Kamis, 11 September 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Modal Perbankan Masih Kuat pada September

Posted: 11 Sep 2014 04:50 AM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, kondisi perbankan pun masih baik hingga September 2014. Hal ini ditandai dengan rasio permodalan perbankan yang tinggi.‬

Deputi Komisioner Manajemen Strategis IB OJK, Lucky Fathul Aziz Hadibrata mengatakan, kini Rasio Kecukupan Modal atau Capital Adequacy Ratio (CAR) saat ini berada pada level 19,36 persen.

"Ini didominasi oleh komponen modal inti (Tier I). Rentabilitas juga stabil, dengan kecenderungan sedikit menurun," ujar Lucky saat konferensi pers di Gedung OJK, Jakarta Pusat, Kamis (11/9/2014).‬

Dia menyatakan, hal ini terlihat dari indikator Return on Asset (RoA) yang juga relatif stabil.‬ "Sementara, BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional) relatif meningkat bila dibandingkan dengan periode sebelumnya," lanjutnya.

Kestabilan juga terjadi pada risiko likuiditas perbankan dengan tingkat risiko yang relatif rendah. "Alat likuid cukup memadai untuk mengantisipasi potensi penarikan DPK (dana pihak ketiga)," kata Lucky.

Namun demikian, terdapat potensi peningkatan risiko likuiditas sejalan dengan peningkatan Loan to Deposit Ratio (LDR). Adapun ketergantungan terhadap pendanaan non inti serta rasio deposan inti yang masih cukup tinggi. (Dny/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Anas Urbaningrum Dituntut 15 Tahun Penjara

Posted: 11 Sep 2014 04:48 AM PDT

Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut terdakwa Anas Urbaningrum dengan pidana 15 tahun penjara. Jaksa juga menuntut Anas membayar denda Rp 500 juta subsider pidana 5 bulan kurungan.

‎"Supaya majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa berupa pidana penjara selama 15 tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan, ditambah dengan pidana denda sebesar Rp 500 juta subsider selama 5 bulan kurungan‎," kata Jaksa Yudi Kristiana saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (11/9/2014).

Tak cuma itu, Jaksa juga menuntut agar Anas membayar uang pengganti atas kerugian negara yang jumlahnya sebesar-besarnya dengan harta yang diperoleh dari tindak pidana korupsi. Yakni sebesar Rp 94.180.050.000 dan US$ 5.261.070.

Uang pengganti itu dengan ketentuan apabila Anas tidak membayar selama 1 bulan sesudah keputusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya akan disita negara dan dapat dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut.

"Dalam hal tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk bayar uang pengganti tersebut, maka dipidana dengan pidana penjara selama 4 tahun," ujar Jaksa.

Jaksa juga menuntut agar Anas dihukum dengan pidana tambahan, yakni pencabutan hak untuk dipilih dan memilih dalam jabatan publik. Kemudian menuntut pula pidana tambahan berupa pencabutan izin usaha pertambangan (IUP) atas nama PT Arina Kotajaya seluas kurang lebih 5 ribu sampai 10 ribu hektar yang berada di 2 kecamatan, Bengalon dan Kongbeng, Kutai Timur‎, Kalimantan Timur.

Jaksa juga mempertimbangkan sejumlah hal dalam tuntutan ini. Pertama hal yang memberatkan, bahwa perbuatan Anas sebagai anggota DPR, Ketua Fraksi, dan Ketua Umum Partai Demokrat telah mencederai sistem politik dan demokrasi yang mencari jati diri dalam rangka membangun sistem politik yang bebas dari korupsi.

Perbuatan Anas juga bertengan dengan spirit masyarakat, bangsa, dan negara dalam pemberantasan korupsi‎. Anas juga dinilai kerap membuat pernyataan dan melakukan tindakan yang menjurus pada tindakan yang dikualifikasikan sebagai obstruction of justice.

Sementara hal meringankan, Anas pernah mendapat bintang jasa utama dari ‎Presiden RI pada 1999, bersikap sopan, dan tidak pernah dihukum, serta mempunyai tanggungan keluarga.
 
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu sebelumnya berharap, jaksa menuntut dengan adil dan objektif, dalam kasus dugaan penerimaan hadiah atau gratifikasi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, proyek-proyek lain, dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). 
 
