Selasa, 02 September 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Galang Dana Amal,Hotel Bintang 5 di Jakarta Buat Mooncake Spesial

Posted: 02 Sep 2014 04:35 AM PDT

Mid Autumn Festival (festival pertengahan musim gugur) adalah sebuah festival musim panen yang biasa dilakukan oleh masyrakat di negri Tiongkok. Festival ini diselenggarakan pada hari ke-15 di bulan ke-8 kalendar Tionghoa. Salah satu hal yang menjadi ikon dari perayaan ini adalah moon cake (kue bulan).

Untuk merayakan festival tersebut, Shangri-La Hotel Jakarta menghadirkan mooncake di restoran Shang Palace sejak 8 Juli 2014 hingga 9 September 2014. Ada berbagai rasa yang dibuat oleh Benson Fok, Executive Chinese chef dari Shang Palace, mulai dari Red Bean Paste, Pandan Paste, Mini Snowskin Raspberry Chocolate, Winter Melon with Pine Nut, dan lain sebagainya.

Ada 10 rasa mooncake tradisional ukuran regular, 4 rasa mooncake ukuran mini, serta 3 rasa Mini Snowskin Mooncake yang dapat dipilih. Berbagai mooncakes tersebut dikemas dalam 2 pilihan kemasan eksklusif, yakni Traditional Four-Piece Half-Moon Package dan Mini Six-Piece Half-Moon Package yang tersedia mulai dari harga Rp. 398.000 ++ per kotak. Dalam satu kotak tersebut sudah terdapat tatakan kue, teh, serta kartu ucapan.

Perayaan Mid Autumn Festival ini juga diwujudkan oleh Shangri-La Hotel dalam kegiatan lelang amal mooncake kemasan eksklusif. Acara tersebut diselenggarakan pada Sabtu (30/8/2014) di Lobby Lounge, Shangri-La. Program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertajuk Embrace, Shangri-La’s Care for People Project ini melelang 7 kotak mooncake kemasan spesial dengan harga pembukaanUS$ 50 dan 120 US$.

Program CSR dari hotel ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2009. Di program tersebut tiap hotel di bawah naungan grup Shangri-La menggandeng sebuah yayasan sebagai penerima bantuan. Bidang yang menjadi fokus bantuan kegiatan ini adalah kesehatan dan pendidikan. Pada tahun 2014, penerima bantuan program ini adalah SMPN 181 Bendungan Hilir, jakarta yang kondisi bangunan sekolahnya tidak layak serta memiliki banyak siswa kurang mampu.

Acara lelang amal tersebut juga diisi dengan fashion show dari karya-karya Yunita Harun. Pada acara ini, desainer kelahiran tahun 1975 tersebut menampilkan koleksi busana cheongsam. Dengan mengenakan busana khas budaya tiongkok rancangan Yunita harun, para model memperkenalkan mooncake dan kemasan spesial dari Shangri-La Hotel.

Wamendag Tegaskan Aturan Bibit Anak Ayam Tak Bikin Kartel

Posted: 02 Sep 2014 04:31 AM PDT

Kementerian Perdagangan membantah aturan pengurangan pasokan day old chicken (DOC) atau bibit ayam akan mendorong terbentuknya kartel pada komoditas peternakan ini di Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan pihaknya telah melakukan konsultasi terkait masalah ini dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk mendapatkan masukan terkait hal ini.

"Kita sudah melakukan konsulltasi dengan KPPU, bahwa ini tidak ada hubungannya dengan kartel," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, saat ini hampir semua indukan ayam atau grand parent stock (GPS) di Indonesia berasal dari impor untuk menghasilkan DOC di dalam negeri. Hal ini karena peternak belum mampu menghasilkan bibit ayam sendiri.

