Selasa, 26 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Menperin Terus Rayu Freeport Lebih Banyak Pakai Produk Lokal

Posted: 26 Aug 2014 04:47 AM PDT

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong PT Freeport Indonesia memakai produk dalam pengadaan peralatan serta barang pada proses produksi di tambangnya.

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan hal ini penting karena setiap tahun, perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut menghabiskan dana hingga belasan triliun rupiah terkait pengadaan alat dan barang asal luar negeri.

"Saya dengan Freeport berhasil membuat pembicaraan untuk agenda procurement mereka yang besar tiap tahun, bisa sampai US$ 1,3 miliar atau kira-kira belasan triliun untuk procurement alat produksi maupun konsumsi yang dulunya banyak pakai impor," ujar dia di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Hidayat menuturkan, dalam proses renegosiasi dengan Freeport beberapa waktu lalu, pihaknya telah meminta Freeport untuk menggunakan alat dan barang sudah bisa diproduksi dalam negeri sambil terus menekan penggunaan alat dan barang impor.

"Dalam perjanjian Freeport dengan pemerintah Indonesia, ini bagian penting dalam usulan kami dalam procurement mereka untuk alat produksi, technology equipment maupun untuk konsumsi mereka itu harus diusahakan buatan Indonesia sepanjang Indonesia bisa memproduksi," lanjut dia.

Dia mengungkapkan, upaya yang dilakukan Kemenperin untuk mendorong hal ini yaitu dengan mengajukan daftar alat dan barang yang dibutuhkan Freeport dan sudah mampu diproduksi di Indonesia.

"Kemenperin keluarkan semacam shortlist untuk barang-barang yang sudah dibuat di Indonesia atas dasar daftar mereka yang dibutuhkan per tahun. Nilainya bisa hampir US$ 1,5 miliar," kata dia.

Menurut Hidayat, pemenuhan alat dan barang yang dilakukan Freeport dari dalam negeri memang terbilang kecil, hanya sekitar 10 persen-11 persen dari total keseluruhan alat dan barang yang dibutuhkan.

"Bahkan dulu saja catering impor. Saya ingin bisa mencapai minimal 45 persen. Kebanyakan alat equipment mereka yang saya rasa kita sudah bisa penuhi," tuturnya.

Meski demikian, Hidayat menyadari bahwa hal ini memang membutuhkan waktu dan Freeport tidak bisa langsung dipaksa untuk menggunakan buatan dalan negeri.

Hal ini karena Freeport bukan perusahaan milik negara sepenuhnya seperti BUMN dan tidak menggunakan APBN atau APBD dalam pengadaan alat dan barang.

Akan tetapi pengalihan pemenuhan alat dan barang ini diharapkan bisa dilakukan secara bertahap.

"Kalau langsung seluruhnya tidak mungkin, setidaknya setiap tahun bisa 30 persen-40 persen. Kalau produk dalam negeri ini bisa dipaksakan pemerintah kepada instansi atau lembaga pemerintah yang menggunakan APBN atau APBD tapi perusahaan swasta  harus B to B," jelas Hidayat.

Bila hal ini berhasil diterapkan kepada Freeport, Hidayat berharap perusahaan lain juga bisa melakukan hal yang sama sehingga neraca impor Indonesia semakin menurun dan industri dalam negeri tumbuh lebih baik.

"Kalau dengan Freeport bisa berjalan, ini bisa dijadikan referensi memaksa yang lain. Unsur memaksa dari swasta itu nggak bisa kaya memaksa institusi yang pakai APBN karena swasta melalui RUPS. Tapi kalau ada swasta asing besar seperti Freeport mau yang lain semestinnya juga mau," tandas dia. (Dny/Nrm)

BBM Langka, Tiap SPBU di Bandung Dikawal 2 Polisi

Posted: 26 Aug 2014 04:45 AM PDT

Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi belakangan ini, menjadi salah satu atensi pihak Kepolisian. Guna mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, pihak Polrestabes Bandung menempatkan 2 personel kepolisian di tiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) di Kota Bandung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Mashudi mengatakan 2 personel yang ditempatkan di tiap SPBU sifatnya melekat, namun ada beberapa anggota yang terus melakukan patroli.

"Ada petugas yang berpatroli namun dua orang di sana (SPBU). Unit intelejen pun kita turunkan, pokoknya kita jaga semuanya," kata Mashudi saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Selasa (26/8/2014).

