Minggu, 17 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


RAPBN 2015 Belum Bisa Jadi Pegangan?

Posted: 17 Aug 2014 04:43 AM PDT

Ekonom menilai, Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2015 belum dapat dipegang sehingga ada kemungkinan perubahan. Hal itu dikarenakan RAPBN baru memperhitungkan kebutuhan pokok seperti pembayaran bunga utang dan subsidi.

"RAPBN 2015 belum bisa dipegang. RAPBN masih dibahas karena ini memang untuk baseline," ujar Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Destri Damayanti, yang ditulis Minggu (17/8/2014).

Menurut Destri, jumlah anggaran subsidi di atas Rp 300 triliun. Angka ini masih cukup besar sehingga perlu ada penyesuaian yang dapat dilakukan pemerintahan baru.

"Oleh karena itu, pemerintahan baru bisa ubah asumsi. Karena RAPBN ini sebagai guideline untuk bayar gaji, subsidi, pemasukan," kata Destri.

Pada Jumat 15 Agustus 2014, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pidato kenegaraan RAPBN 2015 dan nota keuangannya. SBY menuturkan, ada perbedaan RAPBN 2015 dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Perlu saya kemukakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, RAPBN 2015 disusun pemerintah saat ini untuk dilaksanakan pemerintahan baru," ujar SBY.

Menurut SBY, penyusunan belanja kementerian/lembaga dalam RAPBN 2015 masih bersifat base line. Hanya memperhitungkan kebutuhan pokok untuk menjalankan pemerintahan dan pelayanan masyarakat.

"Saya harap dapat memberikan ruang gerak yang luas bagi pemerintah baru. Saya yakin pemerintahan baru memiliki ruang dan waktu yang cukup dan memasikkan berbagai program yang akan dilaksanakan," ujar SBY. (Ahm/)

Ahok Akan Ubah Kinerja Lurah dan Camat Seperti Manajer Perumahan

Posted: 17 Aug 2014 04:41 AM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menilai Satgas Air dan Satgas Jalan yang berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum (PU) tak berfungsi efektif. Karena hingga kini, masih banyak jalan rusak, selokan tersumbat hingga menimbulkan genangan saat hujan.

"Satgas Air dan Jalan itu mana ada laporan? Nuntut gaji terus sih, iya. Yang kita mau itu yang mau nyapu, yang mau ngaduk semen," kata Ahok usai menghadiri Peluncuran Kanal TV Streaming KPK di halaman Museum Fatahillah, Jakarta Barat, Minggu (17/8/2014).

Menurut mantan bupati Belitung Timur itu, tak mungkin PNS DKI rela turun ke jalan untuk menyapu atau mengorek lumpur di saluran air. Karena itu, DKI pun menyerap orang-orang untuk mengerjakan hal itu dengan status Pekerja Harian Lepas (PHL).

Nantinya, mereka akan ditempatkan di tiap kelurahan dengan jumlah PHL antara 50-100 orang. Pekerjaannya antara lain menyiram tanaman, keruk selokan, angkut sampah, dan melaporkan jalan rusak.

"Kita ini terlalu banyak pejabat DKI, nggak ada yang mau kerja. Kamu kira nyapu-nyapu ini pegawai Dinas Kebersihan?" ucap Ahok.

Tak hanya itu, Ahok juga mengungkapkan akan mengubah kinerja lurah dan camat. Mereka tak akan lagi berkonsep kepala pemerintahan. Melainkan seperti manajer perumahan. Mereka dengan dibantu RT dan RW serta PHL tadi, harus dapat mendeteksi jalan rusak dan berlubang, PKL liar, warga miskin, tumpukan sampah, dan keamanan.

"Makanya tunjangan lurah, camat mau kita ubah. Harusnya mereka bisa sejajar dengan Eselon III. Tunjangan mobilnya mesti kita ubah. Karena yang paling bertanggung jawab itu camat. Karena dia yang paling tahu wilayahnya," jelas Ahok.

Mantan Manajer MU Senang Rooney Jadi Kapten

Posted: 17 Aug 2014 04:34 AM PDT

Mantan manajer Manchester United, David Moyes, mengaku senang melihat mantan anak asuhnya, Wayne Rooney, dipercaya sebagai kapten tim yang baru.

