Selasa, 05 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Binaan RZ Miliki 40 Bank Sampah

Posted: 05 Aug 2014 05:05 AM PDT

RZ telah membentuk 40 Bank Sampah di 40 daerah binaannya. 40 daerah tersebut tersebar di Aceh, Medan, Padang, Batam, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Tangerang, Cilegon, Bekasi, Depok, Bogor, Cikarang, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Bandung, Cimahi, Cirebon, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya dan Kediri.

Ini merupakan salah satu program di bidang lingkungan yang menitikberatkan pada perubahan pola pikir masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup. Melalui program Kampung Berseri, masyarakat dibiasakan untuk mengumpulkan, memilah, dan mengolah sampah non organik menjadi barang bernilai guna. Sehingga tidak ada lagi sampah non organik di lingkungan masyarakat yang hanya menjadi limbah.

Chief Executive Program RZ, Heny Widiastuti, mengharapkan Bank Sampah dapat menjadi solusi pengelolaan sampah untuk lingkungan hidup yang berseri. “Perubahan pola pikir masyarakat yang diikuti dengan penerapan akan menghasilkan kebiasaan baru. Kebiasaan baru yang baik inilah yang kami upayakan dimiliki masyarakat,” tutur Heny, Selasa (05/08).

Peluang usaha datang dari mana saja, termasuk dari hal-hal yang selama ini dianggap sepele dan hanya mengganggu. Sampah salah satunya. Melalui sampah-sampah yang telah dikumpulkan dan dikelola ini, masyarakat dan pendamping masyarakat binaan RZ berupaya untuk menciptakan peluang usaha.

“Dengan berjalannya program ini maka lingkungan hidup akan lestari dan masyarakt sejahtera. Tujuan RZ untuk menghadirkan banyak senyum masyarakat Indonesia pun tercapai,” terang Heny.

Pengirim:

Sari Asih Rahmawati

@sayasih

Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Saat ini Citizen6, juga mengajak blogger untuk kolaborasi. Jika punya postingan baru, kirim alamat atau url websitenya ke kami. free. 

Kini 67,3% Ekspor RI Merupakan Produk Industri Olahan

Posted: 05 Aug 2014 05:00 AM PDT

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis neraca perdagangaan pada Juni 2014 defisit US$ 305,1 juta yang terdiri dari surplus non-migas sebesar US$ 299,2 juta dan defisit perdagangan migas sebesar US$ 604,3 juta.

Meski demikian, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi mengatakan pada Juni terjadi penguatan ekspor migas dan non-migas karena didorong peningkatan ekspor industri dan peningkatan diversifikasi pasar.

Dia menjelaskan, peningkatan ekspor non-migas selama Juni 2014 cukup signifikan terjadi pada negara-negara kelompok emerging market seperti Afrika Selatan yang tumbuh 150,9% dibanding periode yang samapada tahun lalu, Hongkong 33,2%, Bangladesh 28,9% dan Uni Emirat Arab 28,5%.

"Beberapa yang mengalami kenaikan ekspor seperti ke Afrika Selatan. Kemudia Hongkong yang pasarnya mulai menggeliat kembali dan ekspor ke Hongkong sebagian masuk ke negara-negara bekas Uni Soviet. Juga ke Uni Emirat Arab yang jadi hub perdagangan untuk Dubai beberapa kota lain, juga memfasilitasi ekspor RI ke Timur Tengah dan Afrika," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Selasa (5/8/2014).

Bayu mengungkapkan, hal yang menggembirakan terkait penguatan ekspor ini yaitu saat ini sekitar 67,3% ekspor Indonesia merupakan produk industri olahan sehingga porsi ekspor dari produk yang berupa bahan mentah sudah semakin kecil.

"Tapi memang harus diakui bahwa yang disebut industri ini termasuk primary industry atau industri tahap pertama seperti pada CPO. Ekspor produk industri kita meningkat menjadi US$ 10,4 miliar dari US$ 9 miliar atau tumbuh 12 persen. Sedangkan tahun lalu pertumbuhannya negatif," katanya.

