Selasa, 27 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


Din Syamsuddin Kecam Maraknya Kampanye Hitam Jelang Pilpres

Posted: 27 May 2014 05:30 AM PDT

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin menyesalkan maraknya black campaign atau kampanye hitam yang dilancarkan dua kubu pasangan capres-cawapres. Din pun meminta dua pasangan capres-cawapres bersaing secara ksatria dan bermartabat, serta menyetop politik kampanye hitam.

"Saya prihatin dengan gejala menjelang pilpres (pemilihan presiden) yang dipenuhi oleh politik black campaign. Kedua kubu pasangan capres saling menjelek-jelekkan di media sosial," tutur Din seusai tabligh akbar di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa, (27/5/2014).

Din menyayangkan kampanye hitam. Sebab, tak jarang aksi politik itu bernada fitnah dan bernuansa suka, agama, ras, dan antar-golongan (SARA). Menurut Din, jika kampanye hitam ini dikembangkan justru mencederai kualitas demokrasi bangsa. "Black campaign bernada SARA juga bisa mengancam persatuan bangsa," ujar Din.

Menurut Din, maraknya black campaign akan menghilangkan peluang dari masyarakat untuk mendengarkan adu konsep dan adu ideologi dari masing-masing capres. Kedua pasangan calon sibuk dengan aksi kampanye hitam.

Dalam pandangan Din, jika memang ada isu yang tidak benar maka selesaikan lewat jalur hukum. Jangan malah di media massa atau media sosial.

"Oleh sebab itu Muhammadiyah menyerukan kedua pasangan calon untuk bersaing dengan sehat dengan mengutamakan akhlak mulia. Hendaknya dalam berkampanye mengedepankan pemaparan program, visi misi secara terbuka dan edukatif," paparnya.

Terkait pilpres, Din memberikan rujukan dari ayat Alquran, fastabiqul khairat, yang bermakna berlomba dalam kebaikan. Namun demikian, Din juga mengingatkan kedua pasangan capres-cawapres harus siap menang-kalah.

"Kedua pasangan calon capres dan pendukungnya hendaknya berjiwa besar menerima hasil pemilihan presiden dengan bersikap legowo, tidak takabur dan tetap memelihara kesantunan serta saling menghormati antara yang menang dan kalah," tandas Din.

Amanda Holden: Simon Cowell Akan Menikahi Lauren Silverman

Posted: 27 May 2014 05:30 AM PDT

Amanda Holden, yang juga rekan Simon Cowell sebagai juri Britain's Got Talent yakin kalau sahabatnya itu akan menikahi Lauren Silverman. Amanda mengatakan kalau Simon mencintai Lauren dan Lauren adalah pengaruh positif bagi pria 54 tahun tersebut.

"Saya pikir mereka akan menikah. Daya saya juga yakin mereka akan memiliki anak lagi, karena Simon menyukainya," ujar Amanda, seperti dikutip Femalefirst.

Hubungan Simon Cowell dengan Lauren Silverman memang sempat bikin heboh pada 2013 lalu. Mereka berpacaran meski saat itu Lauren masih memiliki seorang suami, Andrew Silverman yang seorang pengusaha.

Hubungan mereka diketahui publik setelah Lauren mengaku tengah mengandung anak dari Simon. Lauren dan Andrew bercerai pada Agustus2013. Sedangkan Lauren melahirkan anak Simon pada 14 Februari 2014 dan diberi nama Eric.

"Simon pasti harus meminta Lauren untuk menikah dengannya. Dia seharusnya tidak membiarkan Lauren pergi. Lauren seperti pengaruh yang baik untuk dirinya dirinya," sambung Amanda.

Lauren sendiri sebelumnya sempat mengatakan bahwa ia tidak ingin terburu-buru menikah dengan Simon. Saat ini, ia tengah menikmati kebersamaannya dengan Simon dan buah hati mereka. "Tentu saja kami akan menikah pada akhirnya, tetapi belum saat ini," kata Lauren.

Dimanakah Pulau Tergelap di Dunia?

Posted: 27 May 2014 05:30 AM PDT

Dengan semakin canggihnya teknologi dan semakin mudahnya akses listrik di berbagai penjuru dunia, kini mestinya tak ada lagi daerah yang tidak terpapar aliran listrik.

Namun ternyata, meski sudah memiliki jaringan listrik, sebuah pulau di benua Eropa masih saja mengalami gelap gulita ketika malam tiba. Saking gelapnya, pulau bernama Sark ini bahkan dijuluki sebagai pulau tergelap di dunia!

