Selasa, 23 September 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kadin Papua Bakal Buka Kawasan Industri di Muara Tami

Posted: 23 Sep 2014 04:52 AM PDT

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Papua mempersilahkan investor masuk ke tanah Papua. Pihaknya menjamin keamanan dan pembebasan hak ulayat tanah kepada investor dalam membuka bisnisnya.

Ketua Umum Kadin Papua, Adolof Alpius Asmuruf menuturkan, pihaknya sedang membuka kawasan industri di daerah Distrik Muara Tami, Kota Jayapura.

Saat ini sudah ada beberapa kerja sama antar dua negara yakni Papua dan Papua Nugini, salah satunya dengan perdagangan antar negara di Marketing Point yang terletak di Skouw-Wutung, Kota Jayapura.

“Dalam waktu dekat ada pertemuan business to business antara 44 pengusaha asal Jawa Timur yang membidangi 73 bidang usaha. Saya berharap dalam pertemuan ini nantinya akan ada 50 kerja sama antara pengusaha Jawa Timur dan Papua, baik dari sektor riil dan jasa,” ungkapnya, Selasa (23/9/2014).

Kadin juga sedang berusaha bagaimana membuka peluang bisnis disekitar Pelabuhan Kota Jayapura agar dapat terkoneksi dengan perdagangan di Papua Nugini.

Salah satunya adalah kapal-kapal dari Papua Nugini dapat membawa barang-barang sembako atau yang lainnya dari Papua ke tempat asalnya. “Ya, paling tidak ada peredaran uang Kina, sebagai mata uang Papua Nugini di Papua,” ujarnya.

Lanjut Adolf, saat ini ada ada 29 kepengurusan Kadin yang tersebar di kabupaten dan kota di Papua. Pihaknya berharap, Kadin dapat menjadi mitra bagi pemerintah setempat. (Katharina Janur/Gdn)

Lorde Umumkan Single Baru untuk Soundtrack Hunger Games

Posted: 23 Sep 2014 04:45 AM PDT

Lorde akhirnya mengumumkan single terbaru untuk soundtrack The Hunger Games: Mockingjay-Part 1. Lagu spesial hasil karyanya tersebut bertajuk Yellow Flicker Beat. Beberapa bulan lalu, penyanyi cantik ini memang mengungkapkan kalau dirinya diminta untuk membuat lagu dari film tersebut.

Dilansir dari laman Aceshowbiz, Selasa (23/9/2014), Lorde membuktikan kemampuannya sebagai musisi dalam lagu barunya itu. Kabarnya, lagu Yellow Flicker Beat akan diputar di bagian terakhir dari film tersebut. Single ini juga menjadi lagu pertama Lorde sejak 2013 lalu.

Yellow Flicker Beat diproduseri oleh Paul Epworth dan merupakan orang yang sama dibalik single hits Adele dan Florence and the Machine. Lagu ini akan resmi dirilis pada 29 September mendatang.

Penyanyi asal Selandia Baru ini benar-benar ingin membuat lagu tersebut menjadi sesuatu yang akan terus diingat oleh para pecinta musik dan film. Ini merupakan suatu pencapaian baru dalam karier Lorde terlibat di pembuatan soundtrack film. Baginya, ini adalah tantangan.

Lorde Khawatir Lagunya Tidak Lagi Disukai

"Menyeleksi soundtrack untuk film seperti itu merupakan sebuah tantangan yang telah saya tunggu-tunggu selama ini. Saya tidak ingin kesempatan ini berlalu begitu saja," ujar Lorde.

Lorde mulai dikenal lewat lagu Royals yang menjadi hits hampir di seluruh belahan dunia. Sementara itu, film The Hunger Games: Mockingjay akan tayang di bioskop Amerika Serikat pada 21 November 2014. (Fir/Rul)

5 Kekalahan Spektakuler Manchester United (I)

Posted: 23 Sep 2014 04:40 AM PDT

Manchester United adalah salah satu klub terbesar di jagat sepak bola ini. Raihan trofi serta nama besar para bintang membuat klub ini ditakuti di dunia.

Namun klub yang berjuluk Setan Merah ini tidak selamanya tampil garang saat berhadapan dengan lawan-lawannya. Bahkan secara mengejutkan MU kerap tumbang di tangan klub-klub yang tidak diunggulkan.