Dalam berkas tuntutan setebal 1.791 halaman itu, Jaksa menilai Anas berusaha membangun persepsi selama persidangan. Jaksa menuturkan, proses hukum berbeda dengan proses politik, hukum tak peduli dengan persepsi. Hukum lebih kepada keyakinan terhadap hukum itu sendiri. Namun kubu Anas membantah. Sebab, status terdakwanya membuat dia tak mungkin bisa berbuat sesuatu di luar tahanan.
 
Dalam kasus ini, Anas didakwa menerima hadiah atau gratifikasi berupa 1 unit Mobil Toyota Harrier B 15 AUD senilai Rp 670 juta dan 1 unit Mobil Toyota Vellfire B 6 AUD senilai Rp 735 juta. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat itu juga didakwa menerima kegiatan survei pemenangan dalam bursa Ketua Umum Partai Demokrat 2010 dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) senilai Rp 478 juta, serta menerima uang sebanyak Rp 116,5 miliar dan sekitar US$ 5,2 juta.
 
Dalam dakwaan juga disebut, Anas mengeluarkan dana untuk pencalonan sebagai Ketum pada Kongres Partai Demokrat tahun 2010 di Bandung, Jawa Barat. Sebesar US$ 30,9 ribu untuk biaya posko tim relawan pemenangan Anas di Apartemen Senayan City Residence, dan sebesar US$ 5,17 ribu untuk biaya posko II di Ritz Carlton Jakarta Pacific Place.
 
Selain itu, Anas Urbaningrum juga disebut mengeluarkan biaya-biaya untuk pertemuan dengan 513 DPC dan DPD pada Januari 2010, pertemuan dengan 430 DPC pada Februari 2010, dan biaya mengumpulkan 446 DPC pada Maret 2010. (Yus)

Black Teeth Usung Lirik Vulgar di Album Perdana

Posted: 11 Sep 2014 04:45 AM PDT

Adalah Said Satriyo, gitaris dari band Neurotic yang mencoba memperdengarkan tiga lagu hasil eksperimennya yakni Shit, Party Dog, dan Drunk melalui situs soundcloud.

Siapa sangka, dari hasil iseng tersebut, tiga musisi beken Indonesia yakni Eno Gitara, Coki Bollemeyer, serta Jerry Killmore merasa tertarik dan memutuskan bergabung ke dalam proyek ini.

Hasilnya, sebuah warna baru muncul di Industri Musik Tanah Air. Empat bapak-bapak ini lantas meluncurkan album pertamanya pada  3 September 2014 lalu di sebuah kafe  di bilangan Jakarta.

Selanjutnya >> Lantas, bagaimana isi albumnya?

Lantas, Bagaimana isi albumnya?

"Gua baru saja menyaksikan kelahiran band sinting, band jorok, Blackteeth, keren sih, pokoknya nggak nyangka kalau band punk ini bener-bener bernafaskan lirik jorok," celetuk  Ernest Cokelat dalam salah satu video dokumentasi mereka.

Ya, dari tiga belas track yang diusung di album pertama Blackteeh, tak ada satupun  lagu yang bertempo lembut atau berceritakan cinta. Sebagai gantinya, Blackteeth justru jor-joran dalam menyuguhkan lirik-lirik vulgar dan jenaka lewat tempo musik yang tergolong keras.

Tak heran, cap urakan, kasar, dan tanpa basa basi langsung menempel pada band ini. Namun demikian, diakui oleh masing-masing personil, kesemua lagu ini memang diciptakan untuk menjadi karya yang jujur dan apa adanya.(Feb/Rul)

Recomended Track: Bodo Amat, Party Dog, Tukang Bohong

Sejak Beli Inter, Kehidupan Erick Thohir Berubah

Posted: 11 Sep 2014 04:40 AM PDT

Pengusaha Indonesia Erick Thohir mengaku kehidupannya sedikit berubah sejak membeli Inter Milan tahun lalu. Kini Erick semakin dikenal orang di seluruh dunia.

Saat acara 'Meet the President sekaligus peluncuran situs resmi Inter berbahasa Indonesia', Kamis (11/9/2014), Erick bercerita pengalaman menariknya setelah membeli Inter. Bila bepergian ke luar negeri kini banyak orang yang mengenalinya.

"Sekarang sedikit berbeda. Saat pergi ke Jepang, Hong Kong, Singapura, Eropa, banyak orang yang mengenai saya. Sekarang banyak orang yang ingin berinteraksi," tutur Erick.

