Rabu, 10 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Kemendikbud Raih Prestasi Penolak Gratifikasi Terbaik

Posted: 10 Dec 2014 04:51 AM PST

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali meraih prestasi terkait pencegahan korupsi. Untuk kedua kali, Kemendikbud meraih penghargaan sebagai kementerian dengan Unit Pengendalian Gratifikasi Terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan pada puncak Hari Anti-Korupsi Sedunia, Selasa 9 Desember 2014 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Pada tahun 2013, Kemendikbud juga menerima penghargaan untuk kategori yang sama.

"Alhamdulillah kementerian kita mendapatkan penghargaan sebagai penolak gratifikasi terbaik," ucap Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan. 

Anies mengingatkan kembali membangun integritas bangsa terlebih dahulu dimulai dari dunia pendidikan dan kebudayaan. Bila Kemendikbud sebagai hulu dari pendidikan dan kebudayaan bersih dari praktik-praktik gratifikasi, maka hilirnya seperti pendidikan di rumah, sekolah, dan masyarakat pun akan bersih.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini optimistis Kemendikbud dapat meningkatkan prestasi sebagai penolak gratifikasi. Jika hari kini meraih penghargaan terbaik. Ke depan diharapkan dapat menjadi kementerian paling bersih dalam hal gratifikasi.

"Kemendikbud harus bersih dari gratifikasi dalam tata kelola pendidikan dan kebudayaan," ucap Anies.

Tercatat, sejak tahun 2012 Kemendikbud telah memiliki Satuan Tugas Pengendalian Gratifikasi. Tim ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 072/P/2012 tertanggal 10 April 2012.

Selain menyosialisasikan gratifikasi sebagai embrio perilaku korupsi yang harus dihindari oleh pejabat di lingkungan Kemendikbud, unit ini juga menerima laporan gratifikasi. Pelaporan bisa dilakukan secara elektronik maupun tertulis.

(Adv)

Rini Soemarno Ingin Dahana Rajai Bisnis Bahan Peledak ASEAN

Posted: 10 Dec 2014 04:50 AM PST

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno hari ini mengunjungi ke kantor PT Dahana (Persero) di Subang, Jawa Barat. Dalam kunjungannya tersebut, Rini menetapkan target yang harus menjadi perhatian DAHANA ke depan. 

Target tersebut antara lain komersialisasi produk Dahana dengan menyasar tambang besar dan menjadi pemain utama di ASEAN.  "Perlu dipikirkan usaha-usaha komersialisasi pasar bahan peledak dari yang sudah ada.  Terutama tambang besar yang masih menggunakan produk impor.  Kementerian akan mendorong supaya kandungan lokal menjadi prioritas," papar Rini di Subang, Rabu (10/12/2014).

Terkait penetrasi pasar di ASEAN, Rini mengharapkan Dahana lebih berkembang lagi.  Menurutnya, pasar ASEAN sangat potensial untuk BUMN melebarkan sayap usahanya.

"Kami mendorong BUMN untuk berkembang.  Termasuk menjajaki ASEAN sebagai pasar propelan yang akan diproduksi oleh Dahana," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, selain sektor bahan peledak komersial yang hampir 90 persen berkontribusi terhadap pendapatan Dahana, sektor militer kini menjadi perhatian khusus.

Beberapa proyek terkait pertahanan sedang digarap saat ini, yakni pembangunan industri propelan, pengisian bom P 100 L untuk pesawat tempur sukhoy, dan proyek-proyek kerjasama lainnya yang sedang dikembangkan.

Saat ini, produk-produk bahan peledak komersial Dahana telah tersebar ke mancanegara.  Ke depan, tidak hanya produknya saja yang diekspor, tapi juga jasa peledakannya menggunakan Dahana.

"Untuk services, Dahana sedang penetrasi pasar ke Australia untuk sektor pertambangan," ungkap Sekretaris Perusahaan PT DAHANA‎, Mamat Ruhimat.‎ (Yas/NDw).   

Sheila on 7 Rilis Album Terakhir

Posted: 10 Dec 2014 04:45 AM PST

Sheila on 7 (So7) merilis album ke delapan mereka bertajuk Musim Yang Baik di Hard Rock Cafe, Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (10/12/2014). Yang menarik, Eross, Duta, Adam dan Brian mengumumkan ini adalah album terakhir mereka.
Album terakhir bukan berarti bubar. Yang dimaksud Duta sang vokalis, Musim Yang Baik merupakan album terakhir So7 di bawah naungan label Sony Music. Selanjutnya, So7 akan bergelut di panggung musik Indie.

