Kamis, 18 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Komunitas Budaya dan Seni akan jadi Duta Wisata Jakarta

Posted: 18 Dec 2014 04:35 AM PST

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta menggelar Atraksi Komunitas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta 2014. Acara ini diselenggarakan selama dua hari, dari tanggal 16 hingga 17 Desember 2014, di Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta hari ini. Diadakannya acara tersebut untuk menarik daya tarik wisatawan, khususnya wisatawan asing yang melancong ke ibukota.
 
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Disparbud DKI Jakarta Ahmad Gozali mengatakan, tujuan acara ini untuk menjadikan masyarakat sebagai subjek pelaku pariwisata, seni dan budaya. Selain itu, pagelaran tersebut diharap dapat mengangkat  komunitas-komunitas budaya yang selama ini namanya kurang terdengar namun mempunyai potensi sebagai daya tarik pariwisata ibukota.
 
"Melalui kegiatan ini diharapkan komunitas dapat menjadi subjek pariwisata. Dengan begitu para komunitas ikut serta dalam mendukung program Sapta Pesona yang melandaskan pariwisata Indonesia," ujar Ghozali di Balaikota, saat ditemui di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (17/12/2014). 
 
Ghazali mengatakan sebanyak 20 komunitas turut ambil bagian dalam acara tersebut. Mereka pun tampak saling adu kebolehan untuk dapat menarik perhatian pengunjung. Bahkan, Ghozali mengatakan, pihaknya menyediakan panggung khusus yang disediakan untuk para para anggota komunitas melakukan atraksi keahlian masing-masing. 
 
Kepala Disparbud DKI Jakarta Arie Budiman mengungkapkan, acara ini diselenggarakan untuk membina komunitas sebagai duta wisata. Sebab mereka yang bersentuhan langsung dengan wisatawan. Sehingga perlu wadah untuk menyelenggarakannya.
 
"Karena merekalah penggerak dan pelaku yang terlibat secara langsung serta mampu berinteraksi dengan wisatawan. Sukses atau tidaknya tergantung pada masyarakat," terangnya.
 
Ketika ditanyai mengenai berapa anggaran yang dikeluarkan, pihak Disparbud tidak dapat menjelaskan secara detail. "Semuanya sudah ada di website," ujar Ahmad.
 
Arie pun mengungkapkan, apa yang dilakukan sejalan dengan perintah Gubernur Basuki Tjahaja Purnama yang melarang jajarannya untuk melakukan kegiatan promosi di Jakarta hingga ke luar negeri. Dengan adanya kegiatan tersebut, maka para turis asing dapat mengetahui potensi wisata yang dimiliki Jakarta. (Luqman Rimadi/Ars

Napoli vs Parma: "Gialloblu" Makin Kritis

Posted: 18 Dec 2014 04:33 AM PST

Parma menghadapi ujian berat menghadapi tuan rumah Napoli pada lanjutan seri A 2014/15 yang berlangsung di San Paolo dini hari. Kedua tim sama-sama baru merebut hasil negatif.

Parma ditahan Cagliari 0-0 akhir pekan lalu, sedangkan Napoli baru saja dipermalukan Milan 0-2 di laga tandang. Tapi krisis Parma lebih besar ketimbang Napoli. Klub yang biasanya masuk 7 besar di Liga Italia ini kini sedang menghuni dasar klasemen.

Hanya merebut 2 kemenangan, 1 imbang dan 12 kali kalah di 15 pertandingan menunjukkan betapa terpuruknya "Gialloblu", julukan Parma, musim ini. Masih mampukah Parma bangkit?

Gara-gara krisis finansial, otoritas sepak bola Italia juga sudah menghukum Parma pengurangan 1 poin. Maka itu, Parma wajib mendapatkan hasil positif jika tidak ingin poin mereka terus tertinggal dari tim-tim lainnya.

