Selasa, 18 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Harga BBM Naik, Stok Sembako Aman Hingga Tahun Baru

Posted: 18 Nov 2014 04:45 AM PST

Pemerintah telah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar sebesar Rp 2.000 per liter. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel meminta masyarakat jangan khawatir karena ketersediaan pangan terjamin, setidaknya hingga tahun baru.

"Yang kami pantau situasi masih terkendali. Ada kenaikan tapi itu dampak pengumuman kemarin. Masih bisa kami atasi, belum terlampau berlebihan. Yang jelas stok sampai tahun baru terjamin. Yang kita hadapi ini masalah spekulan, yang mau cari keuntungan sebesar-besarnya," kata Rachmat di Kantor Wapres, Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Rachmat juga menuturkan dirinya telah meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian di daerah untuk melakukan pemantauan dari waktu ke waktu. Mereka diminta berbicara dengan para pedagang, khususnya para grosir supaya tidak melakukan penimbunan.

"Kalau mengambil manfaat dari keputusan kemarin secara berlebihan, maka akan ada satu tindakan tegas," imbuhnya.

Ia melanjutkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan di daerah juga berkoordinasi dengan BIN dan Polri. Koordinasi diperlukan agar tak ada spekulan yang menimbun sembako. "Jangan sampai mengganggu atau menambah masalah di pasar," tutur Rachmat.

"Pokoknya masyarakat jangan panik dengan situasi sekarang, karena kenaikan ini (BBM) ada manfaatnya jangka panjang untuk kita. Jangan lihat jangka pendek," tegasnya.

Rachmat juga telah berkomunikasi dengan Menteri Perhubungan Ignatius Jonan supaya menjaga agar tak terjadi kemacetan logistik. Terhadap distributor, kenaikan harga pun diakuinya tak bisa dihindari.

"Kenaikan karena biaya angkutan atau logistik maka itu bisa dimengerti. Saya sudah komunikasi dengan Menteri Perhubungan agar angkutan bahan pokok didahulukan supaya jangan terjadi ada kemacetan atau keterlambatan perdagangan antar pulau. Itu harus segera diatasi atau didahulukan," tandas Rachmat. (Silvanus/Ndw)

Yuk, Kenalan dengan Anna Gilbert

Posted: 18 Nov 2014 04:45 AM PST

Pernahkah anda mendengar nama Anna Gilbert? Nama artis blasteran Amerika tersebut mendadak populer di dunia maya. Anna menjadi salah satu orang yang paling banyak dicari namanya di mesin pencari Google, setelah Vicky Monica.

Anna Gilbert lahir 20 tahun lalu di Jakarta pada tanggal 20 Desember 1993. Ia pertama kali bermain sinetron dalam serial laga kolosal Tutur Tinular 2011 lalu.

Selain Tutur Tinular, ia pernah bermain dalam beberapa judul FTV, diantaranya Ramadhan Cinta Mama, Cahaya Cinta di Bulan Ramadhan, dan Tentang Anak Kita.



Saat ini ia tengah sibuk syuting sinetron Aisyah Putri The Series: Jilbab In Love, sebuah sinetron yang diadaptasi dari novel berjudul Aisyah Putri karya Asma Nadia.

Dalam sinetron ini, Anna Gilbert berperan sebagai Puput, seorang remaja putri berjilbab yang kehidupan masa remajanya tak kalah seru dengan remaja yang tidak berjilbab. Ia beradu akting dengan Lucky Perdana (Hamka) dan sederetan bintang lain.

Muda, cantik, dan berjilbab. Anda suka dengan Anna Gilbert? (Gul/Ade)

Ini Penyanyi yang akan Tampil di Victoria`s Secret Fashion Show

Posted: 18 Nov 2014 04:35 AM PST

Salah satu ajang fashion yang sangat ditunggu akan hadir pada bulan depan. Pada Desember 2014, label pakaian dalam Victoria Secret akan menggelar fashion show tahunannya. Ada banyak hal yang dinanti dari pagelaran busana Victoria Secret ini.

Salah satu suguhan dari Victoria’s Secret fashion show yang banyak ditunggu orang adalah penampilan para musisi ternama dalam membawakan lagu-lagu mereka. Siapa saja bintang musik yang akan mengisi catwalk Victoria Secret fashion show 2014?

