Kamis, 01 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Survei: Ryamizard Tepat Jadi Cawapres Jokowi

Posted: 01 May 2014 04:48 AM PDT

Pasca-Pileg 9 April 2014 berujung maraknya manuver koalisi parpol jelang Pilpres 9 Juli nanti. Salah satu kandidat terkuat Capres 2014 adalah Joko Widodo (Jokowi). Dan saat ini yang paling ditunggu masyarakat adalah seputar figur utama yang bakal mendampingi Capres dari PDIP tersebut.

Pemilihan figur cawapres yang tepat dianggap jadi rumus politik yang jitu untuk memenangkan pertarungan pilpres nanti. Karena kesalahan dalam memilih, akan membuat elektabilitas salah satu capres menjadi turun.

Lembaga Survei  Indonesia Survey Center (ISC) telah melakukan jejak pendapat terkait siapa cawapres yang paling diinginkan publik untuk mendampingi Jokowi dalam Pilpres mendatang.

Direktur Eksekutif ISC, Andry Kurniawan menjelaskan bahwa berdasarkan hasil surveinya perpaduan kandidat presiden yang berlatarbelakang sipil-Jawa/militer dengan Wapres dari kalangan militer/luar Jawa, atau sebaliknya, ternyata masih menjadi primadona masyarakat untuk melihat calon pemimpin bagi bangsa Indonesia ke depan.

"Ini menandakan bahwa dikotomi sipil-militer masih tertanam kuat di benak pemilih," kata Andry di Jakarta, Kamis (1/5/2014).

Andry menjelaskan, ketika pihaknya menanyakan responden dari kalangan mana yang paling cocok untuk mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2014, mayoritas publik menjawab sosok dari kalangan militer menempati posisi teratas dengan 47, 3 %, disusul dari birokrat 23, 7%, pengusaha 18,2%, tokoh politik dari eksternal PDIP 15,1%, dan  dari internal PDIP 9,3%.

"Hal ini mengindikasikan bahwa dwitunggal sipil-militer dianggap akan bisa meningkatkan elektabilitas bagi pasangan tersebut," tuturnya.

Selain itu, imbuh Andry, sebanyak 30,3% publik juga mengharapkan pemimpin mendatang harus bisa menyelesaikan isu dan tantangan keamanan. Setelah itu 59,6 % mengharapkan penerapan  pemberantasan korupsi dan sebanyak 27,4 % publik mengharapkan pengentasan kemiskinan.

"Karena itu, tokoh militer sebagai cawapres Jokowi dianggap publik sangat diperlukan untuk menghadapi segala kemungkinan terjadinya kekacauan (konflik) pasca pemilu," tegasnya.

Lebih lanjut Andry menuturkan, yang menarik adalah publik melihat bahwa sosok militer pendamping Jokowi dalam Pilpres nanti justru sebagai antisipasi menghadapi Prabowo Subianto yang merupakan mantan Danjen Kopassus sebagai potensial kompetitor yang dikenal tegas dan berani.

"Masyarakat melihat bahwa kontestasi Jokowi versus Prabowo dalam Pilpres akan berlangsung sengit. Karena keduanya memiliki popularitas dan elektabilitas yang setara. Dengan kata lain, pasangan cawapres Prabowo yang sudah pasti berasal dari kalangan sipil akan bisa mengalahkan Jokowi, kecuali jika cawapresnya dari militer," ungkapnya.

Menurut Andry, publik menilai cawapres militer untuk Jokowi sesuai dengan visi misi dan tagline PDIP yakni 'Indonesia Hebat'. Karena itu menurutnya dalam hasil surveinya tersebut menempatkan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Ryamizard Ryacudu sebagai sosok yang hebat dan tepat mendampingi Jokowi.

"Ryamizard Ryacudu adalah figur dari militer yang oleh publik dinilai pas sebagai cawapres pendamping Jokowi sebesar (21,5%,), disusul Jusuf Kalla (19,1%,), Mahfud MD (14,3%), Ahok (12,9%), Puan Maharani (10,6%), Agus Martowardojo (8,4%,),  dan yang menjawab tidak tahu
sebesar13,2%," paparnya.

Tampilnya mantan KSAD di era pemerintahan Megawati pada posisi teratas pilihan publik ini tidak terlepas dari performanya yang low profile, tegas, setia, berlatar belakang militer non-jawa, dan dipandang mampu mensubordinasikan diri dengan Jokowi dalam kabinet pemerintahan jika
terpilih kelak.

"Dengan kata lain, stigma munculnya 'dua nakhoda dalam satu kapal' diduga kuat tidak akan terjadi nanti. Dibanding nama-nama cawapres Jokowi yang lainnya, Ryamizard Ryacudu dinilai memiliki kemampuan bekerjasama dengan Jokowi dalam menjalankan program-program pemerintahan yang disiapkan PDIP," jelasnya.

