Jumat, 02 Mei 2014

Liputan6: RSS 0.92

Liputan6: RSS 0.92


OJK Dukung Mandiri dan BTN Berkonsolidasi

Posted: 02 May 2014 04:08 AM PDT

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung upaya PT Bank Mandiri Tbk untuk mengakuisisi PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Akuisisi tersebut merupakan salah satu bentuk penguatan industri perbankan untuk menghadapi persaingan terbuka.

Triyono, Direktur Komunikasi OJK, menuturkan langkah akuisisi tersebut merupakan salah satu bentuk konsolidasi perbankan. Dengan konsolidasi tersebut, diharapkan perbankan Indonesia mampu tumbuh dan berkembang.

Terlebih, perbankan nasional akan menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN di tahun 2020.

"Mengenai Mandiri dan BTN, OJK sikapnya wait and see. Namun OJK sangat pro terhadap konsolidasi, ini tidak hanya soal BTN-Mandiri tapi kami bicara industri keuangan. Industri seharusnya terkonsolidasi," kata dia Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Triyono melanjutkan, seharusnya konsolidasi tersebut tidak hanya berlaku untuk Mandiri dan BTN saja, tetapi terhadap semua industri keuangan.

Sayangnya, Triyono enggan memberikan keterangan lebih lanjut mengenai akuisisi BTN oleh Bank Mandiri. Hal ini dikarenakan posisi OJK sebagai regulator, maka dari itu tak bisa secara penuh ikut campur masuk ke dalam permasahan internal bank.

"OJK sebagai regulator, tak bisa 100% mencampuri,"tukas dia. (amd/gdn)

Posisinya Direbut, Cole Malah Puji Azpilicueta

Posted: 02 May 2014 04:04 AM PDT

Ashley Cole ternyata tidak merasa sakit hati pada rekannya Cesar Azpilicueta. Padahal posisi Cole sebagai pemain inti direbut bek asal Spanyol itu sejak awal musim.

Cole selalu bermain sebagai starter sedikitnya dalam 20 laga Liga Premier selama tujuh musim terakhir. Namun, musim ini ia baru tampil 13 kali sebagai starter karena kehadiran Azpilicueta.

Selain cedera, Cole juga beberapa kali mendapat hukuman sehingga membuatnya kehilangan posisi inti. Tak heran banyak yang memprediksi ia akan dijual musim panas nanti oleh Jose Mourinho.

"Jujur musim ini saya memang tidak melakukan segalanya dengan baik. Jadi saya harus merendah dan bekerja keras dalam latihan untuk terpilih lagi," kata Cole seperti dilansir London Evening Standard.

"Malah saya berterima kasih pada Azpilicueta yang bisa mengisi posisi bek kiri. Dia melakukan pekerjaan yang luar biasa."

Pemain timnas Inggris ini juga menjagokan bek asal Spanyol itu menjadi pemain terbaik klub musim 2013/14. "Azpilicueta orang yang baik. Dia berlatih dan bermain layaknya pejuang. Dia salah satu pemain terbaik musim ini bersama John Terry dan Gary Cahill."

6 Artis Cantik Ini Punya Kumis Lho

Posted: 02 May 2014 04:00 AM PDT

Sudah menjadi kodratnya jika kumis dimiliki sebagian besar pria dewasa. Namun siapa yang menyangka jika beberapa wanita ternyata juga memiliki kumis tipis. Bulu tipis di atas bibir itu ternyata juga dimiliki oleh beberapa artis cantik Indonesia. Di antara mereka bahkan ada yang sengaja membiarkannya dengan alasan agar terlihat seksi.

1. Dhini Aminarti

Artis Dhini Aminarti menjadi salah satu artis yang memiliki kumis tipis. Dhini pun sempat menggunakan berbagai cara untuk menghilangkannya. Semula Dini hanya melakukan bleaching pada bulu-bulu di pinggir bibirnya itu, tapi hasilnya tidak maksimal. "Teman-teman bilang, kok warna bulunya aneh. Aku juga merasa aneh," cerita Dini.