Laga terakhir Liga Premier 21 September 2014 ini MU ditumbangkan klub promosi, Leicester City 3-5.  Ternyata itu bukan kekalahan terbesar MU sejauh ini.

Berikut 5 kekalahan terbesar The Red Devils:


1. Manchester United 1-6 Manchester City

1. Manchester United 1-6 Manchester City (23 Oktober 2011)

Manchester United harus kebobolan enam gol di kandangnya sendiri, Old Trafford, dari Manchester City. Dalam laga itu, The Red Devils menyerah 1-6 dari rival sekota mereka.

Hasil ini merupakan kekalahan terbesar pertama MU di kandang dalam 56 tahun terakhir dan untuk pertama kalinya mereka kebobolan enam gol di Old Trafford sejak 1930.

Salah satu momen menarik dalam laga ini adalah saat penyerang The Citizens, Mario Balotelli, melakukanselebrasi unik. Di balik jerseynya, ia menuliskan "why always me?"

2. Newcastle United 5-0 Manchester United

2. Newcastle United 5-0 Manchester United (20 Oktober 1996)

Dalam dua musim berturut-turut 1995/1996 dan 1996/1997 papan atas Liga Premier selalu diisi oleh dua klub yang sama, Manchester United, dan Newcastle United.

Namun dalam dua musim itu, MU, berhasil keluar sebagai juara sedangkan Newcastle menjadi runner up. Newcastle yang saat itu ditukangi Kevin Keegan ternyata mampu menghancurkan MU dengan skor telak 5-0 di Saint James Park musim 1996/1997.

Saat itu, Newcastle masih dihuni bintang-bintangnya seperti, Alan Shearer, Darren Peacock, David Ginola, Les Ferdinand, dan Phillipe Albert. Sedangkan MU diperkuat David Beckham, Ryan Giggs, Eric Cantona dan Peter Schmeichel.

3. Southampton 6-3 Manchester United

3. Southampton 6-3 Manchester (26 Oktober 1996)

Satu pekan usai dihajar Newcastle lima gol tanpa balas, skuat asuhan Alex Ferguson harus menerima kenyataan pahit usai dibobol enam gol di markas Southampton. Skor akhir pada laga itu pun berakhir 6-3 bagi kemenangan Soton.

Dalam laga itu Ferguson menyalahkan jersey yang dikenakan MU. Pasalnya di laga itu Eric Cantona dan kawan-kawan mengenakan jersey biru garis putih, warna yang tidak identik dengan The Red Devils.

4. Chelsea 5-0 Manchester United

4. Chelsea 5-0 Manchester United (3 Oktober 2000)

Usai menjalani musim yang menjanjikan dengan mengemas 29 laga tanpa kekalahan, rekor MU harus dipatahkan Chelsea di Stamford Bridge. David Beckham dan kawan-kawan menyerah 0-5 dari The Blues.

Dalam laga ini Chelsea berhasil memperoleh gol cepat melalui Gus Poyet. Ia mencetak gol hanya dalam 27 detik.

5. Leicester City 5-3 Manchester United


5. Leicester City 5-3 Manchester United (21 September 2014)

Sebagai tim promosi, Leicester City tampil meyakinkan dengan menghajar tim elite Liga Inggris, MU dengan skor 5-3. Padahal dalam laga tersebut, The Red Devils sempat memimpin 2-0.

Di bawah asuhan Louis van Gaal, The Red Devils, menurunkan sejumlah bintangnya seperti, Robin van Persie, Radamel Falcao, dan Angel di Maria. Namun pesona mereka di lapangan masih kalah mentereng dibandingkan penggawa Leicester, Leonardo Ulloa dan Esteban Cambiasso.

Saran Pengusaha Supaya RI Tahan dari Krisis

Posted: 23 Sep 2014 04:35 AM PDT

Krisis ekonomi sangat rentan terjadi kepada sebuah negara dengan kondisi struktur keuangan yang rapuh. Kekuatan domestiknya tak menjadi benteng pertahanan menghadapi gempuran sentimen asing.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengungkapkan, krisis keuangan bisa sewaktu-waktu menimpa Indonesia, seperti pada 1998, 2008, dan 2013 lalu. Bagaimana caranya untuk terhindar dari krisis?