Lanjut ke halaman berikutnya---->

Donadoni Yakin


Pelatih Parma,Roberto Donadoni mengaku tetap yakin bisa bersaing dengan Napoli di pertandingan nanti. Mantan gelandang Milan itu mengaku dirinya dan tim tak memiliki ketakutan apapun menghadapi Napoli yang kini berada di posisi ke-7 klasemen.

"Kami ingin keluar dari situasi pelik sekarang. Kami punya keinginan kuat untuk menang dan tak akan membiarkan Napoli menang dengan mudah," ujarnya seperti dikutip Football Italia.

"Napoli juga baru saja telan kekalahan dan ingin bangkit, fakta jika mereka bakal menghadapi penghuni dasar klasemen bakal membuat mereka main termotivasi. Tapi kami tahu apa yang harus dilakukan untuk memberikan perlawanan. Kami sudah tunjukkan itu."

Di sisi lain, Napoli sangat butuh tiga poin agar bisa mengangkat posisi mereka. Apalagi, pelatih Napoli Rafael Benitez terancam dipecat jika tak mampu mengangkat posisi "I Partenopei" ke posisi atas.

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Angkasa Pura II Masuk Bisnis Konstruksi

Posted: 18 Dec 2014 04:33 AM PST

Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan keseriusan merambah bisnis konstruksi. Hal itu ditandai dengan rencana perseroan  turut serta dalam pembangunan Tol Ruas Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Tri Sunoko mengatakan, perseroan berniat membuat sebuah anak usaha baru bersama PT Jasa Marga Tbk dan investor lain untuk memuluskan rencana tersebut. Pembentukan anak usaha baru ini terlaksana pada 2015."Kalau proyeknya 2-3 tahun, tahun 2015 anak perusahaannya berdiri," kata dia, Tangerang, Kamis (18/12/2014).

Dengan adanya pembangunan tersebut, dia berharap aksesbilitas menuju Bandara Soekarno Hatta akan semakin lancar. Pihaknya mengaku mayoritas kepemilikan saham akan dimiliki oleh Jasa Marga di anak usaha.

"Jasa Marga mayoritas, karena itu core bisnis mereka, dengan ada tol Kunciran akan berdampak aksesbilitas lancar," ujar Tri Sunoko.

Pihaknya menyatakan, pengembang tol tersebut merupakan bagian dari grand desain Bandara Soekarno Hatta. Adapun porsi kepemilikan usaha berdasarkan area tanah yang dilintasi ruas tol. "Area yang dilewati, tanah itu dikonversi jadi saham, Angkasa Pura II, Jasa Marga, dan investor lain, ada BUMN karya tapi lupa," kata Tri. (Amd/Ahm)

Polisi Ringkus Penyandera Bersenjata Tajam di China

Posted: 18 Dec 2014 04:31 AM PST

Karena terlilit hutang, seorang pria bersenjata tajam menyandera seorang perempuan dengan pisau di sebuah restoran cepat saji di China.

Sensasi Seru Makan di 'Bawah' Air Terjun

Posted: 18 Dec 2014 04:31 AM PST

Restoran terbuka dan berada tepat di bawah sebuah air terjun kecil ini memiliki konsep yang unik, di mana para pengunjung dapat menikmati makanan sambil merasakan dinginnya air yang mengalir di antara kaki-kaki mereka.

Seru kan, sensasi makan baru ini?

"Villa Escudero Plantations and Resort Filipina yang membuat air terjun buatan itu. Di mana air yang mengalir berasal dari Bendungan Labasin," demikian dikutip dari Matador Trips, Kamis (18/12/2014).

labassin-waterfall-restaurant-philippines-2.jpg

labassin-waterfall-restaurant-philippines-3.jpg

Sekilas tentang sejarah bendungan yang dibangaun pada tahun 1900-an ini: Kala itu Don Arsenio Escudero sengaja membangun pembangkit listrik tenaga air pertama di Filipina, untuk menyuplai listrik di pabrik pengolahan kelapa dan Villa miliknya.

labassin-waterfall-restaurant-philippines-4.jpg

Kini, bendungan yang telah dirubah menjadi sebuah danau itu digunakan oleh para pengunjung untuk aktivitas rafting dengan menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. Selain itu, mereka juga bisa mengeksplorasi budaya lokal Filipina di area sekitar.

