Jumat, 22 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


PPN 10 Persen Produk Pangan Hambat Hilirisasi

Posted: 22 Aug 2014 04:40 AM PDT

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Khrisnamukti mengaku khawatir terkait rencana pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk produk pangan sebagai konsekuensi terhadap pembatalan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2007 oleh Mahkamah Agung.

Bayu menilai, dengan adanya pengenaan ini akan menghambat ekspor komoditas yang sedang digenjot pemerintah melalui hilirasasi industri.

"Ekspor kita sedang berusaha hilirisasi. Harusnya produk lebih ada insentif kalau dia produksi dalam negeri," kata dia di Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Dia mengatakan, sebelumnya dengan pengenaan bea keluar diharapkan dapat menghalangi keluarnya bahan mentah sehingga dapat diproduksi industri hilir dalam negeri. Namun hal itu justru terhalangi dengan pengenaan PPN yang terhitung besar.

Belum lagi, kata dia, iming-iming produsen barang mentah untuk ekspor yang juga besar. "Insentif  yang kita create untuk petani, berkurang bahkan hilang. Petani, jadi kita juga tahu betapa agresifnya pembeli dari agen pabrik di luar negeri. Bahan bakunya ada di Indonesia. Mereka merayu petani. Kami khawaitr, ekspor olahan yang sudah positif, bisa balik lagi," kata dia.

Belum lagi, terang Bayu memang banyak industri yang memanfaatkan bahan mentah impor. Jadi jika semua barang, baik mentah dikenakan PPN maka yang terjadi geliat untuk impor akan semakin besar.

Hal itu ditunjang dengan asumsi, daripada mengimpor barang mentah harus mengeluarkan ongkos lagi untuk biaya produksi, lebih baik membeli bahan jadi untuk dijual kembali. Hal tersebut menjadi penekan hilirasasi.

"Yang kita telaah, kalau kita impor produk jadi, kalau kita impor bahan baku jadi sama, tidak ada insentif, sama-sama kena PPN. Logika ekonomi saja, buat apa capek-capek bikin di sini, impor saja. Itu masalah kita untuk hilirisasi, memberi insentif bagi produsen dalam negeri untuk respon terhadap permintaan. Usaha hilirisasi, kayaknya kita cermati apa solusinya setelah keputusan Mahkamah Agung," tukas dia.

Untuk diketahui, MA membatalkan sejumlah pasal PP Nomor 31 Tahun 2007 menetapkan barang hasil pertanian, perkebunan dan kehutanan sebagai barang yang dibebaskan dari pengenaan PPN. (Amd/Nrm)

 


* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Manchester United Ikut Ramaikan Transfer Khedira

Posted: 22 Aug 2014 04:38 AM PDT

Manchester United secara mengejutkan ikut memburu gelandang Real Madrid Sami Khedira. Pemain asal Jerman itu sebelumnya sudah diminati dua klub Liga Premier lainnya, Arsenal dan Chelsea.

Dilaporkan Metro, Manajer Louis van Gaal tampaknya ingin terus memperkuat lini tengah Setan Merah. Dia juga ingin memanfaatkan niat Khedira yang ingin dijual Madrid.

Dilaporkan, MU bakal mendapat persaingan ketat dari Arsenal. Apalagi, The Gunners baru kehilangan Mikel Arteta yang mengalami cedera.

Nilai transfer Khedira mencapai 8 juta pounds atau sekitar Rp 155 miliar. Namun, Madrid diperkirakan bakal memangkas nilai transfer kepada tim yang berminat.

Sebelumnya Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengungkapkan Khedira kemungkinan bakal pergi dari Santiago Bernabeu. Tawaran perpanjangan kontrak dari klub pun telah ditolak gelandang timnas Jerman tersebut.

"Khedira? Dia masih punya sisa setahun kontrak disini, tapi dia tak mau memperpanjangnya. Yang jelas Khedira tak pernah minta untuk dijual seperti Di Maria," kata Ancelotti.

