Minggu, 24 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


BPJS Ketenagakerjaan Targetkan 1 Juta Peserta Informal

Posted: 24 Aug 2014 04:44 AM PDT

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menargetkan dapat meningkatkan jumlah kepesertaannya, terutama untuk peseta sektor informal atau bukan penerima upah.

"Target tahun ini untuk pekerja informal yang harus bisa kami serap sebesar 1 juta peserta," kata Direktur Kepesertaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Junaedi, Minggu (24/8/2014).

Junaedi menjelaskan penekanan sektor informal menjadi sangat penting mengingat sebenarnya di sektor tersebut memiliki potensi jumlah peserta yang lebih tinggi dibanding dengan sektor formal.

Salah satu alasan BPJS Ketenagakerjaan berusaha meningkatkan kepesertaan di sektor informal karena hingga semester pertama tahun ini jumlah peserta tenaga kerja yang bukan penerima upah masih berjumlah 146.878 peserta.

"Kalau untuk target kepesertaannya ya mungkin memang belum signifikan, jumlahnya ya tinggal 1 juta dikalikan jumlah iurannya 30 ribu," tegasnya.

Untuk mengejar target sektor ini, beberapa hari lalu BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan layanan pendaftaran baru yang berbasis elektronik di Blok G Pasar Tanah Abang pada hari ini.

Layanan pendaftaran berbasis online ini dilakukan dengan menggunakan mesin channel alternatif berupa Payment Point Online Bank (PPOB) dan aplikasi yang dapat di-download melalui smartphone.

Junaedi menambahkan, program yang berbasis elektronik ini merupakan program dalam mengimbangi tingkat sosialisasi yang sudah dilakukan manajemen BPJS Ketenagakerjaan hingga saat ini. (Yas/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Jack Rodwell vs Ander Herrera: Dua Rekrutan Baru

Posted: 24 Aug 2014 04:38 AM PDT

Laga Sunderland kontra Manchester United dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Stadium of Light, Minggu (24/8/2014) pukul 22.00 WIB, akan mempertemukan dua gelandang muda. Jack Rodwell di kubu Sunderland dan Ander Herrera yang memperkuat MU.

Baik Rodwell dan Herrera sama-sama mengalami musim pertama di klubnya masing-masing. Musim lalu, Rodwell masih berstatus pemain Manchester City, sedangkan Herrera berkostum Athletic Bilbao.

Bersama City musim lalu, Rodwell sama sekali tak pernah dimainkan oleh Manajer Manuel Pellegrini . Sementara Herrera merupakan pemain kunci di Bilbao. Ia tercatat 33 kali tampil dengan mencetak lima gol musim lalu di La Liga Spanyol.

Pada laga perdana, kedua pemain ini masuk dalam starting XI. Rodwell bermain 68 menit saat Sunderland menahan imbang 2-2 tuan rumah West Bromwich Albion. Sedangkan Herrera diturunkan 67 menit saat MU takluk 1-2 dari Swansea City.

Rodwell kemungkinan kembali dimainkan Manajer Gustavo Poyet saat melawan MU. Sedangkan Herrera masih diragukan.

 

 

6 Hal Yang Tidak Anda Ketahui Saat Memilih Sepatu

Posted: 24 Aug 2014 04:35 AM PDT

Apa yang jadi pertimbangan Anda ketika memilih sepatu? Harga, modelnya, atau kenyamanannya. Banyak orang melakukan kesalahan saat membeli sepatu karena mereka tidak mengetahui hal berikut ini. Dan, tips ini berlaku juga untuk kaum pria, lho.

1

1. Jika Anda lebih banyak berdiri, pilihlah sepatu  yang mempunyai bagian depan membulat atau persegi agar dapat memberi ruangan pada jari-jari, dan dapat mencegah terjadinya lepuhan dan pembesaran tulang.