Erick mulai menjadi pemilik Inter Oktober 2013. Erick bersama dua rekannya Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo membeli saham mayoritas Inter dari Massimo Moratti. Erick memiliki 70 persen saham La Beneamata.

Baca Juga:
Kenapa Fans MU Harus Miliki iPhone 6?
MU Siap Turunkan Skuat Senilai Rp 5 T Saat Lawan QPR
Timnas U-19 Bakal Minta Masukan dari Madrid dan Barcelona

Sekjen PPP Klarifikasi Pemecatan SDA

Posted: 11 Sep 2014 04:39 AM PDT

Romahurmuzy menegaskan pemecatan Suryadharma Ali dari posisi Ketua Umum PPP telah sesuai dengan AD/ART partai

PGN Bakal Bangun 16 SPBG baru di Jakarta

Posted: 11 Sep 2014 04:35 AM PDT

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) mengaku bakal membangun SPBG baru di wilayah DKI Jakarta

Direktur Utama PGN, Hendi P Santoso mengungkapkan pembangunan tersebut sebagai wujud dukungan ke pemerintah dalam pengurangan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

"Penambahan SPBG ini bagian dari upaya mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Dengan begitu bisa menurunkan beban subsidi dalam APBN,"‎ katanya di kantor pusat PGN, Kamis (11/9/2014).

Dengan penambahan SPBG baru ini maka di DKI Jakarta akan terdapat 32 SPBG yang secara resmi dioperasikan oleh PGN.

Hendi menegaskan investasi yang disiapkan oleh perseroan untuk membangun 16 SPBG tersebut sebesar US$ 32 juta atau setara dengan Rp 378 miliar (kurs 11.831/ dolar AS).

Di kesempatan yang sama, Direktur Pengusahaan PGN Jobi Triananda Hasjim mengatakan untuk mewujudkan pembangunan tersebut, PGN akan bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta, dan BUMD.

Nantinya pembangunan akan dilakukan pada lokasi jaringan pipa milik PGN, dan dekat dengan pengisian atau depo bus way.

Meski begitu nantinya diharapkan pemerintah dapat mewajibkan para pemilik SPBU seperti Pertamina dan swasta menyiapkan dispenser bahan bakar gas tambahan.

"Dengan begitu diharapkan stasiun pengisian SPBG tidak merepotkan kendaraan pribadi karena harus mengantre bersama dengan bus Transjakarta," kata Jobi.

Investasi setiap SPBU masing-masing diperkirakan sekitar 2 juta dolar AS yang dihimpun dari pihak-pihak yang bekerja sama. (Yas/Nrm)

3 Seleb Indonesia yang Hadir di New York Fashion Week

Posted: 11 Sep 2014 04:35 AM PDT

Mengikuti ajang fesyen bergengsi seperti fasion week jelas merupakan impian bagi para pecinta fesyen. Bagi selebriti Indonesia berikut ini, hal tersebut sudah menjadi nyata. Ketiga pelaku industri hiburan ini mengikuti perhelatan New York Fashion Week (NYFW) Spring Summer 2015 yang kini tengah berlangsung. Acara itu diselenggarakan sejak 4 September 2014 dan berlangsung hingga 11 September 2014.

Pada acara NYFW ini, Raline Shah menghadiri fashion show dari desainer ternama Amerika berdarah Belgia, Diane von Furstenberg (DVF). Terdapat beberapa foto Raline saat berada di acara tersebut yang diunggah ke akun Instagram @raline_shah.

Really enjoyed myself on my last day in NYC at the Dvf fashion show. What a beautiful sunny day. #dvffashionshow #dfv #nyfw,” tulis Raline pada sebuah foto yang memperlihatkan suasana acara. Di hari yang sama, Rabu (10/9/2014), Raline juga mengunggah foto Kendall Jenner yang sedang berlenggok memeragakan rancangan DVF.

Pemilik akun nariswariputri berkomentar “Woaahhhb kendall!!!!”. Fashion show DVF di acara yang merupakan bagian dari Mercedes-Benz Fashion Week ini. Bertempat di Spring Studios, Minggu (7/9/2014), pagelaran busana DVF bukan hanya menampilkan model ternama seperti Naomi Campbell, tapi juga dihadiri oleh tamu-tamu spesial.