Tips dan Trik Mencatok Rambut untuk Para Wanita

Posted: 22 Aug 2014 04:35 AM PDT

Memiliki rambut rapih dan tertata dengan baik sepanjang hari menjadi kewajiban bagi setiap wanita. Untuk mewujudkannya, mereka biasanya mengandalkan alat yang bernama catok. Mencatok memang dapat membuat rambut menjadi lebih indah namun jika terlalu sering dapat membuat rambut rusak. Bagaimana tips agar rambut tetap indah walaupun dicatok? Berikut ulasan yang dilansir dari Fashion Spot Jumat (22/8/2014) :

Rambut Tidak Boleh Basah

Saat ingin mencatok rambut, keringkanlah rambut terlebih dahulu. Pastikan rambut benar-benar kering agar tidak menyebabkan rambut menjadi bau dan lepek karena panas yang dihasilkan dari catokan.

Menggunakan Vitamin atau Serum

Sebelum mencatok rambut, maka gunakanlah vitamin yang dapat membuat rambut lebih halus dan lembut setelah proses pencatokan. Vitamin juga berguna agar rambut tidak kering saat dicatok. Jangan menggunakan vitamin hingga ke kulit kepala, karena dapat menimbulkan ketombe.

Sisir

Banyak yang melupakan peran sisir saat mencatok rambut. Padahal, dengan menggunakan sisir maka tatanan rambut setelah dicatok akan lebih rapih dan tidak mudah rusak.

Membersihkan Alat Catok

Selah menggunakan alat catok, diamkan hingga dingin lalu bersihkan. Hal ini bertujuan agar saat menggunakannya lagi, rambut Anda akan terhindar dari kotoran yang menempel pada alat catok. (Cyn/Ars)

Manfaatkan BMW Z4, Casper Smart Ajak J-Lo Balikan

Posted: 22 Aug 2014 04:30 AM PDT

Setelah dikabarkan sempat berpisah pada bulan Juni lalu, belum lama ini Jennifer Lopez atau akrab disapa J-Lo terlihat kembali berduaan dengan mantan kekasihnya, yakni Casper Smart. Tak ingin terekspos, biduan berdarah Latin inipun terlihat sedikit merunduk guna menghindari pantauan awak media.

Melansir laman Dailymail, pada Rabu (20/8/2014), meskipun jarak usia diantara keduanya cukup jauh, J Lo berusia 45 tahun dan Casper berusia 27 tahun, mereka tak tampak canggung dalam menjalin hubungan asmara selama 2,5 tahun. Selepas berpisah dengan Casper, J-Lo dikabarkan menjalin hubungan dengan pria bernama Maksim Chmerkovskiy.

Setelah hampir dua bulan berpisah, nyatanya perasaan cinta antara keduanya masih tetap membara. Dengan BMW Z4 miliknya, Casper pun percaya diri dan memberanikan untuk mengajak J-Lo berkencan dengan menjemputnya.

Kala difoto secara diam-diam oleh awak media, keduanya pun tampak akrab. Tak tampak, tanda-tanda jika pasangan tersebut habis bertengkar atau berpisah.

Meskipun sempat berpisah dengan Casper, J-Lo dikabarkan tak sampai melakukan putus kontak dengan pria tersebut. J-Lo tetap menjaga komunikasi meskipun sempat putus hubungan dengan kekasihnya selama beberapa bulan.

BMW yang digunakan oleh Casper Smart ini ialah BMW Z4 lansiran tahun 2007. Roadster tersebut mengusung mesin V6 berkapasitas 3.0 liter yang dikawinkan dengan transmisi enam percepatan.

Mesin roadster Bavaria tersebut mampu menghasilkan tenaga mencapai 215 horse power dengan torsi sebesar 251 Nm. (Ysp/Des)

2 Pekerja Sosial Pulih dari Sakit Ebola

Posted: 22 Aug 2014 04:30 AM PDT

Dua pekerja sosial asal Amerika Serikat yang terinfeksi Ebola telah keluar rumah sakit Atlanta. Dokter yang merawatnya mengatakan kedua orang ini tak akan menimbulkan masalah penularan saat berada di masyarakat.

Dr Kent Brantly dan Nancy Writebol selama di Emory University Hospital di Atlanta diberikan ZMapp, obat percobaan yang diproduksi oleh perusahaan Mapp Biopharmaceutical.

"Hari ini adalah hari yang penuh berkah. Saya senang karena masih hidup, untuk kembali pulih dan kembali bersama keluarga," ujar Brantly dalam konferensi pers seperti dilansir CBC, Jumat (22/8/2014).