2

2. Mengapa sepatu dengan sol karet kebanyakan lebih mahal? Ini dikarenakan bahan sol ini membuat sepatu menjadi lebih nyaman digunakan dan tidak mudah lelah sewaktu berjalan. Namun bila Anda memiliki sepatu kesayangan yang tidak bersol karet, Anda bisa menambahkannya melalui gerai perbaikansepatu yang kini perbelanjaan.

3

3. Kebiasaan memilih sepatu dengan nomor yang biasa dipakai. Padahal, tak berbeda dengan pakaian, nomor sepatu pun sangat tergantung pada pabrik pembuatnya. Biasakan mencoba beberapa nomor sebelum menetapkan yang benar-benar cocok. Jangan berharap sepatu bisa melar, sebab sepatu akan terasa sama seperti ketika pertama kali  dipakai meski sudah dipakai ratusan kali.

4

4. Tidak ada kaki yang panjangnya sama persis. Maka, ukurlah masing-masing kaki dan belilah sepatu sesuai ukuran kaki yang lebih panjang. Sepatu yang baik adalah yang lebih lebar dan lebih panjang satu senti  dari jari-jari kaki, dan bila bisa disisipkan sebuah jari di bagian belakang sepatu.

5

5. Belilah Sepatu Sore Hari! Mengapa sore hari? Ini dikarenakan saat tidur seluruh anggota badan mendapat beban gravitasi yang sama. Maka, di pagi hari, struktur-struktur otot  termasuk kaki, masih menciut.. Begitu bangun, kita mulai menggunakan kaki  untuk beraktivitas. Makin sore beban kaki makin berat sehingga derajat pembengkakan kaki makin besar. Untuk mengantisipasi sepatu kesempitan, lebih baik membeli pada saat kaki sudah melar setelah beraktivitas, meski pembesaran itu hanya sedikit.  

6

6. Pilih sepatu yang terbuat dari bahan asli, seperti kulit atau suede karena lebih lentur dan akan membentuk kaki Anda. Hal itu  tidak akan Anda dapatkan dari bahan sintetis. Jika Anda tidak bisa menahan diri untuk memakai yang modis (meski kurang cocok), pakailah hanya untuk acara-acara khusus.

10 Tahun Tak Mudik, Nikita Willy Hibur Warga Kampungnya

Posted: 24 Aug 2014 04:30 AM PDT

Pemain sinetron Nikita Willy, mengaku jika dirinya sudah puluhan tahun tidak menginjakan kakinya di kampung halamanya, Padang, Sumatra Barat. Untuk melepas kerinduan dengan sanak saudara, dirinya pun menyempatkan waktu untuk menghadiri acara halal bihalal keluarga besarnya, di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Minggu (24/8/2014).

Niki, sapaan akrab mantan kekasih Diego Miechiel itu sangat senang karena bertemu dengan orang-orang dari desa yang sama seperti dirinya, di Nagari Sianok Anam Suku, Sumatera Barat.

"Aku memang jarang mudik ke Padang. Senang sekali di sini, jadi seperti pulang kampung, ramai banget. Bisa mengobati kerinduan sama kampung halaman," kata Niki.

Diakui Niki, kalau kesibukannya sebagai selebritis memaksa dirinya untuk tetap di Jakarta dan menyelesaikan pekerjaan yang sudah ia tanda tangani kontraknya. Hal itulah yang membuat ia lebih sering berlebarang di Jakarta.

"Makanya aku kangen banget sama makanan khas Padang, ya karena asli dari sana. Kalau  aku ke sana yang aku cari itu makanannya," ujar dia.

Selain bersilaturahmi, dalam acara tersebut  Niki dan sang bunda, Yora Febrine menyempatkan diri bernyanyi untuk menghibur sanak saudara, sekaligus agar acara halal bihalal tersebut nampak ramai.

"Orang Padang itu memang suka nyanyi," ujarnya lantas tertawa.

Inilah Pemenang Lomba Video Semarak 17-an

Posted: 24 Aug 2014 04:18 AM PDT

Juara 1 diraih dalam video Lomba Meniti Pucang. Juara 2 diraih dalam video Balap Sepeda Mini. Juara 3 diraih dalam video Lomba Pocong Karung.