Bayu optimis neraca perdagangan non-migas hingga akhir tahun akan tetap mengalami suplus dengan jumlah yang besar. Sementara itu, dengan telah dikeluarkanya izin ekspor bagi PT Freeport Indonesia dinilai akan membantu memperbaiki defisit neraca migas.

"Ini ditambah ditambah lagi bahwa pada minggu lalu izin ekspor tambang Freeport sudah dipenuhi. Sehingga dari kegiatan migas pada semester II dari Freeport dan beberapa perusahaan batu bara lain kontribusinya ekspor bisa mencapai US$ 3,5 miliar-US$ 4 miliar," tandasnya. (Dny/Nrm)

Marshanda: Saya Alami Guncangan Jiwa

Posted: 05 Aug 2014 05:00 AM PDT

Kuasa hukum Marshanda, O.C Kaligis, memaparkan banyak informasi terkait insiden dipasungnya Marshanda oleh ibu kandungnya, Riyanti Sofyan. Salah satunya ialah Chacha --sapaan Marshanda-- yang terpaksa membuat surat agar keluar dari tempat pemasungan.

Seperti diberitakan, Chacha mengaku dipasung Riyanti selama delapan hari di Rumah Sakit (RS) Abdi Waluyo, Jakarta Pusat sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2014. Untuk keluar, Chacha menulis surat pernyataan yang berisi bahwa ia tidak sakit. Begini bunyinya:

"Saya Andriani Marshanda, umur 25 tahun sekarang penghuni kamar 106 Rs Abdi Waluyo dengan ini mohon supaya saya dapat keluar dari rumah sakit sekaligus untuk berkonsultasi dengan dokter yang saya pilih sendiri untuk second opinion," tulis Chacha.

"Saya sadar bahwa masuknya saya ke rumah sakit ini bukan atas kehendak bebas saya. Saya dipaksa untuk sampai kemari dan karena ini bukan kehendak saya, saya mengalami kegoncangan jiwa. Karenanya sekali lagi saya mohon untuk segera dapat keluar dari rumah sakit ini," urai Chacha.

Surat yang ditujukan kepada pimpinan rumah sakit itu akhirnya membuat Chacha bebas. Kini, ia berada dalam pelindungan hukum dari pihak kepolisian.(Jul/Mer)

Saat Ibu Menyusui Sakit, Masih Bolehkah Beri ASI?

Posted: 05 Aug 2014 05:00 AM PDT

Saat ibu sakit, pemberian ASI eksklusif msih tetap disarankan dan dizinkan. Jadi, bukan berarti harus menghentikan aktivitas menyusui. Cukup mengenakan masker dan rutin meminum obat, ibu bisa tetap memberikan yang telah menjadi hak bagi sang buah hati.

Demikian disampaikan dr. Endang Lestari, Sp.A dalam talkshow bertema `Breastfeeding a Winning Goal for Life` di Gedung POTAS-RASB Harapan Kita, Jakarta Barat, Selasa (5/8/2014)

"Ibu harus tahu, bukan berarti ketika sakit ia enggan memberikan ASI pada buah hati, karena takut anaknya menjadi sakit juga. Ibu boleh minum obat flu (kalau menderita flu) atau parasetamol, tidak akan menjadi masalah sama sekali," kata Endang menjelaskan.

Endang menjelaskan bahwa di dalam tubuh seorang ibu, terutama di dalam ASI, terdapat antibodi yang dapat diberikan ke anaknya, tanpa harus takut anaknya tertular penyakit yang tengah dideritanya. "Antibody ini yang nantinya didapati si anak," kata Endang menerangkan.

Kecuali, saat ibu sudah rutin mengonsumsi antibiotik dan tiba-tiba anaknya mengalami kondisi yang tidak mengenakan, barulah ibu panik, dan segera membawa anaknya ke dokter.