Seperti dilansir dari situs eonline.com pada Selasa (18/11/2014), nama Ariana Grande, Tayloe Swift, dan Ed Sheeran disebut sebagai penampil-penampil di gelaran busana dari label asal Amerika yang didirikan oleh Roy Raymond pada tahun 1977 itu.

Selain penapilan para musisi kelas dunia tentu saja yang juga menjadi fokus perhatian pada fashion show yang akan diselenggarakan di London itu adalah para Victoria’s Secret Angels yang memakai pakaian dalam label tersebut.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, model Alessandra Ambrosio dan Adriana Lima akan membawakan pakaian dalam spesial dari Victoria’s Secret yang disebut dengan fantasy bra.

Dalam 3 Bulan, Utang Luar Negeri RI Bertambah Rp 74 Triliun

Posted: 18 Nov 2014 04:32 AM PST

 Bank Indonesia melaporkan Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia hingga akhir triwulan III 2014 kembali meningkat sebesar US$6,1 miliar atau setara dengan Rp 74 triliun (estimasi kurs Rp 12.146 per dolar AS) d‎ibandingkan dengan posisi ULN Indonesia pada akhir triwulan II 2014‎ yang tercatat sebesar US$286,2 miliar.

‎Peningkatan posisi ULN tersebut terutama dipengaruhi oleh meningkatnya kepemilikan non residen atas surat utang yang diterbitkan oleh sektor publik (US$ 4,3 miliar), pinjaman luar negeri sektor swasta (US$ 2,3 miliar), dan simpanan non residen di bank domestik (US$ 1,7 miliar) yang melampaui turunnya pinjaman luar negeri sektor publik (US$ 2,2 miliar).

‎Dengan perkembangan tersebut, rasio ULN terhadap produk domestik bruto (PDB) meningkat dari 34,00 persen pada triwulan II 2014 menjadi 34,68 persen pada September 2014.

"Bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, posisi ULN meningkat US$ 29,4 miliar atau 11,2 persen dari US$ 262,9 miliar," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara dalam keterangannya, Selasa (18/11/2014).

Peningkatan tersebut terutama disumbang oleh kenaikan pinjaman luar negeri sektor swasta (US$ 8,6 miliar) serta surat utang sektor publik (US$ 14,5 miliar) dan sektor swasta (US$ 4,9 miliar).

‎Pada sektor swasta, posisi ULN pada akhir September 2014 terutama terpusat pada sektor keuangan, industri pengolahan, dan pertambangan.

Posisi ULN ketiga sektor tersebut masing-masing sebesar US$ 46,6 miliar (29,3 persen dari total ULN swasta), US$ 32,5 miliar (20,4 persen dari total ULN swasta), dan US$ 25,8 miliar (16,2 persen dari total ULN swasta).

Bila dibandingkan dengan triwulan II 2014, posisi ULN sektor keuangan dan sektor industri pengolahan masing-masing tumbuh 9,2 persen, dan 3,9 persen, sementara sektor pertambangan mengalami penurunan sebesar 6,6 persen.

Posisi ULN Indonesia pada akhir September 2014 terdiri dari ULN sektor publik sebesar US$ 132,9 miliar (45,5 persen dari total ULN) dan ULN sektor swasta US$ 159,3 miliar (54,5 persen dari total ULN).

Posisi ULN kedua sektor tersebut masing-masing meningkat 1,0 persen dan 3,1 persen dibandingkan dengan posisi akhir triwulan II 2014 sebesar US$ 131,7 miliar dan US$ 154,5 miliar.

Berdasarkan jangka waktu asal, posisi ULN Indonesia didominasi oleh ULN berjangka panjang (83,3 persen dari total ULN)‎.

ULN berjangka panjang pada akhir September 2014 mencapai USD243,4 miliar, meningkat USD6,0 miliar atau 2,5% dibandingkan dengan posisi akhir triwulan II-2014 sebesar USD237,4 miliar.