Akhirnya seorang pekerja rumah produksi memaksa untuk menghilangkan "kumis"-nya dengan cara wax saja. Membayangkan sakit yang akan diderita, Dhini awalnya menolak permintaan itu. Perdebatan pun sempat terjadi. Tapi dengan alasan profesionalisme Dhini melakoninya sampai 4 kali. Dirinya juga sempat dua kali dilaser.

Hasilnya memang memuaskan, tapi Dini mengaku kapok menjalaninya. Sebab ia merasa tersiksa dan selalu menangis menahan sakit. "Sakitnya nggak tahan banget. Aku langsung stop," ujarnya.

2. Chelsea Olivia

Pesinetron Chelsea Olivia juga diketahui memiliki kumis tipis. Dirinya pun sempat melakukan wax untuk "kumis"-nya, tapi hanya sekali. Itu juga dengan alasan tuntutan peran. Tapi tak seperti Dini, Chelsea Olivia mengaku melakukannya dengan senang hati. Rasa sakit pun rela dilalui Chelsea. Justru yang dikhawatirkan Chelsea saat di-wax adalah "kumis"-nya bakal tumbuh tebal.

"Itu memang terjadi, tapi syukur, nggak seekstrim yang aku bayangkan. Sebab aku khawatir tumbuh tebal kayak (kumis) cowok," kata Chelsea.

Selama ini Chelsea merasa enjoy dengan "kumis"-nya. Malah banyak yang bilang "kumis" itu sebagai "pemanis" dirinya. Pacar-pacar Chelsea juga tidak ada yang komplain. Sehingga ia merasa tidak perlu menutupi atau menghilangkannya. "Mungkin karena aku tomboy kali ya, jadi kumisan masih oke, kok. Kecuali kumisku tebal kayak cowok, pasti aku panik. Selama ini paling cuma jadi bahan ledekan teman-teman. Mereka bilang, kok cewek kumisan," ujar Chelsea.

3. Yulia Rachman

Saat ditanya bagian tubuh mana yang paling disenangi, Yulia Rachman langsung menjawab "kumis". Pasalnya, bulu halus yang tumbuh di atas bibirnya itu telah menjadi ciri khas dirinya. Tak sedikit orang yang mengingat Julia lantaran kumisnya itu. Yulia senang-senang saja dengan kumisnya itu. Toh, kumis itu dinilai Yulia tidak mengganggu penampilannya.

"Buat aku, sesuatu yang ada di diri aku adalah anugerah. Ya, dinikmati aja," katanya santai.

Justru yang "ribut" dengan kumisnya adalah orang lain. Malah tak sedikit orang yang menggodanya karena kumisnya itu. "Misalnya saat pemotretan atau di lokasi syuting ada yang nyeletuk, aduh kumisnya tuh. Tapi mau bagaimana lagi. Kan ada make up atau teknologi komputer untuk menutupinya. Kumisku juga bukan hal yang aneh, beda kan sama kumis pria," ujar Yulia.

Yulia pun tak pernah melakukan perawatan khusus untuk kumisnya. Hanya saja, sekarang ini kumisnya terlihat menipis.

4. Iis Dahlia

Penyanyi dangdut Iis Dahlia juga tak risih dengan kumisnya. Perkara komentar-komentar lucu soal kumisnya dianggap Iis sebagai angin lalu saja.

"Selama ini nggak ada komentar yang bikin aku emosi, paling celotehan anakku aja. 'Ih, Mama tuh kumisan kayak Pak Asep (supir Iis)'," kata Iis sambil tertawa.  "Sementara suamiku nggak ada komentar apapun. Jadi ya, nggak masalah."