 

labassin-waterfall-restaurant-philippines-5.jpg

(Sha/Tnt)

Mobil Paling Murah di Dunia, Daihatsu Ayla Masuk Daftar! (2)

Posted: 18 Dec 2014 04:31 AM PST

Setelah pada artikel sebelumnya dibahas lima mobil yang dikategorikan sebagai mobil paling murah di dunia, kali ini Liputan6.com kembali memberikan daftar lanjutannya.

Kali ini, mobil-mobil yang diulas dibanderol di bawah Rp 50 juta. Penasaran? Berikut selengkapanya:

-- Ford Model T

Pabrikan mobil asal Negeri Paman Sam, Ford, nyatanya punya mobil murah yang jadi andalan pada masanya.



Adalah Model T yang juga dikenal sebagai Ti Lizzie, Tin Lizzy, dan T-Model. Mobil ini pertama kali diproduksi pada 1 Oktober 1908 hingga 27 Mei 1927.

Sepanjang sejarah Ford, mobil ini merupakan kendaraan paling murah pertama sepanjang sejarah pabrikan.

Pada masanya, mobil ini dibanderol seharga US$ 3.895 atau setara Rp 49,3 juta (estimasi kurs Rp 12.664 per dolar AS).

Next!

-- Zaporozhec

Dari ranah Rusia, mungkin segelintir orang pernah mengentahui sebuah mobil dengan nama Zaporozhec.



Ya, mobil subcompact dengan fitur penggerak roda depan ini dikembangkan dan dibuat pada 1959 di fasilitas ZAZ di USSR.

Mobil ini terakhir kali diproduksi pada 1994. Sejak akhir tahun 80-an, seri pamungkas mobil ini termasuk 968M yang digantikanZAZ-1102 Tavria. Menyoal harga, mobil ini dipatok dengan banderol Rp 44,9 juta.

-- Tata Nano

Mobil perkotaan yang diproduksi oleh Tata Motors ini tak kalah murah. Ya, Tata Nano dibaderol seharga US$ 1.600 atau setara Rp 20,2 juta.

Tata Nano mulai diproduksi pada 2008 hingga saat ini. Mobil menganut mesin dua silinder SOHC berkapasitas 624cc.

Agar Pasien Tak Bosan, Rumah Sakit Ini Punya Banyak Hiburan

Posted: 18 Dec 2014 04:30 AM PST

Rumah sakit identik dengan suasana tidak menyenangkan, kaku dan membosankan. Namun tidak dengan sebuah rumah sakit pemerintah yang berada di kawasan Cicendo, Bandung, Jawa Barat ini. Setiap hari kerja, beberapa seniman hadir di beberapa titik rumah sakit untuk menghibur pasien maupun pengantar yang datang ke Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung ini.

Dimulai dari ruangan pendaftaran, terdapat seorang pria yang dengan mahirnya memainkan alat musik kecapi di salah satu sudut ruangan tersebut. Menunggu antrian pun tak lagi menjemukan karena hiburan dari petikan kecapi seniman ini. Bahkan nampak beberapa orang yang antusias berfoto maupun menyanyikan lagu diiringi alat musik khas Jawa Barat ini.

Lalu, di ruangan paviliun terdapat Abah Toni yang sedang asyik melukis diiringi dentingan piano seorang pianis di sebelahnya. Tak jauh dari titik tersebut, ada juga kursi pijat yang siap membantu membuat rileks tubuh pengunjung.

 

 

Sejak tiga tahun lalu, mereka hadir untuk menghibur mereka yang datang ke rumah sakit khusus menangani kesehatan mata ini. Hal ini bermula dari keinginan jajaran direksi untuk memberikan suasana menyenangkan bagi pasien dan pengantar yang datang ker umah sakit ini.

