Rabu, 31 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Dapat Bantuan Australia, Pemerintah Bikin Lembaga Riset

Posted: 31 Dec 2014 04:35 AM PST

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bakal mendirikan sebuah lembaga riset yang berisikan 30 orang tenaga ahli bahkan lebih. Tujuannya membantu dua Kementerian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.   

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengungkapkan, Kementerian di bawah naungannya saat ini semakin dipercaya pemerintah untuk mengkoordinasikan berbagai persoalan.

"Koordinasi beras miskin sampai meningkatkan kualitas tenaga SMK di sini. Bisa-bisa Kementerian ini jadi koordinator everything," ujar Sofyan di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Ia menjelaskan, pemerintah akan membentuk lembaga riset atau yayasan yang akan membantu Kemenko Perekonomian dan Kementerian Keuangan dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Dalam hal ini, Sofyan menuturkan, lembaga riset tersebut akan dilingkupi 30 para ahli atau konsultan. Namun jumlah expert ini dapat bertambah sesuai kebutuhan.

"Apapun masalah yang mau dipelajari bisa minta bantuan expert. Bisa membantu bermacam-macam yang kita kerjakan di sini dan Kementerian Keuangan. Jadi Kementerian ini akan jadi pusatnya," papar Sofyan.

Dia tidak menutup kemungkinan para tenaga ahli ini untuk membantu atau memberikan solusi permasalahan dari Kementerian lain, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta lainnya.

Pendirian lembaga riset ini, menurut Sofyan, merupakan bantuan dari pemerintah Australia termasuk penyediaan anggaran. "Kita dapat grand-nya dari pemerintah Australia, bantuan luar negeri. Jadi tidak pakai anggaran negara," imbuhnya. (Fik/Ahm)

10 Fakta Pesta Kembang Api di Gedung Tertinggi, Burj Khalifa

Posted: 31 Dec 2014 04:35 AM PST

Predikat gedung tertinggi di dunia hingga kini dipegang oleh Burj Khalifa yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab. Gedung dengan tinggi 829,8 meter ini mulai dibangun pada 6 januari 2004 dan selesai pada 1 Oktober 2009. Menghabiskan dana sebesar US$ 1,5 miliar, Burj Khalifa secara resmi dibuka pada 4 Januari 2010.

Gedung yang menjadi landmark Dubai ini disebut akan menjadi salah satu pengisi kemeriahan tahun baru di sana. Pesta kembang api akan memancar dari gedung pencakar langit tersebut. Bagaimana pesta kembang api Burj Khalifa dalam menyambut tahun 2015?

Berikut ini adalah 14 fakta tentang pesta kembang api Burj Khalifa untuk pergantian tahun 2014-2015 seperti dilansir dari Gulfnews.com pada Rabu (31/12/2014).

1 Gedung Burj Khalifa akan berhias layar LED yang membungkusnya sehingga menjadi begitu bercahaya.

2 Pesta kembang api Burj Khalifa akan terdiri dari 6 bagian yang didalamnya termasuk juga atraksi sinar laser.

3-6

3 Teknologi untuk pertunjukan tersebut adalah teknologi terkini, yakni pyrotechnics dan LED Illumination Technology.

4 Pesta kembang api ini akan disiarkan secara live streaming. Pemirsa online dapat memilih 4 angle berbeda untuk melihat pesta kembang api tersebut.

5 Pertunjukan visual Burj Khalifa ini akan diisi dengan tribut kepada Dubai dan pencapaian-pencapaian yang berhasil diraih. Hal ini kemudian akan disusul dengan hitung mundur menuju tahun 2015.

6 Kilatan-kilatan cahaya emas dan perak akan tampil di awal pesta kembang api Burj Khalifa yang kemudian akan disusul dengan pertunjukan kembang api dari berbagai penjuru gedung.

7-10

7 Pada bagian ke-2, Burj Khalifa akan dikelilingi cincin kembang api warna-warni dan berhias kembang api gelombang volkanik yang memberi efek pelangi.