Iis mengaku baru sadar berkumis setelah beranjak dewasa, yaitu sejak kulitnya dirasakan makin putih. "Karena waktu kecil aku sering main panas-panasan, sehingga kulitnya hitam. Sehingga kumisnya belum terlihat dan nggak ada yang memperhatikan. Nah, sekarang, kan jarang kena sinar matahari, jadi kulitku terlihat putih dan otomatis kumisku jadi kelihatan," kata istri dari Satrio Dewandono ini.

Awalnya, Iis sempat berusaha menghilangkan kumisnya itu, tapi niat itu segera dibatalkan mengingat rasa sakit yang akan dirasakan. Sebelumnya, ibu dua anak ini pernah menghilangkan bulu kakinya dengan cara wax. Karena sakit yang luar biasa, Iis kapok melakukannya lagi. Iis membayangkan, mencabut bulu kakinya saja sakit bukan main, apalagi kumis yang ada di wajahnya.

5. Syahrini

Si cantik yang tahun ini berusia 32 tahun ini mulai dikenal publik semenjak menjadi rekan duet Anang Hermansyah. Mungkin tidak banyak yang tahu, Syahrini sudah memiliki album bertajuk MY LOVELY yang dirilis pada tahun 2008 silam.

Syahrini merupakan satu dari banyak selebritis yang seringkali membuat trend unik. Mulai dari cara bicara sampai aksesoris yang melekat di tubuhnya. Dan sepertinya semua pria setuju jika Syahrini memang memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Tidak hanya memiliki kulit yang putih, mata yang lebar, ternyata Syahrini juga memiliki bulu-bulu halus di atas bagian mulut yang terbentuk seperti kumis tipis.

6. Peggy Melati Sukma

Artis multitalenta Peggy Melati Sukma juga memiliki kumis yang sangat terlihat jelas, seperti halnya Iis Dahlia. Peggy tak merasa terganggu dengan kehadiran kumisnya itu.

Peggy yang kini telah berhijab dan rajin menulis buku ini, justru merasakan keberadaan kumisnya tersebut sebagai sebuah anugerah Illahi yang membuat dirinya berbeda dengan wanita kebanyakan. 

Karakter Lucu South Park Kini Hadir di BBM Sticker

Posted: 02 May 2014 04:00 AM PDT

Sejak dipimpin oleh John Chen, BlackBerry berusaha meningkatkan nilai dari layanan pesan instan miliknya, BlackBerry Messenger (BBM). Beberapa waktu lalu, BlackBerry mengumumkan kehadiran fitur stiker di BBM alias BBM Sticker.

Melihat peluang besar dari bisnis stiker di BBM, perusahaan asal Kanada itu kembali menambahkan karakter stikernya. Dikutip dari Phone Arena, karakter South Park bergaya musim salju yang lucu disediakan BlackBerry yang dibanderol dengan harga USD 1,99 atau RP 20 ribuan.

Sebelumnya, BlackBerry telah menyediakan karakter seperti CosCat, Gilbert Tales atau Bubble Bot, serta paket stiker yang menampilkan konten dari merek populer termasuk Shaun Domba dan WWE.

Langkah penyediaan stiker di BBM merupakan salah satu strategi BlackBerry untuk meningkatkan nilai layanan pesan instan tersebut. Selain stiker, BBM Channel sedang dibangun agar menjadi konten yang menambah nilai BlackBerry Messenger.

Langkah peningkatan nilai BBM oleh BlackBerry tampak semakin besar setelah WhatApp laku dibeli Facebook dengan harga US$ 19 miliar. Nilai tinggi yang diberikan Facebook diklaim sebagai apresiasi pada layanan pesan instan yang akan booming di masa depan.

Ketika dibeli Facebook, WhatsApp memiliki sekitar 400 juta pengguna aktif dengan keterlibatan yang terbilang lebih tinggi daripada pengguna jejaring sosialnya. Secara matematika sederhana, Facebook membanderol tiap pengguna WhatsApp dengan harga US$ 42 atau sekitar Rp 450 ribuan.

