Senin, 24 November 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Serangga Sebagai Cemilan Makin Populer

Posted: 24 Nov 2014 05:03 AM PST

Serangga. Membayangkannya saja sudah membuat kita merasa geli, apalagi untuk memakannya? Namun, jangan salah, serangga telah dikonsumsi oleh manusia sepanjang sejarah ini. Untuk kudapan ataupun makanan pokok. Di banyak negara di belahan dunia, serangga masih dinikmati, kecuali di Amerika Utara dan Eropa.

Di Australia dan Amerika Selatan, rayap dikonsumsi sebagai camilan. Di Cina dan Jepang lebih banyak mengkonsumsi jangkrik, karena rasanya yang gurih dan memiliki kandungan protein yang tinggi.

Bahkan di Thailand pun tidak sulit menemukan pedagang yang menjual belalang goreng, jangkrik, kalajengking, laba-laba, dan cacing untuk dijadikan snack saat berjalan-jalan.  Di indonesia pun juga ada daerah yang berburu serangga tidak hanya untuk pakan ternak tetapi juga untuk dikonsumsi sendiri.

Contohnya di daerah Gunung Kidul, Sleman, Jogjakarta banyak ditemui penjual belalang goreng di pinggir jalan. Mereka membuka lapak untuk menjajakan belalang hasil tangkapan  dan mengolahnya langsung ditempat, sehingga belalang goreng tersebut bisa dikatakan fresh from the oven.

Kemudian di Papua, larva kumbang kelapa dan ulat sagu biasa disantap mentah ataupun matang.  Mengkonsumsi serangga dapat menjadi alternatif diet harian kita. Karena serangga memiliki tingkat protein dan lemak yang sebanding dengan daging sapi dan susu, ditambah dengan asam amino, vitamin, mineral, karbohidrat, dan serat yang cukup. Bahkan, tepung serangga sering digunakan dalam pembuatan chocolate chips.

Belalang segar memiliki kandungan protein sebanyak 26,8%, jangkrik sebanyak  13,7%, dan pada rayap sebanyak 20,4%. Bandingkan dengan protein pada udang segar yang berkisar 21%, daging sapi 18,8%, dan daging ayam 18,2%. Tidak kalah bukan? Namun, bagi penderita alergi seafood sebaiknya menghindari konsumsi serangga, karena memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Bahkan, Organisasi Pangan Dunia (FAO) telah meneliti dan membahas tentang dampak ekologis, manfaat gizi, penggunaan untuk pakan ternak, dan implikasi bagi keamanan dan ketahanan pangan dunia. Diperkirakan pada tahun 2050 populasi di dunia dapat mencapai 9 miliar lebih, hal ini menyebabkan cadangan makanan akan lebih rendah dari sebelumnya, dan produktivitas pertanian akan terhalang oleh berbagai faktor ekologi.

Tentunya, dengan tingkat perkembangan teknologi yang semakin maju, serangga dapat dibudidayakan dengan lebih baik dan dapat menjadi salah satu alternatif pangan hewani yang dapat mendukung keamanan dan ketahanan pangan ketika terjadi krisis di masa mendatang.

Penulis:

Adyastuti Fitria Damayanti
No.Hp: 081393821717

"Fans Manchester City Harus Berisik Lawan Muenchen"

Posted: 24 Nov 2014 05:01 AM PST

Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini, berharap para fans memberikan dukungan penuh saat menghadapi Bayern Muenchen, Rabu (26/11/2014). Ia ingin menjadikan Etihad Stadium tempat yang mengerikan bagi FC Hollywood.

"Mungkin di laga terakhir menghadapi CSKA Moskow, para fans tidak terlalu berisik seperti di Liga Premier," ujarnya seperti dilansir Mirror (24/11).

"Tapi saya yakin saat menghadapi Muenchen di Etihad Stadium, kita akan melihat fans Manchester City yang sesungguhnya. Mereka akan sangat penting bagi kami untuk meraih kemenangan."

The Citizens menyerah 1-2 saat menghadapi CSKA di Etihad Stadium. Saat ini, skuat asuhan Manuel Pellegrini ini terancam tidak lolos dari fase grup karena masih berada di posisi juru kunci klasemen grup E.

Dalam laga menghadapi The Bavarians, City tidak akan diperkuat Yaya Toure, Fernandinho, David Silva, Aleksandar Kolarov, dan Edin Dzeko. Itu sebabnya Manuel Pellegrini harus memainkan pemain pelapis yang tepat untuk meraih tiga poin saat menghadapi Muenchen.

