Senin, 29 September 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kerugian Akibat Tambang Emas Ilegal Capai Rp 38 Triliun per Tahun

Posted: 29 Sep 2014 04:39 AM PDT

Indonesia menanggung kerugian sebesar Rp 38 triliun dalam setahun akibat aksi penambang emas ilegal.

Direktur Jenderal Mineral Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar mengatakan, dalam satu tahun dari aksi penambangan emas ilegal diperkirakan rata-rata 65 ton hingga 120 ton.

"65 ton gold sampai 120 average per year, itu seluruh Indonesia belum lagi kerusakan lingkungan polusi disebabkan air raksa," kata Sukhyar, di Kantor Direktorat Jenderal Mineral Batubara, Kementerian ESDM, Jakarta,Senin (28/9/2014).

Sukhyar menuturkan, jika tambang ilegal memproduksi 65 ton per tahun, maka devisa yang tidak disetorkan ke negara mencapai Rp 32 triliun, untuk royalti Rp 1,2 triliun dan pajak 4,8 triliun.

"Kalau 65 ton nilai devisa sudah Rp 32 triliun. 65 juta gram kali 500 ribu perak berati triliun devisanya. Royaltinya Rp 1,2 triliun, kalau pakai tax Rp 4,8 truilun hanya emas," papar Sukhyar.

Menurut Sukhyar, komoditas tambang yang mengalami aksi ilegal tak hanya emas, tetapi komoditas yang mudah didapat dan memiliki nilai, seperti timah dan batu bara.

"Belum batu bara, timah, paling mudah batu bara, objek komoditi interasional batu bara, timah, emas. Kalau batu bara harus banyak," pungkasnya. (Pew/Gdn)

Indahnya Perpaduan Seni dan Cinta Dalam Sebotol Parfum

Posted: 29 Sep 2014 04:35 AM PDT

Melakukan bisnis bersama dengan pasangan hidup tentu saja menjadi hal yang luar biasa. Hal ini pula yang dilakukan oleh pasangan romantis Martine Micallef dan Geoffrey Nejman.

Tak ingin seperti pasangan suami istri pada umumnya, pasutri asal Prancis ini ditahun 1996 membuat parfum yang bertajuk Martine Micallef. Martine bertugas meracik dan mendesain botol parfum sementara Geoffrey bertugas memberikan saran mengenai wangi parfum racikan istri dan memasarkannya ke masyarakat dunia.

Parfum elegan yang dihadirkan ini pun memiliki varian yang cukup banyak dan parfum ini juga dapat digunakan oleh pria dan wanita dari segala usia.

Di antaranya seperti Collection Ananda, Collection Jewel, Collection Les Exclusifs, Collection You Parfume, Collection Crystal dan Exceptional Collectors Pieces. Untuk racikan parfum beserta dengan desain botol dibuat oleh mereka sendiri.

"Ada salah satu parfum yang kami buat dihari pernikahan kita. Tentu saja menjadi kado terindah dalam hidup kami," tutur Geoffry saat ditemui di Glow and Living Beauty Plasa Indonesia Jakarta Senin (29/9/2014).

Di tempat yang sama, sang istri pun mempraktikkan bagaimana membuat desain botol parfum untuk dipasarkan ke masyarakat. Hanya menggunakan cat dan kuas ia berhasil membuat botol parfum yang cantik.

Sementara untuk varian wewangian parfum elegannya diakui oleh pasangan ini didapatkan dari berbagai belahan dunia. Wewangian tersebut berasal dari perpaduan bunga.

Untuk botol cantik pun, kedua pasangan ini memadukan emas 24 karat, kristal, swarovski kristal dan masih banyak lagi. (Cyn/Ars)

Usai Olahraga, Perlukah Makan?

Posted: 29 Sep 2014 04:30 AM PDT

Penting bagi Anda untuk memperhatikan makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah melakukan olahraga. Sebab, makanan yang Anda konsumsi bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan merangsang pertumbuhan otot.

Pallavi Srivastava merekomendasikan agar mengonsumsi makanan ringan rendah lemak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, dan memaksimalkan hasil yang diinginkan. Makan sebelum memulai olahraga, turut membantu mencegah merosotnya gula darah yang dapat menyebabkan sakit kepala dan kelelahan.

Pallavi dari Pusat Gizi dan Pendiri Pusat Kebugaran `Q-Slim Studio` mengatakan, Anda dapat memilih beragam jenis makanan di bawah ini yang dapat dimakan setidaknya 30 sampai 45 menit sebelum berolahraga;

1. Pisang
2. Gandum utuh
3. Telur
4. Roti gandum
5. Smoothie buah

Selama latihan, jelas Pallavi, tubuh memerlukan banyak energi. Penting bagi Anda untuk mengonsumsi sejumlah makanan itu, atau dapat mengombinasikan karbohidrat dengan sejumlah protein.

