Sabtu, 06 September 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Tak Mau Kalah, Sepupu Arumi Bachsin Ikutan Miss Celebrity 2014

Posted: 06 Sep 2014 05:00 AM PDT

Kehebohan ajang pencarian bakat entertainer, Miss Celebrity (Micel) Indonesia 2014 rupanya mampu menarik perhatian berbagai kalangan. Salah satunya Annette Edoarda Senge. Sepupu Arumi Bachsin ini juga tergiur untuk menjajal peruntungannya sebagai calon artis Micel SCTV.

Diakui Annette, dirinya berharap dapat sehebat Arumi. Bahkan, jika ada jalan yang baik, dara 16 tahun itu yakin bisa meniti karier melebihi Arumi Bachsin.

"Kalau artis pengin kayak Arumi Bachsin kali ya? Soalnya dia sepupu aku. Aku pengin coba, pengin lebih baik dari dia kalau bisa," kata Annette kepada Liputan6.com, di Manado Town Square, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (6/9/2014).

Untuk menambah bekal ilmu tentang dunia entertain, Annette sempat bertanya-tanya dengan Arumi. Namun sayang, setelah Arumi menikah, cewek yang berprofesi sebagai foto model ini mulai jarang bertemu.

"Suka tanya-tanya juga ke Arumi, tapi sudah lama banget. Terakhir ketemu waktu masih SMP. Sejak dia nikah sudah nggak pernah kontak-kontakkan lagi," terangnya.

Untuk mewujudkan impiannya sebagai artis, Annette pun memilih ikut audisi Micel kali ini. Jika mampu lolos ke Jakarta, pengagum Sharena Gunawan itu berjanji akan membahagiakan orangtuanya.

"Ikut audisi ini supaya bisa mewujudkan cita-cita aku jadi artis. Aku bersyukur banget kalau bisa lolos ke Jakarta, mudah-mudahan bisa sukses di dunia entertain," pungkas Annette.

Para peserta Micel Indonesia 2014 ini akan diseleksi oleh dewan juri berkompeten SCTV. Dari ratusan gadis cantik Manado, akan disaring menjadi 20 finalis. Lalu, setelah itu hanya 10 finalis yang akan dipilih dan dikirim ke Jakarta.

Selain Manado, SCTV juga membuka beberapa audisi Miscel Indonesia 2014 di kota-kota besar lainnya seperti Makassar, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Adapun beberapa syarat untuk mengikuti ajang ini adalah perempuan yang belum menikah, sehat jasmani dan rohani, berusia  16-23 tahun, memiliki tinggi minimal 158 cm atau proporsional dan bebas narkoba.(Ras/Mer)

Jero Wacik Jadi Tersangka di Ujung Jabatan

Posted: 06 Sep 2014 04:48 AM PDT

Ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus pemerasan, itulah akhir dari perjalanan karier Jero Wacik sebagai Menteri ESDM yang hanya tinggal beberapa hari lagi. Tentu saja bukan sesuatu yang patut dibanggakan.

Dalam Barometer Pekan Ini yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (5/9/014), Jero disebut menyalahgunakan kewenangannya untuk meminta tambahan dana operasional menteri. Dana sebesar Rp 120 juta per bulan dinilai Jero tidak cukup.

Untuk mengumpulkan tambahan dana operasional menteri, Jero memerintahkan anak buahnya untuk menghimpun dana dari biaya pengadaan yang dianggarkan di Kementerian ESDM.

Mengumpulkan dana dari rekanan ESDM atas program tertentu dan menganggarkan kegiatan rutin, tapi ternyata rapat itu adalah fiktif belaka. Dari pemerasan itu, Jero menghimpun dana sebesar Rp 9,9 miliar. 

Penetapan Jero Wacik sebagai tersangka merupakan rangkaian panjang kerja keras KPK dalam mengungkap kasus-kasus korupsi di Kementerian ESDM.

Pada 14 Agustus 2013 lalu, KPK menangkap Ketua Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini di rumahnya kawasan Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. 

Pria yang dikenal sebagai sosok yang sederhana itu ditangkap saat menerima suap sebesar US$ 400 ribu dari Komisaris Kernel Oil Ltd, Simon Gunawan Tanjaya.

Dari penangkapan Rudi itulah, KPK menyeret Sekjen ESDM Waryono Karno sebagai tersangka. Di ruang kerja tangan kanan Jero Wacik itu, ditemukan uang US$ 200 ribu saat KPK melakukan penggeledahan.

Nomor seri uang tersebut ternyata berurutan dengan uang yang ditemukan di rumah Rudi. Waryono diduga menjadi salah satu orang yang ditugaskan Jero Wacik untuk mengumpulkan uang untuk selanjutnya diserahkan ke atasannya dan anggota DPR. 

