Senin, 18 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Gubernur BI: Semua Pecahan Uang NKRI Bakal Beredar

Posted: 18 Aug 2014 05:02 AM PDT

Bank Indonesia (BI) menargetkan pencetakan uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) untuk semua pecahan nilai sudah dilakukan dalam waktu tiga tahun ke depan.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menjelaskan, meski dalam tiga tahun akan menerbitkan uang NKRI untuk semua pecahan namun tetap akan memberlakukan lembaran uang lama yang saat ini sudah beredar.

"Bertahap dalam waktu tiga tahun akan mulai diterbitkan, tapi yang saya tegaskan semua yang beredar tidak ada batas penukarannya dan tetap dapat digunakan," kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Senin (18/8/2014).

Agus menambahkan, Bank Indonesia tidak akan secara memaksa untuk menarik pecahan uang Rp 100 ribu cetakan lama. Namun akan membiarkan secara alami sesuai mekanisme penarikan uang.

"Tidak perlu ditarik, karena itu kalau lusuh secara otomatis akan ditarik dari peredaran sendiri. Oleh karena itu tidak ada batas waktu untuk uang yang sekarang beredar semua itu sah di republik Indonesia," jelasnya.

Agus menambahkan, pencetakan uang NKRI ini dimaksudkan dalam menjalankan amanat Undang-undang mata uang. Dalam aturan itu disebutkan perlu mengeluarkan uang ditambah tulisan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengingat pencetakan kali ini adalah pencetakan tahap awal, Bank Indonesia hanya melakukan pencetakan puluhan juta lembar, dan dalam pendistribusiannya pun juga terbatas.

"Banyak sekali, 40 juta lembar, tapi nanti ini secara bertahap uang yang sudah beredar dan akan ditarik itu nanti kalau keluar juga ada uang tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan," pungkas Agus. (Yas/Ahm)

Bahaya di Balik Penggunaan Lensa Kontak Saat Berenang

Posted: 18 Aug 2014 05:00 AM PDT

Dengan alasan berpori, lensa kontak sangat dilarang digunakan saat berenang. Bahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika (Food and Drugs Administration  tidak merekomendasikan penggunaan lensa kontak pada hampir semua jenis air.

Demikian disampaikan pakar kesehatan Foxnews, Dr Manny Alvarez, ditulis Senin (18/8/2014). Menurutnya, meski kolam renang bersih tidak seperti danau atau kolam tapi kemungkinan mikroorganisme hidup dalam air ada dan risiko infeksinya jelas berbahaya.

"Paparan air kolam renang juga dapat menyebabkan lensa kontak Anda mengencangkan sekitar mata karena ada zat klorin yang ditambahkan ke kolam untuk membantu menjaga air bersih," jelasnya.

Dr. Manny menyarankan, jika Anda ingin berenang, sebaiknya menggunakan kacamata renang bukannya lensa kontak. Kacamata renang telah didesain untuk melindungi mata. Namun jika terlanjur masuk kolam renang sebelum melepaskan lensa kontak, segeralah membersihkan lensa kontak dengan air pencucinya.

Dan jika Anda mengalami gejala seperti mata kemerahan, iritasi, nyeri, atau sensitivitas terhadap cahaya setelah memakai lensa kontak dalam air, segeralah periksakan diri ke dokter.

KPAI Akan Tes Kejiwaan dan Mental Marshanda

Posted: 18 Aug 2014 05:00 AM PDT

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berencana untuk memanggil Marshanda dan Ben Kasyafani terkait hak asuh anak mereka, Sienna Ameerah Kasyafani. Pasalnya, sejak konflik Chaca, sapaan Marshanda, dan ibunda mengemuka, posisi Ben dianggap lebih berpeluang mendapatkan hak asuh Sienna.

Ditambah lagi, Chaca diduga mengidap Bipolar Disorder tingkat 2 yang bisa memengaruhi pertumbuhan Sienna. Oleh karena itu, KPAI berencana akan melakukan tes kejiwaan atau psikologi kepada pesinetron Bidadari tersebut.

