungkasnya. (Pew/Gdn)

Jembatan Baru di Koja Ambles Hingga Kebakaran di Jambi

Posted: 04 Nov 2014 04:47 AM PST

Baru 2 minggu selesai dibangun, jembatan di kawasan Koja, Jakut ambles hingga sebuah truk terperosok. Di Jambi, 3 rumah mewah ludes terbakar.

Jendela Dunia: Perahu Tenggelam - Serangga di Telinga Penyanyi

Posted: 04 Nov 2014 04:45 AM PST

Perahu yang membawa 40 orang itu diduga hendak menuju Bulgaria atau Rumania namun mengalami tabrakan dengan kapal lain.

Tom Cruise Kembali Lakukan Aksi Berani di `Mission: Impossible 5`

Posted: 04 Nov 2014 04:45 AM PST

Tom Cruise selalu melakukan aksi-aksi berbahaya sendiri, tanpa bantuan stuntman, dalam film-film Mission Impossible yang sudah dibintanginya. Pun begitu dalam karya terbaru Mission: Impossible 5, mantan suami Katie Holmes belum berubah.

Dilansir laman Abcnews.go.com, Senin (3/11/2014), Tom Cruise melakukan syuting untuk film tersebut dengan menggantung di luar pesawat yang terbang tinggi di atas Inggris pada akhir pekan kemarin.



Hanya saja, aksi terbang ini menjadi pengalaman terbaru aktor 52 tahun ini. Sebelumnya, pada 2011 lalu ia menjuntai dari gedung tertinggi di dunia, di Dubai untuk film Mission: Impossible: The Ghost Protocol.

"Suatu malam, setelah satu hari syuting pertama, aku berlari di tempat tidur menyadari bahwa kita memiliki bintang. Kami menggantung sekitar satu mil di udara pada kawat tipis dan otak aku berteriak, `Apa sih yang kita lakukan`," ujar sang sutradara, Brad Bird kepada The New York Daily News.



Surat kabar itu juga melaporkan bahwa wartawan menanyakan kepada Tom Cruise apa yang dipikirkan saat melakukan adegan berani itu. Dan jawabannya pun sederhana.

"Saya harap saya tidak jatuh," tandas Tom Cruise. Film `Mission: Impossible 5 rencananya dirilis pada 25 Desember 2015, bertepatan dengan Natal. (Mer/Ade) 


Kilas Indonesia: Demo Buruh Hingga Bayi Gizi Buruk Dibuang

Posted: 04 Nov 2014 04:43 AM PST

Bayi tersebut menderita gizi buruk, kelainan bawaan, dan HIV-AIDS yang diduga tertular dari orang tuanya.

BBM Subsidi Belum Naik, Antrean di SPBU Mulai Panjang

Posted: 04 Nov 2014 04:40 AM PST

Kelak subsidi BBM akan dialihkan ke pupuk petani dan pembangunan infrastruktur guna mencapai target swasembada beras 3 tahun ke depan.

Ahok: Saya Mau Bantu Buruh, tapi Buruh yang Mana?

Posted: 04 Nov 2014 04:39 AM PST

Ratusan [buruh](2125986 "") sejak pagi hingga sore ini melakukan aksi unjuk rasa di Balaikota menuntut kenaikan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) sebesar Rp 3,7 juta. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menilai tuntutan tersebut tidak masuk akal.

Ahok menyatakan tak akan memenuhi tuntutan tersebut karena sangat tinggi. Apalagi, pemilik perusahaan bisa menarik investasinya bila upah buruh kembali dinaikkan dengan jumlah tinggi.

"Kita nggak mungkin bisa penuhi. Karena KHL nggak begitu. Kalau kamu cuma mau lakukan egoisme gitu ya bangkrut dong. Coba kamu survei saja sama buruh-buruh yang sungguh-sungguh mau kerja, mereka pilih berhenti dan pabriknya tutup atau menuntut segitu?" ujar Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Ahok meragukan, aksi ratusan buruh yang rutin dilakukan selama beberapa pekan ini di depan halaman kantornya murni mewakili aspirasi buruh lain di Jakarta.