Berdasarkan fakta yang dikumpulkan itulah KPK mulai mengarahkan penyelidikannya pada anggota DPR. Belakangan, KPK menetapkan Ketua Komisi VII DPR dari Partai Demokrat Sutan Bathoegana sebagai tersangka karena diduga menerima hadiah dalam penetapan APBN Perubahan 2013 Kementerian ESDM.

Dalam persidangan, Rudi menyebut Sutan menerima uang darinya sebesar US$ 200 ribu. Uang tersebut merupakan suap dari Komisaris Kernel Oill, Simon Gunawan Tanjaya yang diberikan kepada Rudi.

Pascapenetapan statusnya sebagai tersangka, Menteri ESDM Jero Wacik menyatakan siap menghadapi rangkaian proses hukum yang akan berjalan. Ia pun akan tetap berada di Indonesia dan menyerahkan putusan jabatannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Rumah di Jalan Senayan Utama Sektor 9 Bintaro, Tangerang Selatan, Banten itu adalah salah satu rumah milik Menteri ESDM Jero Wacik. Rumah itu sudah lama tidak dikunjungi oleh Jero dan keluarga. Selain itu, Jero juga punya rumah lainnya di sejumlah kota.

Dari Laporan Harta dan Kekayaan Penyelenggaraan Negara (LHKPN), Mantan Menteri Pariwisata itu memiliki harta kekayaan Rp 11,3 miliar dan US$ 430 ribu.

Tidak hanya itu, Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu juga diketahui memiliki harta bergerak yaitu 2 buah mobil, batu mulia, logam mulia, dan benda seni dengan total nilai hampir Rp 1 miliar. Jero juga mempunyai giro dan setara kas lainnya seharga Rp 2,3 miliar.

Sedangkan harta tidak bergerak meliputi tanah dan bangunan yang mencapai Rp 8,2 miliar. Tanah dan bangunan itu tersebar di berbagai kota, seperti di kabupaten Tangerang, Banten, lalu Tabanan, Bali, dan Depok, Jawa Barat.

Harta kekayaan Jero Wacik yang mencapai miliaran rupiah menunjukkan Jero cukup kaya untuk hidup lebih dari cukup. Sebagai Menteri, Jero Wacik juga memiliki penghasilan cukup besar Rp 19 juta dan tunjangan sekitar Rp 150 juta. 

Keluarga besar Jero Wacik di Banjar Kertha Buana, Desa Batur, Kintamani, Bangli, Bali mengaku terkejut atas penetapan Jero Wacik sebagai tersangka. Mereka tidak percaya atasa dugaan penyalahgunaan wewenang untuk melakukan pemerasan yang dituduhkan kepada saudara mereka sebagai Menteri ESDM. Di mata keluarga, Jero Wacik adalah sosok yang hidupnya sederhana.

Namun, Ketua KPK Abraham Samad memiliki pandangan lain. Sebagai pejabat, Jero Wacik adalah orang yang mempunyai hasrat untuk hidup bermewah-mewah. Padahal, untuk menunjukkan komitmennya pada KPK, Jero sudah menandatangani pakta integritas.

Penetapan Jero Wacik sebagai tersangka menjadi sebuah pukulan baru Presiden SBY yang sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat di akhir masa jabatannya. Kasus Jero Wacik menambah daftar politisi Demokrat yang terlibat kasus hukum.

Mulai dari mantan Bendahara Partai Demokrat Nazarudin Syamsudin yang tersandung kasus korupsi Wisma Atlet. Kasus Nazar menyeret Mantan Wakil Sekjen Angelina Sondakh yang divonis selama 12 tahun penjara.

Selanjutnya ada Hartati Murdaya, mantan anggota DPP Partai Demokrat yang terlibat kasus suap kepengurusan hak guna usaha perkebunan di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah.

Menpora Andi Malaranggeng divonis 4 tahun penjara dalam kasus korupsi proyek Hambalang. Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum kini juga sedang menjalani sidang karena diduga menerima gratifikasi proyek Hambalang.

Sedangkan mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bathoegana diduga menerima suap sebagai imbalan penetapan APBN Perubahan 2013 Kementerian ESDM.

Jero Wacik diancam dengan Pasal 12 UU Tindak Pidana Korupsi. Dengan pasal ini, Jero bisa disangka melakukan perbuatan melawan hukum yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara.

Baca Juga:

Menteri ESDM Jero Wacik Resmi Mengundurkan Diri

BBM Murah, BBM Langka

Berbagai Isu Pengunduran Diri Karen

(Ans)

Sebelum Menikah, Donita Minta Adi Nugroho Bikin Surat Cinta

Posted: 06 Sep 2014 04:45 AM PDT

Banyak fakta menarik di balik pernikahan Adi Nugroho dan Donita. Si mempelai wanita mengakui, sebelum menikah dirinya sempat meminta Adi untuk membuat surat cinta..so sweet!!

