Jumat, 10 Oktober 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Anggota DPR Minta Rencana Kenaikan Cukai Rokok Dikaji Ulang

Posted: 10 Oct 2014 04:38 AM PDT

Rencana pemerintah yang akan menaikkan cukai rokok sebesar 10 persen pada tahun 2015 menuai kritikan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Anggota DPR 2014-2019 dari Fraksi Partai Golkar, Firman Subagyo menilai, kebijakan penarikan cukai harus memperhatikan banyak hal. Tidak hanya semata menggenjot pendapatan negara namun juga harus memperhatikan juga kondisi dunia bisnis.

"Saya peringatkan, pemerintah harus memberi kemudahan pada sektor swasta, baik berupa regulasi hingga insentif, bukan mengeluarkan aturan yang memberatkan," ujar dia, Jumat (10/10/2014).  

 Menurut dia, semua aspek terkait kenaikan cukai rokok harus dipertimbangkan secara matang. Karena ada indikasi regulasi itu akan mematikan industri rokok kretek sebagai akibat dari  keinginan negara produsen rokok putih untuk mendominasi pasar rokok di Tanah Air. Padahal pasar Indonesia sangat besar. 

Dia mengingatkan, bisnis tembakau di Indonesia sangat terkenal dan pernah jadi raja di dunia dengan menjadi bahan baku cerutu.

Kini, kondisinya berbeda, karena selalu dikait-kaitkan dengan  isu kesehatan, bahkan oleh pemerintah sendiri. "Sebelum mengeluarkan kebijakan cukai jangan main-main, dihitung benar. Karena jika berdampak buruk, ekonomi akan terganggu. Jangan emosi dalam ambil kebijakan, lakukan kajian komprehensif," tandasnya.  

Koordinator Koalisi Nasional Penyelamatan Kretek (KNPK), Zulvan Kurniawan menilai, dengan kenaikan cukai, dipastikan produsen rokok kretek yang sebagaian besar berskala bisnis menengah dan kecil bakal gulung tikar. Padahal, mereka ini mampu menyerap tenaga kerja cukup besar.  

 "Mari kita lihat faktanya, semenjak pemerintah menerapkan kebijakan tarif cukai hasil tembakau, sudah ada 3.000 parik rokok gulung tikar. Karena itu, kalau cukai naik lagi, pasti banyak yang kolaps," tegasnya.

 Mengiringi kematian pabrikan kecil rokok itu, maka permintaan tembakau akan terus merosot. Penurunan ini jelas akan berimbas kepada pendapatan petani tembakau dan cengkeh di daerah. 

"Ini bakal sangat memberatkan, karena itu sebaiknya jangan dinaikan lagi, karena imbasnya akan sangat besar," kata Zulvan. (Nrm)

Walikota Lubuklinggau Buka Open Tournament Wall Climbing

Posted: 10 Oct 2014 04:36 AM PDT

Walikota Lubuklinggau membuka secara resmi acara Open Tournament Wall Climbing Walikota Cup 2014, (10/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Jerawat, Jenis dan Cara Menghilangkannya

Posted: 10 Oct 2014 04:30 AM PDT

Jerawat adalah penyakit bintik-bintik yang timbul di kulit wajah, dada dan punggung. Bagi sebagian orang, apalagi anak muda, jerawat sangat mengganggu karena dapat menurunkan kepercayaan diri.

Sebenarnya, jerawat sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut jenis-jenis jerawat serta cara menghilangkan jerawat seperti dilansir dari Acne Academy, Jumat (10/10/2014).

Jenis Jerawat

Jenis Jerawat

Para pakar mengklasifikasikan jenis jerawat ke dalam tiga bagian. Pertama, jerawat vulgaris. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum seperti komedo, whiteheads, papula, postula dan nodul.

Kedua, jerawat conglobata atau jerawat batu. Jerawat ini adalah jenis jerawat yang lebih besar dari jerawat vulgaris. Jerawat ini dapat tumbuh pada wajah, dada dan punggung. Jerawat ini sering terjadi pada laki-laki antara umur 18-30 tahun.

