Rabu, 13 Agustus 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Waspada Virus Ebola

Posted: 13 Aug 2014 04:40 AM PDT

Pemerintah siapkan laboratorium Ebola, Ebola jadi epidemi Global.

Operasi Pemisahan Kembar Siam

Posted: 13 Aug 2014 04:38 AM PDT

Orangtua ikuti proses operasi pemisahaan, penyempurnaan operasi masih berlangsung.

Paman Bejat Perkosa Dua Ponakan

Posted: 13 Aug 2014 04:36 AM PDT

Ibu korban melapor ke Komnas anak, perlakuan tersebut sudah dilakukkan pamannya sejak TK.

Sisi Lain dari Kepala PPATK

Posted: 13 Aug 2014 04:35 AM PDT

Bapak Muhammad Yusuf apa kabar?

Alhamdulillah sehat sekali.

 

Apa saja yang menjadi kegiatan sehari-hari bapak?


Sama seperti biasanya, hanya berkisar pada membaca. Karena saya merupakan pecinta buku yang dapat memancing inspirasi seperti tokoh-tokoh, lalu buku-buku yang mampu membuat kita dapat bergerak dan buku-buku yang mampu membuat kita menjadi bersemangat menuju masa depan. Selain membaca, saya juga menyukai olahraga seperti bersepedah di komplek.

 

Bolehkah diceritakan perjalanan hidup bapak sehingga kini menjadi kepala PPATK?

Berasal dari Sumatera Selatan, saya banyak menghabiskan waktu hingga kuliah di Universitas Indonesia. Setelah di UI, saya hijrah ke Ujung Pandang untuk bekerja. Disanalah saya baru menyadari bahwa gaji seorang PNS sangat kecil hingga membuat saya ingin berhenti setelah tiga bulan bekerja.

Namun karena ayah saya tidak menyetujui, akhirnya saya meneruskan pekerjaan sesuai dengan amanat ayah. Sampai saya memiliki keluarga, orangtua tidak menyadari bahwa gaji saya kecil. Untuk menutupi gaji kecil, akhirnya saya berusaha mencari celah rezeki dengan membantu jaksa mulai dari membuat surat dakwaan, tuntutan, dan masih banyak lagi. Selain itu saya juga mengajar di kejaksaan dan kepolisian untuk menutupi kekurangan uang.

 

Pernah ada yang ingin menyuap bapak?

Tentu saja pernah, hingga saat ini bahkan ada. Namun saya menjelaskan bahwa saya hanya ingin menerima uang yang halal. Dengan meluncurkan dua buah buku mengenai korupsi maka memudahkan saya untuk mengajari junior saya untuk menjauhkan diri dari korupsi. Orang-orang yang menyuap juga bahkan pernah mendatangi keluarga dan sekretaris saya untuk memberikan saya uang. Namun dengan tegas saya menolaknya karena akan merugikan saja.

 

Nampak segar, selain olahraga apa yang bapak lakukan?


Saya sering menjalankan sholat malam, kemudian saya juga menjaga makanan yang masuk ke tubuh saya, dan selalu minum air putih setiap hari.

 

Apa yang menjadi makanan kesukaan Pak Yusuf?


Tidak ada karena menurut saya hanya ada dua jenis yaitu makanan yang enak dan tidak enak. Yang terpenting menjauhi tiga aspek penyedap, pengawet dan pewarna serta halal pasti akan saya sukai.

 

Ada film favorit pak?


Saya suka dengan film berbau detektif, aksi dan yang menyangkut dengan historikal.

 

Selain film, bagaimana dengan musik?


Saya menyukai musik-musik dari Ebiet G. Ade, Maher Zein, Ungu, Opick dan Scorpions. Saya senang dengan musik yang berangkat dari suara hati.

 

Selama menjadi kepala PPATK, pernahkah bapak menemui ancaman?


Ancaman yang pernah saya temui seperti melalui pesan singkat di handphone namun saya menanggapinya dengan santai. Bagi saya, selama kita ada di jalan yang benar pasti Allah SWT akan membantu.