Meski antrean kendaraan belum separah di beberapa kota lain, Mashudi menuturkan pihaknya telah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar berperilaku tertib sehingga meminimalisir gesekan antar pembeli saat mengantre

Disinggung perihal apabila terdapat masyarakat yang membeli BBM dalam jumlah besar di satu SPBU, Mashudi menegaskan hal tersebut merupakan kewenangan manajemen. Namun pihaknya akan memberikan imbauan kepada masyarakat maupun manajemen SPBU.

"Boleh atau tidak yang jelas itu kewenangan dari SPBU yang pasti kan sesuai dengan imbauan pemerintah pusat. Hal itu untuk pemerataan. Kami akan imbau juga," beber dia.

Namun bila ditemukan masyarakat yang sengaja membeli BBM dalam jumlah besar dan ditimbun, pihaknya tidak akan segan-segan bertindak.

"Ada sanksi tegas, masukkan ke dalam tahanan kalau ada seperti itu (penimbun BBM). Sekali lagi, kami aparat kepolisian hanya menjaga (SPBU) dan mengatur supaya jalur tidak macet. Tapi tidak menutup kemungkinan (pengawasan)," pungkas Mashudi. (Yus)

WINNER Ekspos Kemampuan Vokal dengan Nyanyi Akustik

Posted: 26 Aug 2014 04:45 AM PDT

Siapa bilang jika boy band hanya mengandalkan tampang saja untuk bisa terkenal? WINNER menunjukkan jika group idol juga memiliki kemampuan suara yang mumpuni.

Lewat penampilan akustik yang diunggah ke situs berbagi video YouTube, WINNER mengekspos kemampuan vokalnya dengan menyanyikan single bertajuk Color Ring. pemimpin WINNER yaitu Kang Seunghyoon diikuti oleh Nam Taehyun, Kim Jin Woo, Lee Seunghoon, dan Song Minho mengeluarkan segenap emosinya saat menyanyikan lagu tersebut.

WINNER Shows Off Vocal Charms in Acoustic Version of “Color Ring” in 1theK “PRIME”

Suara merdua WINNER terangkai dengan indah saat menyanyikan lagu Color Ring. Sementara, petikan gitar yang dimainkan Kang Seunghyoon pun mengiringi nyanyian WINNER.

WINNER merupakan pemenang dari pencarian bakat YG Win: Who Is Next yang diselenggarakan 2013 silam. WINNER adalah boy band bentukan YG Entertainment yang baru saja secara resmi debut dengan mengeluarkan single bertajuk Empty, 11 Agustus 2014.

Meski baru, WINNER sudah mulai menunjukkan taringnya di dunia hiburan. Rupanya videoklip tersebut telah menarik perhatian penggemar hingga ditonton oleh 1,1 juta orang di situs berbagi video YouTube.

Bahkan, media musik ternama Billboard pun memberikan pujian. Berdasarkan laporan Billboard, WINNER berhasil masuk dalam deretan tangga lagu terbaiknya yaitu Billboard’s World Album Chart untuk album perdana berjudul 2014 S/S.

Tonton WINNER yang secara syahdu menyanyikan lagu Color Ring:

Belajar dari Kekalahan, Kunci Persipura Pukul Mundur Kuwait SC

Posted: 26 Aug 2014 04:39 AM PDT

Persipura Jayapura membuat sejarah di AFC Cup dengan mengalahkan juara bertahan, Kuwait SC dengan skor telak 6-1 (agregat 8-4) di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (26/8/2014). Pelatih Persipura, Jacksen Tiago membeberkan resep rahasia timnya melangkah ke babak semifinal.

Bermain di depan publiknya sendiri membuat Mutiara Hitam tampil spartan untuk mengembalikan kedudukan setelah di leg pertama kalah 2-3 dari Kuwait SC. Ketika bertanding di Al Kuwait Sports Club Stadium, enam hari lalu, Persipura yang sudah unggul 2-1 harus rela menelan kekalahan karena lengah di tujuh menit terakhir.

Mantan pelatih Persitara Jakarta Utara itu mengaku puas atas performa Boaz Salossa. Menurut Jacksen, Mutiara Hitam belajar dari kekalahan di leg pertama dan berkonsentrasi penuh sepanjang pertandingan.