"Pertama kami harus lakukan tes psikologi terhadap Marshanda. Bila tes itu tidak masalah dan dia cukup cakap, itu tak masalah. Bila hasilnya dia disorder atau bipolar, maka ditinjau sejauh mana gangguan tersebut bisa memengaruhi buah hati," kata sekretaris KPAI, Erlinda ditemui di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/8/2014).

Selain itu, KPAI juga akan mengecek kondisi medis dan mental Chaca. Hal ini dianggap perlu dilakukan supaya perkembangan Sienna dapat berlangsung normal dan baik.

"Kami lihat dari segi medis, psikologi dan mental. Karena takutnya sang anak mengalami gangguan mental juga atau menjadi lampiasan emosional yang mendadak hadir. Kami takut adik kita (Sienna) terancam tumbuh kembang atau fisik," ucapnya.

"Tapi harapan kami, Marshanda tidak seperti itu. Kami lihat Marshanda ibu yang baik dan bijaksana kok," sambung Erlinda.

Ahok Hanya Perlu Telepon Pertamina jika Ingin Hapus BBM Subsidi

Posted: 18 Aug 2014 04:47 AM PDT

Kepala daerah diberi hak untuk mengeluarkan kebijakan terkait Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Seperti keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menghapus BBM bersubsidi untuk wilayah DKI Jakarta.

"Kalau menghilangkan BBM bersubsidi, menghilangkan jual BBM subsidi di Jakarta ya bisa saja. Kenapa tidak," kata Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo,  di Jakarta, Senin (18/8/2014).

Susilo menyatakan, pemerintah provinsi DKI Jakarta tidak perlu meminta izin ke Pemerintah Pusat untuk menerapkan rencana penghapusan BBM subsidi.

"Ya nggaklah (izin), tinggal telepon Pertamina untuk nggak usah disuplai BBM subsidi," tutur dia.

Meski diberi kewenangan dan  tidak melanggar hukum, menurut Susilo pemerintah provinsi DKI Jakarta harus memikirkan nasib kendaraan transportasi umum yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi.

"Melanggar hukumnya ya beliau harus menyadari subsidi untuk kendaraan umum harus ada. Permen ESDM 1 menyatakan yang tidak boleh itu kan kendaraan plat merah pertambangan perindustrian perkebunan. Yang lain more or less masih boleh. Tinggal diatur saja," kata dia mengingatkan.

Dia pun menyambut baik rencana Presiden terpilih Joko Widodo mengurangi subsidi BBM. "Apapun wacana untuk kurangi subsidi BBM, good," tegas Susilo.

Menurut dia, skema apapun yang digunakan untuk mengurangi subsidi harus disambut dengan baik karena bagus untuk negara. "Pokoknya jempol. Ada wacana apa saja yang bisa kurangi subsidi BBMsekaligus, duakaligus, bagus," pungkas dia. (Pew/Nrm)

Gracia Indri dan Samuel Zylgwyn akan Segera Menikah?

Posted: 18 Aug 2014 04:45 AM PDT

Sempat menjalani hubungan putus-nyambung, namun akhirnya Gracia Indri memantapkan hatinya kepada sang kekasih, Samuel Zylgwyn. Dan kali ini, keduanya dikabarkan bukan hanya kembali merajut cinta, namun juga ingin segera mengikat janji suci. Benarkah?

"Nggak, belum kok. Dari kemarin juga sudah sering ditanya soal kawin. Ya, doain yang terbaik saja," kata Indri saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (18/8/2014).

Indri tak memungkiri usia 24 tahun, merupakan umur yang matang untuk menikah. Ia juga mengaku sudah siap berumah tangga. 

"Kalau planning nikah sih umur berapa ya? Yang penting sih siap lahir batin saja," ujarnya.

Samuel sendiri sudah sangat dekat dengan keluarga Indri, khususnya sang ibu. Dan hubungan keduanya pun kini dirasa Indri sedang harmonis. 