"Bank Indonesia memandang perkembangan ULN masih cukup sehat, namun perlu terus diwaspadai risikonya terhadap perekonomian," tutup Tirta. (Yas/Ndw)

News Hilite 18 November 2014

Posted: 18 Nov 2014 04:32 AM PST

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memastikan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta ‎di Istana Kepresidenan pada Rabu 19 November 2014

Banyak Anak Nggak Doyan Makan Sayur

Posted: 18 Nov 2014 04:30 AM PST

Banyak sekolah di seluruh dunia saat ini telah menyediakan [makanan sehat ](2133391 "") bagi siswanya untuk makan siang. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins Bloomberg School of Publik Health menemukan bahwa para siswa tidak memakan makanan tersebut.

Seperti dilansir dari The Daily Signal pada Selasa (18/11/2014), hampir 6 dari 10 siswa yang menaruh makanan sehat seperti sayuran pada nampan, tetapi hanya seperempat yang memakannya, bahkan hanya satu gigitan.

Para peneliti mengamati kebiasaan makan dari 274 anak di 10 sekolah di New York City dari TK hingga kelas 2 SD. Dari penelitian tersebut diketahui bahwa 58 persen anak mengambil buah dan 59 persen mengambil sayuran. Dari jumlah tersebut, hanya 24 persen yang memakan sayurannya.

Para peneliti juga mencatat bahwa ada beberapa faktor yang memengeruhi kebiasaan tersebut. Di antaranya adalah ada atau tidaknya guru, tingkat kebisingan di kantin, panjang waktu makan siang dan bahkan ukuran makanan yang telah dipotong.

Dari penelitian ini, menjadi perhatian bersama bagaimana kebijakan pengelolaan makanan bagi siswa. Sampai saat ini, yang diperhatikan adalah jumlah gizinya saja. Yang harusnya dilakukan, selain memperhatikan kandungan gizi, juga faktor-faktor lainnya sehingga anak menjadi tertarik untuk makan [makanan sehat.](2128378 "")

Berpose Ala Kim Kardashian, Karakter Disney Ini Ikut Pamer Bokong

Posted: 18 Nov 2014 04:30 AM PST

Aksi Kim Kardashian beberapa waktu lalu di majalah Paper dengan memamerkan bokong dan payudaranya, rupanya membuat beberapa penggemar Disney gemas. Salah satu karakter akhirnya dibuat dengan mengikuti gaya sang selebritis.

Merujuk dari laman Etonline.com, Senin (17/11/2014), penyihir jahat laut Ursula yang diambil dari kisah The Little Mermaid, baru saja menjadi objek parodi dari pose vulgar Kim Kardashian itu.

Ilustrator asal Jerman, Olga 'AsuRocks' Andriyenko baru saja membuat parodi gaya Kim Kardashian secara menggemaskan dengan menggunakan Ursula sebagai modelnya.

Di situ, terlihat sang penyihir berkulit ungu dan bertubuh tambun itu melorotkan kostum guritanya hingga sebagian besar bokongnya terpampang. Di situ tertulis sebuah kalimat parodi, "Break the Ocean Ursula."

Namanya juga parodi, tentunya pose tersebut sangatlah jauh dari kesan menawan, apalagi menggoda bagi orang-orang, terutama para pria. Bahkan, nama majalah pun diganti menjad 'Water' dan lokasinya diubah menjadi 'Atlantica', sementara waktunya tetap 'Winter 2014'.

"Ketika melihat The Little Mermaid lagi, saya harus mengakui kalau Ursula memiliki bokong besar yang mengesankan," terang Olga Andriyenko melalui akun Facebook miliknya sembari membagi desain buatannya. "Jadi saya harus melukis potongan seksi ini... Lagipula siapa itu Kim Kardashian? XD."



Parodi pose telanjang Kim Kardashian bukan kali ini saja. Sebelumnya, beberapa pihak sempat mengunggah foto-foto sang artis dengan berbagai perubahan, sepert mengganti bokongnya dengan tubuh kuda atau menambahkan topi kupluk di kepalanya. (Rul/Feb)

5 Negara dengan Populasi Mobil Terbanyak di Dunia, Indonesia?

Posted: 18 Nov 2014 04:29 AM PST

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi, tingkat kemampuan seseorang untuk membeli mobil pun meningkat. Tak heran, hal ini membuat sejumlah jalan di kota-kota besar seperti Jakarta nyaris tak bergerak.

