Sabtu, 15 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kalau Mau ke RS Harapan Kita, Orang Daerah ke RS Setempat Dulu Ya

Posted: 15 Nov 2014 04:47 AM PST

Supaya Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) yang terletak di kawasan Slipi, Jakarta Barat, dapat memberikan pelayanan yang optimal, diharapkan para pasien tidak langsung berobat ke sana, namun terlebih dahulu ke rumah sakit regional.

Nantinya, ketika rumah sakit regional mengharuskan pasien untuk ditanggulangi secara lanjut, barulah akan dirujuk ke RSJPDHK.

Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Moeloek, SpM (K) saat menghadiri Peringatan Hari Ulangtahun ke-29 Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita pada Sabtu (15/11/2014)

"Rumah sakit ini merupakan rumah sakit tersier, yang artinya pelayanan di rumah sakit itu sudah tertinggi. Supaya dapat memberikan pelayanan optimal, maka sistem rujukan harus diberlakukan dari rumah sakit regional. Artinya, ke sana dulu untuk diperiksa, jika memang diharuskan ke sini, baru ke sini," kata Menkes.

Lebih lanjut Menkes mengatakan, rumah sakit seperti Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita tidak dapat dibangun di setiap kota. Maka itu, diharapkan pasien tidak langsung datang ke sini, tapi ke rumah sakit regional terlebih dahulu.

"Membangun rumah sakit seperti ini mahal, ya," kata Menkes.

Menkes pun menjelaskan, penyakit jantung merupakan penyakit dengan angka kematian tertinggi di antara penyakit tidak menular (PTM) lainnya, seperti kanker dan diabetes.

Dongkrak Ekonomi Global US$ 2 T Jadi Fokus KTT G20

Posted: 15 Nov 2014 04:39 AM PST

Perdana Menteri Australia Tony Abbott membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 ke-9 di Brisbane dengan mendesak para pemimpin dunia untuk menyampaikan inisiatifnya untuk meningkatkan produk domestik bruto (PDB) global sebesar US$ 2 triliun.

dilansir dari VOA, Sabtu (15/11/2014)., Abbott mengimbau para petinggi dari 20 negara ekonomi terbesar di dunia harus fokus pada isu-isu ekonomi, meskipun situasi keamanan di Ukraina, sengketa teritorial regional dan perdebatan tentang pemanasan global tengah menghantui dunia.

"Seperti yang Anda lihat di seluruh dunia masih ada banyak kesulitan dan masalah. Ada masalah di Timur Tengah, ada masalah di Eropa Timur, ada masalah yang mengerikan di Afrika Barat, pertumbuhan telah rapuh, tetapi pesan yang harus datang dari kami selama dua hari ini adalah pesan harapan dan optimisme,' lanjutnya.

Pertumbuhan ekonomi tersebut akan menambah jutaan lapangan kerja dan meningkatkan GDP global dengan lebih dari dua persen selama lima tahun ke depan, melalui perdagangan bebas dan investasi dalam infrastruktur.

Setiap pemimpin negara diharapkan menyampaikan pemikirannya tentang kontribusi apa yang bisa diberikan guna mencapai target pertumbuhan ekonomi US$ 2 triliun.

Pada hari Minggu, KTT G20 ini akan menyimpulkan dengan merilis ringkasan dari apa yang negara telah dicapai dan ingin mencapai di masa depan. (Ndw)

Ultah ke-29, RS Jantung Harapan Kita Siap Besarkan RS Wahidin

Posted: 15 Nov 2014 04:33 AM PST

Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) berulang tahun ke-29 pada 9 November 2014. Rencana ke depan, rumah sakit yang ditunjuk sebagai pusat rujukan nasional pelayanan kardiovaskular akan membina sejumlah pusat jantung nasional di Aceh, Makassar, dan Manado.

Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Dr. dr. Hananto Andriantoro, Sp.JP (K)., MARS., FICA, mengatakan,"Kami akan melakukan pembinaan untuk membuat layanan kardiovaskular menjadi lebih baik di seluruh Indonesia."