Tak lupa, Brantly mengucapkan terimakasih kepada lembaga amalnya, Samaritan Purse, serta tempat bekerja Writebol yaitu SIM International dan tim medis yang menanganinya.

"Setelah melalui pengobatan dan pengujian, kami telah memutuskan, juga bersama Centers for Disease Control dan pemerintah negara bagian bahwa dokter Brantly telah pulih dari infeksi virus Ebola dan bisa kembali ke keluarga dan komunitas tanpa menimbulkan masalah kesehatan" tutur dr Bruce Ribner dari direktur medis unit penyakit menular Emory University Hospital.

Menurut Ribner, Writebol juga telah terbebas dari virus namun kondisinya masih lemah. Sekarang ia sudah berada sebuah tempat yang dirahasiakan bersama suaminya.

Jelang Karya Terbaru, TaeTiSeo Siapkan Penampilan Khusus

Posted: 22 Aug 2014 04:30 AM PDT

Girls Generation rupanya akan menurunkan sub-unit mereka untuk ikut memeriahkan dunia hiburan. Dengan TaeTiSeo yang terdiri dari Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun, mengumumkan akan menelurkan album terbarunya dalam waktu dekat.

Album terbaru TaeTiSeo ini dijadwalkan akan dirilis September 2014 mendatang. Saat ini, trio tersebut tengah menggarap kemampuan mereka untuk tampil total di depan penggemar dengan membawakan karya terbarunya itu.

(Taeyeon, Tiffany, dan Seohyun saat tampil sebagai trio di atas panggung)

TaeTiSeo sempat memamerkan sebuah video yang di-posting akun resminya OnStyle(온스타일) mengenai panggung perdana mereka membawakan karya terbaru. Sayangnya, TaeTiSeo masih pelit membocorkan informasi tambahan tentang album tersebut.

Selain album, TaeTiSeo juga telah menyiapkan  reality show khusus yang menceritakan kehidupan mereka hanya untuk penggemar. Lewat TaeTiSeo, penggemar akan melihat sisi lain trio tersebut.

(TaeTiSeo yang memamerkan kemeriahan gayanya di reality show yang akan mereka perankan)

TaeTiSeo merupakan sub-unit Girls Generation yang dirilis 2012 silam dengan mini album Twinkle di tahun yang sama. ebut album tersebut langsung meraih posisi teratas di deretan tangga lagu terbaik di Korea Selatan belum lama dirilis.

 

 

Dilema Cilamaya, Rugi Rp 100 Triliun atau Untung Rp 700 Triliun?

Posted: 22 Aug 2014 04:29 AM PDT

Pemerintah menyatakan, pembangunan Pelabuhan Cilamaya penuh dengan dilema. Pasalnya pemerintah harus dihadapkan dengan dua pilihan sulit, antara menanggung kerugian PT Pertamina (Persero) atau mereguk untung ratusan triliun dengan syarat tanpa pemindahan lokasi.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dedy S Priatna mengatakan, lokasi pembangunan pelabuhan Cilamaya di Jawa Barat diusulkan pindah karena alasan bentrok dengan pipa migas Blok ONWJ Pertamina.

"Pindahnya 2 kilometer (KM) sampai 3 KM dari lokasi semua, tapi tetap di daerah Cilamaya. Minta pindah karena ada pipa-pipa migas Pertamina di sana," ungkap dia saat ditemui wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Pertamina, sambung Dedy, telah menyampaikan dua konsekuensi yang harus ditanggung pemerintah apabila tetap bersikeras membangun pelabuhan untuk investor Jepang tersebut.

"Pertama, pemerintah harus ganti rugi konstruksi senilai Rp 2 triliun guna melindungi pipa-pipa Pertamina karena sudah dibangun sesuai alur laut. Kalau ini sih nggak masalah," terangnya.

Namun yang menjadi masalah, lanjut dia, terkait ganti rugi yang diminta Pertamina akibat penghentian operasi pengeboran migas selama pelabuhan dibangun.

"Pertamina sudah menghitung kalau pelabuhan dibangun, kegiatan usaha terhenti dan mereka akan kehilangan pendapatan dengan total Rp 100 triliun. Nah ini pemerintah siap ganti nggak? Ini butuh keputusan Presiden," jelas dia.