Sark Island merupakan salah satu dari gugusan kepulauan di antara Inggris dan Prancis. Pulau ini merupakan salah satu wilayah kekuasaan terakhir kedua negara tersebut di Eropa.

Pada zaman feodal, pulau merupakan properti turun-temurun yang diberikan dari petinggi kepada pengikutnya. Sark Island sendiri diberikan pertama kali oleh oleh Ratu Elizabeth I kepada Seigneur Hellier de Carteret pada tahun 1565 dalam rangka untuk melindunginya dari bajak laut.

Keunikan lain dari pulau ini adalah tidak ada bahkan jalan beraspal. Semua orang mengendarai sepeda sebagai alat transportasi utama. Bahkan ambulans dan mobil pemadam kebakaran ditarik oleh traktor.

Kurangnya mobil dan lampu jalan berarti suasana malam di Sark sangatlah gelap. Dalam beberapa tahun terakhir, warga telah bekerja keras untuk tetap berada dalam kondisi demikian. Bahkan, meski menggunakan jaringan listrik untuk barang elektronik seperti kulkas dan mesin cuci, namun warga pulau ini menolak menggunakan listrik untuk pencahayaan! Bahkan, ketika matahari terbenam, para warga akan menutup tirainya sehingga tidak ada lagi cahaya baik dari dalam maupun luar rumah.

Pada tahun 2011, Sark menjadi pulau pertama di dunia yang berpredikat 'Dark Sky Island' dan disertifikasi oleh International Dark Sky Association.

Saat ini, Sark dimiliki oleh seorang insinyur bernama Michael Beaumont, yang membayar hak istimewa tersebut sebesar 1,79 juta poundsterling per tahun. Uniknya, penduduk Sark Island tercatat sebagai warga Inggris, namun pulau ini memiliki undang-undang mereka sendiri dan menetapkan pajak sendiri.

Keunikannya ini menjadikan pulau ini tengah diincar sebagai tempat berlibur oleh para turis yang senang mengunjungi wilayah ekstrim.

Mentan Dorong Ekspor Kelapa Sawit ke Turki

Posted: 27 May 2014 05:29 AM PDT

Kementerian Pertanian (mentan) akan meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit ke Turki setelah melihat pertumbuhan ekspor ke negara tersebut cukup besar. Sampai saat ini ekspor ke negara tersebut mencapai 450 ribu ton dengan nilai US$  238,15 juta.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, ekspor minyak kelapa sawit ke Turki akan terus ditingkatkan sehingga bisa disejajarkan dengan negara-negara seperti India, China dan Belanda yang merupakan mitra utama Indonesia untuk minyak sawit.

Untuk menggenjot produksi minyak kelapa sawit, ia mengajak para pelaku usaha industri untuk bersama menghadapi berbagai pihak yang menyudutkan kelapa sawit dalam perdagangan internasional.

Investasi di industri kelapa sawit nasional masih terbuka lebar. Luas kebun kelapa sawit di Indonesia mencapai 10 juta hektar dengan volume produksi di tahun 2013 mencapai 28,5 juta ton.

"Volume produksi masih dapat ditingkatkan hingga 40 juta ton. Karena masih terbuka peluang untuk investasi," lanjutnya dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (27/5/2014).

Ia menjelaskan, dari total produksi minyak kelapa sawit Indonesia untuk konsumsi dalam negeri sebesar 9 juta ton. Sedangkan selebihnya diekspor ke berbagai negara.

" Dengan produksi sebesar itu, Indonesia menjadi produsen sekaligus pemasok minyak kelapa sawit terbesar di dunia melampaui Malaysia," tukas dia.

Perdagangan komoditas pertanian dan Turki pada tahun 2013 mencatat surplus US$ 387,7 juta. (Amd/Gdn)

Anjing Menyusui Kucing-14 Pasangan Tunanetra Nikah Massal

Posted: 27 May 2014 05:16 AM PDT

Anjing dan kucing dikenal sebagai dua binatang yang tidak pernah akur. Tapi di Jembrana, Bali seekor anjing betina menyusui seekor anak kucing yang tidak memiliki induk. Berita itu mengawali Kilas Indonesia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (27/5/2014).

Awalnya anjing bernama si Macan ini memiliki dua ekor anak, namun keduanya mati. Sejak itulah si Macan berperilaku aneh dan mau merawat kucing bernama si Manis ini.