"Kadang kan itu aktivis-aktivis saja yang teriak- teriak seperti itu kan. Buruh asli gimana? Yang penting bagi kita pemerintah, gaji ini keseimbangan bersama, nggak bisa egois satu sektor," tegas Ahok.

Dia menegaskan, selalu mendukung dan membela buruh. Hal ini bisa bisa dibuktikan dari melonjaknya jumlah UMP yang hampir 2 kali lipat saat baru beberapa bulan memimpin Jakarta. Karena itu dia heran dengan tuntutan para aktivis Buruh yang selalu berdemo dan terus meminta kenaikan upah.

"Jadi mesti jelas. Kita mau membantu buruh, tapi buruh yang mana? Yang aktivis politik? Mesti jelas," kata dia.

Ahok menuturkan, bukan berarti tidak menyetujui kenaikan KHL bagi pekerja di DKI Jakarta, namun kenaikan tersebut harus logis dan mempertimbangkan kepentingan pihak pengusaha. Jangan sampai karena kenaikan upah yang terus melonjak drastis mengakibatkan para pengusahan terpaksa gulung tikar dan memindahkan investasinya dari Jakarta ke daerah lain.

"Yang penting ada jaminan pendidikan dan kesehatan bagi orang yang tidak mampu, siapin perumahan. Bukan nuntut segitu. Lihat yang demo-demo, bisa beli HP dan motor yang bagus-baguskan. Nah dia sih enak, tapi kalau pabrik yang ditutup gimana? Coba tanya yang ditutup," tegas Ahok.

Ia pun menilai, berdasarkan survei soal KHL yang ada di Jakarta, besaran upah buruh yang sesuai dan layak di Jakarta berkisar Rp 2,4 hingga 2,7 juta per bulan.‎

"Kalau survei KHL-nya Rp 2,4 sampai Rp 2,5 juta, ya naik 10 persen misalnya pikirkan inflasi bakal terjadi, ya paling jatuhnya Rp 2,7 juta. Dari mana dia dapat Rp 3,7 juta?" ucap [Ahok](2122181 ""). ‎

Kebutuhan Hidup Layak (KHL) di DKI tahun 2013 senilai Rp 2,2 juta. Berdasarkan itu, Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI 2014 pun sebesar Rp 2,4 juta. Apabila dinaikkan 30%, maka UMP [DKI](2122164 "") untuk 2015 diperkirakan menjadi Rp 3.120.000. (Yus)

Barus Selesai Dibangun, Jembatan di Jakarta Utara Ambles

Posted: 04 Nov 2014 04:38 AM PST

Amblesnya jembatan di kawasan Lagoa Sinar, Koja membuat truk pengangkut semen terperosok.

Bahas 'Kartu Sakti' Jokowi, Ketua DPR dan Komisi X Gelar Rapat

Posted: 04 Nov 2014 04:36 AM PST

Ketua DPR RI Setya Novanto menggelar rapat terbatas dengan Komisi X DPR. Rapat ini membahas program Kartu Indonesia Pintar ([KIP](2128928 "")) yang baru saja diluncurkanPresiden Joko Widodo atau Jokowi, bersamaan dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Menurut Setya, pembahasan KIP ini dilakukan karena berkaitan bagaimana KIP yang menjadi program pemerintah tersebut berjalan lancar.

"Karena pemerintah kan juga harus izin kita (DPR)," ujar Setya di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Menurut Setya, pihaknya harus melihat seksama ada atau tidaknya rambu-rambu yang harus dibahas dan diselesaikan DPR, terkait peluncuran program Jokowi tersebut. DPR pun setuju dengan program KIP jika benar-benar untuk rakyat.

"Kalau bertujuan untuk rakyat pasti kita setuju. Tapi kan ada rambu-rambu yang harus diselesaikan DPR. Kita akan secepatnya bersama komisi terkait untuk segera menindak lanjuti apa-apa yang harus dilakukan," ujar dia.