Kata Donita, surat cinta dan Emas Putih merupakan permintaan maskawin darinya. "Aku minta emas putih dan surat cinta. Aku minta maskawin sesuai tanggal nikah kami, berbentuk leontin ada inisial nama kami. Lalu ditempatkan di buku setebal 99 lembar. sama minta Adi tulis surat cinta untuk aku," ucap Donita usai akad nikah di Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza, Jalan M.H. Thamrin No.10 Jakarta Pusat, Sabtu (6/9/2014).

Donita punya alasan kenapa ia meminta surat cinta. Ia ingin pernikahannya diselingi nuansa romantisme. Lagipula, surat cinta itu merupakan lukisan hati yang terdalam dari Adi.

"Aku pengin lihat dia tulis sesuatu, ungkapan cinta kamu ke aku. Aku kira jadi sedikit, ternyata jadi satu lembar. So sweet banget pokoknya," imbuh Donita.

Lantas, apakah Adi bisa merampungkan tantangan itu? "Aku coba bikin jadi padat. Aku nulis itu bukan surat cinta, tapi suara hati. Apa yang terjadi, aku tuliskan, bagaimana perasaanku selama ini," pungkas dia.(Jul/Mer)

Jero Wacik Tersangka Pemerasan

Posted: 06 Sep 2014 04:36 AM PDT

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik disebut menyalahgunakan kewenangannya untuk meminta tambahan dana operasional menteri.

Rio Haryanto Bidik Podium di GP Italia

Posted: 06 Sep 2014 04:36 AM PDT

Pembalap EQ8 Caterham Racing asal Indonesia, Rio Haryanto siap adu cepat di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza, Minggu (7/9/2014) pada ajang GP 2 Series. Dia akan memulai balapan dari posisi kesepuluh.

"Saya sangat senang bisa mengawali balapan dari posisi kesepuluh. Besok balapan sebanyak 30 lap, sepertinya selama satu jam," kata Rio di sela makan malam bersama para pemenang program undian 'Pertamax Fastron Go to Europe' di Hotel Crowne Plaza, Milan, Italia, Jumat (5/9/2014).

Pria berusia 21 tahun tersebut optimistis bisa mendulang poin di Monza. Rio mengatakan, ofisial timnya sudah menyiapkan strategi yang matang untuk menghasilkan poin. Dengan strategi yang matang, dia berharap bisa naik podium.

"Dengan strategi yang bagus dari tim, kami bisa memperoleh poin. Saya inginnya bisa finis di posisi delapan, kalau bisa tiga besar," ucap dia dengan penuh semangat.

"Monza merupakan sirkuit yang sangat panjang, sekitar 5,793 km. Ya, paling tidak saya bisa mengendarai mobil hingga kecepatan 300 km," dia menyambung.

Di papan klasemen pembalap, pria kelahiran Surakarta itu berada di urutan ke-14. Dari delapan balapan, Rio baru mengumpulkan 26 poin.

Baca Juga:
Balotelli Beli Rumah Teletubbies Senilai Rp 91 M
5 Bintang Porno Ini Jadi Kekasih Pemain Sepak Bola
Falcao, Van Persie dan Rooney Tak Mungkin Main Bersama


Mbah Ghoto, Kakek Berusia 144 Tahun

Posted: 06 Sep 2014 04:32 AM PDT

Dalam kesehariannya, kakek yang biasa disapa Mbah Ghoto ini masih bisa berjalan normal dan membersihkan rumput disekitar rumah cucunya.

Mbah Ghoto, Manusia Berusia Langka di Sragen

Posted: 06 Sep 2014 04:31 AM PDT

Di rumah yang sederhana, Soedimejo atau yang biasa disapa Mbah Ghoto itu tinggal. Seorang kakek yang berusia lanjut itu masih terlihat segar dan sehat. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Sabtu (6/9/2014), dalam kesehariannya Mbah Ghoto masih bisa berjalan normal dengan membersihkan rumput yang ada di sekitar rumah milik cucunya. Mbah Ghoto lahir pada 31 Desember 1870. Berarti usia Mbah Ghoto sekitar 144 tahun. Usia yang sangat langka pada zaman ini. 

Desa Segeran, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Jawa Tengah kini ramai dikunjungi orang. Tersiarnya kabar jika di desa itu hidup manusia tertua di Asia Tenggara membuat banyak orang datang dan ingin melihat langsung. 

Sebelumnya, pihak Kantor Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sragen mengadakan penelusuran sejarah. Mbah Ghoto menurut data revisi KK tertulis tanggal lahir 31 Desember 1870. Jadi sudah berumur 144 tahun. 