5 Cara Kirim Pesan yang Rusak Kesehatan Anda

Posted: 24 Nov 2014 05:00 AM PST

Pernahkah Anda mendengar `text neck` atau suatu kondisi yang disebabkan oleh keseringan menunduk kirim pesan seperti chatting, sms-an, atau email dengan smartphone? Tekanan membungkuk pada bagian menyebabkan efek samping pada leher yang mencakup otot tegang, saraf terjepit, dan herniated disc atau keadaan bantalan (disc) yang berada diantara tulang vertebra keluar dari tempat normalnya. Dokter khawatir hal ini tidak dapat diperbaiki kembali dan menyebabkan distorsi pada leher.

Mengirim pesan dapat membantu dalam mempermudah hubungan dan segala rencana, tetapi jangan lupa kirim pesan juga bisa membebani punggung, mengubah otak remaja, merusak hubungan romantis, merusak mata, dan memperpendek harapan hidup Anda. Panik? Berikut ulasan seperti yang dilansir dari Bustle.com, Senin (24/11/2014):

Cedera Punggung

1. Cedera Punggung

Leher bukan satu-satunya bagian tubuh yang mengalami ketegangan akibat posisi menunduk dan bungkuk saat menatap smartphone. Masalah yang ditimbulkan bisa seperti postur tubuh menjadi buruk, serta menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, sembelit, dan bahkan penyakit jantung. Bagaiman menghindari hal ini? Dengan mengubah posisi menjadi tegak dan tegap tentunya atau mudahnya setiap 3 detik tegakan posisi tubuh Anda.

2. Berdampak Pada Perkembangan Otak Anak

Sebuah studi di Kanada menghubungkan antara kirim pesan da perkembangan otak remaja dan menemukan bahwa smartphone dapat berpengaruh buruk. Seorang epidemiologis dan peneliti utama studi tersebut, Dr. Michael Abramson, mengatakan bahwa melatih remaja untuk bekerja terlalu cepat dan sering membuat kesalahan. Selain itu, rata-rata remaja yang mengirim dan menerima 82 teks dalam sehari dapat terkena depresi, kecemasan, dan menurunkan pretasi akademik bagi remaja.

Memperburuk Hubungan

3. Memperburuk Hubungan

Kirim pesan memang bisa memperbaiki hubungan Anda dengan mempermudah mengetahui keadaan pasangan. Menurut fakta dari para peneliti dari Universitas Brigham Young, Amerika Serikat, sekitar 70 persen orang dewasa berusia 18-25 tahun mengatakan teknologi ini meningkatkan hubungan mereka.

Meskipun demikian, para peneliti menemukan bahwa peningkatan hubungan tergantung pada pesan apa yang Anda kirim. Studi yang diteliti Jonathan Sandberg mengungkapkan bahwa memberikan masalah melalui pesan akan menimbulkan banyak distorsi karena hanya sebatas kata-kata bukan pasangan Anda seutuhnya.

Merusak Mata

Merusak Mata

Mungkin Anda termasuk orang yang selama berjam-jam berdiam di depan layar komputer atau smartphone yang tidak baik untuk mata karena bisa merusak mata atau membuat mata menjadi kering. Mata kering, mata tegang, sakit kepala dan leher, dan pandangan kabur bisa disebabkan oleh hal tersebut dan disebut sebagai `Computer Vision Syndrome (Sindrom Daya Lihat Komputer)`. Biasanya kerusakan mata yang belum akut kaan berkurang jika kita berpaling dari komputer atau smarphone selama 20 detik tiap 20 menit.

Memperpendek Harapan Hidup

Sebuah studi dari `Chiropractic Association` di Inggris menemukan bahwa kegiatan `membungkuk` dan `menunduk` tersebut bisa memberi tekana pada organ internal tubuh dan menyebabkan tubuh sulit untuk mengambil napas penuh. Hal ini mungkin menyebabkan hyperkyphosis atau kelengkungan tulang belakang. Hal ini bisa membuat penurunan fungsi tubuh di kemudian hari. Dampaknya, tingkat harapan hidup menurun. Terlebih, jika Anda mengirim pesan saat mengemudi atau menyebrang jalan.

Siap-siap Dengarkan Musik 36 Jam Nonstop di JMF 2014

Posted: 24 Nov 2014 05:00 AM PST

Jelang akhir 2014, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengadakan tontonan musik gratis untuk masyarakat umum. Melibatkan sekitar 100 musisi, Jakarta Musik Festival (JMF) 2014 akan dilakukan selama 36 jam nonstop di Lapangan D, Senayan, Jakarta Pusat, 29-30 November 2014.

"Dinas Pariwisata DKI Jakarta akan menggelar tontonan gratis selama 36 jam nonstop," ujar Subaedah, Kabid Pengelolaan Destinasi Jakarta, di Rolling Stone Cafe, Jakarta Selatan, Senin (24/11/2014).

"Tujuannya kami memfasilitasi musisi yang bisa dinikmati seluruh masyarakat Jakarta. Gratis tapi berkualitas, ini jarang sekali loh," sambungnya.

