Selasa, 23 Desember 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Ini Profil Sofyan Basir, Bankir yang Kini Nahkodai PLN

Posted: 23 Dec 2014 04:55 AM PST

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menunjuk Direktur Utama PT PLN (Persero) yang baru yaitu Sofyan Basir. Di lingkungan BUMN, Sofyan Basir bukan nama baru. Sebelumnya Sofyan Basir juga menjadi direktur utama di perusahaan pelat merah yaitu di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI).

Sofyan menduduki posisi Direktur Utama Bank BRI selama dua periode. Pertama ia ditunjuk pada 17 Mei 2005 dan kemudian terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010.

Sofyan Basir memang besar di industri keuangan, khususnya perbankan. Sebelum di BRI, ia menduduki jabatan Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk. Karier perbankan Sofyan dimulai pada tahun 1981 di Bank Duta, dilanjutkan pada 1986 dengan bergabung di Bank Bukopin.

Kemampuan manajerial Sofyan ditempa di Bukopin. Di bank yang dulu dimiliki oleh Koperasi Pegawai Bulog itu ia menduduki beberapa jabatan manajerial seperti Direktur Komersial, Group Head Line of Business, dan juga menjadi Pimpinan di beberapa cabang di beberapa kota besar Indonesia.

Dia meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti, Jakarta pada 1980, dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta pada 2010. Gelar Doktor Kehormatan diperoleh dari Universitas Trisakti, Jakarta pada 2012.

Pria yang selalu berkumis kelahiran 2 Mei 1958 ini telah mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan baik di dalam maupun luar negeri, di antaranya:

  • Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt)
  • Eksekutif Manajemen Risiko, ABN Amro (Denpasar)
  • Islamic Finance Forum (Swiss)
  • Seminar Business Continuity Planning, Ernst & Young SESPIBANK (Jakarta)
  • Strategy Development Session, IBM
  • Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance.

(Yas/Gdn)

Giliran Pusat Data Reaktor Nuklir Korsel Diretas

Posted: 23 Dec 2014 04:48 AM PST

Reaktor nuklir Korea Selatan ([Korsel](2151396 "")) dilaporkan di-hack atau disusupi peretas. Presiden Korsel Park Geun-hye memerintahkan aparat berwenang untuk meningkatkan sistem keamanan jaringan.

Seperti dimuat BBC, Selasa (23/12/2014), menurut seorang pejabat Korsel, pembajak telah meretas data karyawan, desain, dan manual peralatan pembangkit tenaga nuklir.

Meski tak sampai merasuk ke jaringan terdalam, peretas yang mengatasnamakan diri sebagai "Presiden Kelompok Reaktor Anti Nuklir" meminta agar reaktor yang digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) itu ditutup menjelang Hari Natal.

Aparat Korsel meminta bantuan Biro Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) untuk menyelidiki pembajakan data jaringan internet tersebut. Sejauh ini, pelaku diketahui menggunakan jaringan dengan alamat IP yang berlokasi di Korea Selatan, AS, dan Jepang.

Dalam rapat kabinet, Presiden Park Geun-hye meminta para pihak terkait untuk lebih waspada dan bersiap menghadapi ancaman teror siber di reaktor nuklir.

"Ini merupakan kondisi yang sangat serius. Kita tidak bisa tinggal diam begitu saja," ujar Park.

Sebagai langkah lanjutan, Korea Hydro and Nuclear Power Co Ltd (KHNP) melakukan langkah pengamanan lebih ketat di empat lokasi reaktor nuklir.

Korea Utara dikait-kaitkan atas serangan siber di reaktor nuklir Korsel. Terlebih, insiden ini terjadi saat negeri yang dipimpin Kim Jong-un itu tengah berkonflik dengan AS atas peretasan jaringan Sony Pictures yang segera menayangkan film The Interview.

Namun demikian, [Korut ](2150973 "")sendiri dikabarkan juga menjadi objek serangan siber. Internet di negara tersebut padam dari Senin malam hingga Selasa pagi tadi. Namun kini jaringan telah kembali normal. (Riz/Yus)

BI Dukung Transaksi Penerimaan Negara Via RTGS Saat Libur

Posted: 23 Dec 2014 04:48 AM PST

Bank Indonesia (BI) memperpanjang pelayanan transaksi penerimaan pajak melalui Real Time Gross Settlement (RTGS) ke rekening pemerintah saat libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini sebagai bentuk dukungan regulator perbankan kepada pemerintah yang akan menutup akhir tahun dengan mengumpulkan seluruh penerimaan negara.