TK, Saatnya Anak-anak Bermain dan Bergaul

Posted: 02 May 2014 04:00 AM PDT

Tidak sepatutnya seorang anak terlalu serius diajari membaca dan menulis ketika ia masih duduk di Taman Kanak-kanak. Di usia itu, anak seharusnya menikmati masa kecilnya dengan bermain. Secara motorik pun, anak belum terlalu siap menerimanya.

"Anak TK sekarang itu korban dari pendidikan. Seharusnya, di TK mereka itu hanya main. Barulah ketika masuk ke SD, mereka diajarkan menulis dan membaca," kata Psikolog Pendidikan Anak dari Lembaga Terapan Psikologi Universitas Indonesia (UI), Muhammad Rizal, Psi saat dihubungi Health Liputan6.com, Jumat (2/5/2014)

Padahal dulu, banyak anak yang masuk ke Sekolah Dasar dalam keadaan tidak dapat membaca dan menulis. Ketika diajari membaca, murid akan diperlihatkan sebuah gambar yang menunjukan kata-kata itu.

"Misalnya diajari mengeja kata babi. Di sebelahnya, pasti ada gambar babi. Dan itu baru didapat ketika anak berada di kelas 1 SD. Sekarang, dari TK sudah diajarkan," kata Rizal menerangkan.

Dengan fokus bermain, saat TK, sama saja membantunya bersosialisasi dengan teman-temannya. Ketika seorang anak hendak diajari tentang etika, ajari saat ia di TK, dengan bermain.

Saat anak-anak dibiarkan bersosialisasi, mereka akan saling memahami satu sama lain, dan tahu harus berbuat apa ketika dimasukan ke dalam satu tim.

Melintasi Jalur Kereta Api 'Potrerillos di Chili yang Spektakuler

Posted: 02 May 2014 03:58 AM PDT

Anda pasti akan terkesima jika melihat jalur kereta api 'Potrerillos di Chili. Pasalnya jalur kereta api Chanaral-Llanta-Potrerillos di Chili adalah salah satu jalur kereta api yang paling menakjubkan di dunia karena jalurnya yang panjang dan terletak di pegunungan Andes

Seperti yang dilansir dari Amusingplanet, Jumat (2/5/2014), jalur kereta api ini menghubungkan Potrerillos, sebuah kota yang sekarang ditinggalkan dan tambang di pegunungan Andes yang terletak 2.850 meter di atas permukaan laut, dengan instalasi pemurnian (filtration plant) dan sebuah bengkel di Llanta dan Diego de Almagro, di mana jalur kereta ini terhubung juga ke Longitudinal Norte, dan terus ke Chanaral dan pelabuhan di Barquito.

Jalur kereta api ini mulai dibangun tahun 1916 oleh Perusahaan Andes Copper Mining untuk menghubungkan tambang tembaga Potrerillos dan smelter dengan Pueblo Hundido (sekarang disebut Diego de Almagro), di mana ia terhubung ke jaringan kereta api negara dan terus ke Chanaral.

Tambang Potrerillos mulai berproduksi satu dekade kemudian pada tahun 1927. Kereta api tersebut kemudian digunakan untuk mengangkut pasokan ke Potrerillos dan tembaga yang telah dimurnikan ke pelabuhan di Barquito.

Meskipun deposit Potrerillos lebih sedikit dan kualitas bijih tembaga lebih rendah daripada tembaga yang di tambang di penambangan tembaga utama Chile di Chuquicamata, namun tambang Potrerillos tetap memberikan kontribusi penting untuk produksi tembaga di negara itu.

Berkurangnya deposit dan penemuan lokasi lain yang juga mengandung bijih tembaga pada tahun 1954 di dekat Indio Muerto, akhirnya mengarah pada penutupan tambang Potrerillos pada tahun 1959.