 

Pesan untuk anak muda yang ingin seperti bapak?


Setiap orang memiliki potensi dalam dirinya. Jika Anda berusaha dan berdoa kepada Tuhan maka segala sesuatu akan dimudahkan. (Cyn/Igw)

Pemerintah Bakal Bayar Gaji dan THR Pegawai Merpati Rp 200 Miliar

Posted: 13 Aug 2014 04:35 AM PDT

Koordinator Aksi Damai Pegawai Merpati, Purwanto mengeluhkan, ada ribuan pegawai yang harus menanggung beban berat akibat berhentinya operasi maskapai penerbangan perintis itu. Hal itu karena total gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) yang belum dibayarkan mencapai ratusan miliar rupiah.

"Ada 1.400 karyawan. Jika di total secara keseluruhan gaji 8 bulan dan THR 2 kali yang harus dibayar senilai Rp 200 miliar," ungkap dia di Jakarta, Rabu (13/8/2014).

Menurut Purwanto, pihaknya mendesak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan untuk merestrukturisasi total, baik bagi Merpati maupun pembayaran hak normatif pegawai.

"Diutamakan selesaikan gaji dan THR dulu. Bisa dituntaskan secara paralel, karena kami sangat menderita. Desakan ini akan kami bawa dalam rapat bersama Dahlan besok dengan mengirim surat ke Kemenkeu," ucapnya.

Sebab, sambung dia, Kemenkeu akan memproses pembayaran gaji dan THR apabila Kementerian BUMN melayangkan surat permohonan, selain surat restrukturisasi utang Merpati.

"Selama ini yang diterima Kemenkeu cuma surat restrukturisasi, bukan surat permohonan pembayaran gaji dan THR. Jadi Kemenkeu nggak tahu," ujar Purwanto.

Akibat tunggakan gaji dan THR tersebut, kata Purwanto, pegawai Merpati harus menjual harta benda mereka. Mulai dari perhiasan, kendaraan sampai rumah demi menutupi biaya hidup.

"Kami kan karyawan yang punya skill khusus, tapi karena masih statusnya karyawan Merpati, nggak bisa pindah ke maskapai lain. Jadi kami menjual barang-barang berharga supaya bertahap hidup, misalnya jual perhiasan istri, dan ada juga yang sampai jual rumah serta kendaraan," tukas dia. (Fik/Ahm)

Jendela Dunia

Posted: 13 Aug 2014 04:34 AM PDT

Mobil hantam pembatas jalan, serta mobil meledak pengemudi nyaris jadi korban.

Mantan Bintang MU Kritik Aksi Bunuh Diri Robin Williams

Posted: 13 Aug 2014 04:33 AM PDT

Aktor senior, Robin Williams, ditemukan tewas mengenaskan dengan cara gantung diri menggunakan ikat pinggang di kediamannya, Tiburon, California pada 11 Agustus 2014 waktu setempat. Hal ini mengundang berbagai reaksi dari rekan selebritis, termasuk mantan bintang Manchester United, Alan Brazil.

Seperti dilansir Metro (13/8), Alan menyebut. "Saya percaya ia juga memiliki anak perempuan, apa yang ia rasakan pagi ini?"

"Sekarang dia harus mengatur pengeluaran. Hal itu sangat mengejutkan saya sangat terkejut. Saya tidak terlalu bersimpati, maaf."

Akibat celotehannya tersebut, pria yang juga menjadi komentator di Talksport ini menerima hujaman kritik dan cibiran dari para pengguna twitter. Bahkan ada yang menyebutnya bodoh.

@StanCollymore "Anda bukan Dokter, jadi opini Anda mengenai gangguan mental sangat tidak pantas."

Namun pihak Talksport telah merespon cepat kejadian ini. Pihaknya telah meminta maaf pada publik.

"Talksport meminta maaf atas pelanggaran yang terjadi. Komentar Alan tidak mencerminkan atau mewakili kami," ujar seorang juru bicara wanita dalam Metro (13/8).