Serunya, masayarakat dapat menikmati beragam jenis musik yang disajikan di atas dua panggung. Mulai dari pop, rock, jazz, rap, dangdut, melayu, reggae, dan berbagai musik tradisional. Tak hanya itu, jika di kalangan junior ada Keisha Alvaro, Tegar, JKT48 hingga Zaskia Gotik, dari kalangan Legend juga terdapat musisi senior seperti The Rollies, Deddy Dores, dan Nia Daniati.

"Nantinya kita menyajikan pegelaran musik dengan tema, lintas usia, genre dan generasi yang berbeda. Saya bersyukur kita bisa bergabung dengan anak-anak muda dan yang senior. Pasti akan seru ya," terang Nia Daniati.

JMF 2014 dibuka pada Sabtu (29/11/2014) tepat pukul 9.00 WIB dan berakhir Minggu (30/11/2014) pukul 21.00 WIB. Puluhan artis dari berbagai kalangan akan ikut memeriahkan event Pemprov DKI tersebut seperti, Wali, Siti Liza, Zaskia Gotik, Geisha, D'Masiv, Grass Rock, Nafa Urbach, Reza Artamevia, Nia Daniaty, Bass Project, dan JKT48. Rencananya, event ini akan dicanangkan menjadi kegiatan rutin tahunan Pemprov DKI Jakarta.

"Pokoknya, harapannya semoga ini menjadi ajang silaturahmi para musisi Tanah Air untuk kumpul dan menghibur masyarakat. Bisa diadakan setiap tahun, dan bisa berlangsung sukses," tutup Nafa Urbach.(Ras/Mer)

Ungkap Harga BBM, Pemerintah Harus Berani Paksa Pertamina

Posted: 24 Nov 2014 04:57 AM PST

Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Faisal Basri meminta Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menginstruksikan kepada PT Pertamina (Persero) untuk transparan dalam menentukan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menurut Faisal, hal yang harus diungkapkan oleh Pertamina antara lain mengenai biaya impor BBM dan biaya produksi. Transparansi biaya-biaya tersebut diharapkan bisa digunakan untuk merumuskan harga BBM yang sesuai.

"Kita tahu harga Premium Rp 8.500 dan Pertamax Rp 9.950 jadi Rp 9.500. Tetapi yang kita tidak tahu, angka Rp 8.500 untuk RON 88 itu bagaimana menghitungnya, tidak cukup hanya dibandingkan dengan RON 92," kata Faisal, di kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Senin (24/11/2014).

Oleh karena itu, Tim Reformasi menginginkan agar Menteri ESDM Sudirman Said meminta kepada Pertamina mengungkapkan hitungan secara rinci penentuan harga BBM tersebut.

"Saya menuntut ke Pak Menteri untuk dibuka. Ke publik. Dibuka semua ini terkait dengan ongkosnya," tuturnya.

Menurut Faisal, hal tersebut bisa menghindari spekulasi di masyarakat yang membuat kredibilitas pemerintah menurun.

"Jadi kita punya data yang bisa dikomparasikan dengan negara lain supaya tidak terjadi silang sengketa di masyarakat yang menimbulkan kredibiltas pemerintah berkurang. Itu pemerintah harus meminta Pertamina untuk buka," pungkasnya. (Pew/Gdn)

Pelantikan Rektor Baru UGM - Puluhan Calon TKI Ilegal Dipulangkan

Posted: 24 Nov 2014 04:56 AM PST

Sebulan setelah ditinggalkan Pratikno yang diangkat menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), kursi rektor Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, diisi Prof. Dwikorita, seorang pakar kebencanaan. Berita ini mengawali [Kilas Indonesia](2137115 ""), seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (24/11/2014).

Sosoknya yang dikenal sebagai teman dekat Menteri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pujiastuti ini terpilih melalui musyawarah mufakat oleh 19 anggota dari 23 anggota majelis wali amanat.

Pelantikan Dwikorita tidak dilakukan menteri atau pemerintah pusat karena ia hanya melanjutkan masa bakti rektor sebelumnya hingga 2017.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan meresmikan kereta api komuter perintis, jurusan Sidoarjo - Mojokerto. Menhub melihat dari dekat berbagai fasilitas pendukung hingga soal kebersihan KA Perintis Jenggala.

Menhub bahkan sempat menegur Bupati Sidoarjo Saifulilah karena acara peresmian molor disebabkan bupati datang terlambat.

Beralih ke Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebanyak 40 calon TKI ilegal termasuk 6 balita asal Kefamenanu dipulangkan petugas. Saat ditangkap petugas mereka mengaku hendak mengunjungi keluarga di Kupang.

Namun saat diinterogasi para calon TKI akhirnya mengaku direkrut seseorang bernama Dolvianus Seran untuk bekerja pada perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Timur.

