Minggu, 28 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Vanished AirAsia Calls for British Rescue-Search Cooperation

Posted: 28 Dec 2014 04:45 AM PST

An AirAsia plane with the flight number of QZ 8501 bound for Singapore, departing from Surabaya, Indonesia is reported to have lost contact with the Indonesian air- traffic control shortly after take- off on Sunday (12/28/2014). The Airbus A320-200 last contact with the tower was at 06.17 local time when it flew above the west kalimantan area and its presence remains unknown hitherto. This major incident is marked as third unwanted tragedy to occur following the MH17 and MH370.

The low-cost carrier was carrying 162 passengers took off at approximately 05.36 am local time and was expected to land in Singapore at 08.30 am local time. Among the passengers, 155 Indonesians, 1 Singaporean, 1 Malaysian, 3 South Korean and 1 British and 1 French who happens to be the co-pilot of the missing plane. They include 16 children and one 1 infant. The plane initially flew at the normal height of 32 thousand feet or as commonly known as flight level plan 320.

Bad weather is assumed to be the primary impetus to this incident. Due to the presence of victims from various countries apart from Indonesia, representatives from each nation’s victims immediately seek for joint search and rescue cooperation with Indonesia and other Southeast Asian Nations. While search is still under way, the Indonesian government is setting up a missing flight hotline: +62219850801 for those who wish to gain information and remain updated until the carrier is located.

The British Embassy in Jakarta provides a nationwide statement to clarify the United Kingdom intention in joining the search and rescue endeavour. One of the passengers in that flight was British and this only enhances the British’s willingness to involve themselves in finding the currently still missing plane.

"We are aware of reports of Air Asia flight incident QZ 8501. Our thoughts and prayers are with the passengers and the affected families. We are aware of reports of a British national on board and we are liaising urgently with the local authorities to establish further details," stated by the British Embassy in Jakarta, Indonesia this afternoon (12/28/2014). (Akp/Riz)

AirAsia QZ8501 Diduga Hilang di Teluk Kumai

Posted: 28 Dec 2014 04:42 AM PST

Guna mencari [Pesawat AirAsia QZ8501](2153191 ""), tim SAR Pontianak menerjunkan satu kapal milik mereka. Kapal itu berjenis RB 214. "Sudah diberangkatkan 1 kapal hari ini," kata Kepala Kantor SAR Pontianak, Slamet Riyadi, Minggu (28/12/2014), di Pontianak.

Selain menerjunkan 1 kapal, Tim SAR Pontianak juga mengerahkan puluhan anggotanya. Termasuk di dalamnya 4 anggota Dit Polair Polda Polda Kalbar. "Anggota kita ada 24 orang. Empat orang berasal dari Dit Polair Polda Kalbar berangkat dengan rombongan kita," jelas Slamet.

Dia mengungkapkan, timnya mencari AirAsia QZ 5801 di Teluk Kumai. Tempat itu diduga sebagai lokasi hilangnya pesawat. "Lokasi dugaan atau yang menjadi tempat pencarian kita di Teluk Kumai,” pungkas dia.

Masih kata Slamet, pihaknya belum mengetahui secara pasti keberadaan pesawat AirAsia QZ8501 tersebut. Tapi sesuai instruksi dari pusat, pihaknya akan terus berkonsolidasi dengan berbagai pihak.

Pesawat jenis Airbus A320-200 PK-AXC itu terbang dari Bandara Juanda, Surabaya, menuju Singapura. Pesawat tersebut hilang kontak dengan menara pengawas pada pukul 06.17 WIB. Pesawat dipiloti Kapten Iriyanto dan Remi Emmanuel Plesel dan mengangkut 155 penumpang, 4 awak kabin, dan 1 orang teknisi. (Sun)

Ingin Tetap Biru, Desa ini akan Berubah Menjadi Taman Smurf

Posted: 28 Dec 2014 04:35 AM PST

Bangunan-bangunan di desa Juzcar, Spanyol, yang tadinya berwarna putih berubah menjadi biru pada tahun 2011 untuk keperluan film The Smurf. Sony sebagai pihak yang mengajukan proposal terkait film itu kini menawarkan untuk kembali mencat bangunan-bangunan itu kembali menjadi putih.