"Jadi 97% dari grand parent stock yang DOC itu masih diimpor. Jadi kita nggak memproduksi DOC sendiri kemudian kita ternakan di sini, sampai menjadi DOC yang dipelihara peternak. Yang terjadi sekarang kan harga jatuh. Yang harus dilihat, peternak akan mati karena harganya terlalu rendah baik telur atau daging," lanjut dia.

Selain itu, menurut Bayu kebijakan pengurangan suplai DOC sebesar 20 persen juga merupakan hasil diskusi dengan Kementerian Pertanian sehingga ditempuhnya cara ini sudah melalui persetujuan pihak terkait

"Pak Mentan sendiri yang meminta mendag supaya kita bisa mengelola bersama-sama. Dan saya pikir sudah dibicarakan berkali-kali. Prosesnya bukan hanya 2 bulan tetapi 6-8 bulan dan di dalam prosesnya Kementerian Pertanian termasuk direktur jenderal pertenakan juga terlibat," jelas dia.

Bayu menegaskan, cara ini lakukan oleh Kementerian Pertanian untuk menjaga agar saat pasokannya melimpah, harga ayam tidak anjlok sehingga menyebabkan peternak ayam rugi dalam jumlah besar.

"Yang kita mau, justru menjaga stabilitas harga ayam dan telur supaya ketika terjadi peningkatan permintaan harga ayam dan telur tidak terlalu ada lonjakan harga yang tinggi dan dalam kondisi normal harganya jatuh sampai merugikan peternak. Jadi kalau memang sudah dianggap biasa dan peternak menganggap ini oke, ya tidak masalah," tandas dia. (Dny/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Ini yang Menjadi Andalan Utama RSCM

Posted: 02 Sep 2014 04:30 AM PDT

Selain sebagai tempat pendidikan, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) memiliki sumber daya manusia (SDM) yang dapat diandalkan. RSCM memiliki 24 spesialis dan 167 sub spesialis yang terlengkap di seluruh Indonesia.

"Dari dua puluh empat spesialis itu, 90 persennya tergabung dalam komunitas Internasional. Hampir semua perhimpunan profesi yang memiliki afiliasi internasional, pasti orang RSCM-FKUI," kata Direktur Utama RSCM, dr. Czeresna Heriawan Soejono, Sp.PD.

Selain SDM yang memadai, RSCM pun telah mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang dulu tidak bisa disembuhkan. Misalnya kanker hati, yang mana dulu pasien tinggal menunggu `waktu` selama enam bulan, namun kini ketika kondisi ditemukan sedini mungkin, maka dapat dilakukan transplantasi.

"Selain di Pertamedika Sentul, di RSCM pun sudah bisa dilakukan," kata dr. Czeresna menambahkan.

Biaya dari transplantasi hati di RSCM, kata dr. Czeresna, mencapai Rp 900 juta sepasang. Di mana Rp 230 juta dibiayai oleh BPJS Kesehatan, dan sisanya ditanggung langsung oleh RSCM. Memang berat bagi RSCM. "Tapi itu kan demi kesembuhan pasien," kata Heriawan menerangkan.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Medik dan Keperawatan RSCM, tiga atau empat propinsi di Indonesia memiliki jumlah penderita Hepatitis B cukup tinggi. Diprediksi, 10 sampai 15 tahun ke depan akan menderita liver kronik. Kalau seperti ini, siapa yang dapat menolong pasien itu, kalau RSCM tidak berlatih sendiri.

"Kalau di luar negeri, hanya orang yang mampu yang bisa, toh? Padahal yang terkena kondisi ini tidak mengenal status ekonomi," kata dr. Czeresna. "Maka itu, saya teriak-teriak ke CSR dan penyandang dana, semuanya saya cerewetin. Saya tidak peduli, toh saya cerewet bukan buat saya, tapi buat pasien," kata dr. Czeresna menerangkan saat berkunjung ke Redaksi Health Liputan6.com di Gedung SCTV Tower Lantai 14, Senayan City, Jakarta pada Senin (1/9/2014)

Pokoknya, jelas Czeresna, selama pasien berdomisili di Jakarta, pihak RSCM akan membantunya. Sebab, RSCM akan mudah meminta dana bantuan ke Gubernur DKI.