"Paling penting, stok ASI. Stok ini berguna di saat-saat seperti ini. Maka itu, ibu harus rutin memerah susu, dan memasukannya ke dalam lemari pendingin," kata Spesialis Anak di RSAB Harapan Kita menekankan.

Terpentok Flyover, Seekor Jerapah Meregang Nyawa

Posted: 05 Aug 2014 04:59 AM PDT

Kecelakaan lalu lintas tak hanya menelan korban jiwa manusia. Di Afrika Selatan, seekor jerapah harus meregang nyawa kala diangkut di atas truk. Pasalnya, tanpa disadari sang sopir, kepala jerapah tersebut menghajar sebuah flyover yang melintang di depannya.

Saat kejadian berlangsung, beberapa saksi mata menuturkan terdengarnya suara bak letusan senjata api. Menurut penyelidikan, akibat hantaman tersebut, jerapah tewas setelah mengalami trauma berat di bagian kepala, seperti dilansir dari Mashable, Senin (4/8/2014).

Saat dikonfirmasi, pemiliknya turut mengiyakan jika jerapah tersebut akhirnya tewas. Namun, ia menyangkal jika hantaman tersebut merupakan penyebab utama dari kematian binatang tersebut. Dalihnya, sakit pada leher merupakan penyebab utama kematian dari binatang berleher panjang tersebut.

Beberapa saksi mata sempat mengabadikan momen-momen sebelum peristiwa naas itu terjadi. Untungnya, dua dari tiga ekor jerapah yang turut diangkut masih selamat akibat kejadian tersebut.

"Saya tak yakin apakah regulasi yang ada telah dipenuhi untuk mengangkut binatang semacam itu di jalan raya. Sangat mengerikan kala melihat langsung kepala jerapah tersebut menghantam flyover," ujar salah seorang saksi mata.

Atas kejadian ini, sebuah lembaga perlindungan hewan di Afrika Selatan pun ikut bertindak. Dikatakan, mereka turut menyelidiki penyebab pasti dari kecelakaan tersebut. Tak hanya itu, pihaknya juga akan melayangkan tuntutan pidana kepada pihak yang dinilai turut bertanggung jawab atas kelalaian tersebut. (*/igw)

Fans Liverpool Ingin Glen Johnson Dipecat

Posted: 05 Aug 2014 04:59 AM PDT

Para fans Liverpool tampak tidak puas dengan performa bek kanan, Glen Johnson. Mereka menuntut Brendan Rodgers untuk menjual Johnson.

Pada laga final International Champions Cup yang mempertemukan Liverpool dengan Manchester United (5/8/2014), Johnson seringkali melakukan kesalahan. Di menit ke-5 ia hampir membiarkan Javier Hernandez menceploskan bola ke gawang Mignolet, beruntung bola masih mampu dihalau Mamadou Sakho.

Kesalahan Johnson selanjutnya adalah ketika ia membiarkan Ashley Young dengan bebas mengirimkan umpan silang di menit 37. Beruntung saat itu Mignolet mampu mengantisipasinya.

http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/717441/original/article-2716154-204247D000000578-669_634x491.jpg

Seperti dilansir Metro (5/8), banyak suporter Liverpool yang berharap Johnson tidak melanjutkan kariernya bersama The Reds di musim 2014/2015. Bahkan ada yang memaksa bek berusia 29 tahun itu untuk tetap tinggal di Amerika Serikat.

@NateGuildea, "Seseorang tolong jangan masukkan Johnson dalam daftar terbang dan tinggaklan ia di Amerika."

@leonmc0708, "Sangat berharap Moreno segera datang dan menggeser Flanagan ke sisi kanan dan menggeser Johnson untuk mencari karier lain di luar sepak bola."