Jika itu benar, maka Mbah Ghoto mengalahkan orang tertua di dunia yaitu warga negara Tiongkok yang berumur 114 tahun. Mbah Ghoto dulu menekuni profesi mencari ikan di Bengawan Solo karena rumahnya dekat dengan aliran sungai tersebut. 

Mbah Ghoto mengisahkan sudah melihat pembangunan pabrik gula di wilayah Desa Kedung Banteng Gondang, Sragen. Padahal, pembangunan pabrik gula Kedung Banteng Sragen tercatat tahun 1880.

Baca Juga:

Nenek Tertua 127 Tahun Gemar Makan Cokelat

Pak Bupati Main Bola Pakai Daster

Aneka Kreativitas Siswa SMK pada Olimpiade Sains Nasional

(Ans)

Buka Restoran, Jupiter Fortissimo Bikin Menu Capcay Bohay

Posted: 06 Sep 2014 04:30 AM PDT

Pesinetron Jupiter Fortissimo jajal peruntungan di dunia kuliner. Seminggu lalu, ia membuka restoran di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Jupiter menamai tempat makan itu 'Dapur Jupe'.

Dari banyak khazanah masakan, pemain Chanda ini memilih chinesse food. Ada yang menarik di jajaran menu yang ditawarkan Jupiter kepada para pengunjung. Nama-nama makanan di daftar menu cukup konyol.

"Aku kreasi juga untuk nama makanan. Misalnya ada Capcay Bohay. Lalu Es Cincau Padamu, pokoknya yang lucu-lucu lah," kata Jupiter di New Stingray Club and Lounge, Crown Plaza Hotel, Jakarta Selatan, Jumat (5/9/2014).

Meski berstatus artis, Jupiter tak segan turun langsung menangani pelanggan. Bahkan, ia juga yang mengantarkan menu, sampai menulis nota penjualan. Jupiter sadar, yang namanya merintis harus dimulai dari bawah.

"Aku juga suka masak kwetiaw, aku sengaja chinese food karena memang suka dan sering menikmati. Terus aku libatkan tante sebagai koki," tutup dia.(Jul/Mer)

Tali Sling Lepas, Kapal Perang Meluncur Sendiri

Posted: 06 Sep 2014 04:23 AM PDT

Kapal perang Bituni yang akan diserah terimakan TNI Angkatan Laut ini putus tali penahannnya dan mengakibatkan 3 orang tewas.

Gaji Jero Wacik Tak Sebanding dengan Beban Kerjaan?

Posted: 06 Sep 2014 04:19 AM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dan pemerasan. Tindak pemerasan yang dilakukan ini diduga demi memenuhi kebutuhan operasional sebagai menteri yang dianggap masih kurang.

Anggota Komisi VII DPR RI, Dewi Ariyani meminta masyarakat agar memandang kasus yang tengah menimpa Jero secara objektif. Terlebih lagi, dia menilai beban kerja Kementerian ESDM yang terbilang cukup berat.

"Kita juga harus lihat beban Kementerian ESDM seperti apa, tidak hanya mencari profit tapi juga harus mengawasi proses produksi dan sebagainya. Maka beban kerja secara emosional, material dan waktu yang dikorbankan juga jadi besar," ungkap Dewi dalam diskusi terbuka bertajuk `Pusaran Korupsi di SKK Migas` di Jakarta, Sabtu (6/9/2014).

Anggota parlemen yang berasal dari partai PDI Perjuangan itu juga menganggap pendapatan menteri sebaiknya tidak menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan dan dibahas lebih lanjut. Bukan berarti membela Jero, Dewi menekankan, dirinya hanya mencoba memandang kasus tersebut secara rasional.

"Jangan-jangan memang pendapatan menteri tidak cukup untuk sekian banyak beban kegiatan, beban hidup, serta tanggungan yang memang harus ditanggung mereka," tuturnya.

Dia juga mencoba membandingkan gaji menteri dengan gaji Direktur PT Pertamina (Persero) yang juga bergerak di sektor energi. Menurutnya, dengan beban kerja yang lebih berat, gaji menteri seperti Jero Wacik justru masih berada di bawah pendapatan direktur salah satu BUMN di Tanah Air tersebut.

"Di anggaran ada dana operasional menteri tapi harus ada laporannya, agak lucu juga, menteri yang juga harus mengawasi Pertamina dan komponen lain, pendapatannya justru lebih kecil," tandasnya.

Juru Bicara Kementerian ESDM Saleh Abdurahman membenarkan adanya dana operasional menteri yang digulirkan pemerintah bagi sejumlah kegiatan Jero selama menjadi menteri. Dana operasional tersebut berjumlah Rp 120 juta per bulan dan setiap penggunaannya harus disertai laporan tertulis. (Sis/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!