"Kalau di daerah, harus nyari ke Pemerintah Daerahnya. Komunikasi ke Pemda itu mengalami kesulitan, karena harus terbang ke luar kota," kata Czeresna menekankan.

Tidak hanya transplantasi kanker hati, kondisi yang menghabiskan uang kesehatan paling besar seperti cuci darah, juga dapat ditangani di rumah sakit yang terletak di kawasan Salemba, Jakarta Pusat.

Pun dengan transplantasi ginjal, di mana dalam setahun RSCM mampu menangani 60 kasus. Padahal sebelumnya, mereka hanya mampu menangani 9 sampai 10 kasus dengan kondisi kelainan ginjal. "Transplantasinya dari saudara kandung," kata Czeresna.

Dilanjutkan Czeresna, masih banyak pengobatan jenis lainnya yang menjadi andalan di RSCM, yang keseluruhannya itu demi kesembuhan pasien. Misalnya seperti transplantasi darah untuk pasien leukimia, transplantasi sumsum tulang, transplantasi kornea, sampai cochlear untuk pasien tuli.

"Kita lagi berkreasi membuat cochlear itu sendiri, dan tidak beli. Kalau beli harganya mencapai Rp 200 juta. Rencananya, bahannya itu terdiri dari semacam kristal slikon," kata Czeresna.

Integritas

Namun yang pasti, dari semua yang dimiliki dan menjadi andalan di RSCM, Czeresna bangga melihat rekan sejawatnya yang memiliki integritas tinggi terhadap RSCM dengan segala keterbatasan yang dimiliki rumah sakit itu.

"Bahwa take home pay dari RSCM tidak terlalu wah, tapi mereka punya integritas tinggi. Mereka mau fight. Itu yang bikin saya bangga," kata Czeresna.

"Saya pernah bikin survei dari 5 nilai-nilai yang ada di RSCM. Integritas itu nilai maksimal 6, tapi nilai rata-rata mereka 5. Itu kan cukup tinggi. Dari 500 dokter, yang kita ambil sebanyak 200-an dokter sebagai sampling. Dan itu sudah cukup mewakili pihak RSCM," kata Czeresna menerangkan.

Kurang lebih, itulah yang dapat diandalkan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Jadi Duta Dompet Dhuafa, Yulia Rachman Ogah Cerita Soal Agama

Posted: 02 Sep 2014 04:30 AM PDT

Sejak memutuskan berhijab, Yulia Rachman mengaku menemukan kebahagiaan yang sesungguhnya. Meski dirinya sempat melepas beberapa pekerjaan yang datang padanya lantaran dirinya harus melepas hijab. 

Namun, Yulia yakin bahwa rezeki sudah ada yang mengatur. Dan terbukti, ia pun kini didapuk sebagai brand ambasador Dompet Dhuafa.

"Empat belas tahun saya bekerja di dunia entertain, tetapi rasanya kok nothing, saya nggak dapat kebahagiaan. Tetapi sekarang saya justru bahagia sekali bisa ikut dalam dompet dhuafa tanpa saya harus meminta, Allah sudah menunjukkan jalannya," ungkapnya saat ditemui liputan6.com di kawasan Melawai, Jakarta Selatan, Selasa (2/9/2014).

Mantan istri Demian Aditya ini sangat bersyukur diberi kepercayaan sebagai duta, padahal ia belum melakukan banyak hal terkait dompet dhuafa. 

"Kemarin sih saya hanya datang ke acara amal saja di salah satu pusat perbelanjaan," tambahnya.

Banyak kegiatan yang sudah dilakukan Yulia di bidang keagamaan namun dirinya masih enggan bercerita tentang perjalanan spiritualnya.