Namun rencana itu ditolak oleh penduduk setempat. Seperti dilansir dari Dailymail.co.uk pada Minggu (28/12/2014), alasannya ialah karena warna biru latar film Smurf tersebut merupakan magnet wisatawan yang menambah penghasilan penduduk. Sejauh ini desa biru Smurf itu sudah menarik sebanyak 200 ribu wisatawan.

Ide lain kemudian muncul untuk membuat desa itu menjadi taman tematik Smurf pertama di dunia. Untuk mewujudkan ide itu, desa tersebut akan menerima investasi sebesar 37 juta poundtserling (sekitar Rp 715 miliar rupiah). Otoritas setempat mengatakan bahwa taman tematik itu bisa menciptakan 200 lapangan kerja di sana.

Diharapkan taman tematik tersebut bisa menyumbang sebesar 11 juta pounsterling (sekitar Rp 212 miliar rupiah) pertahun bagi desa tersebut. Sebelumnya memang sudah ada taman tematik Smurf di Prancis bernama Big Bang Schtroumpf yang beroperasi pada tahun 1980-an hingga 1990-an. Namun tema Smurf dihilangkan setelah taman itu dibeli oleh perusahaan lain.

Kirana Jawara La Academia Junior

Posted: 28 Dec 2014 04:30 AM PST

Kirana kontestan asal Purwakarta, Jawa Barat, memantapkan kiprahnya di dunia tarik suara khususnya pada ajang pencarian penyanyi cilik berbakat, La Academia Junior Indonesia. Masuk ke babak final, Kirana mampu mengalahkan Muti asal Bandung.

Kirana yang masih duduk di kelas 6 SD tersebut mengaku bangga dapat keluar sebagai pemenang La Academia. Ia mengaku tidak menyangka jika dirinya yang akan menjadi pemenang, mengingat kualitas Muti tidak kalah baik dari dirinya.

"Aku nggak nyangka tadi kalau aku yang juara. Muti kan juga suaranya bagus. Jadi aku nggak menyangka begitu tadi namaku yang disebut jadi juara," jelas Kirana di Studio Penta SCTV, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (28/12/2014).

Kirana merasa sangat gembira saat dirinya dinobatkan sebagai juara La Academia. Ia mengaku akan sangat merindukan saat bersama di La Academia bersama kontestan lainnya, dan juga bersama para pengajar.

"Nggak terasa sudah selesai ya. Aku bakal kangen banget sama teman-teman disini. Aku berterimakasih juga sama semua guru-guruku disini, sama semua juri juga," tuturnya.

Dengan keluar sebagai pemenang, Kirana berhak atas hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 50 juta. Dan Muti sebagai juara kedua berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 30 juta.

Tidak Mahal, PSG Bidik Gelandang Andalan Lazio

Posted: 28 Dec 2014 04:29 AM PST

Bursa transfer Januari belum dibuka namun klub kaya Ligue 1, Paris Saint-Germaint (PSG) telah menetapkan buruannya. Kali ini, jawara Liga Prancis tersebut berniat mendatangkan gelandang milik Lazio, Lucas Biglia.

Hingga pekan ke-16 PSG masih belum bisa menemukan performa terbaiknya di Ligue 1. Tercatat skuat asuhan Laurent Blanc ini hanya mampu meraih dua kemenangan dari lima pertandingan terakhir. PSG pun kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dibawah Olympique Marseille dan Olympique Lyon yang berada di peringkat pertama dan kedua.

Tidak konsistennya permainan lini tengah PSG yang diisi oleh Marco Verratti, Javier Pastore dan Thiago Motta disinyalir menjadi sebab tim berjuluk Les Parisiens ini belum bisa menemukan performa terbaik seperti musim lalu.

Terkait itu, nama baru pun dibidik untuk didatangkan PSG pada Januari mendatang. Namun, untuk menghindari peraturan Financial Fair Play (FFP), PSG tampaknya tak ingin mendatangkan pemain besar dengan harga mahal. Bidikan pun lalu dijatuhkan pada gelandang Lazio, Lucas Biglia.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

15 Juta Euro

15 Juta Euro

Seperti dilansir Il Tempo, PSG sedang mempertimbangkan untuk memberikan tawaran sebesar 15 juta euro agar bisa mendapatkan jasa gelandang berusia 28 tahun itu. Namun, keinginan PSG tampaknya tak akan berjalan dengan mulus, pasalnya Presiden Lazio, Claudio Lotito baru bersedia melepas Biglia seharga 30 juta euro.