"Kalau keluarga mah pasti sudah dekat. Nggak mungkin lah hubungan baik tapi dengan keluarga nggak dekat gitu," tandas Indri.(Pur/Mer)

Jawab Tantangan Kapten MU, Ronaldo Tantang J-Lo Mandi Es

Posted: 18 Aug 2014 04:41 AM PDT

Cristiano Ronaldo akhirnya menjawab tantangan dari mantan rekan setimnya di Manchester United, Darren Fletcher. Tantangannya adalah disiram dengan ember berisi air dingin dan es.

Sebelumnya, Fletcher melakukan sebuah aksi disiram dengan dua buah ember yang diisi oleh air es. Hal itu dilakukannya dengan menggunakan seragam latihan MU. Usai melakukan aksi tersebut, gelandang MU itu menantang Ronaldo untuk melakukan hal yang sama.

Bintang Real Madrid dan Portugal itu menerima tantangan Fletcher. Seperti diberitakan Daily Mail, Ronaldo menggunggah video tengah disiram dengan dua ember air es. Aksinya itu dilakukan hanya dengan menggunakan celana dalam di tempat latihan Madrid, Valdebebas.

Friend: Real Madrid team-mate Fabio Coentrao has the honour of drenching Ronaldo

Usai memenuhi tantangan Fletcher, pria berusia 29 tahun tersebut menantang Jennifer Lopez, Beyonce dan Lil Wayne untuk melakukan hal yang sama.

Rupanya, Fletcher dan Ronaldo melakukan hal tersebut untuk kegiatan amal yang dilakukan oleh lembaga ALS. Organisasi tersebut merupakan lembaga yang peduli dengan penyakit Motor Neurone Disease, yang menyerang sumsum tulang belakang hingga bisa menyebabkan kesulitan berbicara.

Penyakit tersebut sudah dirasakan oleh 30 ribu orang di Amerika Serikat, sementara di Inggris sudah 5.000 orang yang merasakannya.

Lihat video Ronaldo jawab tantangan Fletcher:

 

Tim SAR Masih Cari 2 Korban Hilang

Posted: 18 Aug 2014 04:37 AM PDT

encarian korban kapal pesiar yang mengangkut 25 orang turis asing dan ABK terus dilakukan oleh tim SAR gabungan

Polisi Masih Periksa Tersangga Kasus Prostitusi Online

Posted: 18 Aug 2014 04:36 AM PDT

Tersangka Kasus prostitusi online Galih Pratama masih diperiksa secara intensif oleh polisi

 

Tersangkut Kasus Haji Ketua Komisi VIII DPR Irit Bicara

Posted: 18 Aug 2014 04:35 AM PDT

Penyidik KPK memanggil Ketua Komisi VIII DPR, Ida Fauziyah, sebagai salah satu saksi kasus Haji (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Uniknya Arsitektur dari Gedung Serbaguna di Tiongkok

Posted: 18 Aug 2014 04:35 AM PDT

Kecantikan sebuah kota bisa datang dari berbagai macam faktor. Salah satu contohnya adalah kecantikan yang datang dari arsitektur gedung-gedung yang dibangun di kota tersebut, seperti halnya arsitektur dari gedung yang ada di Tiongkok berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Archdaily.com, Minggu (17/8/2014), sebuah gedung pusat serbaguna akan dibangun di distrik selatan Changzou, Wujin, Tiongkok. Gedung ini nantinya akan dibangun dengan desain inovatif yang berbentuk sebuah teratai raksasa. Desain ini datang dari rancangan sebuah studio arsitektur asal Melbourne, Australia, Studio505.

Lotus Park / Studio 505

 

Gedung yang diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar 12 juta dollar Australia tersebut akan dibangun di tengah-tengah danau buatan dan akan terdapat tiga bentuk bunga teratai yang dilengkapi dengan arsitektur yang sangat indah dipenuhi dengan lampu berwarna-warni.

Lebih lanjut, proyek ini masih sedang dalam tahap pembangunan, dan ketika nanti telah selesai masa pembangunannya, gedung ini akan dibagi menjadi berbagai jenis, Grand Theatre yang akan memuat hingga 1000 orang, bioskop, aula olahraga, serta ruang pendidikan yang memuat hingga 4000 siswa.