Inilah Peserta 16 Besar Divisi Utama Musim Ini

Posted: 24 Aug 2014 04:16 AM PDT

Persikabo Bogor memastikan satu tiket ke babak 16 besar Divisi Utama Liga Indonesia, meski hanya imbang 1-1 kontra Villa 2000 Jakarta pada lanjutan Liga Indonesia Divisi Utama Grup 2, di Stadion Persikabo, Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu, (23/8/2014). Persikabo dengan PS Bangka menjadi wakil dari grup 2 yang lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan di grup 8, Persiwa Wamena membuka peluang kembali ke Indonesia Super League (ISL) setelah menang 2-0 atas PS Yahukimo. Mereka berhasil memuncaki klasemen.

Di grup 4, PSIS juga berhasil mengamankan satu tiket ke 16 besar meski 2-3 dari Persipur Purwodadi. PSIS ditemani Persis Solo menjadi wakil dari grup 4.

Sementara itu, pertandingan antara Persikabo kontra Villa 2000 berlangsung ketat. Meski sudah memastikan ke babak 8 besar, tapi Johan Juansyah dan kawan - kawan mengambil inisiatif serangan ke lini belakang tim tamu yang digalang bek veteran Antonio Claudio.

Beberapa peluang tercipta dari lini serang anak asuh Abdush Sobur. Namun, peluang - peluang yang didapat masih dapat dimentahkan Kiper Villa 2000, Reza Herdiansyah yang tampil prima dan selalu sigap menghalau bola.

Pada menit ke-35, akhirnya Laskar Pajajaran bisa mencetak gol lewat tendangan penalti. Pemain belakang Villa 2000 FC melanggar Mustopa Aji di kotak penalti, yang membuat wasit David Menunjuk titik putih. Johan Juansyah yang menjadi eksekutor, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 pun tidak berubah hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, tim tamu yang minim memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar, berusaha menyamakan kedudukan. Mereka langsung melakukan tekanan ke jantung pertahanan tim kebanggaan Kabomania tersebut.

Tensi pertandingan di babak kedua juga meningkat tinggi, hingga berdampak dikartu merahnya kapten tim Villa 2000 Antonio Claudio. Sang kapten melakukan pelanggaran keras kepada Johan Juansyah, wasit pun mengganjarnya dengan kartu merah.

Bermain dengan 10 pemain, tidak membuat permainan anak asuh Ricky Nelson menurun. Terbukti, eks kapten Persikabo Jibby Wuwungan yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Persikabo berhasil menyamakan kedudukan, empat menit jelang laga usai. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Inilah Kontetsan 16 Besar Divisi Utama LI 2014:

Grup 1: Pro Duta FC, PSPS Pekanbaru
Grup 2: PS Bangka vs Persikabo Kabupaten Bogor
Grup 3: PSCS Cilacap, PSGC Ciamis
Grup 4: Persis Solo, PSIS Semarang
Grup 5: PSS Sleman, Persinga Ngawi
Grup 6: Borneo FC, Martapura FC
Grup 7: Persewangi Bayuwangi, Persebo Bondowoso
Grup 8: Persiwa Wamena, Persewon Wondama

Cak Imin: Posisi Ketua Parpol di Kabinet Belum Dibahas

Posted: 24 Aug 2014 04:15 AM PDT

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, koalisi pendukung pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) belum membahas mengenai keinginan presiden terpilih Joko Widodo agar ketua parpol tidak merangkap jabatan di kabinet yang akan dibentuknya.

"Sampai hari ini belum dibahas," ujar Muhaimin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Minggu (24/8/2014).

Menurut pria yang akrab disapa Cak Imin ini, semua keputusan dan kebijakan ada di tangan Jokowi-JK s‎ebagai presiden dan wakil presiden terpilih. Namun dia mengingatkan, bahwa siapa pun yang terpilih masuk dalam kabinet Jokowi-JK harus bisa berkonsentrasi penuh untuk bekerja.