Di Grobogan, Jawa Tengah, seorang pria dihajar massa setelah tertangkap tangan mencuri sebuah sepeda. Yanto selamat amukan massa setelah polisi datang untuk mengamankannya. Belakangan, pelaku diduga menderita gangguan jiwa.

Sementara itu, kekeringan mulai dirasakan warga Desa Giripurwo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Warga harus berjalan hingga berkilo-kilometer menuju sumber air terdekat dan harus berulangkali mengambil air untuk memenuhi kebutuhan memasak, minum mandi, dan mencuci.

Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) sudah satu pekan terakhir terjadi di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Warga harus mengantre berjam-jam, bahkan sebelum mobil pengangkut BBM sampai ke pom bensin atau SPBU.

Terkait hal ini, pihak SPBU tidak memberikan keterangan apa penyebab keterlambatan distribusi BBM dari Depo Pertamina.

Di Sleman, DIY, sebanyak 30 pasangan pengantin, 14 di antaranya pasangan tunanetra, menikah massal. Mereka mendapat mas kawin berupa perlengkapan alat salat sebatang pohon dan burung merpati. Acara ini juga untuk memperingati HUT ke-98 Kabupaten Sleman. (Ans)

Cedera Akibat Kecelakaan Bercinta & Cara Mengatasinya

Posted: 27 May 2014 05:05 AM PDT

Saking semangatnya bercinta, beberapa pasangan cenderung kurang memperhatikan keselamatan organ intim. Akibatnya, beberapa kecelakaan seperti penis terjebak dalam alat kelamin dan sebagainya bisa terjadi.

Lebih jelasnya, Ahli kebidanan dari ruang gawat darurat di Tristar Centennial Women's Hospital, Tennessee, John Morehead, MD mengungkapkan beberapa kecelakaan akibat bercinta sebagai berikut ini, seperti dilansir Cosmopolitan, Selasa (27/5/2014).

1. Miss V robek

Menurut John, organ intim wanita yang robek biasanya terjadi akibat kekeringan saat bercinta. Untuk mencegah hal ini terjadi, John menyarankan untuk memberikan waktu 10 menit untuk otot vagina bersantai dengan foreplay. Tapi bila terlanjur menyakitkan, segera pergi ke dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

2. Benda asing masuk ke Miss V

Peringatan untuk tidak memasukkan apapun ke alat kelamin memang sangat ditekankan. Seperti sex toys, pilih mainan berbahan aman sehingga tidak melukai organ intim.

3. Selangkangan dan kaki sakit

Cedera yang menyebabkan selangkangan dan kaki sakit biasanya terjadi bila Anda memiliki tanda-tanda infeksi penyakit kelamin. Sebagai langkah awal untuk meredakan sakit, Anda bisa mengompresnnya dengan air dingin. Tapi selanjutnya, Anda harus memeriksakan diri ke rumah sakit.

4. Kram

Seperti yoga, Anda harus bekerja keras untuk melakukan beberapa posisi mudah hingga posisi sulit. Triknya, mulailah dengan posisi klasik sekitar lima menit sebelum berubah posisi. Bila terjadi kram, ibuprofen 600 mg akan membantu. Tapi sebaikya, Anda cukup istirahat. Dan jika kram tidak membaik setelah beberapa hari, disarankan untuk ke dokter.

Promosi ke Premier League, Manajer Ini Minta Gaji 4 Kali Lipat

Posted: 27 May 2014 05:04 AM PDT

Keberhasilan Leicester City lolos ke Liga Premier musim depan membuat Nigel Pearson besar kepala. Manajer berusia 50 tahun itu meminta kenaikan gaji mencapai empat kali lipat dari gajinya sekarang.

Pearson membawa The Foxes menjadi juara Divisi Championship musim 2013/14. Sekaligus membawa klub tersebut promosi pertamakalinya dalam 10 tahun terakhir.

Kini gaji Pearson mencapai 750 ribu pound atau Rp 14 miliar per tahun. Dan, dalam rapat dengan direksi ia meminta gajinya dinaikkan hingga tiga juta pound atau Rp 58 miliar per tahun.

Pearson sesumbar pada manajemen bahwa Leicester akan tetap bertahan di Liga Premier musim depan jika tawarannya disetujui. Rencananya, kontrak baru Pearson akan berdurasi tiga tahun.

"Tidak banyak masalah yang terjadi di klub ini. Selama kami meraih sukses maka semua hal akan membaik dengan sendirinya. Saya sangat percaya dengan pemilik klub," kata Pearson seperti dilansir Mirror.