"Semua pemain bermain sangat luar biasa. Robertino Pugliara bisa mencetak tiga gol. Boaz juga menunjukan permainan yang luar biasa," kata Jacksen saat dihubungi Liputan6.com.

"Kunci kami memenangkan pertandingan ini adalah belajar dari kesalahan kami di leg pertama. Kami sudah bekerja keras dalam masa persiapan melawan Kuwait dan lebih mengutamakan kemenangan tim," sambung pria berkebangsaan Brasil tersebut.

Kemenangan atas Kuwait SC membuat Persipura menjadi tim pertama asal Indonesia yang melangkah ke babak semifinal AFC Cup. Di semi final, Persipura akan menghadapi pemenang antara Al-Qadsia dan Al-Hidd.

Melangkah ke semifinal membuat Jacksen kian percaya diri Mutiara Hitam akan menginjakkan kakinya di partai final AFC Cup, 18 Oktober 2014

"Sejak awal sudah saya katakan, Persipura akan buat banyak kejutan di AFC Cup. Semoga kami bisa melangkah ke babak final," tutup eks pelatih Timnas Indonesia tersebut.

Beli Solar di Pekanbaru Harus Tinggalkan Identitas

Posted: 26 Aug 2014 04:36 AM PDT

Kelangkaan pasokan ternyata membuat sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memperketat penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar.

Seperti yang terjadi di Pekanbaru, Riau, di mana SPBU mencatat identitas dan nomor telepon pembeli BBM subsidi.

Nathalia, salah satu pembeli, menuturkan dari SPBU yang didatangi hanya satu yang menjual solar bersubsidi. Itu pun kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar harus mengantre hingga setengah jam.

"Pokoknya tadi mengunjungi sekitar tiga SPBU di kota Pekanbaru solarnya habis. Jadi itu juga mengantre panjang banget," kata Nathalia saat berbincang dengan Liputan6.com seperti dikutip di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Bahkan, dia menambahkan, saat mengisi bahan bakar pun petugas SPBU meminta pembeli untuk mencantumkan  identitas dan nomor telepon seluler.

Dia mengaku mengetahui alasan dari pencatatan identitas tersebut. "Setiap mobil dicatat nama driver-nya dan nomor handphone, nggak tahu itu kebijakan dari mana Pertaminanya atau pemerintah," ungkap dia.

Sementara untuk mendapatkan solar non bersubsidi di wilayah tersebut, dari tiga SPBU hanya ada satu yang menggunakan dispenser. Sisanya menjual solar non subsidi dalam kemasan.

"Ada di satu SPBU, jadi solar bersubsidinya habis. Petugasnya bilang kalau mau Pertamina Dex ( solar nonsubsidi), kalau yang lain tidak semua menyediakan Dex," pungkasnya. (Pew/Nrm)

Tips Meraih Sukses di Awal Usia 20

Posted: 26 Aug 2014 04:35 AM PDT

Para wanita biasanya akan memulai jenjang karir pertamanya di usia 20 tahun. Bukan suatu hal yang mengherankan, karena sebenarnya diangka itulah Anda dapat mulai menunjukkan potensi dalam diri. Apakah yang menjadi alasan Anda sebaiknya memulai bekerja di usia 20 tahun? Berikut ulasan yang dilansir oleh Life Hack Selasa (26/8/2014) :

 

Membangun Karakter


Seorang wanita berusia 20 tahun merupakan masa dimana diumur itulah mereka dapat membangun karakter diri melalui perusahaan pertamanya. Mulai dari mengenal pekerjaan, mengenal apa yang akan mereka kerjakan dan masih banyak lagi. Maka dari itulah, memulai bekerja diusia 20 sangat baik untuk kaum Hawa.

 

Membuka Jalur Karir


Setelah mengenal apa yang ada dalam perusahaan hingga yang akan dikerjakan maka terbukalah jalur karir yang diinginkan. Disanalah para wanita dapat menentukan apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan keinginannya.

 

Memperluas Karir


Perusahaan baru juga dapat memperluas pemikiran Anda mengenai suatu hal. Mulai dari bagaimana mengambil keputusan, bagaimana berhadapan dengan perusahaan lain dan bagaimana mengambil sebuah resiko. (Cyn/Ars)

Masyarakat Diminta Waspada Terhadap Penipuan Berkedok Tes CPNS

Posted: 26 Aug 2014 04:33 AM PDT

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menegaskan pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2014 tidak dikenakan biaya.