8 Bagian ke-3 pesta kembang api Burj Khalifa ini akan diisi dengan pertunjukkan yang menampilkan bintang emas berhias kerlip warna pink bagaikan hujan meteor.

9 Gelombang cahaya cyclonic akan membungkus Burj Khalifa pada bagian ke-4 pesta kembang api ini.

10 Bagian ke-5 dan ke-6 dari cara ini merupakan penghantar Dubai menuju hitung mundur ke tahun 2015 dan disebut sebagai bagian yang sangat spektakuler.

Kisah 2 Keluarga yang Selamat dari Musibah AirAsia QZ8501

Posted: 31 Dec 2014 04:34 AM PST

Dengan alasan berbeda, dua keluarga tak jadi terbang menggunakan pesawat AirAsia QZ8501 yang terbang dari Surabaya Minggu pagi 28 Desember 2014, namun tak pernah mendarat di tempat tujuan di Singapura.

Ada menyebutnya serendipity atau kebetulan yang menyenangkan. Lainnya yakin, ada intervensi Ilahi atau keajaiban. Apapun yang sesungguhnya terjadi, 15 orang --7 di antaranya anak-anak, masih diberi kesempatan hidup.

Salah satu dari mereka adalah Inge Goreti Ferdiningsih. Sembilan bulan sebelum keberangkatan, ia sudah membeli tiket AirAsia ke Singapura. Untuk liburan keluarga.

Inge rencananya akan berangkat bersama suami dan 3 anaknya. Sementara sang ayah yang tak ikut berlibur, akan dijaga adik perempuannya.

Barang-barang bawaan sudah dikemas rapi. Christopher (10), Nadine (7), dan Felix (5) girang bukan main, deg-degan membayangkan naik kapal, main sampai puas di water park, dan melihat atraksi hewan di Sea World.

Sebuah panggilan telepon membuyarkan angan-angan mereka. Dari rumah sakit, adik Inge mengabarkan bahwa ayahnya dirawat di rumah sakit setelah mengeluhkan sakit luar biasa di perutnya. Diagnosis dokter kala itu adalah hepatitis.

Kabar itu mengagetkan Inge. "Aku merasa bahwa aku harus berada di samping ayahku," kata dia, seperti Liputan6.com kutip dari CNN, Rabu (31/12/2014).

Maka, ia memutuskan untuk membatalkan perjalanan di hari Sabtu, sehari sebelum pesawat dijadwalkan mengudara.

Si sulung Christopher tak terima dengan pembatalan itu. Kecewa berat.

Namun, pada akhirnya mereka mensyukuri keputusan tersebut. "Saya merasa ini adalah keajaiban," kata Inge.

Minggu pagi, Inge menerima telepon dari seorang kerabat yang mengabarkan hilangnya AirAsia QZ8501. "Tangis kami semua pecah saat itu," kata dia. Lega bukan kepalang.

Pagi itu, Inge dan keluarganya pergi beribadah ke gereja. Mengucap terimakasih pada Tuhan yang masih mengizinkan mereka hidup. Sekaligus sedih.

Air mata Inge menetes, lega bercampur duka. Ia mengenal nama-nama yang ada dalam daftar manifes. Sejumlah teman dan kerabatnya ada di pesawat itu.

Yang ikut berakhir di Selat Karimata.

Ketinggalan Pesawat

Ketinggalan Pesawat

Kisah serupa dialami Christianawati. Bersama keluarganya dan keluarga abangnya, mereka ingin merayakan tahun baru di Singapura.

Persiapan sudah dilakukan. Namun, sang kakak lupa mengecek emailnya. Padahal, ada pengumuman penting dari AirAsia yang menyebut, pesawat akan take off 2 jam lebih cepat dari jadwal.

"Mereka (AirAsia) mengirim email dan menelepon kami pada tanggal 15 dan 16 Desember untuk memberitahukan perubahan jadwal itu, Namun kami tak mengangkatnya," kata Christianawati."Jadi, kami tiba di bandara dan check in pukul 07.30."

Saat itulah, mereka tahu, tiket mereka hangus. "Kami telat. Tentu saja saat itu kami marah-marah," kata dia.

