Selasa, 19 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Lomba Tangkap Bebek Antar Pegawai Pengadilan

Posted: 19 Aug 2014 05:05 AM PDT

Video ini adalah lomba antar pegawai di Pengadilan Kabupaten Maros untuk menangkap bebek yang sudah diberi tanda khusus . Lomba ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Agustus 2014 . Lokasi perlombaan di belakang kantor Pengadilan Maros Propinsi. Sulawesi Selatan.

Pengirim:

Basri Lahamuddin

Disclaimer:
Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.

Ulang Tahun ke-40, GS Astra Buka Sayembara Inovasi

Posted: 19 Aug 2014 05:05 AM PDT

Dalam rangka memperingati 40 tahun kehadirannya di Indonesia, GS Astra, penyedia produk aki mobil dan motor di tanah air menggelar ajang pencarian para inovator baru.

Bertempat di Jakarta pada Selasa (19/8/2014) PT Astra Otoparts sebagai distributor aki GS Astra mengumumkan dibukanya ajang kompetisi pencarian ide kreatif di tanah air.

engan tajuk 'GS Astra Power of Innovation Award', perlombaan ini membuka kesempatan bagi para inovator dengan ide-ide benda atau temuan mereka dengan syarat penggunaan aki GS Astra sebagai sumber tenaganya.

Tak hanya terbatas pada karya-karya yang terkait langsung dengan dunia otomotif, peserta dapat pula mengirimkan karyanya yang berkaiatan di bidang lain atau non-otomotif.

Peserta dari ajang GS Astra Power of Innovation Award ini sendiri rencananya akan dibagi menjadi tiga kategori baik perorangan ataupun kelompok, yaitu pelajar, mahasiswa, dan umum.

Adapun parameter pemenang, dikatakan PT Astra Otoparts, adalah orisinalitas/keunikan ide serta tepat gunanya tujuan atau sasaran inovasi tersebut.

"Kami menantang para pelajar, mahasiswa dan umum untuk melakukan inovasi, dan bepikir out of the box," ujar Rio Sanggau, Marketing Division Head, PT Astra Otoparts di Jakarta pada Selasa (19/8/2014).

Ajang yang dibuka mulai Selasa, (19/8/2014) ini akan memasuki tahap penjurian pada tanggal 8 Desember 2014 mendatang. Untuk penjurian, antara lain dilakukan oleh praktisi bidang teknologi dan bisnis, yaitu salah satunya Prof. Yohannes Surya dan Rhenald Kasali.

Bagi para pemenang ajang GS Astra Power of Innovation Award, tersedia total hadiah senilai Rp 300 juta. Pemenang satu, dua dan tiga akan diambil dari masing-masing kategori. Turut disaring, enam karya favorit lain pilihan masyarakat melalui jejaring media sosial. (Des/Des)

Hello Kitty Jalankan Misi Ke Luar Angkasa

Posted: 19 Aug 2014 05:03 AM PDT

Kini bukan hanya manusia dan kera saja yang bisa dikirim ke luar angkasa. Untuk pertama kalinya, sebuah tokoh kartun akan dikirim ke luar angkasa.

Tokoh kartun yang beruntung ini adalah Hello Kitty, ikon imut animasi buatan perusahaan asal Jepang, Sanrio. Si Kitty berangkat ke luar angkasa dalam rangka memperingati 40 tahun 'usianya' di dunia.

Miniatur tokoh kucing berwarna putih ini dibuat berukuran 4 cm dan ditempatkan di jendela satelit Hodoyoshi-3 pada akhir pekan ini. Satelit berukuran sebesar tong sampah tersebut dibuat dengan biaya sebesar US$ 40 Juta (sekitar Rp 600 Miliar), yang merupakan biaya patungan antara departemen pendidikan dan teknologi pemerintah Jepang dan perusahaan kreator Hello Kitty, Sanrio.

Tujuan pemilihan Hello Kitty ini, menurut Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sebagiamana dilansir melalui Reuters (19/8/2014), selain untuk memperingati ulang tahun sang tokoh juga untuk mempromosikan industri teknologi tingkat tinggi dan perkembangan ekonomi teknik di Jepang.

