Selasa, 16 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Rupiah Terpental, Apa BI Bakal Ikuti Jejak Rusia?

Posted: 16 Dec 2014 04:52 AM PST

Bank Indonesia (BI) menyatakan dua permasalahan berbeda yang membelit Indonesia dan Rusia meski sama-sama menjadi korban penguatan dolar Amerika Serikat (AS). Apakah BI akan mengekor Bank Sentral Rusia yang sudah menaikkan suku bunga acuan hingga 650 basis poin (bps).

Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara mengungkapkan, masalah Rusia dan Indonesia sangat berbeda jauh sehingga persoalan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tidak melulu disikapi dengan kenaikan BI Rate.

"Kalau Rusia menaikkan suku bunga acuan 650 bps menjadi 17 persen dari 10,5 persen, apakah BI mengikuti Rusia? Itu karena masalahnya jauh berbeda," tutur dia kepada wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Dijelaskan Mirza, gejolak ekonomi yang melanda Rusia bukan disebabkan karena penurunan harga minyak dunia. Semua ini, lanjutnya, berawal dari politik internasional akibat konflik dengan Ukraina sehingga memicu tekanan ekonomi dan pasar keuangan, termasuk keluarnya modal investor dari Rusia.  

"Akhirnya Bank Sentral Rusia melakukan intervensi cukup banyak dengan menaikkan suku bunga acuan beberapa kali, dan paling banyak 650 bps menjadi 17 persen karena harga minyak turun sehingga menekan pendapatan Rusia cukup dalam," terangnya.

Sementara permasalahan Indonesia, ucap dia, masih terbelit defisit transaksi berjalan yang diharapkan prosentasenya terus menurun di tahun ini sekira 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Pemerintah dan BI sudah meng-adress sejak tahun lalu dengan pengetatan fiskal dan moneter sehingga rupiah sudah mencerminkan fundamentalnya supaya impor turun dan ekspor manufaktur meningkat," paparnya.

Mirza menyebut, cadangan devisa (cadev) Indonesia tercatat dalam level sangat aman untuk 6,3 bulan impor dan pembayaran utang pemerintah. Dari data BI, posisi cadev Indonesia hingga akhir November 2014 mencapai US$ 111,1 miliar atau lebih rendah bila dibandingkan dengan posisi akhir Oktober 2014 yang sebesar US$ 112 miliar.(Fik/Ndw)

Rieka Roeslan Rangkum Perjalanan Musiknya Lewat Album dan Buku

Posted: 16 Dec 2014 04:45 AM PST

Penulis lagu sekaligus vokalis grup musik The Grove, Rieka Roeslan sedang menyiapkan album dan buku. Kedua karya itu berisi tentang perjalanan kariernya sebagai musisi selama 18 tahun.

Rika sedikit membocorkan rencana pembuatan album dan bukunya di sela manggung di Solo, Jawa Tengah, Senin (15/12/2014) kemarin. Untuk album, Rika akan membikin Rendezvous 2. Album ini akan berisi lagu-lagu hits yang pernah ditulisnya.

"Nanti saya akan kerjasama dengan para arranger, seperti Dian HP, Idang Rasjidi. Kemudian untuk bernyanyi, saya akan duet dengan beberapa penyanyi seperti Nino RAN, Glenn Fredly dan juga suaminya Arumi Bachsin, Emil Dardak. Selain itu juga mengajak kerjasama Jamaican Cafe," ujar Rika.

Sementara untuk buku, Rieka bakal menulis tentang perjalanananya dalam menapaki karier bermusik. Menurutnya penulisan buku ini sekaligus memberikan motivasi kepada perempuan untuk menuangkan karya dengan menulis.

"Nanti akan ada bagaimana saya menapaki karier sebagai penulis lagu. Bagaimana penulis lagu itu memiliki perspektif berbeda dengan penyanyi. Penulis itu memiliki perspektif keindahan tersendiri untuk dituangkan dalam karya," tuturnya.

Dijelaskan Rieka, album dan bukunya ini rencananya akan rilis tahun depan. Proyeknya ini akan diselesaikan usai merampungkan proyek album 18 tahun Groove.