Survei ISC dilaksanakan pada 12 s/d 18 April 2014 di 33 provinsi seluruh Indonesia. Yang disurvei adalah sejumlah tokoh yang telah diwacanakan dan beredar di berbagai media sebagai kandidat kuat calon Wakil Presiden Jokowi.

Populasi dari survei ini adalah seluruh calon pemilih dalam Pemilu 2014 atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah. Jumlah sampel sebesar 1070 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara berjenjang (multistage random sampling). Margin of error +/- 3 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan responden dengan pedoman kuisioner. Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Penentuan responden dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid. Uji kualitas dilakukan melalui telephone-check dan spot-check sebesar 20 persen dari total sampel.

Survei ISC didanai secara mandiri, dan bukan hasil resmi dari KPU.

Prabowo Hadiri Perayaan May Day di GBK

Posted: 01 May 2014 04:45 AM PDT

Prabowo Subianto berorasi di depan ribuan buruh saat perayaan hari buruh sedunia di GBK, Jakarta,  (1/5/14). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Bek Kiri City Ini Tak Mungkin Pindah ke AS Roma

Posted: 01 May 2014 04:45 AM PDT

Aleksandar Kolarov dipastikan tidak akan bergabung ke AS Roma musim depan. Pasalnya meski sangat berminat namun klub ibukota Italia itu terhambat masalah gaji.

Kontrak Kolarov bersama Manchester City akan habis tahun depan. Tak heran sejumlah klub berebut mendekati bek kiri asal Serbia tersebut, termasuk Roma yang akan bermain di Liga Champions musim depan.

"Memang benar Roma sangat serius mendekatinya. Tapi ada hal yang menganggu proses ini," kata agen Kolarov, Dejan Joksimovic seperti dilansir Soccerway.

"Gaji Kolarov bersama City mencapai 3,5 juta euro per tahun. Dan, permintaan gaji yang sama tidak bisa dipenuhi Roma," ujarnya menjelaskan.

Meski demikian Joksimovic yakin kliennya tidak akan menemui kesulitan untuk pindah. Meski musim ini bermain sebanyak 27 kali di Liga Premier, namun Kolarov tetap menjadi pelapis bagi Gael Clichy.

"Beberapa klub seperti AC Milan, Juventus, Inter, Monaco, dan klub Rusia pasti mampu membayar gajinya. Namun sejauh ini belum ada yang konkret."

EasyJet Tampilkan Pertunjukan Teater dalam Pesawat

Posted: 01 May 2014 04:32 AM PDT

Dalam rangka memperingati Shakespeare Day yang ke-450 tahun, yang jatuh setiap tanggal 23 April, akhir pekan lalu, maskapai penerbangan EasyJet memberikan kejutan bagi penumpangnya.

Dalam rute penebangan dari Gatwick (Inggris) menuju Verona (Italia), maskapai ini mengejutkan penumpangnya dengan menghadirkan pertunjukan Hamlet secara teatrikal di dalam pesawat!

Pertunjukan yang melibatkan Reduced Shakespeare Company, sebuah komunitas teater yang khusus menampilkan karya-karya Shakespeare itu berlangsung selama satu jam hingga beberapa saat sebelum pesawat mendarat.

Karya yang dipilih adalah Hamlet, dan melibatkan sekitar 4 aktor yang mengenakan kostum pertengahan abad tersebut.

Pertunjukan dimulai ketika pesawat telah mencapai ketinggian 37 ribu kaki yang merupakan zona stabil pesawat. Sontak, ketika mendengan suara musik Hamlet dimainkan, penumpang yang sedang tertidur pun terbangun dan turut menikmati pertunjukan tersebut.

Dilansir dari The Independent, Kamis (1/05/2014), pertunjukan ini pertunjukan ini memperoleh penghargaan The Guinness World Record untuk kategori Pertunjukan Teater Terbaik yang pernah ada di dunia. (Liz)

Ubah Program Uji Coba, Timnas U-23 Duel Kontra Republik Dominika

Posted: 01 May 2014 04:31 AM PDT

Mempertimbangkan keberatan Arema Indonesia melepas tujuh pemainnya, PSSI melalui Badan Tim Nasional (BTN) memberikan kesempatan Timnas U-23 bertanding melawan Republik Dominika pada 15 Mei 2014 di Stadion Manahan, Solo.