Deputi Direktur Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI, Irwan Zubir mengaku, ada perpanjangan pengiriman transaksi pelimpahan penerimaan negara lewat RTGS oleh Bank Persepsi ke rekening pemerintah di BI.

"Mulai Jumat lalu, kemudian diikuti tanggal 22, 23, 24, 29, 30 dan 31 Desember ini, pengiriman transaksi pelimpahan penerimaan negara via RTGS oleh Bank Devisa Persepsi ke rekening pemerintah diperpanjang satu jam. Ini dilakukan untuk mendukung Kementerian Keuangan mengirimkan penerimaan pajak dari Wajib Pajak," tegas dia di Jakarta, Selasa (23/12/2014).

Perpanjangan transaksi tersebut berlangsung dari semula pukul 16.30 WIB menjadi 17.30 WIB. Menurutnya, kebijakan ini juga berlaku untuk transaksi nasabah melalui RTGS, sehingga penyelesaian transaksi menggunakan sistem ini harus mundur menjadi pukul 20.00 WIB.

"Kalau untuk transaksi nasabah, perpanjangan ini berlaku pada 31 Desember 2014. Jadi jadwal harus disesuaikan," ucap Irwan.

Dia bilang, transaksi non tunai melalui RTGS libur pada 25-26 Desember 2014. Sedangkan 29-30 Desember setelahnya, kembali beroperasi secara penuh. Dibuka mulai pukul 06.30 WIB dan transaksi nasabah pukul 16.30 WIB dan tuntas secara umum pukul 19.00 WIB.

"RTGS beroperasi secara normal lagi mulai Jumat, 2 Januari 2015," pungkas Irwan. (Fik/Gdn)

Habis Sulam Alis, Cita Citata: Selfie Buat Kak Ivan Gunawan Ah!

Posted: 23 Dec 2014 04:45 AM PST

Cita Citata belakangan santer disebut telah menikah dengan pria bernama Galih Purnama alias Ijonk. Meski begitu, Cita menunjukkan ikatan yang kuat dengan desainer kondang Ivan Gunawan.

Hal itu ditunjukkan Cita usai menjalani sulam alis di Salon Kecantikan Ali Tattoo Sulam di Mangga Dua Square, Jakarta Utara, Selasa (23/12/2014). Sehabis permak wajah, Cita menyempatkan diri selfie.

"Sebentar ya, mau selfie dulu. Mau kirim ke Kak Ivan (Gunawan)," kata Cita menepis permintaan wawancara dari awak media.



Usai mengirim foto buat Ivan, Cita pun meladeni pertanyaan wartawan. Ia mengaku menjalani shading alis lantaran alis merupakan bagian wajah yang paling ia sukai.

"Dari dulu aku memang suka alis, makanya kepingin banget shading alis. Kalau bagian lain nggak berani," kata Cita, yang tampak santai meski tengah diterpa isu tak sedap. (fei)

TIPS: Cara Buka Botol dengan Kepingan CD

Posted: 23 Dec 2014 04:44 AM PST

Beginilah cara membuka tutup botol minuman dengan kepingan CD

Panglima TNI: Kami Siap Bantu Bakamla Tenggelamkan Kapal Asing

Posted: 23 Dec 2014 04:42 AM PST

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengakui sulitnya menindak kapal asing pencuri ikan atau illegal fishing di perairan Indonesia. Untuk memperkuat kekuatan pemberantasan illegal fishing itu, [Moeldoko](2145329 "") mengatakan TNI akan menyiapkan kapal perang untuk membantu Badan Keamanan Laut (Bakamla) menenggelamkan kapal milik pelaku illegal fishing.

"Di dalam menjalankan eksekusi soal pelanggaran yang dilakukan siapa pun, illegal fishing atau apapun di laut Indonesia. Untuk itu, Bakamla akan meminta kekuatan dari TNI. Saya mohon TNI disiapkan untuk penindakan," ujar Moeldoko di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (23/12/2014).

Menurut Moeldoko, Bakamla yang dibentuk menggantikan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) adalah lembaga yang menangani segala permasalahan di lautan Indonesia.