@DannyMaro_YNWA, "Waktu telah habis bagi Johnson. Flanagan yang tidak fit justru lebih bagus dari dia. Jual dia sekarang untuk memberi ruang bagi Flanagan dan Manquillo #LFC."

Johnson bergabung dengan The Reds di musim 2009/2010 lalu. Semasa kariernya berseragam Liverpool, ia baru berhasil meraih satu Piala Liga di musim 2011/2012.

Baca Juga:
Wanita Cantik Ini Jadi Korban Baru 'Gigitan' Suarez
Undian Piala AFF 2014, Indonesia Satu Grup dengan Vietnam
Reporter Cantik Ini Gugup Wawancara Kiper Sakti Meksiko

Cek di Sini! Lowongan CPNS di Pemda Aceh, Sumut dan Riau

Posted: 05 Aug 2014 04:57 AM PDT

Pemerintah akan membuka 65 ribu lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang tersebar di seluruh instansi pusat dan daerah. Rencananya pengumuman lowongan CPNS di masing-masing instansi pemerintah dimulai pada 8-29 Agustus 2014.

Sementara pendaftaran CPNS secara online melalui portal nasional: http://panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id harus dilakukan pada 20 Agustus – 3 September 2014.

" Tesnya dilakukan mulai September secara bertahap," kata Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Suwardi saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (5/8/2014).

Dari total lowongan yang tersedia, sekitar 40 ribu dialokasikan untuk mengisi pos-pos kosong di daerah. Sisanya sebanyak 25 ribu orang akan mengisi 71 kementerian/lembaga di pemerintah pusat. (Baca juga: Daftar 71 Instansi Pemerintah Pusat yang Buka Lowongan CPNS).

Khusus untuk tiga provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara dan Riau, pemerintah membuka 56 instansi pemerintah provinsi (pemprov), pemerintah kota (pemkot) dan pemerintah kabupaten (pemkab).

Selengkapnya, berikut instansi di Aceh, Sumut dan Riau yang membuka lowongan CPNS:

 

Aceh

 

  1. Pemprov Aceh
  2. Pemkab Aceh Besar
  3. Pemkab Pidie
  4. Pemkab Aceh Timur
  5. Pemkab Aceh Selatan
  6. Pemkab Aceh Barat
  7. Pemkab Aceh Tenggara
  8. Pemkab Simeulue
  9. Pemkab Bireuen
  10. Pemkab Aceh Singkil
  11. Pemkab Aceh Barat Daya
  12. Pemkab Gayo Lues
  13. Pemkab Aceh Tamiang
  14. Pemkab Nagan Raya
  15. Pemkab Bener Meriah
  16. Pemkab Pidie Jaya
  17. Pemkot Sabang
  18. Pemkot Banda Aceh

Sumatera Utara

 

  1. Pemkab Deli Serdang
  2. Pemkab Karo
  3. Pemkab Tapanuli Tengah
  4. Pemkab Simalungun
  5. Pemkab Labuhanbatu
  6. Pemkab Dairi
  7. Pemkab Tapanuli Utara
  8. Pemkab Asahan
  9. Pemkab Nias
  10. Pemkab Toba Samosir
  11. Pemkab Mandailing Natal
  12. Pemkab Nias Selatan
  13. Pemkab Humbang Hasundutan
  14. Pemkab Pakpak Bharat
  15. Pemkab Samosir
  16. Pemkab Serdang Bedagai
  17. Pemkab Padang Lawas
  18. Pemkab Padang Lawas Utara
  19. Pemkab Batu Bara
  20. Pemkab Labuhanbatu Selatan
  21. Pemkab Labuhanbatu Utara
  22. Pemkab Nias Barat
  23. Pemkab Nias Utara
  24. Pemkot Tebing Tinggi
  25. Pemkot Binjai
  26. Pemkot Tanjung Balai
  27. Pemkot Sibolga
  28. Pemkot Gunung Sitoli

 