Karena itu, Moyes juga tak lupa menyampaikan rasa salut dengan suksesornya, Louis van Gaal, karena sudah memilih Rooney sebagai pemimpin rekan-rekannya dalam mengarungi kompetisi musim 2014/15.

"Wayne akan menjadi kapten di bawah [kepelatihan] saya," ujar Moyes kepada Mail on Sunday, seperti dilansir Goal, Minggu (17/8/2014)

"Itu karena di mana dia sekarang sebagai seorang pemain. Saya rasa sudah waktunya ia berkembang sebagai gelandang. Ia memang striker tengah yang hebat, tapi dalam beberapa tahun ke depan, saya bisa melihat itu akan terjadi. Ia bisa bermain di sejumlah posisi. Ia kini sangat berpengalaman."

"Saya rasa ia memang perlu tanggung jawab itu sekarang. Tentu, dalam tahapan karir berikutnya. Wayne bekerja sangat keras pada tahun lalu. Ia bisa dalam kondisi yang bagus. Ia bekerja keras untuk saya, dan ia juga bagus untuk tim."

Sebelumnya, Moyes juga sempat mengomentari kekalahan MU di pertandingan pertama Premier League kontra Swansea City, Sabtu 16 Agustus 2014. Sadar pernah berada di situasi serupa, Moyes meminta seluruh fans bersabar dan memberikan kesempatan pada sang pelatih menunjukkan kualitasnya.

"Setiap orang paham, semua membutuhkan waktu," kata Moyes sebagaimana dilansir dari Soccernet. Bagi pelatih asal Skotlandia itu, tidak mudah menggantikan peran Sir Alex Ferguson. Begitu juga dengan pelatih MU saat ini, Louis Van Gaal.

Berandalan Ibukota, Bukti Superglad Masih Gahar

Posted: 17 Aug 2014 04:30 AM PDT

Dua tahun tak berkarya, band beraliran punk asal Jakarta, Superglad kembali menggebrak lewat album baru yang mereka beri nama Berandalan Ibukota.

Menjagokan sepuluh single cadas khas Superglad, mereka pun sukses menyegarkan ingatan para penggemar musik punk tentang betapa tidak bisa diremehkannya band ini.

Yang perlu disimak, selain hampir kesemua karyanya lahir dari tangan dingin Luks selaku sang vokalis, terdapat juga banyak musisi yang ikut menyumbang suara di album ini. Sebut saja Ras Muhamad, Farri Icksan (The S.I.G.I.T), Rindra (Musikimia), Eben (Burgerkill), Roy Jeconiah (RI-1), hingga adik dari Anda Perdana, Bonita (Bonita and The Hus-Band).

Hasilnya, musik Superglad jadi terdengar semakin kaya.

"Kami memberikan kebebasan kepada mereka (musisi tamu) dalam membuat aransemen. Dan  yang ada, kami malah terbawa karakter mereka. Contohnya saat rekaman bareng Rindra, karakter lagunya jadi mirip band lamanya, Padi," ujar Luks.

Mengenai angka sepuluh itu sendiri, sengaja dipakai Superglad  sebagai lambang  akan  usia band mereka yang kini sudah memasuki angka sepuluh. Dan bila menyimak keseluruhan lagu-lagu ini, rasanya sudah menjadi sebuah keharusan untuk menjadikan album ini sebagai salah satu koleksi anda.

Recomended Track: Anugerah dan Petaka, Hanya Maut Yang Bisa, Memori, dan Semalam Saja

Baca juga:

Superglad, Pengusung Punk Rock yang Tak Ingin Termakan Zaman

Superglad Bebaskan Sepuluh Musisi Tamu Berkreasi di Album Baru

 

Usai Cetak Gol di Waduk Pluit, Jokowi Langsung Berselfie-ria

Posted: 17 Aug 2014 04:20 AM PDT

Selesai lomba balap karung, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali meramaikan Peringatan HUT Kemerdekaan ke-69 RI dengan mengikuti pertandingan sepakbola. pertandingan berlangsung di lapangan sepakbola Taman Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pantauan Liputan6.com, Presiden terpilih yang akrab disapa Jokowi itu bermain sepakbola bersama beberapa artis yang selama ini dikenal hobi sepakbola seperti Judika, Darius Sinatria, Valentino Jebret, Gusti Randa, dan Ibnu Jamil.