"Kebetulan Maret besok, The Groove ulang tahun ke-18. Kita akan ngeluarin album dan buku. Ya, album dan buku seputaran perjalanan musik The Groover, " tutur Rieka. (Reza/Ade)

Rupiah Ambruk, Sektor Manufaktur Paling Rugi

Posted: 16 Dec 2014 04:40 AM PST

Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) menjadi tekanan luar biasa hingga membuat rupiah melemah hingga sempat menyentuh level 12.900 per dolar AS pada perdagangan hari ini.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdi mengatakan, pelemahan rupiah yang terlalu cepat sangat berbahaya mengingat komponen impor Indonesia yang masih terlalu banyak.

"Yang jelas semua sektor yang pakai komponen impor itu pasti terkena dampak negatifnya. Manufaktur masih sangat tinggi ya komponen impornya," ungkap Hariyadi di Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Akibatnya, kontribusi sektor manufaktur melemah dalam lima tahun terakhir. Menurutnya, setiap pelemahan rupiah pasti menyebabkan ketidakstabilan usaha di berbagai sektor. 

Pasalnya, para pengusaha harus menghitung cost yang kemudian disesuaikan dengan pergerakan mata uang yang tengah terjadi.

Meski begitu Hariyadi membenarkan adanya manfaat pelemahan rupiah bagi para eksportir di Tanah Air. Karenanya, dia menyayangkan perhatian dan dorongan pemerintah yang masih terbilang rendah terhadap sektor-sektor yang berpotensi ekspor tinggi seperti sektor padat karya.

"Tak ada eksportir yang paling untung, semua eksportir pasti untung dari manufaktur sampai sumber daya alam," ujarnya.

Namun Hariyadi menjelaskan, ekspor Indonesia selama ini masih belum bergerak secara signifikan. Apalagi di tengah pelemahan rupiah seperti ini, pasti akan terjadi perlambatan atau pengereman impor.

"Saya rasa sih rupiah seharusnya masih bisa berada di level 12.000 per dolar AS," tandasnya. (Sis/Ndw)

Tidak Betah di Fiorentina, Cuadrado Makin Dekat ke MU ?

Posted: 16 Dec 2014 04:36 AM PST

Manchester United berpeluang besar mendapatkan tanda tangan Juan Cuadrado pada bursa transfer musim dingin, Januari nanti. Kans itu terbuka karena winger lincah asal Kolombia itu sudah tidak bahagia di Fiorentina.

Menurut kabar yang dilansir Daily Star, Cuadrado ingin secepatnya pergi dari Artemio Franchi. Situasi ini menjadi sinyalemen bagus bagi "Setan Merah" yang sudah lama tertarik memboyong Cuadrado ke markas mereka, Old Trafford.

Winger berusia 26 tahun memang santer diberitakan akan hengkang ke salah satu klub papan atas Eropa sejak bursa transfer musim panas lalu. Selain MU, rival sekota Manchester City dan klub raksasa La Liga Barcelona juga tertarik memakai jasanya.

Saat ini, suasana hati pemain berambut gimbal itu kian tak menentu bersama Fiorentina karena berkurangnya kepercayaan dari pelatih Vincenzo Montella. Pelatih MU Louis van Gaal siap memanfaatkan situasi ini dengan memberikan tawaran bermain di Liga Primer kepada Cuadrado.

Lanjut ke halaman berikutnya -->

 Diskon Harga

Meski tertarik mendatangkan Cuadrado, pihak MU tidak mau mengeluarkan dana hingga 30 juta euro. Manajemen "Setan Merah" ingin Fiorentina memberikan diskon harga jika berniat menjual salah satu bintang mereka itu.

Di pentas Serie A musim ini, Cuadrado sudah bermain selama 1008 menit dan tampil dalam 12 pertandingan. Namun, dari 12 kali penampilan, Cuadrado baru lima kali bermain penuh selama 90 menit.

Baca juga :

[Nyaris Dibuang, 3 Pemain MU Ini Bersinar Bersama Van Gaal](2147675 "")

[Tiga Pemain yang Bakal "Ditendang" MU Januari Nanti](2147134 "")

[MU Segera Ajukan Tawaran Fantastis untuk Bale](2147615 "")

Mengintip Kemeriahan Hari Kedua I Fashion Festival 2014

Posted: 16 Dec 2014 04:35 AM PST

Sebagai salah satu wujud dukungan MNC Media bagi perkembangan industri kreatif dan kemajuan fashion Indonesia diselenggarakan I Fashion Festival grip media tersebut. Terselenggara selama 3 hari sejak 15 Desember 2014 hingga 17 Desember 2014, I Fashion Festival tahun ini menurut Liliana Tanoesoedibjo memiliki perbedaan dengan tahun sebelumnya.
 