"Sebenarnya kami sudah lama ingin main di Indie. Cuma karena terikat dengan label jadi belum bisa. Selama 16 tahun bersama Sony Music, kami mengalami dua perpanjangan kontrak," kata Duta membuka obrolan.

Alasan So7 pindah haluan ke musik Indie, bukan karena pamor band asal Jogjakarta ini meredup. Justru, Duta berkilah kalau mereka butuh penyegaran. Butuh suasana dan atmosfer bermusik yang baru.

"Kami harus punya next chapter-nya band ini juga, kami pengin ada atmosfer yang berbeda. Makanya album perpisahan ini harus keren," tutur Duta. (fei)

Ketum Parpol KMP Akan Hadiri Mukernas Perdana PPP Kubu Djan Farid

Posted: 10 Dec 2014 04:44 AM PST

PPP versi Muktamar VIII Jakarta yang diketuai Djan Faridz hari ini menggelar Musyawarah Kerja Nasional ([Mukernas](2145519 "")) perdana mereka di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Wakil Ketua Umum PPP kubu Djan Farid, Akhmad Gojali Harahap mengatakan, seluruh ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) dijadwalkan bakal menghadiri mukernas tersebut.

"Insya Allah datang semua," kata Gozali di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Selain itu ketum-ketum KMP, Gojali mengaku mengundang beberapa pejabat pemerintahan. Namun, ia enggan menjelaskan pejabat mana yang ia undang.

"Iya kita undang. Tidak semua, hanya beberapa saja yang terkait," ujar dia.

Lalu apakah kubu Ketua Umum PPP versi Muktamar VIII Surabaya Romahurmuziy atau Romi bakal diundang juga? "Iya, betul. Semua kita undang," tandas Gozali. Dia mengatakan, Romi beserta jajarannya bakal diundang.

[Mukernas](2144578 "") partai berlambang Kabah tersebut akan berlangsung selama 3 hari. Yakni dari tanggal 10-13 Desember 2014.

PPP kini terbelah menjadi 2 kubu, yakni kubu Ketua Umum Romahurmuziy atau Romi yang merupakan hasil Muktamar VIII Surabaya dan kubu Ketua Umum Djan Faridz hasil Muktamar VIII Jakarta. (Nad/Ali)

3 Jurus Jokowi Berantas Korupsi

Posted: 10 Dec 2014 04:41 AM PST

Untuk memberantas korupsi, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh kalangan, khususnya di kalangan pemerintah dan lembaga negara untuk membangun sistem yang baik dan ditaati dengan 3 jurus.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat puncak peringatan Hari Anti-Korupsi Sedunia dan Hari Ulang Tahun ke-11 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa 9 Desember 2014 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Jurus pertama adalah memberlakukan One Stop Service. Jokowi mengajak seluruh kalangan menerapkan layanan ini dan menaatinya. One Stop Service memberikan layanan yang cepat kepada masyarakat, sehingga berbagai perizinan yang diajukan oleh masyarakat tidak lagi membutuhan waktu lama.

"Perizinan bisa dikeluarkan beberapa jam saja, paling lama 1 hari dan tidak perlu berminggu-minggu," ujar Jokowi.

Jurus kedua yaitu memberlakukan e-budgeting dalam sistem penganggaran. Melalui sistem ini, Jokowi meyakini kontrol dalam penggunaan anggaran akan lebih mudah dilakukan, melalui berbagai alat.

"Kontrol anggaran dapat dilihat secara langsung menggunakan tablet, ini luar biasa. Saya yakin dapat mengurangi tindakan penyelewengan anggaran," ucap Jokowi.

Jurus ketiga yakni membangun kepercayaan. Rasa percaya sangat perlu dilakukan, masyarakat percaya kepada pemerintah, dan pemerintah wajib menjaga kepercayaan dengan memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

"Kalau rasa percaya bisa ditanamkan, dalam bekerja pun nyaman. Dengan begitu, kemakmuran negara bisa kita capai," demikian Jokowi.

(Adv)

Gadis Ini 'Nikahi' Kekasihnya yang Terbaring di Rumah Sakit

Posted: 10 Dec 2014 04:40 AM PST

Cinta gadis di [China](2145404 "") ini kepada kekasihnya mungkin bisa dibilang setinggi langit. Wanita muda bernama Huang Yue itu tetap setia mendampingi pacarnya yang tengah menderita penyakit leukemia dan terbaring di rumah sakit.