Menurutnya, pemerintah harus menurunkan level defisit transaksi berjalan dan defisit anggaran serendah mungkin dari Gross Domestik Product (GDP).

"Salah satu langkah paling ampuh dan cepat mempersempit defisit dengan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan mengurangi subsidi energi," ungkap Sofjan usai menghadiri Seminar Nasional HUT Lembaga Penjamin Simpanan di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Kata dia, subsidi energi menyerap anggaran negara hingga ratusan triliun rupiah setiap tahun. Sehingga kondisi tersebut membuat postur APBN semakin tidak sehat.

"Dengan kenaikan harga BBM atau mengurangi subsidi energi, pertumbuhan ekonomi lebih suistanable. Defisit transaksi berjalan bisa langsung terbantu," terangnya.

Cara kedua mengantisipasi krisis adalah memperkuat investasi dari dalam maupun luar negeri sehingga menyerap aliran dana masuk ke Indonesia. Target ini dapat terealisasi jika pemerintah membenahi kebijakan maupun peraturan yang ada selama ini.

"Perbaiki peraturan-peraturan pemerintah yang justru bisa mengganggu ekonomi kita. Permudah perizinan investasi sehingga makin banyak penanam modal yang tertarik investasi di sini," jelas Sofjan.

Dan dalam pergantian pemerintahan, dia bilang, seluruh pihak termasuk para pengusaha tengah menantikan pembentukan struktur kabinet lengkap Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Presiden baru harus menyeleksi siapa-siapa yang masuk di kabinet supaya membangkitkan kepercayaan orang terhadap pemerintahan mendatang. Kami menunggu itu, karena pemerintah harus berani mengambil risiko untuk mencegah krisis," pungkas Sofjan.(Fik/Gdn)

5 Batu Cantik dan Populer di Dunia

Posted: 23 Sep 2014 04:35 AM PDT

Sebagai bagian dari alam, manusia seperti makhluk hidup - makhluk hidup lain memanfaatkan apa yang tersedia di alam. Mulai dari kebutuhan primer seperti makan dan minum hingga keinginan untuk mempercantik diri, manusia mengolah sumber daya alam di sekitarnya.

Untuk mempercantik diri manusia memproduksi benda-benda alam untuk dimakan atau diminum, dibalurkan ke tubuh, atau juga sekadar untuk dikenakan. Selain pakaian, hal lain yang dikenakan oleh manusia untuk membuat dirinya terlihat indah adalah batu-batu yang dibuat jadi perhiasan.

Seiring dengan berkembangnya kebudayaan yang membentuk nilai-nilai sosial, batu-batu aksesoris itu mendapat fungsi-fungsi lainnya, misalnya simbol wibawa dan kekuasaan. Agar dapat menjadi aksesoris yang lazim dikenakan manusia, batu-batu itu dibentuk terlebih dahulu.

Harga jual dari batu-batu kristal itu bergantung pada beberapa hal, seperti kelangkaan, kejernihan, dan lain sebagainya. Ada berbagai jenis batu yang ada di dunia. Di antaranya adalah batu akik, batu kecubung atau amethyst, batu zamrud arau emerald, batu giok atau nephrite jade, dan batu intan atau diamond.

Selain batu-batu itu, masih ada jenis-jenis batu lain yang tak kalah cantik. Berikut ini adalah 5 batu cantik di dunia, seperti dirangkum Selasa (23/9/2014)

Topaz

Topaz

Topaz (topas) hadir dalam berbagai warna, seperti Topaz Oranye, Topaz Biru, Topaz Kuning, dan yang sangat ajarang adalah Topaz Pink. Namun Topaz yang benar-benar murni justru adalah Topaz yang bening tanpa warna. Batu Topaz dapat ditemukan di Afganistan, Srilanka, Meksiko, Amerika, dan lain sebagainya.