Sidang lanjutan kasus[ pembunuhan](2138804 "") pelajar SMP di PN Sumber, Kabupaten Cirebon ricuh. Puluhan keluarga korban yang mendatangi pengadilan berusaha menghakimi kedua terdakwa yang masih di bawah umur.

Saat keluar sidang menuju ruang tahanan, emosi keluarga korban dipicu pembelaan kuasa hukum terdakwa yang meminta [hukuman](2138073 "") seringan-ringannya. (Mar/Yus)

Permintaan Pendiri Partai Demokrat kepada SBY

Posted: 24 Nov 2014 04:54 AM PST

Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat menggelar konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (24/11/2014). (Liputan6.com/Johan Tallo)

BBM Naik, KMP Gulirkan Hak Interpelasi

Posted: 24 Nov 2014 04:45 AM PST

Koalisi Merah Putih menggulirkan rencana Hak Interpelasi kenaikan harga BBM, Jakarta, Senin (24/11/2014). (Liputan6.com/Andrian M Tunay)

Nam Tae Hyun WINNER Dihujat Karena Dinggap Tak Sopan

Posted: 24 Nov 2014 04:45 AM PST

Sebagai idola, tingkah laku hingga pembicaraan akan selalu menjadi sorotan publik. Wajar saja jika seleb akan berusaha tampil sebaik mungkin.

Sayangnya, hal tersebut tak disadari Nam Tae Hyun yang merupakan personel boy band pendatang baru WINNER. Sebagai artis yang baru berkecimpung di ranah hiburan, Nam Taehyun diharapkan tampil hingga berbicara dengan baik. Namun Nam Tae Hyun kebablasan hingga dianggap tak sopan.

Semua itu bermula ketika WINNER menjadi bintang tamu spesial dalam GS& Concert 2014 yang berlangsung di Songpa-gu di Seoul, Korea Selatan. Di sana, WINNER disambut dengan histeria penonton.

Akibat terlalu berisik, suara Kang Seungyoon--pemimpin WINNER--jadi tak terdengar. Nam Tae Hyun tiba-tiba saja dengan tegas mengatakan, "lagi, berbicara nih!"

Kang Seungyoon sempat kaget mendengar Nam Taehyun mengatakan hal itu. Akhirnya. Nam Tae Hyun disebut tak sopan akibat memotong pembicaraan Kang Seungyoon. Selain itu, Nam Tae Hyun menggunakan kalimat informal di atas panggung.

Sejak itu, Nam Tae Hyun pun dihujat di beberapa situs media online hingga media sosial. Mereka menyebut Nam Tae Hyun tak sopan karena menggunakan bahasa yang tak pantas.

Beberapa komentar bernada negatif pun datang, menyebutkan jika pendatang baru seperti Nam Tae Hyun mulai banyak kontroversi. Bahkan, ada juga yang menuliskan jika anak-anak di Korea bahkan bisa menggunakan bahasa yang lebih baik dari dia.

Namun ada juga yang memberikan pembelaan kepada Nam Tae Hyun. Mereka menuliskan, Nam Tae Hyun berbicara seperti itu hanya untuk menggoda penggemar.

 

Raih Dana Rp 150 Miliar, Pemprov Jawa Barat Dongrak Produksi Padi

Posted: 24 Nov 2014 04:44 AM PST

Kementerian Pertanian RI memberikan suntikan dana kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp 150 miliar. Suntikan dana tersebut untuk meningkatkan produksi padi.

"Pemerintah pusat positif memberikan bantuan percepatan produksi padi seperti benih, alat panen dan irigasi sebesar Rp 150 miliar," kata Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, Senin (24/11/2014).

Kepastian tersebut setelah politisi PKS yang akrab disapa Aher ini menggelar pertemuan dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Wakil Bupati Subang, Imas Arymuningsih.

Bila tidak ada halangan, dana tersebut akan cair pada akhir Desember 2014, dan selesai pada Maret 2014. Selain itu, pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk pembangunan bendungan di Cijengkol Rp 200 miliar untuk irigasi.

"Pak Menteri akan memberikan dana akhir tahun. Kita ada dasar untuk meminta (anggaran untuk bendungan). Saya kira Kementerian PU dan Pertanian ada alasan untuk memberikan ke Jabar karena berhasil meningkatkan produksi," tutur Ahmad.

Bila dana berhasil dicairkan, Aher optimistis peningkatan produksi padi yang memadai terjadi pada kuartal II tahun 2015.

"Saya optimis dengan program pembuatan 100 ribu hektar sawah baru pada tahun 2015. Yang sudah jadi tahun 2013-2014 kan 910 ha. Tapi kita sanggup jika irigasi disiapkan dan biaya pencetakan sawah baru disiapkan. Kita sanggup diatas 100 ribu hektar," pungkasnya. (Okan F/Ahm)