Macet yang telah menjadi penyakit menahun di Ibukota nampaknya belum seberapa dibandingkan dengan negara-negara lain. Parahnya lagi, angka kepemilikian kendaraan di Indonesia belum terlalu besar dan diprediksi akan terus tumbuh.

Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi beberapa waktu lalu menuturkan, angka kepemilikian mobil di Indonesia masih terbilang rendah. Dari 1.000 penduduk, 40 di antaranya sudah memiliki mobil.

Jumlah ini lebih rendah dibandingkan Thailand. Di mana 128 dari 1.000 orang penduduknya sudah memiliki kendaraan pribadi. Sementara di Jepang, pemilik kendaraan mencapai 580 dari 1.000 orang penduduk.

Lantas apakah Indonesia masuk sebagai negara dengan populasi mobil terbanya di dunia? Berikut Liputan6.com uraikan lima negara dengan angka kepemilikan mobil tertinggi seperti dilansir dari Therichest:

Klik halaman berikutnya!

Islandia

1. Islandia

Negara yang hanya memiliki luas tak lebih dari 103 ribu meter persegi ini bisa dibilang sebagai negara yang cukup kecil jika dibandingkan dengan Indonesia.

Namun, tak adanya fasilitas transportasi umum, membuat warganya memilih untuk membeli kendaraan. Tercatat, per 1.000 populasi ada 646 mobil.

Luksemburg

2. Luksemburg

Negara yang stu ini terletak di antara Jerman, Prancis, dan Belgia. Dengan letaknya yang strategis, Luksemburg mampu menjadi negara yang sukses mensejahterakan rakyatnya.

Jika pendapatan per kapita Indonesia hanya US$ 4 ribu. Di Luksemburg GDP-nya mencapai US$107.206.

Tingginya tingkat kemakmuran rakyat Luksemburg membuat mereka dapat dengan mudah membelanjakan uangnya, termasuk untuk membeli kendaraan.

Di negara dengan jumlah populasi setengah juta orang ini, terdapat 667 mobil per 1.000 penduduk.

Monako

3. Monako

Negara yang satu ini memang di kenal sebagai salah satu kiblatnya otomotif. Berbagai gelaran balap pun di gelar, dari yang skala lokal hingga internasional sekelas balapan Formula One (F1).

Dikatakan, rakyat Monako memiliki GDP yang tinggi membuat mereka nyaman dalam gaya hidup yang glamor. Terhitung, dari 1.000 penduduk, tercatat ada 729 mobil.

Liechtenstein

4. Liechtenstein

Negara yang berdiri di Eropa Tengah serta diapit Swedia dan Austria ini hanya memiliki populasi 37 ribu orang. Meskipun telah memiliki fasilitas transportasi yang memadai, termauk jaringan kereta dan bus, namun banyak warga Liechtenstein yang memilih mengemudi.

Tak pelak, kondisi tersebut membuat negara ini memiliki populasi kendaraan yang cukup tinggi. Setidaknya ada 744 mobil yang beredar per 1.000 penduduk.

San Marino

5. San Marino

Di dalam daftar, San Marino menjadi negera dengan tingkat populasi kendaraan tertinggi. Betapa tidak, dari 1.000 populasi penduduk, tercatat ada 1.139 mobil.

Dikatakan, sebagian warga San Marino memiliki dua mobil sekaligus. Padahal luas wilayah negara tersebut 10 kali lebih kecil daripada Chicago.

Austria vs Brasil: Berebut Rekor Tidak Terkalahkan

Posted: 18 Nov 2014 04:26 AM PST

Tim nasional Brasil tengah mengincar kemenangan keenam mereka berturut-turut usai Piala Dunia. Kini mereka akan melawat ke Ernst-Happel Stadium untuk menantang tuan rumah Austria, pada Rabu (18/11) dini hari WIB besok.

Penampilan Seleccao (julukan Brasil) perlahan-lahan meningkat sejak Carlos Dunga mengambil alih kursi kepelatihan menggantikan Luiz Felipe Scolari usai Piala Dunia.