Kota perusahaan yang telah didirikan di Potrerillos ditinggalkan akhir abad ke-20, tapi peleburan tembaga dan instalasi pemurnian terus beroperasi di lokasi.

Pada tahun 1959, tambang di Potrerillos digantikan oleh tambang serupa yang berada di El Salvador. Sejak itu, bijih tembaga cair diangkut melalui jaringan pipa dari El Salvador ke pabrik filtrasi dekat Llanta, di mana konsentrat bijih kering diangkut oleh kereta api ke pabrik Potrerillos. Potrerillos sekarang mensuplai asam sulfat ke pabrik-pabrik lain, (diperlukan untuk pemurnian tembaga), baik oleh truk dan kereta api.

Jalur kereta api antara Potrerillos ke Barquito panjangnya sekitar 155 km, dan antara tambang ke pabrik filtrasi di Llanta panjangnya adalah 90 km. Bagian yang paling spektakuler adalah pendakian antara stasiun Montandon (2.350 mdpl) dan Potrerillos (2.850 mdpl), di mana jalurnya berkelok-kelok dan melewai terowongan, serta selalu berada di lereng.

Lebih lanjut, pada 66 km terakhir yaitu antara Llanta dan Potrerillos, awalnya jalur kereta ini melewati lembah sunyi yang terjal namun akhirnya melewati pemandangan gunung yang menakjubkan. (Ars/Liz)

Subsidi BBM Dihapus, Pengusaha SPBU Untung Besar

Posted: 02 May 2014 03:52 AM PDT

Ide Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mencabut subsidi BBM secara bertahap dalam kurun waktu empat tahun disambut gembira para pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). 

Pasalnya, jika subsidi BBM  dihapus maka tidak ada lagi disparistas harga sehingga tidak ada lagi oknum memanfaatkan disparitas harga tersebut dengan menjual BBM bersubsidi kepada pihak yang tidak berhak.

"Contoh disparitas harga solar bersubsidi dan  industri cukup jauh, ini bisa terjadi penyelewengan oleh oknum tertentu," kata Ketua DPD III Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) wilayah DKI Jakarta, Jabar-Banten, Juan Tarigan saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (2/5/2014).

Juan menjelaskan, penjualan BBM bersubsidi kepada yang tidak berhak seperti sektor Industri merupakan pelanggaran hukum.
Jika hal tersebut terjadi, pihak penjual BBM atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) akan ikut terperiksa hal ini akan menyusahkan pengusaha meski tidak terlibat.

Dengan begitu, penghapusan BBM bersubsidi sangat baik untuk menghindari penyelewengan dan juga menguntungkan pengusaha.

"Terjadi penyalahgunaan BBM kendaraan banyak yang mengubah tangki kendaraannya, apabila ada indikasi menjadi temuan kami pengusaha ikut terperiksa," ungkapnya.

Selain itu, pencabutan subsidi pada BBM juga akan memudahkan pemerintah dan Pertamina melakukan pengontrolan konsumsi, sehingga tidak perlu lagi menggunakan tehnologi seperti Radio Fequention Identification/RFID.

"Terjadi pembatasan kepada pengguna seperti RFID, itu kan biaya juga. Kita pun agak repot dengan sistem-sistem," tuturnya.

Untuk itu, Hiswana Migas mendukung pemerintah jika mengeluarkan kebijakan penghapusan subsidi untuk BBM. "Kami dasarnya lebih baik tidak ada subsidi, sekarang kembali lagi kepada pembuat kebijakan," pungkasnya.

Pjanic Yakin Bisa Sukses di Barcelona

Posted: 02 May 2014 03:48 AM PDT

Gelandang AS Roma Miralem Pjanic mengatakan dirinya bisa sukses jika bermain di Barcelona. Hal itu diungkapkan Pjanic dalam wawancara dengan Sidney Govou, mantan pemain Lyon dan Timnas Prancis, di channel Youtube.

