Senin, 11 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Pesawat Tempur TNI AU Serbu Mal di Jakarta

Posted: 11 Aug 2014 04:52 AM PDT

TNI Angkatan Udara bekerjasama dengan Mal Ciputra dalam rangka memperingati HUT RI ke-69 (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wawancara Ekonom Fauzi Ichsan: Default Argentina Masalah Hukum

Posted: 11 Aug 2014 04:46 AM PDT

Fauzi Ichsan, Ekonom Senior Standard Chartered Bank Indonesia mengatakan, permasalahan Argentina merupakan permasalahan hukum. Bagaimana cara yang bisa ditempuh oleh Argentina agar terlepas dari jeratan hukum tersebut, berikut penjelasan Fauzi kepada Liputan6.com:

Farah Quinn Kecewa Soal Laptop yang Digondol Rampok

Posted: 11 Aug 2014 04:45 AM PDT

Farah Quinn masih menyimpan kesal terhadap para perampok yang menggondol barang-barang berharga di rumahnya pada April lalu. Apalagi, dari benda yang dibawa kabur itu, terdapat harta berharga yang tak ternilai harganya. Apa itu?

Dituturkan Farah, harta bernilai tinggi itu ialah sebuah laptop. Pasalnya, dalam komputer jinjing itu terdapat kumpulan foto-foto sang anak, Armand, sejak masih bayi hingga tumbuh seperti sekarang.

"Laptop saya. Itu sudah agak tua usianya tahun 2009. Memorinya itu nggak bisa terganti. Foto sangat precious, Armand dari bayi," ucap Farah usai menjalani sidang di PN Jakarta Selatan, Senin (1168/2014).

Tak hanya laptop, barang berharga lainnya ialah cincin pemberian mantan suaminya. Farah berusaha ikhlas meskipun masih menyimpan harapan agar barang-barang itu bisa ditemukan.

Sebelumnya, kediaman Farah di kawasan Bangka, Jakarta Selatan disantroni rampok pada Kamis dini hari, 10 April 2014. Rampok yang terdiri dari beberapa pria berhasil menggasak Toyota Innova, laptop, perhiasan dan uang tunai sebesar 9 juta.

Kasus ini ditangani Polres Jakarta Selatan. Aparat berhasil meringkus 12 pelaku yang berperan sebagai perampok dan penadah barang curian. Mereka diancam Pasal 463 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman pidana minimal 5 tahun penjara. (Jul)

Ahok Wajib Minta Restu Pusat jika Hapus BBM Subsidi di Jakarta

Posted: 11 Aug 2014 04:44 AM PDT

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menilai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terlebih dulu meminta restu pemerintah pusat (pempus) terkait rencananya menghapus subsidi bahan bakar minyak (BBM) di ibukota. Rencananya Ahok bakal mengimplementasikan kebijakan tersebut pada tahun depan.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani mengatakan, bagus tidaknya rencana Bupati Belitung Timur itu untuk menghapus BBM subsidi di Jakarta sangat relatif. Terpenting, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu melakukan pembicaraan dengan pemerintah pusat jika ingin mengimplementasikan kebijakan itu.

"Ide Pak Ahok harus dikonsolidasikan dulu ke pemerintah pusat untuk mendapatkan kesepakatan," jelas dia kepada wartawan saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dia mengaku, penerapan kebijakan tersebut meski masih dalam wilayah kota seperti Jakarta bukan perkara mudah. Implementasi penghapusan BBM bersubsidi membutuhkan payung hukum dan diskusi cukup lama.

"Harus ada back up atau payung hukum oleh pemerintah pusat. Jadi nggak bisa langsung implementasi, karena perlu ke Pempus dulu, dan disepakati, lalu payung hukumnya bagaimana, baru direalisasikan. Lagipula belum pernah didiskusikan langsung, jadi mungkin menunggu dulu," papar dia.

Langkah pengurangan maupun penghapusan BBM subsidi, diakuinya sangat bermanfaat bagi negara ini. Dengan penghematan konsumsi subsidi BBM, pemerintah mempunyai ruang fiskal untuk mengalihkan belanja subsidi ke hal-hal yang lebih produktif, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan sebagainya.