Biglia musim ini tampil sangat apik bersama Lazio dengan berhasil membawa I Biancocelesti bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Serie A dengan koleksi 27 poin dari 16 pertandingan. (Yosef Deny Pamungkas)

RI Bebaskan Bea Ekspor, India Perketat Pajak Impor Minyak Sawit

Posted: 28 Dec 2014 04:27 AM PST

India, importir minyak sawit terbesar di dunia, memutuskan untuk menaikkan bea impor minyak sawit mentah dan olahan sebagai upaya untuk melindungi para petani dari jatuhnya harga minyak mentah.

Kenaikan bea impor tersebut diharapkan dapat menaikkan keuntungan dari pemangkasan bea ekspor minyak sawit yang diberlakukan Indonesia dan Malaysia.

Maklum saja, Indonesia dan Malaysia berkontribusi sekitar 86 persen dari total pasokan minyak sawit dunia.

Mengutip laman Bloomberg, Minggu (28/12/2014), bea impor minyak sawit ke India naik dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen. Sementara bea impor minyak sawit olahan naik dari 10 persen menjadi 15 persen.

Indonesia telah memutuskan untuk memperpanjang kebijakannya membebaskan bea ekspor minyak sawit selama empat bulan hingga Januari 2015. Sementara Malaysia telah memperpanjang pembebasan bea ekspornya hingga Februari.

Kedua negara penghasil minyak sawit terbesar dunia memang tengah berupaya mengurangi pasokan yang jumlahnya sangat melimpah dalam setahun terakhir.

"Perbedaan bea tersebut dapat membantu menambah valuasi. Impor yang terus meningkat berpotensi mengganggu petani domestik karena mendapatkan harga yang kurang layak," ungkap Direktur Eksekutif Solvent Extractors' Association, B.V. Metha.

Impor kelapa sawit di India memang tercatat meningkat dalam lima bulan terakhir hingga November. Kemungkinan hingga pertengahan Desember, terjadi kenaikkan 13 persen menjadi 8,75 juta ton. (Sis/Nrm)

AirAsia QZ8501 Hilang, Klub Liga Inggris Heningkan Cipta 1 Menit

Posted: 28 Dec 2014 04:25 AM PST

Pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ 8501 hilang kontak pada pukul 7 pagi WIB, Minggu (28/12/2014). Pesawat itu awalnya bertolak dari Surabaya menuju Singapura.

Pesawat yang dipiloti Kapten Iriyanto itu membawa 155 penumpang, 154 dewasa dan seorang bayi. Hingga saat ini, pesawat tersebut belum diketahui keberadaannya, kesedihan pun menyelimuti keluarga penumpang.

Kesedihan tidak hanya dirasakan para keluarga penumpang pesawat. Publik dunia pun juga turut berduka. Bahkan, klub Liga Premier Inggris juga bersedih.

Bos Air Asia sekaligus presiden klub Queens Park Rangers, Tony Fernandes meminta semua orang yang berada di Losftus Road Stadium mengheningkan cipta untuk insiden yang menimpa pesawat tersebut.

Mengheningkan cipta selama satu menit akan terjadi sebelum QPR menjamu Crystal Palace pukul 22.00 WIB.

"Kami akan memberikan pernyataan lainnya segera. Terima kasih atas semua perhatian dan doanya. Kami harus tetap kuat," kicau Tony di akun Twitter miliknya.

Aksi Menggemaskan Beruang Tiup Terompet

Posted: 28 Dec 2014 04:09 AM PST

Aksi beruang sirkus coklat ini menggemaskan. Ia bisa bermain hulahop dengan lancar, bahkan uniknya bisa meniup terompet.

Beruang lucu dari Rusia itu ternyata bernama Tima. Ia memang sengaja dilatih untuk melakukan trik tersebut dengan pelatihnya Pavel Vyakin.

Cuplikan dari bakatnya yang menggemaskan pun telah memukau lebih dari 1 juta penonton, sejak diunggah ke situs berbagi video YouTube.

Yuk, lihat aksinya bermain hulahop dan meniup terompet.

Di Bawah Tekanan, Thailand Pangkas Proyeksi Ekonomi 2015

Posted: 28 Dec 2014 04:05 AM PST

Sejak akhir 2013 hingga sepanjang 2014, perekonomian Thailand terus dirudung berbagai tekanan, termasuk konflik politik yang dihiasi banyak protes keras.