Menurut Hananto, pembinaan ini sesuai dengan permintaan yang diajukan Direktur Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia kepada RSJPDHK untuk menyiapkan satu pusat yang minimal sama dengan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

"Kita menyiapkan Rumah Sakit Wahidin untuk bisa menyamai Rumah Sakit Jantung Harapan Kita," kata Hananto dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-29 Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK), Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (15/11/2014)

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, Direktur Utama Rumah Sakit Wahidin diajak oleh mereka untuk berkunjung ke Pusat Diabetes dan Kardiovaskular yang terkenal di Eropa, yang terletak di Utrecht, Belanda. Dengan kunjungan itu, diharapkan mereka bisa mendapatkan pandangan, serta mendapatkan wawasan bagaimana membuat layanan kardiovaskular yang baik di Eropa.

"Agar bisa kita kerjakan di Indonesia. Sebab, Indonesia Timur masih banyak yang harus kita bina," kata Hananto. "Dan juga, masih banyak tenaga medis di Indonesia Timur yang harus kita siapkan agar dapat memberikan pelayanan kardiovaskular sebaik-baiknya," kata Hananto menambahkan.

Mengingat bahwa penyakit kardivaskular merupakan suatu penyakit berbahaya dan sangat mematikan, maka RSJPDHK tidak ingin  sekadar bekerja dan memberikan pelayanan semata, tapi juga memberikan pembinaan kepada sejumlah rumah sakit vertikal di Indonesia.

"Khususnya Rumah Sakit Wahidin di Makassar," kata dia menekan.

Ide Desain Rumah Minimalis Seluas 25 Meter Persegi

Posted: 15 Nov 2014 04:30 AM PST

Ibu kota Prancis, Paris, merupakan salah satu kota dengan tingkat populasi tertinggi di dunia. Dampaknya, tempat untuk berteduh alias rumah dengan luas kecil pun berharga yang sangat tinggi. Seperti yang dilansir dari Businessinsider.co.id, Sabtu (15/11/2014), kreativitas seorang desainer, Marianne Evennou, tertantang untuk menyulap ruangan yang hanya seluas 25 meter persegi menjadi rumah minimalis modern.

Klien Evennou menginginkan rumah dengan meja besar, dapur yang indah, tempat tidur di dekat jendela agar ia bisa menikmati cahaya lampu dari dalam rumah, tempat kerja yang nyaman, dan lemari untuk menyembunyikan barangnya.

Penasaran bagaimana Evennou menyulap ruangan seluas 25 meter persegi menjadi rumah minimalis nyaman huni? Berikut ulasannya!

Dapur

Klien menginginkan meja besar dan dapur yang bagus sudah terlaksana. Meja besar ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat menyiapkan masakan atau meja makan.

Kamar Tidur

Menginginkan dapur yang nyaman untuk memasak memang pastinya memakan tempat. Evennou pun mengakalinya dengan membuat loteng di atas dapur. Ia menempatkan tempat tidur dekat dengan jendela.

Tempat Kerja

Keinginan 1-3 sang klien pun sudah terwujud. Sekarang saatnya menata ruang lemari dan tempat kerja yang nyaman.

Ruang Santai

Untuk memberi kesan ceria, tak lupa Evennou menggunakan cover sofa dengan campuran warna-warna cerah dan menyala. (Jazaul Aufa/Igw).

Suami KDRT, Aida Saskia Pilih Pisah Ranjang

Posted: 15 Nov 2014 04:30 AM PST

Aida Saskia kini memutuskan keluar dari rumah yang selama tujuh bulan terakhir ia tempati bersama sang suami, Mahendra Pramudiyo alias Rindra di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Aida memilih tinggal bersama orangtuanya di Ciawi, Bogor.

Diakui Aida, kelakuan kasar Rindra sudah tak sanggup lagi ia terima. Karena bukan kali ini saja pelantun Ayam Jago itu mengalami KDRT seperti dipukul, dicekik bahkan ingin dibakar. Aida pun memutuskan untuk pisah ranjang.