Bahkan perempuan bernama Huang Yue tak sekadar mendampingi, tapi juga menggelar pesta pernikahan untuk kekasihnya, Wang Jianwei, di sebuah rumah sakit di Kota Leshan, Provinsi Sichuan. Demikian yang dimuat Shanghaiist, Rabu (10/12/2014).

Berpakaian pengantin, Huang datang ke rumah sakit dan bergegas menuju ruang tempat Wang dirawat sambil membawa rangkaian bunga mawar. Wang terkejut saat melihat Huang datang dengan penampilan seperti itu.

Pesta pernikahan kecil akhirnya digelar di ruang pesakitan. Huang yang masih berusia 19 tahun memberikan bunga yang dibawanya kepada Wang yang meringkuk di kasur rumah sakit. Pria 25 tahun tersebut tampak bahagia dan terkejut dengan apa yang telah dilakukan Huang.

Meski harus menerima kenyataan bahwa salah satu dari mereka mengalami sakit parah, tapi pasangan yang telah menjalin hubungan selama 3 tahun itu membuktikan bahwa kekuatan cinta mereka begitu besar.



Dengan menggelar pesta pernikahan tersebut, Huang berharap Wang bisa bersemangat agar lekas sembuh dan kembali menjalani jalinan cinta seperti ketika si pria masih sehat.

Pesta pernikahan serupa juga pernah terjadi di Provinsi Hunan, [China](2145104 ""). Seorang wanita melamar kekasihnya yang juga menderita leukemia di rumah sakit Hunan. Meski dokter menyatakan harapan hidup pacarnya kecil, perempuan asal Guangzhou itu tak menyerah. (Riz/Tnt)

Video Aksi Bomber Anyar Macan Kemayoran, Yevgeni Kabayev

Posted: 10 Dec 2014 04:39 AM PST

Yevgeni Kabayev telah resmi berkostum Persija Jakarta. Kedatangan top skor dan pemain terbaik kompetisi kasta teratas Estonia (Meistriliiga) itu dibarengi target tinggi yang dipatok manajemen Persija.
 
Tidak tanggung-tanggung, Presiden Persija Ferry Paulus mengharuskan Kabayev mencetak 20 gol dalam setengah musim. Sebuah ekspektasi besar untuk ukuran striker yang melakoni musim pertamanya di Tanah Air.
 
"Di dalam klausul kontrak yang tertera, dia harus mencetak banyak gol. Kami menargetkan dia mencetak 20 gol di paruh musim," ucap Ferry yang mengaku Kabayev dan Martin Vunk dikontrak dengan nilai fantastis.
 
Target tinggi yang dipatok Persija tidak lepas dari apiknya performa Kabayev bersama klub Sillamae Kalev, musim lalu. Ia  mengemas 36 gol dari 35 pertandingan. Koleksi gol itulah yang membuat Kabayev berhak atas gelar topskorer di akhir musim.
 
Lanjut ke halaman berikutnya------>
 

Potensi Besar Mencetak Banyak Gol

Kabayev pun diharapkan tidak menjadi pembelian sia-sia. Seperti yang terjadi musim lalu saat Ivan Bosnjak dan Zelimir Terkes gagal mengemban tugas sebagai mesin gol Persija. 
 
Di akhir musim, Bosnjak hanya mencetak empat gol sedangkan Terkes gagal mencetak satu gol pun. Terkes, pemain asal Bosnia, itu pun akhirnya dicoret dari tim pada akhir putaran pertama dan posisinya digantikan oleh Boakay Eddy Foday.
 
Lantas, apakah Kabayev mampu menjawab ekspektasi tinggi Persija? Jika melihat kemampuan olah bola, ketenangan, dan penyelesaian akhirnya yang mengesankan di kotak penalti bersama Sillamae musim lalu, kans ke arah sana terbuka lebar.
 
Apalagi, dia akan bermain bersama striker sekelas Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo di tim "Macan Kemayoran". Lanjut ke halaman berikutnya untuk video aksi Kabayev:
 

Video Kabayev

Penasaran dengan aksi dan gol-gol Kabayev bersama mantan klubnya itu? Di bawah ini Anda bisa saksikan video dari gol-gol tersebut :
 

News Hilite 10 Desember 2014

Posted: 10 Dec 2014 04:38 AM PST

Polres Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sri Wahyuni

Asean University Games 2014 Dibuka Malam Ini

Posted: 10 Dec 2014 04:37 AM PST

Perhelatan Asean University Games (AUG) 2014 yang berlangsung di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan, akan dibuka Rabu (10/12/2014) malam di Stadion Gelora Sriwijaya Centre (GSC). Acara ini akan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menurut Ketua Umum Deputi V Bidang Opening-closing AUG, Ahmad Najib, acara ini jua akan dihadiri para menteri, seperti Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pendidikan Anies Baswedan, dan Presiden AUG.