Lantaran berbagai tekanan yang diterima, Bank Sentral Thailand mengumumkan bahwa ekonomi Thailand akan menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun ini dan mengalami sedikit perkembangan pada 2015.

Meski begitu volume ekspor yang berperan sebagai mesin pendorong pertumbuhan terus merekah di akhir tahun.

Mengutip laman CNBC, Minggu (28/12/2014), akhir pekan lalu, Bank Sentral Thailand memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi 2014 dari 1,5 persen menjadi 0,8 persen. Begitu pula dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi 2014 dipangkas dari 4,8 persen menjadi 4 persen.

Sepanjang tahun ini, ekspor negara dengan perekonomian terbesar kedua di Asia Tenggara ini telah merosot 0,5 persen. Bahkan Bank Sentral Thailand memprediksi ekspor tahun depan hanya akan tumbuh satu persen dari perkiraan empat persen sebelumnya.

Data perdagangan November yang dirilis pada Jumat menunjukkan betapa parahnya ekspor Thailand.

Kementerian Perdagangan Thailand melaporkan, ekspor yang berjumlah 60 persen dari PDB negara tersebut, mengalami kontraksi satu persen dari 2013. Angka tersebtu jauh lebih buruk dibandingkan penguatan 3,6 persen yang diprediksi para ekonom.

Kemerosotan ekspor merupakan dampak dari kekuatan tentara yang terpusat pada Mei saat menghalau para pengunjuk rasa. Sementara sektor pariwisata juga ikut terkena hantaman kerusuhan domestik yang terjadi.

"Ekonomi Thailand menunjukkan pemulihan yang jauh lebih lambat daripada prediksi lantaran lambannya ekspor. Apalagi ekonomi global tumbuh lebih lambat dari perkiraan," ungkap Asisten Gubernur Bank Sentral Thailand, Mathee Supapongse.

Penundaan sejumlah proyek investasi umum juga menyebabkan lambannya pertumbuhan investasi privat, yang memang sudah tertekan lambatnya pemulihan permintaan domestik.

Bank Sentral Thailand tercatat merevisi proyeksi pertumbuhan ekonominya setiap tiga bulan sekali. Secara bertahap, pihaknya terus memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk 2014 dan 2015.(Sis/Nrm)

"Barcelona Tempat Sempurna untuk Neymar"

Posted: 28 Dec 2014 04:03 AM PST

Barcelona adalah tempat yang sempurna untuk Neymar berkembang menjadi pemain kelas dunia. Hal itu terucap langsung dari bibir gelandang senior Los Blaugrana (sebutan Barcelona), Andres Iniesta.

Setelah berjuang meraih konsistensi untuk tampil di La Liga sejak hengkang dari Santos tahun 2013, Neymar pun berhasil menemukan performa terbaiknya. Buktinya musim ini, dia sudah mencetak 11 gol dari 13 penampilan di La Liga.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/759577/original/044487100_1414890398-000_DV1899908.jpg

"Saya tidak ragu dengan bakat Neymar," gelandang berusia 30 tahun itu mengatakan, seperti dikutip dari Goal.

"Barcelona adalah tempat yang ideal baginya untuk terus berkembang. Semoga dia tetap konsisten karena hal itu sangat bagus untuk tim," Iniesta menambahkan.

Bersambung ke halaman selanjutnya ---->

Harapan untuk Messi

Harapan untuk Messi

Selain mengharapkan perkembangan Neymar, Iniesta juga berharap bintang Barcelona, Lionel Messi bisa memenangkan gelar Ballon d'Or untuk kali kelima sepanjang kariernya sebagai pesepak bola.

"Mudah-mudahan saja, Messi memenangkan Ballon d'Or. Ini akan menjadi cerita yang bagus. Sebab, penghargaan itu juga mengakui kontribusi tim ini," gelandang Timnas Spanyol itu berharap.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/663455/original/Granada+1-0+Barcelona+%28Foto+11%29.jpg

Di FIFA Ballon d'Or 2014, Messi akan bersaing dengan Cristiano Ronaldo dan Manuel Neur. Pemenang penghargaan ini bakal diumumkan di Zurich, Swiss, 12 Januari 2015.

Baca juga:

[Mourinho Berencana Bikin Buku Komedi Tentang Balotelli](2152989 "")

[Siapa Kiper Terbaik La Liga Tahun 2014? Ini Faktanya!](2152868 "")

[Sambut Natal, Irina Shayk Bikin Video Panas](2152841 "")