"Yang jelas aku masih sangat trauma kalau harus hidup degan Rindra lagi. Waktu pacaran dia sangat baik, kalau tempramental seperti itu nggak mungkin aku pilih dia jadi suami aku," kata Aida saat dihubungi via BlackBerry Messenger (BBM), Sabtu (15/11/2014).

Ketika ditanya soal kemungkinan bercerai, Aida pun menjawab, "Saya belum tahu soal itu. Lihat nanti saja."

Seperti diberitakan sebelumnya, Aida Saskia mengaku mengalami KDRT oleh Rinda pada Kamis (13/11/2014). Aida mengaku dipukul, dicekik dan diseret Rinda dari pagar pintu rumah hingga ke dalam rumah. Aida mengaku tindak kekerasan yang dialaminya terjadi sejak awal-awal pernikahan. Aida dan Rindra menikah pada 5 Februari 2014.

 

Persib Tak Berminat Boyong Sergio van Dijk

Posted: 15 Nov 2014 04:29 AM PST

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurjaman, sudah mulai melakukan perburuan pemain untuk mengisi pos lini depan timnya pada kompetisi musim depan. Persib sebelumnya sudah memutuskan untuk melepas striker asing mereka asal Mali, Djibril Coulibaly.

Meski begitu, pelatih yang akrab disapa Djanur itu, mengaku tak tertarik untuk kembali merekrut mantan striker Persib, Sergio Van Dijk. "Saya sudah lihat dia kemarin bersama timnas. Penampilannya biasa-biasa saja, tidak bikin saya tertarik untuk merekrutnya kembali," kata Djanur, seperti dilansir situs resmi Persib, Sabtu (15/11/2014).

Djanur sendiri secara terang-terangan sangat meminati top skor Indonesia Super League (ISL) 2014, Emmanuel "Pacho" Kenmogne. "Kenmogne jadi alternatif penyerang kami di musim depan. Termasuk lima pemain lain juga yang sedang kami buru untuk lini belakang, tengah, dan depan," paparnya.

Persib sempat kebanjiran tawaran striker asing. Tidak tanggung-tanggung,  sekitar 10 legiun asing disodorkan beberapa agen kepada pelatih dan manajemen.

Untuk memantau permainan para pemain asing itu, pelatih Persib Bandung, Djajang Nurjaman, intens melakukan pemantauan melalui internet.

Seperti diketahui, tugas berat diemban Djanur untuk musim depan. Pasalnya, mereka harus mempertahankan gelar juara ISL. Di samping itu, musim depan Persib juga akan menghadapi jadwal padat lantaran juga mengikuti Piala Indonesia maupun kompetisi antarklub Asia.

 

Baca Juga:

[Urusan Cetak Gol, Rodriguez Ikuti Jejak Ronaldo](2134473 "")

[Tim Star Indonesia Menang Tipis atas Star Legends](2134491 "")

[Masa Depan Andik di Selangor Masih Belum Menentu](2134477 "")

Fadel: Kenaikan BBM Perlu Persiapan Lama, Dampaknya Luar Biasa

Posted: 15 Nov 2014 04:27 AM PST

Pemerintah berniat menaikkan harga bahan bakar minyak ([BBM](2134475 "")) bersubsidi. Namun beberapa kalangan meminta agar pemerintah tidak gegabah menaikkan harga BBM. Sebelum memutuskan, pemerintah diminta mematangkan rencana jangka panjang dan memikirkan dampaknya.

"Masih memerlukan waktu persiapan. Karena BBM ini kan berbeda dengan yang lain, multiple effect-nya luar biasa," ujar Wakil Ketua Umum Partai Golkar [Fadel Muhammad](2134467 "") di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (15/11/2014).

Fadel menilai, selama isu kenaikan BBM bergulir, pemerintahan Joko Widodo atau Jokowi belum menyiapkan anggaran untuk warga miskin. Anggaran tersebut yakni kompensasi dari kenaikan harga BBM, seperti subsidi pupuk, bantuan bagi Usaha Kecil Menengam (UKM) dan kompensasi lainnya.

"Saya Ketua Komisi XI, saya belum lihat ada anggaran yang dicantolkan. Kemenkeu harus menyiapkan dana penyangga. Supaya kenaikan BBM disiapkan dengan baik, siapkan dana bantalan supaya nggak menambah warga miskin," kata dia.