"Kegiatan saya memang banyak di bidang keagamaan, tapi ilmu saya masih sedikit. Kalau saya banyak membicarakan perjalanan spiritual nanti malah dibilang seperti ustazah," pungkasnya.(Fac/Mer)

Newmont Sepakati Renegosiasi Kontrak Karya

Posted: 02 Sep 2014 04:20 AM PDT

PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) menyatakan telah menyepakati poin-poin renegosiasi kontrak karya yang diajukan oleh pemerintah. Poin-poin tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara.

Pembahasan renegosiasi kontrak karya tersebut dilakukan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R. Sukhyar dan Presiden Direktur NNT Martiono Hadianto, yang dilakukan pada hari ini, Selasa (2/9/2014).

Martiono mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut pihaknya dan pemerintah sudah mencapai kesepakatan renegosiasi. "Secara prinsip sudah tercapai kesepakatan," kata Martiono, di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Namun Martiono enggan menyebutkan detail poin-poin renegosiasi yang disepakati. Ia hanya berharap setelah kesepakatan dicapai, pemerintah segera mengadakan penandatanganan nota kesepahaman  atau Memorandum of Understanding (MoU) amandemen kontrak pertambangan.

"Malam ini saya mau doa. Besok (MoU) mudah-mudahan bisa diteken," pungkasnya.

Sebelumnya, PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) akhirnya memenuhi permintaan Pemerintahan Indonesia untuk mencabut gugatan arbitrase internasional yang diajukan ke International Centre for Settlement of Investment Disputes
(ICSID).

"NNT mengumumkan bahwa perusahaan dan Nusa Tenggara Partnership BV (NTPBV), pemegang saham mayoritas PTNNT, meminta penghentian dan penarikan arbitrase sejak 26 Agustus," seperti dikutip dari situs Newmont Mining Corporation, Jakarta, Rabu (27/08).

Dalam situs itu disebutkan, NNT mencabut gugatan dengan pertimbangan ada komitmen dari pemerintah Indonesia untuk kembali membahas renegosiasi kontrak karya.

Diharapkan setelah pencabutan ini segera tercapai kesepakatan antara pemerintah dan NNT yang kemudian dituang dalam nota kesepahaman amandemen kontrak pertambangan.

"Kesepakatan renegosiasi akan diikuti dengan dimulainya kembali produksi konsentrat tembaga dan ekspor dari Batu Hijau," sebut rilis tersebut. (Pew/Gdn)

Tradisi Unik Cium Bayi Sebelum Menikah

Posted: 02 Sep 2014 04:20 AM PDT

Seorang pria asal Cirebon, Jawa Barat, tertangkap pengantar jamaah calon haji saat mencopet. Alhasil sang copet babak belur dihajar massa sebelum diamankan polisi. Berita ini mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/9/2014). 

Sejumlah korban mengaku pelaku membawa dompetnya yang berisi uang kartu ATM dan beberapa telepon genggam. Pelaku memanfaatkan kelengahan para korbannya yang sedang sibuk saat berada di Pendopo Kabupaten. Dari tangan tersangka,  polisi menyita barang bukti telepon genggam dan sejumlah uang tunai. Diduga Ia dibantu sejumlah rekannya yang sedang diburu polisi. 

Di Situbondo, Jawa Timur, 300 siswa SMAN 1 Panarukan menjalani uji narkoba yang digelar oleh sekolah bekerja sama dengan rumah sakit. Setiap siswa diharuskan memberikan sampel urinenya. Sebagian siswa mengaku khawatir dengan hasil uji itu, walau mereka tak pernah menggunakan narkoba. Sekolah berupaya mencegah sejak dini peredaran narkoba. Kegiatan itu akan terus dilakukan secara berkala untuk memastikan siswa bebas dari cengkeraman narkoba. 

Lain lagi di Padang, Sumatera Barat, sebanyak 17 orang jamaah calon haji Sumatera Barat gagal berangkat karena tidak mendapatkan visa dari Kedutaan Besar Arab Saudi. Kloter kedua itu berangkat dari embarkasi haji Padang dengan mengangkut 450 orang. Para jamaah juga tetap saja membawa bekal tambahan melebihi ketentuan. 