Jadi masyarakat diharapkan berhati-hati dalam menyikapi berbagai informasi yang beredar, terutama dari media online/media sosial karena ada diantaranya yang memanfaatkan situsasi ini menjadi peluang bisnis.

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman, panitia seleksi nasional (Panselnas) menggunakan  dua situs resmi yakni website KemenPANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam pelaksanaan seleksi CPNS tahun ini.

“Untuk informasi terkait dengan Panselnas CPNS 2014, hanya melalui kedua situs milik pemerintah tersebut,” ujarnya dilansir dari situs KemenPAN-RB, Selasa (26/8/2014).
 
Terhadap berbagai informasi dari sejumlah media online/media sosial yang bermunculan dan mengaitkan namanya dengan CPNS, pihak KemenPAN-RB tidak bisa membatasi dan mengangapnya sebagai partisipasi publik.

“Namun kalau informasi itu keliru, di luar tanggung jawab kami. Demikian juga kalau pengelola situs itu memungut biaya, juga di luar tanggung jawab kami,” kata dia.
 
Selain informasi mengenai pendaftaran seleksi CPNS, Kementerian PANRB dan BKN bersama media partner salah satunya Liputan6.com, telah melaksanakan simulasi computer assisted test (CAT) online secara gratis. Langkah tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat mempersiapkan diri menghadapi tes CPNS dengan sistem CAT.
 
Sebelum hadirnya simulasi online di media resmi tersebut, sejumlah situs/media sosial juga melakukan simulasi CAT online. Umumnya, pengunjung situs tersebut harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu, kalau ingin mengerjakan soal.  Bahkan ada juga yang menggabungkan menjadi satu paket dengan pendaftaran CPNS. Dalam hal ini, kembali lagi kepada yang bersangkutan, mau bayar atau tidak.
 
Simulasi CAT online website resmi Kementerian PANRB www.menpan.go.id ataupun website resmi BKN www.bkn.go.id. seperti halnya bimbingan tes, yang dapat diakses secara nasional secara gratis. “Simulasi maupun pelaksanaan tes seleksi CPNS tahun 2014 secara nasional sama sekali tidak dipungut biaya,” tegasnya.
 
Seorang  lulusan SMK Febri Ani (17 tahun) mengaku, pada tanggal 9 Agustus 2014 telah mendaftar CPNS tahun 2014 di website www.cpnsonline.com (website tidak resmi). Situs yang tidak dapat dipertanggungjawabkan tersebut memberi tarif bagi pengunjung situs yang ingin mendaftar sebesar Rp 118 ribu dan ditransfer melalui Bank Mandiri.

Pada situs tersebut, user dijanjikan mendapat smartphone sampai motor kalau mendaftar sebelum tanggal 20 Agustus 2014. Diakui Febri, empat temannya sudah mendaftar melalui situs tersebut dan satu diantaranya sudah mentransfer sejumlah uang yang diminta.
 
Kasus tersebut sangat disayangkan mengingat pemerintah selalu memberitakan melalui website resmi maupun media partner. Selain itu, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan portal alternatif untuk mengidentifikasi formasi di www.formasi2.menpan.go.id dan di www.formasi3.menpan.go.id. Dengan adanya pembagian ini, diharapkan portal panselnas.menpan.go.id hanya difokuskan untuk pendaftaran saja. (Ndw)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

 

Sosialisasi Kondom, Pemkot Yogya Gaet 60 Tukang Becak

Posted: 26 Aug 2014 04:31 AM PDT

Reporter: Fathi Mahmud

 

Meningkatnya kasus HIV/AIDS di Kota Yogyakarta membuat Pemkot Yogya mencari cara untuk mengurangi jumlah kasusnya. Salah satunya dengan sosialisasi kondom.

Sekda kota Yogyakarta Titik Sulastri mengatakan ada 677 kasus di akhir 2013, dan naik menjadi 714 pada triwulan pertama 2014. Titik memilih becak sebagai media informasi pentingnya menggunakan kondom.
 