"Jadi persiapan dulu yang dimatangkan, harus baik, setelah itu baru bicara kenaikan," tandas mantan Gubernur Gorontalo itu.

‎Segera Diumumkan

Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK sebelumnya mengungkapkan, pengumuman rencana kenaikan harga BBM bersubsidi akan diumumkan secepatnya. Pengumuman akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung setelah kembali dari lawatan ke beberapa negara.

"Memang kita perlu cepat. Insya Allah begitu Pak Jokowi tiba, itu akan segera diumumkan supaya menghilangkan keragu-raguan yang ada," ujar JK di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

JK mengatakan, untuk saat ini pemerintah masih melakukan perhitungan ulang mengenai besaran tarif kenaikan yang akan diberlakukan. Penghitungan tersebut, mengacu harga minyak dunia saat ini anjlok ke level US$ 80 per barel.  

"Artinya yang dimpor juga naik harganya akibat rupiah tetapi turun harganya karena minyak dunia. Kita hitung kombinasinya berapa persen naik berapa persen," kata [JK](2134466 ""). (Ans)

Harga Biji Kakao Terjun Bebas di Palu

Posted: 15 Nov 2014 04:18 AM PST

Harga biji kakao di Palu, Sulawesi Tengah terus merosot pada Sabtu (15/11/2014). Padahal sebelumnya, harga komoditas ekspor itu tembus di harga tertinggi.

Pantauan Liputan6.com di sentra pengepulan biji kakao Jalan Ketimun, Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat, harga biji kakao saat ini dibeli pengepul Rp 29 ribu per kilo gram (kg) dari harga sebelumnya Rp 36 ribu per kg.

Pengepul mengaku, anjloknya harga biji kakao seiring turunnya pembelian pengekspor dalam beberapa hari terakhir di Palu.

"Kalau pembelian pengekspor turun, pasti mempengaruhi harga pembelian di tingkat pengepul. Sehingga harganya turun drastis. Ini sudah sepekan terakhir harganya turun," terang salah satu pengepul, Ahmadi.

Ia berharap harga akan kembali membaik lagi dalam beberapa hari ke depan, agar petani bisa menikmati harga yang bagus.

"Kasihan petani kalau harganya hancur seperti sekarang. Ya, semoga saja ke depan harganya kembali bagus," tandas Ahmadi. (Dio Pratama/Ndw)

Urusan Cetak Gol, Rodriguez Ikuti Jejak Ronaldo

Posted: 15 Nov 2014 04:06 AM PST

James Rodriguez sukses menjadi salah satu pemain bintang di Real Madrid. Gelandang asal Kolombia tersebut, berhasil mendapatkan kepercayaan dari pelatih Carlo Ancelotti berkat kinerja dan golnya.

Seperti dilansir dari situs resmi klub, Sabtu (15/11/2014), James telah membuat empat gol di Liga, dan semuanya dicetak di luar kandang. Gol perdananya adalah pada pertandingan ke 4 di Riazor, melalui tendangan silang dengan kaki kiri yang masuk tepat ke sudut atas tiang gawang. Gol yang luar biasa!

Dalam pertandingan ke 8, James meninggalkan jejaknya di Ciudad de Valencia setelah melakukan gerakan untuk melepaskan diri dibelakang punggung pemain bek Levante. Dan yang terakhir di Granada dimana ia melakukan doblete-nya yang pertama sebagai pemain blanco.

Gol yang pertama merupakan satu karya seni, dan gol yang kedua, memperlihatkan penciuman golnya yang sangat baik.
 
Satu-satunya pemain yang mencatat jumlah gol dalam pertandingan tandang lebih banyak dari pemain Kolombia tersebut, adalah Cristiano Ronaldo. Bintang asal Portugal itu, sudah membuat tujuh gol.

James sudah resmi menjadi pemain Madrid pertengahan Juli. Pemain asal Kolombia itu didatangkan Madrid dari AS Monaco. Madrid harus menembus James sebesar 80 juta euro.