"Di tahun sebelumnya hanya ada desainer dalam negeri saja. Namun di tahun ini juga diramaikan oleh desainer dalam dan luar negeri," ujar Liliana Tanoesoedibjo, Chairman I Fashion Festival. Liliana pun menambahkan "semoga dengan diselenggarakannya acara ini, dunia fesyen Indonesia semakin dikenal dan Indonesia dapat menjadi kiblat fesyen dunia".
 
Di hari kedua ini, IFF kembali memanjakan para pecinta fesyen dengan menghadirkan desainer-desainer papan atas. Hadir dalam dua slot, pada slot pertama diramaikan oleh koleksi fashion designer dari luar negeri. Di antaranya adalah Carolina Herrera, Nina Ricci, dan Oscar de la Renta, dan Emilio Pucci.

 
Sementara itu di slot kedua diramaikan oleh desainer-desainer Indonesia seperti Ghea Panggabean, Votum by Sebastian Gunawan, Barli Asmara, Danny Satriadi, Billy Tjong, dan Didiet Maulana. "Para desainer luar akan menyajikan 26 busana. Untuk Oscar de la Renta ada 10 baju, Carolina Herera memamerkan 8 baju, dan Nina Ricci 8 baju. Mereka semua membawa koleksi spring summer 2015 terbarunya " ujar pihak number 8 saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (16/12/2014).
 
Selain fashion show, hari kedua IFF juga diramaikan dengam hadirnya lifestyle awards dimana nominasi tersebut jatuh pada aktris dan penyanyi Cinta Laura. Cinta Laura terpilih karena ia memiliki kisah hidup yang menginspirasi dan pandai dalam berbagai bidang mulai dari entertainment hingga pendidikan.
 
Ditempat yang sama, Cinta Laura menuturkan kebahagiaannya. "Aku senang karena ada penghargaan seperti ini. Semoga akan dapat memberikan inspirasi bagi banyak orang bahwa pendidikan adalah nomor satu," tuturnya.

4 Daftar 'Dosa' Man Haron Monis si Peneror Sydney

Posted: 16 Dec 2014 04:31 AM PST

Nama [Man Haron Monis](2148092 "") mendadak mendunia setelah drama 16 jam penyanderaan mencekam di Kafe Lindt, Martin Place, [Sydney](2148204 ""), Australia berakhir dini hari tadi. Dia diduga sebagai pelaku tunggal penyanderaan di kafe tersebut.

Pria asal Iran yang mendapat suaka dari Australia pada 1996 lalu itu dilaporkan tewas dalam penyergapan yang dilakukan kepolisian setempat di kafe tersebut. Monis ternyata bukan sosok asing bagi warga Australia.

Dia diketahui terlibat dalam sederet kasus kriminal. Mulai dari pelecehan seksual hingga pembunuhan mantan istri. Bahkan Monis masih memiliki 'utang' untuk menghadiri sidang salah satu kasusnya pada Februari 2015 mendatang.

Berikut catatan kriminal Man Haro Monis yang Liputan6.com rangkum, Selasa (16/12/2014):

Selanjutnya: Teror Sydney...

Teror Sydney

Teror Sydney

Drama 16 jam penyanderaan di Kafe Lindt, Martin Place, Sydney, Australia yang terjadi Senin pagi 15 Desember 2014 kemarin berakhir setelah kepolisian setempat memutuskan untuk melakukan penyergapan. 3 Orang tewas dalam [teror Sydney](2148299 "") tersebut.

Termasuk di antaranya, sang penyandera tunggal yang diduga Man Haron Monis.

Dalam salah satu tuntutannya, Monis diduga meminta bendera kelompok militan ISIS dikirim ke Kafe Lindt di Martin Place. Namun, ia diketahui tidak memiliki hubungan dengan kelompok jihad tersebut.

Selanjutnya: Pembunuhan Mantan Istri...