Dalam pertadingan itu, Jokowi satu tim dengan Judika dan Darius. Tim mereka dinamakan Selebriti Hitam FC. Sedangkan lawannya yaitu Selebriti Hijau FC beranggotakan antara lain Gusti Randa, Ibnu Jamil, dan Ugie.

Sebelum mulai bertanding, Jokowi yang mengenakan seragam hitam lebih dulu lari-lari kecil sambil menyalami warga yang menonton pertandingan dari luar lapangan. Warga tampak antusias dan meneriaki Jokowi yang mengenakan kostum lengkap layaknya pemain sepakbola profesional.

"Pritt....." peluit tanda permainan dimulai. Jokowi yang mengambil posisi sebagai penyerang bersama Darius pun mengawali permainan. Di menit-menit awal, Jokowi yang sempat menerima umpan dari Darius tampak sempat mengutak-atik bola hingga ke gawang lawan. Namun sayang, tendangannya melebar ke sisi kanan gawang.

Di menit kedua permainan, Darius yang hendak menjebloskan bola ke gawang lawan dijegal salah seorang pemain Selebriti Hijau FC. Wasit pun menguhukum tim tersebut dengan menunjuk titik putih pinalti. Dar‎ius dan Judika pun meminta agar Jokowi yang menjadi algojo penalti.

Mengambil ancang-ancang untuk menendang, Jokowi langsung melempar bola ke sisi kiri gawang. Dan terciptalah satu gol untuk tim Jokowi. Usai mencetak gol, para artis tersebut saling berpelukan. Tak lupa mereka berfoto selfie dengan Jokowi.

Sambil tertawa, mantan walikota Solo itu melayani para artis yang meminta foto bersama di dalam lapangan. Aksi para artis itupun mengundang decak tawa para penonton.

Di menit yang lain, setelah sempat menerima beberapa umpan, Jokowi sempat menjatuhkan salah seorang pemain yang mencoba merebut bola dari dia. Namun aksi itupun mengundang tawa lantaran direspon sambil berguyon.

Setelah sempat beberapa kali mendapatkan umpan, pada menit kelima, Jokowi keluar lapangan dan diganti pemain lain. Dengan berlari kecil, Jokowi langsung telentang setelah tiba di pinggir lapangan. Nafasnya tampak terengah-engah. ‎"Ya kan lama sekali ngga latihan, nggak pernah jogging dan sepedahan," ucap dia. ‎

Juve Ingin Pinjam Striker AS Monaco

Posted: 17 Aug 2014 04:17 AM PDT

Rumor Radamel Falcao akan menginggalkan AS Monaco terus menghiasi bursa transfer musim panas 2014. Striker asal Kolombia tersebut dikabarkan akan pindah ke Real Madrid. Tapi, Madrid tidak dapat membuat tawaran tahun ini lantaran terbentur aturan Financial Fair Play UEFA. Madrid telah menghabiskan 90 juta pound atau sekitar Rp 1,75 triliun untuk mendatangkan James Rodriguez, Toni Kroos, dan Keylor Navas ke Santiago Bernabeu.

Menurut Gazzetta dello Sport, Minggu (17/8/2014), Monaco siap meminjamkan Monaco untuk satu musim sehingga bisa menemukan lagi kebugaran setelah cedera lutut panjang sejak Januari lalu. Dengan begitu, dia bisa menunggu satu tahun untuk Real Madrid atau menyetujui klausul pelepasan dengan klub baru.

Juventus telah mendekati Monaco terkait rencana meminjam Falcao. Tapi, klub Liga Serie A Italia tersebut harus bersaing dengan Liverpool yang masih mencari pengganti Luis Suarez setelah menjualnya ke Barcelona.