"Kalau semua anggaran diserap BBM, APBN kita nggak punya cadangan untuk bisa membelanjakan ke kegiatan lain yang lebih bermanfaat. Selain itu, bisa membantu penghematan balance of payment kita, sehingga dapat mengurangi impor BBM," terang Askolani.

Jika impor BBM dapat ditekan, dia bilang, akan semakin menyehatkan neraca perdagangan dan neraca transaksi berjalan Indonesia.

"Ini sudah dikaji dan sangat baik untuk pembangunan kita 5-10 tahun ke depan. Kuncinya memang ada di BBM," tandas dia. (Dny/Nrm)

"Madrid Harus Sabar pada James dan Kroos"

Posted: 11 Aug 2014 04:42 AM PDT

Legenda Real Madrid Roberto Carlos meminta klubnya bersabar pada dua rekrutan baru, James Rodriguez dan Toni Kroos. Keduanya, kata Carlos, butuh waktu untuk beradaptasi dengan gaya Los Blancos.

Madrid cukup aktif di bursa transfer ini. Los Galacticos sudah mendatangkan tiga pemain yang bersinar di Piala Dunia 2014 yakni James, Kroos dan Keylor Navas.

http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/710565/big/000_DV1823584.jpg

"Langkah Presiden Florentino Perez mendatangkan pemain dari level tertinggi sangat penting. Sekarang adalah waktu untuk beradaptasi dan Anda harus bersabar dengan pemain yang baru datang," kata Carlos kepada Marca.

"Lawan-lawan akan lebih ingin mengalahkan Madrid, karena segala sejarah dan kesuksesan yang dimiliki tim ini. Banyak hal harus disiapkan Madrid karena musim ini akan lebih sulit," ucap Carlos.

Madrid akan memulai petualangan musim ini dengan menghadapi Sevilla di Piala Super Eropa pada 12 Agustus. Dilanjutkan dengan melawan Atletico Madrid di Piala Super Spanyol pada 19 Agustus.

Baca Juga:
Diduga Suporter "Penyusup", Dua Pria Jadi Sasaran Amukan Jakmania
Kapten Persib: Hanya di Indonesia Pemain Bisa Naik Rantis
Timnas U-19 Antisipasi Serangan Balik Brunei

Wawancara Purbaya Yudhi S: Dampak Krisis Argentina ke Ekonomi RI

Posted: 11 Aug 2014 04:40 AM PDT

Head of Economic Research Danareksa Research Institute, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, kasus gagal bayar Argentina tidak akan berdampak besar kepada Indonesia karena Indonesia memiliki landasan ekonomi yang kuat. Berikut penuturan purbaya kepada liputan6.com:

Tolak Pencabutan Subsidi BBM, Mahasiswa Datangi Kantor ESDM

Posted: 11 Aug 2014 04:38 AM PDT

Sejumlah massa Gerakan Mahasiswa (Gema) Pembebasan berunjuk rasa di gedung ESDM, Jakarta, (11/8/2014). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ciptakan Karya Seni Imajinatif dan Kreatif dari Benda di Sekitar

Posted: 11 Aug 2014 04:35 AM PDT

Pernahkah terbesit dipikiran Anda bahwa hanya dengan menggunakan benda-benda di sekitar, Anda dapat membuat karya seni yang luar biasa?

 

Seperti yang dilansir dari Boredpanda.com, Senin (11/8/2014), seorang seniman bernama Victor Nunes berhasil menyulap barang-barang yang ada di sekelilingnya menjadi sebuah karya seni yang imajinatif.

 

Dengan hanya memanfaatkan gunting, popcorn, potongan biskuit, serutan pensil, bungkus permen bahkan tutup pulpen, Victor berhasil membuat karya seninya menjadi hidup.

 

Ia menggabungkan benda-benda itu dengan sketsa spidol sederhana. "Aku selalu suka bermain-main dengan gambaran dari makanan dan obyek lainnya," ungkap pria berusia 65 tahun ini.

 

Art director di iklan sejak 1971 ini mengaku membuat kreasi ini untuk iseng saja. Ia mengunggahnya di Facebook mulai bulan ini dan menikmatinya sebagai "terapi".

 

"Aku tidak memiliki bahan kesukaan. Aku menggunakan apapun yang menantang tapi aku memilih yang sederhana dan mudah untuk ditemukan seperti kopi, serbet dan makanan," ucap Victor. "Aku menantang diri dengan membuat karya dari benda biasa membentuk hal luar biasa."