Sementara Wakil Ketua [Komisi X DPR](2128895 "") Ridwan Hasyim menambahkan, pihaknya menyayangkan Presiden Jokowi yang terburu-buru meluncurkan KIP. Ia berharap‎ ketergesaan itu tidak menimbulkan masalah pelik di kemudian hari.

"Kita harapkan ketergesa-gesaan itu jangan sampai meninggalkan masalah hukumnya. Niatnya bagus, tapi artinya harus bersama-sama kita," ujar politikus Partai Golkar ini.

‎Belum lagi dengan anggarannya, menurut Ridwan, KIP saat ini tidak masuk dalam pagu APBN mana pun. Ini yang dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah hukum. Apalagi KIP juga tidak jauh beda dengan program Bantuan Siswa Miskin (BSM) di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tadi memang di komisi mereka agak menyayangkan, karena ini dianggap produk pemerintahan SBY. Tapi itu pandangan kita. Makanya kita pertanyakan, mau pakai duit dari mana? Sebelum ada perubahan di mata anggaran, bisa pidana ini. Mumpung baru sehari ini," ujar dia.

Karena itu, lanjut Ridwan, [DPR](2128889 "") berharap dapat bertemu dengan menteri terkait. Terutama untuk mengkoordinasikan dan mengetahui penjelasan mengenai kelanjutan KIP ini.

‎"Kalau ketemu (menterinya) nanti mungkin bisa dijelaskan. Karena APBN itu kan undang-undang, tidak bisa dikalahkan dengan Perpres (Peraturan Presiden)," tandas Ridwan. (Yus)

6 Suporter Klub Liga Inggris Yang Paling Berisik di Stadion

Posted: 04 Nov 2014 04:36 AM PST

Walaupun Chelsea berhasil menekuk Queen Park Rangers (QPR) dengan skor 2-1 di Stadion Stamford Bridge, Sabtu (2/11/2014) lalu, tetapi Jose Mourinho tetap memberikan kritik. Ini karena kurang ramainya fans yang mendukung timnya itu.

Padahal The Blues bermain di kandangnya sendiri, sehingga Mourinho melontarkan kata-kata pedasnya untuk para fans Chelsea yang terlihat tidak bersemangat mendukung tim kesayangannya itu.

"Semua orang tahu bagaimana hubungan saya dengan klub dan para fans," ketus Mou seperti dilansir Talksport.

"Pada laga ini, sangat sulit bagi kami untuk bermain di kandang, karena terasa seperti stadion yang kosong."

"Laga dimulai dengan sangat sepi di kandang. Sangat sulit untuk memulai ketika pemain, tim, dan fans tidak bersama-sama," imbuhnya. (Bersambung ke page 2: Daftar Fans Paling Berisik)

Daftar Fans Paling Berisik

Kritik Mou itu wajar karena tak bisa dipungkiri lagi kalau fans merupakan pemain ke-12 untuk tim. Berkat dukungan berupa chants, ataupun teriakan-teriakan di pinggir lapangan, motivasi pemain bertambah tinggi.

Dengan begitu, pemain akan lebih bersemangat tampil di lapangan. Tujuannya tentu agar bisa lebih menghibur fans dengan gol dan tentunya kemenangan.

Chelsea sendiri berada di posisi 8 daftar fans paling berisik (80 desibel). Chelsea masih kalah dari West Ham United (81). Namun Chelsea masih unggul dari Arsenal yang berada di posisi 10 (77 desibel).

Berikut ini daftar fans yang paling berisik di Liga Premier Inggris berdasarkan penghitungan suara atau desibel:

1.Liverpool 97 desibel

2.Manchester United 94 desibel

3.Aston Villa 89 desibel

4.Everton 86 desibel

5.Stoke City 83 desibel

6.Newcastle United 82 desibel

 

Baca Juga:

[Jelang Real Madrid Vs Liverpool, Casillas Incar Jersey Balotelli](2128713 "")

[Prakiraan Susunan Pemain Madrid Vs Liverpool](2128410 "")

[Ujian Berat Liverpool di Santiago Bernabeu](2128826 "")