Sementara itu di Purwerejo, Jawa Tengah, warga sebuah dusun di sana memiliki tradisi unik. Sebelum ijab kabul, pengantin akan diarak keliling kampung. Pada saat itu, setiap orangtua yang memiliki bayi akan menyodorkan anaknya untuk dicium sang pengantin.

Mereka percaya cara itu akan menghindarkan bayi dari sawan manten yang membuat sang bocah sakit-sakitan. Dengan jarak 10 km, ritual keliling kampung itu bisa memakan waktu 8 jam sebelum akhirnya sang pengantin tiba untuk menikah. (Yus)

Baca Juga:

Polwan Pakai Kebaya - 3 Anak Panti Tertabrak Kereta

120 Lapak di Penjaringan Dibongkar - Kawanan Kera Resahkan Warga

Cari Korban Hilang Malah Selfie - Tanggul Lapindo Nyaris Jebol

Twitter Bredel Akun Penyebar Foto Bugil Artis

Posted: 02 Sep 2014 04:19 AM PDT

Bocornya ratusan foto bugil artis papan atas dunia menjadi viral yang menghebohkan di dunia maya. Linimasa Twitter pun tak luput menjadi ajang 'bagi-bagi' foto pribadi milik para artis yang berhasil dicuri oleh hacker melalui layanan penyimpanan Apple iCloud.

Namun pihak Twitter tentunya tak tinggal diam melihat kondisi ini. Menurut yang dilansir laman Mirror, Selasa (2/9/2014), Twitter dilaporkan telah memblokir sejumlah akun yang menyebarkan foto bugil artis. Foto-foto artis kenamaan Hollywood, Jennifer Lawrence, ditengarai adalah yang paling banyak beredar melalui Twitter.

Sebelumnya diwartakan bahwa seorang hacker melalui situs 4chan mengklaim telah berhasil mencuri foto bugil ratusan artis papan atas dunia yang tersimpan di iCloud.

Nama-nama mentereng artis cantik seperti Jennifer Lawrence, Ariana Grande, Victoria Justice, Kate Upton, Kim Kardashian, Rihanna, dan Mary Kate Olsen kabarnya menjadi korban keusilan hacker.

Menyusul peredaran foto-foto syur tersebut, beberapa korban telah memberikan tanggapan. Juru bicara Jennifer Lawrence menegaskan bahwa gambar itu memang benar milik bintang film 'The Hunger Games' tersebut.

"Ini adalah pelanggaran privasi. Pihak berwenang telah dihubungi dan akan menuntut siapa pun yang mem-posting foto-foto dari Jennifer Lawrence," ujar sang juru bicara seperti yang dikutip dari laman Buzzfeed.

Sementara selebritis lain yang juga menjadi korban, Victoria Justice, melalui akun Twitter pribadinya mengklaim bahwa foto-foto tersebut bukanlah miliknya. 

Raffi Ahmad Undang 200 Tamu saat Akad Nikah di Bali

Posted: 02 Sep 2014 04:15 AM PDT

Pernikahan Raffi Ahmad dengan Nagita Slavina alias Gigi yang akan berlangsung pada 17 Oktober 2014 kabarnya akan digelar dengan mewah dan menghabiskan dana Rp3 miliar. Namun hal tersebut dibantah oleh adik Raffi, Syahnaz Shadiqa dan Nisya Saadia.

"Maksimal 200 orang kok, niatnya (pesta) spektakuler nggak. Undangannya banyak teman sekolah, kalau melebihi target nggak. Sesuai kemampuan, nggak pesta berlebihan," ucap Nisya bersama Syahnaz, saat ditemui di Studio AD, TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selas (2/9/2014).