Salah satu tamu itu adalah Paris Hilton yang dalam akun Instagram Raline terlihat berpose bersama dirinya. “Selfie queens acec Missy @parishilton #nyfw #dvffashionshow” tulis Raline pada foto yang diunggah pada Senin (8/9/2014).

Di akun Instagram Raline yang memiliki lebih dari 280 ribu followers juga terdapat dirinya yang berfoto bersama Katie Laas dan Lyne Renee. Pada foto yang mendapat lebih dari 9 ribu likes itu, Raline menulis “Dvf brand ambassador entourage @lynerenee@katielaas #nyfw #dvffashionshow #dvf #nofilter”.

Sebuah foto spesial lain adalah foto yang memperlihatkan Raline sedang berbincang dengan Diane von Furstenberg sendiri di belakang panggung. Dari tulisan di foto itu diketahui bahwa foto tersebut dibuat sebelum peragaan busana dimulai. “Backstage with @dvf before the show. Love her! ❤️ #nyfw #dvffashionshow #nyc” tulis Raline yang pada acara itu mengenakan wrap dress motif kulit ular.

Andien dan Mariana Renata

Andien dan Mariana Renata

Selain Raline Shah, bintang Indonesia lain yang mengikuti NYFW Spring Summer 2015 adalah Andien dan Mariana Renata. Keduanya berada di acara tersebut dalam rangkaian kegiatan dari program Tresemme Style Seeker Hunt 2014.

Tresemme yang merupakan official hair care sponsor dari Mercedes-Benz Fashion Week New York membawa 2 pemenang kontes untuk mengikuti acara fesyen bergengsi itu bersama Andien dan Mariana Renata.

Di akun Instagram @tressemmeID tampak foto Mariana Renata dengan komentar dari aku itu yang menulis “With Mariana Renata, Brand Ambassador TRESemmé Indonesia at E! VIP Hangout. #roadtonewyork #mbfw #tresmbfw #nyfw”.

Pada akun Instagram Andien tampak beberapa foto dengan tagar #MBFW dan #NYFW. “Preparing for Uptown Chic shooting with Tresemme and E!" tulis Andien pada sebuah foto yang menampilkan dirinya mengenakan kacamata retro berbingkai merah. Foto dirinya saat akan syuting untuk salah satu stasiun tv Amerika ini diunggahnya pada Rabu (10/9/2014).

Pada akun Instagram andienaisyah yang telah memiliki lebih dari 225 ribu followers itu juga terdapat foto lain Andien yang bertuliskan “Outfit from the Day 1 #NYFW #MBFW. In @jeffrytan lovely monochrome ensemble #TRESemme #RoadtoNY. Di foto yang diunggah pada Kamis (11/9/2014) tampak Andien mengenakan pakaian yang sangat fashionable.

Tiap 40 Detik, 1 Orang Meninggal Akibat Bunuh Diri

Posted: 11 Sep 2014 04:30 AM PDT

Jumlah kasus aksi bunuh diri makin lama makin meningkat di dunia. Menurut data WHO setiap 40 detik terdapat 1 orang yang meninggal karena bunuh diri. Padahal sebenarnya jika orang di sekitar orang yang ingin bunuh diri peka, upaya bunuh diri bisa dicegah.

“Masyarakat yang tidak mau tahu dengan kondisi sekitar itu sangat membahayakan. Padahal peranan masyarakat untuk bersedia mengulurkan tangan membantu mereka yang berisiko gangguan jiwa bisa mencegah upaya bunuh diri,” tutur pemerhati kesehatan jiwa dokter Albert Maramis, Sp.KJ di Kementerian Kesehatan RI, Kamis (11/9/2014).

Namun sayang, stigma yang diberikan kepada mereka yang memiliki gangguan jiwa menghambat proses komunikasi yang terjadi, tambah dokter Albert.

"Tak mengabaikan cerita ia ingin berkeluh kesah dan tak memarahi seseorang yang berencana melakukan bunuh diri akan membuat mereka yang ingin bunuh diri terbuka. Sehingga masyarakat bisa membantunya untu mencegah bunuh diri," terang dokter Albert.

Mengingat pentingnya peran dari banyak elemen, tak hanya tenaga kesehatan, yang harus peduli pada pencegahan bunuh diri, tema Hari Kesehatan Mental yang jatuh setiap 10 September berbunyi "Pencegahan Bunuh Diri: Satu Dunia yang Terhubungkan."