Turquoise

Turquoise

Batu Turquoise (turkuaz)memiliki warna biru atau hijau yang cantik. Nama `Turqoise` berasal dari bahasa Prancis yang berarti `Turkish`. Dinamakan seperti itu karena batu ini pertama kali dibawa ke Eropa dari Turki. Batu ini sudah sejak lama digunakan dalam berbagai peradaban untuk mendandani para pembesar. Beberapa peradaban itu adalah peradaban Mesir kuno, peradaban Persia, dan meso-Amerika.

Sapphire

Sapphire

Batu cantik ini umumnya memiliki warna biru yang dalam. Varian lain dari Sapphire (safir) adalah yang tak berwarna, semu abu-abu atau hitam, kuning, hijau, dan lainnya. Varian lain yang memiliki motif seperti bintang di badan batu disebut dengan Star Sapphire. Beberapa jenis Sapphire juga dapat tampak berubah warna bila terkena cahaya. Jumlah Sapphire yang cukup banyak bisa ditemukan di Thailand, Srilanka, Tiongkok, Madagaskar, dan lain sebagainya.

Ruby

Ruby

Dengan warna merah dalam, batu Ruby (rubi) masih satu keluarga dengan batu Saphhire (safir). Nama `Ruby` diambil dari bahasa latin `Ruber` yang berarti `Merah`. Tingkatan warna merah dari batu Ruby merupakan salah satu faktor dominan dalam menentukan harganya. Ruby yang dinilai memiliki warna merah sangat jelas disebut dengan Blood-red. Myanmar adalah negara yang sejak dulu dikenal sebagai sumber utama batu ini.

Meteorite

Meteorite

Batu yang satu ini menjadi spesial karena asalnya yang tidak dari Bumi, melainkan dari outerspace (luar angkasa). Meteorite atau batu meteor adalah bagian dari asteroid atau komet yang berhasil bertahan melewati atmosfer bumi. Ukuran batu meteor ini bervariasi dari yang kecil hingga besar. Sebagian orang menganggap batu ini punya kekuatan supra-natural.

Shell Tawarkan Pelumas Sintetik Gas, Apa Istimewanya?

Posted: 23 Sep 2014 04:34 AM PDT

Shell, produsen pelumas kelas dunia siap membawa perubahan baru dalam hal produk pelumas sintesis. Lewat Shell PurePlus Technology, pelumas sintetik mereka yang ada di pasaran nantinya bakal makin perkasa dengan teknologi buah riset hingga 40 tahun.

Apa istimewanya? Shell PurePlus Technology diklaim sebagai pelumas sintetik yang dalam pengolahannya mengubah gas alam sebagai bahan dasar pelumas full sintetis premium tersebut.

Selama ini, pelumas full sintetis memang telah dikenal keunggulannya berkat tingkat kemurnian dan kualitasnya yang lebih tinggi dibandingkan pelumas mobil berbasis minyak bumi.

Sementara, Shell Lubricants berhasil mengembangkan teknologi gas-to-liquid (GTL) yang mampu mengubah gas menjadi bahan dasar bagi produksi pelumasnya. Teknologi yang hak patennya dimiliki Shell Lubricants ini disebut Shell PurePlus Technology.

”Shell PurePlus Technology mampu mengubah gas alam menjadi bahan dasar sejernih kristal tanpa sedikitpun kotoran seperti yang biasanya ditemukan pada minyak bumi,” ujar Bambang Wahyudi, General Manager Technical Shell Lubricants and Bulk Fuels Indonesia.

Bagaimana Shell PurePlus Technology mampu mengolah gas alam cair menjadi bahan dasar sebuah produk pelumas? Bambang menjelaskan bahwa GTL adalah proses penyulingan yang merubah gas alam menjadi rangkaian hidrokarbon. Molekul baru inilah yang nantinya salah satu disuling sebagai base oil PurePlus.

Shell PurePlus Technology mampu memproduksi bahan dasar yang dapat meningkatkan kinerja mesin karena memiliki indeks viskositas yang tinggi, penguapan yang rendah dan memiliki sifat alir yang sangat baik untuk suhu yang rendah dibandingkan pelumas dasar biasa yang digunakan selama ini.

Artinya, menurut Shell, pelumas dengan teknologi PurePlus ini mampu meningkatkan masa pakai mesin, meminimalkan biaya pemeliharaan, meningkatkan nilai ekonomis bahan bakar dan menjaga mesin tetap bersih.