Christianawati dan keluarganya kembali ke 2 mobil yang mengantar mereka. Memendam kecewa berat karena ketinggalan pesawat. Sampai akhirnya terdengarlah kabar buruk itu: AirAsia QZ8501 hilang kontak.

"Mungkin adalah rencana Tuhan, saya dan keluarga tak ikut terbang,: kata Christianawati. "Ini berkah yang tersembunyi." (Ein/Riz)

Makan Sebelum Jam 8 Malam, Apa Pentingnya?

Posted: 31 Dec 2014 04:31 AM PST

Gaya hidup modern telah mengubah secara signifikan pola hidup manusia kota. Termasuk kebiasaan jam makan malam yang makin larut. Hal ini, ternyata berdampak besar pada kesehatan tubuh.

Di daerah pedesaan bisa jadi hal ini tidak terjadi. Masyarakat pedesaan cenderung makan sebelum larut malam dan tidur cepat. Untuk masyarakat yang tinggal di kota, apakah mungkin makan sekitar pukul enam atau delapan malam? Pada jam tersebut masih banyak yang berada di kantor maupun dalam perjalanan pulang. 
 
Namun, ada baiknya jangan sampai larut malam untuk makan malam, ada empat alasan makan sebelum pukul 20.00 yang dilansir dari Boldsky, Rabu (31/12/2014).
 

1-2

1. Menghindari asam lambung naik
Usai makan berat langsung merebahkan diri untuk tidur pasti tidak nyaman, selain itu hal ini juga bisa memicu asam lambung naik. Tak berhenti disitu, hal ini akan mengakibatkan acid refluks yang menimbulkan rasa sakit di ulu hati . Jadi lebih baik makan beberapa jam sebelum tidur atau sebelum pukul delapan malam.
 
2. Tidur lebih nyaman
Saat kondisi perut penuh dengan makan malam biasanya tidak bisa langsung tidur. Hal ini disebabkan karena perut memroses terlebih dahulu makanan yang masuk ke perut. Paling tidak beri jeda satu jam antara waktu makan malam dan tidur.

3-4

3. Hindari kegemukan
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan larut malam terkait erat dengan obesitas. Hal ini diperkirakan karena minimnya aktivitas fisik usai makan malam. Lalu metabolisme tubuh yang melambat karena usai makan langsung tidur. 
 
4. Hindari makan berlebihan
Saat malam makin larut, rasa lapar makin meningkat. Saat dihadapkan dengan aneka makan rasanya ingin memakan banyak makanan yang ada. Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda makan sebelum larut malam dimana kondisi perut tak terlalu lapar.

Dampak Harga BBM Turun

Posted: 31 Dec 2014 04:31 AM PST

Harga BBM akan turun, pemerintah juga mengumumkan pencabutan subsidi premium dan tetap memberikan subsidi untuk solar.

Tina Toon Berduka atas Tragedi Jatuhnya AirAsia

Posted: 31 Dec 2014 04:30 AM PST

Tragedi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 pada 28 Desember kemarin membuat banyak orang berduka dan bersimpati atas peristiwa nahas tersebut. Tina Toon salah seorangnya. Si Bolo-bolo ini mengatakan kalau musibah itu telah mengguncang perasaan bangsa Indonesia dan dunia.

"Aku prihatin banget lihatnya, nggak nyangka banget kalau akhir tahun ada tragedi seperti ini," ucap Tina Toon saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Tina Toon pun berharap keluarga para korban jatuhnya pesawat AsiaAir QZ 8501 bisa tabah dan ikhlas merelakan kepergian keluarga dan orang tersayang yang menjadi korban dalam peristiwa tragis itu.

"Karena takdir manusia semua Tuhan yang mengatur. Tetap berdoa dan tabah dalam menerima ujian dari Tuhan," imbuh Tina Toon.

Seperti diberitakan sebelumnya, pewasat AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura dinyatakan hilang pada 28 Desember 2014 sekitar pukul 07.55 WIB. Pesawat nahas tersebut membawa 162 penumpang termasuk tujuh orang awak pesawat.