Para penggemar Hello Kitty dapat menyampaikan salam sebanyak 180 karakter yang akan ditampilkan melalui layar digital mini di samping sang tokoh berdiri dalam satelit. Selain itu, semua kegiatan dan aktifitas sang tokoh, serta pesan-pesan tersebut selama keberadaannya di luar angkasa akan direkam dalam video oleh pihak Sanrio. (Liz)

Masa Transisi Redenominasi Rupiah Sampai 10 Tahun

Posted: 19 Aug 2014 05:00 AM PDT

Pemerintah akan mengejar penuntasan Rancangan Undang-undang Redenominasi atau penyederhanaan mata uang bersama anggota parlemen.
 
Pasalnya pembahasan payung hukum redenominasi rupiah sempat terhenti karena fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). 
 
"Redenominasi sebetulnya nggak ada perubahan tapi kemarin ada ketidakpastian situasi makro. Masyarakat Indonesia kalau informasinya nggak akurat, khawatir dipikir sanering (pengurangan nilai uang)," ujar Menteri Keuangan, Chatib Basri di kantornya, Jakarta, Selasa (19/8/2014). 
 
Kata dia, anggapan redenominasi sama dengan sanering bisa saja terlintas di pikiran masyarakat di tengah situasi fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang kini berada di level Rp 11.600-an.
 
Pemerintah, Chatib mengaku, telah berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk melakukan masa transisi antara uang saat ini ke uang redenominasi minimal 6 tahun dan paling lambat 10 tahun. Pemerintah dan BI menyepakati penyederhanaan tiga nol di belakang.
 
"Ada periode 6 sampai 10 tahun di mana uang lama dan uang redenominasi, misalnya Rp 1.000 dan Rp 1 tetap beredar bersamaan. Tapi nanti ada masanya yang lama ditarik sampai akhirnya masyarakat percaya uang redenominasi berlaku," tandas dia. (Fik/Nrm)

Tak Cukup dengan ASI Saja Bentengi Balita dari Penyakit

Posted: 19 Aug 2014 05:00 AM PDT

Meski ASI atau air susu ibu menjadi benteng utama bagi pertahanan balita, rupanya senjata ini masih kurang untuk melawan penyakit yang menghantam si kecil. Imunisasi juga harus diberikan agar bayi di bawah lima tahun makin kuat dan kebal dengan hantaman beragam penyakit.

"Imunisasi bermanfaat untuk merangsang kekebalan tubuh secara spesifik, yang mampu mencegah masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh," kata Dr. Soedjatmiko, SpA (K).

Soedjatmiko meyakini bahwa semua orangtua di dunia ini menginginkan sang buah hati tumbuh dengan fisik yang kuat, otak yang cerdas, dan tumbuh menjadi anak yang kreatif serta berperilaku baik.

Faktanya, harapan ini kerap jauh dari kenyataan. Setidaknya 1 orang bayi meninggal dunia setiap 3 sampai 3,5 menit setiap harinya.

Fakta ini disampaikan Sekretaris Satgas Imunisasi PP-IDAI & Ahli Tumbuh Kembang Anak FKUI-RSCM dalam acara `School of Vaccine for Journalist` di Gedung Dewan Pers Lantai 6, Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Menurut Soedjatmiko, meski para orangtua sudah melakukan pencegahan dengan baik, sifatnya masih umum dan tidak spesifik. "ASI sedini mungkin, pemberikan MPASI, perbaikan gizi, dan menjaga kebersihan perorangan hanya mampu mengurangi risiko, tapi tidak mencegah total kematian. Maka itu, vaksin sangat diperlukan," kata dia.

Bahkan, lanjut dia, di negara-negara maju seperti Jerman, Amerika bagian Timur, dan California yang tergolong negara bersih, dengan status gizi bagus, tetap memberi imunisasi untuk balita.

"Negara maju saja masih ada wabah, apalagi bila imunisasinya kendor," katanya menekankan.

Miley Cyrus Kembali Tampil Tak Senonoh di Atas Panggung

Posted: 19 Aug 2014 05:00 AM PDT

Miley Cyrus tidak ada habisnya terus membuat sensasi. Tingkah laku Miley Cyrus selalu mengejutkan para penggemar dan publik. Kali ini dirinya kembali membuat kehebohan di atas panggung saat tampil di Chicago, Amerika Serikat, baru-baru ini, dalam rangkaian dari tur konsernya bertajuk Bangerz.

Lalu, apa ulah Miley Cyrus kali ini yang membuat mata para penonton konsernya terbelalak?