"Sangat mudah untuk bermain dengan pemain bagus. Saya bisa melakukannya dengan sangat baik dalam gaya bermain, seperti di Roma dengan Rudi Garcia," tutur Pjanic seperti dilansir Football Espana, Jumat (2/5/2014).

"Ini (Barcelona) suatu tempat saya bisa lebih baik menunjukkan kualitas saya. Ini tidak akan menjadi tujuan yang buruk, kota, cuaca ..."

Pjanic menambahkan, Paris Saint-Germain juga menjadi salah satu klub yang membuatnya tertarik untuk meninggalkan Roma. "PSG adalah satu-satunya klub yang bisa membuat saya pergi ke Prancis," ucapnya.

"Saya di Roma dan saya merasa sangat baik di sini. Tapi, Paris adalah tujuan yang saya ingin. Mereka klub besar yang bersiap-siap untuk memenangkan Liga Champions."

Kak Seto Cuek, Anaknya Sering Gonta-ganti Warna Rambut

Posted: 02 May 2014 03:47 AM PDT

Dhea Seto, Putri bungsu pemerhati anak Seto Mulyadi (Kak seto), tergolong gadis yang suka mengubah warna rambutnya, Jakarta, Jumat (2/5/2014) (Liputan6.com/Panji Diksana)

Merpati Stop Terbang, Bibit Anak Ayam Papua Sulit Dipasarkan

Posted: 02 May 2014 03:41 AM PDT

PT Pokphan Jayapura mengaku kesulitan memasarkan pembibitan anak ayam yang diklaim tahan penyakit ke sejumlah kabupaten di Bumi Cenderawasih. Salah satu kendala yang ditemui perusahaan ini yaitu transportasi udara.

Manajer Marketing PT Pokphan wilayah Maluku-Papua, Nasib Karo-karo mengatakan, perseroan mampu memproduksi 100 ribu per minggu anak ayam sepanjang 2012. Anak ayam tersebut bisa dikirim ke sejumlah kabupaten seperti Sorong, Nabire, Merauke dan Timika.

Namun selepas maskapai Merpati tak lagi beroperasi, maka distribusi hingga ke distrik-distrik untuk anak ayam tersebut juga tak lagi dapat dilakukan.

“Pesawat Merpati di Papua bisa melayani hingga ke distrik-distrik terpencil. Setelah maskapai tersebut ditutup, perusahaan kami hanya melayani sejumlah kabupaten di Papua, yakni Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom. Padahal bibit anak ayam ini dapat mencukupi ketersediaan stok di Papua,” ujarnya, Jumat (2/5/2014).


Untuk mencukupi pasokan disejumlah kabupaten, seperti Timika, Nabire dan Sorong, beberapa pengusaha harus menyewa pesawat sekitar Rp 45 juta-Rp 50 juta untuk pengiriman bibit anak ayam. Biasanya sejumlah pengusaha ini mengambil bibit anak ayam seminggu dua kali, yakni pada hari Senin dan Jumat.

“Setiap pengiriman kepada peternak paling banyak 85 boks, padahal permintaan cukup banyak. Pesanan peternak tersebut juga tak bisa langsung dikirim, karena sulitnya transortasi udara di Papua,” jelasnya.


PT Pokphan Jayapura mengaku setiap minggunya dapat memproduksi 700-1.000 anak ayam. Sementara permintaan paling banyak setiap hari sekitar 250 boks. Satu boks berisi sekitar 102 anak ayam dengan harga Rp 6.000-Rp 7.500 per ekor.

“Paling banyak yang meminta anak ayam adalah peternak dari Jayapura sekitar 40%, sisanya Biak, Sarmi, Sentani dan Keerom. Semua wilayah ini bisa ditempuh dengan jalur kendaraan roda empat, kecuali Biak dengan menggunakan pesawat terbang,” ucap dia lagi. (Katharina
Janur)