Pertandingan melawan Rep Dominika dirancang untuk Timnas senior. Partai persahabatan ini rencananya digelar di SUGBK, Jakarta di tanggal yang sama. Namun program itu terpaksa diubah BTN menyusul keberatan Arema. Dari daftar pemain yang dirilis BTN, Arema menjadi penyumbang pemain terbesar untuk menghadapi laga amal kontra ASEAN All Stars di Jakarta, 11 Mei nanti.

Karena itu, setelah pertandingan uji coba melawan ASEAN All-Stars seluruh pemain Timnas senior dipulangkan ke klub masing-masing.

"Sejumlah pemain ISL yang dipanggil pelatih Alfred Riedl harus mengikuti agenda pertandingan klub. Jadi BTN memutuskan, memainkan Timnas U-23 melawan Rep Dominika," ujar Sekretaris BTN, Sefdin Syaifuddin.

Dia menjamin, pertandingan melawan tim dari kawasan bermuda itu dicatat FIFA dan mempengaruhi peringkat FIFA. "PSSI sudah sampaikan ke FIFA, dan FIFA setuju, sehingga match nanti tetap dicatata di FIFA. Tetap dihitung poin di rangkin dunia."

Timnas U-23 akan memulai pemusatan latihan tahap tiga mulai 6 Mei di Universitas Negeri Yogyakarta. Pada 14 Mei, "Garuda Muda" akan pindah ke Solo."Untuk saat ini, lawan Timnas U-23 baru satu. Sebelum melawan Rep Dominika, da pertandingan juga tapi kami belum bisa mengumumkan sekarang karena masih dalam tahap negosiasi

 

Aty D Academy Akan Jadi Peserta Comedy Academy Indosiar?

Posted: 01 May 2014 04:30 AM PDT

Menjadi hal yang biasa bagi kelima finalis D'Academy Indosiar untuk saling bercengkrama. Namun ada hal yang paling menggugah gelak tawa seisi rumah asrama. Jiwa seni seorang Aty D'Academy ternyata bukan hanya berada pada kemampuan benyanyinya, tetapi ia juga memiliki bakat berkomedi.

"Gila memang dia. Pokoknya kita semua terguncang dibuatnya dengan canda tawa. Sangat sangat humoris," ungkap Frans lantas tertawa saat dijumpai di Asrama D'Academy, Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (1/5/2014).

Aty memang terkenal sebagai sosok paling humoris di antara para finalis yang lain. Bahkan ia mampu memerankan ekspresi dan tingkah laku para finalis lainnya hanya untuk mengejek para finalis yang ekspresinya ia ikuti.

"Kok bisa-bisaan gitu dia ngikuti gaya punya kita. Nggak nahan kita liatnya. Bawaannya mau ketawa," kata Ikif, finalis asal Kota Ngawi, Jawa Timur.

Saat ditanya mengenai kebiasaannya bercanda, Aty mengungkapkan kalau hal tersebut sudah menjadi kebiasaannya sejak dulu saat masih di sanggar. "Semua itu saat di sanggar saling ketawa-ketawi dengan gayanya masing-masing. Kita belajar semua-semua, dari nyanyi, tari, sampai komedi," tutur Aty.

Saat ditanya keberminatannya mengikuti Comedy Academy Indosiar, Aty menjawab dengan logat khasnya. "Eeee saya jauh-jauh dari Selayar ke Jakarta mau menyanyi kodong (kasian), bukan berkomedi," pungkasnya.

PSM Makssar: Menang Atau Terpuruk

Posted: 01 May 2014 04:21 AM PDT

PSM Makassar akan menghadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Bung Tomo Surabaya, Jumat 2 Mei nanti. PSM yang terpuruk di peringkat delapan klasemen sementara ISL wilayah timur wajib menutup laga terakhir dengan manis untuk mengamankan posisi di putaran pertama.

Tiga poin di laga nanti berarti penting sebab jika tak mempu mengamankannya, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan tersebut bisa semakin terpuruk di papan bawah klasemen. Namun meski catatannya tak maksimal, Rudi William Keeltjes selaku pelatih PSM tetap yakin timnya bisa merepotkan barisan pertahanan Persebaya.

"Semua pemain dalam kondisi siap untuk bermain. Kami akan melakukan yang terbaik di laga ini. Saya harapkan juga anak-anak bisa lebih fokus bermain," katanya pada Liputan6.com, Kamis (1/5/2014).

Komentar yang hampir senada juga diungkapkan Ponaryo Astaman. Kapten PSM itu mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya akan berusaha fokus demi meraih tiga poin di laga esok.

"Kami akan berusaha meraih poin penuh, apalagi beberapa pertandingan kami kehilangan banyak poin. Jadi kami akan memberikan yang terbaik untuk mendapatkan poin," ucapnya.