Ketiga, pyoderma faciale. Jerawat jenis ini hanya menjangkiti perempuan yang berumur antara 20-40 tahun, sangat menyakitkan dan menyebabkan luka yang membekas. Jerawat ini juga dapat terjadi pada perempuan yang belum pernah memiliki jerawat sebelumnya dan hanya tumbuh pada wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat

Banyak cara untuk mengobati jerawat. Tetapi, cara-cara ini dapat dikelompokkan juga ke dalam tiga jenis penyembuhan.

Pertama, obat oles atau luaran. Diantara obat oles ini adalah antibiotik oles, retinoid oles, asam azelaic dan nikotinamid. Tidak lupa juga obat-obat herbal seperti aloe vera dan daun mint masuk ke dalam kelompok ini.

Kedua, obat dalam. Obat dalam ini berguna untuk mengontrol pertumbuhan bakteri dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Obat yang masuk dalam kelompok ini diantaranya adalah oxytetracycline, lymeciclin-, minocycline dan doxycycline. Meminum obat dalam ini sendiri memiliki efek samping seperti mual, muntah dan diare.

Ketiga, obat pelengkap. Obat pelengkap digunakan untuk melengkapi pengobatan setelah Anda melakukan pengobatan luar atau dalam. Yang termasuk dalam obat pelengkap diantaranya adalah minyak pohon teh.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis jerawat dan cara menghilangkannya. Bagaimanapun, yang terpenting tetap lah menerapkan pola hidup sehat. Sebab, bukan hanya jerawat, penyakit lain pun dapat Anda hindari jika Anda hidup sehat.

Tentang Akhir Film `Annabelle` (SPOILER ALERT!)

Posted: 10 Oct 2014 04:30 AM PDT

PERINGATAN SPOILER: Karena artikel ini membincangkan ending atau akhir film, jangan baca bila belum nonton Annabelle.

Sudah nonton `Annabelle`? Perdebatan utama setelah nonton `Annabelle` adalah apa filmnya lebih seram dari The Conjuring atau tidak.

Ada yang bilang lebih seram, ada juga yang berpendapat film Annabelle cuma bikin kaget alih-alih ketakutan. Tapi, artikel ini tidak akan membincangkan `Annabelle` seram atau tidak. Sebab, apa yang bikin ketakutan berbeda pada setiap orang.

Jadi, mari membincangkan ending filmnya saja. `Annabelle` berkisah tentang boneka bernama Annabelle yang seolah
kerasukan roh jahat. Awalnya, terjadi pembunuhan oleh sepasang pria dan wanita di sebelah rumah yang ditinggali
pasangan suami-istri John Form (Ward Horton) dan Mia (Annabelle Wallis). Pembunuhan itu terkait dengan sekte pemuja setan.

Pasangan pembunuh itu kemudian pindah ke rumah John dan Mia. Hampir saja Mia jadi korban. Mereka ingin mengambil boneka Anabelle milik Mia. Tapi upaya pasangan pembunuh itu gagal. Polisi keburu datang.

Darah si pembunuh sempat membasahi mata boneka Annabelle. Dari situ teror sesungguhnya dimulai. Boneka Annabelle menghantui kehidupan Mia. Bahkan, walau sudah pindah rumah ke apartemen, boneka Annabelle tetap meneror.

`Ending` Film Horor Indonesia 1980-an

Syahdan, Mia dan John meminta bantuan seorang pastor. Sampai bagian ini, saya teringat dengan film horor Indonesia
di tahun akhir 1970-an dan 1980-an. Ketika itu, sosok ustad, kyai, atau pemuka agama dimunculkan sebagai lawan bagi
hatu atau arwah penasaran yang gentayangan mengganggu.