Dilansir dari laman Mirror, Senin (19/8/2014), rupanya penyanyi kontroversial ini membawa balon tiup berbentuk alat kelamin laki-laki ke atas panggung. Miley Cyrus tidak hanya memeluk balon berbentuk penis itu dengan erat. Namun ia juga menaruhnya di barang pribadinya di depan ribuan penggemarnya.

Dengan rambut pirang pendeknya yang diikat ke atas, Miley Cyrus mengeluarkan ekspresi andalan yakni dengan menjulurkan lidahnya sambil memegang balon tersebut. Mantan bintang Disney ini seolah tidak ingin balon berbentuk jenis kelamin itu hilang dari atas panggung.

Miley Cyrus terus memegang balon tersebut selama tampil di atas panggung. Pelantun hits Party in the USA ini benar-benar mengeluarkan ekspresi yang tidak wajar saat bermain-main dengan balon berbentuk alat kelamin tersebut. Saat tampil, Miley menggunakan pakaian dominasi merah dengan baju serba minim.

Sungguh menyedihkan, ini ternyata bukan kali pertama Miley memperlihatkan aksi cabulya di atas panggung. Sebelumnya ia juga berbuat tidak senonoh dengan memperlihatkan belahan bokongnya di hadapan ribuan penggemarnya di London, beberapa waktu lalu.

Saat ini, pelantun hits We Can't Stop tersebut memang masih keliling ke beberapa kota untuk menjalan rangkaian tur konsernya. Bangerz Tour ini akan berakhir di Perth, Australia pada 23 Oktober 2014.

 

Pindah Jaringan, Smartfren Gerak Cepat Siapkan Fasilitas

Posted: 19 Aug 2014 05:00 AM PDT

PT Smartfren Tbk sudah ditetapkan pemerintah untuk mengosongkan frekuensi 1900 Mhz yang dipakai sebagai fasilitas layanan komunikasinya. Keputusan itu juga menetapkan agar operator itu pindah ke jaringan 2300 Mhz.

Smartfren mengaku telah menyiapkan langkah terpadu dalam menyikapi keputusan pemerintah lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika (kominfo) tersebut. Bahkan, operator telekomunikasi berbasis CDMA itu tengah menyiapkan segala fasilitas pendukungnya di jaringan baru.

"Kami sekarang sedang menyiapkan jaringannya dulu yang bisa dipakai menjalankan layanan komunikasi di 2.300 Mhz. Tapi produk pendukungnya seperti smartphone dan modem juga kami siapkan biar sekalian jalan," ungkap Hartadi Novianto, Bundling Product Department Head Smartfren.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jalan Sabang, Jakarta Pusat itu berencana akan menggunakan alokasi frekuensi seluas 30 Mhz di 2300 Mhz untuk menjalankan layanan internet cepat, 4G LTE (long term evolution).

Pembangunan layanan di frekuensi 2300 Mhz itu segerai mulai dilakukan Smartfren setelah surat keputusan dari Kominfo keluar. Smartfren berharap telah memiliki layanan berbasis 4G LTE pada awal tahun 2015 mendatang.

"Persiapan layanan komunikasi masih dibangun di 2300 Mhz. Kalau sudah tersedia perangkat pendukungnya pasti akan kita siapkan biar pelanggan bisa langsung menikmati layanan berbasis internet cepat di sana," tandas Hartadi.

Proses perpindahan atau realokasi jaringan yang dikeluarkan Kominfo untuk Smartfren akan membuat perusahaan harus menyediakan dana investasi yang cukup besar. Diprediksi perusahaan itu akan mengeluarkan dana lebih dari Rp 3 triliun demi membangun layanan di jaringan baru miliknya. 

Sidang Perdana Kasus Pembunuhan Ade Sara Digelar

Posted: 19 Aug 2014 04:58 AM PDT

Tersangka pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto yaitu Ahmad Imam Al-Hafitd Aso dan Asyifa Ramadhani disidang siang pekan ini di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Hendra/Ahsan dan Simon Batal Tampil di Kejuaran Dunia 2014

Posted: 19 Aug 2014 04:57 AM PDT

Pebulutangkis Indonesia yang batal berlaga di BWF World Championship 2014 bertambah. Setelah pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, gilira dua wakil Indonesia lainnya yang mundur di kejuaraan yang dihelat di Copenhagen, Denmark, 25-31 Agustus 2014 mendatang.

Mereka adalah pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Ahsan dikabarkan mengalami low back pain (cedera pinggang).
Pemain lainnya yang mundur adalah tunggal putra andalan Merah-Putih, Simon Santoso.