Smart Doll, Boneka Jepang Terbaru yang Bakal Digandrungi

Posted: 23 Sep 2014 04:30 AM PDT

Boneka cantik bekarakter manga dari Jepang diperkirakan bakal meledak dan disukai banyak orang. Diluncurkan pada Juni 2014, Smart Doll, sebutan boneka yang bisa digerakkan tangan dan kakinya sesuai keinginan kita ini dibuat dengan tinggi 60 cm didandani oleh desainer boneka ternama Danny Choo dan diproduksi oleh Culture Japan.

Smart Doll pertama dibuat setelah maskot turisme Jepang Mirai Suenaga dibuat dalam dua model, manual dan otomatis. Versi manual tentu saja tidak bisa digerakkan melainkan bisa dibuat dengan gaya sesuai imajinasi kita. Sementara yang versi elektrik tidak hanya bisa bergerak sendiri melainkan juga akan memberi notifikasi saat Anda menerima pesan baru di Twitter, Facebook, email, dan kalender.

"Visi saya adalah mengubah pasar fashion boneka global dengan sebuah genre boneka yang belum pernah ada di planet bumi ini. Saya yakin banyak orang bakal menyukainya,"ujar Danny yakin.

Danny Choo siapa

Lalu siapa Danny Choo?

Pria ini aslinya dari Inggris, Danny lalu tinggal di Tokyo dan mengembangkan sebuah brand baru yang dikenal dengan Culture Japan yang fokus pada upaya agar budaya-budaya Jepang bisa diproduksi, dikembangkan dan diakses lewat berbagai media, konten dan produk.

Semua, katanya berkat bantuan maskot kareakter Mirai Suenaga yang menjadi maskot resmi bagi Japan Tourism pada 2013.

Danny adalah Direktur dan Presenter dalam sebuah TV Show yang disebut Culture Japan (broadcast di Jepang, Asia and Amerika), juga host acara televisi Japan Mode (yang ditayangkan di Asia).

Pada 2013 METI (Japanese Ministry of Economy, Trade and Industry atau Kementerian Ekonomi, Industri dan Perdagangan) menunjuk Danny sebagai anggota CIIC (Creative Industries Internationalization Committee atau Komite Inudstri-industri kreatif Internasional) yang fokus pada upaya mewujudkan penyebaran dan penyerapan budaya kreatif Jepang ke seluruh dunia.

Selama berkarir, Danny pernah menjadi Computer Engineer di Japan Airlines, Website Manager di tim manajemen Amazon dan sebagai CGM Product Manager di Microsoft.

Boneka 2

Boneka 2

Boneka 3

Boneka 3

Boneka 4

Boneka 4

Boneka 5

Boneka 5

Boneka 6

Boneka 6

Boneka 7

Boneka 7

Boneka 8

Boneka 8

Boneka 9

Boneka 9

 

 

 

Dira Sugandi Akan Kolaborasi dengan Artis Internasional

Posted: 23 Sep 2014 04:30 AM PDT

Dira Sugandi didapuk menjadi salah satu artis Indonesia yang akan tampil di acara Hennessy Artistry yang digelar pada 25 Oktober 2014 di Colosseum Club, Jakarta. 

Dalam acara besar tersebut, Dira Sugandi tak sendiri. Ia bersama grup band Naif, akan berkolaborasi dengan beberapa artis papan atas Internasional seperti Sunlounger, Errel van Buuren, Uberjak'd, dan art performance dari Goddess of Olympus.

Diakui Dira Sugandi, dirinya tak sabar untuk tampil dalam acara tersebut. "Saya sangat senang menjadi bagian perayaan Hennessy. Saya merasa bangga menjadi bagian perayaan dunia, very excited. I can't wait," kata Dira Sugandi di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Dira juga berharap acara musik ini berjalan sesuai dengan tema yang diangkat `Dare to Pursue Your Dream`. Apalagi, sebagian besar musisi yang akan datang ini belum pernah manggung di Indonesia. 