Jika mampu memetik tiga poin di laga nanti, PSM berpeluang naik ke posisi enam klasemen. Tapi jika sebaliknya, tempat PSM terancam dilengserkan oleh dua tim berbeda dan mereka harus rela mengakhiri putaran pertama dengan duduk di papan bawah klasemen. (Van)

Pipa Gas Arun-Belawan Kelar Oktober, Dahlan: Ini Sejarah Baru

Posted: 01 May 2014 04:21 AM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, pembangunan pipa gas dari Arun ke Belawan akan selesai Oktober 2014.

Dahlan mengatakan pembangunan pipa gas tersebut saat ini sudah 75%, dan hanya tersisa 60 kilometer (km) sambungan pipa yang belum selesai dikerjakan karena terkendala pembebasan lahan.

"Pipa gas dari Arun ke Medan sudah selesai 75% dibangun Pertagas. Nah itu Oktober akan selesai, jadi Oktober nanti sudah ada pipa gas sampai Arun ke Belawan. Tinggal 60 km di beberapa tempat karena menyangkut tanah," kata Dahlan seperti yang dikutip Kamis (1/5/2014).

Menurut dia, jika ruas pipa tersebut sudah jadi maka menjadi sejarah baru bagi wilayah tersebut. Nantinya Medan, Sumatera Utara akan mendapat pasokan gas dari Arun, Nangroe Aceh Darussalam.

Dahlan mengungkapkan, jika gas dari Arus sudah masuk ke Medan akan memberikan hawa segar bagi industri di wilayah tersebut. Maklum, selama ini industri Medan kesulitan mendapatkan gas.

"Dengan demikian industri di Medan dapet gas yang selama ini buntu," pungkasnya.

Zac Efron Sibak Sisi Buruk Hidupnya

Posted: 01 May 2014 04:15 AM PDT

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Zac Efron telah masuk panti rehabilitasi dua kali dalam setahun setelah dirinya keranjingan berpesta hingga akhirnya tidak terkontrol lagi. Bintang High School Musical itu pun ketergantungan obat-obatan terlarang dan alkohol.

Setelah merasakan pengalaman pahit itu, aktor berusia 26 tahun itu membuka sisi keburukannya kepada publik. Ia menceritakan perjuangannya berhenti mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

"Siapapun dirimu, kami akan menghadapi ujian dalam hidup untuk menjadi lebih dewasa," ujar Zac seperti dikutip dari Contacmusic, Kamis (1/5/2014).

"Kamu akan tumbuh dengan sesuatu yang kamu inginkan, kamu pelajari, dan yang kamu miliki. Memang suatu hal yang mustahil untuk mengedepankan kejujuran dan menjalankan hidup sebagai seorang pria dan tidak membuat kesalahan.

"Namun, kemudian hal itu (ketergantungan obat-obatan terlarang dan alkohol) menjadi memalukan ketika publik mengetahuinya dan menjadi suatu hal yang diamati," lanjutnya.

Zac mengaku dirinya mulai ketergantungan lantaran mendapat tanggung jawab yang besar diusianya yang saat itu masih muda. Pemain film Neighbors ini juga mengatakan dirinya hanya manusia biasa yang sering membuat kesalahan.

"Ketika kamu sudah sukses diusia muda dan kamu menerima segala sesuatu dengan baik. Kamu juga dapat sebuah kemenangan tetapi juga punya tanggungjawab besar. Dan itu adalah tanggung jawab yang harus dijalankan dan menjadi panutan," ungkapnya.

"Pada saat yang bersamaan, saya cuma manusia biasa dan banyak membuat kesalahan. Saya belajar dari satu sama lainnya," imbuh Zac.

Untuk berjuang berhenti dari kecanduannya tersebut, Zac telah bergabung dalam sebuah perkumpulan Pecandu Alkohol Anonim (AA) dimana mereka membantu seseorang untuk berhenti mengkonsumsi hal tersebut. Kini mantan kekasih Vanessa Hudgens itu menjadi seorang terapis.

"Saya telah mencobanya. Dan saya pikir hal itu telah mengubah hidup saya. Saya lebih merasa nyaman dengan kulit saya. Sesuatu yang lebih mudah sekarang ini. Perjuangan yang tidak ada hentinya," tutur Zac.

Tetapi sekarang, Zac merasa lebih sehat dari sebelumnya dan benar-benar merasa bahagia dirinya perlahan mulai melupakan kebiasan buruk yang merugikan dirinya itu.

KSPI Dukung Prabowo Jika Berani Buat Kontrak Politik dengan Buruh

Posted: 01 May 2014 04:11 AM PDT

Memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day, ratusan buruh dari berbagai elemen tumpah ruah di Bundaran Hotel Indonesia.