"Ini adalah salah satu supaya rumah sakit lebih dekat dengan masyarakat. Rumah sakit tidak lagi menakutkan dan bisa jadi sarana entertainment," tutur Direktur Medik dan Keperawatan RS Mata Cicendo, DR. dr. Iwan Sovani, SpM. (K). MKes. MM kepada Health-Liputan6.com pada Rabu (17/12/2014) di RS Cicendo Bandung.

Para pemain kecapi, pelukis, dan pianis biasa beraksi menghibur pengunjung pada jam-jam pelayanan dari pagi hingga siang hari.

Film Animasi Kebut-kebutan Initial D Legend Tayang di Indonesia

Posted: 18 Dec 2014 04:30 AM PST

Anime bertema kebut-kebutan Initial D telah dibuatkan versi layar lebar terbarunya untuk menjadi sebuah trilogi. Menjelang masuknya film kedua di Jepang, film pertamanya, New Initial D the Movie Legend 1: Awakening (Shin Gekijo-ban Initial D Legend 1 -Kakusei-) bakal hadir di Indonesia.

Kepastian ini bisa disimak melalui situs resmi Blitzmegaplex pada kolom 'Coming Soon'. Di situ, ditampilkan pula sebuah trailer New Initial D the Movie Legend 1: Awakening dari YouTube beserta sinopsis dan kredit pembuat film.

Film animasi yang disutradarai Masamitsu Hidaka ini, memiliki durasi sepanjang 83 menit dan dianjurkan untuk remaja. Saat diputar nanti, kita akan mendengar dialog dalam dalam bahasa Jepang beserta teks bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dimunculkan di layar.



New Initial D the Movie Legend rencananya bakal dijadikan sebuah trilogi yang menceritakan ulang kisah dari manga bertema balapan Initial D karya Shuuichi Shigeno ini. Tema film tetap berfokus pada Siswa SMA bernama Takumi Fujiwara yang bekerja sebagai petugas pompa bensin siang hari dan menjadi pengantar tahu di usaha milik ayahnya pada larut malam.

Sang ayah yang mengetahui kemampuan Takumi dalam mengemudi, langsung memodifikasi Toyota Sprinter AE86 Trueno miliknya untuk Takumi. Bahkan, Takumi diizinkan untuk mengikuti lomba di jalan raya Gunung Akina. Ia lalu menjadi pembalap amatir terbaik di situ.

Hal itu justru membuat kelompok balap dari seluruh prefektur Gunma mengajukan tantangan ke Takumi. Mereka ingin melihat apakah Takumi benar-benar memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi legenda jalanan.



Nama-nama yang terlibat sebagai pengisi suara film ini antara lain adalah Mamoru Miyano sebagai Takumi, Yuichi Nakamura sebagai Keisuke, Daisuke Ono sebagai Ryosuke, Maaya Uchida sebagai Natsuki, Minoru Shiraishi sebagai Itsuki, dan Hiroaki Hirata sebagai Bunta.

Di Jepang sendiri, New Initial D the Movie Legend 1: Awakening telah dibuka pertama kali pada 23 Agustus 2014 silam.

Versi manga Initial D pertama kali terbit melalui Young Magazine terbitan Kodansha pada 1995, dan Shigeno mengakhiri manga tersebut pada akhir Juli 2014. Penjualan manganya sendiri mencapai angka 48 juta kopi secara keseluruhan.

Sementara itu, sekuelnya yang berjudul New Initial D the Movie Legend 2: Racer (Shin Gekijo-ban Initial D Legend 2 -Toso-), diumumkan bakal tayang di Jepang pada 23 Mei 2015 mendatang. (Rul/Feb)

 

Longsor di Banjarnegara Sudah Terjadi 6 Kali Sejak 1955

Posted: 18 Dec 2014 04:29 AM PST

Sejak 1955 telah terjadi 6 kali longsor di Kabupaten Banjarnegara dengan korban ratusan orang.

Kilas Indonesia: Wanita Ditemukan Tewas di Dasar Jurang

Posted: 18 Dec 2014 04:27 AM PST

Seorang wanita penderita epilepsi ditemukan tewas di dasar jurang di Boyolali, Jawa Tengah.