Presiden Baru Terpilih, Ukraina Memanas

Posted: 27 May 2014 05:04 AM PDT

Situasi Ukraina tepatnya Kota Donetsk kembali panas pasca-terpilihnya presiden baru, Petro Poroshenko. Terpilihnya Poroshenko semakin membuat gerah kelompok anti-pemerintah dan pro-Rusia di Kota Donetsk.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (27/5/2014), pemimpin kelompok pro-Rusia mengirim sejumlah orang ke bandara udara setempat dengan dilengkapi senjata api dan kemudian menguasai jalan utama menuju bandara.

Ini membuat geram Pemerintah Ukraina yang kemudian mengerahkan militernya melancarkan serangan udara.

Asap hitam mengepul di langit Donestk, pertanda pertempuran berlangsung sengit di antara kedua kubu dimulai.

Presiden terpilih Ukraina Poroshenko berjanji akan berunding dengan kubu pro-Rusia. Namun di awal bulan ini warga pro-Rusia di Donetsk mengumumkan mereka memilih berpisah dari Ukraina. (Ans)

Tabrakan Kereta di India, 40 Tewas-Lokasi Boko Haram Ditemukan

Posted: 27 May 2014 05:00 AM PDT

Kereta penumpang bertabrakan dengan kereta barang di India bagian utara. Otoritas setempat mengerahkan tim evakuasi dan ambulans untuk melarikan korban ke rumah sakit terdekat. Berita itu mengawali Jendela Dunia yang ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (27/5/2014).

Akibat insiden ini sedikitnya 40 orang tewas dan lebih dari 150 lainnya terluka. Korban juga diperkirakan masih banyak yang terjebak di dalam gerbong kereta.

Sementara itu, pihak militer Nigeria mengaku telah menemukan lokasi ditahannya ratusan siswa sekolah oleh kelompok militan Boko Haram. Namun militer belum akan menyerbu lokasi mengingat nyawa korban sandera terancam.

Enam pekan lalu Boko Haram menculik 276 siswi sekolah di Kota Chibok. Hingga saat ini insiden tersebut masih menjadi perhatian publik nasional dan internasional.

Di Kota Shanghai, militer Rusia dan China memamerkan kapal perang mereka. Warga pun tak ingin melewatkan kesempatan ini untuk melihat langsung kehebatan militer dua negara tersebut. Kapal-kapal ini diperlihatkan pada publik setelah menuntaskan sesi latihan gabungan kedua negara.

Di Inggris, ratusan orang memadati Sungai Blackwater Essex. Mereka berlomba menaklukkan jalur balapan yang berlumpur dan berair.

Tak tanggung-tanggung tebal lumpur di arena balap mencapai 45 centimeter. Inilah tantangan terberat bagi mereka yang ingin menjadi pemenang. Tapi tak semua ingin menang, ada juga yang ikut ajang ini untuk sekadar meramaikan. (Ans)

`Tanpa Falcao, Kolombia Tetap Kuat`

Posted: 27 May 2014 05:00 AM PDT

Gelandang Kolombia, Abel Aguilar menilai timnya tetap mampu tampil memukau di Piala Dunia mendatang meski tidak diperkuat oleh pemain andalan mereka, Radamel Falcao. Pasalnya Falcao kini tengah menjalani pemulihan cedera lutut yang dideritanya sejak Januari lalu.

"Kami semua berharap ia (Falcao) dapat bermain bagi tim ini. Tapi sebuah hal yang salah apabila ada yang menyebut kami lemah tanpa Falcao," ujar Aguilar seperti dilansir Four Four Two.

"Falcao adalah ikon dan pemain yang hebat serta sangat penting bagi tim. Tapi kerja keras dan proses kami selama ini telah memberikan dampak yang baik bagi tim sejauh ini," ujarnya menjelaskan.

Penyerang klub AS Monaco tersebut dikabarkan sudah mulai berlatih bersama timnas Kolombia. Falcao pun kini tengah berusaha memulihkan diri sebelum batas akhir pengumpulan daftar 23 nama pemain ditetapkan pada 2 Juni mendatang.

Aguilar menambahkan, "Kami harus fokus terhadap diri kami dan para lawan kami. Kami percaya kami pasti mampu melakukannya apabila bergerak sebagai tim," ujarnya.

Pada ajang empat tahunan tersebut, Kolombia tergabung dalam grup C bersama Jepang, Pantai Gading, dan Yunani. Mereka akan melakoni laga pembuka menghadapi Yunani pada 14 Juni mendatang.