"Itu kewenangan Jokowi. Tapi konsentrasi di kabinet wajib," kata Cak Imin.

Cak Imin mengatakan, sebagai menteri yang juga ketua umum parpol, dia menegaskan bahwa tugas utamanya ada di pemerintahan, sedangkan di parpol tak lebih sekadar seremonial.

"Tapi jabatan di partai ‎kan tanggung jawab saja. Ada kader yang jadi menteri konsentrasi sebagai menteri dan di partai hanya hobi," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi itu.

Lebih jauh Cak Imin juga belum mengetahui kapan pembentukan kabinet pemerintahan Jokowi-JK rampung. Dia mengaku, koalisi telah sepakat bahwa bulan depan kabinet sudah terbentuk.

"Sepakat awal September (dibahas), tuntas pertengahan September‎," pungkasnya.

31% Pengguna Smartphone Tak Tertarik dengan Aplikasi

Posted: 24 Aug 2014 04:12 AM PDT

Perusahaan layanan profesional, Deloitte, mengungkapkan bahwa keinginan para pengguna smartphone memiliki aplikasi baru telah menurun. Hal ini karena terjadi penurunan rata-rata jumlah unduhan aplikasi per pengguna setiap bulan selama satu tahun terakhir.

Dalam laporan Deloitte yang dikutip Telegraph, Minggu (24/8/2014), satu dari tiga atau 31 persen pengguna smartphone di Inggris tidak mengunduh aplikasi. Sedangkan pada tahun lalu hanya satu dari lima pengguna yang tidak mengunduh aplikasi. Dengan kata lain, rata-rata jumlah unduhan aplikasi setiap bulan turun dari 2,32 menjadi 1,82.

Dalam laporan yang sama juga diungkapkan, hampir sembilan dari sepuluh orang tidak pernah mengeluarkan uang untuk aplikasi atau konten smartphone lainnya. Hal ini menunjukkan rendahnya kebutuhan untuk aplikasi berbayar.

Kendati demikian, jelas Deloite, data ini bukan berarti terjadi kemerosotan dalam pasar aplikasi. Perusahaan mengklaim bahwa penurunan tingkat unduhan per pengguna karena meningkatnya jumlah pengguna smartphone yang berusia di atas 50 tahun, dan mereka tidak terlalu tertarik menggunakan ponsel sebagai perangkat data.

"Pengadopsi awal smartphone kebanyakan menggunakannya untuk berkirim pesan teks (SMS). Ketika Anda melihat pengguna layanan IM (instant messaging) seperti WhatsApp dan WeChat, cenderung ke kelompok anak muda dan jumlahnya menurun tajam dengan bertambahnya umur," jelas Head of Research for Technology Media and Telecommunications Deloitte, Paul Lee.

Alasan lain, kata Lee, karena pemilik smartphone selama beberapa bulan cenderung telah memiliki satu paket aplikasi pilihan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh aplikasi yang digunakan oleh teman-teman mereka.

"Semakin banyak teman di satu jaringan, sangat kecil kemungkinan Anda akan pindah. Sehingga semakin sulit bagi pemain lama datang dan menyingkirkan yang lama. Membuat aplikasi memang mudah, tapi sulit untuk mendapatkan unduhan," sambungnya.

Laporan Deloitte ini muncul ditengah tumbuhnya kekhawatiran tentang kondisi finansial ekonomi aplikasi. Pasalnya menurut Telegraph, sejumlah developer independen mengeluhkan tentang dominasi segelintir perusahaan software, baik dalam hal unduhan dan profit aplikasi.

Orang Tua Bayi Senang Mendapat Kejutaan Bayi di HUT SCTV

Posted: 24 Aug 2014 04:07 AM PDT

Orang Tua sambut kelahiran Sang Bayi dengan membaca Al Quran.

BBM Langka, SPBU Diserbu Konsumen

Posted: 24 Aug 2014 04:04 AM PDT

Antrian panjang yang terjadi akibat kelangkaan BBM terjadi di beberapa daerah.