7 Kontroversi Busana Rihanna yang Dianggap Cabul

Posted: 11 Sep 2014 04:30 AM PDT

Siapa yang tidak kenal dengan Rihanna? Penyanyi kontroversial yang kerap menuai sensasi mulai dari kehidupan pribadinya, kisah cintanya hingga busana yang ia kenakan. Pelantun hits Umbrella ini tak segan memamerkan tubuh indahnya hingga membuat barang pribadinya terlihat.

Rihanna bisa dikatakan salah satu artis yang berani tampil buka-bukaan di berbagai kesempatan baik di media sosial maupun di luar. Sampai-sampai akun Instagram Rihanna sempat terancam ditutup oleh pihak Instagran lantaran banyak memuat foto dirinya memperlihat aset berharga.

Pakaian yang dikenakan Rihanna juga sering menarik perhatian publik. Bahkan, beberapa busana yang ia kenakan saat keluar rumah dinilai cabul.

Berikut tujuh kontroversi busana Rihanna yang dianggap cabul yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber:

Gaun Tembus Pandang

1. Gaun Tembus Pandang

Rihanna memang kerap tampil vulgar di berbagai kesempatan. Salah satunya saat Rihanna menghadiri acara Council of Fashion Designers of America Awards (CFDA) yang diselenggarakan di Alice Tully Hall, Lincoln Center, New York, Amerika Serikat.

Penyanyi berusia 26 tahun ini terlihat memakai gaun tembus pandang rancangan desainer Adam Selman. Rihanna terlihat tak memakai bra hingga payudaranya terlihat jelas. Ia juga hanya menggunakan G-String berwarna kulit untuk menutupi bokong dan kemaluannya.

Kabarnya, gaun Rihanna tersebut dibuat berhiaskan 216 ribu kristal Swarovski. Mantan kekasih Chris Brown ini hanya menggunakan syal berbulu untuk menutupi sedikit badannya.

Busana Hitam Jaring-jaring

2. Busana Hitam Jaring-jaring

Rihanna sepertinya memang senang tidak menggunakan bra. Pelantun hit We Found Love ini mengenakan pakaian serba hitam dengan rok kulit serta atasan seperti jaring-jaring saat menghadiri acara Paris Fashion Week di Prancis, 27 Februari 2014.

Tentu saja, baju jaring-jaring Rihanna itu memperlihatkan dengan jelas payudaranya. Namun kekasih Drake ini sama sekali tidak terlihat resah memamerkan buah dadanya itu.

Baju Renda dengan Syal Besar di Leher

3. Baju Renda dengan Syal Besar di Leher

Untuk kesekian kalinya, Rihanna tak memakai bra. Tentu saja, payudaranya sedikit terlihat dari samping. Ia membuat semua orang yang melihatnya terkejut dengan penampilannya berbaju renda tersebut.

Pelantun hits Stay ini menutupi bagian atasnya dengan menggunakan syal besar dominasi putih serta hitam. Baju rendanya tersebut dipakai Rihanna saat menghadiri Paris Fashion Week 2014 di Prancis.

Selain bajunya yang mencuri perhatian, wajah Rihanna juga terlihat begitu ngantuk. Didampingi dua orang bodyguard, Rihanna nampak jalan seperti orang mabuk. Wajahnya begitu lesu.

Gaun Mini Hitam

4. Gaun Mini Hitam

Lagi-lagi, Rihanna keluar rumah tanpa menggunakan bra. Penyanyi yang pernah dikabarkan dekat dengan Chris martin ini menggunakan gaun mini hitam yang membuat puting payudaranya menonjol.

Saat itu, Rihanna hendak pergi ke salah satu klub malam di Hollywood, California, pada 24 Januari 2013 silam. Pelantun hits Disturbia ini terlihat begitu seksi dengan gaun hitam, lipstick merah dengan rambut pirangnya yang dibiarkan terurai.

Lagi-lagi Tak Pakai Bra

5. Lagi-lagi Tak Pakai Bra

Saat Rihanna asyik berjalan-jalan di Stockholm, Swedia, 2013 silam, penyanyi ini nampak berpenampilan casual. Ia memakai atasan putih dengan celana pendek hitam. Lagi-lagi, Rihanna tidak pakai bra.