Pembunuhan Mantan Istri

Pembunuhan Mantan Istri

Tahun lalu, [Man Haron Monis](2148001 "") dituduh membunuh mantan istrinya, Noleen Hayson Pal pada 21 April 2013. Ibu 2 anak itu tewas ditikam sebanyak 18 kali dan jasadnya kemudian dibakar.

Dia pun harus menghadapi dakwaan atas kasus yang dituduhkan pada dirinya dan pasangannya, Amirah Droudis. Namun setelah sidang yang berlangsung selama 3 jam, pada 12 Desember 2013, Hakim Bill Pearce memutuskan untuk melepaskan pasangan itu dari kasus pembunuhan tersebut.

"Ini adalah kasus yang lemah (kesaksian tanpa alat bukti)," kata sang hakim, seperti dikutip dari laman The Sydney Morning Herald, Selasa (16/11/2014).

Monis dan Droudis mendapatkan jaminan bersyarat dan dikenai wajib lapor setiap harinya ke Kantor Polisi Campsie. Selain itu, mereka juga harus menyerahkan paspor dan dilarang bepergian ke luar negeri.

Selanjutnya: 40 Lebih Kasus Pelecehan Seksual...

40 Lebih Kasus Pelecehan Seksual

40 Lebih Kasus Pelecehan Seksual

Pada Januari 2014 lalu, seorang wanita 27 tahun melaporkan kasus kekerasan seksual yang dialaminya. Pelakunya diduga Monis. Wanita tersebut mengaku mendapatkan pelecehan saat mengunjungi klinik penyembuhan spiritual yang diadakan lelaki kontroversial tersebut pada 2002.

Wanita tersebut diketahui mengunjungi Monis di sebuah bangunan di Station Street, Wentworthville. Saat itu Monis memang membuka praktik sebagai penyembuh spiritual.

Dan ternyata, lebih dari 40 tuduhan serupa terhadap Monis yang terjadi dalam rentang 2000-2002 terkuak. Monis pun melaju kembali ke meja hijau. Seharusnya 12 Desember 2014 lalu, dia mengikuti persidangan di Pengadilan Lokal Penrith.

Namun jadwal sidang [Monis](2147899 "") dimundurkan menjadi 27 Februari 2015, seperti dikutip dari laman The Sydney Morning Herald. Belum menjalani sidang, dia telah meregang nyawa.

Selanjutnya: Surat...

Surat

Surat

Man Haron Monis merupakan pengkritik keras kehadiran Pakta Pertahanan Atlantik Utara (North Atlantic Treaty Organization/NATO) di Afghanistan. Pada 2012 dia dinyatakan bersalah telah mengirimkan surat berisi hinaan kepada keluarga 8 tentara Australia yang meninggal di Afghanistan.

Dia juga mengirim surat lainnya pada tahun 2009 kepada keluarga pejabat Austrade Craig Senger, yang tewas dalam pengeboman Hotel JW Marriott di Jakarta pada tahun 2007.

Karena tuduhan tersebut, [Monis](2147854 "") harus menjalani hukuman berupa 300 jam pelayanan sosial. (Ndy/Ans)

Ini Peran Personel Slank di Drama Musikal

Posted: 16 Dec 2014 04:30 AM PST

Di usia yang ke 31 tahun, Slank dibuatkan drama musikal oleh MSP Entertainment.

Dalam drama musikal yang bertajuk 'Jakarta Pagi Ini: A Slank Musical', personel Slank tidak hanya bermain musik saja, tetapi juga ikut memerankan karakter yang diberikan oleh sang sutradara, Mirwan Suwarso.

Kaka didaulat menjadi Penjahat, sedangkan Abdee sebagai petugas Komisi Pemberantasan Korupsi, Ivan menjadi anggota kepolisian, sedangkan Ridho dan pentolan Slank, Bim Bim menjadi anggota DPR.

"Gue jadi anggota DPR bareng Ridho. Gue anggota DPR yang nggak berpendidikan dan bekas artis," kata Bim Bim di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Selasa (16/12/2014).

Untuk persiapan menghadapi drama musikal yang langsung digelar di Ciputra Artpreneur Theatre Jakarta pada 18 sampai 20 Desember 2014 ini, Bim Bim mengaku agak sulit berakting. Meski pun telah diberikan waktu tiga bulan.