Rupanya, Dira pun menyimpan mimpi dalam acara tersebut. "Mudah-mudahan karier saya langsung meroket setelah tampil di acara ini," asa Dira Sugandi.(Fac/Mer)

Jadwal Live Streaming Sepak Bola Malam Ini

Posted: 23 Sep 2014 04:24 AM PDT

Liputan6.com kembali menayangkan sejumlah pertandingan sepak bola melalui fasilitas live streaming. Sejumlah laga Piala Liga Inggris alias Carling Cup dapat dinikmati melalui liputan6.com pada Rabu (24/9/2014).

Ada dua laga Carling Cup yang akan ditayangkan Liputan6.com melalui live streaming secara GRATIS. Bagi penggemar Liverpool, kami akan menayangkan saat The Reds menghadapi Middlesbrough pada Rabu 24 September mulai pukul 01:40 WIB.

Selain itu, kami juga akan menayangkan laga seru antara Swansea Vs Everton. Pertandingan ini dapat disaksikan pada Rabu 24 September mulai pukul 01:40 WIB.

Sebelum menonton, Anda juga bisa membaca prediksi tiap pertandingan yang disajikan mendalam dilengkapi grafis keren.

Bila Anda sedang bepergian, tidak perlu khawatir ketinggalan pertandingan karena Live Streaming ini bisa disaksikan lewat ponsel Android dan iOS.

Berikut jadwal Live Streaming Carling Cup malam ini:

1.Liverpool VS Middlesbrough Pukul 01:40 WIB. Klik di sini
2.Swansea VS Everton Pukul 01:40 WIB. Klik di sini

Laga Carling Cup lainnya:
Arsenal vs Southampton
Leyton vs Sheffield United
Cardiff vs AFC Bournemouth
Sunderland vs Stoke
Derby vs Reading
MK Dons vs Bradford
Shrewsbury vs Norwich
Fulham vs Doncaster

Cara akses

Cara untuk mengakses Live Streaming sangat mudah dengan mengikuti tutorial berikut ini:

1. Kunjungi www.liputan6.com
2. Lihat promo streaming di halaman utama, pilih pertandingan yang Anda inginkan
3. Pastikan Anda memiliki account/login di liputan6.com. Jika belum terdaftar, anda dapat mendaftar terlebih dahulu
4. Pilih promo streaming yang ada
5. Masukan kode yang disediakan
6. Jika ingin lihat pertandingan lainnya, kembali ke halaman utama. Pilih pertandingan lain yang tersedia
7. Selamat menikmati tayangan kami.

Datangi Bappenas, Tim Transisi Jokowi-JK Bahas RPJMN

Posted: 23 Sep 2014 04:19 AM PDT

Tim transisi Joko Widodo-Jusuf Kalla (JK) mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada Selasa (23/9/2014).

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana mengatakan pertemuan tersebut membahas kelanjutan surat yang dikirimkan Tim Transisi Jokowi kepada Bapennas. Juga hasil pertemuan Tim Transisi dengan Menteri Perekonomian Chairul Tanjung.

"Teman dari Tim Transisi sebagai follow up surat beliau kepada saya. Juga pertemuan Bu Rini dengan Menko," kata dia di Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Meski tak secara detail, Armida mengungkapkan pertemuan dengan Tim Transisi Jokowi membicarakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN).

"Tadi dari kami, apa yang sudah disiapkan Bappenas, dan dari kami apa yang disiapkan sesuai perundangan rencana teknokratrik RPJMN," tambah dia.

Sementara dari Tim Transisi Rini Soemarno menuturkan RPJMN mesti disiapkan sedini mungkin. Hasilnya diharapkan keluar pada November nanti.

"RPJMN mesti selesai November, secara terbuka dengan publik, disiapkan sehingga sangat penting," ujarnya.

Menurut Rini, rancangan RPJMN yang telah disiapkan banyak yang sesuai dengan visi misi yang Jokowi-JK. Hanya sedikit bagian yang mesti ditinjau ulang.

"Rancangan teknokratik RPJMN sudah dipersiapkan dengan baik oleh Ibu Armida sehingga bagaimana semua itu kembali didetilkan dan dihubungkan dengan visi misi Jokowi JK. Saya kira banyak hal sudah sesuai antara rencana Bu Armida dengan Pak Jokowi JK. Kalau dilihat dari secara menyeluruh. Kami me-review sangat sedikit perbedaannya," tandas dia. (Amd/Nrm)