"Bakamla itu yang akan menyelesaikan hal-hal seperti itu. TNI itu dalam rangka menghadapi kombatannya. Ini kalau illegal fishing, Bakamla nanti itu yang menangani," jelas dia.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Marsetio menambahkan, TNI melalui Bakamla dapat melakukan penindakan kepada kapal asing yang memasuki wilayah perairan Indonesia, selama kapal tersebut memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Jadi kalau TNI AL itu di ZEE itu, sesuai dengan ketentuan United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS), itu adalah warship. Itu berarti (yang tangani) kapal perang TNI AL atau KRI," kata Marsetio.

Namun menurutnya, pemusnahan kapal asing pencuri ikan oleh TNI tak dapat dilakukan sembarangan. Marsetio menambahkan, prosedurnya yakni setelah penyidikan bagi kapal tersebut usai, maka sesuai keputusan pengadilan, TNI AL melalui Bakamla akan memusnahkan kapal asing pencuri ikan tersebut.

"Sebenarnya (pemusnahan kapal) sudah sesuai dengan keputusan pengadilan. Contohnya yang di Ambon, [TNI AL](2148122 "") diperintahkan untuk melakukan pemusnahan. Jadi ada keputusan pengadilan. Itu berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Ambon," tandas Marsetio. (Ado/Yus)

Bos BRI Sofyan Basir Ditunjuk Jadi Dirut PLN

Posted: 23 Dec 2014 04:39 AM PST

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menunjuk Bos BRI Sofyan Basir sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Nur Pamudji.

Pemilihan tersebut dilakukan setelah dilakukan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Gedung Kementerian BUMN pada sore ini.

"Kami mengaggap dibutuhkan putra terbaik untuk mempin PT PLN ini sehingga kami dengan keputusan presiden pada hari ini menjuk pak Sofyan Basir menjadi Presiden direktur PT PLN," kata Rini di Kementerian BUMN, Selasa (23/12/2014).

Selain Rini, pengumuman tersebut juga dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Dengan terpilihnya Sofyan Basir, maka menambah deretan Bos BUMN non perbankan yang memiliki latar belakang seorang bankir. Sebelumnya telah ada Ignasius Jonan sebagai mantan Dirut PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Emirsyah Satar yang juga sebagai ‎mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Airlines (Persero).

Sofyan Basir sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank BRI sejak 17 Mei 2005 dan terpilih kembali untuk periode jabatan kedua pada 20 Mei 2010.‎

Seperti diketahui, pelaksanaan RUPSLB tersebut dilakukan mengingat Direktur Utama sebelumnya Nur Pamudji mengajukan mundur dari jabatannya sejak Dahlan Iskan menjadi Menteri BUMN. (Yas/Pew/Ndw)

Janji Falcao untuk Fans Manchester United

Posted: 23 Dec 2014 04:38 AM PST

Setelah pulih dari cedera hamstring, Radamel Falcao berjanji bakal memberikan yang terbaik untuk Manchester United. Dia ingin membalas kepercayaan fans MU.

Penyerang berusia 28 tahun tersebut menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah (sebutan MU) saat bermain imbang 1-1 melawan Aston Villa di Villa Park, akhir pekan lalu.

Falcao pun langsung berhasrat mencetak banyak gol untuk klub berjuluk Setan Merah tersebut. Dia berharap fans mencintainya seperti pemain MU lain.

http://cdn1-e.production.liputan6.static6.com/medias/747365/original/077958600_1412601121-radamel_falcao.jpg

"Cara terbaik untuk membayar kepercayaan fans yang sudah mencintai saya adalah mencetak banyak gol dan memenangkan trofi untuk mereka," ucap Falcao seperti dikutip dari Sports Mole.

Bersambung ke halaman selanjutnya ---->

Mimpi Sejak Kecil

Mimpi Sejak Kecil

Striker asal Kolombia tersebut menceritakan kalau dirinya sudah bermimpi menjadi pemain Setan Merah sejak kecil. Makanya, ketika manajaemen MU menawarkan menjadi pemain pinjaman selama semusim, Falcao tidak menolaknya.

"Sejak masih kecil, saya selalu ingin datang ke sini. Saya sudah menyiapkan beberapa cara untuk datang ke Inggris setelah MU menawarkan kontrak," ucap mantan penyerang Atletico Madrid tersebut.