The Mail on Sunday mengklaim Monaco menuntut biaya pinjaman sebesar 12 juta pound atau sekitar Rp 234,4 miliar, meski harga tersebut masih bisa dinegosiasikan. Juventus dikabarkan siap memenuhi tuntutan Monaco dan menggaji Falco sebesar 10 juta pound atau sekitar Rp 195,3 miliar per musim.

Tapi, Juventus akan lebih dulu melepas Fernando Llorente ke Valencia. The Mail on Sunday mengklaim Valencia telah menyodorkan tawaran 10  juta euro atau sekitar Rp 156,7 miliar. Tapi, Bianconeri menuntut dua kali lipat dari tawaran tersebut.

Dengan menjual Llorente, Juventus akan mendapatkan dana besar karena saat memboyongnya dari Athletic Bilbao musim lalu tidak mengeluarkan uang alias gratis.

Tahun Politik, Pelaksanaan IPO Relatif Minim

Posted: 17 Aug 2014 04:14 AM PDT

Total penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) sepanjang 2014 ini masih rendah. Hingga kini baru sekitar 18 perusahaan yang melakukan IPO dengan total nilai Rp 4,89 triliun.

Berdasarkan data BEI, total dana yang diraup dari pelaksanaan IPO mencapai Rp 16,75 triliun sepanjang 2013. Hingga Agustus 2014, BEI mencatat baru sekitar 18 perusahaan yang tercatat di pasar modal dengan total dana Rp 4,89 triliun. Dari 18 perusahaan itu, hanya PT Wijaya Karya Beton Tbk yang meraup dana paling besar mencapai Rp 1,2 triliun.

Pengamat pasar modal, Reza Priyambada menuturkan, penawaran IPO yang masih rendah pada 2014 ini karena pelaku pasar baik investor dan calon emiten wait and see terhadap perkembangan politik. Selain itu, pasar saham juga dinilai masih kurang kondusif.

"Para calon emiten itu bila memaksakan untuk melakukan IPO dikhawatirkan target dana yang diraih tidak maksimal sehingga mereka menunda IPO," ujar Reza, saat berbincang dengan Liputan6.com, yang ditulis Minggu (17/8/20140.

Meski demikian, Reza memperkirakan, IPO akan kembali marak pada kuartal IV 2014. Apalagi pada kuartal itu sudah ada kepastian pemerintahan baru mulai dilantiknya Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta susunan kabinet pemerintahan.

Saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sedang memproses sejumlah aksi korporasi. OJK sedang memproses IPO saham dari dua perusahaan senilai Rp 106,72 miliar. Penerbitan saham baru/rights issue sebesar Rp 733,82 miliar oleh dua perusahaan, dan obligasi korporasi dari satu perusahaan senilai Rp 750 miliar.

"Jadi totalnya ada lima perusahaan senilai Rp 1,59 triliun. Tapi biasanya mendekati September dan Desember, IPO dan penerbitan obligasi maupun rights issue akan ramai karena berlakunya laporan keuangan enam bulanan," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Nurhaida.

Perusahaan Kurang Berminat IPO

Kepala Ekonom PT Bank Mandiri Tbk, Destri Damayanti menyebutkan, perusahaan untuk melakukan IPO memang masih rendah di Indonesia. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya.

Pertama, perusahaan yang kebanyakan dimiliki keluarga dinilai biasanya sulit untuk melepas saham ke publik. Kedua, perusahaan terbuka biasanya harus diaudit, terbuka dan laporan keuangannya harus disampaikan ke publik. Hal ini masih belum dapat dilakukan oleh perusahaan tertutup.

"Biasanya perusahaan di Indonesia banyak perusahaan menengah. Mereka ini memiliki pembukuan sederhana. Mereka biasanya tidak mau transparan, padahal untuk jadi perusahaan terbuka harus diaudit untuk melihat apakah performancenya bagus," kata Destri.