Madrid terkesan dengan bakat besar pemuda 22 tahun itu setelah tampil apik di Piala Dunia 2014. James menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 2014 dengan koleksi enam gol.

 

Baca Juga:

[Tim Star Indonesia Menang Tipis atas Star Legends](2134491 "")

[Masa Depan Andik di Selangor Masih Belum Menentu](2134477 "")

[Persib Bandung Kebanjiran Tawaran Striker Asing](2134459 "")

Ketua Wantim Golkar: KMP Tak Akan Memakzulkan Jokowi

Posted: 15 Nov 2014 04:04 AM PST

Koalisi Indonesia Hebat (KIH) di DPR RI menginginkan pasal 98 dan pasal 74 dalam [UU MD3](2134494 "") direvisi. Sebab mereka menganggap kedua pasal itu memperkuat posisi parlemen terhadap pemerintah dengan hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.

Namun, Ketua Dewan Pertimbangan (wantim) Partai Golkar Akbar Tandjung menegaskan, Koalisi Merah Putih (KMP) tak pernah bermaksud menjegal pemerintahan Jokowi-JK melalui kedua pasal itu.

"Kekhawatiran bahwa nanti KMP akan melakukan langkah-langkah pemakzulan Jokowi, jalan pikiran itu tidak ada. Sama sekali nggak ada pikiran itu," kata Akbar dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/11/2014).

Untuk itu, Akbar mempertanyakan poin dari pasal 74 dan 98 itu yang membahayakan bagi pemerintah. Adapun hak angket, hak interpelasi, dan hak menyatakan pendapat memang sudah menjadi hak parlemen yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan telah diterapkan selama ini.

"Hak-hak itu sudah melekat pada DPR dan sudah merupakan turunan dari apa yang diputuskan melalui konstitusi. Dari sisi mananya yang mau diubah? Dari sisi mananya yang dianggap itu bertentangan dengan presidensial?" ucap Akbar.

Maka dari itu, Akbar berpendapat perlu adanya pembahasan lebih lanjut antara KMP dan KIH atas tafsiran pasal 74 dan pasal 98 itu. Sehingga KMP bisa memahami bagian mana dari pasal itu yang membahayakan.

"Saya kira nanti kalau dilakukan pembahasan detail mungkin dari situ baru bisa diketahui kekhawatirannya yang mana. Yang penting adalah perlu penjelasan kepada publik," tambah Akbar.

Pasal 74 ayat 3 berbunyi, Setiap pejabat negara atau pejabat pemerintah yang mengabaikan rekomendasi DPR, DPR dapat menggunakan hak interpelasi, hak angket, hak menyatakan pendapat, atau hak anggota DPR mengajukan pertanyaan.

Sedangkan dalam ayat 4 disebutkan, Dalam hal pejabat negara atau pejabat pemerintah mengabaikan atau tidak melaksanakan rekomendasi DPR sebagaimana dimaksud pada ayat (1), DPR dapat menggunakan hak interpelasi, hak angket, hak menyatakan pendapat, atau hak anggota DPR mengajukan pertanyaan.

Pasal 98 ayat 6 berbunyi, Keputusan dan/atau kesimpulan rapat kerja komisi atau rapat kerja gabungan komisi bersifat mengikat antara DPR dan pemerintah serta wajib dilaksanakan oleh pemerintah.

Di dalam ayat 7 disebutkan, Dalam hal pejabat negara dan pejabat pemerintah tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (6), komisi dapat mengusulkan penggunaan hak interpelasi, hak angket, hak menyatakan pendapat, atau hak anggota mengajukan pertanyaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dan pada ayat 8 disebutkan, DPR dapat meminta presiden untuk memberikan sanksi administratif kepada pejabat negara dan pejabat pemerintah yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud pada ayat (6).‬

Adapun Pasal 79 ayat 4 menyebutkan, Hak menyatakan pendapat adalah untuk menyatakan pendapat terkait dengan kebijakan pemerintah atau tentang kejadian luar biasa yang terjadi di Tanah Air atau di dunia internasional, dan tindak lanjut pelaksana [hak interpelasi](2134494 ""), dan hak angket.