Pada 30 Desember 2014 serpihan pesawat dan para korban ditemukan di Selat Karimata dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Barat. (fei)

Kilas Indonesia: Jalur Puncak Ditutup - Festival Kawilujengan

Posted: 31 Dec 2014 04:29 AM PST

Jalur Puncak ditutup, lalu lintas dialihkan ke Jonggol dan Sukabumi, Jawa Barat.

Tim Survey dan Robot Cari Badan Pesawat AirAsia QZ8501

Posted: 31 Dec 2014 04:27 AM PST

Tim beranggotakan sejumlah ahli pemetaan bawah laut ini juga membawa beberapa peralatan canggih, termasuk robot ROV.

Dituding Tak Kompeten Jadi Gubernur BI, Agus Martowardojo Geram

Posted: 31 Dec 2014 04:21 AM PST

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengaku geram ketika sejumlah pengamat menuding dirinya tak kompeten menjalankan BI.

Agus mengatakan, dia dan lembaga yang dipimpin telah melakukan tugasnya dengan benar. Hal itu berlandaskan sejumlah lembaga yang  memberikan penilaian yang positif pada BI.

"Kami sayangkan pengamat mengatakan BI tidak kredibel, saya ingin sampaikan  kalau saudara ikuti lihat World Bank, IMF, bagaimana mereka lihat kebijakan BI di Indonesia," kata dia di Jakarta, Rabu (31/12/2014).

Agus mengatakan, jika BI tidak berhati-hati dalam mengambil kebijakan tentu akan mengalami nasib yang kurang beruntung seperti negara-negara lainnya. Terlebih mengenai suku yang akhirnya menghantam beberapa negara.

"Memang betul kalau Indonesia tidak hati-hati di awal 2014 seperti Turki karena Turki menurunkan bunga harusnya dijaga, diturunkan 2,5 persen di tahun 2014 awal harus  naikin bunga 5,5 persen. Kami lihat Rusia karena tidak hati-hati  jaga ekonomi naikan bunga 6,5 persen," paparnya.

Tak sekadar itu, Agus pun menekankan selama ini BI telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal itu dikarenakan BI berhasil menjaga aliran dana yang masuk ke RI.

"Menjaga dana masuk yang besar, untuk biayai defisit transksi berjalan dan kita syukuri. Kita mengikuti minggu kedua Desember kalau tidak hati-hati tekanan begitu besar ketika semua spekulasi sebelum FOMC meeting beruntun ke negara yang lemah," tutupnya. (Amd/Gdn)

Gelandang Zagreb Tolak Pinangan AC Milan

Posted: 31 Dec 2014 04:21 AM PST

Jelang pembukaan bursa transfer musim dingin ini AC Milan sudah mulai berburu pemain baru. Rossoneri dilaporkan tengah berminat pada pemain dari klub Kroasia Dinamo Zagreb, yakni gelandang Marcelo Brozovic.

Milan telah berulang kali dikaitkan dengan Brozovic karena mereka sedang berupaya memperkuat lini tengah mereka. Namun, Calciomercato mengklaim tawaran klub rival sekota Inter ini kepada sang pemain telah ditolak.

Situs itu juga menjelaskan kalau Milan dan Arsenal, dua tim yang menginginkan jasa pemain 22 tahun tersebut, hanya menawar tujuh juta euro, sedangkan Dinamo Zagreb bertahan pada angka 10 juta euro.

Dikutip dari Football-Italia, Brozovic sebenarnya ingin hijrah ke San Siro, namun harga yang diminta klubnya membuat kesepakatan sulit dicapai.

Selain itu, Dinamo Zagreb juga menolak untuk menerima tawaran Milan bila dingin meminjam Brozovic alih-alih membelinya dengan mahal.

Baca Juga:

[Catatan Akhir Tahun Liga Inggris: Roller Coaster MU dan Liverpool](2153998 "")

[Giliran Van Gaal Yang Keluhkan Jadwal Padat Liga Inggris](2154502 "")

["Hanya Torres Yang Diinginkan Simeone"](2154508 "")