Lima kemenangan beruntun yang telah diraih membuktikan kembalinya Brasil sebagai salah satu kekuatan sepak bola dunia yang patut ditakuti serta memantapkan persiapan mereka menuju Copa America tahun depan. Dalam lima partai uji coba tersebut, Seleccao telah membukukan 12 gol dan belum kebobolan sama sekali.

Lini belakang mereka tampak solid dan stabil, saat Brasil membungkam Turki 4-0 pada Kamis (13/11) dini hari. Sedangkan kapten baru tim Neymar, telah menyumbangkan dua gol.

Di sisi tuan rumah, Austria juga tengah dalam performa mengesankan. Tim asuhan pelatih Marcel Koller ini menjadi yang tak terkalahkan selama sembilan pertandingan. Mereka kini menjadi pemuncak klasemen Grup G di kualifikasi Piala Eropa. Di laga terakhir Austria melawan Rusia pada Minggu (16/11) lalu, Austria menang 1-0.

Pada laga melawan Rusia, Rubin Okotie mencetak gol satu-satunya untuk Austria. Inilah gol kedua Okotie secara berturut-turut selama dua pertandingan.

Austria kini perada di peringkat 29 FIFA, berjarak 23 peringkat di bawah Seleccao. Kedua tim sudah bertemu sebanyak delapan kali, termasuk dua di antaranya di Piala Dunia. Total Brasil menang lima kali dan imbang tiga kali. Bertemuan terakhir mereka terjadi pada 1988 dan pada saat itu Brasil menang 2-0.

Prakiraan Pemain :

Austria (4-4-1-1) : Almer; Klein, Dragovic, M Hinteregger, Fuchs; Harnik, Leitgeb, Baumgartlinger, Ilsanker; Okotie; Arnautovic.

Brasil (4-4-2) : Diego Alves; Danilo, Miranda, David Luiz, Filipe Luis; Fernandinho, Oscar, Luiz Gustavo, Willian; Luiz Adriano, Neymar.


Kenaikan BBM Jadi Alasan BI Naikkan Suku Bunga Acuan

Posted: 18 Nov 2014 04:24 AM PST

 Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan (BI Rate) sebesar 25 basis poin menjadi 7,75 persen. Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengungkapkan kenaikan tersebut ditempuh untuk merespon kebijakan pemerintah dalam hal penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Dia mengungkapkan, dengan adanya kenaikan harga BBM, maka akan menimbulkan ekspektasi inflasi yang lebih tinggi dari prediksi pemerintah sebelumnya yaitu 4,5 persen.

"Kami menaruh tinggi ekpektasi inflasi, sejak bulan lalu ada kecenderungna meningkat baik di pedagang eceran atau konsumen dan tentu perlu diyakini agar ekspektasi inflasi itu sesuatu yang terjangkar dan itu antara lain alasan penyesuain BI rate ini," kata Agus di Gedung Bank Indoensia, Selasa (18/11/2014).

Tidak hanya itu, kenaikan suku bunga tersebut juga dalam rangka mengarahkan defisit neraca transaksi berjalan ke arah yang lebih sehat yaitu di bawah 2,5 persen dari PDB.

Agus menilai, perkembangan defisit neraca transaksi berjalan saat ini sudah cukup baik dengan menujukkan tren penurunan, namun hal itu masih di atas batas toleransi 2,5 persen dari PDB.

‎"Yang sehat bukan berarti harus suplus, tapi kami meyakini di bawah 2,5 persen dari PDB, itu yang lebih sehat. Memang saat ini sudah baik, tapi harus diturunkan lagi," kata dia.

Dengan ini, BI juga ingin meyakinkan kepada para investor dan pelaku keuangan bahwa BI selalu menjaga stabilitas makro ekonomi Indonesia dan sistem keuangan akan selalu terjaga.

Tidak hanya menaikkan suku bunga, BI juga memutuskan menaikkan landing fasility sebesar 50 basis poin menjadi 8 persen.

Kenaikan landing fasility tersebut dimaksudkan agar liquiditas industri perbankan ‎lebih tinggi mengingat tidak akan mudah perbankan menitipkan liquiditasnya ke Bank Indoensia. (Yas/Gdn)