Sejak didatangkan dari AS Monaco, Falcao sudah empat bulan berada di Manchester. Dia merasa sangat nyaman dengan suasana dan budaya di sana.

"Jelas kalau berada di MU merupakan mimpi saya. Di sini saya selalu bekerja keras. Saya sangat menyukai dan menikmati budaya di Inggris. Saya selalu mengatakan kalau permainan Liga Premier Inggris selalu cocok dengan permainan saya," dia mengakhiri.

Baca juga:

[Manchester United Ajukan Tawaran Fantastis untuk Bek Real Madrid](2150879 "")

[Sambut Hari Ibu, Ini 5 'Hot Mama' Pesepak Bola](2150668 "")

[Ada Bekas Noda, Pacar Mario Goetze Pamer Belahan Payudara](2150587 "")

BPOM Nilai Mie Instan Dalam Negeri yang Paling Bagus

Posted: 23 Dec 2014 04:38 AM PST

Dari hasil intensifikasi pengawasan pangan yang dilakukan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di sarana distribusi pangan sejak Desember 2014, ditemukan bahwa mie instan merupakan produk yang paling banyak disalahgunakan.

Setidaknya, mie instan masuk ke dalam jenis produk yang tergolong kedaluwarsa dan produk rusak. Dan semua itu diketahui bukan berasal dari dalam negeri, melainkan luar negeri.

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia, Roy Sparringa, menilai bahwa mie instan dalam negeri jauh lebih bagus kualitas dan kuantitasnya jika dibandingkan dengan mie instan yang berasal dari luar negeri.

"Mie instan itu pada dasarnya mengandung garam beryodium, sedangkan mie instan yang impor `kan tidak. Bayangkan kalau itu masuk ke dalam tubuh masyarakat yang berada di perdalaman. Tentu bahaya sekali," kata Roy ditulis Selasa (23/12/2014)

Seperti diketahui, untuk mendapatkan garam beryodium, masyarakat yang tinggal di perdalaman Indonesia bagian Timur mendapatkannya dari mie instan. Jika mie instan yang dikonsumsi tidak mengandung garam beryodium, bagaimana mereka mendapatkan garam tersebut??

"Maka itu, mie instan dalam negeri yang paling bagus," kata dia menekankan.

Lagipula dari sisi zat gizi, produsen mie instan dari Indonesia sudah memperhitungkan nilai gizi yang sesuai bagi masyarakat Indonesia, sedangkan mie instan dari luar negeri tidak demikian.

"Maka itu, saya anjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi mie instan. Masyarakat juga harus mengonsumsi makanan yang beragam, yang ada seratnya juga," kata dia.

Kreasi Warna Rambut Terbaru di tahun 2015

Posted: 23 Dec 2014 04:35 AM PST

Penghujung tahun nampaknya saat yang tepat untuk mengubah penampilan. Bagaimana bila memulainya dengan mengubah warna rambut? Beberapa warna rambut baru akan segera bermunculan di tahun 2015. Tidakkah Anda tertarik menjadi salah satu pionernya di Indonesia?

Lantas, apa sajakah warna rambut baru di tahun 2015? Tren warna rambut di tahun depan nampaknya sungguh fleksibel seperti yang dilansir dari laman NewestHairstyles, Senin (22/12/2014). Perpaduan warna yang `nyentrik` dan terbebas dari warna alami bebas Anda kreasikan di tahun ini.

Ombre

1. Ombre

Tak peduli untuk musim dingin atau panas, warna rambut ini tetap membuat Anda terlihat fantastis.

Blonde

2. Blonde

Blonde sangat terang atau justru gelap bisa jadi pilihan di tahun ini. Warna blonde yang sangat terang tanpa adanya efek kekuningan dan warna blonde yang cukup pekat hingga tampak begitu kontras bisa Anda aplikasikan.

Merah dan Coklat

3. Trendy Red Shades and Brown Brunette

Warna-warna ini selalu mempunyai daya tarik yang tak tertahan dan kemilau yang indah.

Innovative Shades

4. Innovative Shades

Warna-warna seperti pink, biru, ungu, kuning, dan warna-warna cerah lainnya bisa menjadi tren warna terbaru di tahun 2015. Akankah Anda mencobanya?