Destri menambahkan, perusahaan Indonesia sebagian besar perusahaan menengah. Biasanya target perolehan dana yang diincar dan jumlah saham yang dilepas pun tidak terlalu besar. Sehingga sahamnya menjadi kurang likuid di pasar saham.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah IPO tersebut, Destri mengingatkan sosialisasi dan edukasi memang perlu digiatkan. Selain itu, otoritas bursa dan pemerintah diharapkan dapat memberikan insentif untuk perusahaan yang melepas saham ke publik. "Mempermudah persyaratan tidak mungkin tetapi dengan pemberian insentif," kata Destri.

Saat ini pasar sedang menunggu triger utama untuk menggerakan indeks saham. Pihaknya memprediksikan, indeks saham berada di level 5.500 pada akhir 2014. Menurut Destri, bila pemilihan menteri dalam kabinet Joko Widodo-Jusuf Kallau tepat dan diisi dengan professional maka memberikan sentimen positif untuk bursa saham.

"Ada katalis positif dan negatif. Kalau pemilihan tim kabinet tak benar maka indeks saham akan terkoreksi," ujar Destri. (Ahm/)

Cara Warga Pedalaman di Sulteng Peringati Upacara HUT RI

Posted: 17 Aug 2014 04:12 AM PDT

Upacara peringatan ke-69 detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) juga dilaksanakan puluhan warga pedalaman yang bermukim di Dusun Mongo, Desa Povelua, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Uniknya, dalam pelaksanaan upacara yang berlangsung di halaman SDN I Desa Povelua, para peserta dibebaskan dalam soal berbusana.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (17/8/2014), upacara penaikan bendera dimulai pukul 08.00 Wita dan dipimpin langsung Kepala Desa Povelua Banga Mputi. Peserta upacara yang didominasi warga laki-laki ini, mengenakan seragam seadanya.

Di antara mereka ada yang mengenakan setelan kemeja batik dan celana jeans, ada pula setelan kemeja batik dan sarung. Kendati dengan pakaian seadanya, para peserta upacara begitu antusias dan penuh hikmat mengikuti upacara hingga berakhir.

Putra, salah satu warga Dusun Bongo mengaku, pakaian yang dikenakan dirinya saat upacara sudah berumur puluhan tahun pasca-lulus Sekolah Rakyat --sebutan nama Sekolah Dasar era kolonial.

"Kalau tidak lupa sekitar 40 tahunan lalu terakhir saya ikuti upacara kemerdekaan. Itu pun hari, tanggal, dan tahunnya saya lupa," ujar pria berumur 50 itu kepada Liputan6.com usai upacara.

Sejumlah warga yang turut serta upacara ini juga mengaku senang. Sebab tahun ini mereka bisa kembali mengikuti peringatan kemerdekaan RI. Mereka berharap ke depan upacara ini kembali dilaksanakan.

"Tujuan upacara ini untuk mengapresiasikan hari lahirnya negara kita dan memperingati jasa-jasa para pahlawan yang sudah berjuang membela bangsa kita. Semoga tahun mendatang upacara ini bisa kembali kita laksanakan bersama," imbuh warga lainnya, Sulaiman.

Sementara pada kesempatan berbeda, Bupati Donggala Kasman Lassa, menambahkan upacara ini dilaksanakan serentak di 167 desa di Kabupaten Donggala dan melibatkan semua elemen masyarakat sebagai peserta.

"Upacara ini baru kali pertama kita intruksikan serentak dilaksanakan di seluruh desa dan akan terus dilangsungkan tiap tahunnya, termasuk di Desa Povelua. Masyarakat yang ikut tidak diharuskan mengenakan seragam. Mereka menggunakan sarung dan lain-lainnya saat mengikuti upacara tidak jadi soal, yang penting mereka turut serta," kata dia.

Tujuan upacara peringatan HUT RI serentak ini, kata Kasman, agar masyarakat yang ada di seluruh desa di Donggala bisa kembali merasakan detik-detik kemerdekaan RI, melalui upacara bersama pada saat 17 Agustus.

"Rasa patriotisme perlu dirasakan kembali kepada masyarakat kita. Jangan sampai mereka lupa dengan hal itu, makanya untuk terus menanamkan rasa patriotisme, upacara kemerdekaan serentak ini diintruksikan di seluruh desa dan harus diikuti seluruh elemen masyarakat. Entah masyarakat di pedalaman sampai masyarakat di pinggiran gunung," tandas Kasman.