Setelah itu, perhatikan juga makanan yang harus dikonsumsi setelah olahraga. Seperti dikutip Health Me Up, Senin (29/9/2014), secara ilmiah terdapat beberapa alasan mengapa makanan setelah olahraga membantu tubuh tetap sehat.

"Setelah melakukan olahraga yang intens, tubuh mengalami proses metabolisme khusus selama penyerapan dan pemanfaatan karbohidrat dan protein sangat penting, dan jika tubuh Anda tidak mendapatkan sejumlah protein yang tepat, maka otot akan rusak," kata Pallavi.

90 Persen Pasien Jantung Ditangani Tanpa Operasi

Posted: 29 Sep 2014 04:30 AM PDT

Sebanyak 90 persen penanganan pasien penyakit jantung di Indonesia rupanya tidak melalui mekanisme di meja operasi. Hal ini diungkapkan Direktur Umum RS Jantung Harapan Kita Dr Iwan Dakota.

"Sebagian besar pasien jantung di Indonesia bukanlah penyakit jantung bawaan dan koroner. Jadi penanganannya tidak harus melalui operasi terbuka. Angkanya hampir 90 persen," ujar Iwan di Bengkulu (29/9/2014).

Mekanisme operasi terbuka kata Iwan, harus ditangani tim dokter yang dibantu peralatan pemacu jantung di luar pompa alami oleh tubuh, dan itu memiliki risiko dan biaya yang sangat tinggi.

Di Indonesia, hanya 12 rumah sakit yang memiliki peralatan dan tim medis yang bisa melakukan operasi terbuka. Selebihnya hanya mampu melakukan layanan kateterisasi dan operasi pembuluh darah saja.

"Angka keberhasilan tindakan kateterisasi dan operasi pembuluh darah ini cukup tinggi. Khusus di Bengkulu RSUD M Yunus sudah mampu melakukan itu, pasien jantung di sini tidak harus dirujuk ke Jakarta lagi, sebab peralatan sudah bagus, hanya menyiapkan tenaga medis yang handal saja," demikian kata Dr Iwan Dakota. (Yuliardi Hardjo Putra)

`Diam-diam Suka` Dance Ala Firda Oktaviani

Posted: 29 Sep 2014 04:30 AM PDT

Liputan6.com, Jakarta Citizen6, Jakarta Berikut syarat dan ketentuan untuk mengikuti `Diam-siam Suka` Dance Competition:

1. Setiap kelompok atau grup terdiri maksimal 6 orang (pria dan wanita) usia 13-25 tahun)
2. Berdomisili di Indonesia
3. Setiap grup wajib menikuti tema kompetisi dengan menggunakan lagu Hip Hop atau R & B atau Electro Dance
4. Video berkapasitas maksimal 40 MB
5. Menggunakan pakaian/kostum yang sopan dan tidak erotis
6. Video dance tidak mengandung unsure sara dan promo brand/merk
7. Pemenang bersedia datang ke Jakarta untuk mendapatkan hadiah
8. Kompetisi ini tidak dipungut biaya apapun
9. Hati-hati dengan penipuan, semua informasi bisa dilihat di social media Diam-diam suka atay Screenplay Productions
10. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
11. Materi video yang dikirimkan menjadi hak Screenplay Production dan berhak ditayangkan Screenplay Production tanpa tuntutan dari pihak manapun

Hadiah:
1. Lunch/dinner bersama pemain Diam-Diam Suka
2. Shooting bersama pemain Diam-Diam Suka
3. Transportasi dan akomodasi ditanggung Screenplay Production
4. Merchandise
5. Workshop dance Kontes ini berlangsung mulai 17-27 September 2014. Yuk segera kirimkan video dance-mu yang paling seru ke kontes@liputan6.com

Carrie Underwood Rilis Single "Something in the Water"

Posted: 29 Sep 2014 04:30 AM PDT

Lagu terbaru Carrie Underwood "Something in the Water" yang telah lama dinantikan fans musik country telah dirilis secara online, Minggu (28/9/2014) waktu setempat.

Lagu powerful bergenre country-ballad yang semula dijadwalkan diputar perdana di radio dan akan tersedia di iTunes pada Senin (29/9/2014) ini dirilis lebih awal satu hari sebelumnya.

Lagu ini ditulis Carrie Underwood bersama pencipta lagu Chris DeStefano dan Brett James. Dalam lagu tersebut, pemenang American Idol ini berbicara tetang pengalaman spiritual yang menjadikannya pribadi yang lebih kuat.