Baca Juga:
Kalah Lagi, Peluang Timnas U-19 Lolos ke Semifinal Tipis
Rihanna Ingin Beli Liverpool?
Wanita Cantik Ini Siap Rawat Messi Jika Digigit Suarez

Terduga Anggota ISIS

Posted: 13 Aug 2014 04:32 AM PDT

Tak terbukti pengikut ISIS, dilepas polisi. Polisi masih melakukkan razia di setiap kendaraan umum.

Cara Baru Meningkatkan Kepercayaan dan Harga Diri

Posted: 13 Aug 2014 04:30 AM PDT

Bekerja suka rela terbukti mendatangkan manfaat psikologis dalam kehidupan. Mengutip sebuah hasil penelitian,  Self-Help & Psychology Magazine Agustus ini menulis, para sukarelawan, terutama para pensiunan yang bekerja tanpa dibayar untuk kegiatan kelompok masyarakat tertentu, ternyata rasa percaya diri dan penghargaan dirinya meningkat.    

Menurut para peneliti, bekerja secara suka-rela rupanya telah memberikan semacam tujuan hidup dan ikatan sosial yang erat dalam hidup sehari-hari para relawan.
Temuan ini pun menunjang hasil suatu penelitian lain.

Januari lalu, jurnal Epidemiology di AS mengatakan, orang yang memiliki ikatan sosial kuat ternyata sanggup hidup dengan usia lebih panjang. Adapun ikatan sosial yang dimaksud, antara lain terlibat dalam pergaulan yang sehat, selalu berada di antara teman-teman yang baik, bergabung dengan perkumpulan-perkumpulan sosial atau menjadi sukarelawan dengan memberikan waktunya untuk bekerja bagi kepentingan orang lain.

Aktor Ini Mengaku Lihat Hantu Robin Williams

Posted: 13 Aug 2014 04:30 AM PDT

Aktor Jeff Bridges mengetahui kematian Robin Williams meninggal saat acara pemutaran perdana film yang dibintanginya, The Giver di New York pada Senin, 11 Agustus kemarin.

Beberapa jam kemudian, Jeff mengaku melihat hantu Robin Williams. "Saya ingat kami ke restoran Boathouse (di Central Park, New York) berpesta usai pemutaran perdana (`The Giver`) dan di restoran itu saya duduk satu meja bersama istri saya. Kemudian saya melihat dari jendela dan berkata, 'Apa? Bukankah itu Robin? Apa itu hantunya?'" cerita aktor yang pernah main bareng Robin Williams di The Fisher King, dikutip Hollywoodlife, Selasa (12/8/2014).

Keterangan foto: Robin Williams dan Jeff Bridges di The Fisher King (1991).

Lantas, benarkah sosok yang dilihat Jeff Bridges malam itu adalah hantu Robin Williams?

Ternyata bukan. "Tak tahunya itu adalah si Radioman," kata Jeff. Radioman adalah seorang tuna wisma terkenal di kota New York bernama asli Craig Castaldo. Sepetyi Robin Williams, Radioman juga kelahiran 1951 dan bertampang penuh janggut. Dari kejauhan, tuna wisma yang punya ciri khas mengalungkan radio di lehernya ini terlihat mirip Robin Williams.

Keterangan foto: Robin Williams dan Radioman. Mirip, ya? (gala.de)

Meski ternyata tak melihat hantu Robin Williams, Jeff jadi terkenang kembali kebersamaannya bersama sang aktor. "Saat itu saya jadi mengingat lagi kenangan manis kami di New York saat syuting `The Fisher King`," kenang Jeff soal akting bareng Robin di film rilisan tahun 1991.

"Kita kehilangan seorang sahabat yang kita sayangi, Robin Williams--seorang manusia yang brilian," kata Jeff lagi. "Saya mendoakan keluarganya diberi ketabahan juga. Saya bisa merasakan Robin di sini berkata, 'Ayo teruskan. Teruslah berkarya.'" (Ade/Feb)