"Persiapan tiga bulan, kesulitannya, satu mencoba membuang rasa malu, karena berakting tanpa pegang alat," terang Bim Bim.

Sedangkan Abdee tidak merasa kesulitan untuk berakting dan menghafal dialog yang diberikan sutradara. "Saya sih nggak kesulitan, soalnya dialog saya cuma satu paragraf," tandas Abdee. (Fac/Ade)

Slank identik dengan grup band yang berani menyuarakan aspirasi rakyat melalui lagu-lagu yang di antaranya ada yang menyindir perilaku wakil rakyat. (Fac/Ade)

Besok, Jonan Resmikan 20 Pelabuhan Baru

Posted: 16 Dec 2014 04:29 AM PST

Pemenuhan pelabuhan sangat penting untuk mewujudkan visi poros maritim dunia. Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Perhubungan terus mengejar pembangunan pelabuhan baru.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan, terdapat 20 pelabuhan baru yang akan diresmikan pada Rabu (17/12/2014). "Besok ada peresmian pengoperasian pelabuhan laut baru. Lokasinya kebanyakan di Indonesia Timur," jelas Jonan usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional TNI AL di Balai Samudra, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (16/14/2014). Selain itu, Jonan juga akan meresmikan 7 banda udara baru.

Selama ini, pembangunan pelabuhan komersial dengan skala internasional dibangun oleh Pelindo I sampai Pelindo IV. Posisi Kementerian Perhubungan memberi dukungan terkait perizinan sesuai dengan Tugas, Pokok dan Fungsi Kementerian Perhubungan.

"Kalau pelabuhan yang non komersial atau secara komersial tidak dikelola oleh Pelindo pasti akan ditambah terus tiap tahunnya dan diperbaiki. Ada puluhan pelabuhannya. Kami perbaiki tiap tahun dan kami tambah," lanjut Jonan.

Mantan Dirut PT KAI itu menyampaikan Presiden Joko Widodo tidak hanya ingin pelabuhan baru segera dioperasikan. Beberapa bandara di daerah harus juga diperpanjang landasan pacunya.

"Pak Presiden kemarin juga minta perpanjangan runaway lalu juga menambah pembangunan bandar-bandar udara baru dan pelabuhan-pelabuhan baru lagi ini lagi kami susun," tandas Jonan. (Ahmad Romadoni/Gdn)

Tri Yulianto Hindari Wartawan Usai Diperiksa KPK

Posted: 16 Dec 2014 04:24 AM PST

Tri Yulianto memenuhi panggilan KPK, Jakarta, Selasa (16/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Hadapi Raksasa Meksiko, Madrid Tanpa 2 Bintang

Posted: 16 Dec 2014 04:17 AM PST

Pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, menegaskan tak akan menurunkan dua pemain andalannya di semifinal Piala Dunia Antarklub. Kedua orang itu adalah James Rodriguez dan Sami Khedira.

Don Carlo menyatakan kedua gelandang tersebut, tak disertakan dalam partai itu karena kondisinya belum cukup baik untuk bermain. Los Blancos akan bertemu dengan Cruz Azul di Marrakech, Rabu (17/12/2014).

"Mereka tidak akan siap untuk besok (semifinal), tapi mereka akan siap untuk pertandingan berikutnya," kata Ancelotti dikutip dari Sports Mole.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>>

2

Sebelumnya mantan pelatih Paris Saint-Germain, itu telah mengungkapkan bahwa Luka Modric tak akan mengikuti pertandingan yang mempertemukan juara dari semua benua itu. Pemain asal Krosia tersebut harus absen hingga awal tahun depan, karena cedera parah yang menimpanya.

"Pemulihan Modric berjalan baik dan dia akan kembali dalam tim pada pertengahan bulan Januari nanti," ujarnya.

El Real berhak mengikuti ajang bergengsi itu mewakili benua eropa. Kesempatan tersebut didapat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan, usai menjuarai Liga Champions untuk ke-10 kalinya.

Baca Juga

[Nyaris Dibuang, 3 Pemain MU Ini Bersinar Bersama Van Gaal](2147675 "")

[Tiga Pemain yang Bakal "Ditendang" MU Januari Nanti](2147134 "")

[MU Segera Ajukan Tawaran Fantastis untuk Bale](2147615 "")