Dua hari jelang keberangkatan ke Denmark yang dijadwalkan pada Kamis (21/8/2014), Simon terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena menderita demam berdarah. Simon pun harus dirawat inap di rumah sakit di bilangan Jakarta dan harus rela melepas tiket Kejuaraan Dunia 2014.

"Hendra/Ahsan dan Simon memang dipastikan batal mengikuti Kejuaraan Dunia 2014. Simon terkena penyakit demam berdarah, sedangkan Ahsan low back pain -nya kambuh," kata Lius Pongoh, Manajer Tim Indonesia.

Simon tampaknya memang belum berjodoh dengan kejuaraan kelas dunia ini. Jelang proses undian oleh BWF (Badminton World Federation), status Simon masih waiting list atau masuk daftar tunggu urutan pertama. Namun,Du Pengyu (Tiongkok) memutuskan untuk mundur di detik-detik terakhir sebelum proses undian dimulai, hingga Simon pun berhak atas satu tempat di kejuaraan dunia.

Simon juga mengaku telah mempersiapkan diri walaupun masih masuk daftar tunggu. Namun ternyata takdir berkata lain, Simon harus terbaring lemah di rumah sakit dan batal berlaga membela negaranya. Simon berharap bisa lekas pulih, pasalnya ia dijadwalkan untuk bertanding di ajang Asian Games 2014 yang dilangsungkan di Incheon, Korea Selatan, 19-29 September 2014.

"Tentunya sedih juga di saat-saat akan berangkat ke Denmark malah batal pergi. Saat ini saya fokus pada penyembuhan penyakit demam berdarah. Mengenai keikutsertaan di Asian Games 2014, saya masih belum tahu, semoga saya bisa lekas pulih," ujar Simon kepada Badmintonindonesia.org.

Dengan mundurnya Hendra/Ahsan dan Simon, maka Indonesia akan mengirim 21 pemain ke Kejuaraan Dunia 2014.

Berikut daftar selengkapnya :

Tunggal Putra
Tommy Sugiarto

Tunggal Putri
Linda Wenifanetri, Bellaetrix Manuputty

Ganda Putra
Angga Pratama/Rian Agung Saputro,
Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan, Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon

Ganda Putri
Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Anggia Shitta Awanda/Della Destiara Haris, Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta

Ganda Campuran
Praveen Jordan/Debby Susanto, Riky Widianto/Richi Puspita Dili, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet, Marcus Fernaldi Gideon/Rizki Amelia Pradipta

Citilink Targetkan 200 Frekuensi Penerbangan Sehari

Posted: 19 Aug 2014 04:45 AM PDT

PT Citilink Indonesia menargetkan frekuensi penerbangan bisa mencapai 200 kali per hari seiring kedatangan armada baru jenis Airbus A320.

"Citilink Indonesia menargetkan untuk memiliki 200 frekuensi penerbangan setiap harinya, menyusul penambahan armada Airbus A320 yang kini mencapai 27 pesawat," kata President dan CEO Citilink Indonesia Arif Wibowo dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (19/8/2014)

Dia mengatakan penambahan armada itu dilakukan sebagai langkah menghadapi persaingan pada industri penerbangan domestik yang saat ini sedang tumbuh.

Sebelumnya terhitung 15 Januari 2014, Citilink telah menambah frekuensi penerbangan dengan rute Cengkareng-Batam sebanyak 4 frekuensi sehari dari sebelumnya 3 kali penerbangan.

Selain itu ada pula penambahan frekuensi penerbangan dari Cengkareng-Surabaya menjadi 8 dari sebelumnya 7 kali penerbangan.

Rencananya, Citilink akan membuka rute baru pada 25 Agustus 2014 dengan rute Yogyakarta-Pekanbaru. Tak hanya itu Citilink juga berencana menambah rute baru untuk penerbangan ke Malang-Bandung, Malang-Banjarmasin, dan Malang Lombok  yang sekarang masih dalam perizinan.

Untuk terus bersaing di penerbangan nasional, Citilink akan terus menambah jumlah armada. Sampai 2017, Citilink menargetkan jumlah armada mencapai 50 pesawat.

"Sebagai bagian dari mega leap program Citilink, kami terus mendatangkan pesawat baru hingga nanti diharapkan berjumlah 50 pesawat pada tahun 2017," tutup dia. (Amd/Nrm)