Konon, kemunculan sosok pemuka agama ini awalnya himbauan dari penguasa saat itu. Pemerintah Orde Baru Soeharto kurang berkenan bila film horor hanya semata menjual keseraman dan bikin penonton ketakutan. Pemerintah menghimbau, di negara Pancasila, setan di film pun harus tunduk pada sila pertama "Ketuhanan yang Maha Esa."

Teori Order-Disorder-Order

Teori sinema juga mengenal istilah "order-disorder-order." Di awal film, penonton dikenalkan pada kondisi order, tenang,
teratur dan bahagia. Kita melihat John dan Mia sebagai pasangan bahagia yang tengah menanti kelahiran anak pertama.

Situasi "disorder" alias ketidaktertiban kemudian terjadi. Tetangga rumah mereka dibunuh, rumah mereka disatroni
pembunuh, serta boneka Annabelle menghantui.

Situasi "disorder" itu harus dipulihkan. Di film horor Indonesia tahun 1980-an ketidaktertiban dipulihkan oleh pemuka agama.

`Annabelle` semula saya kira hendak mengambil jalan itu. Tapi rupanya tidak. Jalan yang diambil ending `Annabelle` justru sedikit problematis.

Ada Apa dengan `Ending` Film `Annabelle`?

Yang menonton tentu paham, setan jahat yang merasuki boneka Annabelle menginginkan jiwa untuk dikorbankan. Ia
takkan berhenti menghantui sampai tujuannya tercapai. Yang semula diinginkan setan adalah anak Mia yang masih bayi. Namun, Mia kemudian rela berkorban menggantikan bayinya. Pada akhirnya, seorang penjual toko buku antik, yang sebelumnya pernah kehilangan anaknya, bersedia menggantikan Mia dan anaknya. Ia terjun bunuh diri dari jendela apartemen. Dari situ "order" kemudian dipulihkan.

Melihat keadaan seperti itu di akhir film, saya malah berpikir, memang sih tokoh kita tak jadi kehilangan bayinya ataupun nyawanya terenggut, tapi pihak yang jahat pun menjadi menang karena ada jiwa yang telah bersedia menyerahkan nyawanya.

Ending macam begitu tentu takkan dibolehkan di film horor Indonesia tahun 1980-an. Beda dengan di Hollywood. Di sana, pemuka agama bisa dikesampingkan sekehendak hati sineasnya.

Kita tahu boneka Annabelle menjadi bagian dari film berikutnya, `The Conjuring`. Membuat kekuatan jahat dari boneka hancur di film `Annabelle` akan membuat tidak sinkron dengan `The Conjuring` yang sudah edar duluan. Selain itu, sineasnya juga berkepentingan bila ingin `Annabelle` menjadi franchise, jangan sampai kisahnya ditamatkan dahulu.(Ade/Mer)

Rupiah Terjungkal, BI Amankan Dolar AS

Posted: 10 Oct 2014 04:28 AM PDT

Bank Indonesia (BI) memastikan akan menjaga stok dolar Amerika Serikat (AS) di pasar untuk mengendalikan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. Dari kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) BI, nilai tukar rupiah kembali terhempas ke level Rp 12.207 per dolar AS dari sebelumnya Rp 12.190 per dolar AS.

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengatakan, pihaknya melakukan intervensi terhadap pelemahan nilai tukar rupiah yang dipicu karena rencana kenaikan suku bunga AS pada tahun depan.

"Intinya BI menyediakan kecukupan dolar AS di pasar. Kami perlu lakukan itu karena pasar keuangan Indonesia belum dalam," ujarnya kepada wartawan di Gedung BI, Jakarta, Jumat (10/10/2014).

Sebagai contoh, menurut Mirza, pasar valuta asing (valas) di Singapura mencapai US$ 300 miliar. Sedangkan pasar valas Indonesia hanya US$ 5 miliar. Kondisi ini tak sebanding dengan kebutuhan valas di pasar yang terus meningkat.

"Setiap hari selalu saja ada yang perlu dolar untuk impor, bayar utang luar negeri, dan keperluan lain yang perlu dolar. Sedangkan suplainya hanya datang dari eksportir, sehingga kita harus selalu siap menyediakan suplai dolar," sambungnya.