“Oleh karena itu penanggulangan harus dilakukan dengan terus menerus dan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui kampanye Becak Wisata yang telah dilukis gambar kondom di selebornya. Selain itu juga diberikan papan catur berisi informasi penanggulangan HIV/AIDS kepada pengemudi becak ,” kata Titik di halaman air mancur balaikota, Selasa (26/8/2014).
 
Titik menjelaskan kondom sebagai alat pencegah HIV yang paling efektif. Sosialisasi dilakukan dengan lukisan kondom pada selebor becak yang dilakukan pada 60 becak dari beberapa Paguyuban Becak Wisata Kota Yogyakarta ini. "Dikarena paling dekat dengan rakyat, dan luas jangkauannya,” katanya.
 
Sementara itu senada dengan Titik, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta, F Kaswanto menjelaskan, bahwa kondom merupakan cara yang efektif mengurangi penyebaran HIV/AIDS. Namun penggunaannya belum populer di kalangan masyarakat, terutama di kalangan Orang Dengan HIV / AIDS (ODHA) dan pelaku seksual beresiko. "Penggunaan becak sebagai media kampanye, kami nilai sangat efektif,” katanya.

"Luiz Gustavo ke Arsenal Adalah Fantasi"

Posted: 26 Aug 2014 04:30 AM PDT

Rencana Arsenal untuk mendatangkan Luiz Gustavo tampaknya akan menemui jalan buntu. Pihak klub dan agen memastikan pemain timnas Brasil itu tidak akan pergi dari Wolfsburg musim panas ini.

Pada awal pekan ini kabar kepindahan Gustavo ke Emirates semakin menguat. Dilansir Mirror, Arsene Wenger sudah mengirim pemandu bakatnya untuk menyaksikan langsung penampilan Gustavo saat melawan Bayern Muenchen akhir pekan lalu.

Terlebih The Gunners saat ini sangat butuh seorang gelandang menyusul cederanya Mikel Arteta. Arsenal juga siap menukar pemain berusia 27 tahun itu dengan Lukas Podolski.

"Saya tidak tahu siapa yang menyebar rumor ini. Beberapa orang terlalu banyak berfantasi," kata Direktur Olahraga Wolfsburg, Klaus Allofs seperti dilansir ESPN.

"Luiz telah memutuskan untuk bertahan di Wolfsburg. Jadi diskusi ini tidak usah diperpanjang lagi," kata agen Gustavo, Roger Wittmann menegaskan.

Sutradara Captain America 3 Akui Batman V Superman Bakal Laris

Posted: 26 Aug 2014 04:30 AM PDT

Joe Russo, salah satu sutradara Captain America: The Winter Soldier akan kembali terlibat dalam Captain America 3 bersama saudaranya, Anthony. Ia pun meramalkan bahwa film saingannya, Batman V Superman: Dawn of Justice bakal sukses besar.



Melalui sebuah wawancara melalui ComicBook.com, Senin (25/8/2014), Joe menganggap Warner Bros mengambil langkah tepat dengan memajukan jadwal Batman V Superman: Dawn of Justice, sehingga tayang lebih awal dari Captain America 3.



Sebelumnya, `Batman V Superman` sempat direncanakan untuk rilis berbarengan dengan Captain America 3 hingga akhirnya Warner Bros memajukannya menjadi 25 Maret 2016.



"Saya pikir orang-orang menyadari bahwa merilis film di tahun yang sama ketika penonton bisa menghabiskan beberapa akhir pekan tanpa memikirkan persaingan adalah hal terbaik dan mutlak yang bisa dilakukan," ungkap Joe.



Dilanjutkannya, "Kami (Marvel) masih nomor satu di dalam negeri. Ketika Anda menyaksikan Guardians of the Galaxy, itu serupa dengan merilisnya di tahun yang sama tanpa harus bertabrakan dengan X-Men, Godzilla, atau Transformers. Penayangan tersebut dirasa sangat sehat dan sekarang akan berakhir sebagai film domestik teratas.

"Saya pikir mereka (Warner) mengambil jadwal yang cerdas dan menurut saya mereka akan melakukannya dengan sangat baik," pungkas Joe Russo secara yakin.



Captain America 3 sudah direncanakan untuk tayang pada 6 Mei 2016 dan belum pernah mengalami pergantian jadwal. Sementara, Batman V Superman: Dawn of Justice awalnya sempat direncanakan untuk tayang pada 2015.(Rul/Feb)