"Dia berkata: Dengan sedikit keyakinan dan semua akan membaik/Aku mengikuti pengkotbah itu ke sungai dan sekarang aku telah berubah/Sekarang aku menjadi lebih kuat.. Pasti ada sesuatu di dalam air." Demikian penggalan lirik lagu "Something in the Water milik Carrie Underwood tersebut.

"Something in the Water sangat menginspirasi.", kata Carrie dalam sebuah pernyataan yang dikutip Aceshowbiz, Senin (29/9/2014). "Sangat menggembirakan! Saya tak mampu berhenti tersenyum saat mendengarkannya. Saya harap orang lain juga demikian," lanjut Carrie.

Single balada "Something in the Water" ini akan muncul di album terbaru Carrie Underwood, Greatest Hits: Decade #1. Album ini juga akan menampilkan 18 lagu hits no.1 milik diva country tersebut. (Rizkiono Unggul/Ade)

Pemkot DKI Bongkar Rumah-Belasan Orang Ditembak di Kelab Malam

Posted: 29 Sep 2014 04:26 AM PDT

Pemkot DKI Jakarta kembali bongkar rumah di pinggir kali, serta belasan orang ditembak di kelab malam Miami, Amerika.

Onno Purbo Ingin Indonesia Punya Sistem Operasi Mobile Sendiri

Posted: 29 Sep 2014 04:25 AM PDT

Sistem operasi Android sudah menjadi platform mobile yang paling banyak dipakai pengguna smartphone di Indonesia. Pakar teknologi Indonesia, Onno W. Purbo mengajak masyarakat untuk lebih mengenal sistem operasi buatan Google Inc. tersebut.

Cara yang dilakukan pria berkacamata itu dalam mengenalkan Android cukup unik. Onno mengajak pengguna perangkat Android untuk menjebol sistem operasi yang ada di perangkatnya masing-masing.

"Sekarang yang kita ajarin baru untuk rooting sama compile Android dulu pakai ROM dari Cyanogenmod. Cara yang ditunjukkan tadi dibuat sesederhana mungkin karena masih level dasar," ungkap Onno di IDC 3D, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Demi menunjukkan cara rooting Android, Onno menjelaskan langkah demi langkah cara menjebol Android pabrikan kepada peserta yang sengaja datang ke data center IDC di Duren Tiga Raya maupun yang menyaksikannya secara online lewat software e-Learning.

"Lanjutan yang kita harapkan ialah masyarakat bisa mengenal Android lebih jauh nantinya. Syukur-syukur kalau mereka nanti bisa membuat sistem operasi sendiri, seru kan kalau tiap kota dan kabupaten punya platform sendiri," imbuhnya.

Onno memang dikenal sebagai sosok yang sangat gandrung berbagi ilmu yang dimilikinya secara terbuka. Biasanya ia berbagi ilmu lewat tanya-jawab yang dilakukan di akun Twitter @onnopurbo miliknya. 

Ditemukan, Ruang Bawah Tanah Rahasia Tempat Drakula Ditahan

Posted: 29 Sep 2014 04:25 AM PDT

Proyek restorasi di sebuah bangunan kuno, Kastil Tokat di Turki menghasilkan temuan menarik. Para arkeolog menemukan ruang bawah tanah yang pernah menjadi tempat penahanan Pangeran Wallachian, Vlad III: sang Drakula.

Ia sempat menjadi tawanan Kesultanan Ottoman Turki pada awal Abad ke-15.  

Hurriyet Daily News mengabarkan, proyek perbaikan yang dimulai tahun 2009 juga menemukan terowongan rahasia yang mengarah ke pemandian ala Romawi Pervane Bath dan barak militer.

"Benteng ini dikelilingi oleh terowongan rahasia. Sangat misterius, "kata arkeolog Ibrahim Cetin, yang terlibat dalam proyek ekskavasi seperti dikutip dari News.com.au, Senin (29/9/2014).

Cetin menambahkan, Drakula pernah menjadi tawanan di salah satu ruang bawah tanah yang ditemukan.

Namun," sulit untuk memperkirakan di mana persisnya Drakula ditahan, tapi dia pernah di sini," kata Cetin.

Sebelumnya, pekerja di kastil menemukan sebuah terowongan sepanjang 100 meter di fasad utara, yang disebut-sebut digunakan oleh putri raja untuk mencapai pemandian ala Romawi dekat benteng.

Lantas, apa hubungannya Pangeran Vlad III dengan Drakula, setan yang gemar menghisap darah korbannya?



Vlad III punya reputasi bengis sebagai Vlad the Impaler. Si penyula. Penyulaan adalah cara penyiksaan yang amat kejam. Menggunakan kayu sebesar lengan yang ujungnya dilancipkan.

Alkisah, untuk mengkonsolidasikan kekuasan, Vlad mengundang ratusan bangsawan, menikam mereka hingga tewas, lalu jasadnya disula. Puluhan pedagang Saxon di Kronstadt, yang pernah bersekutu dengan para bangsawan juga dihabisi dengan cara yang sama pada 1459.