Pelemahan kurs rupiah terhadap inflasi, kata dia, tak terlalu signifikan. Hal ini tercermin saat depresiasi rupiah tahun lalu yang tak terlalu besar menyumbang inflasi.

Mirza berharap, pemerintahan baru dapat menerapkan kebijakan yang mendorong pengurangan kebutuhan dolar AS, seperti penyusutan impor bahan bakar minyak (BBM) dan menekan anggaran subsidi BBM serta mengalihkannya ke sektor yang lebih produktif. (Fik/Gdn)

Pemerintah Resmikan Pembangunan Tiga Proyek Koridor Sumatera

Posted: 10 Oct 2014 04:27 AM PDT

Pemerintah secara resmi mencanangkan tiga mega proyek infrastruktur dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) untuk koridor Sumatra. Pencanangan tersebut dilakukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung.

Adapun tiga proyek yang dicanangkan adalah Tol Trans Sumatra, pembangunan transmisi listrik 500 kilo volt (kv) dan proyek transmisi HVDC interkoneksi Sumatra-Jawa.

"‎Dengan tiga proyek yang luar biasa ini kecdepan perkembangan ekonomi di Sumatra akan meningkat puluhan kali," kata dia di Deli Serdang, Sumatra Utara, Jumat (10/10/2014).

Adapun dalam pembangunan proyek Tol Trans Sumatra ini pemerintah telah mengeluarkan perpres mengenai penunjukan PT Hutama Karya (Persero) sebagai perusahaan BUMN konstruksi sebagai pengembang untuk tahap pertama sepanjang 304 kilometer (km).

"Saya pesan kepada Hutama Karya kalau bisa lebih baik itu dua tahun untuk dikerjakan awal yaitu ruas Medan-Binjai dan ‎Palembang-Simpang Indralaya," tegas dia.

Sementara mengenai pembangunan transmisi listrik 500 kv, nantinya akan menjadi satu sarana untuk meratakan listrik di wilayah Sumatra terutama di Sumatra Utara yang sampai saat ini masih krisis listrik.

‎Dengan kemampuan transmisi listrik sebesar tersebut nantinya akan setara dengan jaringan listrik di Jawa dan Bali yang mampu menghubungkan seluruh pembangkit di Sumatra ke beberapa wilayah di daerah-daerah terpencil.

Sedangkan dalam hal pembangunan proyek transmisi HVDC interkoneksi Sumatra-Jawa‎ hingga saat ini sebenarnya sudah mulai dikerjakan untuk tahap pertama oleh PT PLN (Persero).

Dengan demikian, nanti akan terdapat jaringan listrik Bali-Jawa-Sumatra."‎Listrik menjadi penting sebagai pembangunan ekonomi mmelalui soal energi, Pak Gubernur tadi mengeluh soal listrik, insyaallah itu akan segera teratasi," pungkas CT. (Yas/Nrm)

Kisah Lilly, Bocah Pecinta MU yang Ngambek Karena Baju Biru

Posted: 10 Oct 2014 04:20 AM PDT

Tingkah Lilly Rae Doyle, bocah berusia 3 tahun ini sungguh menggemaskan. Lilly ngambek tak mau memakai seragam sekolahnya karena berwarna biru. Dia menolak lantaran sangat mengagumi Manchester United.

Lilly akan mulai masuk prasekolah di St Elizabeth RC, Wythenshawe, selatan Manchester, pada 20 Oktober. Namun, Lily ngambek saat mengetahui orang tuanya, Faye Cummins dan Andrew Mitchell, membelikan seragam sekolah berwarna biru.

Padahal warna baju yang dibelikan adalah biru gelap. Namun, Lilly menganggap warna biru sudah identik dengan Manchester City, rival sekota Manchester United.
http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/749268/original/9cb293a710ddd65d3926396a0a5e2525-035970400_1412926089-Lilly2.jpg
"Ini biru sekali, aku tak suka biru, aku mau melepaskannya," pinta Lilly seperti dilansir Manchester Evening News.