 

Seperti apakah tampilan karya seni yang dibuat oleh Victor? Berikut tampilannya:

 

 

 

 

 

 

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-9

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-11

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-8

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-7

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-6

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-10

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-3

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-2

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-5

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-12

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-1

 

everyday-object-art-faces-victor-nunes-4

 

 

 

 

Kakak-Adik Doyan Makan Lilin dan Buku Bekas

Posted: 11 Aug 2014 04:30 AM PDT

Dua bersaudara kembar di Bradford, Inggris, Adele dan Anita memiliki kebiasaan aneh. Keduanya mengaku menyukai makan lilin dan buku bekas sejak masih kecil.

Menurut Adele, kebiasaan makan yang tidak biasa ini berawal sejak usia 8 atau 9 tahun. Ketika itu, ia suka mengendus lilin ulang tahun. Sejak itu, Ia mulai menggigit lilin.

"Makan lilin itu menyenangkan. Mungkin sudah 300 lilin yang telah saya makan. Tapi saya tidak memiliki masalah kesehatan," katanya pada Dailymail, Senin (11/8/2014).

Berbeda dengan Adele, adiknya Anita justru menyukai makan buku tua sejak 24 tahun yang lalu. Mirip seperti Adele, Anita menganggap, bau buku tua sangat enak dimakan.

"Semakin tua buku, semakin enak rasanya. Saya suka makan buku yang benar-benar tua. Rasanya kayak makan cokelat," ungkapnya.

Mengomentari gangguan makan tersebut, Psikolog Marcia Karp mengatakan, ada banyak alasan mengapa ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan makan yang berbeda. Ia menerangkan, Pica atau kebiasaan makan aneh seperti yang dialami Adele atau Anita tersebut kadang disebabkan oleh defisit mineral.

"Saya punya teman yang makan tanah liat. Dia mengatakan, makanannya membuat dirinya tenang karena seperti susu ibu," kata Marcia.

Lebih jauh, Marcia mengungkapkan bahwa Pica atau gangguan makan biasanya ditandai dengan keinginan untuk mengonsumsi makanan yang ty dengan nilai gizi sedikit atau tidak ada sama sekali seperti batu, pasir, cat dan kotoran.

Krakatau Steel Gandeng Perusahaan Jepang untuk Produksi Baja

Posted: 11 Aug 2014 04:30 AM PDT

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) bersama perusahaan asal Jepang Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation (NSSMC) menandatangani perjanjian final pendirian usaha patungan yang bergerak di bidang produksi dan penjualan produk baja untuk sektor otomotif.

Perusahaan patungan ini diberi nama PT Krakatau Nippon Steel Sumikin (KNSS).  Selain itu, perusahaan patungan ini akan membangun pabrik di Cilegon, Banten dan diperkirakan mulai berproduksi pertengahan 2017.

Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk, Irvan K Hakim mengatakan, latar belakang pendirian usaha patungan ini karena melihat besarnya potensi permintaan produk pelat baja. Hal itu seiring dengan pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

"Pembentukan perusahaan patungan ini didasari keyakinan kami bahwa industri otomotif di Indonesia ke depan terus tumbuh yang otomatis akan meningkatkan produk pelat baja," kata dia dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dia menerangkan, untuk usaha ini modal yang disetor mencapai US$ 142 juta dengan kepemilikan Nippon Steel & Sumitomo Metal Corporation sebesar 80 persen dan PT Krakatau Steel sebesar 20 persen. Sedangkan biaya  investasi pendirian fasilitas produksi diperkirakan menelan biaya sampai US$ 300 juta.

Rincinya, KNSS sendiri  akan memproduksi produk-produk baja berupa annealed cold-roller steel dan hot-dip galvanized steel untuk keperluan otomotif. Ada pun kapasitas dalam pabrik patungan tersebut mencapai 480 ribu metric ton per tahun.

"Pasar otomotif Indonesia akan terus tumbuh dan berkembang di masa mendatang sehingga kebutuhan industri otomotif terhadap baja anti korosi dan baja berkekuatan tinggi turut meningkat," kata dia.

Dengan kerja sama ini, ungkapnya diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan industri otomotif nasional. "Melalui KNSS, PTKS dan NSSMC berkeinginan kuat untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif nasional," tukas Irvan. (Amd/Ahm)