Ditambahkan Syahnaz dan Nisya, di pernikahan Raffi nanti, sang kakak juga akan mengundang beberapa orang mantan pacarnya. Hal tersebut juga sempat dinyatakan sang ibu, Amy Qanita. Seperti diketahui, Raffi selama ini dikenal Playboy dan telah mengencani beberapa orang artis seperti Tyas Mirasih, Ratna Galih, Velove Vexia, Laudya Cynthia Bella, Bunga Zainal dan Yuni Shara.

"Mantan pacar diundang kok, mama kasih masukan. Namanya mau lepas masa lajang," kata Syahnaz.

Seperti diketahui, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akan menikah pada 17 Oktober 2014. Akad nikah rencananya dihelat di Bali, sementara resepsinya digelar di Jakarta pada 19 Oktober 2014. Adapun pertunangan Raffi dan Gigi sudah dilangsungkan pada 9 Agustus lalu.

Ferdinand Yakin Welbeck Bersinar di Arsenal

Posted: 02 Sep 2014 04:13 AM PDT

Rio Ferdinand yakin mantan rekannya di MU, Danny Welbeck akan meraih kesuksesan bersama Arsenal. Apalagi Welbeck punya kesempatan untuk langsung menjadi pemain inti di Emirates.

Ya, Arsenal membuat kejutan dengan membeli Welbeck dari Setan Merah pada hari terakhir bursa transfer. Bahkan, The Gunners rela merogoh kocek hingga 16 juta pound atau Rp 311 miliar.

Welbeck sebenarnya opsi dadakan bagi manajer Arsene Wenger. Pasalnya, Arsenal lebih sering dikaitkan dengan Loic Remy dan Wilfried Bony.

Namun kegagalan negosiasi dua pemain di atas membuat Wenger berpaling ke Welbeck. Terlebih pemain Arsenal, Jack Wilshere selalu bercerita tentang profesionalisme rekannya di timnas Inggris itu pada Wenger.

"Welbeck merupakan pembelian top bagi Arsenal. Mereka melakukan bisnis yang bagus," kicau Ferdinand di Twitter seperti dilansir Daily Star.

"Jika Welbeck mendapat kepercayaan menjadi striker nomor satu di Arsenal, maka ia akan mekar dan meledak," ujar mantan bek timnas Inggris itu menambahkan.

Baca Juga:
Bomber City Pulang Kampung ke Spanyol
Kekasih Pemain Milan Pamer Foto Tak Senonoh
Mental Pemain Timnas U-19 Hampir Seperti Ketika Juara AFF

Tak Dinafkahi 3 Tahun, Anak Kolonel Mogok Makan dan Bicara

Posted: 02 Sep 2014 04:13 AM PDT

Siang tadi, istri dan anak Kolonel Infantri Yakraman Yagus mendatangi Gedung KPAI di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (2/9/2014), istri dan 2 orang anak perwira menengah  TNI AD itu mengadukan tindakan penelantaran ke-4 anak dari pernikahan Yakraman Yagus dan Tio Lisnawati yang tidak dinafkahi sejak Mei 2011 lalu.

Anak ke-3 yang turut mendampingi sang ibu mogok makan dan bicara selama 4 hari terakhir. Ia mencurahkan isi hatinya melalui tulisan dan komik.

Kuasa hukum istri dan anak-anak Yakraman Yagus menyatakan, seluruh berkas cerai yang diajukan Kolonel Yakraman cacat hukum. 

Hal itu dikarenakan berkas cerai dibuat sepihak tanpa sepengetahuan dan izin istrinya, Tio Lisnawati. Yakraman juga menyita kartu keluarga dan akte kelahiran sehingga 4 anaknya tak beridentitas.

Baca Juga:

Efek Membahayakan Tindak Kekerasan pada Anak

KPAI Minta Bocah yang Dianiaya Bapak Kandung Dirawat Ibunya

KPAI Terima Laporan Pelecehan Seksual Anak di Taman Bermain Bogor