">

Keluarga Citizens


Ibunda Lilly, Faye, sebenarnya sudah mengetahui anaknya bakal bereaksi seperti itu. Hal ini lantaran Lilly sangat menyukai Manchester United.

"Dia benar-benar cinta United. Dia fans berat dan mengetahui segalanya tentang mereka. Selalu saja United, United, United," ujar Faye.

Faye mengaku belum tahu bagaimana membujuk Lilly untuk mengenakan seragamnya. "Aku pikir takkan mudah. Sulit melihat bocah mungilku kesal, tapi aku yakin dia akan terbiasa dengan seragam barunya."
http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/749269/original/f8f568a070a50195ae85793f4d27dd73-067080300_1412926218-Lilly3.jpg
Faye pun mengakui sebagian besar keluarganya sebenarnya adalah fans dari City. "Cuma aku dan saudara perempuanku yang mendukung United. MMereka sih inginnya putriku mendukung City saja," beber Faye yang sempat mengunggah video saat putrinya menolak mengenakan seragam biru.

Disorot Manchester United


Kisah ini pun menarik perhatian dari tim media sosial Manchester United. Lewat akun resminya, @ManUtd, Setan Merah ikut membujuk Lilly agar mau mengenakan seragam birunya.

Setan Merah pun menyatakan, jersey ketiga mereka pun berwarna biru. Sehingga meski Lilly mengenakan seragam biru, tak menyurutkan dukungannya kepada United.

"Kami akan mengirimkan kit ketiga kami dan kami akan senang mengundangmu untuk datang ke salah satu pertandingan. Sampai ketemu nanti!" kicau akun MU tersebut untuk Lilly.

Direksi: ATM Bank DKI Lebih Banyak dari Bank Mandiri

Posted: 10 Oct 2014 04:18 AM PDT

Sidang kasus penyewaan 100 Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank DKI kembali digelar pada Jumat (10/10/2014) ini. Pada sidang kali ini, Direksi Bank DKI menjelaskan salah satu alasan utama direksi baru pada saat itu tidak setuju pada program pengembangan 100 layanan jaringan ATM di 100 lokasi karena tidak seimbangnya jumlah fasilitas transaksi ini dengan ukuran Bank DKI pada saat itu.

“ATM Bank DKI jumlahnya lebih banyak daripada ATM Bank Mandiri sebelum menjadi direksi pada Bank DKI Juni 2010,” kata Direktur Pemasaran Mulyatno Wibowo yang pada saat itu menjabat sebagai Plt Dirut Bank DKI dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor tentang kasus penyewaan 100 ATM Bank DKI, Jumat (10/10/2014).

Hal itulah yang juga disampaikan Dirut PT KSP Henry J Marathon pada saat penghentian sepihak kontrak sewa 100 ATM antara Bank DKI dengan PT KSP.

Sidang yang digelar hari ini juga menghadirkan auditor BPKP Syafruddin. Dalam kesaksiannya, Syafruddin menjelaskan tidak ada perbuatan melanggar hukum yang dilakukan PT KSP selaku vendor pengadaan 100 ATM bank DKI tahun 2009 pada proses lelang. 

Kalau penyimpangannya memang terjadi pada panitia lelang PT Bank DKI sendiri bukan pada vendor PT KSP, kata Syafruddin menjawab pertanyaan hakim Sutijo yang menanyakan penjelasan ahli secara langsung mengenai penyimpangan yang dilakukan oleh vendor.

Syafruddin juga menjelaskan dalam audit yang dilakukan timnya mendapati bahwa pelaksanaan penunjukan langsung proyek tersebut telah sesuai dengan SK Direksi 170 setelah dua kali pelelangan gagal dilaksanakan.

"Sesuai SK tersebut maka dilakukan penunjukan langsung setelah terjadi gagal lelang," tegas Syafruddin.