Di sisi lain, Dedy menambahkan, jika pelabuhan tetap dibangun di lokasi tersebut, maka keuntungan yang bakal diperoleh negara mencapai Rp 700 triliun.

"Nett profit setelah 25 tahun pelabuhan Cilamaya ditaksir Rp 700 triliun. Jadi pilih yang mana menanggung kerugian Rp 100 triliun atau mau untung Rp 700 triliun. Ini pun harus diputuskan Presiden," pungkas dia. (FIk/Nrm)


* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

INTERMEZO : Ditemukan Lubang Misterius Pada Sebuah Kota

Posted: 22 Aug 2014 04:20 AM PDT

Ditemukan Lubang Misterius Pada Sebuah Kota

16 SPBG Baru Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini

Posted: 22 Aug 2014 04:17 AM PDT

PT Perusahaan Gas Nasional (PGN) menargetkan akan ada 16 SPBG baru dan 4 mobile refueling unit (MRU)  yang akan mulai beroperasi pada tahun ini.

Vice President Corporate Communications PGN Ridha Ababil mengatakan SPBG tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Sukabumi, Bogor, Surabaya dan Sumatera.

"Jadi ada 4 MRU yang sudah siap, 1 SPBG di Bogor, 1 SPBG di Ketapang (Kantor Pusat (PGN), 2 di Surabaya. Juga mungkin ada 1-2 di Sumatera," ujarnya dalam Workshop Forum Wartawan Industri di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/8/2014).

Dia menjelaskan, MRU ini bersifat mobile sehingga bisa berpindah lokasi dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna BBG.

"Itu kita siapkan karena lokasi SPBG-nya terbatas. Jadi kita siapkan MRU supaya bisa dipindah-pindah ke lokasi seperti pool taksi, transjakarta, atau tempat lain yang lokasinya mudah, kalau mau kita pindahkan tinggal pindahkan," lanjut dia.

Selain itu, MRU disiapkan sebagai solusi terbatasnya kemampuan perusahaan untuk membangun SPBG secara penuh karena terkendala faktor lahan.

"Kalau SPBG itu kan harus spesifik. Ukuran (lahan) berapa kali berapa. Jadi kita kesulitan untuk dapat tanah di lokasi-lokasi tertentu," kata dia.

Sementara itu, menurut Ridha pengembangan infrastruktur SPBG juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, setidaknya hingga 3 tahun.

"Kita butuh 3-5 tahun kedepan sampai dengan volumenya signifikan. Kalau hanya 1-3 tahun kedepan masih sangat kecil. Sekarang saja alokasi gas untuk transportasi sangat dikit karena selama ini (BBG) hanya sebagai pendamping saja. Untuk tahun depan tergantung dari perkembangan pasar, bagaimana konsumsinya," tandas dia.(Dny/Nrm)

 


* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Galatasaray Bantah Sedang Dekati Podolski

Posted: 22 Aug 2014 04:16 AM PDT

Galatasaray membantah sedang mendekati striker Arsenal, Lukas Podolski. Klub asal Turki itu justru lebih tertarik untuk merekrut striker The Gunners lain, Joel Campbell.

Sejumlah isu pekan ini menyebutkan Arsenal bersedia menjual Podolski musim panas ini. Pasalnya, Podolski tak pernah mampu menjadi pilihan utama sejak bergabung tahun 2012 lalu.

"Saya sudah bertanya pada pelatih Cesare Prandelli apakah harus membeli Podolski. Dan Prandelli menjawab kalau Podolski terlalu mewah," kata CEO Galatasaray, Unal Aysal seperti dilansir Goal.

"Lagipula tim ini memang tidak membutuhkannya. Jadi kami takkan membahas isu itu lebih jauh lagi," katanya menambahkan.

Menariknya, Aysal justru kagum dengan penampilan Campbell yang bersinar bersama Kosta Rika di Piala Dunia 2014 lalu. Apalagi Campbell masih berusia 22 tahun dan masih bisa terus berkembang permainannya.

"Campbell pemain muda, hebat, dan menjanjikan. Namun Arsenal menyatakan takkan menjualnya, jadi kami tak bisa berbuat apa-apa," katanya tersenyum.

Baca Juga:

Simeone Akui Musim Ini Atletico Kalah Bersaing

Malaysia Tantang Timnas Indonesia

PSG Pesimistis Dapatkan Di Maria