Rihanna saat itu memang terlihat lebih sporty dari biasanya. Rambutnya dibiarkan berada dalam topi. Entah sengaja atau tidak, namun Rihanna sudah berkali-kali keluar rumah tanpa menggunakan bra hingga memperlihatkan jelas gunung kembarnya.

Sweater Menggantung di Bagian Dada

6. Sweater Menggantung di Bagian Dada

Ada-ada saja gaya berbusana Rihanna. Kali ini, dirinya menggunakan sweater hitam yang nampak menggantung di bagian dada. Alhasil, Rihanna kembali memamerkan perutnya dan juga payudaranya.

Foto tersebut diambil oleh seorang paparazzi Hollywood saat Rihanna terlihat meninggalkan restoran bernama Da Silvano di New York pada 2012 silam. Rihanna seolah sengaja memperlihatkan tubuh indahnya.

Rihanna menggunakan sepatu boots dengan celana jeans robek-robek. Ia tampil begitu fashionable.

Gaun Putih Panjang Bergelombang Serta Berbulu

7. Gaun Putih Panjang Bergelombang serta Berbulu

Penampilan Rihanna saat menghadiri ajang Grammy Awards 2011 benar-benar total. Busana yang ia kenakan membuat mata setiap orang melirik. Rihanna menggunakan gaun putih panjang bergelombang dari bahan bulu-bulu.

Gaun putih tersebut merupakan rancangan Jean Paul Gaultier. Meski agak tembus pandang, bulu-bulu tersebut sedikit menutupi bagian-bagian penting tubuh Rihanna. Saat itu rambut Rihanna masih dicat merah.

(Fir/Ade)

Kekeringan, Petani di Brangsong Menyedot Air Sungai

Posted: 11 Sep 2014 04:28 AM PDT

Petani di kecamatan Brangsong Kendal Jawa Tengah, mulai mengeluhkan kesulitan mendapatkan air untuk mengairi tanaman cabai dan padi. Sudah hampir lima bulan, hujan tidak turun dan debit air di sungai mulai menipis. Petani terpaksa menggunakan mesin pompa, untuk menyedot air serta harus mengeluarkan biaya tambahan seratus tiga puluh lima ribu setiap minggunya agar tanamanya  selalu segar.

Petani di desa Sidorejo kecamatan Brangsong Kendal Jawa Tengah ini, mulai khawatir tanaman yang siap dipanen, kekurangan air. Padahal usia tanaman cabe dan bengkoangnya belum cukup dan harus membutuhkan air banyak agar kualitasnya baik.



Saluran irigasi di areal persawahannya mulai kering sedangkan satu-satunya sumber air berasal dari sungai yang berada cukup jauh dari sawahnya.

Petani terpaksa harus menggunakan mesin pompa air untuk menyedot air ke sawah yang jaraknya mencapai 300 meter. Untuk menggunakan mesin pompa, petani terpaksa mengeluarkan biaya tambahan hingga seratus ribu rupiah perminggunya.

Salah satu petani Sapari misalnya, ia harus menyewa mesin pompa seminggu sekali untuk menyedot air. Untuk meminjam mesin pompa dan membeli bahan bakar sebanyak 5 liter, Sapari mengeluarkan uang seratus tigapuluh lima ribu rupiah.



Sementara petani lain Kholid juga merasa kesulitan  mencari air pasalnya tanaman cabenya  sekarang banyak yang layu hingga mati/ padahal harga cabe rawit dari pertani hanya limaribu per kilogram/ pada tahun lalu harga cabe mencapai 15 ribu per kilo. petani hanya bisa pasrah dengan kenyataan yang ada.

Air dari mesin pompa disalurkan melalui pipa/ hingga ke sawahnya. Air kemudian dialirkan/ dan digunakan untuk menyiram tanaman palawija. untuk sekali menyedot air dan mengairi sawah yang tidak luas/ dibutuhkan waktu empat hingga lima jam.

Di kabupaten kendal sendiri/ daerah yang rawan kekeringan khususnya areal pertanian/ berada di kecamatan kaliwungu/ brangsong/ rowosari/ patean dan pegandon. tanah sawah di daerah tersebut sudah mulai retak/ dan petani memilih menaman palawija yang kebutuhan air tidak terlalu banyak.

Penulis:

Wahyudi 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com