Riau

  1. Pemprov Riau
  2. Pemkab Bengkalis
  3. Pemkab Indragiri Hulu
  4. Pemkab Indragiri Hilir
  5. Pemkab Pelalawan
  6. Pemkab Rokan Hilir
  7. Pemkab Siak
  8. Pemkab Kuantan Singingi
  9. Pemkot Pekanbaru
  10. Pemkot Dumai

 

(Ndw)

Jokowi Blusukan ke Tiga Rusun Dalam Sehari

Posted: 05 Aug 2014 04:53 AM PDT

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendatangi Rusun Jatinegara Barat, Jakarta Timur (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Marshanda Jadi 'ATM Berjalan' bagi Sang Ibu?

Posted: 05 Aug 2014 04:45 AM PDT

Marshanda dipasung oleh ibu kandungnya sendiri, Riyanti Sofyan setelah mengungkapkan kalau dirinya ingin hidup terpisah dari ibunya. Keinginan Chacha --sapaan Marshanda-- untuk hidup mandiri, disalah artikan oleh sang ibu.

Bahkan Marshanda diklaim sebagai anak yang berantakan, tak lagi peduli ibu dan adik-adiknya serta anak yang meninggalkan keluarga. Padahal, Chacha mengaku akan tetap mengunjungi keluarganya meski dirinya tinggal di sebuah apartemen dengan buah hatinya, Sienna Ameerah Kasyafani.

Sementara, kuasa hukum Marshanda, O.C Kaligis mengungkapkan kalau sang ibu tak mau kehilangan Marshanda sebagai 'ATM berjalan'. Benarkah begitu?

"Saya nyatakan dari hasil wawancara dengan beliau (Marshanda). Beliau mengatakan bagaimana hasil-hasil uang saya yang masuk pada ibu. Dan ibunya tidak mau transparan, justru cenderung marah," ungkap O.C Kaligis, pada tayangan ekslusif Metro TV, Selasa (5/8/2014).

O.C Kaligis menegaskan apa yang dia nyatakan tentang 'ATM berjalan' bukanlah sebuah rekayasa dirinya saja. Dirinya sebagai pengacara profesional tak mau hanya sekedar karang cerita.

Dan yang membuat O.C Kaligis bingung adalah mengenai pemaksaan yang dilakukan para preman terhadap Marshanda untuk membawanya ke rumah sakit. 

"Saya katakan ini adalah perbuatan melawan hukum. Makanya saya bilang, setiap perkataan saya selalu berdasarkan hukum," tandasnya.(Mer)

 

 

Kapolda Metro: Tak Perlu Aduan, ISIS Langsung Kami Tangkap

Posted: 05 Aug 2014 04:40 AM PDT

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Priyatno telah menyatakan bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah masuk dalam kategori gerakan yang menyerukan permusuhan antar masyarakat.

Untuk itu, pihak Kapolda telah menginstruksikan semua jajarannya untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap orang-orang yang diduga terlibat dalam gerakan ISIS.

"Tidak perlu ada pengaduan tapi kami lakukan langsung penangkapan," tegas Dwi di Polda Metro Jaya, Selasa (5/8/2014).

Dwi menerangkan, dalam mengejar terduga ISIS, pihaknya telah dibantu oleh Bareskrim Mabes Polri termasuk juga Tim Antiteror Densus 88.

"Tim Polri sudah turun, dari Bareskrim, termasuk Densus 88," ucap Dwi.

Lebih lanjut, Dwi mengatakan, gerakan ISIS ini sudah jelas dilarang oleh pemerintah. Pelakunya terancam pasal 160 KUHP tentang penghasutan dengan ancaman kurungan 6 tahun penjara.

"Mereka menyerukan permusuhan dan sebagainya kemudian itu ada di pasal 160 KUHP dengan ancaman 6 tahun. Pemerintah juga sudah jelas menyebut bahwa ISIS dilarang," tandas Dwi. (Yus)