Vlad III lahir pada 1431 di Transylvania, kawasan pegunungan di Romania. Ayahya adalah Vlad II Dracul, penguasa Wallachia, kerajaan di selatan Transylvania. Dracul adalah gelar yang berarti 'naga', berkat keterlibatannya di Order of the Dragon.

Saat masih muda, Vlad III sempat ditawan Kekaisaran Ottoman di Turki. Selama itu, ia dan adiknya diajari berbagai ilmu pengetahuan, filsafat dan seni. Vlad juga menjadi penunggang kuda dan prajurit yang terampil. Ada juga laporan yang menyebut ia ditahan dan disiksa.

Vlad III kemudian melawan balik Ottoman. Suatu hari di tahun 1462, ia menulis pada sekutu militernya. "Aku membunuh petani, pria, wanita, orang tua dan mereka yang masih muda, mereka yang tinggal di Oblucitza dan Novoselo, di mana Danube mengalir menuju laut..... Kami membunuh 23.884 orang Turki, tak termasuk mereka yang tewas saat rumahnya dibakar atau yang kepalanya dipenggal oleh tentara kami. Jadi Yang Mulia, Anda harus tahu bahwa saya telah melanggar perdamaian," tulis dia, seperti Liputan6.com kutip dari situs LiveScience, 1 Oktober 2013.

Tangannya yang berlumuran darah membuatnya punya reputasi gelap. Ia konon tega menggelar pesta makan malam di antara tubuh tentara lawan yang disuka. Bahkan ada yang menyebut, ia melahap roti yang dicelup ke darah para korbannya. Dua cerita itu belum tentu benar, namun kesadisannya yang kelewat batas menyebar seantero Eropa.

Total, Vlad dan pasukannya membunuh 80 ribu orang dengan berbagai cara, termasuk 20 ribu disula dan dipamerkan di luar Kota Targoviste. Hidup Vlad berakhir 1476, saat ia dikepung, terdesak, dan akhirnya tewas. Kepalanya yang dikirim ke Mehmed II dipamerkan di gerbang Kota Konstatinopel.

Kisahnya abadi lewat novel 'Dracula' karya Bram Stoker. Sebagai inspirasi tokoh Drakula. (Tnt)

KPPU Selidiki Dugaan Monopoli Penjualan Avtur oleh Pertamina

Posted: 29 Sep 2014 04:24 AM PDT

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tengah menyelidiki kemungkinan adanya praktik monopoli penjualan bahan bakar pesawat atau avtur oleh PT Pertamina (Persero) kepada para maskapai penerbangan.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pencegahan KPPU, Taufik Ahmad mengatakan, pengkajian ini dilakukan karena selama ini harga avtur yang jual oleh Pertamina selaku pemain tunggal di Indonesia lebih mahal 15 persen jika dibandingkan dengan harga avtur yang dijual di negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

"Kalau harga avtur, kita mengikuti di surat kabar tentang berkembangnya keluhan-keluhan terkait mahalnya harga avtur. Apakah harga avtur karena monopoli atau lainnya. Nah itu kami sedang cari indikasinya," ujarnya di Kantor KPPU, Jakarta Pusat, Senin (29/9/2014).

Sebagai tindak lanjut dari dugaan praktik monopoli ini, KPPU menyatakan telah memanggil beberapa pihak terkait antara lain perwakilan dari Indonesian National Air Carriers Association (INACA) dari pihak maskapai dan PT Pertamina (Persero) sekalu penjual avtur.

Dalam pertemuan dengan INACA, asosiasi maskapai tersebut menyebutkan ada dua hal yang menjadi penyebab harga avtur Pertamina lebih mahal, yaitu adanya biaya throughput fee yang dikenakan operator bandara dan pengenaan pajak bahan bakar oleh BPH Migas.

"Kalau tarif dari operator bandara, PT Angkasa Pura I dan II punya kewenangan menentukan dan itu Hal diatur oleh undang-undang. Sedangkan soal pajak avtur oleh BPH Migas, ternyata pajak memang dikenakan untuk semua jenis bahan bakar, besarnya sama dengan yang dikenakan ke premium dan solar," katanya.

Selain dengan kedua pihak tersebut, dalam waktu dekat, KPPU juga berencana untuk mengadakan pertemuan dengan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) selaku regulator yang mengatur tata niaga bahan bakar termasuk avtur.

"Dengan BPH Migas, kami sedang atur pertemuannya. Misalnya kalau secara ekonomis bisa dijelaskan, seharusnya regulator tahu itu. Mungkin setelah ada pertemuan tersebut itu baru diketahui keputusannya," tandas dia. (Dny/Gdn)