 Ada hal menarik bahwa dalam menghitung kerugian negara ini, saksi menggunakan dokumen acuan SPK dari PT KSP kepada PT ISO yang sesuai fakta persidangan tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh Nota Kesepakatan.

Sebelumnya saksi Lily, sebagai Dirut PT ISO menjelaskan dasar kerjasama perusahaan tempatnya bekerja dengan PT KSP adalah Nota Kesepakatan bukan SPK lagi. (Nrm)

Remaja Amerika Hendak Gabung ISIS Ditangkap

Posted: 10 Oct 2014 04:16 AM PDT

Polisi Ankara menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa yang menuntut pemerintah Turki lebih peduli pada pergerakan ISIS. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (10/10/2014).

Polisi Ankara menggunakan meriam air untuk membubarkan pengunjuk rasa yang menuntut pemerintah Turki lebih peduli pada pergerakan ISIS.

Pengunjuk rasa melemparkan bom molotov ke polisi yang juga menembakkan gas air mata ke pengunjuk rasa. Pemerintah Turki berkeras hanya akan mempertimbangkan keterlibatan militer jika terkait upaya menggulingkan presiden Suriah Bashar Al Assad.

Di Amerika Serikat, polisi menangkap seorang remaja di Chicago, Mohamed Hamzah Khan, dengan tuduhan hendak bergabung dengan ISIS di Suriah. Remaja 19 tahun itu adalah warga AS.

Kedua orangtuanya juga warga AS asal India. Remaja itu meninggalkan surat menyatakan ia hendak berangkat ke Suriah, namun ditangkap di bandara.

Masih di Amerika, banjir di Arizona, menyebabkan sejumlah wilayah terendam. Seorang pengendara terpaksa menanti pertolongan tim pemadam setelah mobilnya mogok di tengah banjir. Banjir disebabkan hujan deras yang mengguyur California Selatan, bagian barat Arizona dan bagian selatan Nevada.

Sementara di Inggris, seorang pengendara mobil hampir saja dihantam tornado yang lewat di sebuah ruas jalan beberapa saat sebelum mobil tersebut lewat di Merseyside, Inggris.

Tornado juga menghantam wilayah Alfreton, Derbyshire, Inggris. Seorang warga sempat merekam saat tornado lewat dan menghancurkan bagian belakang halaman rumahnya. (Yus)

Baca juga:

Serangga 2 cm Masuk ke Dalam Telinga Seorang Pria

Alat Rusak, 2 Petugas Terayun-ayun di Lantai 19

Ledakan Bom di Irak - Evakuasi Korban Gunung Ontake Dilanjutkan

Luhan EXO: Akhirnya Saya Pulang!

Posted: 10 Oct 2014 04:15 AM PDT

Luhan EXO tiba-tiba menjadi menjadi buah bibir. Wajar saja, Luhan dengan berani melayangkan gugatan kepada agensinya, SM Entertainment.

Luhan dikabarkan merasa bingung dengan keabsahan kontraknya dengan SM Entertainment. Luhan tengah memeriksa ulang hal tersebut.

Saat ini, pengadilan tengah mengkaji surat kontrak Luhan tersebut. Jika pengadilan menemukan kontrak antara SM Entertainment dan Luhan ada kejanggalan, maka kerja sama tidak sah.

Penggemar Luhan dikabarkan khawatir dengan idolanya. Untuk menenangkan fans, Luhan pun memberikan kabar dengan posting-an di akun media sosial miliknya.

Seolah merasa bebas, Luhan menuliskan, "saya pulang." Tampaknya Luhan ingin menunjukkan kepada penggemar dimana dirinya saat ini, dilansir dari Nate, Jumat (10/10/2014).



Setelah kabar gugatan tersebut, Luhan disebut-sebut telah kembali ke negara asalnya, Tiongkok. Luhan juga menuslikan jika dirinya sangat menyayangi penggemar.

Meski Luhan sudah bukan personel EXO lagi, ia masih ingin memberikan perhatiannya kepada penggemar. Ia berharap fans juga melakukan hal serupa.