"Konsep opening masih mengadopsi konsep Islamic Solidarity Games (ISG) lalu, yakni diawali dengan dancer, tarian kolosal, kemudian iring-iringan atlet. Dipastikan pembukaan AUG tak akan kalah seru dengan SEA Games dan ISG," kata Ahmad kepada Liputan6.com, di Palembang.

Acara pembukaan akan sangat meriah dengan kehadiran artis Rianti Cartrigh dan Erwin Parengkuan sebagai Pembawa Acara. Artis lainnya pun turut menghibur acara ini antara lain GIGI, Dewi Gita, RAN, Ira Swara, dan Andi RIF.

Nantinya usai memberikan sambutan, Wapres Kalla akan menerima obor yang dibawa oleh perwakilan atlet dan akan diletakkan ke tempatnya. Setelah itu, acara akan dimeriahkan oleh penampilan kuadron dan laser dengan warna yang beragam. Akan ada juga kembang api yang menandakan AUG 2014 resmi dibuka.









Gelar Kehormatan Honoris Causa UNSW untuk Alumni Asal Indonesia

Posted: 10 Dec 2014 04:37 AM PST

Didirikan pada tahun 1949, University of New South Wales Australia menjadi satu dari 50 universitas terbaik di dunia. Baru-baru ini, untuk kali pertamanya, UNSW menganugerahkan gelar kehormatan doktor honoris causa (Doctor of the University) kepada alumni asal Indonesia, yakni Presiden Komisaris PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) Eddy Sariaatmadja.

Eddy Sariaatmadja dikenal sebagai wirausahawan sekaligus pebisnis andal. Tak melulu mengejar keuntungan, ia juga aktif dalam kegiatan kemanusiaan dan pemberdayaan bagi masyarakat yang kurang beruntung.

Profesor Fred Hilmer, Presiden sekaligus Vice-Chancellor UNSW mengatakan, kiprah Eddy dalam bidang sosial dan kemanusiaan menegaskan sikapnya: bahwa uang bukanlah tujuan utama.

"Apa yang telah ia lakukan dalam bidang kemanusiaan menunjukkan bahwa ia tidak hanya semata mengejar keuntungan. Apa yang dilakukan Eddy Sariaatmadja adalah menyelaraskan bisnisnya dengan tujuan sosial yang patut diteladani, dari klinik mata hingga dukungannya untuk riset penyakit jantung."

 



Pak Eddy, demikian ia akrab dipanggil, juga memberikan kontribusi signifikan dalam mempererat hubungan Indonesia dan Australia.

"Menurut saya, Eddy Sariaatmadja adalah salah satu duta terbaik Indonesia untuk dunia, khususnya bagi Australia, karena kedekatannya dengan Australia. Ia adalah salah satu orang Indonesia yang dikenal baik di negara ini," kata mantan Perdana Menteri Australia, Paul Keating, yang juga hadir dalam acara penganugerahan tersebut.

 



Keating menambahkan, Pak Eddy memiliki peran yang penting terkait hubungan dua negara.

Sementara, Chancellor University of New South Wales sekaligus pebisnis terkemuka, David Gonski menambahkan, " Eddy Sariaatmadja adalah sosok alumni teladan yang diidamkan University of New South Wales. Dan kami merasa bahagia bisa memberikan penghargaan ini pada beliau."



Dalam kiprahnya sebagai pengusaha, Eddy Sariaatmadja mengembangkan bisnisnya dengan mengedepankan prinsip cinta dan kasih. "Jika uang menjadi tujuan hidup, maka seseorang telah kehilangan rasa kemanusiaannya," tutur dia.

Betapapun bernilainya, menurut Pak Eddy, "uang adalah benda buatan manusia." 



Kampus University of New South Wales, yang memiliki luas 38 hektar, berada di Kensington, area yang hanya berjarak 7 kilometer dari pusat kota Sydney.

UNSW dikenal luas karena menghasilkan lulusan yang berkualitas, juga kegiatan risetnya yang kelas dunia.

UNSW menawarkan program sarjana, pascasarjana, dan program riset dalam berbagai bidang: Seni dan Desain (Art & Design), Seni dan Ilmu Sosial (Arts & Social Sciences), Sekolah Bisnis, Teknik, Hukum, Kedokteran, dan Sains. (Beverly Gunawan)