Baca juga:

Hujan Mengguyur, Upacara Bendera di Manokwari Berjalan Lancar

Peringati HUT RI, WNI di Malaysia Nobar Film Sang Pemberani

Upacara Bawah Laut Pertama di Titik Nol Indonesia

Mobil Ini Jadi Rahasia Awet Muda Cindy Crawford

Posted: 17 Aug 2014 04:00 AM PDT

Kini, di tahun 2014, mantan aktris dan model seksi Cindy Crawford justru jauh dari kesan tua. Di usianya yang ke 48 tahun, Cindy malah terlihat makin modis dan glamor.

Siapa sangka, salah satu rahasia awet muda sang bintang Hollywood itu dikatakan berasal dari mobil kesayangan yang digunakannya. Agar tetap aduhai, mantan model era 90-an ini sejak tahun 2007 lalu mempercayakan citranya diwakili oleh sebuah Bentley Continental, demikian dilansir dari Autoevolution, Jumat (15/8/2014).

Setelah pensiun dari dunia perfilman Holywood, dorongan untuk tampil modis membuat Cindy tak henti berkreasi. Di tahun 2005 lalu, mantan istri dari Richard Gere ini membuka usaha mebel mewah dengan label 'Cindy Crawford Home Collection'.

Menyandingkan gaya berpakaiannya yang elegan, Cindy pun tetap mempercayakan nama besar Bentley sebagai tunggangan yang mewakili kesuksesannya.

Meskipun mobil tersebut kini sudah berusia tujuh tahun, namun tampilannya bak sebuah mobil baru. Selain mengkilap, sedan mewah asal Inggris tersebut tak kalah kinclong dengan mobil-mobil keluaran baru.

Bentley milik Cindy ini mengusung tema hitam metalik. Tak hanya bodi mobilnya yang berkelir hitam, Cindy pun turut memilih warna hitam untuk velg mobil kesayangannya tersebut. Hasilnya, tampilan mobil tersebut terkesan dingin namun tetap elegan.

Tak hanya Bentley Continental, Cindy pun mengandangkan sebuah Chevrolet Corvette Stingray Convertible di garasi rumahnya. Tak lain, sportcar tersebut menjadi andalan dari suaminya saat ini, Rande Gerber, untuk beraktivitas setiap hari.

Tampaknya, kedua pesohor ini sepakat mengandalkan citra mobil mewah seiring umur mereka yang semakin dimakan usia. Tak heran, koleksi mobil yang dimiliki keduanya pun bak para individu berjiwa muda. (Ysp/Des)

Saat Jokowi Main Bola Bareng Artis dan Warga di Perayaan HUT RI

Posted: 17 Aug 2014 04:00 AM PDT

Gubernur DKI Jakarta yang juga Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) ikut memeriahkan perayaan ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-69. 

Bersama dengan warga dan selebriti, Jokowi bermain sepakbola di kawasan Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (17/8/2014).

Jokowi, yang tampil mengenakan seragam sepakbola berwarna hitam, terlihat antusias menjalani pertandingan. Selang berapa menit berada di lapangan, Jokowi menyempatkan diri untuk berbincang dengan para selebriti, wasit dan penonton.

"Diajak main bola ya main," kata Jokowi sembari tertawa saat ditanya soal alasannya mau bermain sepakbola dengan para selebriti dan warga.

Jokowi sendiri bermain dengan waktu yang cukup singkat, hanya dua menit. Ia sempat memperlihatkan kebolehannya menggiring dan mengoper bola kepada rekan satu timnya yang dihuni oleh selebriti seperti Darius Sinathrya dan Judika.

Ia juga sempat melesakkan satu gol dari titik putih karena salah satu pemain di timnya dilanggar oleh tim lawan. Usai menciptakan gol, Jokowi langsung berfoto selfie dengan para pemain lainnya.

Selain Darius dan Judika, selebriti yang ikut beraksi di lapangan bersama Jokowi diantaranya, Augie Fantinus, Gusti Randa, dan Ibnu Jamil. (Gie/Ade)